Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Bismillah izin review selama 2 tahun ini.
Mobil ini saya beli di pertengahan 2020 ketika pandemi merajalela, karena kebutuhan untuk wara-wiri dan mudik buat saya yang baru berkeluarga. Mobil pertama.
Dengan budget cekak kerana terkuras oleh acara resepsi (ups,) akhirnya nemu di OLX yg setelah ditawar online ternyata harganya turun ke 85jt. Langsung digas cek unit sore itu juga dan paid. KM 70rban sekarang 95rban.
Terkesan terburu2 tp karena namanya butuh ya gmn lagi. Sudah murah, baru servis, pajak on, dan merasa pede karena kakak ipar juga pakai (yg Titanium), selain itu istri saya memang mobil impiannya Ecosport. Budget segitu tahun tsb Yaris Bakpao aja ga dapet, LCGC Istri tak mau. Motuba apalagi.
Ecosport Tren ini ternyata cocok sebagai “snow mobile”—mobil salju, asal maju LOL karena minim fitur dibandingkan Titanium. Ini menjadi poin plus buat saya krn kelistrikannya lebih simpel. Dibanding Titanium, menurut kakak saya, Trend ini lebih empuk dipakainya, dan terasa lebih ngayun. Mungkin krn joknya kain dan kaki2 masih oriannya. Punya kakak saya bekas restorasian j*ntra kalau lihat tempelan shocknya.
Hepi sih alhamdulillaah dengan pake mobil ini saya jd belajar banyak soal mobil. Ga cuma pake doang.
How to defuse the time bomb?
Saya cek2 di grup FB kemudian kontekan dengan seorang mekanik eks-Beres yg melayani home service. Saya konsul untuk pergantian part2 yg sangat penting kemudian dapetlah listnya. (Full list saya catat di Google Sheet, jadi service record). Akhirnya dia datang dengan membawa part2 full ori <<TAPI MALAH BAWA COOLANT 25rban 2 galon BILANGNYA GRATIS>> waktu itu saya bomat krn kalo spesialis aja pakenya coolant itu ya Why Not. Oiya doi bawa Titanium jg pas ke rumah.
Defuse pertama:
Cooling System
Hose atas radiator
Heater atas
Heater bawah
Hose return subtank
Sub tank
tutup subtank
Kabel Grounding rakitan (dikasih dari mobil doi)
Accu Motolite
Tune up
busi ori
Filter bensin
Injector cleaning
Throttle body cleaning
Hasil defuse pertama: Suhu mesin manteng di 98-99 AC on. Aslinya AC on itu 87-90. Tp waktu itu doi bilang segitu normal. Akhirnya research2 dan belanjalah online part2 untuk defuse tahap 2.
Defuse kedua:
Cooling System
Selang radiator bawah
Thermostat
Resistor fan
Waterpump Gates
Timing belt Gates
Tensioner Gates
Megacools Coolant
Repsol Elite Neo + Moly EP
Panggil mekanik itu lagi untuk defuse kedua, bedanya skg bayar jasa pasangnya aja. Sukseslah turun drastis itu suhu jadinya main di 87-90an. Bahkan kalau ngebut pun bisa turun ke 84c. So far puas. Menurut saya paling ngaruh itu Thermostat. Bisa jadi thermostat sebelumnya macet. <<TAPI ITU MEGACOOLS MALAH DICAMPUR SAMA AIR KERAN>>
Cukup dua tahap defuse itu, sisanya saya pake buat eksplor mobil. Mulai dari ganti knalpot, ganti header Kansai 421, tambah grounding, ganti filter udara, cuci evap dan ganti filter kabin, ganti bohlam led, ganti coolant, ganti oli, etc. yg semuanya hampir DIY. Liat2 tutor youtube aja dan bermodal konsul grup FB/WA. Skg sih status quo aja. Ga ada habisnya itu kalau terus2an diulik.
Oiya, Volt Stabilizer itu wajib dipasang di mobil ini. Saya pakai yg merek “Tenagamerah” ada lah di Tokped. NYS Fiesta Garage bahkan pernah kasih free buat mereka yg servis di doi. Ngaruh kelistrikan makin stabil, transmisi juga lebih halus pindahnya. Bukan sugesti ini, mengingat mobil ini kelistrikannya serba sensor. Ini salah satu defuse untuk menghindari error ABS TCM dst.
Apakabar transmisi?
Alhamdulillaah so far so good. Belum ada tanda2 kerusakan selama digunakan dengan baik.
Tips penggunaan DCT:
- Macet/stop n go main antara D dan N. Jangan dipanteng di D terus krn bisa aus itu lever/bearing.
- Sering2 dipake mode S nya sekalian italian tune-up. Gaspol dari gear satu sampe 5 kemudian turun lagi. Metode ini membantu reset DCT nya apalagi kalau habis dipake macet2an biasanya jeduk dari gear 1-2 (mobil mikirnya itu lagi nanjak makanya hrs cepet ganti gear).
Pokoknya so far puas dengan mobil ini. Budget segitu masih dapet mobil nyaman dikelasnya (85jt cuy hari gini dpt mobil apa).
Oiya, 2 bulan lalu ada indikasi rembes radiator dan akhirnya diganti pakai trivindo. So far so good murmer juga.
Apakah akan dijual? Enggak kyknya. Skg kondisi mobil sdh kyk mobil arab. Banyak lecet pemakaian maklum pemula baru bisa nyetir. InsyaAllaah dirawat semampunya aja ini mobil. Nyaman, irit, <<lumayan>> gagah bawanya meski bentuknya wagu.
Oiya trivia history oli (per 5rb KM, karena g tau history user sebelum2nya a.n. PT wkwkwk
Hx7 5W40 user sebelumnya
Repsol Elite Neo 5w30
Fastron Gold 5w30
Gulf Formula G 5w40
Repsol GXR 5w30
Motul TRD Diesel 5w40 (saat ini)
Mobil ini saya beli di pertengahan 2020 ketika pandemi merajalela, karena kebutuhan untuk wara-wiri dan mudik buat saya yang baru berkeluarga. Mobil pertama.
Dengan budget cekak kerana terkuras oleh acara resepsi (ups,) akhirnya nemu di OLX yg setelah ditawar online ternyata harganya turun ke 85jt. Langsung digas cek unit sore itu juga dan paid. KM 70rban sekarang 95rban.
Terkesan terburu2 tp karena namanya butuh ya gmn lagi. Sudah murah, baru servis, pajak on, dan merasa pede karena kakak ipar juga pakai (yg Titanium), selain itu istri saya memang mobil impiannya Ecosport. Budget segitu tahun tsb Yaris Bakpao aja ga dapet, LCGC Istri tak mau. Motuba apalagi.
Ecosport Tren ini ternyata cocok sebagai “snow mobile”—mobil salju, asal maju LOL karena minim fitur dibandingkan Titanium. Ini menjadi poin plus buat saya krn kelistrikannya lebih simpel. Dibanding Titanium, menurut kakak saya, Trend ini lebih empuk dipakainya, dan terasa lebih ngayun. Mungkin krn joknya kain dan kaki2 masih oriannya. Punya kakak saya bekas restorasian j*ntra kalau lihat tempelan shocknya.
Hepi sih alhamdulillaah dengan pake mobil ini saya jd belajar banyak soal mobil. Ga cuma pake doang.
How to defuse the time bomb?
Saya cek2 di grup FB kemudian kontekan dengan seorang mekanik eks-Beres yg melayani home service. Saya konsul untuk pergantian part2 yg sangat penting kemudian dapetlah listnya. (Full list saya catat di Google Sheet, jadi service record). Akhirnya dia datang dengan membawa part2 full ori <<TAPI MALAH BAWA COOLANT 25rban 2 galon BILANGNYA GRATIS>> waktu itu saya bomat krn kalo spesialis aja pakenya coolant itu ya Why Not. Oiya doi bawa Titanium jg pas ke rumah.
Defuse pertama:
Cooling System
Hose atas radiator
Heater atas
Heater bawah
Hose return subtank
Sub tank
tutup subtank
Kabel Grounding rakitan (dikasih dari mobil doi)
Accu Motolite
Tune up
busi ori
Filter bensin
Injector cleaning
Throttle body cleaning
Hasil defuse pertama: Suhu mesin manteng di 98-99 AC on. Aslinya AC on itu 87-90. Tp waktu itu doi bilang segitu normal. Akhirnya research2 dan belanjalah online part2 untuk defuse tahap 2.
Defuse kedua:
Cooling System
Selang radiator bawah
Thermostat
Resistor fan
Waterpump Gates
Timing belt Gates
Tensioner Gates
Megacools Coolant
Repsol Elite Neo + Moly EP
Panggil mekanik itu lagi untuk defuse kedua, bedanya skg bayar jasa pasangnya aja. Sukseslah turun drastis itu suhu jadinya main di 87-90an. Bahkan kalau ngebut pun bisa turun ke 84c. So far puas. Menurut saya paling ngaruh itu Thermostat. Bisa jadi thermostat sebelumnya macet. <<TAPI ITU MEGACOOLS MALAH DICAMPUR SAMA AIR KERAN>>
Cukup dua tahap defuse itu, sisanya saya pake buat eksplor mobil. Mulai dari ganti knalpot, ganti header Kansai 421, tambah grounding, ganti filter udara, cuci evap dan ganti filter kabin, ganti bohlam led, ganti coolant, ganti oli, etc. yg semuanya hampir DIY. Liat2 tutor youtube aja dan bermodal konsul grup FB/WA. Skg sih status quo aja. Ga ada habisnya itu kalau terus2an diulik.
Oiya, Volt Stabilizer itu wajib dipasang di mobil ini. Saya pakai yg merek “Tenagamerah” ada lah di Tokped. NYS Fiesta Garage bahkan pernah kasih free buat mereka yg servis di doi. Ngaruh kelistrikan makin stabil, transmisi juga lebih halus pindahnya. Bukan sugesti ini, mengingat mobil ini kelistrikannya serba sensor. Ini salah satu defuse untuk menghindari error ABS TCM dst.
Apakabar transmisi?
Alhamdulillaah so far so good. Belum ada tanda2 kerusakan selama digunakan dengan baik.
Tips penggunaan DCT:
- Macet/stop n go main antara D dan N. Jangan dipanteng di D terus krn bisa aus itu lever/bearing.
- Sering2 dipake mode S nya sekalian italian tune-up. Gaspol dari gear satu sampe 5 kemudian turun lagi. Metode ini membantu reset DCT nya apalagi kalau habis dipake macet2an biasanya jeduk dari gear 1-2 (mobil mikirnya itu lagi nanjak makanya hrs cepet ganti gear).
Pokoknya so far puas dengan mobil ini. Budget segitu masih dapet mobil nyaman dikelasnya (85jt cuy hari gini dpt mobil apa).
Oiya, 2 bulan lalu ada indikasi rembes radiator dan akhirnya diganti pakai trivindo. So far so good murmer juga.
Apakah akan dijual? Enggak kyknya. Skg kondisi mobil sdh kyk mobil arab. Banyak lecet pemakaian maklum pemula baru bisa nyetir. InsyaAllaah dirawat semampunya aja ini mobil. Nyaman, irit, <<lumayan>> gagah bawanya meski bentuknya wagu.
Oiya trivia history oli (per 5rb KM, karena g tau history user sebelum2nya a.n. PT wkwkwk
Hx7 5W40 user sebelumnya
Repsol Elite Neo 5w30
Fastron Gold 5w30
Gulf Formula G 5w40
Repsol GXR 5w30
Motul TRD Diesel 5w40 (saat ini)
- Attachments
-
- Habis ganti radiator sekalian bleeding nunggu suhu sampe 100c dan kipas low on.
- C49B8F1B-D133-40DE-811F-0A47356F742E.jpeg (35.4 KiB) Viewed 4010 times
- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2271
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Oli DCT berarti belom diganti ya?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: 25 Oct 2016, 07:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Wah, salah satu mobil impian lawas.
Kali-kali dapet kesempatan beli
Kali-kali dapet kesempatan beli
Boleh share damage costnya kah om??bensindanoli wrote: ↑21 Dec 2022, 11:39 Cut…
Defuse pertama:
Cooling System
Hose atas radiator
Heater atas
Heater bawah
Hose return subtank
Sub tank
tutup subtank
Kabel Grounding rakitan (dikasih dari mobil doi)
Accu Motolite
Tune up
busi ori
Filter bensin
Injector cleaning
Throttle body cleaning
…cut…
Defuse kedua:
Cooling System
Selang radiator bawah
Thermostat
Resistor fan
Waterpump Gates
Timing belt Gates
Tensioner Gates
Megacools Coolant
Repsol Elite Neo + Moly EP
…cut
Daily : (temporary) 150kW M271DE 7AT or (Soon) 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ
Weekend Occasional : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend Occasional : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
- peterming77
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 725
- Joined: 08 Mar 2022, 14:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Konsumsi BBM bisa dapat di berapa Gan?bensindanoli wrote: ↑21 Dec 2022, 11:39 Bismillah izin review selama 2 tahun ini.
Mobil ini saya beli di pertengahan 2020 ketika pandemi merajalela, karena kebutuhan untuk wara-wiri dan mudik buat saya yang baru berkeluarga. Mobil pertama.
Dengan budget cekak kerana terkuras oleh acara resepsi (ups,) akhirnya nemu di OLX yg setelah ditawar online ternyata harganya turun ke 85jt. Langsung digas cek unit sore itu juga dan paid. KM 70rban sekarang 95rban.
Terkesan terburu2 tp karena namanya butuh ya gmn lagi. Sudah murah, baru servis, pajak on, dan merasa pede karena kakak ipar juga pakai (yg Titanium), selain itu istri saya memang mobil impiannya Ecosport. Budget segitu tahun tsb Yaris Bakpao aja ga dapet, LCGC Istri tak mau. Motuba apalagi.
Ecosport Tren ini ternyata cocok sebagai “snow mobile”—mobil salju, asal maju LOL karena minim fitur dibandingkan Titanium. Ini menjadi poin plus buat saya krn kelistrikannya lebih simpel. Dibanding Titanium, menurut kakak saya, Trend ini lebih empuk dipakainya, dan terasa lebih ngayun. Mungkin krn joknya kain dan kaki2 masih oriannya. Punya kakak saya bekas restorasian j*ntra kalau lihat tempelan shocknya.
Hepi sih alhamdulillaah dengan pake mobil ini saya jd belajar banyak soal mobil. Ga cuma pake doang.
How to defuse the time bomb?
Saya cek2 di grup FB kemudian kontekan dengan seorang mekanik eks-Beres yg melayani home service. Saya konsul untuk pergantian part2 yg sangat penting kemudian dapetlah listnya. (Full list saya catat di Google Sheet, jadi service record). Akhirnya dia datang dengan membawa part2 full ori <<TAPI MALAH BAWA COOLANT 25rban 2 galon BILANGNYA GRATIS>> waktu itu saya bomat krn kalo spesialis aja pakenya coolant itu ya Why Not. Oiya doi bawa Titanium jg pas ke rumah.
Defuse pertama:
Cooling System
Hose atas radiator
Heater atas
Heater bawah
Hose return subtank
Sub tank
tutup subtank
Kabel Grounding rakitan (dikasih dari mobil doi)
Accu Motolite
Tune up
busi ori
Filter bensin
Injector cleaning
Throttle body cleaning
Hasil defuse pertama: Suhu mesin manteng di 98-99 AC on. Aslinya AC on itu 87-90. Tp waktu itu doi bilang segitu normal. Akhirnya research2 dan belanjalah online part2 untuk defuse tahap 2.
Defuse kedua:
Cooling System
Selang radiator bawah
Thermostat
Resistor fan
Waterpump Gates
Timing belt Gates
Tensioner Gates
Megacools Coolant
Repsol Elite Neo + Moly EP
Panggil mekanik itu lagi untuk defuse kedua, bedanya skg bayar jasa pasangnya aja. Sukseslah turun drastis itu suhu jadinya main di 87-90an. Bahkan kalau ngebut pun bisa turun ke 84c. So far puas. Menurut saya paling ngaruh itu Thermostat. Bisa jadi thermostat sebelumnya macet. <<TAPI ITU MEGACOOLS MALAH DICAMPUR SAMA AIR KERAN>>
Cukup dua tahap defuse itu, sisanya saya pake buat eksplor mobil. Mulai dari ganti knalpot, ganti header Kansai 421, tambah grounding, ganti filter udara, cuci evap dan ganti filter kabin, ganti bohlam led, ganti coolant, ganti oli, etc. yg semuanya hampir DIY. Liat2 tutor youtube aja dan bermodal konsul grup FB/WA. Skg sih status quo aja. Ga ada habisnya itu kalau terus2an diulik.
Oiya, Volt Stabilizer itu wajib dipasang di mobil ini. Saya pakai yg merek “Tenagamerah” ada lah di Tokped. NYS Fiesta Garage bahkan pernah kasih free buat mereka yg servis di doi. Ngaruh kelistrikan makin stabil, transmisi juga lebih halus pindahnya. Bukan sugesti ini, mengingat mobil ini kelistrikannya serba sensor. Ini salah satu defuse untuk menghindari error ABS TCM dst.
Apakabar transmisi?
Alhamdulillaah so far so good. Belum ada tanda2 kerusakan selama digunakan dengan baik.
Tips penggunaan DCT:
- Macet/stop n go main antara D dan N. Jangan dipanteng di D terus krn bisa aus itu lever/bearing.
- Sering2 dipake mode S nya sekalian italian tune-up. Gaspol dari gear satu sampe 5 kemudian turun lagi. Metode ini membantu reset DCT nya apalagi kalau habis dipake macet2an biasanya jeduk dari gear 1-2 (mobil mikirnya itu lagi nanjak makanya hrs cepet ganti gear).
Pokoknya so far puas dengan mobil ini. Budget segitu masih dapet mobil nyaman dikelasnya (85jt cuy hari gini dpt mobil apa).
Oiya, 2 bulan lalu ada indikasi rembes radiator dan akhirnya diganti pakai trivindo. So far so good murmer juga.
Apakah akan dijual? Enggak kyknya. Skg kondisi mobil sdh kyk mobil arab. Banyak lecet pemakaian maklum pemula baru bisa nyetir. InsyaAllaah dirawat semampunya aja ini mobil. Nyaman, irit, <<lumayan>> gagah bawanya meski bentuknya wagu.
Oiya trivia history oli (per 5rb KM, karena g tau history user sebelum2nya a.n. PT wkwkwk
Hx7 5W40 user sebelumnya
Repsol Elite Neo 5w30
Fastron Gold 5w30
Gulf Formula G 5w40
Repsol GXR 5w30
Motul TRD Diesel 5w40 (saat ini)
- ChZ
- SM Specialist
- Posts: 16449
- Joined: 08 Oct 2013, 21:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Wah judulnya lucu abis, defusing time bomb bener2 time bomb yah tcm dan kawan kawan itu.
Tapi skrg mobil2 bangkrut nan rewel gini jadi menarik apalagi karena populasinya cukup banyak jd ladang uang buat yang mau menekuni merk2 gini modal scanner obd2 toolkit dan kenalan parts. Rata rata jg gak dikit ex mekanik beres buka sendiri mungkin males abis pegang ford disuruh urusin merk china
Spesialisnya ford sekarang cukup banyak ini mirip kayak bmw mercedes VW. Karena "rewel" jd repair costnya murah dan mudah
Tapi skrg mobil2 bangkrut nan rewel gini jadi menarik apalagi karena populasinya cukup banyak jd ladang uang buat yang mau menekuni merk2 gini modal scanner obd2 toolkit dan kenalan parts. Rata rata jg gak dikit ex mekanik beres buka sendiri mungkin males abis pegang ford disuruh urusin merk china
Spesialisnya ford sekarang cukup banyak ini mirip kayak bmw mercedes VW. Karena "rewel" jd repair costnya murah dan mudah
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2271
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Buat wet clutch and dry clutch dct adanya setara 75W GL4 , lebih encer dikit.bensindanoli wrote: ↑21 Dec 2022, 15:13Udah ganti di 2020 77oil, ga dimasukin list karena masa gantinya jauh om. Q8 punya 75w80 GL4 kah?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Kurang dari 10 kyknya buat yg primarygadjahalphien wrote: ↑21 Dec 2022, 12:59 Wah, salah satu mobil impian lawas.
Kali-kali dapet kesempatan beliBoleh share damage costnya kah om??bensindanoli wrote: ↑21 Dec 2022, 11:39 Cut…
Defuse pertama:
Cooling System
Hose atas radiator
Heater atas
Heater bawah
Hose return subtank
Sub tank
tutup subtank
Kabel Grounding rakitan (dikasih dari mobil doi)
Accu Motolite
Tune up
busi ori
Filter bensin
Injector cleaning
Throttle body cleaning
…cut…
Defuse kedua:
Cooling System
Selang radiator bawah
Thermostat
Resistor fan
Waterpump Gates
Timing belt Gates
Tensioner Gates
Megacools Coolant
Repsol Elite Neo + Moly EP
…cut
Bisa 11-15km/liter tergantung situasi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
nice review om. salah 1 mobil favorit saya, karena desainnya yg cakep, fitur lengkap, fun to drive + handlingnya juga lumayan oke
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Betul banget om. Bahkan saya kepikiran mau buka bengkel spesialis ford juga modal scanner OBD 100rban wkwkChZ wrote: ↑21 Dec 2022, 14:13 Wah judulnya lucu abis, defusing time bomb bener2 time bomb yah tcm dan kawan kawan itu.
Tapi skrg mobil2 bangkrut nan rewel gini jadi menarik apalagi karena populasinya cukup banyak jd ladang uang buat yang mau menekuni merk2 gini modal scanner obd2 toolkit dan kenalan parts. Rata rata jg gak dikit ex mekanik beres buka sendiri mungkin males abis pegang ford disuruh urusin merk china
Spesialisnya ford sekarang cukup banyak ini mirip kayak bmw mercedes VW. Karena "rewel" jd repair costnya murah dan mudah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: 26 Jul 2017, 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
kalo MT gak lebih trouble free Om, saya pelihara Fiesta 5 tahun cuma ganti shock aja..
Btw mobil kakaknya kalo mau di lego bolehlah berkabar, Ford ini bikin rindu wkwkwk
Btw mobil kakaknya kalo mau di lego bolehlah berkabar, Ford ini bikin rindu wkwkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 814
- Joined: 27 Aug 2009, 11:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
part cooling banyak yang diganti dikarenakan pas sesudah beli baru ketahuan tidak normal, atau preventive maintenance saja om? untuk mobil tahun 2014 dan di bawah 100rb km wow juga ya.
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5901
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Nais ripiu om, samaan ini mesin + transmisinya kayak mobil ane.
BBM pake apa om?
Kalau macet2an atau jalan merayap lambat ini DCTnya jg ga enak ya om, terlalu agresif jadi ga smooth gitu nyetirnya ya? Haha.
BBM pake apa om?
Kalau macet2an atau jalan merayap lambat ini DCTnya jg ga enak ya om, terlalu agresif jadi ga smooth gitu nyetirnya ya? Haha.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Sekarang lg pake Pertalite+CSFC alhamdulillah aman ud mau setahun ini. Sblmnya dicampur Spark Racing. G ad tenaganya emg kl Pertalite.
Iya sbnrnya kl macet gausa digas om lepas rem aja, cuma kan keduluan mobil sruntulan wkwk
Lebih ke preventif aja sih om, dan terbukti waktu repair pertama suhunya blm normal.
Bikin nangis itu om punya kakak saya udah “meledak” beberapa kali. Mulai dari kompre AC, overheat, dinamo starter, skg ABS lg kambuh. Sepertinya pernah aki soak dan selain itu blm ganti2 minyak rem keknya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Setuju sih handling memang mayan mantep. Apalagi kl turun bannya ke 205-55-16. Posisi skg pake 205 65 16 enak jg rada tinggi dan lebi empuk
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5901
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Sudah pernah ganti aki om? Ada prosedurnya?bensindanoli wrote: ↑22 Dec 2022, 10:28
Sekarang lg pake Pertalite+CSFC alhamdulillah aman ud mau setahun ini. Sblmnya dicampur Spark Racing. G ad tenaganya emg kl Pertalite.
Iya sbnrnya kl macet gausa digas om lepas rem aja, cuma kan keduluan mobil sruntulan wkwk
Ane ada rencana mau keluar kota 2 minggu, kepikir mau cabut aki tapi takut nanti TCM jadi error. Hahahaha.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Prosedur ganti aki sih standar aja. Lepas kutub neg kemudian kutub positif.sintoni wrote: ↑22 Dec 2022, 10:59Sudah pernah ganti aki om? Ada prosedurnya?bensindanoli wrote: ↑22 Dec 2022, 10:28
Sekarang lg pake Pertalite+CSFC alhamdulillah aman ud mau setahun ini. Sblmnya dicampur Spark Racing. G ad tenaganya emg kl Pertalite.
Iya sbnrnya kl macet gausa digas om lepas rem aja, cuma kan keduluan mobil sruntulan wkwk
Ane ada rencana mau keluar kota 2 minggu, kepikir mau cabut aki tapi takut nanti TCM jadi error. Hahahaha.
Yg bikin error itu kalau aki soak kemudian distarter. Droplah itu tegangan ke ABS. Biasanya lgsg muncul notif.
2 minggu sebaiknya memang lepas aki. Cuma nanti pas sblm dipasang, baiknya akinya dicharge dulu.
Trakhir si saya ditinggal lukot seminggu aja alhamdulillah masi jreng. Kl 2 minggu blm pernah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: 26 Jul 2017, 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
dulu saya ganti aki posisi mesin nyala Om, biar gak ada error/reset.sintoni wrote: ↑22 Dec 2022, 10:59Sudah pernah ganti aki om? Ada prosedurnya?bensindanoli wrote: ↑22 Dec 2022, 10:28
Sekarang lg pake Pertalite+CSFC alhamdulillah aman ud mau setahun ini. Sblmnya dicampur Spark Racing. G ad tenaganya emg kl Pertalite.
Iya sbnrnya kl macet gausa digas om lepas rem aja, cuma kan keduluan mobil sruntulan wkwk
Ane ada rencana mau keluar kota 2 minggu, kepikir mau cabut aki tapi takut nanti TCM jadi error. Hahahaha.
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5901
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Jadi.kira2 aman aja ya om cabut aki ini? Takut nanti TCM masalah aja sih. Haha.bensindanoli wrote: ↑22 Dec 2022, 11:22
Prosedur ganti aki sih standar aja. Lepas kutub neg kemudian kutub positif.
Yg bikin error itu kalau aki soak kemudian distarter. Droplah itu tegangan ke ABS. Biasanya lgsg muncul notif.
2 minggu sebaiknya memang lepas aki. Cuma nanti pas sblm dipasang, baiknya akinya dicharge dulu.
Trakhir si saya ditinggal lukot seminggu aja alhamdulillah masi jreng. Kl 2 minggu blm pernah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: 01 Nov 2021, 11:47
- Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
InsyaAllaah aman. Paling reset settingan audio, jam, sama power window. Bahkan TCM akan balik lagi ke settingan pabrik. Reset ECU lah wkwksintoni wrote: ↑22 Dec 2022, 21:26Jadi.kira2 aman aja ya om cabut aki ini? Takut nanti TCM masalah aja sih. Haha.bensindanoli wrote: ↑22 Dec 2022, 11:22
Prosedur ganti aki sih standar aja. Lepas kutub neg kemudian kutub positif.
Yg bikin error itu kalau aki soak kemudian distarter. Droplah itu tegangan ke ABS. Biasanya lgsg muncul notif.
2 minggu sebaiknya memang lepas aki. Cuma nanti pas sblm dipasang, baiknya akinya dicharge dulu.
Trakhir si saya ditinggal lukot seminggu aja alhamdulillah masi jreng. Kl 2 minggu blm pernah
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: 29 Dec 2022, 22:44
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Saya kebetulan ada Ford Ecosport Titanium AT 2015 mau saya lego mas.
> Warna Brisbane brown
> km 113rb
> Tangan pertama
> Selalu service pakai beres, kecuali akhir-akhir ini beralih ke bengkel spesialis Ford (bekas mekanik Ford).
> Selalu pakai bensin Shell V-Power
> Pajak hidup November 2023
kalau minat hubungi japri ya.
- suvmania
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 261
- Joined: 10 May 2013, 18:33
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Halo om, boleh di-dm harganya kah? Thanks.indrayoto wrote: ↑29 Dec 2022, 22:49Saya kebetulan ada Ford Ecosport Titanium AT 2015 mau saya lego mas.
> Warna Brisbane brown
> km 113rb
> Tangan pertama
> Selalu service pakai beres, kecuali akhir-akhir ini beralih ke bengkel spesialis Ford (bekas mekanik Ford).
> Selalu pakai bensin Shell V-Power
> Pajak hidup November 2023
kalau minat hubungi japri ya.
Daily Tol Japek Beater
Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2152
- Joined: 25 Jan 2017, 16:12
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
nice review, om
semoga awet mobilnya ya
semoga awet mobilnya ya
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: 08 Jun 2023, 21:17
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Ecosport
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
Header Kansai beli dimana om?
Ada link atau no kontak plus kira2 harga?
Ada link atau no kontak plus kira2 harga?
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: 07 Mar 2014, 07:14
Re: Ford Ecosport 2014 Trend AT DCT Long Term Review 20rbKM++: Defusing the Time Bomb
masih om ford ecos nya?indrayoto wrote: ↑29 Dec 2022, 22:49Saya kebetulan ada Ford Ecosport Titanium AT 2015 mau saya lego mas.
> Warna Brisbane brown
> km 113rb
> Tangan pertama
> Selalu service pakai beres, kecuali akhir-akhir ini beralih ke bengkel spesialis Ford (bekas mekanik Ford).
> Selalu pakai bensin Shell V-Power
> Pajak hidup November 2023
kalau minat hubungi japri ya.
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 54 Replies
- 12183 Views
-
Last post by vinves
-
- 75 Replies
- 17062 Views
-
Last post by Syauqi
-
- 31 Replies
- 7964 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 23 Replies
- 5540 Views
-
Last post by noire
-
- 16 Replies
- 5303 Views
-
Last post by lemonadelovers
-
- 33 Replies
- 6981 Views
-
Last post by whitehorse4
-
- 13 Replies
- 815 Views
-
Last post by b0ku
-
- 42 Replies
- 12404 Views
-
Last post by EdgarDrake
-
- 9 Replies
- 2330 Views
-
Last post by newrubble
-
- 17 Replies
- 4579 Views
-
Last post by lemonadelovers