Review Honda Civic FB2 AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1131
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: 27 Dec 2024, 11:52
Gak sesuai setelan pabrik, krn over the time, bisa loose dan gak sesuai rentang spec kerapatan klep.

Detil akibatnya di sini
https://www.astra-honda.com/community/n ... k-maksimal

Atau tny ke mbah marmut, ahli dalam memijit.. Eh..nyetel klep

Prinsip kerjanya sama koq :mky_03:


:ngacir:
cocok om........ tq2 artikelnya nih
saturday wrote: 27 Dec 2024, 11:55

Klep tidak akan "ikut" setelan pabrik terus-menerus. Dia cenderung merenggang. Kalau merenggang jauh diatas clearance yang diperbolehkan nanti jarak antara rocker arm dan klepnya jadi jauh, karena ketukannya jadi jauh, suaranya jadi berisik dan bagian atas klep bisa cekung karena dihajar rocker dari jauh.

Kalau efek setelan klep renggang atau rapat selama masih dalam spesifikasi clearance, itu hal yang berbeda.
wah ini lbh dalam lagi pembahasannya nih.... tq suhu ilmunya
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12018
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: 27 Dec 2024, 12:07
Suryaputra wrote: 27 Dec 2024, 11:52
Gak sesuai setelan pabrik, krn over the time, bisa loose dan gak sesuai rentang spec kerapatan klep.

Detil akibatnya di sini
https://www.astra-honda.com/community/n ... k-maksimal

Atau tny ke mbah marmut, ahli dalam memijit.. Eh..nyetel klep

Prinsip kerjanya sama koq :mky_03:


:ngacir:
cocok om........ tq2 artikelnya nih
saturday wrote: 27 Dec 2024, 11:55

Klep tidak akan "ikut" setelan pabrik terus-menerus. Dia cenderung merenggang. Kalau merenggang jauh diatas clearance yang diperbolehkan nanti jarak antara rocker arm dan klepnya jadi jauh, karena ketukannya jadi jauh, suaranya jadi berisik dan bagian atas klep bisa cekung karena dihajar rocker dari jauh.

Kalau efek setelan klep renggang atau rapat selama masih dalam spesifikasi clearance, itu hal yang berbeda.
wah ini lbh dalam lagi pembahasannya nih.... tq suhu ilmunya
iya intinya ada rentang / toleransi kerapatan klepnya.
sekian s/d sekian.

jika di luar rentang, harus disetel ulang.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by saturday »

iamwewe wrote: 27 Dec 2024, 12:07
wah ini lbh dalam lagi pembahasannya nih.... tq suhu ilmunya
Bicara dalam rentang toleransi; kalau mau coba eksperimen

Setelan klep renggang: klep lebih cepat menutup. Tarikan bawah ke tengah membaik karena tidak banyak bocor kompresi (klep cepat tutup). BBM sedikit lebih irit, suara klep lebih berisik.

Setelan klep rapat: klep lebih lama membuka. Tarikan bawah berkurang karena kompresi bocor ketika klep terbuka, tapi potensi tarikan RPM tengah ke atas membaik karena klep yang membuka bisa masuk udara dan BBM lebih lama. Suara mesin lebih halus, BBM sedikit lebih boros.

Kalau galau? Taruh ditengah.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12018
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

saturday wrote: 27 Dec 2024, 12:59
iamwewe wrote: 27 Dec 2024, 12:07
wah ini lbh dalam lagi pembahasannya nih.... tq suhu ilmunya
Bicara dalam rentang toleransi; kalau mau coba eksperimen

Setelan klep renggang: klep lebih cepat menutup. Tarikan bawah ke tengah membaik karena tidak banyak bocor kompresi (klep cepat tutup). BBM sedikit lebih irit, suara klep lebih berisik.

Setelan klep rapat: klep lebih lama membuka. Tarikan bawah berkurang karena kompresi bocor ketika klep terbuka, tapi potensi tarikan RPM tengah ke atas membaik karena klep yang membuka bisa masuk udara dan BBM lebih lama. Suara mesin lebih halus, BBM sedikit lebih boros.

Kalau galau? Taruh ditengah.
iya dulu prnh setel L15 dan L12 di beres, ditaruh tengah, so far quite good sih emang.
minim gejala ngelitik, dgn ron 92 ke atas.. paling sip pakai ron 95 untuk L15.
buat L12, ron 98 lbh asik.. wkwkwkw

blm lagi ditambah variabel kualitas visco oli, ketika dah operating temp >90C :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 276
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Kent »

ExorT wrote: 26 Dec 2024, 12:43
ChZ wrote: 26 Dec 2024, 09:52
Kent wrote: 25 Dec 2024, 15:22

iyah, kyknya hanya honda yg tiap 40k ada setel klep.
mobil yg Toyota sy gk inget ada service stel kelp.

macem isuzu panther, 40rb sekali stel kelp.. hehehe.
sampe angkatan yg turbo juga stel klep. kaget saya waktu dikasih tau.
apa stel klep ini juga prosedur yg umum di beres honda ya?
umum kok, saya termasuk yg kepo suka main ke dalam service bay.
pake besi aluminium tipis2 sesuai ukuran nya, di kencengin sampe sesuai standard.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 376
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ExorT »

Kent wrote: 29 Dec 2024, 14:25
ExorT wrote: 26 Dec 2024, 12:43
ChZ wrote: 26 Dec 2024, 09:52

sampe angkatan yg turbo juga stel klep. kaget saya waktu dikasih tau.
apa stel klep ini juga prosedur yg umum di beres honda ya?
umum kok, saya termasuk yg kepo suka main ke dalam service bay.
pake besi aluminium tipis2 sesuai ukuran nya, di kencengin sampe sesuai standard.
Woh oke Om, thank you infonya, next service mau cobain.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by saturday »

Kent wrote: 29 Dec 2024, 14:25 pake besi aluminium tipis2 sesuai ukuran nya
Namanya "feeler gauge".
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 276
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Kent »

ExorT wrote: 29 Dec 2024, 14:47 Woh oke Om, thank you infonya, next service mau cobain.
coba Telp saja om ke beres nya, terus tanya mereka lakukan tidak.
karena aku sampe di bengkel ttp mastini itu di kerjakan.
soalnya klo kita di beres gk bawel, biasa gk di kerjain.

enaknya klo di beres kan itu paket tuh jasa nya 10rb 20rb 30rb 40rb.
nah saya suka tuh per 20rb kuras oli matic, sama ganti air radiator, jd udah gk ada charge jasa tambahan.

klo toyota cilukba jasa nya terpisah... hehehe
malah toyota sekarang beda2 antara tunas, auto200, dll.
kebalikan, honda semua yg paket dah sama harga di seluruh dealer (kecuali pekerjaan dikuar paket, harga beda2)
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11636
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by marmut »

Suryaputra wrote: 27 Dec 2024, 11:52

Atau tny ke mbah marmut, ahli dalam memijit.. Eh..nyetel klep




nyetel klep itu apa? :big_think:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12018
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

marmut wrote: 30 Dec 2024, 00:31
Suryaputra wrote: 27 Dec 2024, 11:52

Atau tny ke mbah marmut, ahli dalam memijit.. Eh..nyetel klep




nyetel klep itu apa? :big_think:
Klep jantung mobil mbah
Biar lancar jalan2 hiling dan masas :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post