Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

ChZ wrote: 02 Apr 2024, 14:03 analoginya mirip kaya selang om.

selang yang bagus itu kan harus lancar dari keran sampe ujung, knalpot aftermarket pun begitu. didesain biar lancar jaya jadi nyaris gak ada tahanannya.

masalahnya kalo kita ngebuka kerannya cuma separo, tuh aer malah jadi pelan banget musti kita pencet dikit (kasi hambatan / tahanan) biar lajunya kenceng.

nah gimana biar maksimal kepake tuh selang gede, ya dibesarin bukaan keran aernya. ini ibarat kita nge gaspoll debit udaranya makin gede makin kuat dorongannya. baru maksimal ginian pake knalpot brong.

makanya kan orang suka bilang jangan pake brong di mobil matic itu bener, krn mobil matic 2000 rpm paling udah ngoper, dapet ngemposnya doang.

emang urusan knalpot itu agak tricky, musti specify itu mobil matic atau manual dan kondisi tuning mesinnya gimana dan banyak trial and error, gak jamin kalo beli yang mahal pasti hasil bagus. kadang full set custom bikinan abang abang bisa lebih oke hasilnya kalo beneran diukur dan suaranya bisa adem. apalagi mobil zaman now fuel injectionnya udah canggih.

om fitra aja beli muffler asli TRD gak dituning hasilnya malah ngempos juga tuh :big_biglaugh: mahal mahal tuh beli knalpot kaga kepake.
makannya saya lebih percaya merek lokal kalo urusan kenalpot karena mereka yang tau unitnya gimana kalo branded kan mereka tuning based spek di negara mereka :mky_03:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by iamwewe »

b0ku wrote: 02 Apr 2024, 17:36
iamwewe wrote: 02 Apr 2024, 16:33 nah kalo om boku kan kasih contoh mbilnya GE8 nih. kalo mobil turbo honda skrg gimana?

kalo di marketplace ada misal jual knalpot fullsystem HKS utk civic turbo, ini nanti ngempos juga ga kalo gak dibarengin dengan ganti filter udara?
nah kalo turbo om AT MT emang si mendingan korbanin low rpm tapi bagusan emang di bikin flow selancar mungkin ,saya soalnya maen dakar juga itu back pressure cuma nolong pas rpm turbolag doank ,pas turbonya spolling malah bikin efek mobil keselek ibaratnya kek kita minum buru2x bukannya cepet malah bikin keselek kira2x gitu rasanya , jadi pas turbonya spolling itu catalic malah bikin turbo jd ngeden lagi jadi ud kena turbo lag ditambah kena tahan flow pipa kecil atau catalic jd double2x delaynya enakan ud plong semua sampe belakang pipa gede semua , soalnya setup asli pajero ya kayak gitu catalic doank buat bersihin emisi sampe belakang beneran cuma pipa , sekarang catalic saya cabut juga hasilnya awal2x berasa banget gainnya beneran smooth pas turbospolling :mky_03:

sekarang ud biasa malah berasa kurang cuma untunglah turun mesin yang ke 2 berasa papas headnya jd pas rpm turbo lag tenaga lebih nendang :mky_03:

kalo buat mobil turbo pake merek si harusnya malah enak om jangan ud mobil N/A terus matic oe jamin kelar power loe bukanya gain malah loss tapi di dyno keliatannya gain padahal di jalan berasanya loss karena rpm gainnya gak kepake :big_biglaugh:

soalnya kebanyakan merek itu keluarin buat manual kecuali mobilnya emang cuma bikin varian matic baru percaya saya gain kek kemaren saya ada beli hks khusus cx5 :mky_03:

oh iya omong2x ge8 kenalpot at itu juga sebenernya nolong putaran tengahnya doank kalo dari 0 gak berasa gainnya emang musti combo pake throtle control baru berasa gainnya dari 0 sampe atas :mky_03:

yang lucu saya pernah ketemu T30 pake kenalpot pipanya gede semua keliatan banget modifnya pake barang mahal semua, mesinnya 2.5 kan at semua soalnya keliatan dari bodynya saya tau nih sasaran empuk buat saya kerjain bener kan pas lampu merah saya tarik dia ngejar cuma bisa nempel doank gak lama ketemu tikungan ud makin saya tinggal :big_biglaugh:
kalo bahas dakkar.. dia kan diesel ya. pasti udh dpt torque dari rpm rendah kan. masih gak enak juga ya? wah gk kebayang kalo efek keselek itu kaya gimana. kalo yg kaya om chz jelasin analogi selang nya masih nangkep dan ada gambaran.

berarti mah kesimpulannya knalpot full system aftermarket walopun ber merek tetep aja ya rpm bawah tetep enak bawaan pabrik.

ya kalo di dyno keliatannya gain itu kan sebenernya pake logika selang nya si om chz. karena kalo di dyno ya pasti loss dia bisa test sampe full. kalo di daily use pas kena macet2 stop and go itu, bener kata om chz pasti dia maen di low rpm, alias cuma dapet ngemposnya doang yak
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zonepublic »

b0ku wrote: 02 Apr 2024, 11:48
ini suka ngawur orang2x mobil sekarang kebanyakan matic kenalpot brong itu di design buat naekin HP dan HP itu peakny di RPM tinggi makannya kalo mobilnya matic apalagi rationya panjang HONDA pulak ya loyo lah :big_dunno:

mendingan set upnya semua khusus matic kayak GE8 saya depan KANSAI KHUSUS matic down pipe kansai kusus matic, centrepipe pake reson khusus matic, dan muffler ternyata paling nampol pake ori karena ada backpreesure buat RPM bawah karena design khusus matic pipanya gak terlalu gede dan ada backpressurenya buat rpm bawah :mky_03:

jgn lupa filter udara mendingan pake replacement daripada gaya2xan pake open :mky_03:

kalo settingan brong sama open itu cocoknya manual karena rationya pendek2x apalagi ud 6 speed jd tinggal tahan gigi 1 sampe rpm tinggi lsg berasa gainnya wong kita matic di honda aja 2000rpm suka di upshift sendiri :mky_07:

intinya kalo torsi RPM bawah itu lebih butuh udara yang di mampatkan kayak tornado sedangkan hp maen rpm atas lebih butuh banyak flow angin masuk 2 ini susah ketemu musti ada yang di korbanin emang kecuali mobilnya turbo jebolin aja semua bikin plong flownya lebih berasa jauh.......... :big_biglaugh:

itupun buat rpm bawah lebih enakan turbo kecil soalnya saya ada dakar sama exced enakan exced rpm bawahnya dakar karena turbonya gede jadi lagnya lebih berasa di rpm bawah :mky_03:
Dari yang saya lihat jazz GE 8 matic sepertinya lebih cocok dikasih supercharger daripada turbocharger ,karena kurva power/torsi mesin kalo pake supercharger meskipun bebannya dari awal lebih berat tapi kinerja mesinnya linear jadi angkat di top speed, tuningnya di piggyback juga lebih predictable buat transmisi maticnya juga lebih aman beda dengan kalo dikasih turbocharger yang spoolingnya acak dan kurvanya naik tiba2

Trus kalo knalpot sepertinya buat ge8 matic yang butuh nahan gas buang sepertinya lebih cocok pake valvetronic jadi bisa kontrol di rpm berapa gas buangnya dilepas/ditahan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 02 Apr 2024, 16:33 dih.. ini iya banget nih dari jaman dulu denger kaya gini. taunya analogi nya gitu ya om. ibarat keran air ya. :big_exellent: :big_exellent:

nah ini nih aneh amat. yg dibeli cuma muffler doang, padahal udh TRD. harusnya dedicated dong buat mobil tersebut. ini menurut om, sama kaya analogi keran air mampet itu? ini utk mobil manual or matic nih om casenya.

berarti kalo utk mobil turbo jaman sekarang gini, harusnya gimana utk ningkatin tenaga dari knalpot? ganti dari depan sampe blkg full?
kalo di case nya om fitra malah bukan ngempos om tapi dia powernya ketahan soalnya curve nya keliatan kurang kuat di atas. dari desain tabungnya emang keliatan tahanannya lumayan banyak tuh. biasa si tahanan gede buat bantu airflow di low speed soalnya dia turbo ngurangin turbo lag jg kali. salahnya ya kenapa belinya cuma muffler :mky_07:

kalo daily use sih mau turbo/NA belakang gak penting2 amat soalnya turbo pun biasa turbo kecil. downpipe + frontpipe biasa ama centerpipe / reson aja udah ok banget. apalagi kalo matic.

turbo kl ngempos sih ane gak bayangin om wkwkwkwkw kalo udah ngeboost baru ngebantu kasi plong semua. masalahnya di kota kota gak mungkin mode full boost jg :upss: alesan ane masih nimbang2 mau ganti ampe belakang jg ini om cuma bisa ngasss polll nya kalo di lurusan tol mau ke tempat kerja.

kl turbonya macem evo atau WRX STI nah tuh manteb turbonya gede soalnya mesti plong bgt, tp yah turbolag nya gile tuh mobil wkwkwkkwkw

Last edited by ChZ on 03 Apr 2024, 09:57, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

b0ku wrote: 02 Apr 2024, 17:52
makannya saya lebih percaya merek lokal kalo urusan kenalpot karena mereka yang tau unitnya gimana kalo branded kan mereka tuning based spek di negara mereka :mky_03:
yoi, mereka kan soalnya mikir buat dipake trackday. kalo di sini macet macetan bejeknya pas kosong doang :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

iamwewe wrote: 02 Apr 2024, 19:52
kalo bahas dakkar.. dia kan diesel ya. pasti udh dpt torque dari rpm rendah kan. masih gak enak juga ya? wah gk kebayang kalo efek keselek itu kaya gimana. kalo yg kaya om chz jelasin analogi selang nya masih nangkep dan ada gambaran.

berarti mah kesimpulannya knalpot full system aftermarket walopun ber merek tetep aja ya rpm bawah tetep enak bawaan pabrik.

ya kalo di dyno keliatannya gain itu kan sebenernya pake logika selang nya si om chz. karena kalo di dyno ya pasti loss dia bisa test sampe full. kalo di daily use pas kena macet2 stop and go itu, bener kata om chz pasti dia maen di low rpm, alias cuma dapet ngemposnya doang yak
Tetep om pas rpmnya turbo dia belom spolling sebenernya dia butuh backpressure berasa kok di bawah makin loyo terutama dari 0 cuma karena diesel rpm turbonya rendah jadi berasa gainnya,

nah kalo turbo itu udarannya kek di mampetin terus tiba2x di buang bareng2x, kalo orang billang itu bottle neck macet karena salurannya tiba2x sempit.....akhrinya ngeden karena udara turbo itu sifatnya mendadak gede flownya kena catalic yang sempit akhirnya udara ketahan dulu sebelom akhirnya ngalir lancar karena kena teken mulu dari mesinnya :mky_03:


mesin turbo itu keluaran tenaganya sebenernya kurang enak buat bawa sante tau2x dhuaaar meledak torsinya gede banget kayak pajero saya kalo ud kena ujan gede ngeri om gitu masuk rpm turbo klo gak hati2x ban botak ud deh bisa selip gak dapet traksi soalnya saya ud ngalamin juga jumpalitan pake tuh mobil :big_biglaugh:

ngomongin merek biasanya gitu om kalo saya si sampe sekarang setupnya juga bisa di bilang di mid jd bawah dapet atas dapet :mky_03:

tambah lagi kek saya omongin ke om chz di atas kalo kenalpot saya lebih percaya lokal karena mereka tuning based spek sini kalo merek luar mereka tunning based mesin spek di negara mereka bisa beda hasilnya :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

zonepublic wrote: 02 Apr 2024, 21:00 Dari yang saya lihat jazz GE 8 matic sepertinya lebih cocok dikasih supercharger daripada turbocharger ,karena kurva power/torsi mesin kalo pake supercharger meskipun bebannya dari awal lebih berat tapi kinerja mesinnya linear jadi angkat di top speed, tuningnya di piggyback juga lebih predictable buat transmisi maticnya juga lebih aman beda dengan kalo dikasih turbocharger yang spoolingnya acak dan kurvanya naik tiba2

Trus kalo knalpot sepertinya buat ge8 matic yang butuh nahan gas buang sepertinya lebih cocok pake valvetronic jadi bisa kontrol di rpm berapa gas buangnya dilepas/ditahan
buat stop n go emang bagusan supercharger cuma buat saya mendingan saya abisin ratusan juta bangun ulang mesinnya :big_grin:

crank, piston, kem, valve retainer ganti semua setting ulang pake standalone ecu setup buat nyetir di kota :mky_03:

rpm bisa gebuk sampe 10.000 pasti gurih tuh visibility dan posisi duduk ge8 mesin ori dengan tenaga 160-180hp hi rev karena ori jd balance mobilnya masih enak karena setelan pabrik posisinya :big_love:

matic bawa ke puncak dengerin raungan mesinnya :big_love:

soalnya setup N/A itu tenaganya gak mendadak keluar gede tapi flat jd lebih enak buat nikung :mky_03:

tapi ya kadang mikir juga keknya justru tenaga sekarang ud cukup enak buat ngegas seenak udel tanpa takut kegelincir malah saya malah mau banyakin lagi modif kaki2xnya :mky_03:

soalnya setup sekarang aja kalo setelan gasnya full suka spin kalo lagi nikung :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

ChZ wrote: 03 Apr 2024, 09:42
kalo di case nya om fitra malah bukan ngempos om tapi dia powernya ketahan soalnya curve nya keliatan kurang kuat di atas. dari desain tabungnya emang keliatan tahanannya lumayan banyak tuh. biasa si tahanan gede buat bantu airflow di low speed soalnya dia turbo ngurangin turbo lag jg kali. salahnya ya kenapa belinya cuma muffler :mky_07:

kalo daily use sih mau turbo/NA belakang gak penting2 amat soalnya turbo pun biasa turbo kecil. downpipe + frontpipe biasa ama centerpipe / reson aja udah ok banget. apalagi kalo matic.

turbo kl ngempos sih ane gak bayangin om wkwkwkwkw kalo udah ngeboost baru ngebantu kasi plong semua. masalahnya di kota kota gak mungkin mode full boost jg :upss: alesan ane masih nimbang2 mau ganti ampe belakang jg ini om cuma bisa ngasss polll nya kalo di lurusan tol mau ke tempat kerja.

kl turbonya macem evo atau WRX STI nah tuh manteb turbonya gede soalnya mesti plong bgt, tp yah turbolag nya gile tuh mobil wkwkwkkwkw

berasa om di exced saya sampe denial masa si mobil saya ud di modif kok nampolan kelas cere tarikan bawahnya eh lupa turbo dia gedenya separo saya punya saya aja kalo liatin turbonya bokap sama turbo saya lsg ketawa saking kecilnya tapi ternyata tuh turbo kecil malah nolong banget buat stop n go :big_biglaugh:

tambah lagi dia masih pake catalic dan 4 speed pas deh setelannya :mky_07:

kalo punya saya sampe 180kmh justru lagi enak2xnya bokap 140keatas ud mulai lemot2xnya :mky_03:
ChZ wrote: 03 Apr 2024, 09:52 yoi, mereka kan soalnya mikir buat dipake trackday. kalo di sini macet macetan bejeknya pas kosong doang :big_biglaugh:
di negara mereka nyetir koboi kan gak boleh kalo di sini ud biasa banget makannya gak kepake setup stop n gonya :big_biglaugh:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by iamwewe »

ChZ wrote: 03 Apr 2024, 09:42
kalo di case nya om fitra malah bukan ngempos om tapi dia powernya ketahan soalnya curve nya keliatan kurang kuat di atas. dari desain tabungnya emang keliatan tahanannya lumayan banyak tuh. biasa si tahanan gede buat bantu airflow di low speed soalnya dia turbo ngurangin turbo lag jg kali. salahnya ya kenapa belinya cuma muffler :mky_07:

kalo daily use sih mau turbo/NA belakang gak penting2 amat soalnya turbo pun biasa turbo kecil. downpipe + frontpipe biasa ama centerpipe / reson aja udah ok banget. apalagi kalo matic.

turbo kl ngempos sih ane gak bayangin om wkwkwkwkw kalo udah ngeboost baru ngebantu kasi plong semua. masalahnya di kota kota gak mungkin mode full boost jg :upss: alesan ane masih nimbang2 mau ganti ampe belakang jg ini om cuma bisa ngasss polll nya kalo di lurusan tol mau ke tempat kerja.

kl turbonya macem evo atau WRX STI nah tuh manteb turbonya gede soalnya mesti plong bgt, tp yah turbolag nya gile tuh mobil wkwkwkkwkw

wokeh2.. sementara berarti cukup dp fp aja ya udh cukup. kebiasaan bawa diesel, bawa bensin cc kecil turbo gini walopun dah remap rasanya ada yang kurang gitu di tarikan awalnya.
b0ku wrote: 03 Apr 2024, 10:02
Tetep om pas rpmnya turbo dia belom spolling sebenernya dia butuh backpressure berasa kok di bawah makin loyo terutama dari 0 cuma karena diesel rpm turbonya rendah jadi berasa gainnya,

nah kalo turbo itu udarannya kek di mampetin terus tiba2x di buang bareng2x, kalo orang billang itu bottle neck macet karena salurannya tiba2x sempit.....akhrinya ngeden karena udara turbo itu sifatnya mendadak gede flownya kena catalic yang sempit akhirnya udara ketahan dulu sebelom akhirnya ngalir lancar karena kena teken mulu dari mesinnya :mky_03:


mesin turbo itu keluaran tenaganya sebenernya kurang enak buat bawa sante tau2x dhuaaar meledak torsinya gede banget kayak pajero saya kalo ud kena ujan gede ngeri om gitu masuk rpm turbo klo gak hati2x ban botak ud deh bisa selip gak dapet traksi soalnya saya ud ngalamin juga jumpalitan pake tuh mobil :big_biglaugh:

ngomongin merek biasanya gitu om kalo saya si sampe sekarang setupnya juga bisa di bilang di mid jd bawah dapet atas dapet :mky_03:

tambah lagi kek saya omongin ke om chz di atas kalo kenalpot saya lebih percaya lokal karena mereka tuning based spek sini kalo merek luar mereka tunning based mesin spek di negara mereka bisa beda hasilnya :mky_03:
hooh2 om.. pake lokalan aja yak cukup berarti. tq2 om sarannya

kgak enak sama om TS udh melebar jauh kemana2 sama topiknya doi wkwkkw. punten om TS
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

b0ku wrote: 03 Apr 2024, 10:18 berasa om di exced saya sampe denial masa si mobil saya ud di modif kok nampolan kelas cere tarikan bawahnya eh lupa turbo dia gedenya separo saya punya saya aja kalo liatin turbonya bokap sama turbo saya lsg ketawa saking kecilnya tapi ternyata tuh turbo kecil malah nolong banget buat stop n go :big_biglaugh:

tambah lagi dia masih pake catalic dan 4 speed pas deh setelannya :mky_07:

kalo punya saya sampe 180kmh justru lagi enak2xnya bokap 140keatas ud mulai lemot2xnya :mky_03:

di negara mereka nyetir koboi kan gak boleh kalo di sini ud biasa banget makannya gak kepake setup stop n gonya :big_biglaugh:
iya ane di civic/CRV berasa atasnya nampol CRV jauh. cuma di kota yah jadi kurang gesit CRV spoolingnya lama bener :ungg:

maren bawa forti 2.8 juga berasa ini bawahnya kurang nampol dibanding 2.4, tp mid rpmnya lebih padet di 2.8 . awalnya sama camer disetel mode eco makin berasa beletnya, di normal baru pas
iamwewe wrote: 03 Apr 2024, 10:54
wokeh2.. sementara berarti cukup dp fp aja ya udh cukup. kebiasaan bawa diesel, bawa bensin cc kecil turbo gini walopun dah remap rasanya ada yang kurang gitu di tarikan awalnya.
dieselnya 2GD lagi ya om :big_biglaugh:

enaknya kalo udah ganti dp+fp suaranya garing garing renyah gitu :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 584
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zonepublic »

b0ku wrote: 03 Apr 2024, 10:14
buat stop n go emang bagusan supercharger cuma buat saya mendingan saya abisin ratusan juta bangun ulang mesinnya :big_grin:

crank, piston, kem, valve retainer ganti semua setting ulang pake standalone ecu setup buat nyetir di kota :mky_03:

rpm bisa gebuk sampe 10.000 pasti gurih tuh visibility dan posisi duduk ge8 mesin ori dengan tenaga 160-180hp hi rev karena ori jd balance mobilnya masih enak karena setelan pabrik posisinya :big_love:

matic bawa ke puncak dengerin raungan mesinnya :big_love:

soalnya setup N/A itu tenaganya gak mendadak keluar gede tapi flat jd lebih enak buat nikung :mky_03:

tapi ya kadang mikir juga keknya justru tenaga sekarang ud cukup enak buat ngegas seenak udel tanpa takut kegelincir malah saya malah mau banyakin lagi modif kaki2xnya :mky_03:

soalnya setup sekarang aja kalo setelan gasnya full suka spin kalo lagi nikung :big_biglaugh:
Kayanya susah,mesin L15 masih SOHC mau ditune seperti apapun potensinya ga bisa terlalu tinggi,mungkin pertimbangin swap engine ke K20Znya civic fd2?,gearboxnya kan sama tuh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 03 Apr 2024, 14:36 Kayanya susah,mesin L15 masih SOHC mau ditune seperti apapun potensinya ga bisa terlalu tinggi,mungkin pertimbangin swap engine ke K20Znya civic fd2?,gearboxnya kan sama tuh
justru L15 itu favorit orang-orang tuning. biaya yang dikeluarin relatif ga besar dibanding build Kseries. coba main2 ke bengkel drag race banyak yg maen L15 all motor kok. favorit selain D16 all motor. SOHC juga tuh. time nya ganas ganas pula. zaman sy kuliah dulu tuh 10 thn yang lalu, sering maen ke GAR power buildnya estilo D16 atau jazz pake mesin bawaan.

ngebuild mesin tu orang jg ga selalu ngomong gain berapa hp, tapi repot repot dan biaya keluarnya. kalo bisa 400hp tapi repot abis dan biayanya bisa seharga 2 blok mesin baru ya jatohnya nggak worth it. mending 300hp tapi optimalin sektor lain tergantung tujuannya. dragrace ga selalu ngomong peak hp terbesar yang menang. apalagi di indo mayoritas drag race itu 200 meter doang. makanya allmotor di sini masih diminati.

modal gede bangun Kseries, tp itupun buat sebagian besar orang gak worth it bangun Kseries apalagi musim diesel gini.

lagian L15 180hp NA masuk lah, masa kurang. toh om b0ku pointnya gak mau tenaga gede yg penting lincah dan highrev khas mesin honda.
Last edited by ChZ on 03 Apr 2024, 15:01, edited 5 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

zonepublic wrote: 03 Apr 2024, 14:36 Kayanya susah,mesin L15 masih SOHC mau ditune seperti apapun potensinya ga bisa terlalu tinggi,mungkin pertimbangin swap engine ke K20Znya civic fd2?,gearboxnya kan sama tuh
di thailan bisa 260hp apa 300hp saya lupa om soalnya jeroannya lengkap :mky_03:

sayang videonya ilang :big_dunno:

Tapi saya 150-180hp juga dah puas :mky_03:

remap pun pikir2x lagi setup sekarang ud cukup buat saya soalnya kenceng2x juga gak kepake :big_biglaugh:

lagian ini pajero saya jazz enakan jazz om soalnya lebih reponsif padahal pajero lebih gede power cuma gak guna pas mau kita kickdown dia ngelag dulu baru lari sedangkan jazz dia lsg lari jadinya pajero keburu ilang momentum baru tenaga keluar ya ud ngerem lagi :big_bored:

gampang si naekin power pajero cuma saya kalo naekin juga cuma sebatas mau di gas dikit ud lari biar berasa effortless aja buat ngebut keknya ngeri deh :mky_03:
Last edited by b0ku on 03 Apr 2024, 15:06, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

ChZ wrote: 03 Apr 2024, 11:39
iya ane di civic/CRV berasa atasnya nampol CRV jauh. cuma di kota yah jadi kurang gesit CRV spoolingnya lama bener :ungg:

maren bawa forti 2.8 juga berasa ini bawahnya kurang nampol dibanding 2.4, tp mid rpmnya lebih padet di 2.8 . awalnya sama camer disetel mode eco makin berasa beletnya, di normal baru pas
itu om kek dulu tuh pernah ada influenza di suruh adu nyales yang satu jual 320i yang satu 330i yang jualan 320i kebetulan raja ngeles akhirnya di bilang lah enakan 320i 330i di kota tenaganya gak kepake soalnya sama aja bawahnya dipikir2x si raja ngeles satu itu bener juga sih :mky_07:

akhirnya yang menang yang jualan 320i :big_biglaugh:

soalnya kalo crv sama fortuner 2.8 keknya turbonya lebih gede mampetin udaranya lebih lama om gak tau deh itu crv sama civic turbonya lebih gede apa beda setelan boostnya aja ??? :mky_03:
ChZ wrote: 03 Apr 2024, 14:53
justru L15 itu favorit orang-orang tuning. biaya yang dikeluarin relatif ga besar dibanding build Kseries. coba main2 ke bengkel drag race banyak yg maen L15 all motor kok. favorit selain D16 all motor. SOHC juga tuh. time nya ganas ganas pula. zaman sy kuliah dulu tuh 10 thn yang lalu, sering maen ke GAR power buildnya estilo D16 atau jazz pake mesin bawaan.

ngebuild mesin tu orang jg ga selalu ngomong gain berapa hp, tapi repot repot dan biaya keluarnya. kalo bisa 400hp tapi repot abis dan biayanya bisa seharga 2 blok mesin baru ya jatohnya nggak worth it. mending 300hp tapi optimalin sektor lain tergantung tujuannya. dragrace ga selalu ngomong peak hp terbesar yang menang. apalagi di indo mayoritas drag race itu 200 meter doang. makanya allmotor di sini masih diminati.

modal gede bangun Kseries, tp itupun buat sebagian besar orang gak worth it bangun Kseries apalagi musim diesel gini.

lagian L15 180hp NA masuk lah, masa kurang. toh om b0ku pointnya gak mau tenaga gede yg penting lincah dan highrev khas mesin honda.
pada curang pasangin ke brio yang enteng kena turbo kelar deh :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

b0ku wrote: 03 Apr 2024, 15:04
itu om kek dulu tuh pernah ada influenza di suruh adu nyales yang satu jual 320i yang satu 330i yang jualan 320i kebetulan raja ngeles akhirnya di bilang lah enakan 320i 330i di kota tenaganya gak kepake soalnya sama aja bawahnya dipikir2x si raja ngeles satu itu bener juga sih :mky_07:

akhirnya yang menang yang jualan 320i :big_biglaugh:

soalnya kalo crv sama fortuner 2.8 keknya turbonya lebih gede mampetin udaranya lebih lama om gak tau deh itu crv sama civic turbonya lebih gede apa beda setelan boostnya aja ??? :mky_03:


pada curang pasangin ke brio yang enteng kena turbo kelar deh :big_biglaugh:
gede an CRV om. orang2 pada ganti turbo CRV kalo mau gain gede. internalsnya jg. civic sih dikasih turbo imut imut doang.

entah deh mungkin kalo ganti turbo CRV gen sekarang lebih nampol lg soalnya keknya ada beda lg tuh spoolingnya udah dari 1700 rpm. yg lama dari 2000 rpm.

tp kalo fortuner jan nanggung ah beli 2.8 sekalian aja... 2.4 cuma enak 0-60 doang nyundulnya sisanya merana gak da tenaganya.

wkwkwk 180hp kedengerannya kecil tapi kalo dikasi ke badan se imut brio dijamin gak bakal bilang pelan sih, malah diturbo 300 hp jadi susah ngendaliinnya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 13 Sep 2023, 22:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

yes agree, utk tarikan bawah saat ane pake fullsys & gak tuning TCU nya, bener-bener gak napsu bawa ni mobil dalkot wkwk. setiap lampu ijo kalah narik ama matic ngabers

untungny ketolong stelah tuning TCU sih, kurleb efeknya sama ky thottle controller jdi bukaan bawah lebih galak.

but standard is best sih ttp mnrt ane kalo mau dalkot, beda jauh wkwkwkw ga berisik pula bikin sakit kuping orang sebelah
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 13 Sep 2023, 22:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

iamwewe wrote: 03 Apr 2024, 10:54
hooh2 om.. pake lokalan aja yak cukup berarti. tq2 om sarannya

kgak enak sama om TS udh melebar jauh kemana2 sama topiknya doi wkwkkw. punten om TS
aman om saya sbg TS suka nimbrung juga kalo ad bahas modifan, brhubung demen utak atik juga. walaupun OOT sih :big_biglaugh:

yg kasian bingung nanti yg mau baca threadnya buat beli brio seken, lah kok ada ngomongin backpressure, dp fp, turbo lag segala

malah jdi modif nnti :big_weee:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

zylo14 wrote: 04 Apr 2024, 12:41
aman om saya sbg TS suka nimbrung juga kalo ad bahas modifan, brhubung demen utak atik juga. walaupun OOT sih :big_biglaugh:

yg kasian bingung nanti yg mau baca threadnya buat beli brio seken, lah kok ada ngomongin backpressure, dp fp, turbo lag segala

malah jdi modif nnti :big_weee:
justru itu om...

biar modip brionya gak salah jalan dijametin :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

zylo14 wrote: 04 Apr 2024, 12:35 yes agree, utk tarikan bawah saat ane pake fullsys & gak tuning TCU nya, bener-bener gak napsu bawa ni mobil dalkot wkwk. setiap lampu ijo kalah narik ama matic ngabers

untungny ketolong stelah tuning TCU sih, kurleb efeknya sama ky thottle controller jdi bukaan bawah lebih galak.

but standard is best sih ttp mnrt ane kalo mau dalkot, beda jauh wkwkwkw ga berisik pula bikin sakit kuping orang sebelah
coba om balikin dulu aja ke muffler std itu ngefek jauh saya ngerasain paling ngempos pas pake brong suaranya mana ud kek petasan mancing orang buat ngejar saya pulak cape deh :mky_07:



itu om setup muffler std tapi depan ud gantian semua :big_grin:







rugi tuh 1jt saya om bikin pipingnya biar proper mufflernya si dikasih sama temen mereknya irocraft cuma las lasnya jijay banget liatnya :big_bored:



terus saya pesenin sama tukang kenalpot saya tolong bikin stock looks malahan di bikin corong nunduk gede banget pas kepasang si keren banget jatohnya :big_biglaugh:



satu2xnya penyesalan saya cabut tuh muffler looksnya aja sih cakep banget sebenernya stock look tapi di improved :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

ChZ wrote: 04 Apr 2024, 10:08
gede an CRV om. orang2 pada ganti turbo CRV kalo mau gain gede. internalsnya jg. civic sih dikasih turbo imut imut doang.

entah deh mungkin kalo ganti turbo CRV gen sekarang lebih nampol lg soalnya keknya ada beda lg tuh spoolingnya udah dari 1700 rpm. yg lama dari 2000 rpm.

tp kalo fortuner jan nanggung ah beli 2.8 sekalian aja... 2.4 cuma enak 0-60 doang nyundulnya sisanya merana gak da tenaganya.

wkwkwk 180hp kedengerannya kecil tapi kalo dikasi ke badan se imut brio dijamin gak bakal bilang pelan sih, malah diturbo 300 hp jadi susah ngendaliinnya :mky_03:
cuma emang si om keknya kalo maenannya kelas brio jazz city HB mendingan pake L15B aja terus kawinin ke manual 6 speed :mky_03:

lebih asik keknya ditambah gak mess sama balancenya tuh mobil karena bobot mesin nyaris sama dan dudukan harusnya plek :mky_03:

soalnya banyak denger k20 ke ge8 bikin mobilnya gak balance sebenernya :mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9612
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: 04 Apr 2024, 17:52
ChZ wrote: 04 Apr 2024, 10:08
gede an CRV om. orang2 pada ganti turbo CRV kalo mau gain gede. internalsnya jg. civic sih dikasih turbo imut imut doang.

entah deh mungkin kalo ganti turbo CRV gen sekarang lebih nampol lg soalnya keknya ada beda lg tuh spoolingnya udah dari 1700 rpm. yg lama dari 2000 rpm.

tp kalo fortuner jan nanggung ah beli 2.8 sekalian aja... 2.4 cuma enak 0-60 doang nyundulnya sisanya merana gak da tenaganya.

wkwkwk 180hp kedengerannya kecil tapi kalo dikasi ke badan se imut brio dijamin gak bakal bilang pelan sih, malah diturbo 300 hp jadi susah ngendaliinnya :mky_03:
cuma emang si om keknya kalo maenannya kelas brio jazz city HB mendingan pake L15B aja terus kawinin ke manual 6 speed :mky_03:

lebih asik keknya ditambah gak mess sama balancenya tuh mobil karena bobot mesin nyaris sama dan dudukan harusnya plek :mky_03:

soalnya banyak denger k20 ke ge8 bikin mobilnya gak balance sebenernya :mky_03:
iyalah makin berat di depan
wkwkwkw

L15 aja bikin ban rada kempes, sampai harus lbh tinggi tekanan bannya.
apalagi K20 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1614
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by darrelund »

ChZ wrote: 04 Apr 2024, 10:08
gede an CRV om. orang2 pada ganti turbo CRV kalo mau gain gede. internalsnya jg. civic sih dikasih turbo imut imut doang.

entah deh mungkin kalo ganti turbo CRV gen sekarang lebih nampol lg soalnya keknya ada beda lg tuh spoolingnya udah dari 1700 rpm. yg lama dari 2000 rpm.
L15 pke turbo type R bisa ga tuh, liat" di K20 sadis juga hasilnya

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

b0ku wrote: 04 Apr 2024, 17:52
cuma emang si om keknya kalo maenannya kelas brio jazz city HB mendingan pake L15B aja terus kawinin ke manual 6 speed :mky_03:

lebih asik keknya ditambah gak mess sama balancenya tuh mobil karena bobot mesin nyaris sama dan dudukan harusnya plek :mky_03:

soalnya banyak denger k20 ke ge8 bikin mobilnya gak balance sebenernya :mky_03:
basicnya city HB manual atau BRV manual udah enak tuh, 6 speed MT dan L15ZF DOHC base nya L15B di downgrade enak tuh. mungkin pake parts L15B1 masih masuk.

KFit kayaknya paling tricky set suspensi belakangnya yak, biar gak kedodoran waktu ngerem.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

darrelund wrote: 05 Apr 2024, 08:46
L15 pke turbo type R bisa ga tuh, liat" di K20 sadis juga hasilnya

kl nggak salah masuk juga itu turbo type R ke L15. lucu juga L15 turbo beberapa masih pnp dengan K20 turbo :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

ChZ wrote: 05 Apr 2024, 10:26 basicnya city HB manual atau BRV manual udah enak tuh, 6 speed MT dan L15ZF DOHC base nya L15B di downgrade enak tuh. mungkin pake parts L15B1 masih masuk.

KFit kayaknya paling tricky set suspensi belakangnya yak, biar gak kedodoran waktu ngerem.
https://www.tokopedia.com/civicgarage/t ... k7-fk4-fc1

35jt om bisa naekin 100hp jadi bisa 270hp asik juga taro di GE8 :mky_03:



tapi sejak pasang coilover ganjel baut chasis belakangnya enak kok om itu belom nambahin barang2x hardrace sama ultra racing lagi :mky_03:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post