2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10312
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Suryaputra »

BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 08:32

Mantap, berhasil pake cara ini, thx infonya om :big_exellent:
Bole mbah dishare kapan waktu.

Kaya gmn suhu CVT nya pas nanjak ke puncak atau lembang, kondisi rada macet, di sini :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
BriverRGZ
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 08 May 2023, 06:12
Location: East Borneo
Daily Vehicle: Brio

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by BriverRGZ »

Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 09:11
BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 08:32

Mantap, berhasil pake cara ini, thx infonya om :big_exellent:
Bole mbah dishare kapan waktu.

Kaya gmn suhu CVT nya pas nanjak ke puncak atau lembang, kondisi rada macet, di sini :upss:
Jauh om ke puncak atau Lembang, perlu nyetir ribuan kilo+nyebrang laut pake ferry 30 jam dr tempat sy :big_childish:

Ntar ane share yg sekitaran sini aja ya :mky_01:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10312
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Suryaputra »

BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 12:30
Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 09:11
BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 08:32

Mantap, berhasil pake cara ini, thx infonya om :big_exellent:
Bole mbah dishare kapan waktu.

Kaya gmn suhu CVT nya pas nanjak ke puncak atau lembang, kondisi rada macet, di sini :upss:
Jauh om ke puncak atau Lembang, perlu nyetir ribuan kilo+nyebrang laut pake ferry 30 jam dr tempat sy :big_childish:

Ntar ane share yg sekitaran sini aja ya :mky_01:
owalahhh kaltim yaa
bpn or smd ?

sy lahir di smd mbah
terakhir 15 thn lalu ke sono :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Droopy
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 27 Feb 2023, 11:00
Location: Tangerang
Daily Vehicle: 1NZ FE

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Droopy »

Pboyz97 wrote: 19 Sep 2023, 21:39
BriverRGZ wrote: 19 Sep 2023, 09:25 Terima kasih atas saran2nya dr suhu2 petrolhead disini, akhirnya sy jd ambil BRV Prestige non HS utk menggantikan Brio :mky_02: Ternyata sedih jg pisah sm mobil pertama, kenangan2 bersama mobil itu yg ga akan tergantikan :big_cry:

Sdikit cerita sbelum ambil BRV.....sy, menkeu, n pasukan krucil test Drive dulu di dealer...yg dicoba XL7 n BRV Krn dua itu yg paling sreg di antara yg lainnya. XP big NO soal performa, yg lama tarikan bawahnya lemot dan yg baru katanya pake trans jatco, Setargeser yg tampilannya oke cm versi X...tp mahal dan no diskon krn msh baru, n RushTer?udah jelas lah ya :off_no:
Hasilnya...XL7 menurut sy nyaman, bantingan termasuk empuk...speedtrap lumayan keredam dgn baik, ga kyk Brio ane klo lewat situ kyk dashboardnya mau copot krn getaran :big_biglaugh: tarikan ya lumayanlah, lebih oke dr XP AT ortu...msh ada sensasi ganti gigi Krn AT konvensional, tanjakan2 ckup ekstrim jg msh aman dilewati tanpa kendala :off_good_job: cm klo nikung agak hi speed ckup kerasa limbungnya... konsekuensi dr suspensi soft n CoG tinggi. Sy ckup suka dgn mobil ini, ride quality oke...tp syg ternyata Menkeu n krucil ga suka, pada pusing n kerasa mual, pdhal sy nyetirnya kyk biasa bawa Brio :big_chicken: mgkn Krn terbiasa dgn Brio yg termasuk stiff, bgitu pake yg rada lembut lgsg pusing,wkwkwk

Lain cerita bgitu sy ajak test BRV, dgn Pace dan rute yg sama mrk enjoy aja, ga kerasa pusing n mual. Speedtrap yg sama memang lebih kerasa di BRV, tp msh acceptable...terbayar jg dgn handlingnya yg better dibanding XL7 pas nikung. Performa jg ternyata enak meskipun CVT, ngelewatin rute sehari2 n tanjakan terasa lebih effortless dibanding XP n XL7...ga perlu gas terlalu dalem udah bs lari :off_good_job: konsumsi BBM dalkot dgn kontur berbukit-bukit 12-14kmpl...lebih irit dibanding Brio lama sy yg di kisaran 10,8-11,6kmpl :big_okay: yg ga nyangka ternyata audio bawaannya udah enak, tinggal tambah prosesor sm subwoofer udah mantep ini utk harian :big_exellent: Istri jg pas nyetir bilang enak, kelincahan n power delivery mirip2 Brio...jd ga gitu kerasa kyk bawa mobil gede, adaptasinya cepet. Yasud ga pake pikir panjang lgsg ambil deh :big_peace: soal transmisi tdnya pengen manual supaya dpt performa optimal, tp berhubung thn dpn IKN bakal pindah...udah bisa dipastikan bakalan macet bgt nanti jalanan dsini,jd ya skip deh...yg matic performanya udah ckup buat rute sy sehari2,hehe

Klo ditanya knp ga LMPV?...well, jalanan dsini krg bagus dan ckup sering banjir, LSUV ckup worry free lewatin rute2 yg biasa sy lewati, blm perlu ladder frame+4WD lah :mky_01:
congrats om buat mobil barunya. welcome to the club bro sesama user BRV Prestige NON HS 2023, kebetulan saya juga beli dari baru bulan mei kemaren buat gantiin GNKI V bensin AT 2014 & brio satya e cvt 2022 . setuju sm yg om bilang, di kelas lmpv lsuv tarikan , driving feel & handling adalah yg terbaik dikelasnya menurut saya
Halo om @Pboyz97, salam kenal sesama pengguna BRV non HS 2023. Om pake HRV baru juga kan, bisa tolong share perbandingan dari segi handling, tarikan, kenyamanan, & keiritan dari pemakaian selama ini antara BRV ama HRV? Penasaran soalnya. Thanks
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4687
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Pboyz97 »

Droopy wrote: 22 Sep 2023, 13:18
Halo om @Pboyz97, salam kenal sesama pengguna BRV non HS 2023. Om pake HRV baru juga kan, bisa tolong share perbandingan dari segi handling, tarikan, kenyamanan, & keiritan dari pemakaian selama ini antara BRV ama HRV? Penasaran soalnya. Thanks
salken jg om. iya kebetulan pake hrv se 2023

handling : HRV
tarikan : mirip2
kenyamanan : BRV
keiritan : mirip2

secara HRV SE & BRV mesin & transmisinya sama persis hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
BriverRGZ
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 08 May 2023, 06:12
Location: East Borneo
Daily Vehicle: Brio

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by BriverRGZ »

Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 13:14
BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 12:30
Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 09:11

Bole mbah dishare kapan waktu.

Kaya gmn suhu CVT nya pas nanjak ke puncak atau lembang, kondisi rada macet, di sini :upss:
Jauh om ke puncak atau Lembang, perlu nyetir ribuan kilo+nyebrang laut pake ferry 30 jam dr tempat sy :big_childish:

Ntar ane share yg sekitaran sini aja ya :mky_01:
owalahhh kaltim yaa
bpn or smd ?

sy lahir di smd mbah
terakhir 15 thn lalu ke sono :big_biglaugh:
Iya om di smd, masih sering banjir om dsini,wkwkwk :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10312
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Suryaputra »

BriverRGZ wrote: 25 Sep 2023, 10:21
Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 13:14
BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 12:30
Jauh om ke puncak atau Lembang, perlu nyetir ribuan kilo+nyebrang laut pake ferry 30 jam dr tempat sy :big_childish:

Ntar ane share yg sekitaran sini aja ya :mky_01:
owalahhh kaltim yaa
bpn or smd ?

sy lahir di smd mbah
terakhir 15 thn lalu ke sono :big_biglaugh:
Iya om di smd, masih sering banjir om dsini,wkwkwk :big_biglaugh:
banjir itu jd ciri khas ibukota mbah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
merckhf
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 13 Jul 2021, 16:49

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by merckhf »

Pboyz97 wrote: 19 Sep 2023, 21:39
BriverRGZ wrote: 19 Sep 2023, 09:25 Terima kasih atas saran2nya dr suhu2 petrolhead disini, akhirnya sy jd ambil BRV Prestige non HS utk menggantikan Brio :mky_02: Ternyata sedih jg pisah sm mobil pertama, kenangan2 bersama mobil itu yg ga akan tergantikan :big_cry:

Sdikit cerita sbelum ambil BRV.....sy, menkeu, n pasukan krucil test Drive dulu di dealer...yg dicoba XL7 n BRV Krn dua itu yg paling sreg di antara yg lainnya. XP big NO soal performa, yg lama tarikan bawahnya lemot dan yg baru katanya pake trans jatco, Setargeser yg tampilannya oke cm versi X...tp mahal dan no diskon krn msh baru, n RushTer?udah jelas lah ya :off_no:
Hasilnya...XL7 menurut sy nyaman, bantingan termasuk empuk...speedtrap lumayan keredam dgn baik, ga kyk Brio ane klo lewat situ kyk dashboardnya mau copot krn getaran :big_biglaugh: tarikan ya lumayanlah, lebih oke dr XP AT ortu...msh ada sensasi ganti gigi Krn AT konvensional, tanjakan2 ckup ekstrim jg msh aman dilewati tanpa kendala :off_good_job: cm klo nikung agak hi speed ckup kerasa limbungnya... konsekuensi dr suspensi soft n CoG tinggi. Sy ckup suka dgn mobil ini, ride quality oke...tp syg ternyata Menkeu n krucil ga suka, pada pusing n kerasa mual, pdhal sy nyetirnya kyk biasa bawa Brio :big_chicken: mgkn Krn terbiasa dgn Brio yg termasuk stiff, bgitu pake yg rada lembut lgsg pusing,wkwkwk

Lain cerita bgitu sy ajak test BRV, dgn Pace dan rute yg sama mrk enjoy aja, ga kerasa pusing n mual. Speedtrap yg sama memang lebih kerasa di BRV, tp msh acceptable...terbayar jg dgn handlingnya yg better dibanding XL7 pas nikung. Performa jg ternyata enak meskipun CVT, ngelewatin rute sehari2 n tanjakan terasa lebih effortless dibanding XP n XL7...ga perlu gas terlalu dalem udah bs lari :off_good_job: konsumsi BBM dalkot dgn kontur berbukit-bukit 12-14kmpl...lebih irit dibanding Brio lama sy yg di kisaran 10,8-11,6kmpl :big_okay: yg ga nyangka ternyata audio bawaannya udah enak, tinggal tambah prosesor sm subwoofer udah mantep ini utk harian :big_exellent: Istri jg pas nyetir bilang enak, kelincahan n power delivery mirip2 Brio...jd ga gitu kerasa kyk bawa mobil gede, adaptasinya cepet. Yasud ga pake pikir panjang lgsg ambil deh :big_peace: soal transmisi tdnya pengen manual supaya dpt performa optimal, tp berhubung thn dpn IKN bakal pindah...udah bisa dipastikan bakalan macet bgt nanti jalanan dsini,jd ya skip deh...yg matic performanya udah ckup buat rute sy sehari2,hehe

Klo ditanya knp ga LMPV?...well, jalanan dsini krg bagus dan ckup sering banjir, LSUV ckup worry free lewatin rute2 yg biasa sy lewati, blm perlu ladder frame+4WD lah :mky_01:
congrats om buat mobil barunya. welcome to the club bro sesama user BRV Prestige NON HS 2023, kebetulan saya juga beli dari baru bulan mei kemaren buat gantiin GNKI V bensin AT 2014 & brio satya e cvt 2022 . setuju sm yg om bilang, di kelas lmpv lsuv tarikan , driving feel & handling adalah yg terbaik dikelasnya menurut saya
Salam kenal om, sesama pengguna BRV Prestige Non-HS, sejak Januari 2023. So far bandingin dengan XP dan Avanza memang handling dan powernya terbaik. Udah berkali2 PP Jakarta-Surabaya via trans Jawa dan memang senyaman itu untuk cruising. Nanjak di bojongkoneng Sentul pun sangat aman. Pas servis 10rb upgrade Oli ke 0W-20 (Gold) tarikan berasa lebih mantap.
BriverRGZ
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 08 May 2023, 06:12
Location: East Borneo
Daily Vehicle: Brio

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by BriverRGZ »

Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 09:11
BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 08:32

Mantap, berhasil pake cara ini, thx infonya om :big_exellent:
Bole mbah dishare kapan waktu.

Kaya gmn suhu CVT nya pas nanjak ke puncak atau lembang, kondisi rada macet, di sini :upss:
IMG-20231008-WA0012.jpg
Lumayan buat mantau kondisi mobil, coba speedonya udah lcd/LED trus bisa nampilin info2 kyk gini ya,wkwkwk
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10312
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by Suryaputra »

BriverRGZ wrote: 08 Oct 2023, 19:14
Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 09:11
BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 08:32

Mantap, berhasil pake cara ini, thx infonya om :big_exellent:
Bole mbah dishare kapan waktu.

Kaya gmn suhu CVT nya pas nanjak ke puncak atau lembang, kondisi rada macet, di sini :upss:
IMG-20231008-WA0012.jpg
Lumayan buat mantau kondisi mobil, coba speedonya udah lcd/LED trus bisa nampilin info2 kyk gini ya,wkwkwk
Mantap betul suhu :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rboin
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 08 Oct 2023, 21:34
Location: indonesia
Daily Vehicle: brv 2022

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by rboin »

permisi bagi pengalaman juga dengan BRV 2022, prestige non sensing. diskon masih lumayan di september 23. posisi gresik.

exterior....
dibanding kompetitor , veloz, xpander (facelif cvt), xl7, ... BRV lebih dewasa, garis garis tegas dan tidak banyak pernak pernik fender bemper dan trim lebih sederhana. aksesoris tambahan yg langsung saya beli adalah mud guard otoproject 120 ribu satu set. lumayan murah. juga mkgn sangat perlu bemper belakang tambahan karena pintu belakang dan bemper standard seperti gak ada jarak, jadi was was kalau disundul. walaupun juga yakin, terbantu warna opal white yang kinclong putih waktu terkena matahari dan jadi abu2 waktu cahaya lampu, jadi pengendara lain semestinya lebih aware dan kagum dgn warna bunglon yg jadi standard di sini. bodi terkesan tipis dan banyak dicuri di sana sini terutama jika dibanding HRV dan CRV. banyak panel plat bodi dan trim spakbor yang dirasa sengaja di kurangi untuk mengejar cost dan harga jual (mungkin memang bagian bagian ini bukanlah perhatian utama pada umum segmen nya).

interior.....
handel transmisi dan hanrem mengingatkan pada jazz gd3 yg dulu sempat dimiliki. jadul. kalau lingkar setir nya jadi merasa kecil banget seperti brio, padahal mobil segede crv. (sebelum nya harian pakai CRV gen 4, hiks sedih, downgrade mobil); tombol2 setir untuk Headunit, dan mid juga seperti mainan, keras. dibanding HRV gen2 dan crv aduh kenapa ya gak disamain aja. bekleed setir juga ala honda; kayaknya akan ngelotok di tahun ke 7. ruang di baris kedua dan ketiga sangat cukup, keluar masuk juga gampang. partisi di bagasi belakang sangat membantu. kekedapan kabin lebih improve dibanding hrv 2015 dan crv gen 4. jok kulit prestige juga bagus jahitannya dan mewah. sayang sekali bangku baris kedua tidak bisa rebah sampai 30* atau lebih, padahal ruangannya semestinya bisa diatur.
driving position, tinggi badan 175cm, jok sopir di mentokin paling tinggi, kepala masih aman, commanding tapi kaca depan terasa lebih sempit dibanding hrv & crv, setir masih cukup di adjust nyaman, sayang nya paha jadi menggantung minimal 25% (lebih menggantung banding hrv 2015 dan tentunya crv). semestinya masih tergolong nyaman untuk perjalanan jauh (lanjut di ride quality).


engine dan transmisi.....
setuju dengan para reviewer lain, sedikit background saya mantan pengguna jazz gd3, hrv 2015, crv gen 4 (2000cc dan 2400cc); dohc 1500 dan cvt nya BRV sangat lincah, torsi melimpah sejak awal. sepertinya di tune down supaya bisa lahap pertalite seperti para kompetitor nya. gesit sekali di putaran rendah, saya lebih suka respon nya dibanding crv 2400cc gen 4 rm3. dalam dan luar kota sudah mumpuni. tapi untuk top end tentu kalah ya sensasi nya dengan k24, apalagi ditambah paddle shift nya crv wah mantep buat decelerate, aduh sensasi raungan k24 - 6000 rpm dan AT konvesional..... oh iya ecu nya BRV tampaknya sudah di setting untuk downshift ketika kita injak pedal rem; jadi CVT nya otomatis membantu engine brake ketika pedal rem ditekan. very smart. mesin ini lebih enak dibanding hrv 2015 yg masih sohc, terutama torsi nya. saat ini 1:12 semestinya akan lebih irit lagi setelah inreyen. oh iya engine bay terlihat penuh sesak dan berotot, jika dibandingkan dengan XL7 dan veloz. langsung terlihat bahwa BRV akan lebih rumit pemeliharaannya. BRV juga dilengkapi undercarriage cover (plastik penutup dek bawah; ini tidak ada di XL7 dan veloz); banyak klip penutup di situ dan bisa jadi rumah tikus yang ideal; klip penutup saya sarankan diganti total semua pada tahun ke 7 karena akan sering dibuka tutup untuk ganti oli. klip penutup ukuran honda belilah yg original yg ada besi nya (sekitar 10 ribu rupiah).


ride quality.....
idem dengan para suhu lainnya. prestige R17 (padahal sudah turanza) dan tekanan ban 32 psi... keras terutama pada jalan yg gak bagus. terasa sekali berguncang guncang. aku bilang ini karena swing arm nya yang pendek sekali dibanding rasio bodi nya; juga suspensi belakang yg beam saja, belum independent. jauh sekali dibanding CRV gen4 yg ban nya bahkan R18. tapi di jalan rata, kestabilannya sangat mirip; khas honda; mature. handling nya sangat mantap. sudah dicoba menurunkan tekanan ban BRV hingga 28psi, tapi tidak pengaruh banyak pada guncangan pada jalan gak bagus (lubang, poldur, batu2, gundukan, rel kereta api, dll). ada yang bilang ganti spiral dengan ertiga? dan juga mgkn sekalian ganti velg R16 - michie. namun para penumpang baris kedua berkomentar, BRV lebih tidak semelelahkan hrv 2015 sebelum facelift.



lain lain....
**walk away auto lock sangat berguna. kita jalan jauh dia lock sendiri.
**Head Unit kekecilan dibanding kualitas jok dan exterior nya, dan perlu di setel untuk tidak ke autolink (mirror), supaya langsung ke android auto.
**kualitas speaker mantap di kelasnya ; hrv 2015 tipe E dan crv gen 4 lewat jauhhhh.
**jika CVT bukan keharusan, maka versi manual dari hyundai creta juga bisa menjadi pilihan menarik.
BriverRGZ
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 08 May 2023, 06:12
Location: East Borneo
Daily Vehicle: Brio

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by BriverRGZ »

rboin wrote: 08 Oct 2023, 22:44 permisi bagi pengalaman juga dengan BRV 2022, prestige non sensing. diskon masih lumayan di september 23. posisi gresik.

exterior....
dibanding kompetitor , veloz, xpander (facelif cvt), xl7, ... BRV lebih dewasa, garis garis tegas dan tidak banyak pernak pernik fender bemper dan trim lebih sederhana. aksesoris tambahan yg langsung saya beli adalah mud guard otoproject 120 ribu satu set. lumayan murah. juga mkgn sangat perlu bemper belakang tambahan karena pintu belakang dan bemper standard seperti gak ada jarak, jadi was was kalau disundul. walaupun juga yakin, terbantu warna opal white yang kinclong putih waktu terkena matahari dan jadi abu2 waktu cahaya lampu, jadi pengendara lain semestinya lebih aware dan kagum dgn warna bunglon yg jadi standard di sini. bodi terkesan tipis dan banyak dicuri di sana sini terutama jika dibanding HRV dan CRV. banyak panel plat bodi dan trim spakbor yang dirasa sengaja di kurangi untuk mengejar cost dan harga jual (mungkin memang bagian bagian ini bukanlah perhatian utama pada umum segmen nya).

interior.....
handel transmisi dan hanrem mengingatkan pada jazz gd3 yg dulu sempat dimiliki. jadul. kalau lingkar setir nya jadi merasa kecil banget seperti brio, padahal mobil segede crv. (sebelum nya harian pakai CRV gen 4, hiks sedih, downgrade mobil); tombol2 setir untuk Headunit, dan mid juga seperti mainan, keras. dibanding HRV gen2 dan crv aduh kenapa ya gak disamain aja. bekleed setir juga ala honda; kayaknya akan ngelotok di tahun ke 7. ruang di baris kedua dan ketiga sangat cukup, keluar masuk juga gampang. partisi di bagasi belakang sangat membantu. kekedapan kabin lebih improve dibanding hrv 2015 dan crv gen 4. jok kulit prestige juga bagus jahitannya dan mewah. sayang sekali bangku baris kedua tidak bisa rebah sampai 30* atau lebih, padahal ruangannya semestinya bisa diatur.
driving position, tinggi badan 175cm, jok sopir di mentokin paling tinggi, kepala masih aman, commanding tapi kaca depan terasa lebih sempit dibanding hrv & crv, setir masih cukup di adjust nyaman, sayang nya paha jadi menggantung minimal 25% (lebih menggantung banding hrv 2015 dan tentunya crv). semestinya masih tergolong nyaman untuk perjalanan jauh (lanjut di ride quality).


engine dan transmisi.....
setuju dengan para reviewer lain, sedikit background saya mantan pengguna jazz gd3, hrv 2015, crv gen 4 (2000cc dan 2400cc); dohc 1500 dan cvt nya BRV sangat lincah, torsi melimpah sejak awal. sepertinya di tune down supaya bisa lahap pertalite seperti para kompetitor nya. gesit sekali di putaran rendah, saya lebih suka respon nya dibanding crv 2400cc gen 4 rm3. dalam dan luar kota sudah mumpuni. tapi untuk top end tentu kalah ya sensasi nya dengan k24, apalagi ditambah paddle shift nya crv wah mantep buat decelerate, aduh sensasi raungan k24 - 6000 rpm dan AT konvesional..... oh iya ecu nya BRV tampaknya sudah di setting untuk downshift ketika kita injak pedal rem; jadi CVT nya otomatis membantu engine brake ketika pedal rem ditekan. very smart. mesin ini lebih enak dibanding hrv 2015 yg masih sohc, terutama torsi nya. saat ini 1:12 semestinya akan lebih irit lagi setelah inreyen. oh iya engine bay terlihat penuh sesak dan berotot, jika dibandingkan dengan XL7 dan veloz. langsung terlihat bahwa BRV akan lebih rumit pemeliharaannya. BRV juga dilengkapi undercarriage cover (plastik penutup dek bawah; ini tidak ada di XL7 dan veloz); banyak klip penutup di situ dan bisa jadi rumah tikus yang ideal; klip penutup saya sarankan diganti total semua pada tahun ke 7 karena akan sering dibuka tutup untuk ganti oli. klip penutup ukuran honda belilah yg original yg ada besi nya (sekitar 10 ribu rupiah).


ride quality.....
idem dengan para suhu lainnya. prestige R17 (padahal sudah turanza) dan tekanan ban 32 psi... keras terutama pada jalan yg gak bagus. terasa sekali berguncang guncang. aku bilang ini karena swing arm nya yang pendek sekali dibanding rasio bodi nya; juga suspensi belakang yg beam saja, belum independent. jauh sekali dibanding CRV gen4 yg ban nya bahkan R18. tapi di jalan rata, kestabilannya sangat mirip; khas honda; mature. handling nya sangat mantap. sudah dicoba menurunkan tekanan ban BRV hingga 28psi, tapi tidak pengaruh banyak pada guncangan pada jalan gak bagus (lubang, poldur, batu2, gundukan, rel kereta api, dll). ada yang bilang ganti spiral dengan ertiga? dan juga mgkn sekalian ganti velg R16 - michie. namun para penumpang baris kedua berkomentar, BRV lebih tidak semelelahkan hrv 2015 sebelum facelift.



lain lain....
**walk away auto lock sangat berguna. kita jalan jauh dia lock sendiri.
**Head Unit kekecilan dibanding kualitas jok dan exterior nya, dan perlu di setel untuk tidak ke autolink (mirror), supaya langsung ke android auto.
**kualitas speaker mantap di kelasnya ; hrv 2015 tipe E dan crv gen 4 lewat jauhhhh.
**jika CVT bukan keharusan, maka versi manual dari hyundai creta juga bisa menjadi pilihan menarik.
Soal bumper tambahan/towing bar klo mnurut sy ga usah om, Krn BRV bukan mobil dgn sasis ladder frame tp monokok. Nah klo dikasi bumper kyk gitu pas terjadi benturan malah sasisnya yg kena...dan itu benerinnya jauh lebih rumit dibandingkan repair bumper plastik bawaan/panel bodi. CMIIW
devards
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 09 Jun 2016, 09:21
Daily Vehicle: L15ZF

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by devards »

BriverRGZ wrote: 08 Oct 2023, 19:14
Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 09:11
BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 08:32

Mantap, berhasil pake cara ini, thx infonya om :big_exellent:
Bole mbah dishare kapan waktu.

Kaya gmn suhu CVT nya pas nanjak ke puncak atau lembang, kondisi rada macet, di sini :upss:
IMG-20231008-WA0012.jpg
Lumayan buat mantau kondisi mobil, coba speedonya udah lcd/LED trus bisa nampilin info2 kyk gini ya,wkwkwk
mau tanya om,
ini pake alat OBD scanner yg tipe apakah?
Cari di toped banyak banget pilihannya.
BriverRGZ
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 08 May 2023, 06:12
Location: East Borneo
Daily Vehicle: Brio

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by BriverRGZ »

devards wrote: 09 Oct 2023, 09:19
BriverRGZ wrote: 08 Oct 2023, 19:14
Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 09:11

Bole mbah dishare kapan waktu.

Kaya gmn suhu CVT nya pas nanjak ke puncak atau lembang, kondisi rada macet, di sini :upss:
IMG-20231008-WA0012.jpg
Lumayan buat mantau kondisi mobil, coba speedonya udah lcd/LED trus bisa nampilin info2 kyk gini ya,wkwkwk
mau tanya om,
ini pake alat OBD scanner yg tipe apakah?
Cari di toped banyak banget pilihannya.
Screenshot_20231009-111944672 (1).jpg
Sy pake yg ini om, sbelumnya sy pake di Brio jg bs. Nanti tanya dulu ke seller sbelum check out apakah bs utk anBRV
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 25 Jan 2017, 21:22

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by W42d »

BriverRGZ wrote: 08 Oct 2023, 19:14
Suryaputra wrote: 22 Sep 2023, 09:11
BriverRGZ wrote: 22 Sep 2023, 08:32

Mantap, berhasil pake cara ini, thx infonya om :big_exellent:
Bole mbah dishare kapan waktu.

Kaya gmn suhu CVT nya pas nanjak ke puncak atau lembang, kondisi rada macet, di sini :upss:
IMG-20231008-WA0012.jpg
Lumayan buat mantau kondisi mobil, coba speedonya udah lcd/LED trus bisa nampilin info2 kyk gini ya,wkwkwk
Mau tanya om, ini pake aplikasi apa ya
euphotic
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 10 May 2014, 10:43

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by euphotic »

Setelah berjuta tahun akhirnya saya kembali ber Honda. Dan kembali baca2 forum dan thread ini sblm memutuskan meminang BRV. Thank you untuk semua yg sudah sharing.

Owning experience setelah satu minggu pakai. Setir nya enteng! Poin yg bagus jg karena kendaraan akan banyak dibawa istri sruntulan kesana kemari.
Terakhir ber Honda semasa GE8 dan FD1. Dan Honda setia dengan road noise masuk ke kabinnya ya 😁

Saya ada beberapa pertanyaan barangkali teman2 disini punya pengalaman yg menjawab.

1. Kemarin iseng masuk servis resmi utk servis KM 20.000 (iya saya ambil unit second, tipe E 2022) dijelaskan ttg free service Honda skrg jasa saja, parts yg diganti tetap bayar normal.
Apa lebih baik berikutnya servis diluar resmi saja ya, pertimbangan nya ini bukan mobil yg perlu treatment "resmi".
Bagaimana menurut teman2 disini?

2. Ada yg pernah pasang peredam di karet pintu? Apa ya istilahnya karet nol? Karet O? Apakah worthed?
Atau makin bikin pintu susah ditutup dan berujung merusak?

3. Pertanyaan seputar ban, apakah Good Year Assurence 2 lebih baik dari enasave bawaan BRV E? Keinginannya sih mengurangi road noise dan naikan lebih baik dr standar.

Itu dulu. Semoga ada pencerahan dari teman2 lain.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1062
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by qushay20019 »

euphotic wrote: 18 May 2024, 12:49 Setelah berjuta tahun akhirnya saya kembali ber Honda. Dan kembali baca2 forum dan thread ini sblm memutuskan meminang BRV. Thank you untuk semua yg sudah sharing.

Owning experience setelah satu minggu pakai. Setir nya enteng! Poin yg bagus jg karena kendaraan akan banyak dibawa istri sruntulan kesana kemari.
Terakhir ber Honda semasa GE8 dan FD1. Dan Honda setia dengan road noise masuk ke kabinnya ya 😁

Saya ada beberapa pertanyaan barangkali teman2 disini punya pengalaman yg menjawab.

1. Kemarin iseng masuk servis resmi utk servis KM 20.000 (iya saya ambil unit second, tipe E 2022) dijelaskan ttg free service Honda skrg jasa saja, parts yg diganti tetap bayar normal.
Apa lebih baik berikutnya servis diluar resmi saja ya, pertimbangan nya ini bukan mobil yg perlu treatment "resmi".
Bagaimana menurut teman2 disini?

2. Ada yg pernah pasang peredam di karet pintu? Apa ya istilahnya karet nol? Karet O? Apakah worthed?
Atau makin bikin pintu susah ditutup dan berujung merusak?

3. Pertanyaan seputar ban, apakah Good Year Assurence 2 lebih baik dari enasave bawaan BRV E? Keinginannya sih mengurangi road noise dan naikan lebih baik dr standar.

Itu dulu. Semoga ada pencerahan dari teman2 lain.
1. Iya ganti oli rutin mah diluar aja, enak malah bisa coba2 oli berbagai merek (stay at 0w-20 or 5w-30 for viscosity)

2. Iya dulu ane make brv gen 1, berkurang banget suara2 luar setelah make karet O di semua pintu. Awal2 pasang karet O ini emang pintu2 perlu agak dibanting dikit krn bagian O nya itu rada makan tempat di celah antara bodi & pintu (memang itu tujuannya kan biar ngurangin road noise).

3. Gatau. Brv ane masi pake ennasip bawaan pabrik sampe dijokul pas kopit. Kayaknya klo ada dananya, bisa kombinasi ganti ban silent oriented sama pasang peredam di balik spakbor/ wheel arch)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15958
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

euphotic wrote: 18 May 2024, 12:49
Saya ada beberapa pertanyaan barangkali teman2 disini punya pengalaman yg menjawab.

1. Kemarin iseng masuk servis resmi utk servis KM 20.000 (iya saya ambil unit second, tipe E 2022) dijelaskan ttg free service Honda skrg jasa saja, parts yg diganti tetap bayar normal.
Apa lebih baik berikutnya servis diluar resmi saja ya, pertimbangan nya ini bukan mobil yg perlu treatment "resmi".
Bagaimana menurut teman2 disini?

2. Ada yg pernah pasang peredam di karet pintu? Apa ya istilahnya karet nol? Karet O? Apakah worthed?
Atau makin bikin pintu susah ditutup dan berujung merusak?

3. Pertanyaan seputar ban, apakah Good Year Assurence 2 lebih baik dari enasave bawaan BRV E? Keinginannya sih mengurangi road noise dan naikan lebih baik dr standar.

Itu dulu. Semoga ada pencerahan dari teman2 lain.
1. setau saya free all in yah terakhir servis juga gak ditagih apa apa. tp kalo aturannya diubah gak tau dah barangkali penjualan mobil seret bengkelnya butuh duit. coba bandingin sama bengkel resmi lain aja om. takutnya oknum SA juga itu.

2. kalau peredam honda fokus di ruang roda dan kolong depan udah pengaruh banget om. karet pintu iya takutnya malah susah nutup nanti.

3. any premium touring tyres will do better dibanding enasep bawaan. opsi lain coba falken ze310r setau saya GY agak keras mirip BS tapi menang warranty aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gboooster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 17 May 2021, 14:59
Location: Surabaya

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by gboooster »

euphotic wrote: 18 May 2024, 12:49 Setelah berjuta tahun akhirnya saya kembali ber Honda. Dan kembali baca2 forum dan thread ini sblm memutuskan meminang BRV. Thank you untuk semua yg sudah sharing.

Owning experience setelah satu minggu pakai. Setir nya enteng! Poin yg bagus jg karena kendaraan akan banyak dibawa istri sruntulan kesana kemari.
Terakhir ber Honda semasa GE8 dan FD1. Dan Honda setia dengan road noise masuk ke kabinnya ya 😁

Saya ada beberapa pertanyaan barangkali teman2 disini punya pengalaman yg menjawab.

1. Kemarin iseng masuk servis resmi utk servis KM 20.000 (iya saya ambil unit second, tipe E 2022) dijelaskan ttg free service Honda skrg jasa saja, parts yg diganti tetap bayar normal.
Apa lebih baik berikutnya servis diluar resmi saja ya, pertimbangan nya ini bukan mobil yg perlu treatment "resmi".
Bagaimana menurut teman2 disini?

2. Ada yg pernah pasang peredam di karet pintu? Apa ya istilahnya karet nol? Karet O? Apakah worthed?
Atau makin bikin pintu susah ditutup dan berujung merusak?

3. Pertanyaan seputar ban, apakah Good Year Assurence 2 lebih baik dari enasave bawaan BRV E? Keinginannya sih mengurangi road noise dan naikan lebih baik dr standar.

Itu dulu. Semoga ada pencerahan dari teman2 lain.
1. Kalau HRV defaultnya cuma free service, spare part bayar normal atau beli lagi paket hemat. Mungkin BRV sama.
Kalau sudah habis masa warranty mending service di luar aja, cari bengkel spesialis honda.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1527
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by AbdulHakim »

honda bukannya 3 tahun free servis? (termasuk oli dan filter kah?)
euphotic
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 10 May 2014, 10:43

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by euphotic »

qushay20019 wrote: 18 May 2024, 13:11 1. Iya ganti oli rutin mah diluar aja, enak malah bisa coba2 oli berbagai merek (stay at 0w-20 or 5w-30 for viscosity)

2. Iya dulu ane make brv gen 1, berkurang banget suara2 luar setelah make karet O di semua pintu. Awal2 pasang karet O ini emang pintu2 perlu agak dibanting dikit krn bagian O nya itu rada makan tempat di celah antara bodi & pintu (memang itu tujuannya kan biar ngurangin road noise).

3. Gatau. Brv ane masi pake ennasip bawaan pabrik sampe dijokul pas kopit. Kayaknya klo ada dananya, bisa kombinasi ganti ban silent oriented sama pasang peredam di balik spakbor/ wheel arch)
siap, thank you inputannya.
ChZ wrote: 18 May 2024, 15:40 1. setau saya free all in yah terakhir servis juga gak ditagih apa apa. tp kalo aturannya diubah gak tau dah barangkali penjualan mobil seret bengkelnya butuh duit. coba bandingin sama bengkel resmi lain aja om. takutnya oknum SA juga itu.

2. kalau peredam honda fokus di ruang roda dan kolong depan udah pengaruh banget om. karet pintu iya takutnya malah susah nutup nanti.

3. any premium touring tyres will do better dibanding enasep bawaan. opsi lain coba falken ze310r setau saya GY agak keras mirip BS tapi menang warranty aja.
1. mungkin pas servis kilometer kecil ya, jd ga ada parts2 yg "mahal".
2. oke saya coba bagian ruang2 roda dan kolong dulu aja.
3. siap.
gboooster wrote: 18 May 2024, 17:22 1. Kalau HRV defaultnya cuma free service, spare part bayar normal atau beli lagi paket hemat. Mungkin BRV sama.
Kalau sudah habis masa warranty mending service di luar aja, cari bengkel spesialis honda.
belum habis sih cuma kalau memang cuma free jasa, saya kok agak yakin diluaran lebih bisa berhemat meskipun promo free jasa dr resmi. coba next service saya ke bengkel luar.

anyway lupa cerita kemarin akhirnya ganti oli dan cleaning AC evap bla bla bla.
olinya 520rb-an (pake 4L? klo saya hitung 130rb-an perliternya)
clenaing AC evap bla bla bla 150rb
kalau paket rekomendasinya ada tambahan fluid cleaner dan apa gitu, intinya utk bersihin oli more thoroughly. tp saya tolak.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15958
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review

Post by ChZ »

euphotic wrote: 18 May 2024, 21:38
1. mungkin pas servis kilometer kecil ya, jd ga ada parts2 yg "mahal".

belum habis sih cuma kalau memang cuma free jasa, saya kok agak yakin diluaran lebih bisa berhemat meskipun promo free jasa dr resmi. coba next service saya ke bengkel luar.
kalau thn 2022 itungan bulan harusnya free service masih ada sekitar 2 kali lagi. kecuali kilometer emang udah 100 ribu (tapi belum kan?).

saya soalnya pembelian 2022 akhir harusnya sama utk t&c nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post