Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 780
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by doge »

ChZ wrote: 31 Jan 2025, 10:43 kemarin imlekan sama keluarga calon di bsd...

dipinjemin WRV nyokapnya buat warawiri. type RS non-sensing, baru angkut bulan september lalu.

krn cobainnya agak lama jadi beberapa impresi baru dapet

mobilnya berasa kecil dari dalem, feeling kabinnya emang mirip BRV nyokap di rumah tapi kalo melongok ke belakang wah pendek bener.

tapi yang impressive emang tuning kaki kakinya. mobil sekecil ini tapi tuning kaki kakinya enak banget kayak bawa HRV but smaller. karna biasa di sini bawa fortuner 1GD, jadi manuver pake ini berasa lebih satset. selain faktor body kecil juga sasis dan kaki kakinya bikin pede buat hajar corners dan masuk2 nikung. perna bawa astra punya yang low end selevel ini macem raize/rocky juga kalah manteb, kliatan dari stance roda juga kayaknya WRV lebih lebar track rodanya.

tuningannya emang bikin jadi keras cuma karena biasa bandingannya dengan fortuner 1GD, sebenernya jadi berasa nggak keras-keras amat. apalagi untuk feeling rem lebih cepet dapet jadi lewat poldur tinggi2 di BSD kalopun lupa ngerem, gak seheboh bawa fortuner ngayunnya.

buat akselerasi, tuning CVTnya justru lebih buat cruise daripada BRV. dalam beberapa case lebih berasa responsif di BRV. mungkin H compensate buat ukuran body BRV yang lebih besar, tapi WRV dengan rasio lebih halus gini jadi berasa lemot. cewe ane di samping sampe bilang "kok ngeden banget yak bawanya" krn ane bejek lockupnya lama bener. tapi lama kelamaan kalo udah dapet feeling, bawanya harus ngurut emang. kayak bawa HRV SE juga gini feelingnya.

dampak dari rasio alusnya emang jadi irit. utk pemakaian dalkot mix di sekitar bsd-jkt, clocking 13.8 km/l yang mana emang cukup hemat buat mobil cenggo sese dengan body ringan gini.
Perkara track roda

Wrv ini mobil yg biasa ditandingin sm duo rr tapi anehnya lebar mobilnya bnernya cm selisih dikiiiit sama hrv rv

1790mm (hrv) 1780mm (wrv)

Padahal duo rr di 1635mm

Yg mirip sm duo rr cm panjangnya, di 4m lewat dikit
:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 31 Jan 2025, 12:05
wah om, lebih tertarik sama ini nih. feel nya gimana sih dibanding 2gd baik di inova atopun fortuner. ada consider buat ganti ke 1gd nih soalnya cuma mikir beda nya sejauh apa sih utk sehari2, tol, dan fuel cons. ga usah bahas kaki2 ga apa om, tau diri juga naek mobil ginian gak ugal :big_weee:
kalau nggak mikir mau dioprek nggak worth it nambahnya, oom.

gak berasa upgrade dari 2.4, malah kalau suka yang nyendal di lampu merah, 2GD lebih nyendal,

cuma ya napasnya 2GD lebih pendek aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by ChZ »

doge wrote: 31 Jan 2025, 19:09

Perkara track roda

Wrv ini mobil yg biasa ditandingin sm duo rr tapi anehnya lebar mobilnya bnernya cm selisih dikiiiit sama hrv rv

1790mm (hrv) 1780mm (wrv)

Padahal duo rr di 1635mm

Yg mirip sm duo rr cm panjangnya, di 4m lewat dikit
betul oom liat stance kaki kaki kalo WRV itu ngangkang, kalo duo RR kan cungkring.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 01 Feb 2025, 10:24
iamwewe wrote: 31 Jan 2025, 12:05
wah om, lebih tertarik sama ini nih. feel nya gimana sih dibanding 2gd baik di inova atopun fortuner. ada consider buat ganti ke 1gd nih soalnya cuma mikir beda nya sejauh apa sih utk sehari2, tol, dan fuel cons. ga usah bahas kaki2 ga apa om, tau diri juga naek mobil ginian gak ugal :big_weee:
kalau nggak mikir mau dioprek nggak worth it nambahnya, oom.

gak berasa upgrade dari 2.4, malah kalau suka yang nyendal di lampu merah, 2GD lebih nyendal,

cuma ya napasnya 2GD lebih pendek aja.
iya nih makanya udah eneg banget makin kemari sama napas pendeknya 2gd. apalagi kalo udh 100 keatas alamak. harepannya sih 1gd bisa dapet napas panjang tapi kehematan ala subsidi. fuel cons sehari2 dapet brp sih? kalo cuma di remap juga gak beda jauh om sama 2gd?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5531
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by b0ku »

iamwewe wrote: 01 Feb 2025, 21:43 iya nih makanya udah eneg banget makin kemari sama napas pendeknya 2gd. apalagi kalo udh 100 keatas alamak. harepannya sih 1gd bisa dapet napas panjang tapi kehematan ala subsidi. fuel cons sehari2 dapet brp sih? kalo cuma di remap juga gak beda jauh om sama 2gd?
emang guna om nafas panjang di diesel ane sejak jual dakar si jadi dapet pelajaran malah mendingan gw cari yang tuningan ringan turbo kecil biar spolling cepet ngebut2x top speed nafas panjang pake ledder frem mau kemana om :big_biglaugh:

td siang aja ane baru bawa pajero exced bokap lagi setelah ud berapa bulan gak bawa buseeet ud expektasinya kek pajero tuningan kaki2x aye yang kemaren, terus kebiasaan bawa moncoque mulu lagi ditambah mobil terakhir xtrail jd kagak enak tuh mobil :big_slap:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5531
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 01 Feb 2025, 10:25 betul oom liat stance kaki kaki kalo WRV itu ngangkang, kalo duo RR kan cungkring.
justru gara2x liat tetangga pada pake ud ngangkang kecil lagi jd demen :big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by iamwewe »

b0ku wrote: 01 Feb 2025, 22:12
emang guna om nafas panjang di diesel ane sejak jual dakar si jadi dapet pelajaran malah mendingan gw cari yang tuningan ringan turbo kecil biar spolling cepet ngebut2x top speed nafas panjang pake ledder frem mau kemana om :big_biglaugh:

td siang aja ane baru bawa pajero exced bokap lagi setelah ud berapa bulan gak bawa buseeet ud expektasinya kek pajero tuningan kaki2x aye yang kemaren, terus kebiasaan bawa moncoque mulu lagi ditambah mobil terakhir xtrail jd kagak enak tuh mobil :big_slap:
nggaklah ini bukan masalah ngebut yg ugal gimana ngincer top speed. tapi kalo mau overtake orang aja rasanya kalo cuma modal remap+dpfp aja berart bener ini 2gd mah kalo udh diatas 100. ubah ke power mode emang nolong, tapi lengkingannya busettttt jauh benerrr dari kata merdu wkwkwk
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2413
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by darrelund »

iamwewe wrote: 03 Feb 2025, 09:00
nggaklah ini bukan masalah ngebut yg ugal gimana ngincer top speed. tapi kalo mau overtake orang aja rasanya kalo cuma modal remap+dpfp aja berart bener ini 2gd mah kalo udh diatas 100. ubah ke power mode emang nolong, tapi lengkingannya busettttt jauh benerrr dari kata merdu wkwkwk
std vs std

klo overtake ttp enakan 1GD mbah

tenaga mid-high nya lebih dapet

dan kyk yg mbah chz bilang, lebih bisa diurut 1GD itu
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5531
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by b0ku »

:upss:
iamwewe wrote: 03 Feb 2025, 09:00

nggaklah ini bukan masalah ngebut yg ugal gimana ngincer top speed. tapi kalo mau overtake orang aja rasanya kalo cuma modal remap+dpfp aja berart bener ini 2gd mah kalo udh diatas 100. ubah ke power mode emang nolong, tapi lengkingannya busettttt jauh benerrr dari kata merdu wkwkwk
itu mah cuma kurang agresive aja buka gasnya mendingan setel aja trotlenya pake trotle control......

itu sama kek dakar saya kena turbo lag jd gak dapet deh :big_biglaugh:

lagian mesin 2.4 tenaga sama tuningan makin berat turbo bisa aja tambah gede hasilnya lagg sih emang enakan 1gd cc gede tuningan bisa jadi lebih ringan :mky_03:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by iamwewe »

darrelund wrote: 03 Feb 2025, 09:27
std vs std

klo overtake ttp enakan 1GD mbah

tenaga mid-high nya lebih dapet

dan kyk yg mbah chz bilang, lebih bisa diurut 1GD itu
berarti beda 400cc sengaruh itu ya...... asli ini soalnya beda banget 2gd sama si 4n15, si 4n15 mah wuenak pol ngisi terussss.. kita bicara posisi standar remap aja ya. makanya kepikiran apa ini ngaruh di transmisi nya aja kan.
b0ku wrote: 03 Feb 2025, 11:11

itu mah cuma kurang agresive aja buka gasnya mendingan setel aja trotlenya pake trotle control......

itu sama kek dakar saya kena turbo lag jd gak dapet deh :big_biglaugh:

lagian mesin 2.4 tenaga sama tuningan makin berat turbo bisa aja tambah gede hasilnya lagg sih emang enakan 1gd cc gede tuningan bisa jadi lebih ringan :mky_03:
ok2 kesimpulannya emang ini mah gara2 beda mesin ya. gak semata beda transmisi nya aja ya

kalo ada report soal fuel cons daily nya dibanding 2gd boleh di share ya suhu2. biar ngga telalu jauh nih diskusi nya dari thread wrv ampunnn tuan rumah
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5531
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by b0ku »

iamwewe wrote: 03 Feb 2025, 12:04 ok2 kesimpulannya emang ini mah gara2 beda mesin ya. gak semata beda transmisi nya aja ya

kalo ada report soal fuel cons daily nya dibanding 2gd boleh di share ya suhu2. biar ngga telalu jauh nih diskusi nya dari thread wrv ampunnn tuan rumah
saran saya cobain innova lama om yang sehat kalo om suka artinya masalah om bukan butuh nafas panjang tapi butuh curva torsi yang lebih bagus in this cased low end torque yang melimpah.......

FYI om mesin high ace 2.8 itu malah cuma 160hp torsi 400 apa 450nm gitu kebaca banget mereka ngejar torsi bawah biar kuat kalo nanjak dan muatan bisa 13 manusia kalo di setel mesin sama kek fortuner 2.8 keknya bisa kedodoran kalo muatan full ....... :big_think:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2413
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by darrelund »

iamwewe wrote: 03 Feb 2025, 12:04
berarti beda 400cc sengaruh itu ya...... asli ini soalnya beda banget 2gd sama si 4n15, si 4n15 mah wuenak pol ngisi terussss.. kita bicara posisi standar remap aja ya. makanya kepikiran apa ini ngaruh di transmisi nya aja kan.
bedanya emang lumayan mbah, klo spit 120-130 jauh lebih padet 1GD, klo kondisi rolling jg kyk spit 60-80 juga padetan 1GD, trans tuningnya di 1GD di improve kayaknya krn lebih gampang gigit. klo 2GD kan rasanya mirip kyk cvt :big_biglaugh:

Image
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2413
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by darrelund »

b0ku wrote: 03 Feb 2025, 12:48 saran saya cobain innova lama om yang sehat kalo om suka artinya masalah om bukan butuh nafas panjang tapi butuh curva torsi yang lebih bagus in this cased low end torque yang melimpah.......

FYI om mesin high ace 2.8 itu malah cuma 160hp torsi 400 apa 450nm gitu kebaca banget mereka ngejar torsi bawah biar kuat kalo nanjak dan muatan bisa 13 manusia kalo di setel mesin sama kek fortuner 2.8 keknya bisa kedodoran kalo muatan full ....... :big_think:
itu premio klo di jalan tol ngacir jg lho mbah

oe naik travel itu spit 120 kyk effortless, mungkin faktor pilot juga kli ya, di cipularang naik turun anteng aja tuh 100-120, beda sama sebelumnya yg KD
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by iamwewe »

b0ku wrote: 03 Feb 2025, 12:48
saran saya cobain innova lama om yang sehat kalo om suka artinya masalah om bukan butuh nafas panjang tapi butuh curva torsi yang lebih bagus in this cased low end torque yang melimpah.......

FYI om mesin high ace 2.8 itu malah cuma 160hp torsi 400 apa 450nm gitu kebaca banget mereka ngejar torsi bawah biar kuat kalo nanjak dan muatan bisa 13 manusia kalo di setel mesin sama kek fortuner 2.8 keknya bisa kedodoran kalo muatan full ....... :big_think:
dulu mah udh pernah punya innova 2kd tipe g, dibandingin 2gd udh jauh kemana2. rem nya parah banget kagak pakem. fuel cons best saya cuma 1:10, kalo skrg 1:13. suara nya jauh lbh brisik.

lho mesin hiace bukannya yg 3.0cc ya? kalo ga salah yg kode 1kd ya. apa udah ganti ya skrg ke yg 2.8juga
darrelund wrote: 03 Feb 2025, 13:12
bedanya emang lumayan mbah, klo spit 120-130 jauh lebih padet 1GD, klo kondisi rolling jg kyk spit 60-80 juga padetan 1GD, trans tuningnya di 1GD di improve kayaknya krn lebih gampang gigit. klo 2GD kan rasanya mirip kyk cvt :big_biglaugh:

Image
2gd sih asal tega nginjek sih ya naek juga speednya. tapi suara nya lsg tereakkkk sekaligus speed nambahnya juga sdikit, lsg naik gigi dia deh kentang :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5531
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2023 Honda WR-V RS Sensing (DG4)

Post by b0ku »

iamwewe wrote: 04 Feb 2025, 07:55
b0ku wrote: 03 Feb 2025, 12:48
saran saya cobain innova lama om yang sehat kalo om suka artinya masalah om bukan butuh nafas panjang tapi butuh curva torsi yang lebih bagus in this cased low end torque yang melimpah.......

FYI om mesin high ace 2.8 itu malah cuma 160hp torsi 400 apa 450nm gitu kebaca banget mereka ngejar torsi bawah biar kuat kalo nanjak dan muatan bisa 13 manusia kalo di setel mesin sama kek fortuner 2.8 keknya bisa kedodoran kalo muatan full ....... :big_think:
dulu mah udh pernah punya innova 2kd tipe g, dibandingin 2gd udh jauh kemana2. rem nya parah banget kagak pakem. fuel cons best saya cuma 1:10, kalo skrg 1:13. suara nya jauh lbh brisik.

lho mesin hiace bukannya yg 3.0cc ya? kalo ga salah yg kode 1kd ya. apa udah ganti ya skrg ke yg 2.8juga
darrelund wrote: 03 Feb 2025, 13:12
bedanya emang lumayan mbah, klo spit 120-130 jauh lebih padet 1GD, klo kondisi rolling jg kyk spit 60-80 juga padetan 1GD, trans tuningnya di 1GD di improve kayaknya krn lebih gampang gigit. klo 2GD kan rasanya mirip kyk cvt :big_biglaugh:

Image
2gd sih asal tega nginjek sih ya naek juga speednya. tapi suara nya lsg tereakkkk sekaligus speed nambahnya juga sdikit, lsg naik gigi dia deh kentang :big_biglaugh:
gak ngomongin overall mobilnya si om tapi lebih ke kurva torsinya enakan mana buat nyalip soalnya saya juga masalah di dakar pas mau nyelip ngelaaaaaag akhirnya pas turbo spooling saya ngerem lagi karena momentumnya gak dapet, beda sama ge8 karena dia n/a tenaganya keluar2x aja jadi dapet terus :mky_03:

kalo di dakar baru kena diakalin pake 8at aja otomatis ratio bisa pendek karena gearnya banyak jd lebih cepet masuk rpm spolling kalo fortuner kan 6AT :mky_03:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post