1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2951
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

ChZ wrote: 13 Jul 2024, 14:56 Jadi setelah sekian lama tiba tiba mobilnya kangen sama mekanik... ya sudah kita bawa saja.

IMG20240710081926.jpg

problem laten electric seat E39 : sling jok putus jadi kalau recline bisa miring sebelah :mky_05: kata mekaniknya solusinya jangan keseringan diubah2 setelan recline nya. makanya skrg kalo cuci mobil ingetin kang cucinya biar gak diubah2 setelan recline nya. padahal 1/2 taon yang lalu juga baru aja rusak ini.

search2 forum luar jg pada bilang memang gitu gak ada solusinya :big_bored:

sekalian deh ngerjain yang lain mumpung inget : ganti kampas rem depan (sebelah kanan ampe bunyi kriyet2) dan cek rembes di timing chain adjuster. Ganti ring nya doang.

IMG-20240712-WA0013.jpg

DC : 1.150k.

tapi sekarang jadi kepikir mau swap joknya pake punya 520i atau 523i yang manual biar gak ada drama2 electric seat. :ungg:
Haha gausah ganti jok manual, bisa buat service 15x lagi baru impas
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

farizfsa wrote: 14 Jul 2024, 12:25 Haha gausah ganti jok manual, bisa buat service 15x lagi baru impas
Mikirnya nanti kalo tiba tiba bosen aja sih om :big_biglaugh:

Sama bolak balik bengkelnya agak lumayan dan benerin kursi 2 hari kerja sendiri :ungg:

Precaution ya ingetin tukang cuci ma orang bengkel jgn dimainin recline wkwkwkwk
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by zonepublic »



seriusan sebagus ini kondisinya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 21 Jul 2024, 09:39

seriusan sebagus ini kondisinya?
Biasakan selalu check barang langsung :big_okay:

Namanya dagang ya bebas yg jual mau ngomong apa, kalo emg bagus ga akan mau ditawar murah yang jelas :big_okay:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 14 Jul 2024, 15:30
farizfsa wrote: 14 Jul 2024, 12:25 Haha gausah ganti jok manual, bisa buat service 15x lagi baru impas
Mikirnya nanti kalo tiba tiba bosen aja sih om :big_biglaugh:
Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada :mky_03:


Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi :big_weee:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 21 Jul 2024, 13:45 Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada :mky_03:


Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi :big_weee:
Bisa lah nanti gw gantiin E60 lci nya si ko jimmy yang punya nih E39 lg :big_biglaugh:

Wah dari miara B48 jadi N20 namanya cari masalah donk :mky_07:

Mending racunin 535i aja :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2951
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: 21 Jul 2024, 13:45
ChZ wrote: 14 Jul 2024, 15:30
farizfsa wrote: 14 Jul 2024, 12:25 Haha gausah ganti jok manual, bisa buat service 15x lagi baru impas
Mikirnya nanti kalo tiba tiba bosen aja sih om :big_biglaugh:
Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada :mky_03:


Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi :big_weee:
racunin ke g30 520i aja udh murah2 loh 400an dpt.
kalo mau f10, nunggu seri 5 baru banyak di jalan aja wakak makin enak harganya.

ini aja ane lg nyimak harga g30 prelci. yang bengsin jg gpp abis yg diesel ga ada sanrup semua.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: 22 Jul 2024, 10:22
KielConstantine wrote: 21 Jul 2024, 13:45
ChZ wrote: 14 Jul 2024, 15:30 Mikirnya nanti kalo tiba tiba bosen aja sih om :big_biglaugh:
Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada :mky_03:


Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi :big_weee:
racunin ke g30 520i aja udh murah2 loh 400an dpt.
kalo mau f10, nunggu seri 5 baru banyak di jalan aja wakak makin enak harganya.

ini aja ane lg nyimak harga g30 prelci. yang bengsin jg gpp abis yg diesel ga ada sanrup semua.
Oh iya om mau nanya. Ntuh G30 520d pre-lci ok ok aja kan ya buat dipelihara?

Keknya jarang denger deh penyakitan diesel generasi B47 yg baru

Pernah denger doang paling momoknya racksteer kalo kena.. BMW serie-3 & serie-5 type G series blom ada repair kitnya …
musti ganti segelondong :drinking:


Kalo f series udah banyak lah kampakan & repair kit sgala. Lebih gampang kalo knp2 wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2951
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: 12 Sep 2024, 11:04
farizfsa wrote: 22 Jul 2024, 10:22
KielConstantine wrote: 21 Jul 2024, 13:45
Kalo udah bosen ganti bpkb bisalah ke E60 530i LCI
Cumi2 asep dekil yg bawa bocah2 gampang lah buat maenin2 di toll, ajak manuver pada teguling tuh pada :mky_03:


Btw si om kendi lg gw racunin F10 528 lci yg semodel kek punya om fariz neh wkwkwk. F30 nya udah mau laku bntr lagi :big_weee:
racunin ke g30 520i aja udh murah2 loh 400an dpt.
kalo mau f10, nunggu seri 5 baru banyak di jalan aja wakak makin enak harganya.

ini aja ane lg nyimak harga g30 prelci. yang bengsin jg gpp abis yg diesel ga ada sanrup semua.
Oh iya om mau nanya. Ntuh G30 520d pre-lci ok ok aja kan ya buat dipelihara?

Keknya jarang denger deh penyakitan diesel generasi B47 yg baru

Pernah denger doang paling momoknya racksteer kalo kena.. BMW serie-3 & serie-5 type G series blom ada repair kitnya …
musti ganti segelondong :drinking:


Kalo f series udah banyak lah kampakan & repair kit sgala. Lebih gampang kalo knp2 wkwkwk
aman2 aja b47 mah.. segelondong copotan juga banyak kok rekstir :big_biglaugh: 520d g30 pre-lci sih menarik bgt
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 606
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by whitehorse4 »

oom kalau di bmw sering dpt petuah begitu angkut kalau bs langsung refresh cooling systemnya aja sblm nyentuh bagian lain.. nah yg dimaksud disini berarti harus ganti radiator, selang2, coolant, waterpump, termostat, apalagi om? itu termasuknya sdh full refresh dan siap dibawa jauh tanpa overheat belum om..
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

jadiii yang ditakutkan akhirnya terjadi juga.... alias MOGOK. :mky_07:

singkat cerita bingung kok mesin dibawa di toll kayak rada batuk-batuk. kalo dibejek dia kosong dulu beberapa detik baru jambak. ane pikir ah ya udah penting sampe rumah dulu....

eh exit tol sebentaran, tiba tiba mobil digas nggak mau, di starter lagi mau akhirnya ane pinggirin terus kok pas mogok lagi, mogok total alias nge crank doang tapi bensin kayak nggak naik. telponlah mekanik supaya disamperin jam 9 malem.... :big_biglaugh: selama nunggu mekanik ane browsing di grup FB, banyak yang ngalamin tiba-tiba mogok padahal indikator bensin masih belum kosong.

udah curiga, apalagi mekaniknya telpon nanya "mas deket situ ada pom gak? coba beliin bensin"

krn gak ada pom ya udah beneran nungguin deh sejam :upss: dibawain bensin 60 rebu, nyala mesinnya. :mky_05: akhirnya dikawal sampe ke pom terdekat, ngisi.... loh kok 70 literan. berarti tadi aslinya kosong dong :big_bored: bingung juga soalnya udah janjian ma bengkel buat benerin civic, tapi karena diisi bensin mau ya udah toh kata mekaniknya bawa ke bengkelnya kalo bensin udah 1/2 lebih dikit aja. divonis fuelpump lemah di awal,

singkat cerita dibawa ke bengkel 3 hari kemudian , cek fuelpump normal masih bagus banget, ya udah ganti pelampung aja 300rb :big_biglaugh: ada2 aja ini shirr repairing plisurr.

pas banget, kemaren ada seorang suhu BMW juga bahas fuelpump, ternyata emang desain fueltank nya yang gede gak muat krn BMW kan pake RWD, jadi sering kejadian bensin masih 1/2 tapi mogok ntah karena jetpump nya lemah (yang mindahin dari tank kiri ke kanan), fuelpump lemah, atau apes kek ane sekedar pelampungnya rusak :big_bored:

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Asfur »

Wahhh pentengin channel federico juga, hahaha ane juga doyan liatin yt dia walopun kagak punya shirr repering plesur
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

Asfur wrote: 17 Oct 2024, 12:15 Wahhh pentengin channel federico juga, hahaha ane juga doyan liatin yt dia walopun kagak punya shirr repering plesur
Iya mbah. Banyak belajarnya dari situ. Keliatan jg gak ngejar viewers atau jualan jadi murni edukasi aja. Penjelasan paling fair dan make sense sejauh ini dengerin tips merawat BMW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

udah lama ga update... tenang aja mobilnya nggak dijual kok. masih working well.
IMG20250204215416.jpg
setelah hiatus ngga mampir ke bengkel selama 2 bulan, ntah kenapa awal taun ni mobil kangen ke bengkel. pdhl kemaren pikiran udah tenang enak lah slow moving baru semua, alamat jarang ke bengkel untuk waktu dekat.

sebenarnya kecurigaan udah dari sekitar setengah taun lalu. ini mobil beberapa kali bunyi mesinnya kasar kayak mesin kurang oli. kemarin ke bengkel, udah curiga ini kena HVA krn baca-baca di forum E39 begitu, eh bukan. diganti oli langsung lancar. malah benerin tierod sekalian krn kata mekaniknya bunyi.

yang aneh benerin tierod mobilnya jadi ambles depannya :mky_07: habis ketemu sesama user E39 bilang eibach depannya dongak, pulang malah ambles. kalo shock lah shock depannya baru ganti taun lalu. entahlah, ya udah dibiarin aja dulu.

tapi masalah besarnya itu : kenapa oli berkurang terus? kecurigaan mulai setelah coba geber2 di bengkel, kalo injeknya gradual dia gak berasap, tapi injek langsung WOT, muncul deh tuh asap putih.

dengan berbagai pertimbangan akhirnya : turun mesin aja sekalian. awalnya vonis ring piston soalnya. setelah turun 1/2, baru ketawan klep udah belepotan oli hitam2. seal klepnya kena. piston dan cylinder liner malah masih kenceng, soalnya waktu itu langsung ada perbandingan ring yang sudah jelek, pas ada E46 M43 lagi turun ganti ring (iya, M43 yang katanya badak itu).

saya mikirnya kalo harus turun mending sekalian stroke up ke 3200cc :big_grin:
IMG-20250122-WA0018.jpg
proses turun 1/2 mesin makan waktu seminggu, kepotong imlek dan musim hujan terus.

setelah naik, nyala, mesin jadi alus. dicoba pun mid to high nya ngangkat dan smooooth banget. padahal waktu sebelumnya aja sebenernya enak enak aja cuma jadi berasa memang kurang smooth. ini smooth nya jauh banget.
IMG20250201095207.jpg
DC nya 7.5 juta saja. total penggantian seal klep 75 ribu x 24 pcs, oil separator, gasket, skir klep, dan ongkos kerjanya 2.5 juta sendiri wkwkwkwk.

setelah turun malah jadi makin nggak mikir jual. kemarin test run ke ambarawa juga lancar jaya mode betot betotan.
Last edited by ChZ on 06 Feb 2025, 14:41, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2951
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

ChZ wrote: 17 Oct 2024, 10:30 jadiii yang ditakutkan akhirnya terjadi juga.... alias MOGOK. :mky_07:

singkat cerita bingung kok mesin dibawa di toll kayak rada batuk-batuk. kalo dibejek dia kosong dulu beberapa detik baru jambak. ane pikir ah ya udah penting sampe rumah dulu....

eh exit tol sebentaran, tiba tiba mobil digas nggak mau, di starter lagi mau akhirnya ane pinggirin terus kok pas mogok lagi, mogok total alias nge crank doang tapi bensin kayak nggak naik. telponlah mekanik supaya disamperin jam 9 malem.... :big_biglaugh: selama nunggu mekanik ane browsing di grup FB, banyak yang ngalamin tiba-tiba mogok padahal indikator bensin masih belum kosong.

udah curiga, apalagi mekaniknya telpon nanya "mas deket situ ada pom gak? coba beliin bensin"

krn gak ada pom ya udah beneran nungguin deh sejam :upss: dibawain bensin 60 rebu, nyala mesinnya. :mky_05: akhirnya dikawal sampe ke pom terdekat, ngisi.... loh kok 70 literan. berarti tadi aslinya kosong dong :big_bored: bingung juga soalnya udah janjian ma bengkel buat benerin civic, tapi karena diisi bensin mau ya udah toh kata mekaniknya bawa ke bengkelnya kalo bensin udah 1/2 lebih dikit aja. divonis fuelpump lemah di awal,

singkat cerita dibawa ke bengkel 3 hari kemudian , cek fuelpump normal masih bagus banget, ya udah ganti pelampung aja 300rb :big_biglaugh: ada2 aja ini shirr repairing plisurr.

pas banget, kemaren ada seorang suhu BMW juga bahas fuelpump, ternyata emang desain fueltank nya yang gede gak muat krn BMW kan pake RWD, jadi sering kejadian bensin masih 1/2 tapi mogok ntah karena jetpump nya lemah (yang mindahin dari tank kiri ke kanan), fuelpump lemah, atau apes kek ane sekedar pelampungnya rusak :big_bored:

dan penyakit pelampung itu masih melanda sampe bmw modern, f48 f45 dan f46 (x1, 2series)
218i f45 saya juga error gauge nya, dulu pas dipake ade2 cewe saya suka mogok kasian, 1/4 tangki itu udah abis artinya :big_biglaugh:
sekarang setiap 3/4 saya isi full aja terus. mentok2 sampe setengah deh, harus isi full itu kaya udh 1/4 kurang kayanya.

isi 1/4 aja ternyata pas di isi bisa 25 liter :big_biglaugh: , emang nya LC full tank 100 liter :big_biglaugh:

e39 masih okelah ganti pelampung beres, ini spesialis ga ada yg be kerjain harus bawa ke astra, 19 jutaan, ganti pelampung dan tanki bensin lol, dan di kemudian hari ga menutup error lg pula. mbl saat ini km 90rb doang.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16516
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

farizfsa wrote: 06 Feb 2025, 14:39 dan penyakit pelampung itu masih melanda sampe bmw modern, f48 f45 dan f46 (x1, 2series)
218i f45 saya juga error gauge nya, dulu pas dipake ade2 cewe saya suka mogok kasian, 1/4 tangki itu udah abis artinya :big_biglaugh:
sekarang setiap 3/4 saya isi full aja terus. mentok2 sampe setengah deh, harus isi full itu kaya udh 1/4 kurang kayanya.

isi 1/4 aja ternyata pas di isi bisa 25 liter :big_biglaugh: , emang nya LC full tank 100 liter :big_biglaugh:

e39 masih okelah ganti pelampung beres, ini spesialis ga ada yg be kerjain harus bawa ke astra, 19 jutaan, ganti pelampung dan tanki bensin lol, dan di kemudian hari ga menutup error lg pula. mbl saat ini km 90rb doang.
buset, harus ganti pelampung dan tangki sekalian?

kalo kemarin ganti pelampung malah cuma diambilin dari mobil donor :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ctopher7 »

seru banget om abis bacain dari pejwan dan nonton youtubenya federicotimothy. saya kalo jadi om kykny ga kuat deh benerin peer nya bisa gerd makin parah. ini aja kemaren pas imlek kan banjir di jakarta, gerd saya sampe kumat karna terobos genangan air mungkin 10-15 cm, ngeri epsnya kena. itu sepanjang jalan uda doa doa terus sambil bawa mobilnya pelan pelan, untung dah seminggu lebih dipake gaada muncul gejala aneh sih :big_cry:

btw nonton yang ini bagus banget penjelasannya, saya sampe cek tutup radiator saya, tulisannya sih 140/200 gatau artinya 140 apa 200 :big_biglaugh:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 802
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Asfur »

Wakaka, sy jg nontonin si federico, walopun ngk piara baling2. Tp salut sih dia DIY sendiri ganti2 partnya, kren lah.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post