Wah semoga wishlistnya bisa terpenuhi ya om. Iya om, kalo main mobil2 yg kasarannya agak “nyeleneh” gini kyknya wajib ikut komunitas. Banyak ilmu n informasi dr pemilik2 lain soalnya.iamwewe wrote: ↑16 May 2020, 18:29 Miata dan 86 masuk ke dalam wishlist saya. Mobil kecil, nanggung tenaganya, tapi org2 bilang pengendaliannya superb. Bonus convertible roof khusus miata series.
Icic. Berarti emang harus masuk ke komunitas ya.
Fast moving nc masih tersedia di beres? Wew cukup kaget juga mobil rare dan udh ganti generasi tapi fast moving ready stock di beres.
Oh om ngmg2 udh pernah coba compare nd dengan nc, apa sih menurut om yang 'salah' dgn si nd dibanding nc. Jujur aja dijalanan cuma pernah liat nd sekali. Kalo nc sih sering banget.
Trus juga, kebetulan di olx sy liat udh brp bulan tau itu jual nd softop kagak laku2.
Ohya om, kalo soal ketersediaan parts, sebenarnya ada faktor common parts dgn lineup Mazda lain juga yg membuat beres Mazda pada berani dan mau nyetok Ex: filter oli common parts dgn Mazda8 n Mazda6; beberapa parts mesin sama dengan Mazda3 non Skyactiv (kalo pemilik Miata kyk sy yg mobil jg jarang keluar sih inden part g masalah, but pemilik model lain yg mobilitasnya tinggi dan perlu parts segera pasti ga mau inden). Danjuga karena common parts itu, harganya juga jadi cukup reasonable. Anyway, waktu kmrn servis satu2nya fast moving parts tidak ready adalah wiper yg merupakan Miata-specific dan mereka tidak nyetok.
Lalu berlanjut soal ND sih menurut saya ga ada yg salah dengan mobilnya (di luar looks yg secara subjective ane kurang suka, driving experience and feelnya enak banget), malah Review2 nya juga mostly positives kok. ND sendiri di luar negeri cukup sukses kok, cuman di sini aja yg agak flop. Tapi perlu diingat juga kalau NC itu not exactly common juga di Indonesia (taksiran sy populasi NC ada di angka ~150).
Berikut adalah list Faktor2 yang menurut ane menjadi penyebabnya yaitu:
1. Kurangnya marketing dr pihak Mazda Indonesia untuk Miata ND maupun NC yg seharusnya jd flagship mereka dan bisa membangun image Mazda sebagai sportscar maker.
2. Mindset sebagian banyak orang Indonesia untuk membeli sebuah sportscar adalah untuk gengsi. Banyak orang akhirnya memutuskan untuk membeli German sportscar atau hot hatch baik baru maupun seken dengan alasan lebih baik spend 800an juta untuk sporty lineup dr Merc, BMW, even VW drpd “just a Mazda”. Tipe consumers ini hanya membandingkan raw numbers saat mencari mobil, suatu hal yg pastinya tidak dapat dibanggakan Miata. Justru concept “jinba ittai” Miata yg fun to drive adalah USP yg tdk dapat ditulis pada spec sheet.
3. Market positioning dan pilihan spec yg agak blunder (ND RF bertrim GT 6AT, NC bertrim GT PRHT 6AT): Nah ini masih berhubungan dengan faktor ke-2. Seperti yg ane sebut, jarang sekali orang yg beli Miata adalah mereka yg cari gengsi. And those who buys it karena gengsi itulah yg diincar Mazda Indonesia dgn pilihan trim yg mereka putuskan untuk dibawa ke Indonesia dan market positioning mereka.
What they dont understand adalah the REAL market untuk Miata di Indonesia itu a very small group: enthusiasts, petrolheads, and true car lovers. Nah, grup yg sangat niche ini tentunya akan membeli Miata untuk pure driving experience nya dan mengharapkan trim paling fun to drive dan dengan harga yg affordable (Trim level Club Softtop 6M/T pada NC dan ND). Dengan hanya menghadirkan top trim dan transmisi matic, hanya sedikit dr customer base yg sudah kecil tersebut akan mau settle dengan pilihan yg ada. Bahkan, jika ingin lebih extreme lagi, Mazda Indonesia bisa memasukkan trim 1.5 Manual softtop sebagai trim enthusiast entry level dengan harga di level 500jutaan (bare bones, cloth seats, no active safety; ane yakin pasti laris manis trim ini kalo dimasukkin), diikuti dgn trim 2.0 M/T Club Recaro soft top di harga 650jt an dan 2.0 GT A/T RF di harga sekarang untuk lebih men-diversify lineup mereka.
Begitu sih om, alasan kenapa Miata baik NC maupun ND ga begitu sukses di sini kalo menurut analisa sotoy ane.
Ps: momod2 sekalian maaf bgt ya kalo analisis sotoy ane jd OOT panjang bgt .