Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 18 May 2016, 10:48

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by inobody »

Jenson wrote: 28 Aug 2024, 14:18
inobody wrote: 28 Aug 2024, 14:11 Kena racun nih.. abis ganti SKK ke 3M Crystalline CR20 (60%). hasilnya hummm ga tll beda sih ama SKK OEM Vkool.

Emang uda lama sih pengen ganti yang SKK karena ga tll suka ama silver nya, kl CR20 ga tll item2 pekat gitu, jadi masih ada ala2 mbl mewah gitu yg tembus kedalem ijo2.

WS depan udah ganti lama ke vkool VK40, belakang masih OEM karena takut lepas defoggernya.

ref : https://www.vkool-indonesia.com/otomoti ... oem-series
3M menurut saya emang hmm, agak kurang sih om. Lagi siang2 bolong masih nyenget, kalah ama Vkool VK series
Iya kayanya, tangan kanan lbh brasa panas. padahal ud Crystalline CR20 yang tolak panasnya uda 63%.
Mungkin yang silver2 gitu lbih mantulin panas ya.
cumanpengensedan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 12 Jun 2023, 11:58
Daily Vehicle: GE8 FC1

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by cumanpengensedan »

om @ChZ, mau nanya untuk mesin civic ini dgn kilometer 50 ribuan dgn umur yg sama kira2 pemilihan olinya spt apa ya, dan frekuensi gantinya apa sesuai rule of thumb per 5000/10000/6bln whichever comes first saja?

saya baca di trit ini sptnya general consensus pakai Q8 untuk yg normal, tapi kalau mau rogoh kocek lebih pakai AMSoil ya?

TIA
Last edited by cumanpengensedan on 26 Sep 2024, 12:34, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16448
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

cumanpengensedan wrote: 26 Sep 2024, 11:45 om @ChZ, mau nanya untuk mesin civic ini dgn kilometer 50 ribuan dgn umur yg sama kira2 pemilihan olinya spt apa ya, dan frekuensi gantinya apa sesuai rule of thumb per 5000/10000/6bln whichever comes first saja?

saya baca di trit ini sptnya general consensus pakai Q8 untuk yg normal, tapi kalau mau rogoh kocek lebih pakai AMSoil ya?

TIA
interval ganti oli tetap segitu, saya sih biasa tiap indikator nyala tapi ya pas sekitar 5000 km an.

Q8 0W-20 sih saya selama ini, iya AMS signature 0W-20 mahal euy :ungg: utk normal usage Q8 udah enak banget.

CVT pakai FK pulse CVTF for Honda. ganti per 20 ribu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cumanpengensedan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 12 Jun 2023, 11:58
Daily Vehicle: GE8 FC1

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by cumanpengensedan »

ChZ wrote: 26 Sep 2024, 14:04
cumanpengensedan wrote: 26 Sep 2024, 11:45 om @ChZ, mau nanya untuk mesin civic ini dgn kilometer 50 ribuan dgn umur yg sama kira2 pemilihan olinya spt apa ya, dan frekuensi gantinya apa sesuai rule of thumb per 5000/10000/6bln whichever comes first saja?

saya baca di trit ini sptnya general consensus pakai Q8 untuk yg normal, tapi kalau mau rogoh kocek lebih pakai AMSoil ya?

TIA
interval ganti oli tetap segitu, saya sih biasa tiap indikator nyala tapi ya pas sekitar 5000 km an.

Q8 0W-20 sih saya selama ini, iya AMS signature 0W-20 mahal euy :ungg: utk normal usage Q8 udah enak banget.

CVT pakai FK pulse CVTF for Honda. ganti per 20 ribu.
tapi dari AMS signature perbedaannya significant ga om? saya juga full ron 98, rencana mau remap juga minggu ini biar joss
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16448
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

cumanpengensedan wrote: 26 Sep 2024, 14:38
tapi dari AMS signature perbedaannya significant ga om? saya juga full ron 98, rencana mau remap juga minggu ini biar joss
belum pernah coba AMS signature om... di tempat langganan saya lumayan jauh selisihnya AMS signature ma Q8 :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2271
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by sahabatq8 »

cumanpengensedan wrote: 26 Sep 2024, 14:38
ChZ wrote: 26 Sep 2024, 14:04
cumanpengensedan wrote: 26 Sep 2024, 11:45 om @ChZ, mau nanya untuk mesin civic ini dgn kilometer 50 ribuan dgn umur yg sama kira2 pemilihan olinya spt apa ya, dan frekuensi gantinya apa sesuai rule of thumb per 5000/10000/6bln whichever comes first saja?

saya baca di trit ini sptnya general consensus pakai Q8 untuk yg normal, tapi kalau mau rogoh kocek lebih pakai AMSoil ya?

TIA
interval ganti oli tetap segitu, saya sih biasa tiap indikator nyala tapi ya pas sekitar 5000 km an.

Q8 0W-20 sih saya selama ini, iya AMS signature 0W-20 mahal euy :ungg: utk normal usage Q8 udah enak banget.

CVT pakai FK pulse CVTF for Honda. ganti per 20 ribu.
tapi dari AMS signature perbedaannya significant ga om? saya juga full ron 98, rencana mau remap juga minggu ini biar joss
Kalo mau coba Q8 Special FE 0w20 (yang spek eropa, diatas d1 fe 0w20) masih ada quota tuh untuk member SM, lumayan diskon 30%.

Customer saya si Elika Performance Civic Type Rnya juga pake D1 Fe 0w20. Kalo turun track pake d1/prestige v 5w30.

Kalo civic 1.5 itu lokasi turbonya dimana ya? Deket radiator jg gak?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16448
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

sahabatq8 wrote: 27 Sep 2024, 10:38
Kalo civic 1.5 itu lokasi turbonya dimana ya? Deket radiator jg gak?
depan om... dekat radiator
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2271
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by sahabatq8 »

ChZ wrote: 27 Sep 2024, 10:45
sahabatq8 wrote: 27 Sep 2024, 10:38
Kalo civic 1.5 itu lokasi turbonya dimana ya? Deket radiator jg gak?
depan om... dekat radiator
Sama kyk 2.0 ya brati. Kalo track day heatsoaknya parah, harus dikasih blanket
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16448
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

sahabatq8 wrote: 27 Sep 2024, 11:12 Sama kyk 2.0 ya brati. Kalo track day heatsoaknya parah, harus dikasih blanket
iya om kalo secara design sebenernya K20C1 sama L15B7 mirip mirip. ho oh sering dengar tuh civic FK heat soaknya parah :upss: :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11687
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 Sep 2024, 14:32
sahabatq8 wrote: 27 Sep 2024, 11:12 Sama kyk 2.0 ya brati. Kalo track day heatsoaknya parah, harus dikasih blanket
iya om kalo secara design sebenernya K20C1 sama L15B7 mirip mirip. ho oh sering dengar tuh civic FK heat soaknya parah :upss: :ungg:
kan dompet tebal susah nekuk,
beli kayak gini lahh

https://shop.redline360.com/products/tr ... l-set-of-3

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cumanpengensedan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 12 Jun 2023, 11:58
Daily Vehicle: GE8 FC1

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by cumanpengensedan »

thank u masukannya om2 sekalian
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16448
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

update terbaru soal pemakaian Civic yang udah genap 7 tahun.

terakhir kemarin ada bunyi-bunyi dari kaki kaki bagian belakang kiri. ntah dari mana, tapi setelah dibongkar ternyata upper shock mount nya retak jadi goyang dan menimbulkan suara klotok-klotok. kirain kemaren link stabilizer kena. ya udah sekalian aja ganti 2-2nya. agak pricey 1.6juta per pcs upper shock mount doang. hampir sama kayak harga shocknya. sama sekalian ganti busa stopper yang udah rontok.

lalu problem paling apes itu rack steer. gejala awal ada bunyi "dug" rada keras waktu berhenti setir diputer. setelah dicek teliti... ternyata hasil kerjaan akal-akalan bengkel sebelumnya waktu klaim ada bunyi "krekk" pelan waktu belok, lah bunyi krekk skrg berubah jadi "dug" :big_bored:
IMG20241010132140.jpg
IMG20241010132134.jpg
bagian motor dikasih grease banyak banget sampe menggumpal ntah belajar dari mana, seal karetnya sampe kalah. per penahannya diganti lebih keras dan diganjel, pantes waktu keluar bengkel berat banget setirnya. masalahnya bengkel sebelumnya repair kayak gini nggak konfirmasi dulu setirnya mau diapain tau-tau dibongkar kok gini.

setelah di repair sebisanya sih bunyi dug nya hilang, semoga aman sentosa deh. udah gak ada bunyi2 sih. biarpun menurut si orang bengkelnya itu perbaikannya paling cuma 90%. pelajaran habis ini malah jadi trust issue kalo rack steer kena mau direpair. :big_bored: pdhl saya cuma minta dicek waktu itu.

biaya repairnya yang lumayan. 6 jutaan. mahalnya di bagian shock mountingnya 3.2 juta sendiri :big_childish:


eh selang sehari kolong kena batu gede, dek bawahnya penyok. mampir lagi deh pesen dek bawah :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2862
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 17 Oct 2024, 10:10 update terbaru soal pemakaian Civic yang udah genap 7 tahun.

terakhir kemarin ada bunyi-bunyi dari kaki kaki bagian belakang kiri. ntah dari mana, tapi setelah dibongkar ternyata upper shock mount nya retak jadi goyang dan menimbulkan suara klotok-klotok. kirain kemaren link stabilizer kena. ya udah sekalian aja ganti 2-2nya. agak pricey 1.6juta per pcs upper shock mount doang. hampir sama kayak harga shocknya. sama sekalian ganti busa stopper yang udah rontok.

lalu problem paling apes itu rack steer. gejala awal ada bunyi "dug" rada keras waktu berhenti setir diputer. setelah dicek teliti... ternyata hasil kerjaan akal-akalan bengkel sebelumnya waktu klaim ada bunyi "krekk" pelan waktu belok, lah bunyi krekk skrg berubah jadi "dug" :big_bored:

IMG20241010132140.jpg

IMG20241010132134.jpg

bagian motor dikasih grease banyak banget sampe menggumpal ntah belajar dari mana, seal karetnya sampe kalah. per penahannya diganti lebih keras dan diganjel, pantes waktu keluar bengkel berat banget setirnya. masalahnya bengkel sebelumnya repair kayak gini nggak konfirmasi dulu setirnya mau diapain tau-tau dibongkar kok gini.

setelah di repair sebisanya sih bunyi dug nya hilang, semoga aman sentosa deh. udah gak ada bunyi2 sih. biarpun menurut si orang bengkelnya itu perbaikannya paling cuma 90%. pelajaran habis ini malah jadi trust issue kalo rack steer kena mau direpair. :big_bored: pdhl saya cuma minta dicek waktu itu.

biaya repairnya yang lumayan. 6 jutaan. mahalnya di bagian shock mountingnya 3.2 juta sendiri :big_childish:


eh selang sehari kolong kena batu gede, dek bawahnya penyok. mampir lagi deh pesen dek bawah :ungg:
Ente kalo ngerjain bginian buat honda dimana biasanya chris? Hajar bengkel resmi ?

Bisa dibilang kg mahal2 amat sih buat ganti racksteer honda. Hati tentram lah pake sedan/hatch buat daily driving. Lebih rewarding wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16448
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 17 Oct 2024, 11:05
Ente kalo ngerjain bginian buat honda dimana biasanya chris? Hajar bengkel resmi ?

Bisa dibilang kg mahal2 amat sih buat ganti racksteer honda. Hati tentram lah pake sedan/hatch buat daily driving. Lebih rewarding wkwkwk
ini ex kepala bengkel resmi yang ud tutup mbah. buka sendiri, tapi kerjanya rapih bener krn dari dulu biasa ngikutin SOP bawaan beres, dapet pelatihan di nippon langsung dikirim ma owner dealer yang dulu jadi kerjanya emang japanese bgt. detail abis. buat yang ga sabaran lama tapi hasilnya pasti maksimal sama dy mah. mana bengkelnya belakang toko jd enak kapan aja jg bisa :mky_03:

gak ganti rack steer ini, cuma repair rack steer bekas akal akalan wkwkwkwkwkkw
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 17 Oct 2024, 10:10 update terbaru soal pemakaian Civic yang udah genap 7 tahun.

terakhir kemarin ada bunyi-bunyi dari kaki kaki bagian belakang kiri. ntah dari mana, tapi setelah dibongkar ternyata upper shock mount nya retak jadi goyang dan menimbulkan suara klotok-klotok. kirain kemaren link stabilizer kena. ya udah sekalian aja ganti 2-2nya. agak pricey 1.6juta per pcs upper shock mount doang. hampir sama kayak harga shocknya. sama sekalian ganti busa stopper yang udah rontok.

lalu problem paling apes itu rack steer. gejala awal ada bunyi "dug" rada keras waktu berhenti setir diputer. setelah dicek teliti... ternyata hasil kerjaan akal-akalan bengkel sebelumnya waktu klaim ada bunyi "krekk" pelan waktu belok, lah bunyi krekk skrg berubah jadi "dug" :big_bored:

IMG20241010132140.jpg

IMG20241010132134.jpg

bagian motor dikasih grease banyak banget sampe menggumpal ntah belajar dari mana, seal karetnya sampe kalah. per penahannya diganti lebih keras dan diganjel, pantes waktu keluar bengkel berat banget setirnya. masalahnya bengkel sebelumnya repair kayak gini nggak konfirmasi dulu setirnya mau diapain tau-tau dibongkar kok gini.

setelah di repair sebisanya sih bunyi dug nya hilang, semoga aman sentosa deh. udah gak ada bunyi2 sih. biarpun menurut si orang bengkelnya itu perbaikannya paling cuma 90%. pelajaran habis ini malah jadi trust issue kalo rack steer kena mau direpair. :big_bored: pdhl saya cuma minta dicek waktu itu.

biaya repairnya yang lumayan. 6 jutaan. mahalnya di bagian shock mountingnya 3.2 juta sendiri :big_childish:


eh selang sehari kolong kena batu gede, dek bawahnya penyok. mampir lagi deh pesen dek bawah :ungg:
bentar2.... repair rack steer civic 6jutaan?? emang kalo ganti baru brp duit om?

ato biaya repairnya 6juta - 3.2juta = 2.8juta doang?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16448
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 17 Oct 2024, 12:13 bentar2.... repair rack steer civic 6jutaan?? emang kalo ganti baru brp duit om?

ato biaya repairnya 6juta - 3.2juta = 2.8juta doang?
Gak sampe malah oom, wong itu busa stopper juga lumayan harganya. Coba nanti saya cek repair billnya.

Rack steer cuma diturunin, ganti seal motor, ganti boot karet aja :upss: sama dibersihin tu grease.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11687
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

Termasuk awet sih mod untuk monokok fwd :big_exellent:
Mengingat cara bawa nya agresif dan udh remap jg + ganti velg kan
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16448
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 17 Oct 2024, 13:34 Termasuk awet sih mod untuk monokok fwd :big_exellent:
Mengingat cara bawa nya agresif dan udh remap jg + ganti velg kan
iya, udah curiga itu rack link dll babak belur, eh kemaren dicek malah masih bagus. mana daerah kerja jalan rusak berdebu tiap hari macet-macetan sama truk.

rack juga aslinya ngga ada bunyi2 sih. cuma itu bengkel sblmnya aja main di repair jadi malah bunyi :big_bored:

nggak salah berarti harga partnya mahal-mahal untuk kaki-kaki kalo umurnya bisa panjang :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cumanpengensedan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 12 Jun 2023, 11:58
Daily Vehicle: GE8 FC1

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by cumanpengensedan »

saya baru ganti lendir jadi q8 0w-20 yg biasa, owner sebelumnya pakai honda e pro gold. oli sebelumnya saya ngerasain waktu km 60++ mulai berasa bunyi mesinnya agak kasar, saya kira kenapa2. soalnya mobil saya dulu pake jazz ge8 ga bunyi sama sekali mesinnya. sejak ganti q8 udah mendingan jauh suaranya, tapi masih ada, memang seperti itu ya mesinnya?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11687
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

cumanpengensedan wrote: 06 Dec 2024, 16:41 saya baru ganti lendir jadi q8 0w-20 yg biasa, owner sebelumnya pakai honda e pro gold. oli sebelumnya saya ngerasain waktu km 60++ mulai berasa bunyi mesinnya agak kasar, saya kira kenapa2. soalnya mobil saya dulu pake jazz ge8 ga bunyi sama sekali mesinnya. sejak ganti q8 udah mendingan jauh suaranya, tapi masih ada, memang seperti itu ya mesinnya?
Bunyi tik tik tik tik gtu ya?
Crv jg gtu sih.

Emg l15 mesin turbo lbh nyaring bunyi idle nya.
Dalemannya beda jg.

Makanya kudu pk oli yg proven bagus test lab nya.
Ganti per 7-8rb km di mesin turbo / lihat oil life.
Cooling system dan coolant hrs prima juga.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cumanpengensedan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 12 Jun 2023, 11:58
Daily Vehicle: GE8 FC1

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by cumanpengensedan »

Suryaputra wrote: 06 Dec 2024, 17:00
cumanpengensedan wrote: 06 Dec 2024, 16:41 saya baru ganti lendir jadi q8 0w-20 yg biasa, owner sebelumnya pakai honda e pro gold. oli sebelumnya saya ngerasain waktu km 60++ mulai berasa bunyi mesinnya agak kasar, saya kira kenapa2. soalnya mobil saya dulu pake jazz ge8 ga bunyi sama sekali mesinnya. sejak ganti q8 udah mendingan jauh suaranya, tapi masih ada, memang seperti itu ya mesinnya?
Bunyi tik tik tik tik gtu ya?
Crv jg gtu sih.

Emg l15 mesin turbo lbh nyaring bunyi idle nya.
Dalemannya beda jg.

Makanya kudu pk oli yg proven bagus test lab nya.
Ganti per 7-8rb km di mesin turbo / lihat oil life.
Cooling system dan coolant hrs prima juga.
iya om bunyi ngong3 kalau udah speed tinggi. ini semakin hari semakin mendingan setelah pake q8, lebih senyap dan lebih halus suaranya, walau masih ada. mungkin next saya coba ganti AMSoil
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11687
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by Suryaputra »

cumanpengensedan wrote: Yesterday, 10:23
Suryaputra wrote: 06 Dec 2024, 17:00
cumanpengensedan wrote: 06 Dec 2024, 16:41 saya baru ganti lendir jadi q8 0w-20 yg biasa, owner sebelumnya pakai honda e pro gold. oli sebelumnya saya ngerasain waktu km 60++ mulai berasa bunyi mesinnya agak kasar, saya kira kenapa2. soalnya mobil saya dulu pake jazz ge8 ga bunyi sama sekali mesinnya. sejak ganti q8 udah mendingan jauh suaranya, tapi masih ada, memang seperti itu ya mesinnya?
Bunyi tik tik tik tik gtu ya?
Crv jg gtu sih.

Emg l15 mesin turbo lbh nyaring bunyi idle nya.
Dalemannya beda jg.

Makanya kudu pk oli yg proven bagus test lab nya.
Ganti per 7-8rb km di mesin turbo / lihat oil life.
Cooling system dan coolant hrs prima juga.
iya om bunyi ngong3 kalau udah speed tinggi. ini semakin hari semakin mendingan setelah pake q8, lebih senyap dan lebih halus suaranya, walau masih ada. mungkin next saya coba ganti AMSoil
klo mau maksimal nyoba nya
2x pakai kyueit
2x pakai amsowel

karena pertama kali pk kyueit, sblmnya masih ada sisa oli bengkel resmi di dlm mesin.
sementara pas pakai amsowel udh bekas oli kyueit

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cumanpengensedan
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 12 Jun 2023, 11:58
Daily Vehicle: GE8 FC1

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by cumanpengensedan »

Suryaputra wrote: Yesterday, 10:25
cumanpengensedan wrote: Yesterday, 10:23
Suryaputra wrote: 06 Dec 2024, 17:00

Bunyi tik tik tik tik gtu ya?
Crv jg gtu sih.

Emg l15 mesin turbo lbh nyaring bunyi idle nya.
Dalemannya beda jg.

Makanya kudu pk oli yg proven bagus test lab nya.
Ganti per 7-8rb km di mesin turbo / lihat oil life.
Cooling system dan coolant hrs prima juga.
iya om bunyi ngong3 kalau udah speed tinggi. ini semakin hari semakin mendingan setelah pake q8, lebih senyap dan lebih halus suaranya, walau masih ada. mungkin next saya coba ganti AMSoil
klo mau maksimal nyoba nya
2x pakai kyueit
2x pakai amsowel

karena pertama kali pk kyueit, sblmnya masih ada sisa oli bengkel resmi di dlm mesin.
sementara pas pakai amsowel udh bekas oli kyueit

:big_biglaugh:
sip deh, sekalian saya abisin sisaan kemarin, lumayan masih nyisa ga harus beli 4 liter full. abis itu baru gaspol amsoil
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16448
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by ChZ »

cumanpengensedan wrote: 06 Dec 2024, 16:41 saya baru ganti lendir jadi q8 0w-20 yg biasa, owner sebelumnya pakai honda e pro gold. oli sebelumnya saya ngerasain waktu km 60++ mulai berasa bunyi mesinnya agak kasar, saya kira kenapa2. soalnya mobil saya dulu pake jazz ge8 ga bunyi sama sekali mesinnya. sejak ganti q8 udah mendingan jauh suaranya, tapi masih ada, memang seperti itu ya mesinnya?
memang seperti itu om.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1313
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT

Post by mr_mytplx »

ChZ wrote: 17 Oct 2024, 11:08
ini ex kepala bengkel resmi yang ud tutup mbah. buka sendiri, tapi kerjanya rapih bener krn dari dulu biasa ngikutin SOP bawaan beres, dapet pelatihan di nippon langsung dikirim ma owner dealer yang dulu jadi kerjanya emang japanese bgt. detail abis. buat yang ga sabaran lama tapi hasilnya pasti maksimal sama dy mah. mana bengkelnya belakang toko jd enak kapan aja jg bisa :mky_03:

gak ganti rack steer ini, cuma repair rack steer bekas akal akalan wkwkwkwkwkkw
Kmrn sempet ke sini ternyata penuh, musti booking dl. Karena butuh cepet oleh ownernya direkomen suruh ke bengkel kenalannya dia saja.

Ownernya canggih, cek cek sebentar aja ud langsung tau rusaknya di mana.

Orangnya ramah cek2 juga ga di tarik biaya. Bsk kl pas ud waktunya service ta booking di sini.

Btw bengkel kaki2 mana tuh om yg maen akal2an? PM aja om kl sungkan tunjuk langsung di forum.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post