Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by vulvy8858 »

ChZ wrote: 06 Jun 2023, 10:19 hmmmmm di gimanain kalo dari KD ke zenix sih tetep zenix. bahkan beli zenix gasoline G aja udah sangat worth... klo zenix ber batre tergantung pake nya kalo gak jadi kuda beban dipake AKAP dan lebih dari 15 ribu per tahun keknya enak beli gasoline aja.

gak berasa pengiritannya kalo mobil batre jarang pake malah cuma bayarin umur batrenya.

kalau ngomong FWD lebih ribet rasanya tidak sih. FWD itu rusaknya sekarang paling common ya bushing dan link-link. dan rusaknya gak bakal tiap tahun ganti jg sih wkwkwkwk dicuekin ya bisa asal tahan kuping ama suara glodakan krn bushing udah kena. shock malah surprisingly jarang kena.

repair bushing arm/link dan racksteer jg murah :mky_03:
cakep :big_deal: :big_deal: :big_deal:
romi10 wrote: 06 Jun 2023, 10:49 Mending hybrid aja deh om kl emang uda fix pgn ganti, zenix bensin lemot..

Tp kl buat ane pribadi KD itu mobil perang, alat penunjang cari cuann, teman yg sangat sigap untuk diajak tempur sehari-hari, selama deket rmh ada solar ya, jd bukan yg bs d ganti2 ke yg lain, ntar ujung2nya nyesel wkwkwk...kecuali bener2 BU

Kl ane mending duitnya buat beli/kredit ruko kecil2an deh buat nambah cuan...
KD paling muda uda 8 tahun kak..
usia ga bisa bohong..
:big_smile]
adityawei wrote: 06 Jun 2023, 11:12 Liat2 orang yg beli batch awal yg gasoline ada issue di pelampung bahan bakar, jd indikator nya bs naik turun liar..

Iya sdh baca ceritanya om.. wkwkwkw
Kebetulan nyari review semua reviewnya yg hybrid..

Salah satu faktor agak2 ngga mau ke GD karena feelnya mirip2 sama KD, dan bener kabin nya agaknlebih sempit sedikit, dengan fitur yg mirip2 jg.. ( kecuali V sama Venturer ya )

Baterainya sih garansi 8 tahun, cuma ntar yg tetek bengek kecil2 nya itu yg ngga tau jg kan..
Selama ini pemakaian sih per tahun mentok jalan 20rb, avg 5 tahun sekitar 17rb per tahun..

Mobil lama ngga ada masalah. Cuma ya namanya umur ngga bohong (karet2 terutama) mulai bocor + drama biosol akhir2 ini yg mulai susah..
Build quality zenix yg ancur banget pas pertama launch bikin mundur sih.. padahal waktu awal sdh mantep mau beli yg G ( ga suka V karena RSE nya waktu test drive bunyi kriyet2 annoying banget ). sekarang lg kepikiran lg gara2 menkeu kmrn nyoba zenix suka sama kelegaan dalamnya..
Sempet mikir apa nunggu next batch aja siapa tau ada perbaikan..
Kalaupun beli zenix G, harus di retrim full dalamnya biar lebih berasa proper

Betul KD mobil perang sama sekali ga nyusahin sih..
Hampir 160rb km dan ga ada masalah berarti kecuali perawatan normal dosng.. mesin masih sangat kering, kaki2 sehat, injector aman..
kebetulan yang saya pake, kalo isi fulltank luaaamaaaaaa banget turun nya, tapi kl uda turun dikit, turun nya ngacir.

kalo per tahun cuma jalan 15-17 ribu menurutku ambil bensin non hybrid aja, kecuali seminggu jalan 500-1000 km pake Hybrid nutup dah wkwkwkwk.

setuju setuju setuju, alesan saya ambil G karena ga suka RSE nya V dan ga perlu panoramic roof dsb.
dan setelah ambil, langsung saya retrim full interiornya karena aslinya jelek banget :big_cry: :big_cry: :big_cry:

adityawei wrote: 06 Jun 2023, 14:01 Yes kalo nyaman setuju..
Cuma masih cari info sih yg gasoline se"irit" apa dan sekuat apa..
Siapa tau ada pengusaha rental disini yg abuse zenixnya..

Less electrical = less problems sih bener [emoji1787][emoji1787]
kalo buat konsumsi BBM, yakin deh dalkot ga bakal jauh2 dari 1:9-10
lurkot ga jauh2 dari 1:13-14.
tol 1:16-17
macem Avanza RWD aja.

yessss less electricals = less problems
less feature = less problems
solusi = ambil seri G
wkwkwkwkwk
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by Profith83 »

ChZ wrote: 06 Jun 2023, 14:04
adityawei wrote: 06 Jun 2023, 14:01 Nah itu, tinggal cost bbm per liter + sparepart kecil2 kelistrikan yg perlu diremajakan dalam range waktu setelah garansinya itu baru kelihatan mana yg lebih "murah"

Less electrical = less problems sih bener [emoji1787][emoji1787]

Kicks udah selesai masalahnya ?
belum, jawaban dari nissan nya terima nasib semua normal normal saja :mky_07:

dari dulu avg 25-26 kml sekarang paling 18 kml :mky_07: ya udah dinikmatin jadi mobil perang aja
Ah Nissin saya sdh punya gambaran bagaimana principal. Jadi males beli merek nissin
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by Profith83 »

Pboyz97 wrote: 06 Jun 2023, 15:57
adityawei wrote: 05 Jun 2023, 22:05 Sesuai judul

Innova diesel (gnki) dirumah baru selesai inreyen ( 150k km still rolling )
Ada wacana mau peremajaan reyen mobil yg kmnya lebih rendah..

Selama ini pengalaman pelihara mobil ladder frame yg kaki2nya ga pernah bermasalah aneh2..

Pengen ganti reborn diesel tapi harga secondnya agak ngawur + kalo beli baru harganya mepet sama zenix Gasoline G ( sama2 trondol )

Jadi, apakah worth it dituker ke zenix gasoline ? Atau ada yg pengalaman pakai zenix gasoline.. saya masih agak skeptis dengan per bateraian pemakaian jangka panjang.. kebetulsan saya tipe beli mobil cuma 1 dan dipake sampe jangka panjang..
Atau yaudah tahan aja sampai keliatan penyakitnya zenix batch awal tahun ini..

Apakah perawatan monokok jangka panjang akan susah ( terutama sektor kaki )? Rute agak banyak jarang kurang halus..
kebetulan saya ex user GNKI 1 TR 2.0 V bensin AT 2014 & ANKI reborn 2.4 G diesel at 2018 + sekarang pake AN Voxy 2023 yg drivetrainnya mirip sm zenix bensin. tergantung nyari apa. kalo nyari fitur, kenyamanan, bantingan suspensi, desain yg lebih fresh, sm pemakaian mayoritas dalkot worth buat upgrade. tapi kalo mayoritas lukot, sering lewat tanjakkan turunan jalna rusak, saya lebih prefer reborn or keep gnki nya. kebetulan udh pernah nyewa GNKI diesel at jg , dibanding voxy dengan rute sama + kondisi sama2 full load, mending GNKI diesel jauh, apalagi kalo buat nanjak , di gnki berasa lebih efortless, reborn pun sama, 1/2 gas aja udh ngisi tarikannya, tapi kalo di voxy, ngeden bgt, bener2 bengek ngek ngek :big_biglaugh: , harus digas dalem ampe meraung dulu mesinnya baru bisa nyalip mobil di depannya kalo nanjak, even dibanding CRV turbo saya sblmnya pun yg sama2 CVT, CRV masih lebih unggul dibanding zenix / voxy kalo rute lukot or tanjakkan turunan (pengalaman sendiri bukan katanya katanya)

kalo biasa make ladder ya bakal gak se awet ladder kalo rata2 jalan kurang halus, tp kalo mereknya toyota harusnya gak ada masalah soal long term durabilitynya hehehe , sm kalo reborn diesel jg harganya naik karena peminatnya di daerah masih banyak. mending cari di jabodetabek aja saran saya, selisih harganya lumayan dibanding luar jabodetabek, terutama hitam putih yg entah knp bisa beda 10jtan dibanding warna lain tahun sama tipe sama (pengalaman jual reborn) :big_biglaugh:
Nah ini sangat setuju, kalau tanjakan diesel juaranya.
bayangin 2000 cc bensin bodi segede gitu lawan 2400 cc diesel modern. di Tanjakan jauh bagaikan bumi dan langit.
Apalagi isi orang dan bawaan penuh LIBURAN MERAYAP.

Yang ada gak tenang dengan kondisi mobil, padahal liburan kan maunya gak kuatir akan mobil.

2000cc bensin CVT ... hmmmm apalagi kalau sering tanjakan
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 07 Jun 2023, 09:48
kendibocor wrote: 06 Jun 2023, 22:19

Lah blm masuk scrapyard tuh mobil? :mky_03:

Suka curangnya indo kan gini. Iya sih garansi batere, tetek bengek xx tahun. Begitu mau claim dibilang normal semua. Trus kayak kasus ente kan beresnya ga ada tools bwat ukur kapasitas batere secara objektif kan mbah? Sama aja bohong kalo pake feeling apa bedanya sama montir pinggir jalan :mky_03:
warranty nya kebanyakan tanda bintang. wakakkakakakkaa.

makanya ud males berurusan dgn hibrit2an luar kota jg sebulan sekali blom tentu :upss: ena pake H tegak gasoline turbo irit kenceng :upss:

pake M52B28 rawatan simple biarpun skali isi bensin bikin mau bakar pom bensin full tank hampir cetiaw. wakakkakaka
Baru td mlm tmn gw nanya2 rekomendasi beli mbl. Mo beli moblis apa hybrid tp concern takut kebakar. Gw blg ya risknya kecil banget, tp kalo sial kejadian di elu ya habis lah tuh rumah segala entah kapan bisa padam. Blm lg ganti baterenya. Iya sih uda ada yg bisa ganti per cell. Tp yg rakitan pabrik dgn SOP ketat aja ada yg mledug, apalg yg rakitan2 gitu. Kalo concern utama safety yah tetep mending gasoline or diesel lah. Terakhir2 gw racunin ambil F30 320-330i yg LCI. Malah kayaknya kepincut tuh dia lg nyari2 di oelex :mky_03:
slapnuts wrote: 07 Jun 2023, 10:34 gas ambil Zenix lah om, ada gitu ya orang nyaman nyetir mobil ngangguk-angguk seperti reborn diesel? buat macet-macetan ga enak banget, setir berat, rem sensitif banget, direm dikit ngangguk, teken gas dikit belakangnya turun, belok kanan-kiri serasa bawa kapal, capek banget mau nyetir alus pakai reborn V diesel.

Jauh kalau dibandingkan nyetir monokok macam crv, cx5, Outlander, even dibanding Ertiga dan HRV yang berisik itu, masih lebih enak kedua mobil ini. beda cerita kalau rutenya banyak tambalan aspal atau jalan ga rata, enakan reborn. Tapi kalau jalan alus? ga ada enak-enaknya, mana ngayun banget pula bikin mabok.
Orng yg demen music [cencored] metal demen kayaknya om, full body motion-head banging kalo nyetel lagu sambil nyetir ladderframe :big_smoking:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by KielConstantine »

Profith83 wrote: 07 Jun 2023, 11:06 Nah ini sangat setuju, kalau tanjakan diesel juaranya.
bayangin 2000 cc bensin bodi segede gitu lawan 2400 cc diesel modern. di Tanjakan jauh bagaikan bumi dan langit.
Apalagi isi orang dan bawaan penuh LIBURAN MERAYAP.

Yang ada gak tenang dengan kondisi mobil, padahal liburan kan maunya gak kuatir akan mobil.

2000cc bensin CVT ... hmmmm apalagi kalau sering tanjakan
Kalo udah begitu, malah lebih bener hunting alphard-vellfire seken. Anh20 taon 2012 -an … Tua jg sehh tp mumpuni enginenya 2.5L lebih ada power. Sukur2 nemu yg 3.5 V6 .. larinya seh gila gilaan tuh :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
seanm
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 25 Apr 2023, 01:32
Location: Tangerang
Daily Vehicle: HRV

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by seanm »

adityawei wrote: 06 Jun 2023, 11:12
kendibocor wrote:Zenix terlalu awal bwat tau ada masalah apa nggak (kekuatan kaki2, mesin, dll). Reborn sih uda terjamin ya cuma berasa tua aja dibanding zenix. Kenyamanan jg kayaknya beda lumayan jauh ma zenix.
Kalo saya jd om sih ambil zenix dengan platform lebih baru. Tp kalo gamau pusing n pake mbl asal glinding aja ya mungkin lebih peace of mind ambil reborn.
Liat2 orang yg beli batch awal yg gasoline ada issue di pelampung bahan bakar, jd indikator nya bs naik turun liar..

vulvy8858 wrote:
adityawei wrote: 05 Jun 2023, 22:05 Sesuai judul

Innova diesel (gnki) dirumah baru selesai inreyen ( 150k km still rolling )
Ada wacana mau peremajaan reyen mobil yg kmnya lebih rendah..

Selama ini pengalaman pelihara mobil ladder frame yg kaki2nya ga pernah bermasalah aneh2..

Pengen ganti reborn diesel tapi harga secondnya agak ngawur + kalo beli baru harganya mepet sama zenix Gasoline G ( sama2 trondol )

Jadi, apakah worth it dituker ke zenix gasoline ? Atau ada yg pengalaman pakai zenix gasoline.. saya masih agak skeptis dengan per bateraian pemakaian jangka panjang.. kebetulsan saya tipe beli mobil cuma 1 dan dipake sampe jangka panjang..
Atau yaudah tahan aja sampai keliatan penyakitnya zenix batch awal tahun ini..

Apakah perawatan monokok jangka panjang akan susah ( terutama sektor kaki )? Rute agak banyak jarang kurang halus..
kebetulan saya dulu pake KD terus ganti GD dan sekarang nambah Zenix tapi yang batre.
semuanya seri G warna hitam.
KD 2013 dono gitong stendet rentalan
GD 2016 putu jedak stendet operasional pabrik
Zenix 2023 batre modellista ala ala

alasan saya dulu ganti KD ke GD karena kehalusan mesin & efisiensi nya
dan pas GD keluar, harga KD lagi mahal2nya jadi ga rugu pas jual :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kaki2 sama2 badak, tenaga lebih gede dalam kondisi stendet, sama cruising speed lebih tinggi di tol.

nyesel? ada dikit.
GNKI lebih empuk & lega, jok nya lebih tebal, dan bantingan suspensi nya lebih antep / ga ngayun dari reborn.
sama sparepart yang slow moving seperti body part dan elektrikal, punya reborn lebih mahal.
pajak 4 vs 5.6.
lebih sempit reborn dari GNKI.

zenix batre baru jalan 3000an km.
cuma bisa share driving impression sama konsumsi bbm dan impression jadi penumpang aja.

cerita saya disini ya
viewtopic.php?t=32574
Iya sdh baca ceritanya om.. wkwkwkw
Kebetulan nyari review semua reviewnya yg hybrid..
Salah satu faktor agak2 ngga mau ke GD karena feelnya mirip2 sama KD, dan bener kabin nya agaknlebih sempit sedikit, dengan fitur yg mirip2 jg.. ( kecuali V sama Venturer ya )
ChZ wrote:hmmmmm di gimanain kalo dari KD ke zenix sih tetep zenix. bahkan beli zenix gasoline G aja udah sangat worth... klo zenix ber batre tergantung pake nya kalo gak jadi kuda beban dipake AKAP dan lebih dari 15 ribu per tahun keknya enak beli gasoline aja.

gak berasa pengiritannya kalo mobil batre jarang pake malah cuma bayarin umur batrenya.

kalau ngomong FWD lebih ribet rasanya tidak sih. FWD itu rusaknya sekarang paling common ya bushing dan link-link. dan rusaknya gak bakal tiap tahun ganti jg sih wkwkwkwk dicuekin ya bisa asal tahan kuping ama suara glodakan krn bushing udah kena. shock malah surprisingly jarang kena.

repair bushing arm/link dan racksteer jg murah :mky_03:
Baterainya sih garansi 8 tahun, cuma ntar yg tetek bengek kecil2 nya itu yg ngga tau jg kan..
Selama ini pemakaian sih per tahun mentok jalan 20rb, avg 5 tahun sekitar 17rb per tahun..
Venturtle wrote:Kalau mobil lamanya masih gak ada masalah, mending pertahankan saja.. kebanyakan build quality mobil zaman now agak meragukan.
Mobil lama ngga ada masalah. Cuma ya namanya umur ngga bohong (karet2 terutama) mulai bocor + drama biosol akhir2 ini yg mulai susah..
Build quality zenix yg ancur banget pas pertama launch bikin mundur sih.. padahal waktu awal sdh mantep mau beli yg G ( ga suka V karena RSE nya waktu test drive bunyi kriyet2 annoying banget ). sekarang lg kepikiran lg gara2 menkeu kmrn nyoba zenix suka sama kelegaan dalamnya..
Sempet mikir apa nunggu next batch aja siapa tau ada perbaikan..
Kalaupun beli zenix G, harus di retrim full dalamnya biar lebih berasa proper
romi10 wrote:Mending hybrid aja deh om kl emang uda fix pgn ganti, zenix bensin lemot..

Tp kl buat ane pribadi KD itu mobil perang, alat penunjang cari cuann, teman yg sangat sigap untuk diajak tempur sehari-hari, selama deket rmh ada solar ya, jd bukan yg bs d ganti2 ke yg lain, ntar ujung2nya nyesel wkwkwk...kecuali bener2 BU

Kl ane mending duitnya buat beli/kredit ruko kecil2an deh buat nambah cuan...
Betul KD mobil perang sama sekali ga nyusahin sih..
Hampir 160rb km dan ga ada masalah berarti kecuali perawatan normal dosng.. mesin masih sangat kering, kaki2 sehat, injector aman..

Izin nambahin ya, saya ex owner innova 1tr a/t tahun 2014 dijual bulan maret kemarin dengan km 255 rb dan memang saya akuin ini mobil badak tidak ada part besar yang diganti hanya pernah ganti shock 4 sekali di km 200rb. Setelah itu mobil dijual dan ganti zenix V gasoline. Awalnya rencana saya memang beli antara tipe G hybrid atau V gasoline namun karena waktu itu mobil udh dijual dan butuh segera mobil pengganti akhirnya beli zenix V gasoline karena saat itu hybrid indent paling cepat 5 bulan. Pilihan jatuh ke tipe tersebut juga dikarenakan melihat tipe G yang sangat trondol seperti spion retract pun tidak ada. Untuk driving impression jauh dari innova old ke zenix dimana posisi pengemudi sangat nyaman dan kursi juga empuk selain itu saat mengemudi sendirian dan melewati polisi tidur yg cukup tajam tidak berasa terlalu “gedabrug” seperti innova old. Mengingat mobil sblmnya menggunakan mesin 1tr yang terkenal sangat boros jadi pas pakai zenix gasoline berasa sangat amat irit hampir 2x lipatnya. Dulu 1tr dari full tank sampai indikator bensin nyala untuk pemakaian dalam kota dapat 350 km sudah syukur padahal mobil jarang dijadikan genset untuk ngadem. Sekarang zenix gasoline untuk pemakaian rute campuran weekdays daerah tangerang selatan dan weekend sesekali ke jakarta avg bensin bisa mudah tembus 12.5 km/l dengan menggunakan bp 92. Kalau untuk pemakaian mobil yang jarang dijadikan genset menurut saya konsumsi bbm zenix bahkan lebih irit dari xpander ultimate 2018 yang pernah saya gunakan. Kemudian untuk tarikan mesin sendiri kalau di mode eco memang gas perlu di injak lebih dalam namun di mode normal gas cukup responsif karena kebetulan saya sekarang juga masih pakai hrv 1.8 prestige dan secara akselerasi tidak begitu signifikan perbedaannya antara kedua mobil tersebut. Untuk masalah indikator bensin saya merasakan bensin memang kadang tidak bergerak setelah jalan puluhan km dari cth 1/2 tangki dan tiba2 jadi hampir 1/4 dan nanti saat service 10rb akan minta complain. Sejauh ini saya cukup puas dengan zenix gasoline karena menurut saya bahkan konsumsi bbmnya lebih irit dibandingkan hrv 1.8 yang saya miliki. Kalau ada yang mau ditanyakan boleh silahkan 🙏🏻🙏🏻
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ak4ng »

Bang, zenix nya kalo mau nyusul or ancang2 buat nanjak apakah ngelitik? Mirip2 macem produk cap batu makam
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
seanm
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 25 Apr 2023, 01:32
Location: Tangerang
Daily Vehicle: HRV

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by seanm »

ak4ng wrote: 07 Jun 2023, 18:29 Bang, zenix nya kalo mau nyusul or ancang2 buat nanjak apakah ngelitik? Mirip2 macem produk cap batu makam
sejauh ini ga ada si asalkan bbm yg digunakan sesuai karena mesin yg dipakai juga kompresinya tinggi 13 jadi minimal diatas ron 92
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by vulvy8858 »

ak4ng wrote: 07 Jun 2023, 18:29 Bang, zenix nya kalo mau nyusul or ancang2 buat nanjak apakah ngelitik? Mirip2 macem produk cap batu makam
nu abdi mah henteu kang
cuma kalo diisi persilit tarikannya ampoooonnn :off_no: :off_no: :off_no: :off_no: :off_no: :off_no:
sama konsumsi bbm nya jadi lebih boros 5-10%
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »

Takumi wrote: 06 Jun 2023, 21:46 menurut sy sendiri sih Zenix ok sih , bagi yg nyari nyaman sama lega .. ya tapi prefer kalo bisa Zenix Hybrid yg G minial lah.
sempet di kasih mobil buat di review sih ni mobil cukup ok , memang innova sengaja mengeluarkan hybrid itu emang buat menggantikan diesel krn dari motor listrik nya yg bisa sudah cukup mengeluarkan torsi yang besar , serta efisien bahan bakarnya cukup lumayan untuk mobil bongsor dimana kalo bahan bakar diesel (kecuali solar subsidi harga nya udah lumayan skrg ) , kestabilannya sih juga enak cuma sayangnya versi V yg sy coba sih minusnya : otoman seat nya cukup maksa pada bagian kaki , mobil dimensinya lebar jatohnya kaya LC yg di kecilin , haluan belok nya kecil kurang patah (wajar sih fwd bongsor) , dan rem nya yang kurang ...
sisanya cukup ok , sy sih cukup puas menikmati fitur hybridnya walapun battery nya kapasitasnya masih terlalu kecil sih itu aja ..
tapi kalo emang suka modifikasi terutama performance non standar sih ya reborn 2kd at kemana2 ..
selama ini sih pake 2kd cuma remap + ganti piping exhaust doang.. ngga cumi2 darat banget.. okelah buat dalkot :big_biglaugh: :big_biglaugh:
pertimbangan hybridnya agak males karena inden super panjang katanya sampe taun depan
atau nunggu ready stock bertebar diskon aja ya mendingan ? mengingat daerah saya dikuasai dealer toyota paling pelit diskon seindonesia raya mgkn jd ga terlalu berharap banyak sama diskon jg..
slapnuts wrote: 07 Jun 2023, 10:34 gas ambil Zenix lah om, ada gitu ya orang nyaman nyetir mobil ngangguk-angguk seperti reborn diesel? buat macet-macetan ga enak banget, setir berat, rem sensitif banget, direm dikit ngangguk, teken gas dikit belakangnya turun, belok kanan-kiri serasa bawa kapal, capek banget mau nyetir alus pakai reborn V diesel.

Jauh kalau dibandingkan nyetir monokok macam crv, cx5, Outlander, even dibanding Ertiga dan HRV yang berisik itu, masih lebih enak kedua mobil ini. beda cerita kalau rutenya banyak tambalan aspal atau jalan ga rata, enakan reborn. Tapi kalau jalan alus? ga ada enak-enaknya, mana ngayun banget pula bikin mabok.
ya ini dia masalahnya, banyak jalan tambalan + ga rata di rute yang saya sering lewat :big_slap: :big_slap:
buat macet2an malah enak diesel, masukin D, jalan sendiri tinggal rem doang :big_grin: :big_grin:
vulvy8858 wrote: 07 Jun 2023, 10:46 kalo buat konsumsi BBM, yakin deh dalkot ga bakal jauh2 dari 1:9-10
lurkot ga jauh2 dari 1:13-14.
tol 1:16-17
macem Avanza RWD aja.

yessss less electricals = less problems
less feature = less problems
solusi = ambil seri G
wkwkwkwkwk
hmmm.. not bad..
ngulitin interior sama nambah peredam abis berapa om ?
diisi pertalit emang aman ? ngga lemot ?
Profith83 wrote: 07 Jun 2023, 11:06
Nah ini sangat setuju, kalau tanjakan diesel juaranya.
bayangin 2000 cc bensin bodi segede gitu lawan 2400 cc diesel modern. di Tanjakan jauh bagaikan bumi dan langit.
Apalagi isi orang dan bawaan penuh LIBURAN MERAYAP.

Yang ada gak tenang dengan kondisi mobil, padahal liburan kan maunya gak kuatir akan mobil.

2000cc bensin CVT ... hmmmm apalagi kalau sering tanjakan
bener diesel kalo tanjakan sih emang mantep, jaman dulu pake panther yang tenaganya ngga ada pun, tanjakan curam masih bisa naik enteng dibanding pas pake bensin cc kecil..
cuma ini penasaran 2000cc cvt yang katanya tenaganya "lumayan gede", pasti sih kalah sama diesel, tapi kalo rutenya tidak ekstrim apa bakal separah itu jg..
seanm wrote: 07 Jun 2023, 17:53 Izin nambahin ya, saya ex owner innova 1tr a/t tahun 2014 dijual bulan maret kemarin dengan km 255 rb dan memang saya akuin ini mobil badak tidak ada part besar yang diganti hanya pernah ganti shock 4 sekali di km 200rb. Setelah itu mobil dijual dan ganti zenix V gasoline. Awalnya rencana saya memang beli antara tipe G hybrid atau V gasoline namun karena waktu itu mobil udh dijual dan butuh segera mobil pengganti akhirnya beli zenix V gasoline karena saat itu hybrid indent paling cepat 5 bulan. Pilihan jatuh ke tipe tersebut juga dikarenakan melihat tipe G yang sangat trondol seperti spion retract pun tidak ada. Untuk driving impression jauh dari innova old ke zenix dimana posisi pengemudi sangat nyaman dan kursi juga empuk selain itu saat mengemudi sendirian dan melewati polisi tidur yg cukup tajam tidak berasa terlalu “gedabrug” seperti innova old. Mengingat mobil sblmnya menggunakan mesin 1tr yang terkenal sangat boros jadi pas pakai zenix gasoline berasa sangat amat irit hampir 2x lipatnya. Dulu 1tr dari full tank sampai indikator bensin nyala untuk pemakaian dalam kota dapat 350 km sudah syukur padahal mobil jarang dijadikan genset untuk ngadem. Sekarang zenix gasoline untuk pemakaian rute campuran weekdays daerah tangerang selatan dan weekend sesekali ke jakarta avg bensin bisa mudah tembus 12.5 km/l dengan menggunakan bp 92. Kalau untuk pemakaian mobil yang jarang dijadikan genset menurut saya konsumsi bbm zenix bahkan lebih irit dari xpander ultimate 2018 yang pernah saya gunakan. Kemudian untuk tarikan mesin sendiri kalau di mode eco memang gas perlu di injak lebih dalam namun di mode normal gas cukup responsif karena kebetulan saya sekarang juga masih pakai hrv 1.8 prestige dan secara akselerasi tidak begitu signifikan perbedaannya antara kedua mobil tersebut. Untuk masalah indikator bensin saya merasakan bensin memang kadang tidak bergerak setelah jalan puluhan km dari cth 1/2 tangki dan tiba2 jadi hampir 1/4 dan nanti saat service 10rb akan minta complain. Sejauh ini saya cukup puas dengan zenix gasoline karena menurut saya bahkan konsumsi bbmnya lebih irit dibandingkan hrv 1.8 yang saya miliki. Kalau ada yang mau ditanyakan boleh silahkan 🙏🏻🙏🏻
malah saya pertimbangan ambil G dengan segala kesederhanaannya ( sisa budget buat upgrade interior ), eksterior udah pasrah aja itu fitment kopaja susah dicakepin kayanya dicolok velg apapun..

1TR ke V gasoline tenaganya beda banget nggak om ? sama kalo nanjak seperti yg dikhawatirkan orang2 apakah lemot banget dibanding yg 1tr ? mengingat 1tr tenaganya jg agak2 :big_slap: :big_slap:

12,5kpl apa pakai rute macet2 kah ? kayanya emang kena issue pelampung jg ya ? 1 tank rata2 abis brp km om ?
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
seanm
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 25 Apr 2023, 01:32
Location: Tangerang
Daily Vehicle: HRV

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by seanm »

wah kalau untuk tenaga jauh banget ini enak seperti yang saya bilang kalai pakai mode normal bukan eco tarikan responsif tidak beda jauh dengan hrv 1.8.

untuk di tanjakan selama ini di zenix no complain dan tenaga juga cukup ngisi beda dengan 1tr a/t yang kalau dibawa ke puncak cuma muatan ber 4 gas mentok dan naik cuma pelan merayap.

so far selama ini sampai indikator bensin nyala dengan full to full tembus diatas 500 km dan padahal tangki masih lebih dari 8 liter karena saat lampu indikator menyala dan tidak lama kemudian langsung isi hanya masuk sekitar 44 liter dan menurut google kapasitas tangki zenix 52 liter
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: 02 Feb 2016, 10:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by vulvy8858 »

adityawei wrote: 07 Jun 2023, 22:38 hmmm.. not bad..
ngulitin interior sama nambah peredam abis berapa om ?
diisi pertalit emang aman ? ngga lemot ?
kmrn full di vin**i sampe doortrim dasbor shiftknob setir console tengah 21.500.000
karpet dasar dapet gratisan..

pertalite uda jalan 450 km ini aman omsye, cuma lemot parah aja
di MID masih 1:14.1-14.2 rute kombi dalkot tol
biasanya 1:14.8-1:15.5 pake petromaks / oktan 92
oktan 95 bisa terbang ke 16-17.2an

fuel cons bener2 tergantung sama kualitas bbm
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by McLaren »

Apakah tidak ada yg menyarankan Ioniq aja?
Kayanya seru loo 2KD tandem ama Ioniq
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »


vulvy8858 wrote:
adityawei wrote: 07 Jun 2023, 22:38 hmmm.. not bad..
ngulitin interior sama nambah peredam abis berapa om ?
diisi pertalit emang aman ? ngga lemot ?
kmrn full di vin**i sampe doortrim dasbor shiftknob setir console tengah 21.500.000
karpet dasar dapet gratisan..

pertalite uda jalan 450 km ini aman omsye, cuma lemot parah aja
di MID masih 1:14.1-14.2 rute kombi dalkot tol
biasanya 1:14.8-1:15.5 pake petromaks / oktan 92
oktan 95 bisa terbang ke 16-17.2an

fuel cons bener2 tergantung sama kualitas bbm
Udah sama peredamnya itu ?
Ngga nglitik ya pertalit... wkwkwkw

Bener2 mesinnya tergantung sama kualitas minumannya..
McLaren wrote:Apakah tidak ada yg menyarankan Ioniq aja?
Kayanya seru loo 2KD tandem ama Ioniq
Masih skeptis dengan per bateraian omm.. 2 mobil kalau saha ngga kepake nanti malahan.. [emoji1787][emoji1787]

2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »


seanm wrote:wah kalau untuk tenaga jauh banget ini enak seperti yang saya bilang kalai pakai mode normal bukan eco tarikan responsif tidak beda jauh dengan hrv 1.8.

untuk di tanjakan selama ini di zenix no complain dan tenaga juga cukup ngisi beda dengan 1tr a/t yang kalau dibawa ke puncak cuma muatan ber 4 gas mentok dan naik cuma pelan merayap.

so far selama ini sampai indikator bensin nyala dengan full to full tembus diatas 500 km dan padahal tangki masih lebih dari 8 liter karena saat lampu indikator menyala dan tidak lama kemudian langsung isi hanya masuk sekitar 44 liter dan menurut google kapasitas tangki zenix 52 liter
Lumayan jg 500km an per tank..
Selama ini pake 2kd jg kurang lebih 400km an ( isi sekitar 45liter, avg 1:9kpl kurang lebih )
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 17 Oct 2014, 10:16
Location: Tebet

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by romi10 »

adityawei wrote: 09 Jun 2023, 10:54
vulvy8858 wrote:
adityawei wrote: 07 Jun 2023, 22:38 hmmm.. not bad..
ngulitin interior sama nambah peredam abis berapa om ?
diisi pertalit emang aman ? ngga lemot ?
kmrn full di vin**i sampe doortrim dasbor shiftknob setir console tengah 21.500.000
karpet dasar dapet gratisan..

pertalite uda jalan 450 km ini aman omsye, cuma lemot parah aja
di MID masih 1:14.1-14.2 rute kombi dalkot tol
biasanya 1:14.8-1:15.5 pake petromaks / oktan 92
oktan 95 bisa terbang ke 16-17.2an

fuel cons bener2 tergantung sama kualitas bbm
Udah sama peredamnya itu ?
Ngga nglitik ya pertalit... wkwkwkw

Bener2 mesinnya tergantung sama kualitas minumannya..
McLaren wrote:Apakah tidak ada yg menyarankan Ioniq aja?
Kayanya seru loo 2KD tandem ama Ioniq
Masih skeptis dengan per bateraian omm.. 2 mobil kalau saha ngga kepake nanti malahan.. [emoji1787][emoji1787]
Sebenernya ngga usa skeptis si om, bulan lalu ane ke jepang liat mayoritas mobil udah hybrid/EV (kecuali kendaran umum dan minibus), bahkan jazz GE jadul aja disana uda hybrid. Asalkan mereknya toyota or honda si kynya uda uda mateng teknologi perbatreannya. Udara disana jdnya super bersih.

Disana banyak jg mobil2 jadul tp masih mulus n kinclong terawat bgt
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by KielConstantine »

adityawei wrote: 09 Jun 2023, 10:55 Lumayan jg 500km an per tank..
Selama ini pake 2kd jg kurang lebih 400km an ( isi sekitar 45liter, avg 1:9kpl kurang lebih )
2kd kan bisa pake gameshark code 6800 om :big_biglaugh:

Skarang fulltank mepet 300rebu. Dulu seh jaman 5150, ngisi 200 rebuan udah muncrat muncrat

Zenix misal isi pertalit ceban aj, udah nyerempet 500rebu u/ full tanknya

At this rate skalian full pertamax turbo biar joss. Nambahnya dikit doang


Btw btw kmaren sales toyota ngepost pricelist di mari. Malah reply pertamanya nanyain diskon ribon diesel G A/T :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »


romi10 wrote:
Sebenernya ngga usa skeptis si om, bulan lalu ane ke jepang liat mayoritas mobil udah hybrid/EV (kecuali kendaran umum dan minibus), bahkan jazz GE jadul aja disana uda hybrid. Asalkan mereknya toyota or honda si kynya uda uda mateng teknologi perbatreannya. Udara disana jdnya super bersih.

Disana banyak jg mobil2 jadul tp masih mulus n kinclong terawat bgt
Mungkin lebih tepatnya skeptis sama bengkel resminya ya... bengkel yg disini agak2.. gitulah.. susah diungkapkan dengan kata2.. kapan hari ada temen klaim defect pabrik aja susahnya setengah mati..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »

KielConstantine wrote:
adityawei wrote: 09 Jun 2023, 10:55 Lumayan jg 500km an per tank..
Selama ini pake 2kd jg kurang lebih 400km an ( isi sekitar 45liter, avg 1:9kpl kurang lebih )
2kd kan bisa pake gameshark code 6800 om :big_biglaugh:

Skarang fulltank mepet 300rebu. Dulu seh jaman 5150, ngisi 200 rebuan udah muncrat muncrat

Zenix misal isi pertalit ceban aj, udah nyerempet 500rebu u/ full tanknya

At this rate skalian full pertamax turbo biar joss. Nambahnya dikit doang


Btw btw kmaren sales toyota ngepost pricelist di mari. Malah reply pertamanya nanyain diskon ribon diesel G A/T :mky_07:
Ya cheat sheetnya itu.. tapi sekali ganti oli proper + filter2 amblas 2jt [emoji854][emoji854][emoji854]
Oli diesel mahal + lebih banyak.. belum lg filsol yang harus sering2 diganti + racunnya..

Reborn tetep laku sih.. sering banget liat plat putih.. btw reborn di daerah saya no disc dan salesnya malesin banget jual mahal.. ngga nawarin jenik malah nawarin reborn diesel yang tanpa diskon.. bahkan di pricelistnya jenik hybrid tidak dicantumkan [emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787]
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by AbdulHakim »

romi10 wrote: 09 Jun 2023, 11:09 Sebenernya ngga usa skeptis si om, bulan lalu ane ke jepang liat mayoritas mobil udah hybrid/EV (kecuali kendaran umum dan minibus), bahkan jazz GE jadul aja disana uda hybrid. Asalkan mereknya toyota or honda si kynya uda uda mateng teknologi perbatreannya. Udara disana jdnya super bersih.

Disana banyak jg mobil2 jadul tp masih mulus n kinclong terawat bgt
Ah masa siy om? Innova Diesel Matic kali tuh :big_grin:
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: 17 Oct 2014, 10:16
Location: Tebet

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by romi10 »

AbdulHakim wrote: 09 Jun 2023, 14:11
romi10 wrote: 09 Jun 2023, 11:09 Sebenernya ngga usa skeptis si om, bulan lalu ane ke jepang liat mayoritas mobil udah hybrid/EV (kecuali kendaran umum dan minibus), bahkan jazz GE jadul aja disana uda hybrid. Asalkan mereknya toyota or honda si kynya uda uda mateng teknologi perbatreannya. Udara disana jdnya super bersih.

Disana banyak jg mobil2 jadul tp masih mulus n kinclong terawat bgt
Ah masa siy om? Innova Diesel Matic kali tuh :big_grin:
Eh iya maap typo maksud saya Innova Diesel Matic Hybird EV :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ChZ »

adityawei wrote: 09 Jun 2023, 12:08
Reborn tetep laku sih.. sering banget liat plat putih.. btw reborn di daerah saya no disc dan salesnya malesin banget jual mahal.. ngga nawarin jenik malah nawarin reborn diesel yang tanpa diskon.. bahkan di pricelistnya jenik hybrid tidak dicantumkan [emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787]
diler yg pegang di provinsi kita emang suka gitu... waktu itu jg sales nawarinnya zenik gasoline malah ngejatohin yang haibrit katanya iya ribet haibrit nanti kalo apa2 mahal trus indennya lama :big_bored:

corcross pernah tanya diskon cuma 5 juta... nanya surabaya diskon 20 padahal :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: 30 Nov 2015, 08:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by adityawei »

ChZ wrote:
adityawei wrote: 09 Jun 2023, 12:08
Reborn tetep laku sih.. sering banget liat plat putih.. btw reborn di daerah saya no disc dan salesnya malesin banget jual mahal.. ngga nawarin jenik malah nawarin reborn diesel yang tanpa diskon.. bahkan di pricelistnya jenik hybrid tidak dicantumkan [emoji1787][emoji1787][emoji1787][emoji1787]
diler yg pegang di provinsi kita emang suka gitu... waktu itu jg sales nawarinnya zenik gasoline malah ngejatohin yang haibrit katanya iya ribet haibrit nanti kalo apa2 mahal trus indennya lama :big_bored:

corcross pernah tanya diskon cuma 5 juta... nanya surabaya diskon 20 padahal :big_bored:
Ya tau sendiri kan kelakuan dealernya..
Makanya ga terlalu berharap beres nya bisa pelihara hybrid2an..
Ntar ada apa2 dibilang normal pak..
Bisa marah2 di bengkel ntar [emoji1787][emoji1787]

Itu jenik di surabaya / jakarta diskon 20an jg.. disini no disc.. reborn jg di luar diskon 20 - 25.. disini 3jt aja pengajuan dengan leasing rekanan..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by ChZ »

adityawei wrote: 09 Jun 2023, 19:26 Ya tau sendiri kan kelakuan dealernya..
Makanya ga terlalu berharap beres nya bisa pelihara hybrid2an..
Ntar ada apa2 dibilang normal pak..
Bisa marah2 di bengkel ntar [emoji1787][emoji1787]

Itu jenik di surabaya / jakarta diskon 20an jg.. disini no disc.. reborn jg di luar diskon 20 - 25.. disini 3jt aja pengajuan dengan leasing rekanan..
emg agak laen ni si nasm*co :big_bored: mentang2 ga da saingan diler lain.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: 27 Dec 2015, 22:18

Re: Zenix Gasoline utk pengganti GNKI 2KD AT

Post by fl4b1e »

Kalau mnrt saya sih, ganti Zenix M20 aja sih udah oke..

Masalah generasi produksi awal Innova itu, ada masalah lain lagi. Sepengetahuan saya, Innova itu dr dulu harga naik melulu. Mau ambil yg ga first batch, eh harga "disesuaikan".. jadi kesel kadang2..

Dah gt, suka banget Toyota gonta ganti spek kecil2 yg gak kelaiatan.. wwkwwk

Sebenernya ada satu lagi yg harus dipertimbangkan. Di saat orang masih hype seneng sama diesel, mnrt saya sih mending jual yg 2KD Krn harga masih tinggi. Tapi kalau mau ganti ke second 2GD, ya jangan.. karena harga yg 2GD masih "peak".
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post