Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by KielConstantine »

Rexysetiawan wrote: Thu Jan 18, 2024 1:08
KielConstantine wrote: Wed Jan 17, 2024 14:14
Rexysetiawan wrote: Wed Jan 17, 2024 12:25 halo suhu² mau tanya bedanya flex F44 dan R31 apa yaa? soalnya secara ukuran baling² dan jumlahnya sama kalau tidak salah. secara bahan beda dan reabilitas nya bagaimana?
Tuh angka 44 sama 31 buat acuan ke ukuran bilah baling2

F44 —> 44 mm

R31 —> 31 mm

Biasanya buat ngejer spool lebih cepet cari yg ukurannya kecil, lebih cocok buat daily drive

Klo urusan kekuatan bahan & reliability tergantung seller masing2. Mereka order jg dari thailand tinggal rebrand pake nama bengkel yg jualan
Kalau dibanding kan IHI RHF4 yg 44mm vs Flex F44 lebih bagus mana yaa?? Saya mau build mobil untuk harian-luar kota an jadi tidak butuh power yang terlalu besar (under 300 hp udah cukup sepertinyaa hahahaa) tapi butuh durability dan reliability yang bagus. boleh saranin sebaiknya ambil turbo yang mana?

Btw saya pakai Innova EDU 2 huu 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Kalo ane merem IHI rhf 44mm om

Udh terjamin dari jaman cumi ngebul belom nge-trend :upss:

Secara IHI RHF 4 originalnya dipake jd turbo standart (OEM) old pajero sport exceed engine 4d56

Flex f44 ada temen pake buat innova 2gd reborn. Baru setahun udh meler oli aja dari turbonya

Ane sendiri pake rhf44 modifan (hybrid) racikan ronyhao507 . Udah jalan hampir 2 tahun, so far so good sihhh
Penampakan turbo rhf44 hybrid ronnyhao.
Berikut kondisi sudh terpasang di engine 2kd, edu 3


Image

Image

Image

Image
—————————

Trus Resep Edu 2 mau 300 hp :

Ganti turbo rhf4 / flex turbo / your favourite tuner’s brand
Denso racing nozzle for edu 2 (jangan salah beli ya)
Pasang front mount intercooler
Downpipe catless
Remap ecu

Selamat mencoba om :big_grin: :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Rexysetiawan
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sat Aug 26, 2023 2:17
Location: Central Java

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Rexysetiawan »

KielConstantine wrote: Thu Jan 18, 2024 5:25
Rexysetiawan wrote: Thu Jan 18, 2024 1:08
KielConstantine wrote: Wed Jan 17, 2024 14:14

Tuh angka 44 sama 31 buat acuan ke ukuran bilah baling2

F44 —> 44 mm

R31 —> 31 mm

Biasanya buat ngejer spool lebih cepet cari yg ukurannya kecil, lebih cocok buat daily drive

Klo urusan kekuatan bahan & reliability tergantung seller masing2. Mereka order jg dari thailand tinggal rebrand pake nama bengkel yg jualan
Kalau dibanding kan IHI RHF4 yg 44mm vs Flex F44 lebih bagus mana yaa?? Saya mau build mobil untuk harian-luar kota an jadi tidak butuh power yang terlalu besar (under 300 hp udah cukup sepertinyaa hahahaa) tapi butuh durability dan reliability yang bagus. boleh saranin sebaiknya ambil turbo yang mana?

Btw saya pakai Innova EDU 2 huu 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Kalo ane merem IHI rhf 44mm om

Udh terjamin dari jaman cumi ngebul belom nge-trend :upss:

Secara IHI RHF 4 originalnya dipake jd turbo standart (OEM) old pajero sport exceed engine 4d56

Flex f44 ada temen pake buat innova 2gd reborn. Baru setahun udh meler oli aja dari turbonya

Ane sendiri pake rhf44 modifan (hybrid) racikan ronyhao507 . Udah jalan hampir 2 tahun, so far so good sihhh
Penampakan turbo rhf44 hybrid ronnyhao.
Berikut kondisi sudh terpasang di engine 2kd, edu 3


Image

Image

Image

Image
—————————

Trus Resep Edu 2 mau 300 hp :

Ganti turbo rhf4 / flex turbo / your favourite tuner’s brand
Denso racing nozzle for edu 2 (jangan salah beli ya)
Pasang front mount intercooler
Downpipe catless
Remap ecu

Selamat mencoba om :big_grin: :big_grin:
siaap om terima kasih banyak untuk ilmu nyaa 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
kira² untuk turbo kit racikan ronnyhao perlu siapkan dana berapa yaa om??
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by KielConstantine »

Rexysetiawan wrote: Sat Jan 20, 2024 13:37
KielConstantine wrote: Thu Jan 18, 2024 5:25
Kalo ane merem IHI rhf 44mm om

Udh terjamin dari jaman cumi ngebul belom nge-trend :upss:

Secara IHI RHF 4 originalnya dipake jd turbo standart (OEM) old pajero sport exceed engine 4d56

Flex f44 ada temen pake buat innova 2gd reborn. Baru setahun udh meler oli aja dari turbonya

Ane sendiri pake rhf44 modifan (hybrid) racikan ronyhao507 . Udah jalan hampir 2 tahun, so far so good sihhh

—cut—
—cut—
—————————

Trus Resep Edu 2 mau 300 hp :

Ganti turbo rhf4 / flex turbo / your favourite tuner’s brand
Denso racing nozzle for edu 2 (jangan salah beli ya)
Pasang front mount intercooler
Downpipe catless
Remap ecu

Selamat mencoba om :big_grin: :big_grin:
siaap om terima kasih banyak untuk ilmu nyaa 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
kira² untuk turbo kit racikan ronnyhao perlu siapkan dana berapa yaa om??
Waktu itu ane kena di angka 17 juta om. Pesen japri wa ke mbah ronny. Barang sampe 3 bulan kemudian langsung lunasin + kirim dari surabaya ke tangerang.

Trus ane install disini ada bengkel langganan di tangerang, pas udah jadi smua kepasang, mobil dibawa ke teddy_rev dituning sama dy via remap ecu aja.

Jadi kijang ane, turbonya dari ronny. Software remapnya by teddy :big_biglaugh:

Trakhir sihh check check instagram ybs. Udah mulai banyak turbo baru lg yah ber aneka ragam. Coba aja konsultasi, orangnya enak ditanya apa aja jg dijawab sama dy hehehe



Tuh ada barang baru lg. Kayanya lebih mantep dah

Seru sih maenan kek gini experiment2 :upss: :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
crownrs
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Jun 26, 2022 12:36
Location: Palembang
Daily Vehicle: Fortuner Diesel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by crownrs »

KielConstantine wrote: Thu Jan 18, 2024 5:25
Rexysetiawan wrote: Thu Jan 18, 2024 1:08
KielConstantine wrote: Wed Jan 17, 2024 14:14

Tuh angka 44 sama 31 buat acuan ke ukuran bilah baling2

F44 —> 44 mm

R31 —> 31 mm

Biasanya buat ngejer spool lebih cepet cari yg ukurannya kecil, lebih cocok buat daily drive

Klo urusan kekuatan bahan & reliability tergantung seller masing2. Mereka order jg dari thailand tinggal rebrand pake nama bengkel yg jualan
Kalau dibanding kan IHI RHF4 yg 44mm vs Flex F44 lebih bagus mana yaa?? Saya mau build mobil untuk harian-luar kota an jadi tidak butuh power yang terlalu besar (under 300 hp udah cukup sepertinyaa hahahaa) tapi butuh durability dan reliability yang bagus. boleh saranin sebaiknya ambil turbo yang mana?

Btw saya pakai Innova EDU 2 huu 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Kalo ane merem IHI rhf 44mm om

Udh terjamin dari jaman cumi ngebul belom nge-trend :upss:

Secara IHI RHF 4 originalnya dipake jd turbo standart (OEM) old pajero sport exceed engine 4d56

Flex f44 ada temen pake buat innova 2gd reborn. Baru setahun udh meler oli aja dari turbonya

Ane sendiri pake rhf44 modifan (hybrid) racikan ronyhao507 . Udah jalan hampir 2 tahun, so far so good sihhh
Penampakan turbo rhf44 hybrid ronnyhao.
Berikut kondisi sudh terpasang di engine 2kd, edu 3


Image

Image

Image

Image
—————————

Trus Resep Edu 2 mau 300 hp :

Ganti turbo rhf4 / flex turbo / your favourite tuner’s brand
Denso racing nozzle for edu 2 (jangan salah beli ya)
Pasang front mount intercooler
Downpipe catless
Remap ecu

Selamat mencoba om :big_grin: :big_grin:
Om, izin tanya yaa
turbo RHF4 (ori/hybrid/drag spec/dll) kan umumnya compressor housingnya ngadep atas, sama kyk turbo std 2kd non vnt?
nah ini yg di atas rhf44 hybrid dr om ronnyhao507 emang comp housingnya ke bawah, ato emang housingnya bisa di rotate yah kyk turbo2 aftermarket gitu?
lebih clean aja liatnya dan pastinya lebih minim lag ya kalo pipa intercooler gak muter dulu lewat atas mesin?
xfraps
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by xfraps »

crownrs wrote: Wed Jan 24, 2024 15:13
KielConstantine wrote: Thu Jan 18, 2024 5:25
Rexysetiawan wrote: Thu Jan 18, 2024 1:08

Kalau dibanding kan IHI RHF4 yg 44mm vs Flex F44 lebih bagus mana yaa?? Saya mau build mobil untuk harian-luar kota an jadi tidak butuh power yang terlalu besar (under 300 hp udah cukup sepertinyaa hahahaa) tapi butuh durability dan reliability yang bagus. boleh saranin sebaiknya ambil turbo yang mana?

Btw saya pakai Innova EDU 2 huu 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Kalo ane merem IHI rhf 44mm om

Udh terjamin dari jaman cumi ngebul belom nge-trend :upss:

Secara IHI RHF 4 originalnya dipake jd turbo standart (OEM) old pajero sport exceed engine 4d56

Flex f44 ada temen pake buat innova 2gd reborn. Baru setahun udh meler oli aja dari turbonya

Ane sendiri pake rhf44 modifan (hybrid) racikan ronyhao507 . Udah jalan hampir 2 tahun, so far so good sihhh
Penampakan turbo rhf44 hybrid ronnyhao.
Berikut kondisi sudh terpasang di engine 2kd, edu 3


Image

Image

Image

Image
—————————

Trus Resep Edu 2 mau 300 hp :

Ganti turbo rhf4 / flex turbo / your favourite tuner’s brand
Denso racing nozzle for edu 2 (jangan salah beli ya)
Pasang front mount intercooler
Downpipe catless
Remap ecu

Selamat mencoba om :big_grin: :big_grin:
Om, izin tanya yaa
turbo RHF4 (ori/hybrid/drag spec/dll) kan umumnya compressor housingnya ngadep atas, sama kyk turbo std 2kd non vnt?
nah ini yg di atas rhf44 hybrid dr om ronnyhao507 emang comp housingnya ke bawah, ato emang housingnya bisa di rotate yah kyk turbo2 aftermarket gitu?
lebih clean aja liatnya dan pastinya lebih minim lag ya kalo pipa intercooler gak muter dulu lewat atas mesin?
asli nya tetap di atas om, turbo standard juga ada yg diputer gitu om
cuma klo mau di rotate gitu harus ada yg di custom kalo gasalah ya
colek suhu kiels
crownrs
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Jun 26, 2022 12:36
Location: Palembang
Daily Vehicle: Fortuner Diesel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by crownrs »

xfraps wrote: Thu Jan 25, 2024 11:13 asli nya tetap di atas om, turbo standard juga ada yg diputer gitu om
cuma klo mau di rotate gitu harus ada yg di custom kalo gasalah ya
colek suhu kiels
Yoii nih om barusan tanya2 ke om ronny 507
Beliau jual turbo rotate kit buat 2kd non vnt yg pake turbo rhf4, jd dr compressor housingnya langsung ke bawah-depan pipa intercoolernya gak muter di atas mesin lg, cuma kit nya gak bisa buat turbo std 2kd 😅 kt beliau kit skrg lg abis, kalo mau bisa PO juga

Maaf nanya nanya lg suhu2 🙏🏻
Rhf4 varian mana yah yg paling minim lag? Trus kalo buat harian wajib ya pake waterline?
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by McLaren »

KielConstantine wrote: Thu Jan 18, 2024 5:25
Rexysetiawan wrote: Thu Jan 18, 2024 1:08
KielConstantine wrote: Wed Jan 17, 2024 14:14

Tuh angka 44 sama 31 buat acuan ke ukuran bilah baling2

F44 —> 44 mm

R31 —> 31 mm

Biasanya buat ngejer spool lebih cepet cari yg ukurannya kecil, lebih cocok buat daily drive

Klo urusan kekuatan bahan & reliability tergantung seller masing2. Mereka order jg dari thailand tinggal rebrand pake nama bengkel yg jualan
Kalau dibanding kan IHI RHF4 yg 44mm vs Flex F44 lebih bagus mana yaa?? Saya mau build mobil untuk harian-luar kota an jadi tidak butuh power yang terlalu besar (under 300 hp udah cukup sepertinyaa hahahaa) tapi butuh durability dan reliability yang bagus. boleh saranin sebaiknya ambil turbo yang mana?

Btw saya pakai Innova EDU 2 huu 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Kalo ane merem IHI rhf 44mm om

Udh terjamin dari jaman cumi ngebul belom nge-trend :upss:

Secara IHI RHF 4 originalnya dipake jd turbo standart (OEM) old pajero sport exceed engine 4d56

Flex f44 ada temen pake buat innova 2gd reborn. Baru setahun udh meler oli aja dari turbonya

Ane sendiri pake rhf44 modifan (hybrid) racikan ronyhao507 . Udah jalan hampir 2 tahun, so far so good sihhh
Penampakan turbo rhf44 hybrid ronnyhao.
Berikut kondisi sudh terpasang di engine 2kd, edu 3


Image

Image

Image

Image
—————————

Trus Resep Edu 2 mau 300 hp :

Ganti turbo rhf4 / flex turbo / your favourite tuner’s brand
Denso racing nozzle for edu 2 (jangan salah beli ya)
Pasang front mount intercooler
Downpipe catless
Remap ecu

Selamat mencoba om :big_grin: :big_grin:
Om, udah pasang gotrans/transgo belum om?
Saya turbo standar, 200hp aja udah sering selip
qbalmary
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sat Nov 24, 2018 5:19

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by qbalmary »

permisi suhu2, saya newbie bgt soal mesin
moil orang tua saya 2kd 2008 diesel matic odo 220 rb.
kenapa ya jedug pas dari P ke D begitu jg dari dari D ke R (tapi kalo di kasih jeda 1-2 detik, ga jedug)
kadang2 dari P ke R jg jedug.

kmrn flushing oli matic ke shop & drive abis 12 liter, kata teknisi nya kyknya perlu overhaul mobilnya kalo mau jedugnya ilang :(
benerkah harus overhaul? trs biaya overhaulnya brp ya kira2? makasih byk sebelumnya

FYI : selama ini, perawatan standar seperti ganti oli, matic, gardan, purging dll tapi flushing baru pas odo 220 rb
DatoKong
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Mar 04, 2024 9:34
Location: Medan
Daily Vehicle: Kijang innova 2kd

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DatoKong »

Halo om dan suhu
Saya member baru disini
Mau bertanya semoga dapat solusi di forum ini
Innova diesel A/T diesel tipe V tahun 2013, ada bunyi tek tek tek sewaktu lepas gas/engine brake di rpm 2 ke atas, apabila sudah dibawah rpm 2 bunyi hilang sendiri

Sudah pernah dibawa ke auto2000 kata montir tidak ada apa2, bunyi cukup mengganggu apabila di jalan tol, maaf kalau penjelasan belepotan, saya awam soal mobil, terimakasih untuk yang mau membantu 🙏🏻
radenaltaf
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Dec 28, 2016 3:11

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by radenaltaf »

Mau tanya. Selang pembuangan pernafasan/PCV keluar oli setiap pagi ketika di cek. Normal tidak ya? Innova diesel 2008 matic V
radenaltaf
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Dec 28, 2016 3:11

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by radenaltaf »

qbalmary wrote: Sat Jan 27, 2024 11:46 permisi suhu2, saya newbie bgt soal mesin
moil orang tua saya 2kd 2008 diesel matic odo 220 rb.
kenapa ya jedug pas dari P ke D begitu jg dari dari D ke R (tapi kalo di kasih jeda 1-2 detik, ga jedug)
kadang2 dari P ke R jg jedug.

kmrn flushing oli matic ke shop & drive abis 12 liter, kata teknisi nya kyknya perlu overhaul mobilnya kalo mau jedugnya ilang :(
benerkah harus overhaul? trs biaya overhaulnya brp ya kira2? makasih byk sebelumnya

FYI : selama ini, perawatan standar seperti ganti oli, matic, gardan, purging dll tapi flushing baru pas odo 220 rb
Ya harus OH. Sekitar 9 juta. Jasa OH+ Part kopling set+ Oli matic+ Carter
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

DatoKong wrote: Mon Mar 04, 2024 9:43 Halo om dan suhu
Saya member baru disini
Mau bertanya semoga dapat solusi di forum ini
Innova diesel A/T diesel tipe V tahun 2013, ada bunyi tek tek tek sewaktu lepas gas/engine brake di rpm 2 ke atas, apabila sudah dibawah rpm 2 bunyi hilang sendiri

Sudah pernah dibawa ke auto2000 kata montir tidak ada apa2, bunyi cukup mengganggu apabila di jalan tol, maaf kalau penjelasan belepotan, saya awam soal mobil, terimakasih untuk yang mau membantu 🙏🏻
mobil sy jg persis sprt itu, kadang bunyi kadang tidak..
So far tidak ada problem apa2 sih..
xfraps
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by xfraps »

well wrote: Mon Mar 11, 2024 5:55
DatoKong wrote: Mon Mar 04, 2024 9:43 Halo om dan suhu
Saya member baru disini
Mau bertanya semoga dapat solusi di forum ini
Innova diesel A/T diesel tipe V tahun 2013, ada bunyi tek tek tek sewaktu lepas gas/engine brake di rpm 2 ke atas, apabila sudah dibawah rpm 2 bunyi hilang sendiri

Sudah pernah dibawa ke auto2000 kata montir tidak ada apa2, bunyi cukup mengganggu apabila di jalan tol, maaf kalau penjelasan belepotan, saya awam soal mobil, terimakasih untuk yang mau membantu 🙏🏻
mobil sy jg persis sprt itu, kadang bunyi kadang tidak..
So far tidak ada problem apa2 sih..
sama om, dulu waktu angkat mobil seken juga bgitu
kalo lepas gas pas high speed bunyi tek tek tek, kadang bunyi kadang enga
jadi ane biarin aja dah :mky_01:
pnasaran juga si knapa bisa gitu
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

xfraps wrote: Sun Mar 17, 2024 11:49
well wrote: Mon Mar 11, 2024 5:55
DatoKong wrote: Mon Mar 04, 2024 9:43 Halo om dan suhu
Saya member baru disini
Mau bertanya semoga dapat solusi di forum ini
Innova diesel A/T diesel tipe V tahun 2013, ada bunyi tek tek tek sewaktu lepas gas/engine brake di rpm 2 ke atas, apabila sudah dibawah rpm 2 bunyi hilang sendiri

Sudah pernah dibawa ke auto2000 kata montir tidak ada apa2, bunyi cukup mengganggu apabila di jalan tol, maaf kalau penjelasan belepotan, saya awam soal mobil, terimakasih untuk yang mau membantu 🙏🏻
mobil sy jg persis sprt itu, kadang bunyi kadang tidak..
So far tidak ada problem apa2 sih..
sama om, dulu waktu angkat mobil seken juga bgitu
kalo lepas gas pas high speed bunyi tek tek tek, kadang bunyi kadang enga
jadi ane biarin aja dah :mky_01:
pnasaran juga si knapa bisa gitu
dengernya commonrailnya, tp ya ga tau jg..
so far idem tidak ada masalah
bagusokasurya
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Dec 10, 2020 13:20
Location: Bali
Daily Vehicle: 2008 Innova Gasoline Manual

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by bagusokasurya »

DOHC wrote: Thu Aug 02, 2018 2:11
Profith83 wrote: Tue Jul 24, 2018 1:47
osbertc0ol wrote: Mon Jul 23, 2018 7:00

Tahun 2014/15 deh om agak lupa. Harganya Seinget saya sih harganya sekitar 2x nya yang 555 CMIIW
2009 ke 2015 alias 6 thn.
Sama mobil saya dr 2012 ke 2018 alias 6 thn.

Apakah Ball joint harus ikut diganti yah? kata GBT gak perlu ganti ...
Kl ball joint bawaan masi bagus,apalagi yg bawah punya.. jgn diganti om... itu yg bawaan kl ga d abuse,awet pake banget...
Kalau jalanan Jakarta yang mulus mungkin yang bawah awet om, kalau di Bali ball joint bawah juga kena meskipun kata om bener, yang atas duluan kena daripada yang bawah. Ya Odo udah 282 ribu km sih.

Alhasil saya pake ball joint merk aisin. Yang 555 susah cari yang asli di daerah saya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.