whitehorse4 wrote: ↑02 Oct 2024, 04:51
Halo oom semua, izinkan saya mereview tunggangan saat ini, sebuah Mazda CX-5 2.5 2014. Sebelumnya harap maklum kalau ada yang kurang, kebetulan ini review pertama saya disini
Awalnya cari sedan bekas buat pp antarkota, ternyata setelah ditimbang2 lagi masih butuh gc tinggi buat kondisi jalan yang dilalui (kadang suka main ke pegunungan juga) jadi diputuskan cari suv/crossover dengan karakter pengendalian yg semirip mungkin sama sedan. Opsi yg masuk budget dan kriteria ada di crv, cuman dipikir2 kok bosen ya masa crv lagi, akhirnya ngulik2 dikit tentang cx5 dan di forum luar negeri ternyata banyak yg sudah tembus km tinggi tanpa masalah berarti dengan testimoni yang memuaskan. Karena banyak yang memuji reliability dari mesin ini maka dipinanglah seekor cx5 2.5 touring prefacelift tahun 2014 dengan odometer 85 ribu.
Interior oke, rasanya solid dan belum ada rattle, desainnya simpel dengan build quality yang sangat baik. Baris kedua sempit dan tegak, masih sedikit lebih baik dibanding outlander dan sx4.
Driving position cukup commanding ala SUV pada umumnya. Saat dibawa jalan, handlingnya terasa seperti hatchback yang ditinggikan, enak buat sruntulan kalau pas buru2
Tenaga kerasa di rpm tengah, beda dengan karakter vtec honda yg main di rpm tinggi. Kalau di tol sih mungkin dibanding crv kurang puas. Karakter tenaganya cocok di jalanan lintas provinsi yang lurusannya gak sepanjang tol. Buat nyalip truk2 sih cukup effortless ya. Kadang gak sadar serasa bawa mobil compact padahal ini suv hahaha. Bodyroll masih kerasa tapi gak sampai mengganggu. Asli ini mobil gak kerasa mobil gede, pede aja nempelin civic turbo meliuk2 di muntilan tanpa takut kebalik
Sayangnya buat yang bosenan pilihan upgrade parts modifikasi sektor mesin gak sebanyak honda. Cocok buat aliran mesin standar tanpa dioprek2.
Rem di cx5 ini agak dalem baru gigit, awalnya kagok cuman kalo udah masuk biting pointnya enak, pede buat hard braking tanpa ada nosedive yang berlebih. Beda karakter dengan mazda 2 yang ditoel dikit langsung berhenti.
Bantingan juga firm meskipun masih pakai velg r17 dengan profil ban yg lebih tebal dibanding versi r19 nya, kalau sukanya yg empuk2 saya rasa sih kurang cocok ambil mobil ini
Untuk konsumsi bbm irit sekali, mesin 2.500cc masih bisa dapat 1:8.5 dalam kota, dimana crv gen 1 saya cuman 1:5.
Maintenance yang dilakukan standar mobil umur 10 tahun. Ganti cairan, kaki2, dan sebagainya. Di unit saya ketambahan servis retract mirror kanan dan speaker pintu kiri yang sudah pecah suaranya di lem ulang alhasil normal kembali. Lainnya masih normal. Berikut rincian maintenance awal di CX5 saya:
Oli mesin + filter
Oli matic atf fz (beli 5 liter ternyata kelebihan, sisa 1 botol )
Cabin filter
Air filter
2.378.119
Ball joint
Link stabil
Shock depan
Tie rod
Long tie rod
Bushing lower arm semua
Engine mount kanan dan bawah
Bubut disc brake
Spooring balancing dll
8.291.600
Servis EPS
1.750.000
Service motor spion, speaker pintu kiri, ganti wiper belakang
725.000
Poles headlamp
250.000
Ganti lampu senja dan DRL putih serta klakson flosser
824.000
Poles exterior dan interior
700.000
Grand total:
15.208.119
Overall cukup puas dengan mobil ini, dengan harga yang dibayarkan memenuhi kebutuhan dan karakter mengemudi saya
IMG_4015.jpeg
IMG_4018.jpegIMG_3968.jpeg
IMG_3939.jpeg