esaka wrote: Tue May 16, 2023 2:48
Ini hasil pengamatan gw...
Untuk suatu komoditas semacam mobil, percuma kalau hanya orang awam yang beli itu boil...
Karena dengan tidak adanya dukungan dari car enthusiast (dalam artian orang yang bener-bener mendalami segala seluk beluk jeroan mobil, bukan so-called influencer, jadi nggak memandang kelas bajet)...akan sangat sulit meyakinkan orang lain buat beli...
BMW dan Mercy itu memang kebanyakan endless money pit tapi masih bertahan karena enthusiast dan [cencored] fanbase-nya banyak...mereka pun nggak denial dengan watak endless money pit nya...di forum ini gw liat juga gitu...
Toyota, Honda, dan jejepangan lain...lebih berwarna tapi enthusiast dan [cencored] fanbase-nya banyak juga dan nggak ada yang mencoba menyembunyikan kekurangan...malah dijembrengin sedetil-detilnya tuh minus2nya...
produk RRT masih mending dengan pasukan mendang mending...
Enthusiast secara nggak langsung memberi edukasi ke pendatang baru... suatu tupoksi yang nggak akan dilakukan oleh non-enthusiast...
nah jujur agak kompleks membahas ini....
karna secara umur juga H miring baru 10 tahun terakhir berdikari... di indo sendiri dulu kan H miring / kia itu mobilnya orang yang kerehore. wkwkwkwk belinya ya karena terpaksa. udah gitu rewel karena design engineeringnya jelek.
terus produk ikoniknya H miring gak pernah masuk sini. i20 yang masuk sini juga sebelum ada i20 WRC, sisanya vanilla car yang speknya tanggung dan SUV. SUV nya tidak punya prestasi se cemerlang pajero kan? cuma vanilla SUV wkwkwkkwkw. mahal lagi karna dulu ntah gimana tax CBU korea tinggi sekali.
sedangkan urusan bangun image, toyota dan honda sih udah sekarang mau cuma jual SUV juga laku-laku aja. mitsubishi cuma jualan SUV juga laku padahal dulu yang terkenal sedannya kenceng-kenceng. karena honda toyota mitsubishi memang terkenal badak kenceng dan mudah dirawat.
dan maap emang namanya jualan perceived value > real value. mau dibilang H miring skrg udah bagus ya di mata konsumen tetep T dan H itu top of mind nya. mereka bersaing dengan merek yang udah puluhan taun membangun reputasi.
istilahnya emang ya PRny H miring ini agak banyak di indo. ngebangun brand image nya hampir mulai dari nol lagi. mau keluarin kona N sekarang sih udah telat. entry barrier kona gasoline aja udah mahal. veloster jual mobil 2 pintu itu nggak mungkin murah juga. tp simalakama kalo gak jual model macem stargejer ama creta nanti volume makernya apa masa mobil 700juta macem ioniq5 jadi volume maker kan gak mungkin wkwkwkkww.
honda dan toyota dulu jual civic dan corolla waktu memang masih murah dan terjangkau mayoritas manusia di indo. saat itu mobil blom banyak, dan punya civic corolla atau lancer itu memang keren karena masing-masing punya karakter sendiri dan untuk dongkrak image mereka punya versi kenceng macem type R dan lancer evolution, ampe lancer SEi biasa juga dibilang Evo wakakkakaka