2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11448
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

Shyn16 wrote: Mon Jul 01, 2024 9:57 permisi suhu semua...

minta saran, M2Sky istri selang atas radiator rembes netes setiap mesin sudah dimatikan.
sudah dikencangkan dan pakai sealant tetap bocor, apakah sudah waktunya ganti?
mengingat belum pernah ganti dari mobil sejak tahun 2017 dan km sudah mau 60rb...

Thank You


itu mobil abis diapain?

saya ada ayla 2013 odo 130ribuan selang radiator dan klem-mya masih bawaan pabrik gaada rembes².

btw itu selang radiator dikasih sealant, orang bego mana yg ngerjain?
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by darrelund »

josomba wrote: Mon Jul 01, 2024 9:45
Sipp om, masukin wishlist dulu aja. Kalau mau ganti padahal masih lama wkwkwk.

Sachs tuh keknya review-nya agak mixed terutama durability-nya sih. Disini ada salah satu mbah yg sepertinya keki dengan tu merk. wkwkwk
sempet baca" jg dimari tuh sachs mayan mixed

shock ori masda merknya apa ya um? jadi penasaran kmrn ga sempet liat

tapi yg masi penasaran siy, parts lemforder buat masda, di e-catalog zf ada

cuma kmrn mau beli, nanya ke ZF disuru ke bquik krn distributor mrk

pas nanya bquik gabisa beli sesuai yg ada di katalog

yaudin :big_biglaugh:
Shyn16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Shyn16 »

josomba wrote: Mon Jul 01, 2024 10:22
Anu om, jawabannya berarti sudah harus ganti.

Tp pertanyaan lanjutannya -- coolant rutin ganti kah? Kalau ganti pun pake coolant atau air?

Sebab ... masdut 2 saya dulu 8 tahun, kilometer sekitar 135 ribu, belum ada tanda2 bocor kecuali selangnya mulai agak keras aja.
noted om... pakai coolant om, noted mau coba diganti dulu... :big_okay:
marmut wrote: Mon Jul 01, 2024 10:35

itu mobil abis diapain?

saya ada ayla 2013 odo 130ribuan selang radiator dan klem-mya masih bawaan pabrik gaada rembes².

btw itu selang radiator dikasih sealant, orang bego mana yg ngerjain?
abis ganti kondensor ac om, bocor kena kerikil... :big_dunno:
iya om ujung selang yang nyambung ke upper tank dikasih sealant lem yang anti panas itu... dikerjain di bengkel rekomendasi group mazda...
tetep aja ga ngaruh dan masih rembes, biar setitik tapi lancar netes nya :ungg:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by daimler »

josomba wrote: Mon Jul 01, 2024 10:22
Shyn16 wrote: Mon Jul 01, 2024 9:57 permisi suhu semua...

minta saran, M2Sky istri selang atas radiator rembes netes setiap mesin sudah dimatikan.
sudah dikencangkan dan pakai sealant tetap bocor, apakah sudah waktunya ganti?
mengingat belum pernah ganti dari mobil sejak tahun 2017 dan km sudah mau 60rb...

Thank You
Anu om, jawabannya berarti sudah harus ganti.

Tp pertanyaan lanjutannya -- coolant rutin ganti kah? Kalau ganti pun pake coolant atau air?

Sebab ... masdut 2 saya dulu 8 tahun, kilometer sekitar 135 ribu, belum ada tanda2 bocor kecuali selangnya mulai agak keras aja.
nah iya masih 60rb kok udah bocor, dulu oe pelihara mazdut 2 jg upper tank yg plastik itu rembes di tahun ke 9 pemakaian km 120rb. makenya campur2 dalkot macet2an lukot jog-smrg pp lewat secang tiap weekend. itu juga gara2 kesalahan oe sampe 4tahun pertama pemakaian coolantnya ga perna diganti blas :big_slap: gara2 blm ngerti amat soal perawatan mobil, servis always ke beres tapi ntah mengapa yg diganti cm olmes tok sama cek2 kaya kampas rem, slow moving parts dsb. oli tranny ama coolant ga pernah diingetin ganti ama beres, padahal pernah suru ganti radiator capnya karena dah getas karetnya
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

darrelund wrote: Mon Jul 01, 2024 12:02 sempet baca" jg dimari tuh sachs mayan mixed

shock ori masda merknya apa ya um? jadi penasaran kmrn ga sempet liat

tapi yg masi penasaran siy, parts lemforder buat masda, di e-catalog zf ada

cuma kmrn mau beli, nanya ke ZF disuru ke bquik krn distributor mrk

pas nanya bquik gabisa beli sesuai yg ada di katalog

yaudin :big_biglaugh:
Ga pernah diemboss sih om si masdut tuh pake supplier apa buat shock-nya. Oalah bquik tuh sedia ZF toh.

Btw yg cuman saya inget, brake pad depan bawaan orok ada tulisan Akebono. Tapi brake pad belakang ga ada tulisan akebono-nya, jd entah kalau yg belakang.
daimler wrote: Wed Jul 03, 2024 8:12
nah iya masih 60rb kok udah bocor, dulu oe pelihara mazdut 2 jg upper tank yg plastik itu rembes di tahun ke 9 pemakaian km 120rb. makenya campur2 dalkot macet2an lukot jog-smrg pp lewat secang tiap weekend. itu juga gara2 kesalahan oe sampe 4tahun pertama pemakaian coolantnya ga perna diganti blas :big_slap: gara2 blm ngerti amat soal perawatan mobil, servis always ke beres tapi ntah mengapa yg diganti cm olmes tok sama cek2 kaya kampas rem, slow moving parts dsb. oli tranny ama coolant ga pernah diingetin ganti ama beres, padahal pernah suru ganti radiator capnya karena dah getas karetnya
Mgkn mekanik yg ganti kondensor-nya agak kurang rapi kerjanya jadi bikin rembes atau gimana, bisa juga sih....
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11448
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by marmut »

Shyn16 wrote: Tue Jul 02, 2024 9:31

abis ganti kondensor ac om, bocor kena kerikil... :big_dunno:
iya om ujung selang yang nyambung ke upper tank dikasih sealant lem yang anti panas itu... dikerjain di bengkel rekomendasi group mazda...
tetep aja ga ngaruh dan masih rembes, biar setitik tapi lancar netes nya :ungg:


coba itu mekaniknya suruh kerja yg bener jangan kebanyakan ngeganja. kalo ngerjainnya bener, ngga mungkin bocor.
balikin lagi ke tempat pasang kondensor suruh benerin ampe ngga bocor dan jangan mau kalo disuruh pake sealant.
itu selang radiator, bukan kaca akuarium.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by darrelund »

daimler wrote: Wed Jul 03, 2024 8:12 oli tranny ama coolant ga pernah diingetin ganti ama beres, padahal pernah suru ganti radiator capnya karena dah getas karetnya
dulu sempet nanya 2 barang ini di beres

emg perentahnya itu lifetime, jadi kecuali diminta gabakal diganti

idem, tapi emg rada early sih 60rb. oe 70rb aja aman sentosa
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by daimler »

darrelund wrote: Fri Jul 05, 2024 15:05 -cut-
dulu sempet nanya 2 barang ini di beres

emg perentahnya itu lifetime, jadi kecuali diminta gabakal diganti

idem, tapi emg rada early sih 60rb. oe 70rb aja aman sentosa
Nah ntu um, pdhl kalo ini beres ngingetin usernya buat ganti fluida selain olmes rutin, let say tiap 2thn aje, tu minyak rem, coolant, tranny oil. Mungkin malah review longterm penggunanya bisa positif, dibanding ikut2an aliran oli tranny lifetime dan fluida selain olmes nunggu penggunanya maksa ganti baru dilakuin. Harapannya kali biar si penggunanya ada cycle ganti bpkb baru at least tiap 5tahun kalik. Pdhl kalo longtermnya ga positif, malah bikin si penggunanya beralih ke brand lain. Ntahlah just my 2cents :big_peace:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by darrelund »

daimler wrote: Fri Jul 05, 2024 15:39 Nah ntu um, pdhl kalo ini beres ngingetin usernya buat ganti fluida selain olmes rutin, let say tiap 2thn aje, tu minyak rem, coolant, tranny oil. Mungkin malah review longterm penggunanya bisa positif, dibanding ikut2an aliran oli tranny lifetime dan fluida selain olmes nunggu penggunanya maksa ganti baru dilakuin. Harapannya kali biar si penggunanya ada cycle ganti bpkb baru at least tiap 5tahun kalik. Pdhl kalo longtermnya ga positif, malah bikin si penggunanya beralih ke brand lain. Ntahlah just my 2cents :big_peace:
untungnya mobilna ga rewel mbah :big_biglaugh:

tapi betul, sifatnya preventif, padahal potensi cuan tuh dgn bebanin biaya jasa yg gedean dikit :big_biglaugh:

diler jg ngikut prinsipal mbah, diluar negri jg dibilang lifetime

masda yg baruan setau oe, dipsticknya dibikin agak sulit aksesnya. ga segampang yg gen masda 2 cx3 dkk modal angkat box filter doank (koreksi bila salah)
paktenso
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Dec 21, 2022 11:24

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by paktenso »

Om-om sekalian ada yang pernah nyoba pake aki emtrac belom yak? Minta review nya dong kalo dibanding amaron 🙏🏽🙏🏽
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by darrelund »

darrelund wrote: Sat Jun 29, 2024 18:50 -cut-
updet updet setelah pake nyaris 2 minggu lewatin jalan commute biasa yg gabrukan

awal" pake siy mantep yah, stir padet & direct

cuma makin kesini kok makin loose & floaty rasanya, bunyi siy ilang

emang siy bushing low arm blon ganti, mesti cek jg neh

apa jgn" rekstirnya ngambek

ato spuringnya ngaco lagi?

entahlah

sekian updet ngeluh oe
Shyn16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Shyn16 »

daimler wrote: Wed Jul 03, 2024 8:12
josomba wrote: Mon Jul 01, 2024 10:22
Shyn16 wrote: Mon Jul 01, 2024 9:57 permisi suhu semua...

minta saran, M2Sky istri selang atas radiator rembes netes setiap mesin sudah dimatikan.
sudah dikencangkan dan pakai sealant tetap bocor, apakah sudah waktunya ganti?
mengingat belum pernah ganti dari mobil sejak tahun 2017 dan km sudah mau 60rb...

Thank You
Anu om, jawabannya berarti sudah harus ganti.

Tp pertanyaan lanjutannya -- coolant rutin ganti kah? Kalau ganti pun pake coolant atau air?

Sebab ... masdut 2 saya dulu 8 tahun, kilometer sekitar 135 ribu, belum ada tanda2 bocor kecuali selangnya mulai agak keras aja.
nah iya masih 60rb kok udah bocor, dulu oe pelihara mazdut 2 jg upper tank yg plastik itu rembes di tahun ke 9 pemakaian km 120rb. makenya campur2 dalkot macet2an lukot jog-smrg pp lewat secang tiap weekend. itu juga gara2 kesalahan oe sampe 4tahun pertama pemakaian coolantnya ga perna diganti blas :big_slap: gara2 blm ngerti amat soal perawatan mobil, servis always ke beres tapi ntah mengapa yg diganti cm olmes tok sama cek2 kaya kampas rem, slow moving parts dsb. oli tranny ama coolant ga pernah diingetin ganti ama beres, padahal pernah suru ganti radiator capnya karena dah getas karetnya
udah dilepas pasang lagi tetep aja itu 1 titik netes ga beres - beres om :big_cry:

rencana sih udah mau ganti selang aja, sepaket sama klem nya... semoga manjur deh :big_blushing:
kucingkuning
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Aug 21, 2024 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2 skyactiv

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by kucingkuning »

halo abang2 dan suhu2 di sini,

selama ini sy silent reader dan banyak belajar dr abang2 di mari.. :big_blushing:
sy pake m2sky kurleb 3 taunan, km 120rb.
pas minggu lalu ambil paketan tune up di bengkelbos dibilang racksteer oblak, emang rada gluduk2 sih kalo lewat jalan rusak.

ini hasil cek up nya bengkelbos
123.jpeg
rencana sy mau ganti racksteer sm motor fan. sblmnya kalo ganti parts biasa ke Indonesia Jaya tp jauh bener, dulu di Kemayoran dan skrg pindah ke Cakung.

abang2 di sini ada rekomen bengkel di daerah tangsel ga ya?
makasih :big_smile]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
aldinaufal21
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Oct 20, 2024 9:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2 Skyactive 2014

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by aldinaufal21 »

rafitohumam wrote: Wed May 25, 2022 16:43
Omnibus wrote: Wed May 25, 2022 14:27
rafitohumam wrote: Wed May 25, 2022 14:05
Wih hebat banget mbah, langsung nemu hehe... :big_peace:

Disclaimer ga bermaksud jelekin sih sayanya. Kebetulan ada kontrak kerjasama waktu bulan itu, jadi sekalian nyobain ATFnya. Ternyata ga jodoh sama mobil, pusyinggg :big_childish:
wah bener ya? hahaha cuma nebak pdhl

itu ceritanya gimana kok bisa jebol gitu sih. kl pengertian ai yg nubi ini, di dalam valve body ada solenoid2 utk ngatur posisi gigi dan shifting. itu posisi terendam oli memang. bahkan di bbrp mobil tcm nya ada di dalam gearbox juga yg terendam. oli juga. mungkin kl m2 sky tcm nya diluar, ai ga gitu tau, tapi ...
nah kl valvebody ikutan diganti berarti ada solenoid2 yg korslet dan korsletnya juga bikin tewas tcm sbg power supply unit ke solenoid2 tsb. bisa korslet itu krn ada cairan atau impurities yg bersifat konduktif (penghantar listrik) lbh drpd konduktifitas oli (yg sesuai spec).

pertanyaannya: apakah om pernah lewat banjir sehingga ada kemungkinan itu oli dlm gearbox tercemar air?
trus juga apakah ada serpihan2 metal gitu pas di drain olinya tsb?

moga2 om mau sharing spy kita bisa dpt pengalaman juga tanpa perlu merasakannya om. n so sorry ini terjadi sm om sampe bikin pusying. :big_okay:
Wahahaha nubi apanya mbah, merendah gini nih :big_grin:
Mobil gak pernah kebanjiran sama sekali om, rumah saya tinggi..

Oke oke saya ceritain ya..

November 2021 saya servis mobil, full tuneup, ganti oli, ganti atf, bla bla bla
Singkat cerita sehabis nuangin ATF yang baru itu, mobil nyala, clear code, tes jalan, dll. Pas mau balik dari bengkel (habis tes jalan, spekulasi mesin masih panas) tiba-tiba instrument cluster jadi lampu natal semua. Nyala code 4 biji : AT, CE, SCBS, DSC.

Tiba-tiba mobil gabisa jalan, transmisi selip dan ngejedug. Bingung seribu bingung, akhirnya mobil nginep di bengkel. Bengkel ngedrain ulang si ATF baru itu, trus dibandingin sama ATF FZ. Ternyata ATF FZ JAUH lebih encer daripada ATF yang baru itu. Akhirnya besok saya beli Mazda ATF FZ 13 liter, untuk ngeflush manual seisi transmisinya. Transmisi dimasukin 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Terakhir masuk 4 liter. Mobil langsung bisa nyala, semua code jadi normal. Transmisi gada selip, langung bisa jalan lagi.

Fast forward saya pake mobil itu +- 2000km NORMAL sampai akhir bulan Desember 2021, kejadian lagi. Kali ini agak aneh kejadiannya, mobil tiba-tiba nyala semua tu code ketika lagi jalan, gamau upshift atau downshift. Tapi ketika mesin dimatiin dan dinyalakan, normal lagi. Ini terus kejadian selama kurang lebih semingguan sampe puncaknya saya di toll JORR jam 2 pagi transmisi ngejedug dan gabisa jalan, fault code nyala lagi. Mesin dimatikan, dinyalakan, normal lagi. Tapi gak tahan lebih dari 2 menit, pasti muncul lagi tu fault code. Akhirnya saya jalan pelan-pelan tuh di bahu jalan karna derek gaada yang ngangkat. Karna setiap fault code nyala saya harus berhenti untuk matiin dan nyalain mesin.

Nah disini yang saya bingung. Kok problem baru ada 2000km setelah dipake normal? Trus kenanya dimana? Besoknya saya ke bengkel discan, fault codenya adalah TCM dan Shift Selenoid yang kena. Awalnya sempet suspect TCM korslet karna kelistrikan kurang, akhirnya saya ganti baru akinya. 4 hari solve, eh gitu lagi. Yaudah next suspect harus replace selenoid / TCM. Cuma sayangnya cari copotan TCM aja atau solenoid aja agak sulit, mesti beli satu set body valve. Ke beres Mazda billnya 28jt inden 3 bulan, saya bawa ke bengkel rekanan komunitas facebook kena 8jt. Katanya sih direplace bodyvalvenya (saya galiat progressnya karna mobil saya tinggal ke luar kota) trus langsung normal semua. Since kejadian itu saya parno & trauma pake oli selain ATF FZ.

Oh ya pas drain ga ada serpihan sih..
mau tanya om, di mobil saya kejadian persis seperti cerita diatas, kalo boleh tau, bengkel rekanan komunitas facebook nya dimana ya ? boleh saya minta kontak bengkel nya ? terima kasih hehe