selain itu jg masi di area crumple zone
coba kena konektornya
duarrrrrr
*berlaku utk ev apapun
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
selain itu jg masi di area crumple zone
Naah ini sepakat oom, Ioniq saya kalo yg diterjang kerb ya mbledug konslet juga kayaknya, untung batu, jd membal (sialnya membal ke belakang). Dulu itu pas dibongkar ternyata konektornya retak rambut (sakti juga plastikan ginseng si, ndak sampe pecah).
makanya mbah, batt cell ga sensi amat kykna, yg sensi itu electricalnya. aplg 800V gituBibieight wrote: ↑08 Aug 2024, 16:09
Naah ini sepakat oom, Ioniq saya kalo yg diterjang kerb ya mbledug konslet juga kayaknya, untung batu, jd membal (sialnya membal ke belakang). Dulu itu pas dibongkar ternyata konektornya retak rambut (sakti juga plastikan ginseng si, ndak sampe pecah).
Balik ke anjing laut, bener juga lho 0-100km/h di 3.8s ini harusnya SIM beda, masalahnya biasa bawa jepangan boyo dikasih begini, bahkan orang pengalaman aja bisa kaget.... Kalo sewa Tesla di Oz, ludicrous mode-nya itu mati lho, sama sekali ndak bisa diaktifkan, biar yg. nyewa ndak kaget kali ya...
Na itu oom, makanya saya banyak2 nonton acara bedah batere. Kalo e-GMP (Ioniq 5-6, EV6, EV9) matinya kalo tabrak barang statis dari depan (kerb misalnya). Soalnya semua yg ada urusan HV taruh depan semua, itu kontaktor ama relay 2 biji itu pas ditengah2, jebret pasti konslet. Ini sama kayak Tesla, kalo oom Musk si solusi ekstreem, yg. S dipasangin pelat titaniumdarrelund wrote: ↑09 Aug 2024, 08:51
makanya mbah, batt cell ga sensi amat kykna, yg sensi itu electricalnya. aplg 800V gitu
amit" crash, bedoa aja torque vectoringnya nyala biar mobilnya tiba" rotate supaya hajar crumple zone aja
*berlaku utk semua ev
klo urusan 3.8s, 530hp mau pedal throttle di mandul in, ttp aja 530hp mbah, selama throttle nya ga dibikin gradual tenaga berapapun pasti ngagetin
mending dia jual 800 atau 900 juta tapi full sport package macem ioniq 5 N gitu. entry barrier lebih tinggi jadi versi budgetnya ioniq 5 N dan CTR. lha wong tesla 3 aja ludicrous mode setup suspensinya berubah lebih pendek dll.
inget om katanya top speed cuma 180kmh ntar di ketawainChZ wrote: ↑09 Aug 2024, 09:49
mending dia jual 800 atau 900 juta tapi full sport package macem ioniq 5 N gitu. entry barrier lebih tinggi jadi versi budgetnya ioniq 5 N dan CTR. lha wong tesla 3 aja ludicrous mode setup suspensinya berubah lebih pendek dll.
sisanya reguler ya kasi aja yang seal premium 2WD yang single motor 5.5s.
trus semua buyer BYD seal all type dikasih short course di sentul kalo ngga lulus mobilnya ngga boleh keluar di jalan raya.
makanya gw bilang, nggak jelas ini mobil kalo mau target performance car setupnya sama sekali bukan performance car.
Harus diinget ini brand masih “kecil” mbah blm ada nilai historis atau pride macem kuda/banteng. Kalo beli kuda/banteng disuruh ikut pelatihan dlu, para buyer super rich ini sih bakal ngikut dengan senang hati, apalagi kalo yg dibeli super limited edition. Lah ini mobil cina harga ga sampe se eM sok2an yg mo beli wajib ini itu dlu yg ada salesnya disemprot “gw mo beli mbl aja banyak gaya n aturan loe suruh gw ini itu dlu “
ya masala nya dia jual mobil dengan tenaga segede itu. mending full all out aja. krn tenaga segitu ngga buat semua orang. tehnik ngontrolnya itu susah. padahal kelas ferrari/porsche sasisnya jauh lebih mantep.kendibocor wrote: ↑09 Aug 2024, 22:23
Harus diinget ini brand masih “kecil” mbah blm ada nilai historis atau pride macem kuda/banteng. Kalo beli kuda/banteng disuruh ikut pelatihan dlu, para buyer super rich ini sih bakal ngikut dengan senang hati, apalagi kalo yg dibeli super limited edition. Lah ini mobil cina harga ga sampe se eM sok2an yg mo beli wajib ini itu dlu yg ada salesnya disemprot “gw mo beli mbl aja banyak gaya n aturan loe suruh gw ini itu dlu “
Jd blm sampe lah nama si biyadi ini bwat “mengharuskan” buyer wajib ini itu dlu sebelum beli ni mbl
Tp blm sehistoris kuda / banteng mbahChZ wrote: ↑10 Aug 2024, 09:41
ya masala nya dia jual mobil dengan tenaga segede itu. mending full all out aja. krn tenaga segitu ngga buat semua orang. tehnik ngontrolnya itu susah. padahal kelas ferrari/porsche sasisnya jauh lebih mantep.
justru bagus buat brand awareness. macem ioniq 5 N udah dibranding sebagai EV hot-hatch pertama.
BYD ngga kecil lah mbah. namanya udah gede di pasar EV.
tapi yah apalah negri naga kan yang penting cuan nanti 5 thn kemudian pada bangkrut juga tinggal cabs aftersales bye bye.
mbl cungkwo ga akan punya nilai historis, not even dibanding tesla. mana mau main di motorsport, motorsport kan habis duit banyak. RnD juga sebatas reverse engineering. kalo pabrikan macem kuda kan motorsport juga buat research mobil jalan rayanya.kendibocor wrote: ↑10 Aug 2024, 10:21 Tp blm sehistoris kuda / banteng mbah
Masi seujung kuku lah itu nilai historis biyadi dibanding kuda, banteng, or pors.
Balik lg kesadaran masing2 aja. Mobil 500hp akan aman dipegang orng yg tau limit mbl n limit diri sendiri. Kalo dipegang ababil geblek, Hb 100hp aja bisa jd malaikat maut
Yg gw penasaran nih si seal dibanding sama duo arogan pecicilan yg uda modip2 300hp-an gitu bakalan lebih liar mana yak
Nyoba minjem inopah mbah kiel dlu ah
kayanya salah kamar iniChZ wrote: ↑10 Aug 2024, 10:28mbl cungkwo ga akan punya nilai historis, not even dibanding tesla. mana mau main di motorsport, motorsport kan habis duit banyak. RnD juga sebatas reverse engineering. kalo pabrikan macem kuda kan motorsport juga buat research mobil jalan rayanya.kendibocor wrote: ↑10 Aug 2024, 10:21 Tp blm sehistoris kuda / banteng mbah
Masi seujung kuku lah itu nilai historis biyadi dibanding kuda, banteng, or pors.
Balik lg kesadaran masing2 aja. Mobil 500hp akan aman dipegang orng yg tau limit mbl n limit diri sendiri. Kalo dipegang ababil geblek, Hb 100hp aja bisa jd malaikat maut
Yg gw penasaran nih si seal dibanding sama duo arogan pecicilan yg uda modip2 300hp-an gitu bakalan lebih liar mana yak
Nyoba minjem inopah mbah kiel dlu ah
hyundai N bakal lbh punya nilai historis ke depan.
buat mereka penting jualan. kultur cungkwo banget. pragmatis. edukasi customer soal safety ngga penting sih. pdhl punya resourcenya buat pinjem sentul. capitalnya gede ini biyadi mah.
sherryandkez wrote: ↑05 Aug 2024, 15:07 Car : BYD Seal Performance Cosmos Black
Mileage : 11500 km on going
Price : 719jt
1363427.jpg
Why Seal Performance?
Di harga segini, bisa beli apa aja sih? Ioniq 5 dapet, Hyptec HT dapet, kalo beli bensin yaa dapet CR-V bensin aja paling. Range harga nanggung gini gak banyak pilihannya. Mau beli premium brands kayak BMW atau Merc juga ga cukup.
Punya duit segini ya orang biasanya beli Ioniq.
Nah, BYD masuk di pasaran ini dengan Seal yang 600-700an. Mobilnya segede Accord atau Camry, harganya lebih murah, dan yang paling menarik : EV! Bisa bebas gage di JKT, pajak murah, listrik murah.
Dan dengan gimmick bisa lari kenceng.. laris manis betulan. Konon katanya jualannya kejar2an sama Atto 3 yang notabene bentuknya SUV yang favorit dan harganya lebih murah 100jt.
So, apakah Seal memang semenarik itu?
What do i like?
1363428.jpg
Pertama, luarnya. Seriously, mobil ini sangat ganteng. Meskipun cukup (sangat) terlihat bahwa BYD mengambil inspirasi dari Tesla, tapi menurut saya mobil ini jauh lebih ganteng dari Tesla. Amati-tiru-buat tambah cakep. Modelnya minimalis tapi not too simple, masih ada elemen desain yang terkesan elegan. Lampu depan dan belakangnya bener-bener keren, detail dan bentuknya bagus sekali.
Belum lagi stance dan model velgnya yang sangat pas, terkesan [cencored] seperti berkaki jenjang. Bagian bumper dan diffuser pun gak berkesan norak dan maksain sporty.
Handle pintu model flush dan buka tutupnya cukup halus, rasanya pun solid gak seperti handle pintu flush lain yang berkesan tipis. Bagian samping sleek dan atapnya pano besar, super cantik!
Oya, Seal sebenernya ga seceper itu, kalo garasi normal masih bisa naik. Mungkin seceper Ody RB Absolute lah kira2.
Masuk ke interior, oh wow, keliatannya juga cakep. Doortrimnya semuanya bahan empuk empuk (good thing!), ada suede, dan desainnya cuaaaaakep. Fit and finish? Mantap.
Joknya juga patut dikasih jempol. Posisi duduknya sangat ergonomis, bisa dibilang perfect buat sedan begini. Pengaturan jok electric dengan memory, bisa save spion juga. Bentuk joknya juga keren dan ga bikin capek kalo nyetir jauh. Ada cooler seat juga.
Soal dashboard, desainnya bisa dibilang cakep, meski layarnya (kita lanjut di bawah aja deh). Soft touch panel di mana-mana, suede, piano black, dan fit and finishnya.. ga ada lawan sih buat harga segini. Kisi AC lucu dan kerennya, bisa swing seperti Crown JDM. Hebat!
Konsol tengah ada beberapa tombol fisik dan shifter, ada wireless charger juga dua biji biar ga rebutan. Ruang penyimpanan cukup. Setirnya juga sangat cakep, gripnya enak, dan sebenernya menu yang bisa diakses dari setir banyak sekali, termasuk AC. Jadi sama kayak MG4, kalo udah terbiasa, enak banget ga perlu lepas tangan dari setir buat atur apa2.
Panoramic di atas ga bisa dibuka, tapi super gede dan kacanya tebal. Oh ya, semua kaca di Seal ini double glass. Banyak detail lain yang juga saya suka di interior Seal, plafonnya bahannya halus, shifter ala ala kristal, dan yang lucu : karpet mangkok. Jadi kalo beli Seal, kita dapet karpet kayak mangkok gitu standarnya. Mirip Volvo jadul.
Pindah duduk belakang, posisi duduknya masih terhitung (just) ok dengan space yang juga (just) ok. Armrest tentu ada dan pas posisinya.
Bagasi? Electric, bisa dibuka dari tombol, dalem, atau kunci, dan spacenya cukup lega.
Mungkin tulisan selanjutnya agak mengejutkan pemirsa, eh, pembaca sekalian.
Kalo dipake gimana nih Seal?
Yang saya sangat-sangat(-sangat!) suka dari mobil ini adalah ridenya. Oh my, ini mobil harganya gak sampai Camry atau Accord, tapi nyamannya jaaauuuh sekali. Ini mobil China ternyaman yang pernah saya naikin. Mungkin juga jauh lebih nyaman dari mobil Jepang atau Eropa entry level yang harganya ratusan juta di atasnya.
So relaxing to drive.
1363426.jpg
Nyetirnya sangat enak, posisi duduk ergonomis, gak akan capek naik ini buat jalan jauh. Belum lagi mobil ini punya visibilitas yang luas dan panonya bikin terang. Tambah lagi, audio Dynavin 12 speakernya juga juara. Well masih ga seenak Mark Levinson atau Burmester pasti, tapi BOSE nya Mazda atau JBL nya Toyota lewat lah.
Belum lagi kalo bicara nyaman, kekedapan juga termasuk. Seal termasuk sangat kedap, kaca double glass, peredam di mana2, dan ban Continental membantu kekedapan kabin.
Kalo duduk belakang? Wah, nyamannya sama. Tidur di belakang gak perlu effort, cukup tidur aja..
Dibawa ngebut? Ya jelas bisa dong, emblemnya aja 3.8s. Mobilnya sekenceng itu, beneran kenceng, dan bahkan klaim 3.8s itu gampang terlewati.. saya dapet 3.65s 0-100 by stopwatch. Dan torsi instan juga sangat membantu kalo mau selap selip di tol atau jalan antar kota, diinjek langsung whooosh lari.
Remnya masih cukup mumpuni buat lari kenceng, cukup gede dan 4-pot. Udah, gitu aja nyetirnya.
What are the annoying things?
Well, di luarnya saya gak ada komplain. Mobil cakep, paling yaa aksen ala ala Sealnya kurangin lah, keramean. Sama itu kaca opera dibuka lah, masa ketutup gitu kayak Civic Turbo jamet.
1363429.jpg
Interior? Hmm, komplain saya ada di layar. Layarnya et dah buset, gede amaaat. Bisa diputer buat apa coba. Itu layar asli, silau. Untung Android Auto backgroundnya black jadi gak begitu nyolok mata kalo malem. Mana posisinya juga ngepas ngadep ke driver jadi yaa mau gak mau cahayanya kena mata. Dan kalo dibilang banyak mainan, engga juga.. ya layarnya cuma audio, ac, atur mobil, udah. Untung gak ngelag kayak MG4.
Panoramicnya juga sama aja gebleknya. Masa iya mobil beginian panonya puzzle kayak HRV, ga ada elegan-elegannya. Oiya, ini pano panas juga, harus dikasih kaca film. Kaca film bawaan Seal ini Vkool tapi ga dikasih buat panonya.
Selain itu, jok kulitnya juga agak mengecewakan. Di brosur tulisannya genuine leather padahal ini mah vegan leather. Ya at least di 10000 km joknya belum rusak.
Posisi duduk di belakang enak, nyaman, tapi kakinya kurang masuk ke jok depan.. agak nggantung.
Dan yang paling ngeselin.. handlingnya.
Yes, you read it right, ini mobil bisa lari 3.8s tapi handlingnya kaya kapal. Beneran, kayaknya gara2 mobilnya disetting terlalu empuk, jadi handlingnya ga enak. Mobil dibawa ngebut berasa goyang (ga parah sih), ngerem nose dive, dan agak horornya lagi meskipun AWD kadang agak nggeser bokongnya.
Oh my, ngapain bisa lari 3.8s tapi rasanya kayak Camry handlingnya? Dan ga kenceng lagi, top speednya cuma 180.
Dan yang lebih lucu lagi, ini mobil anomali banget. Awalnya saya nyalahin bannya, Continental EcoContact 6Q. Masa iya mobil sekenceng ini bannya eco2an? Tapi pas nyoba i5 yang bannya sama, enak2 aja kok.
Dan kalo mau ngejer irit juga mobil ini ga irit, cuma 5km/kWh.
Chassisnya juga ga bisa dibilang jelek sebenernya. Flexnya ga banyak, reinforcement decent, dan kekakuannya ditolong juga sama skema battery Bladenya yang nyambung ke chassis.
Remnya? Kayak yang tadi saya bilang, oke kok.. waktu sempet ngesot saya nyalahin remnya, tapi setelah diliat, gede juga sih itu rem, powernya enak.
Jadi yang salah apa?
BYD. Mobil bisa lari 3.8s kok dikasih setup suspensi ala Camry. Asli, ini kalo ganti kaki-kaki (dan ban), rasanya pasti enak banget..
Kenapa saya bisa bilang begitu?
Temen saya di Thai, Seal-nya udah ganti coilover, BBK, dan set ban velg.. katanya jauh lebih proper daripada bawa mobil dia sebelumnya (Civic FE modifan juga).
Dan sebenernya ini basic mobil bagus, cuma mereknya aja yang baru belajar bikin mobil.
But then, should you buy one?
1363430.jpg
Personally.. saya lebih suka ini dari Model 3 yang ditirunya.
Kalo Anda nyetir sendiri or disetirin tapi sering jalan jauh dan butuh mobil enak, say no more. 719jt (atau 629jt) dan dapet mobil yang super enak.
Tapi kalau Anda suka ngebut, beli Ioniq N aja. Jauh-jauh dari mobil ini.
Thank you!
gak kepake om orang EV di amrik sekali charge bisa nempuh jarak 900km baru masuk guiness book of record
Kalau liat kasus yang di thailand, ada kemungkinan sekali 1-2 taun ke depan, harga bisa turun sampe 150 juta buat abisin stock dan model lama, terutama untuk model dolphon / atto yang kurang laku dibanding seal Xforce aja denger2 discnya sekarang bisa dipush sampe 80 juta.
Ntuh boss ente kalo nyetok ev ada perlakuan khusus ga om?
kagak om ini ada user nitip jual ke saya aja kagak berani ane nyetok EV kalo sampe punya gudang saya bikin grade ruang kremasi garasinya terus temboknya sampe atas dan kasih pintu besi atepnya kasih seng aja tapi bisa di tarik pake rante dari bawah biar kalo kebakar atepnya bisa kebuka jadi cerobong asep dan gak nyamber ke unit laen atau atepnya di kasih lobang2x buat asep keluar aja yang penting ketutupKielConstantine wrote: ↑17 Aug 2024, 21:54 Ntuh boss ente kalo nyetok ev ada perlakuan khusus ga om?
Misalnya jgn dijejerin deket2 sama mobil laen wkwkwk
Trus urusan chargernya numpang dimana
Veyron wrote: ↑17 Aug 2024, 13:14 Sudah 2 minggu sejak delivery BYD seal performance. Selama pemakaian sampai saat ini, cukup puas dengan mobil EV ini. Memang ini bukan mobil sport, urusan handling aja nggak setajam biem apalagi mobil sport. Suspensi juga empuk. Boleh dibilang mobil ini lebih diperuntukan untuk yg mencari kenyamanan dan nilai plus akselerasi yg instan dan super cepat. Mobil ini nggak cocok dibawa seruntulan. Apalagi dibawa sama abg ababil. Bahaya banget karena tenaga instant dan kencang, tapi suspensi ala ala sedan nyaman. Saya aja nggak berani kasih anak saya yang baru bisa bawa mobil untuk bawa mobil ini.
Namun bagi yg mencari sedan EV yang nyaman plus bonus akselarasi kencang jika diperlukan, maka mobil ini boleh dicoba dan worth it untuk dibeli
Untuk pemakaian dalam kota dan non tol, hampir selalu di eco mode. Kalau di tol, baru normal mode. Belum pernah pakai sport mode sampai saat inidanielkt wrote: ↑18 Aug 2024, 11:01 Kalau boleh tahu drivemode yg biasa dipakai apa om?
Bayangan sy mestinya jaman skr handling, karakter, torsi, power, etc mestinya bisa configurable by software, dan user dikasih aplikasi & kebebasan utk ini.
Dan mungkin ada "dangerous mode":)
Veyron wrote: ↑17 Aug 2024, 13:14 Sudah 2 minggu sejak delivery BYD seal performance. Selama pemakaian sampai saat ini, cukup puas dengan mobil EV ini. Memang ini bukan mobil sport, urusan handling aja nggak setajam biem apalagi mobil sport. Suspensi juga empuk. Boleh dibilang mobil ini lebih diperuntukan untuk yg mencari kenyamanan dan nilai plus akselerasi yg instan dan super cepat. Mobil ini nggak cocok dibawa seruntulan. Apalagi dibawa sama abg ababil. Bahaya banget karena tenaga instant dan kencang, tapi suspensi ala ala sedan nyaman. Saya aja nggak berani kasih anak saya yang baru bisa bawa mobil untuk bawa mobil ini.
Namun bagi yg mencari sedan EV yang nyaman plus bonus akselarasi kencang jika diperlukan, maka mobil ini boleh dicoba dan worth it untuk dibeli