Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by vulvy8858 »

darrelund wrote: Tue Apr 11, 2023 8:16 likuiditasnya kijang emg the best

inget dulu ortu jual Q bensin manual

2 hari lgsg adios keluar pulau, dahal bukan tipe yg populer

toh sejeleknya zenix, dia scr platform & drivetrain ud mobil bagus


BQ & kualiti material emg B aja

tapi meningat veloz-zenix price gap kecil, dengan dapat platform jauh lebi bagus sih ud oke bgt

cuma klo perspektif org yg "feature minded", yg tipe G rasanya overprice :big_biglaugh:
yang aku bold,,
ini aku bahas di postingan berikutnya ya wkkakwakwkak

velos ke zenix ada beda 35-50% kl dr price list, menurutku simpangan nya sangat lumayan, belom bisa diitung apple to apple..
selisihnya lumayan sekali buat beli Ayla Matic seri paling rendah..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by vulvy8858 »

Suryaputra wrote: Sun Apr 09, 2023 8:41 Iya maka dari itu perbandingannya harus apple to apple

Peace of mind itu kontribusi score nya tinggi, apalagi buat user yg mobil tsb akan jd kuda perang satu2nya :big_peace:
tepat.
kalo buat kuda perang satu-satunya, sudah paling bener ambil Kijang seri paling laku wkakwkakwkakwa.
kunaskun wrote: Sun Apr 09, 2023 13:09 demi tampilan :big_smoking:

kalau kelas innova sekarang rasanya bukan the only one lagi, tapi the reliable one terutama kalau mau dijual lagi :big_biglaugh:

peace of mind itu ya duo kaleng family... terutama gelombang pertama era 2000an dimana ketika mesinnya udah canggih pake EFI eh bisa2nya masih pake kabel gas kickdown :big_biglaugh: harga jual sekarang? to the moon :big_biglaugh:
wkwkwkwkwk skrg seri apapun yang hybrid harga jual kembalinya lagi melambung...

avanza 2011 ke bawah lagi lawak om harganya wkwkwkwk yg belom EPS...
cuma yang lebih kacau lagi yang 2006 ke bawah wuawkakwkakwka
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by vulvy8858 »

ga kerasa juga zenix 2 minggu ini uda jalan 910an km..
reborn uda 1000 km lebih wakakakakakakak

gimana review nya Zenix saat dipakai perang melawan reborn yang uda teruji wakwkakwka.
1. Konsumsi BBM

Zenix Hybrid buat rute kombinasi dalkot – tol, secara konsumsi BBM, sudah diisi full 31 liter x 2, pengisian pertama menggunakan BP95, pengisian kedua menggunakan BP92. konsumsi BBM ON MID berkisar 1:14.8 – 1:15.3, dan full to full sekitar 1:14.6 – 14.7, ga jauh beda simpangannya antara MID dengan F2F.. Cost BBM yang dikeluarkan 520rb BP95 dan 360rb BP92. 880rb IDR buat 910 km, jadi 967 IDR / km.

Reborn buat rute harian yang sama, sementara naik 1.020 km, pengisian 350rb solar 6800, 150rb BP95, dan 500rb DEX. Jadi kurang lebih 94 liter. 1020 / 94 = 1:10.85. On MID berkisar 1:11.2 – 1:12.1, ga jauh jauh dari situ. 1 juta buat 1020 km, 980 IDR / km.
Jadi ada penghematan sekitar 35% dari Reborn buat konsumsi BBM.

Kalo dari uang yang dikeluarkan, cheat solar 6800 sangaaaatttt membantu, kalo full DEX di Reborn compare to full oktan 95 di Zenix, Reborn akan kalah jauh di jumlah uang yang dikeluarkan untuk pembelian BBM. Bisa selisih 40% untuk biaya operasional BBM per km nya.

Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek, isi BBM sebelumnya full DEX atau apapun yang bukan solar 6800. kemarin isi solar 6800 iseng2 coba aja.


2. Tenaga

Yang kemarin ada notes Zenix akan agak berat saat diisi full load, iya.
Torsi Zenix di Eco Mode terasa agak kurang waktu bagasi diisi full load dan penumpang diatas 5 orang. Mesti geser ke Normal Mode baru rada enakan. Tapi masih belom seenak Reborn. Mesti gas agak dalam dahulu.

Di Reborn, diisi muatan yang sama dengan Eco Mode, torsi tetap ada diatas 1500 rpm meski naiknya ga cepet tapi pasti jalan dan ga perlu terlalu dibejek bejek. Pas geser normal mode, Reborn digas dikit langsung laju. Selama dapet momentum, torsi diesel ini menurut saya lebih enak dari bensin + mesin listrik.

Hal ini berkebalikan 180 derajat saat dikendarai sendiri atau maximal 2 orang di depan.
Saya akui teknologi mesin dan drivetrain sangat berperan disini.

Tenaga Zenix lebih dari cukup buat menendang bokong ente dari 0 ke 100 kpj di sekitar 9 detik, dan tetap pushy sampe 140-145 kpj. Reborn butuh 11-12 detik buat mencapai 100 kpj, dan tidak seringan Zenix untuk mencapai 140-145 kpj, namun perlahan tapi pasti bisa mencapai 140 kpj.
Top speed belum tahu, tapi sepanjang 7 tahun pake reborn, habis angka di speedometer sudah beberapa kali.

Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek.

3. Handling
Yang kemarin ada bilang rancang bangun Zenix secara platform sudah bagus, iya saya setuju.
Zenix tidak menyeramkan saat ditekuk di tikungan, tetap stabil saat zigzag di kecepatan tinggi, mengerem mendadak di jarak braking yang mepet, dan nose dipping nya tidak separah Reborn.

Yang kurang dari Zenix compare to Reborn hanya feeling setir diatas 100 kpj.
Reborn dengan Hydraulic PS dan sasis tangga nya terasa lebih antep saat cruising santai di kecepatan tinggi, selama ga ngerem dan ga pindah jalur, Reborn lebih terasa antap dan gak ampang kayak Zenix. Zenix secara body lebih anteng dan gak limbung, tidak bergoyang dan pas direm juga enak. Tapi setirnya terasa ampang / terlalu ringan.

Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek, ban juga tetap Enasave.
Zenix dapet Champiro Luxe.

4. Kenyamanan sebagai pengemudi

Dari sisi posisi duduk, Zenix lebih tinggi dan commanding, tapi Reborn lebih relax dan santai.

Dari sisi kelincahan di rute dalam kota dan nurut2nya feedback setir dan rem, Zenix jauh lebih baik dari Reborn meski ukuran bodynya lebih besar. Namun saat cruising santai di tol, Reborn terasa lebih rileks dan anteng.

Buat mengemudi Zenix selama berjam jam di kemacetan JaBoDeTaBek, selama 2 minggu ini saya cukup enjoy, karena mobil lebih mudah dikendalikan dan lebih berasa lincah dari Reborn saat macet parah, Cuma kalo dapet rute jauh yang banyakan cruising di tol, saya lebih suka pake Reborn karena lebih santai.

5. Kenyamanan sebagai penumpang Row 2

Karena Zenix yang kami gunakan adalah versi Hybrid, kaki jadi ga bisa masuk ke bawah jok pengemudi dan jok penumpang depan. Jadi ada sesuatu yang missing gt ya wakakakak, tapi secara space row kedua, Zenix jauh lebih baik dari Reborn.

Ayunan suspensi Zenix yang lebih teratur dan lebih tidak limbung juga jadi plus point. Biasanya saya rada mabuk darat saat ngetik di laptop waktu pake Reborn di row kedua, saat pakai Zenix, sudah jauh lebih nyaman karena tidak terlalu goyang goyang. Waktu lewat jalan bergelombang, duduk di row 2 Zenix jauh lebih enak juga karena kita ga berasa macam diayun ayun hahahahaha,

Cuma memang Zenix berasa lebih keras dari Reborn.

6. Hal-hal lain.

Note buat pengguna baru Zenix,
Saat menggunakan Eco Mode, compressor AC sedikit mengurangi kemampuannya, jadi kalo ente lagi macet macetan di siang hari bolong dan AC nya mulai berasa kurang mampu mendinginkan kabin, hal pertama yang biasanya Anda lakukan pasti mengecilkan suhu dan menambah putaran blower fan, Cuma kalo hal ini masi kurang membantu, ubah drive mode ke Normal. AC nya mulai berasa dingin.

Kalo di Reborn mah dia lgsg nge joss dingin nya wakakakakak.

Sama pengurangan fitur2 cabin amenities di row 1 Zenix emang cukup mengganggu, utamanya vanity mirror sama glasses holder . . .

But well okay sementara ini Zenix cukup membantu mengurangi operational cost kami.
kita lihat saja beberapa kilometer ke depannya.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by adityawei »

Waktu sebelum launch zenix, sudah kepikiran banget beli G Hybrid buat gantiin 2KD di rumah yg kmnya udah gondrong (150k++)
Tapi abis liat pameran yg tipe G, masuk interiornya jadi males banget..
Cheap plastic everywhere, fit and finish yang kacau, doortrim gelombang, plastik dashboard goyang2, sealant sambungan ga rapi..

Akhirnya memutuskan pake aja 2kd sejebolnya + cheat biosol 6800

Walaupun harus diakui kalau zenix nyaman banget buat ukuran sebuah kijang + luas banget..
Kebetulan waktu test drive tipe Q, suara RSE nya jg kriyet2 dibelakang leher, berasa banget risih..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by vulvy8858 »

adityawei wrote: Sun Apr 16, 2023 10:00 Waktu sebelum launch zenix, sudah kepikiran banget beli G Hybrid buat gantiin 2KD di rumah yg kmnya udah gondrong (150k++)
Tapi abis liat pameran yg tipe G, masuk interiornya jadi males banget..
Cheap plastic everywhere, fit and finish yang kacau, doortrim gelombang, plastik dashboard goyang2, sealant sambungan ga rapi..

Akhirnya memutuskan pake aja 2kd sejebolnya + cheat biosol 6800

Walaupun harus diakui kalau zenix nyaman banget buat ukuran sebuah kijang + luas banget..
Kebetulan waktu test drive tipe Q, suara RSE nya jg kriyet2 dibelakang leher, berasa banget risih..
saya kemarin ambil Zenix pas Reborn uda 150rb an km, kurleb bulan 10 taun 2022
skrg malah Reborn nya tetep jalan sampe 166rb km wakakakakak, Zenix baru 1050an km.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

alesan ambil seri G adalah saya ga perlu panoramic roof dan ga perlu RSE..
di seri G ga ada suara aneh aneh dr RSE sama ga serem ada sesuatu yang copot karena emang ga ada apa apa yang nempel..
:big_slap:

===============================================================================================================

lewat juga 1000 km..
uda servis di PlaToy GS tempat ambil ni mobil..
masih for free..
dan ga ada parts yg diganti, cuma di check2 dan di bersih2kan saja.

abis servis 1000 km MID konsisten di 1:14-15 rute dalkot kombinasi..
rute2 deket konsisten di 1:12-13..
belom coba rute2 panjang..

buat rute yang sama..
rute2 deket reborn konsisten di 1:9-10,
dalkot kombinasi di 1:10-11..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by adityawei »


vulvy8858 wrote: saya kemarin ambil Zenix pas Reborn uda 150rb an km, kurleb bulan 10 taun 2022
skrg malah Reborn nya tetep jalan sampe 166rb km wakakakakak, Zenix baru 1050an km.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

alesan ambil seri G adalah saya ga perlu panoramic roof dan ga perlu RSE..
di seri G ga ada suara aneh aneh dr RSE sama ga serem ada sesuatu yang copot karena emang ga ada apa apa yang nempel..
:big_slap:

===============================================================================================================

lewat juga 1000 km..
uda servis di PlaToy GS tempat ambil ni mobil..
masih for free..
dan ga ada parts yg diganti, cuma di check2 dan di bersih2kan saja.

abis servis 1000 km MID konsisten di 1:14-15 rute dalkot kombinasi..
rute2 deket konsisten di 1:12-13..
belom coba rute2 panjang..

buat rute yang sama..
rute2 deket reborn konsisten di 1:9-10,
dalkot kombinasi di 1:10-11..
Kok malah rebornnya yg sering dipakai om ?

Asli yg V / Q kepikiran sih kalo pas lg bawa anak kecil di belakang, mountingnya agak "rapuh" gitu.. RSE 2kd yg di plafon aja ga luput dari tangan bocah, dibuka tutup dibanting2..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by vulvy8858 »

adityawei wrote: Tue May 02, 2023 7:44 Kok malah rebornnya yg sering dipakai om ?

Asli yg V / Q kepikiran sih kalo pas lg bawa anak kecil di belakang, mountingnya agak "rapuh" gitu..
RSE 2kd yg di plafon aja ga luput dari tangan bocah, dibuka tutup dibanting2..
lagi banyak rute genap..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
koorney
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Oct 05, 2020 8:43
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: innova 2gd alphard anh30

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by koorney »

Izin nambahin :

ane sebagai pemakai reborn diesel matic 2019 , baru ambil Zenix Hybrid Q 2023 , inden tergolong lmayan cepet , dec 2022 inden bln maret 2023 uda dateng ,yang ane berasa beda bgt itu torsi di putaran bawahnya bener2 beda bgt ya ,di zenix hybrid terasa ngempos bgt, harus pakai power mode baru agak enteng, beda bgt sama reborn diesel yang disentil dikit dah lgsg ngacir.. ga tau ini ke depannya apakah akan ada remap yg bisa bkn tenaga di putaran bawah lebi ringan?

Untuk konsumsi bensin , ane pake pertamax turbo kira2 dpt 1:15 combined dalkot + tol + macet , ya lebih irit kalo dibanding sama reborn diesel, kalau di tol lmayan enak, effortless untuk sampai ke 120 km/h, tapi kalau untuk rute jalan jauh keluar kota yang banyak tanjakan , ane masi prefer reborn diesel jauhh dibanding zenix.. Zenix lebih cocok untuk pemakaian dalam kota, anter jemput kantor, anak sekolah, les,dll , untuk mbl capek lah, karena operasional akan jauh lebih murah .
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by kendibocor »

vulvy8858 wrote: Tue May 02, 2023 7:37
adityawei wrote: Sun Apr 16, 2023 10:00 Waktu sebelum launch zenix, sudah kepikiran banget beli G Hybrid buat gantiin 2KD di rumah yg kmnya udah gondrong (150k++)
Tapi abis liat pameran yg tipe G, masuk interiornya jadi males banget..
Cheap plastic everywhere, fit and finish yang kacau, doortrim gelombang, plastik dashboard goyang2, sealant sambungan ga rapi..

Akhirnya memutuskan pake aja 2kd sejebolnya + cheat biosol 6800

Walaupun harus diakui kalau zenix nyaman banget buat ukuran sebuah kijang + luas banget..
Kebetulan waktu test drive tipe Q, suara RSE nya jg kriyet2 dibelakang leher, berasa banget risih..
saya kemarin ambil Zenix pas Reborn uda 150rb an km, kurleb bulan 10 taun 2022
skrg malah Reborn nya tetep jalan sampe 166rb km wakakakakak, Zenix baru 1050an km.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

alesan ambil seri G adalah saya ga perlu panoramic roof dan ga perlu RSE..
di seri G ga ada suara aneh aneh dr RSE sama ga serem ada sesuatu yang copot karena emang ga ada apa apa yang nempel..
:big_slap:

===============================================================================================================

lewat juga 1000 km..
uda servis di PlaToy GS tempat ambil ni mobil..
masih for free..
dan ga ada parts yg diganti, cuma di check2 dan di bersih2kan saja.

abis servis 1000 km MID konsisten di 1:14-15 rute dalkot kombinasi..
rute2 deket konsisten di 1:12-13..
belom coba rute2 panjang..

buat rute yang sama..
rute2 deket reborn konsisten di 1:9-10,
dalkot kombinasi di 1:10-11..
Untuk seekor hybrid FC 1:14-15an ga irit2 bgt jg yah. Cocross bukannya bisa sampe 1:17-18an ya. Faktor bobot apa ya?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by NestlePureLife »

Abis laku 2gd skrg bingung mau ganti apa
mau crv uda mau pasti ganti model
Fortuner sama pajero kemungkinan tahun depan
Ada saran?
Budget 500 😅
koorney
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Oct 05, 2020 8:43
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: innova 2gd alphard anh30

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by koorney »

kendibocor wrote: Thu May 18, 2023 6:03
vulvy8858 wrote: Tue May 02, 2023 7:37
adityawei wrote: Sun Apr 16, 2023 10:00 Waktu sebelum launch zenix, sudah kepikiran banget beli G Hybrid buat gantiin 2KD di rumah yg kmnya udah gondrong (150k++)
Tapi abis liat pameran yg tipe G, masuk interiornya jadi males banget..
Cheap plastic everywhere, fit and finish yang kacau, doortrim gelombang, plastik dashboard goyang2, sealant sambungan ga rapi..

Akhirnya memutuskan pake aja 2kd sejebolnya + cheat biosol 6800

Walaupun harus diakui kalau zenix nyaman banget buat ukuran sebuah kijang + luas banget..
Kebetulan waktu test drive tipe Q, suara RSE nya jg kriyet2 dibelakang leher, berasa banget risih..
saya kemarin ambil Zenix pas Reborn uda 150rb an km, kurleb bulan 10 taun 2022
skrg malah Reborn nya tetep jalan sampe 166rb km wakakakakak, Zenix baru 1050an km.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

alesan ambil seri G adalah saya ga perlu panoramic roof dan ga perlu RSE..
di seri G ga ada suara aneh aneh dr RSE sama ga serem ada sesuatu yang copot karena emang ga ada apa apa yang nempel..
:big_slap:

===============================================================================================================

lewat juga 1000 km..
uda servis di PlaToy GS tempat ambil ni mobil..
masih for free..
dan ga ada parts yg diganti, cuma di check2 dan di bersih2kan saja.

abis servis 1000 km MID konsisten di 1:14-15 rute dalkot kombinasi..
rute2 deket konsisten di 1:12-13..
belom coba rute2 panjang..

buat rute yang sama..
rute2 deket reborn konsisten di 1:9-10,
dalkot kombinasi di 1:10-11..
Untuk seekor hybrid FC 1:14-15an ga irit2 bgt jg yah. Cocross bukannya bisa sampe 1:17-18an ya. Faktor bobot apa ya?
setuju gan, mungkin faktor bobot yang cukup berat ya , tpi biar gmana tetep lebih irit Zenix hybrid dibanding reborn diesel kondisi dalam kota , ane agak bingung yang tes bisa dapet 1:20 km/l itu nyetirnya kaya apa ya.. yang ane bener2 berasa itu torsi pas di putaran bawahnya bener2 boyo bgt ya zenix hybrid... sampe suka gemes pas mau takeover di macet2..
koorney
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Oct 05, 2020 8:43
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: innova 2gd alphard anh30

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by koorney »

NestlePureLife wrote: Thu May 18, 2023 17:15 Abis laku 2gd skrg bingung mau ganti apa
mau crv uda mau pasti ganti model
Fortuner sama pajero kemungkinan tahun depan
Ada saran?
Budget 500 😅
fortuner pajero sama crv baru nanti harga mgkn di kisaran 7xx atau bahkan deket ke 8xx jt an gan. harga mobil makin ga masuk akal nih, kalau 5xx jt an mnding ambil zenix hybrid V gan, irit , model masi baru, tapi kalo buat keluar kota, di jalanan tanjakan jangan dibandingin sama 2GD gann...
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by iamwewe »

vulvy8858 wrote: Fri Apr 14, 2023 3:51 ga kerasa juga zenix 2 minggu ini uda jalan 910an km..
reborn uda 1000 km lebih wakakakakakakak

gimana review nya Zenix saat dipakai perang melawan reborn yang uda teruji wakwkakwka.
1. Konsumsi BBM

Zenix Hybrid buat rute kombinasi dalkot – tol, secara konsumsi BBM, sudah diisi full 31 liter x 2, pengisian pertama menggunakan BP95, pengisian kedua menggunakan BP92. konsumsi BBM ON MID berkisar 1:14.8 – 1:15.3, dan full to full sekitar 1:14.6 – 14.7, ga jauh beda simpangannya antara MID dengan F2F.. Cost BBM yang dikeluarkan 520rb BP95 dan 360rb BP92. 880rb IDR buat 910 km, jadi 967 IDR / km.

Reborn buat rute harian yang sama, sementara naik 1.020 km, pengisian 350rb solar 6800, 150rb BP95, dan 500rb DEX. Jadi kurang lebih 94 liter. 1020 / 94 = 1:10.85. On MID berkisar 1:11.2 – 1:12.1, ga jauh jauh dari situ. 1 juta buat 1020 km, 980 IDR / km.
Jadi ada penghematan sekitar 35% dari Reborn buat konsumsi BBM.

Kalo dari uang yang dikeluarkan, cheat solar 6800 sangaaaatttt membantu, kalo full DEX di Reborn compare to full oktan 95 di Zenix, Reborn akan kalah jauh di jumlah uang yang dikeluarkan untuk pembelian BBM. Bisa selisih 40% untuk biaya operasional BBM per km nya.

Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek, isi BBM sebelumnya full DEX atau apapun yang bukan solar 6800. kemarin isi solar 6800 iseng2 coba aja.


2. Tenaga

Yang kemarin ada notes Zenix akan agak berat saat diisi full load, iya.
Torsi Zenix di Eco Mode terasa agak kurang waktu bagasi diisi full load dan penumpang diatas 5 orang. Mesti geser ke Normal Mode baru rada enakan. Tapi masih belom seenak Reborn. Mesti gas agak dalam dahulu.

Di Reborn, diisi muatan yang sama dengan Eco Mode, torsi tetap ada diatas 1500 rpm meski naiknya ga cepet tapi pasti jalan dan ga perlu terlalu dibejek bejek. Pas geser normal mode, Reborn digas dikit langsung laju. Selama dapet momentum, torsi diesel ini menurut saya lebih enak dari bensin + mesin listrik.

Hal ini berkebalikan 180 derajat saat dikendarai sendiri atau maximal 2 orang di depan.
Saya akui teknologi mesin dan drivetrain sangat berperan disini.

Tenaga Zenix lebih dari cukup buat menendang bokong ente dari 0 ke 100 kpj di sekitar 9 detik, dan tetap pushy sampe 140-145 kpj. Reborn butuh 11-12 detik buat mencapai 100 kpj, dan tidak seringan Zenix untuk mencapai 140-145 kpj, namun perlahan tapi pasti bisa mencapai 140 kpj.
Top speed belum tahu, tapi sepanjang 7 tahun pake reborn, habis angka di speedometer sudah beberapa kali.

Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek.

3. Handling
Yang kemarin ada bilang rancang bangun Zenix secara platform sudah bagus, iya saya setuju.
Zenix tidak menyeramkan saat ditekuk di tikungan, tetap stabil saat zigzag di kecepatan tinggi, mengerem mendadak di jarak braking yang mepet, dan nose dipping nya tidak separah Reborn.

Yang kurang dari Zenix compare to Reborn hanya feeling setir diatas 100 kpj.
Reborn dengan Hydraulic PS dan sasis tangga nya terasa lebih antep saat cruising santai di kecepatan tinggi, selama ga ngerem dan ga pindah jalur, Reborn lebih terasa antap dan gak ampang kayak Zenix. Zenix secara body lebih anteng dan gak limbung, tidak bergoyang dan pas direm juga enak. Tapi setirnya terasa ampang / terlalu ringan.

Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek, ban juga tetap Enasave.
Zenix dapet Champiro Luxe.

4. Kenyamanan sebagai pengemudi

Dari sisi posisi duduk, Zenix lebih tinggi dan commanding, tapi Reborn lebih relax dan santai.

Dari sisi kelincahan di rute dalam kota dan nurut2nya feedback setir dan rem, Zenix jauh lebih baik dari Reborn meski ukuran bodynya lebih besar. Namun saat cruising santai di tol, Reborn terasa lebih rileks dan anteng.

Buat mengemudi Zenix selama berjam jam di kemacetan JaBoDeTaBek, selama 2 minggu ini saya cukup enjoy, karena mobil lebih mudah dikendalikan dan lebih berasa lincah dari Reborn saat macet parah, Cuma kalo dapet rute jauh yang banyakan cruising di tol, saya lebih suka pake Reborn karena lebih santai.

5. Kenyamanan sebagai penumpang Row 2

Karena Zenix yang kami gunakan adalah versi Hybrid, kaki jadi ga bisa masuk ke bawah jok pengemudi dan jok penumpang depan. Jadi ada sesuatu yang missing gt ya wakakakak, tapi secara space row kedua, Zenix jauh lebih baik dari Reborn.

Ayunan suspensi Zenix yang lebih teratur dan lebih tidak limbung juga jadi plus point. Biasanya saya rada mabuk darat saat ngetik di laptop waktu pake Reborn di row kedua, saat pakai Zenix, sudah jauh lebih nyaman karena tidak terlalu goyang goyang. Waktu lewat jalan bergelombang, duduk di row 2 Zenix jauh lebih enak juga karena kita ga berasa macam diayun ayun hahahahaha,

Cuma memang Zenix berasa lebih keras dari Reborn.

6. Hal-hal lain.

Note buat pengguna baru Zenix,
Saat menggunakan Eco Mode, compressor AC sedikit mengurangi kemampuannya, jadi kalo ente lagi macet macetan di siang hari bolong dan AC nya mulai berasa kurang mampu mendinginkan kabin, hal pertama yang biasanya Anda lakukan pasti mengecilkan suhu dan menambah putaran blower fan, Cuma kalo hal ini masi kurang membantu, ubah drive mode ke Normal. AC nya mulai berasa dingin.

Kalo di Reborn mah dia lgsg nge joss dingin nya wakakakakak.

Sama pengurangan fitur2 cabin amenities di row 1 Zenix emang cukup mengganggu, utamanya vanity mirror sama glasses holder . . .

But well okay sementara ini Zenix cukup membantu mengurangi operational cost kami.
kita lihat saja beberapa kilometer ke depannya.
om.. boleh share dengan road noise nya om di tol lari 100-120 gitu vs reborn? mungkin dari sisi angin nya, atau dari sisi kolongan ban sana. baik dari sisi driver ataupun mgkn sisi si om duduk di baris ke2. pengalaman kalo pake mobil monokok selalu road noisenya jauh lbh kerasa daripada ladder.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by Pboyz97 »

darrelund wrote: Tue Apr 11, 2023 8:16
likuiditasnya kijang emg the best

inget dulu ortu jual Q bensin manual

2 hari lgsg adios keluar pulau, dahal bukan tipe yg populer

toh sejeleknya zenix, dia scr platform & drivetrain ud mobil bagus

BQ & kualiti material emg B aja

tapi meningat veloz-zenix price gap kecil, dengan dapat platform jauh lebi bagus sih ud oke bgt

cuma klo perspektif org yg "feature minded", yg tipe G rasanya overprice :big_biglaugh:
betul. jadi inget juga dulu awal tahun jual reborn g diesel at. hari selasa malem di iklanin, rabu siangnya langsung dibayar sm pedagang bali. padahal bukan warna yg populer, silver (reborn diesel yg populer skrg hitam atau putih, selisih harganya bisa lumayan buat tipe sama tahun sama hehehe) , waktu itu mobil jg rebutan 3 pedagang. nah lucunya yg dari bali itu, udh saya bilang lg ada yg ngecek tetep ngotot standby deket lokasi saya. nah pas yg ngecek sblmnya udh pergi, dia ngga sampe 5 menit langsung gercep cek mobil saya dan akhirnya deal di angka 305 jt :big_biglaugh: , dengan kondisi velg udh up venturer sm km 62rb asli record beres toyota. ruginya ya masih wajar lah. beli januari 2022 315 jt, jual awal maret 2023 305 jt wkwkkw :big_biglaugh:
NestlePureLife wrote: Thu May 18, 2023 17:15 Abis laku 2gd skrg bingung mau ganti apa
mau crv uda mau pasti ganti model
Fortuner sama pajero kemungkinan tahun depan
Ada saran?
Budget 500 😅
zenix g hybrid. udh cukup bgt. kebetulan saya ex user reborn dan udh nyoba zenix jg. kalo kebutuhannya mayoritas dalkot, sering duduk di row 2, sm nyari kenyamanan , fitur + model yg lebih fresh cukup upgrade dari reborn. tapi kalo sering nyetir sendiri, rute tol sm lukot + sering lewat tanjakkan turunan jalan rusak tetep reborn diesel lebih unggul hehehe

tadinya mau upgrade ke zenix g atau q. dengan opsi pertama kalo g, crv turbo dikeep, reborn dijual, atau opsi kedua. reborn dan crv turbo dijual terus dilipet jadi 1 biji zenix q. sampe akhirnya saya liat di IIMS yg zenix q bq nya di beberapa bagian malah downgrade dari reborn saya dulu akhirnya saya batal upgrade & akhirnya ambil voxy buat gantiin 2gd saya yg udh laku awal tahun + crv saya yg juga sudah laku sebelum lebaran kemarin hehehe
koorney wrote: Thu May 18, 2023 1:33 Izin nambahin :

ane sebagai pemakai reborn diesel matic 2019 , baru ambil Zenix Hybrid Q 2023 , inden tergolong lmayan cepet , dec 2022 inden bln maret 2023 uda dateng ,yang ane berasa beda bgt itu torsi di putaran bawahnya bener2 beda bgt ya ,di zenix hybrid terasa ngempos bgt, harus pakai power mode baru agak enteng, beda bgt sama reborn diesel yang disentil dikit dah lgsg ngacir.. ga tau ini ke depannya apakah akan ada remap yg bisa bkn tenaga di putaran bawah lebi ringan?

Untuk konsumsi bensin , ane pake pertamax turbo kira2 dpt 1:15 combined dalkot + tol + macet , ya lebih irit kalo dibanding sama reborn diesel, kalau di tol lmayan enak, effortless untuk sampai ke 120 km/h, tapi kalau untuk rute jalan jauh keluar kota yang banyak tanjakan , ane masi prefer reborn diesel jauhh dibanding zenix.. Zenix lebih cocok untuk pemakaian dalam kota, anter jemput kantor, anak sekolah, les,dll , untuk mbl capek lah, karena operasional akan jauh lebih murah .
+1 , kebetulan ex user reborn diesel matic 2018 & crv turbo pres 2019 & sekarang pake voxy 2023 yg mesin & transmisinya mirip sm zenix + udh pernah td zenix jg. kalo buat dalkot, nyari kenyamanan, fitur , sering duduk di row 2 + model yg lebih fresh, zenix emg worthed. tp kalo rute tol or lukot ,nyetir sendiri, apalagi sering lewat tajakkan turunan jalan rusak , saya juga masiih lebih prefer diesel dibanding zenix/ voxy . saya reviewnya dari voxy aja ya, karena kalo zenix cuma td jarak deket aja. karena mesin & transmisinya mirip sm zenix , yg saya rasakan di voxy ya memang ngempos bgt tarikan bawahnya. kalo kondisi full load, mesti digas dalem dulu baru bisa nyalip, apalagi di tanjakkan, tarikan bawahnya bener2 kurang bgt. even dibanding crv turbo saya dulu sekalipun yg sama2 cvt, masih lebih efortless crv turbo kalo buat nyalip dan nanjak dengan kondisi sama2 full load. reborn diesel? jangan dilawan deh :big_biglaugh: , tenaga dan torsinya bener2 ngisi di semua putaran, apalagi lewat tol kosong or lukot. bener2 enak bgt , lari 180 kpj pun gampang dapetnya :big_biglaugh:
vulvy8858 wrote: Fri Apr 14, 2023 3:08

wkwkwkwkwk skrg seri apapun yang hybrid harga jual kembalinya lagi melambung...

avanza 2011 ke bawah lagi lawak om harganya wkwkwkwk yg belom EPS...
cuma yang lebih kacau lagi yang 2006 ke bawah wuawkakwkakwka
kebalik om. yg 2006 malah stabil di segitu2 aja. yg 2008 akhir- 2011 gen 1 last fl yg palang 4 setirnya justru yg lagi kacau harganya. apalagi di daerah peminatnya masih banyak, harganya kalo di daerah bener2 bisa ngalahin or mepet bgt sm gen 2 nya yg lebih muda :big_biglaugh: . terus yg model 2011 akhir - 2015 akhir model all new single vvti jg sama. lg kacau, karena gen 1 nya naik harga seharga gen 2, otomatis gen 2 nya juga ikutan "menyesuaikan harga"

pengalaman nyetok barang dagangan avanza 2015 sm 2019 barengan, yg laku yg 2015 nya dulu. nggak sampe 3 hari udh dibayar pedagang jateng, sedangkan yg 2015 nya 1,5 bulan lebih baru laku :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
koorney
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Oct 05, 2020 8:43
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: innova 2gd alphard anh30

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by koorney »

iamwewe wrote: Fri May 19, 2023 2:06
vulvy8858 wrote: Fri Apr 14, 2023 3:51 ga kerasa juga zenix 2 minggu ini uda jalan 910an km..
reborn uda 1000 km lebih wakakakakakakak

gimana review nya Zenix saat dipakai perang melawan reborn yang uda teruji wakwkakwka.
1. Konsumsi BBM

Zenix Hybrid buat rute kombinasi dalkot – tol, secara konsumsi BBM, sudah diisi full 31 liter x 2, pengisian pertama menggunakan BP95, pengisian kedua menggunakan BP92. konsumsi BBM ON MID berkisar 1:14.8 – 1:15.3, dan full to full sekitar 1:14.6 – 14.7, ga jauh beda simpangannya antara MID dengan F2F.. Cost BBM yang dikeluarkan 520rb BP95 dan 360rb BP92. 880rb IDR buat 910 km, jadi 967 IDR / km.

Reborn buat rute harian yang sama, sementara naik 1.020 km, pengisian 350rb solar 6800, 150rb BP95, dan 500rb DEX. Jadi kurang lebih 94 liter. 1020 / 94 = 1:10.85. On MID berkisar 1:11.2 – 1:12.1, ga jauh jauh dari situ. 1 juta buat 1020 km, 980 IDR / km.
Jadi ada penghematan sekitar 35% dari Reborn buat konsumsi BBM.

Kalo dari uang yang dikeluarkan, cheat solar 6800 sangaaaatttt membantu, kalo full DEX di Reborn compare to full oktan 95 di Zenix, Reborn akan kalah jauh di jumlah uang yang dikeluarkan untuk pembelian BBM. Bisa selisih 40% untuk biaya operasional BBM per km nya.

Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek, isi BBM sebelumnya full DEX atau apapun yang bukan solar 6800. kemarin isi solar 6800 iseng2 coba aja.


2. Tenaga

Yang kemarin ada notes Zenix akan agak berat saat diisi full load, iya.
Torsi Zenix di Eco Mode terasa agak kurang waktu bagasi diisi full load dan penumpang diatas 5 orang. Mesti geser ke Normal Mode baru rada enakan. Tapi masih belom seenak Reborn. Mesti gas agak dalam dahulu.

Di Reborn, diisi muatan yang sama dengan Eco Mode, torsi tetap ada diatas 1500 rpm meski naiknya ga cepet tapi pasti jalan dan ga perlu terlalu dibejek bejek. Pas geser normal mode, Reborn digas dikit langsung laju. Selama dapet momentum, torsi diesel ini menurut saya lebih enak dari bensin + mesin listrik.

Hal ini berkebalikan 180 derajat saat dikendarai sendiri atau maximal 2 orang di depan.
Saya akui teknologi mesin dan drivetrain sangat berperan disini.

Tenaga Zenix lebih dari cukup buat menendang bokong ente dari 0 ke 100 kpj di sekitar 9 detik, dan tetap pushy sampe 140-145 kpj. Reborn butuh 11-12 detik buat mencapai 100 kpj, dan tidak seringan Zenix untuk mencapai 140-145 kpj, namun perlahan tapi pasti bisa mencapai 140 kpj.
Top speed belum tahu, tapi sepanjang 7 tahun pake reborn, habis angka di speedometer sudah beberapa kali.

Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek.

3. Handling
Yang kemarin ada bilang rancang bangun Zenix secara platform sudah bagus, iya saya setuju.
Zenix tidak menyeramkan saat ditekuk di tikungan, tetap stabil saat zigzag di kecepatan tinggi, mengerem mendadak di jarak braking yang mepet, dan nose dipping nya tidak separah Reborn.

Yang kurang dari Zenix compare to Reborn hanya feeling setir diatas 100 kpj.
Reborn dengan Hydraulic PS dan sasis tangga nya terasa lebih antep saat cruising santai di kecepatan tinggi, selama ga ngerem dan ga pindah jalur, Reborn lebih terasa antap dan gak ampang kayak Zenix. Zenix secara body lebih anteng dan gak limbung, tidak bergoyang dan pas direm juga enak. Tapi setirnya terasa ampang / terlalu ringan.

Note:
Reborn kondisi standard pabrikan ga dioprek oprek, ban juga tetap Enasave.
Zenix dapet Champiro Luxe.

4. Kenyamanan sebagai pengemudi

Dari sisi posisi duduk, Zenix lebih tinggi dan commanding, tapi Reborn lebih relax dan santai.

Dari sisi kelincahan di rute dalam kota dan nurut2nya feedback setir dan rem, Zenix jauh lebih baik dari Reborn meski ukuran bodynya lebih besar. Namun saat cruising santai di tol, Reborn terasa lebih rileks dan anteng.

Buat mengemudi Zenix selama berjam jam di kemacetan JaBoDeTaBek, selama 2 minggu ini saya cukup enjoy, karena mobil lebih mudah dikendalikan dan lebih berasa lincah dari Reborn saat macet parah, Cuma kalo dapet rute jauh yang banyakan cruising di tol, saya lebih suka pake Reborn karena lebih santai.

5. Kenyamanan sebagai penumpang Row 2

Karena Zenix yang kami gunakan adalah versi Hybrid, kaki jadi ga bisa masuk ke bawah jok pengemudi dan jok penumpang depan. Jadi ada sesuatu yang missing gt ya wakakakak, tapi secara space row kedua, Zenix jauh lebih baik dari Reborn.

Ayunan suspensi Zenix yang lebih teratur dan lebih tidak limbung juga jadi plus point. Biasanya saya rada mabuk darat saat ngetik di laptop waktu pake Reborn di row kedua, saat pakai Zenix, sudah jauh lebih nyaman karena tidak terlalu goyang goyang. Waktu lewat jalan bergelombang, duduk di row 2 Zenix jauh lebih enak juga karena kita ga berasa macam diayun ayun hahahahaha,

Cuma memang Zenix berasa lebih keras dari Reborn.

6. Hal-hal lain.

Note buat pengguna baru Zenix,
Saat menggunakan Eco Mode, compressor AC sedikit mengurangi kemampuannya, jadi kalo ente lagi macet macetan di siang hari bolong dan AC nya mulai berasa kurang mampu mendinginkan kabin, hal pertama yang biasanya Anda lakukan pasti mengecilkan suhu dan menambah putaran blower fan, Cuma kalo hal ini masi kurang membantu, ubah drive mode ke Normal. AC nya mulai berasa dingin.

Kalo di Reborn mah dia lgsg nge joss dingin nya wakakakakak.

Sama pengurangan fitur2 cabin amenities di row 1 Zenix emang cukup mengganggu, utamanya vanity mirror sama glasses holder . . .

But well okay sementara ini Zenix cukup membantu mengurangi operational cost kami.
kita lihat saja beberapa kilometer ke depannya.
om.. boleh share dengan road noise nya om di tol lari 100-120 gitu vs reborn? mungkin dari sisi angin nya, atau dari sisi kolongan ban sana. baik dari sisi driver ataupun mgkn sisi si om duduk di baris ke2. pengalaman kalo pake mobil monokok selalu road noisenya jauh lbh kerasa daripada ladder.
ane coba bantu jawab ya, kalau road noise zenix jauh lebih bagus daripada Reborn , menurut ane reborn lumayan parah road noisenya, kalau duduk di tengah pas lewatin jalanan becek, itu bener2 kedengeran jelas suara ban belakang nyiprat air nya , kalau di zenix peredaman jauh lebih bagus, untuk duduk jok kedua jauh lebih nyaman Zenix , enak dan nyaman bgtt disopirin, tapi kalau buat nyetir sendiri , apalagi buat keluar kota ane lebih prefer reborn diesel , kebetulan d rmah ane ada alphard 2020 , reborn diesel, zenix sama xpander , yang paling sering dipakai keluar kota ya reborn diesel.. kalo xpander cm buat pake jemput antar anak sekolah , tenaganya boyo bener, tapi yg ane kaget , torsi bawah zenix bahkan lebih parah drpd xpander, tp kalo dah d tol jauh enakan zenix ya..
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by iamwewe »

koorney wrote: Fri May 19, 2023 4:03

ane coba bantu jawab ya, kalau road noise zenix jauh lebih bagus daripada Reborn , menurut ane reborn lumayan parah road noisenya, kalau duduk di tengah pas lewatin jalanan becek, itu bener2 kedengeran jelas suara ban belakang nyiprat air nya , kalau di zenix peredaman jauh lebih bagus, untuk duduk jok kedua jauh lebih nyaman Zenix , enak dan nyaman bgtt disopirin, tapi kalau buat nyetir sendiri , apalagi buat keluar kota ane lebih prefer reborn diesel , kebetulan d rmah ane ada alphard 2020 , reborn diesel, zenix sama xpander , yang paling sering dipakai keluar kota ya reborn diesel.. kalo xpander cm buat pake jemput antar anak sekolah , tenaganya boyo bener, tapi yg ane kaget , torsi bawah zenix bahkan lebih parah drpd xpander, tp kalo dah d tol jauh enakan zenix ya..
wkwkwk lewatin cipratan air iya banget tuh. tapi utk road noise sbnrnya sih ini reborn buat ukuran saya udh oke banget.

weh masa iya om torsi zenix lebih parah dari xp. bukannya di bantu batre ya, harusnya tenaga motor listriknya kan instan ya. kalo xp sih no comment dah boyo nya. udah pernah ngerasain xp 4AT isi full penumpang........ ya gitu deh. kenyamanan sih mantep abis emang tuh xp
koorney
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Oct 05, 2020 8:43
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: innova 2gd alphard anh30

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by koorney »

iamwewe wrote: Fri May 19, 2023 5:24
koorney wrote: Fri May 19, 2023 4:03

ane coba bantu jawab ya, kalau road noise zenix jauh lebih bagus daripada Reborn , menurut ane reborn lumayan parah road noisenya, kalau duduk di tengah pas lewatin jalanan becek, itu bener2 kedengeran jelas suara ban belakang nyiprat air nya , kalau di zenix peredaman jauh lebih bagus, untuk duduk jok kedua jauh lebih nyaman Zenix , enak dan nyaman bgtt disopirin, tapi kalau buat nyetir sendiri , apalagi buat keluar kota ane lebih prefer reborn diesel , kebetulan d rmah ane ada alphard 2020 , reborn diesel, zenix sama xpander , yang paling sering dipakai keluar kota ya reborn diesel.. kalo xpander cm buat pake jemput antar anak sekolah , tenaganya boyo bener, tapi yg ane kaget , torsi bawah zenix bahkan lebih parah drpd xpander, tp kalo dah d tol jauh enakan zenix ya..
wkwkwk lewatin cipratan air iya banget tuh. tapi utk road noise sbnrnya sih ini reborn buat ukuran saya udh oke banget.

weh masa iya om torsi zenix lebih parah dari xp. bukannya di bantu batre ya, harusnya tenaga motor listriknya kan instan ya. kalo xp sih no comment dah boyo nya. udah pernah ngerasain xp 4AT isi full penumpang........ ya gitu deh. kenyamanan sih mantep abis emang tuh xp
iya om , ane bawa zenix normal mode itu kalo dr posisi berenti (pakai tenaga battery), bener2 harus bejek gas dalem baru berasa torisnyaa , kalau ga ngemposs bgtt, jujur ane agak kaget sih , hrs switch ke power mode baru berasa mendingan torsi bawahnyaa..
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by NestlePureLife »

koorney wrote: Fri May 19, 2023 1:37
NestlePureLife wrote: Thu May 18, 2023 17:15 Abis laku 2gd skrg bingung mau ganti apa
mau crv uda mau pasti ganti model
Fortuner sama pajero kemungkinan tahun depan
Ada saran?
Budget 500 😅
fortuner pajero sama crv baru nanti harga mgkn di kisaran 7xx atau bahkan deket ke 8xx jt an gan. harga mobil makin ga masuk akal nih, kalau 5xx jt an mnding ambil zenix hybrid V gan, irit , model masi baru, tapi kalo buat keluar kota, di jalanan tanjakan jangan dibandingin sama 2GD gann...
Tadi baru dari honda sekalian service , info sales
untuk crv terbaru minim" 700 jt , kalau hybrid 800an
Kaget juga harga segitu sekarang cuma dapet sekelas medium SUV

Pboyz97 wrote: Fri May 19, 2023 3:13
darrelund wrote: Tue Apr 11, 2023 8:16

NestlePureLife wrote: Thu May 18, 2023 17:15 Abis laku 2gd skrg bingung mau ganti apa
mau crv uda mau pasti ganti model
Fortuner sama pajero kemungkinan tahun depan
Ada saran?
Budget 500 😅
zenix g hybrid. udh cukup bgt. kebetulan saya ex user reborn dan udh nyoba zenix jg. kalo kebutuhannya mayoritas dalkot, sering duduk di row 2, sm nyari kenyamanan , fitur + model yg lebih fresh cukup upgrade dari reborn. tapi kalo sering nyetir sendiri, rute tol sm lukot + sering lewat tanjakkan turunan jalan rusak tetep reborn diesel lebih unggul hehehe

Kmrn ambil innova V 2021 cuma 411
Dijual laku 430 , bingung harga bekasan sekarang om
Kalau crv 2020 ada keluhan om? barang sepertinya lumayan banyak tapi kyknya ngga liquid ya dijual?
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by peterming77 »

koorney wrote: Fri May 19, 2023 1:34
kendibocor wrote: Thu May 18, 2023 6:03
vulvy8858 wrote: Tue May 02, 2023 7:37

saya kemarin ambil Zenix pas Reborn uda 150rb an km, kurleb bulan 10 taun 2022
skrg malah Reborn nya tetep jalan sampe 166rb km wakakakakak, Zenix baru 1050an km.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

alesan ambil seri G adalah saya ga perlu panoramic roof dan ga perlu RSE..
di seri G ga ada suara aneh aneh dr RSE sama ga serem ada sesuatu yang copot karena emang ga ada apa apa yang nempel..
:big_slap:

===============================================================================================================

lewat juga 1000 km..
uda servis di PlaToy GS tempat ambil ni mobil..
masih for free..
dan ga ada parts yg diganti, cuma di check2 dan di bersih2kan saja.

abis servis 1000 km MID konsisten di 1:14-15 rute dalkot kombinasi..
rute2 deket konsisten di 1:12-13..
belom coba rute2 panjang..

buat rute yang sama..
rute2 deket reborn konsisten di 1:9-10,
dalkot kombinasi di 1:10-11..
Untuk seekor hybrid FC 1:14-15an ga irit2 bgt jg yah. Cocross bukannya bisa sampe 1:17-18an ya. Faktor bobot apa ya?
setuju gan, mungkin faktor bobot yang cukup berat ya , tpi biar gmana tetep lebih irit Zenix hybrid dibanding reborn diesel kondisi dalam kota , ane agak bingung yang tes bisa dapet 1:20 km/l itu nyetirnya kaya apa ya.. yang ane bener2 berasa itu torsi pas di putaran bawahnya bener2 boyo bgt ya zenix hybrid... sampe suka gemes pas mau takeover di macet2..
Dari bentuk CorCross yg lebih rendah pasti lebih bagus drag coefficient nya, krn lebih ga nabrak angin, kalo Zenix box seperti angin ketemu tembok pasti ada pengaruh ke konsumsi BBM.

Selain itu dari kapasitas batre lebih gede CorCross 4.2 kWh vs Zenix 1.31 kWh, jadi apa mungkin Zenix lebih sering nyala genset nya buat ngisi sama jalankan roda? Asumsi dng kWh lebih gede cadangan tenaga buat motor listrik lebih besar ya.

Apa sudah pake mode PWR? Pengalaman saya CorCross kalo pake PWR malah torsi bawahnya lincah banget, ngejambak gitu. Sekali lagi apa mungkin kapasitas batre kecil + bobot kosong yg jadi kendala ya? Padahal diatas kertas spek torsi dan engine semua lebih besar Zenix.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by nyotsaeba »

peterming77 wrote:
koorney wrote: Fri May 19, 2023 1:34
kendibocor wrote: Thu May 18, 2023 6:03 Untuk seekor hybrid FC 1:14-15an ga irit2 bgt jg yah. Cocross bukannya bisa sampe 1:17-18an ya. Faktor bobot apa ya?
setuju gan, mungkin faktor bobot yang cukup berat ya , tpi biar gmana tetep lebih irit Zenix hybrid dibanding reborn diesel kondisi dalam kota , ane agak bingung yang tes bisa dapet 1:20 km/l itu nyetirnya kaya apa ya.. yang ane bener2 berasa itu torsi pas di putaran bawahnya bener2 boyo bgt ya zenix hybrid... sampe suka gemes pas mau takeover di macet2..
Dari bentuk CorCross yg lebih rendah pasti lebih bagus drag coefficient nya, krn lebih ga nabrak angin, kalo Zenix box seperti angin ketemu tembok pasti ada pengaruh ke konsumsi BBM.

Selain itu dari kapasitas batre lebih gede CorCross 4.2 kWh vs Zenix 1.31 kWh, jadi apa mungkin Zenix lebih sering nyala genset nya buat ngisi sama jalankan roda? Asumsi dng kWh lebih gede cadangan tenaga buat motor listrik lebih besar ya.

Apa sudah pake mode PWR? Pengalaman saya CorCross kalo pake PWR malah torsi bawahnya lincah banget, ngejambak gitu. Sekali lagi apa mungkin kapasitas batre kecil + bobot kosong yg jadi kendala ya? Padahal diatas kertas spek torsi dan engine semua lebih besar Zenix.
Jgn lupa corcross 1.8l vs jenix 2.0l
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by Jenson »

NestlePureLife wrote: Fri May 19, 2023 8:39
koorney wrote: Fri May 19, 2023 1:37
NestlePureLife wrote: Thu May 18, 2023 17:15 Abis laku 2gd skrg bingung mau ganti apa
mau crv uda mau pasti ganti model
Fortuner sama pajero kemungkinan tahun depan
Ada saran?
Budget 500 😅
fortuner pajero sama crv baru nanti harga mgkn di kisaran 7xx atau bahkan deket ke 8xx jt an gan. harga mobil makin ga masuk akal nih, kalau 5xx jt an mnding ambil zenix hybrid V gan, irit , model masi baru, tapi kalo buat keluar kota, di jalanan tanjakan jangan dibandingin sama 2GD gann...
Tadi baru dari honda sekalian service , info sales
untuk crv terbaru minim" 700 jt , kalau hybrid 800an
Kaget juga harga segitu sekarang cuma dapet sekelas medium SUV

Pboyz97 wrote: Fri May 19, 2023 3:13
darrelund wrote: Tue Apr 11, 2023 8:16




zenix g hybrid. udh cukup bgt. kebetulan saya ex user reborn dan udh nyoba zenix jg. kalo kebutuhannya mayoritas dalkot, sering duduk di row 2, sm nyari kenyamanan , fitur + model yg lebih fresh cukup upgrade dari reborn. tapi kalo sering nyetir sendiri, rute tol sm lukot + sering lewat tanjakkan turunan jalan rusak tetep reborn diesel lebih unggul hehehe

Kmrn ambil innova V 2021 cuma 411
Dijual laku 430 , bingung harga bekasan sekarang om
Kalau crv 2020 ada keluhan om? barang sepertinya lumayan banyak tapi kyknya ngga liquid ya dijual?
Buset om, itu CRV 700~800 sih bener2 kebangetan ya. Ud ngebalap harga Accord. Perasaan dlu2 CRV pricing beda bedantipis dari civic, tergantung tipe. Lah ini lgsg take off :big_dunno:
kanjengromo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Jan 11, 2022 14:35
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by kanjengromo »

NestlePureLife wrote: Fri May 19, 2023 8:39
Tadi baru dari honda sekalian service , info sales
untuk crv terbaru minim" 700 jt , kalau hybrid 800an
Kaget juga harga segitu sekarang cuma dapet sekelas medium SUV
Kalau bener, trus future kolam uang HPM apa ya?
Emang sih mobil enak, engineering-nya mungkin memang mahal, tp kl harga menggila ya bagaimana

Ibu saya yang 70++ tahun aja masih ogah berpaling dari Civic
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by peterming77 »

nyotsaeba wrote: Fri May 19, 2023 10:34 Jgn lupa corcross 1.8l vs jenix 2.0l
Yup bener, pengaruh juga, bobot kosong CorCross +/- 1.3 ton, bobot kosong Zenix ga tau.
Jenson wrote: Fri May 19, 2023 18:53 Buset om, itu CRV 700~800 sih bener2 kebangetan ya. Ud ngebalap harga Accord. Perasaan dlu2 CRV pricing beda bedantipis dari civic, tergantung tipe. Lah ini lgsg take off :big_dunno:
Harga Honda sejak HRV 2022 udah ga ngotak, mesin turbo di up 100jt, masuk kelas mobil setengah milyar. Ini sebuah HRV loh ya.
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by grimjow »

kanjengromo wrote: Sat May 20, 2023 0:29
NestlePureLife wrote: Fri May 19, 2023 8:39
Tadi baru dari honda sekalian service , info sales
untuk crv terbaru minim" 700 jt , kalau hybrid 800an
Kaget juga harga segitu sekarang cuma dapet sekelas medium SUV
Kalau bener, trus future kolam uang HPM apa ya?
Emang sih mobil enak, engineering-nya mungkin memang mahal, tp kl harga menggila ya bagaimana

Ibu saya yang 70++ tahun aja masih ogah berpaling dari Civic
Tetap bakal ada yang beli sih, kalau dipantau harga mobil Honda dan Toyota selalu berjalan beriringan.
Kalau inget tahun 2015 innova muncul itu tipe g di 280 an , dan itu setara hrv tipe e kalo ga salah. Dan innova q nya di 400an kecil setara crv 2.0.
Jadi harga innova base spec mepet hrv mid high spec. Innova high spec mepet setara crv base spec
Yang resep hrv innova nya uda terbukti di harga hrv rv dan zenix.
So kalo zenix tipe q modelista bling bling itu uda 620 an , nah pas crv baru launch plus inflasi ya bakalan di 600 gede atau 700 an.
Yang saya ga kebayang harga Avanza bakal jadi berapa, 5-10 taon mendatang?
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Innova Zenix G Hybrid Cross-Over Package, from Innova Reborn G Diesel A/T Owner Perspective

Post by adityawei »


grimjow wrote: Tetap bakal ada yang beli sih, kalau dipantau harga mobil Honda dan Toyota selalu berjalan beriringan.
Kalau inget tahun 2015 innova muncul itu tipe g di 280 an , dan itu setara hrv tipe e kalo ga salah. Dan innova q nya di 400an kecil setara crv 2.0.
Jadi harga innova base spec mepet hrv mid high spec. Innova high spec mepet setara crv base spec
Yang resep hrv innova nya uda terbukti di harga hrv rv dan zenix.
So kalo zenix tipe q modelista bling bling itu uda 620 an , nah pas crv baru launch plus inflasi ya bakalan di 600 gede atau 700 an.
Yang saya ga kebayang harga Avanza bakal jadi berapa, 5-10 taon mendatang?
Mungkin aja tahun depan veloz sdh 400 ( varian hybrid )
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5