Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by setiabk »

Suryaputra wrote: Tue Mar 05, 2024 13:53
setiabk wrote: Tue Mar 05, 2024 13:30

Brio (hcf2) ane juga kemarin tembus diatas 100 C, ketika jalan di cipularang.. btw apakah temperatur segini normal? Nyari² info seperti ini kok nggak nemu ya, honda nggak ngasih tau berapa temperatur normal nya.. beberapa forum luar cukup banyak user yg mendiskusikan temp cvt nya honda, tapi nggak ngerti kalau brio itu samaan nya sama mobil apa kalau diluaran sana.. atau apa ada info dari manufacturer cvt nya?

Mudah²an bisa memantau kondisi oli cvt baik volume & kwalitas nya, karena memang agak repot ngolong untuk buka baut pengecekan :ungg:
Girboks nya Honda semua Inhouse made by Honda.

Gak dioutsource ke Aisin atau yg lain, spt Toyoda
I c... btw Om kalau di Brio ini apakah akan ada lampu peringatan di speedometer jika cvt overheat? Apakah ada fitur cvt save mode (pembatasan rpm oleh ecu supaya cvt tidak terus²an overheat)?
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by setiabk »

Suryaputra wrote: Tue Mar 05, 2024 13:53
setiabk wrote: Tue Mar 05, 2024 13:30

Brio (hcf2) ane juga kemarin tembus diatas 100 C, ketika jalan di cipularang.. btw apakah temperatur segini normal? Nyari² info seperti ini kok nggak nemu ya, honda nggak ngasih tau berapa temperatur normal nya.. beberapa forum luar cukup banyak user yg mendiskusikan temp cvt nya honda, tapi nggak ngerti kalau brio itu samaan nya sama mobil apa kalau diluaran sana.. atau apa ada info dari manufacturer cvt nya?

Mudah²an bisa memantau kondisi oli cvt baik volume & kwalitas nya, karena memang agak repot ngolong untuk buka baut pengecekan :ungg:
Girboks nya Honda semua Inhouse made by Honda.

Gak dioutsource ke Aisin atau yg lain, spt Toyoda
I c... btw Om kalau di Brio ini apakah akan ada lampu peringatan di speedometer jika cvt overheat? Apakah ada fitur cvt save mode (pembatasan rpm oleh ecu supaya cvt tidak terus²an overheat)?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

setiabk wrote: Tue Mar 05, 2024 15:21
Suryaputra wrote: Tue Mar 05, 2024 13:53
setiabk wrote: Tue Mar 05, 2024 13:30

Brio (hcf2) ane juga kemarin tembus diatas 100 C, ketika jalan di cipularang.. btw apakah temperatur segini normal? Nyari² info seperti ini kok nggak nemu ya, honda nggak ngasih tau berapa temperatur normal nya.. beberapa forum luar cukup banyak user yg mendiskusikan temp cvt nya honda, tapi nggak ngerti kalau brio itu samaan nya sama mobil apa kalau diluaran sana.. atau apa ada info dari manufacturer cvt nya?

Mudah²an bisa memantau kondisi oli cvt baik volume & kwalitas nya, karena memang agak repot ngolong untuk buka baut pengecekan :ungg:
Girboks nya Honda semua Inhouse made by Honda.

Gak dioutsource ke Aisin atau yg lain, spt Toyoda
I c... btw Om kalau di Brio ini apakah akan ada lampu peringatan di speedometer jika cvt overheat? Apakah ada fitur cvt save mode (pembatasan rpm oleh ecu supaya cvt tidak terus²an overheat)?
pk CVT
selama saya nanjak2 gunung bukit, lewatin ciwidey sampai cianjur dan ke pantai selatan.
gak pernah masuk safe mode sih.

ok ok aja. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by setiabk »

Suryaputra wrote: Tue Mar 05, 2024 15:51
setiabk wrote: Tue Mar 05, 2024 15:21
I c... btw Om kalau di Brio ini apakah akan ada lampu peringatan di speedometer jika cvt overheat? Apakah ada fitur cvt save mode (pembatasan rpm oleh ecu supaya cvt tidak terus²an overheat)?
pk CVT
selama saya nanjak2 gunung bukit, lewatin ciwidey sampai cianjur dan ke pantai selatan.
gak pernah masuk safe mode sih.

ok ok aja. :big_biglaugh:
Siap Om... dari yg saya baca dan tonton, knowledge di matic ini belum se mature seperti mesin.. dari interval penggantian oli, perlu tidak nya ganti filter matic, flushing vs drain biasa, dll, tapi ada 1 kesamaan yg semua pihak setuju, yaitu memajukan penggantian oli matic :big_smoking:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 704
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Kayanya transmisi CVT punya Honda relatif jarang overheat. Kalo CVT utk mesin L15 Honda sih sudah manufaktur PT Honda Precision Parts Manufacturing di Karawang.

Beda dengan CVT buatan Jatco di Nissan/Mitsubishi, dulu pernah bawa Outlander Sport di Cipularang tiba-tiba masuk Safe Mode padahal perasaan bawanya ga ngebut-ngebut amat. Mana BeRes Mitsu di bandung kekeh ga mau ganti CVT Fluid karena katanya ga usah, sampai akhirnya ke bengkel spesialis Nissan utk ganti CVT fluidnya.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by setiabk »

azu wrote: Tue Mar 05, 2024 16:27 Kayanya transmisi CVT punya Honda relatif jarang overheat. Kalo CVT utk mesin L15 Honda sih sudah manufaktur PT Honda Precision Parts Manufacturing di Karawang.

Beda dengan CVT buatan Jatco di Nissan/Mitsubishi, dulu pernah bawa Outlander Sport di Cipularang tiba-tiba masuk Safe Mode padahal perasaan bawanya ga ngebut-ngebut amat. Mana BeRes Mitsu di bandung kekeh ga mau ganti CVT Fluid karena katanya ga usah, sampai akhirnya ke bengkel spesialis Nissan utk ganti CVT fluidnya.
Siap oke Om.. trims untuk infonya.. mantep nih SM.. banyak yg jago² 👍👍
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

setiabk wrote: Wed Mar 06, 2024 4:16
azu wrote: Tue Mar 05, 2024 16:27 Kayanya transmisi CVT punya Honda relatif jarang overheat. Kalo CVT utk mesin L15 Honda sih sudah manufaktur PT Honda Precision Parts Manufacturing di Karawang.

Beda dengan CVT buatan Jatco di Nissan/Mitsubishi, dulu pernah bawa Outlander Sport di Cipularang tiba-tiba masuk Safe Mode padahal perasaan bawanya ga ngebut-ngebut amat. Mana BeRes Mitsu di bandung kekeh ga mau ganti CVT Fluid karena katanya ga usah, sampai akhirnya ke bengkel spesialis Nissan utk ganti CVT fluidnya.
Siap oke Om.. trims untuk infonya.. mantep nih SM.. banyak yg jago² 👍👍
Tenang mbah, klo rusak, partsnya banyak jual koq.
biasanya CVT itu rusaknya di sini

https://www.tokopedia.com/finamaticpart ... 5-new-city

https://www.tokopedia.com/autosistemmac ... ew-jazz-rs

rusak, tinggal CO :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by setiabk »

Suryaputra wrote: Wed Mar 06, 2024 4:30
Tenang mbah, klo rusak, partsnya banyak jual koq.
biasanya CVT itu rusaknya di sini

https://www.tokopedia.com/finamaticpart ... 5-new-city

https://www.tokopedia.com/autosistemmac ... ew-jazz-rs

rusak, tinggal CO :ngacir:
Muantap om Surya nih 😁👍.... btw setelah waranty boil nya habis pindah ke oli apa Om? Q8 CVT Evo?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 704
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by azu »

Suryaputra wrote: Wed Mar 06, 2024 4:30
setiabk wrote: Wed Mar 06, 2024 4:16
Siap oke Om.. trims untuk infonya.. mantep nih SM.. banyak yg jago² 👍👍
Tenang mbah, klo rusak, partsnya banyak jual koq.
biasanya CVT itu rusaknya di sini

https://www.tokopedia.com/finamaticpart ... 5-new-city

https://www.tokopedia.com/autosistemmac ... ew-jazz-rs

rusak, tinggal CO :ngacir:
masalahnya kalau itu sabuk baja rusak biasanya serpihannya udah muter kemana-mana, mau ga mau harus overhaul total transmisi maticnya :big_biglaugh:

pernah lihat di story IG salah satu bengkel transmisi matic di Bandung yg ownernya dulu kerja di HPPM, perih rasanya lihat pas baru buka karter transmisi aja serpihan sabuk bajanya pada berjatuhan :big_slap:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

setiabk wrote: Wed Mar 06, 2024 7:34
Suryaputra wrote: Wed Mar 06, 2024 4:30
Tenang mbah, klo rusak, partsnya banyak jual koq.
biasanya CVT itu rusaknya di sini

https://www.tokopedia.com/finamaticpart ... 5-new-city

https://www.tokopedia.com/autosistemmac ... ew-jazz-rs

rusak, tinggal CO :ngacir:
Muantap om Surya nih 😁👍.... btw setelah waranty boil nya habis pindah ke oli apa Om? Q8 CVT Evo?
Iyah Q8 CVT evo,
Next nya jg tetap Q8 cvt juga.

Klo pertamina ngeluarin CVTF nya, nah br bole dicoba :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

azu wrote: Wed Mar 06, 2024 7:36
Suryaputra wrote: Wed Mar 06, 2024 4:30
setiabk wrote: Wed Mar 06, 2024 4:16
Siap oke Om.. trims untuk infonya.. mantep nih SM.. banyak yg jago² 👍👍
Tenang mbah, klo rusak, partsnya banyak jual koq.
biasanya CVT itu rusaknya di sini

https://www.tokopedia.com/finamaticpart ... 5-new-city

https://www.tokopedia.com/autosistemmac ... ew-jazz-rs

rusak, tinggal CO :ngacir:
masalahnya kalau itu sabuk baja rusak biasanya serpihannya udah muter kemana-mana, mau ga mau harus overhaul total transmisi maticnya :big_biglaugh:

pernah lihat di story IG salah satu bengkel transmisi matic di Bandung yg ownernya dulu kerja di HPPM, perih rasanya lihat pas baru buka karter transmisi aja serpihan sabuk bajanya pada berjatuhan :big_slap:
Wkwkkw, serpihan Sabuk baja mrotol krn bisa jadi upgrade hardware mesin dan remap ugal2an. :upss:

Ecu dan mesin setelan pabrik insya Allah aman buat CVT, selama perawatan dan ganti lendir rutin per 2thn or <20 rb km.

Kawan pny HRV dah >150rb km, cvt nya masih prima dan responsif, karena dia ikut manual book, rawat di beres dan ganti CVTF per 2 thn.
________________________________________


Btw ini bisa gini diapain dah tu mesin nya? :upss:

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
setiabk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 28, 2021 1:27
Daily Vehicle: Innova Reborn

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by setiabk »

Suryaputra wrote: Wed Mar 06, 2024 10:50
setiabk wrote: Wed Mar 06, 2024 7:34
Muantap om Surya nih 😁👍.... btw setelah waranty boil nya habis pindah ke oli apa Om? Q8 CVT Evo?
Iyah Q8 CVT evo,
Next nya jg tetap Q8 cvt juga.

Klo pertamina ngeluarin CVTF nya, nah br bole dicoba :big_biglaugh:
Well noted.. ta catet... garansi masih 3 thn.. wkwkwk.. trims Om
Panyalai
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Nov 15, 2019 16:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Panyalai »

haloo om ijin tanya,alternatif oli ATF_MA1 yg paling di rekomendasikan untuk anps selain oli beres??
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

Panyalai wrote: Tue Mar 12, 2024 10:54 haloo om ijin tanya,alternatif oli ATF_MA1 yg paling di rekomendasikan untuk anps selain oli beres??
Q8 Auto MV, PTT LV 1

Budget sultan Amsoil ATL
Panyalai
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Nov 15, 2019 16:57

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Panyalai »

Chr1stm1 wrote: Tue Mar 12, 2024 11:49
Panyalai wrote: Tue Mar 12, 2024 10:54 haloo om ijin tanya,alternatif oli ATF_MA1 yg paling di rekomendasikan untuk anps selain oli beres??
Q8 Auto MV, PTT LV 1

Budget sultan Amsoil ATL
Siap om,thanks infonya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Untuk pengguna mobil CVT/AT yg model fill-plugnya cuma spt disumpel karet, tiati, itu bisa copot dan ganti segelondong girboks :upss:

Cerita nya ad di sini
Last edited by Suryaputra on Mon Mar 25, 2024 23:02, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

azu wrote: Wed Mar 06, 2024 7:36
Suryaputra wrote: Wed Mar 06, 2024 4:30
setiabk wrote: Wed Mar 06, 2024 4:16
Siap oke Om.. trims untuk infonya.. mantep nih SM.. banyak yg jago² 👍👍
Tenang mbah, klo rusak, partsnya banyak jual koq.
biasanya CVT itu rusaknya di sini

https://www.tokopedia.com/finamaticpart ... 5-new-city

https://www.tokopedia.com/autosistemmac ... ew-jazz-rs

rusak, tinggal CO :ngacir:
masalahnya kalau itu sabuk baja rusak biasanya serpihannya udah muter kemana-mana, mau ga mau harus overhaul total transmisi maticnya :big_biglaugh:

pernah lihat di story IG salah satu bengkel transmisi matic di Bandung yg ownernya dulu kerja di HPPM, perih rasanya lihat pas baru buka karter transmisi aja serpihan sabuk bajanya pada berjatuhan :big_slap:
Remap ugal2an jg mempercepat CVT belt kaput :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1779
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Mon Mar 25, 2024 23:02
azu wrote: Wed Mar 06, 2024 7:36
Suryaputra wrote: Wed Mar 06, 2024 4:30

Tenang mbah, klo rusak, partsnya banyak jual koq.
biasanya CVT itu rusaknya di sini

https://www.tokopedia.com/finamaticpart ... 5-new-city

https://www.tokopedia.com/autosistemmac ... ew-jazz-rs

rusak, tinggal CO :ngacir:
masalahnya kalau itu sabuk baja rusak biasanya serpihannya udah muter kemana-mana, mau ga mau harus overhaul total transmisi maticnya :big_biglaugh:

pernah lihat di story IG salah satu bengkel transmisi matic di Bandung yg ownernya dulu kerja di HPPM, perih rasanya lihat pas baru buka karter transmisi aja serpihan sabuk bajanya pada berjatuhan :big_slap:
Remap ugal2an jg mempercepat CVT belt kaput :big_biglaugh:
Gak usah remap, standard sering kickdown kalo lampu merah aja lebih cepet rusak. CVT cocoknya gas perlahan biar di awalnya minimal
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Mar 26, 2024 0:53
Suryaputra wrote: Mon Mar 25, 2024 23:02
azu wrote: Wed Mar 06, 2024 7:36

masalahnya kalau itu sabuk baja rusak biasanya serpihannya udah muter kemana-mana, mau ga mau harus overhaul total transmisi maticnya :big_biglaugh:

pernah lihat di story IG salah satu bengkel transmisi matic di Bandung yg ownernya dulu kerja di HPPM, perih rasanya lihat pas baru buka karter transmisi aja serpihan sabuk bajanya pada berjatuhan :big_slap:
Remap ugal2an jg mempercepat CVT belt kaput :big_biglaugh:
Gak usah remap, standard sering kickdown kalo lampu merah aja lebih cepet rusak. CVT cocoknya gas perlahan biar di awalnya minimal
makanya bbrp cvt keluaran skrg, dibikin ngeden di awal.
walau gas pol, ECU spt nahan powah mesin :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Chr1stm1 »

Suryaputra wrote: Tue Mar 26, 2024 1:56
sahabatq8 wrote: Tue Mar 26, 2024 0:53
Suryaputra wrote: Mon Mar 25, 2024 23:02

Remap ugal2an jg mempercepat CVT belt kaput :big_biglaugh:
Gak usah remap, standard sering kickdown kalo lampu merah aja lebih cepet rusak. CVT cocoknya gas perlahan biar di awalnya minimal
makanya bbrp cvt keluaran skrg, dibikin ngeden di awal.
walau gas pol, ECU spt nahan powah mesin :big_biglaugh:
yuo, mirip case pas saya jajal AN BRV Pres vs AN HRV E
Tarikan awal, tengah, atas enakan AN BRV yang SUV 7 penumpang
Ban sama2 lebar 215 itu karena HRV E bannya ga selebar SE yang 225

Jadi memang faktor setingan ECU berperan karena mesin dan CVTnya AN BRV dan HRV non RS harusnya identik
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: Tue Mar 26, 2024 2:45
Suryaputra wrote: Tue Mar 26, 2024 1:56
sahabatq8 wrote: Tue Mar 26, 2024 0:53

Gak usah remap, standard sering kickdown kalo lampu merah aja lebih cepet rusak. CVT cocoknya gas perlahan biar di awalnya minimal
makanya bbrp cvt keluaran skrg, dibikin ngeden di awal.
walau gas pol, ECU spt nahan powah mesin :big_biglaugh:
yuo, mirip case pas saya jajal AN BRV Pres vs AN HRV E
Tarikan awal, tengah, atas enakan AN BRV yang SUV 7 penumpang
Ban sama2 lebar 215 itu karena HRV E bannya ga selebar SE yang 225

Jadi memang faktor setingan ECU berperan karena mesin dan CVTnya AN BRV dan HRV non RS harusnya identik
Emg honda itu manual sebetulnya.

jadi kickin yoo berasa :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Mar 26, 2024 1:56
makanya bbrp cvt keluaran skrg, dibikin ngeden di awal.
walau gas pol, ECU spt nahan powah mesin :big_biglaugh:
makanya mitos tuh yg bilang metik lebih rewel dan rusakan, gmn caranya nyentak mobil metik wong di kickdown aja nahan dulu :upss: pabrikan udah tau supir supirnya ble'e nyetirnya jd gak dikasih tuh kickdown dari awal :upss:

manual skrg justru lebih gampang mampus kampasnya kl supirnya model gantung kopling terus terusan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9679
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Mar 26, 2024 4:28
Suryaputra wrote: Tue Mar 26, 2024 1:56
makanya bbrp cvt keluaran skrg, dibikin ngeden di awal.
walau gas pol, ECU spt nahan powah mesin :big_biglaugh:
makanya mitos tuh yg bilang metik lebih rewel dan rusakan, gmn caranya nyentak mobil metik wong di kickdown aja nahan dulu :upss: pabrikan udah tau supir supirnya ble'e nyetirnya jd gak dikasih tuh kickdown dari awal :upss:

manual skrg justru lebih gampang mampus kampasnya kl supirnya model gantung kopling terus terusan.
makanya... adu / review drag dari 0 kph itu rada gak relevan buat CVT sih.

Idealnya, ya rolling start, jadi lbh fair.
Krn rolling start manfaatin momentum dalam kondisi roda udah berjalan.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Mar 26, 2024 4:32 makanya... adu / review drag dari 0 kph itu rada gak relevan buat CVT sih.

Idealnya, ya rolling start, jadi lbh fair.
Krn rolling start manfaatin momentum dalam kondisi roda udah berjalan.
CVT di drag dari 0 tahan RPM sih gak guna. percuma kalo tahan rem cuma bisa 2000 rpm mah :big_biglaugh:

gw coba di civic mau launch juga gak bisa, injek gas+rem cuma bisa maksimal 2000 rpm :big_biglaugh:

tp ya gakpapa lah daripada tiap 100rb overhaul :upss:

volkswagen golf yang dct juga sama. ditahan di 2000 rpm.

makanya klo gak bisa nyetir, sekarang enak ambil mobil metik. lebih aman lagi beli EV. udah itu mah beneran kalo gak kuat mobilnya aja gak mau nanjak. resikonya disalip sama elsapek bawa muatan ama dimarahin orang :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Krigger
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Daily Vehicle: L15zf - HRV E 2018

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Krigger »

Ganti2 per olian dihandle oleh mbah marmut..

Image
Image Image Image

Pergantian di KM 88000, transmisi cvt pake estepe, ternyata butuh 5.8 L supaya olinya sampe ke meteran karter cvt drain valve, semua filter cvt diganti, emang bukan kaleng2 mbah marmut ini..terima kasih korma nya mbah hehehe..
Hasil ? Enteng pisan.. mungkin krn v40 nya estepe ini paling rendah dibanding oli cvt yg lain..

Bonus penampakan :
Image

Hehehehe peace mbah :big_peace:
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.