Frugal Living, topic : Cars

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ChZ »

lexnic wrote: Wed Apr 05, 2023 8:35
ini jga bener mbah. emg sih ngerawat itu lbh susah dibanding beli baru. mkanya enakan beli ato bikin baru, lmyn kan bisa "kecipratan" sama anggaran ahahaha :big_grin:
makanya sebagai orang yang ngerti mobil rasa rasanya masih make sense ambil mobil bekas >5 thn. msh banyak yang relatif bagus :mky_03:

kalau instansi pemerintahan pdhl mobilnya juga toyota toyota yang terkenal badak tp tiap ganti kabinet pasti dianggarkan ganti :big_bored: gengsi amat yah pake mobil bekas orang lain wkwkwkkw. kek buset dikasih driver loh tinggal suruh driver ke bengkel buat preventif apa susahnya. kg ada mobil mah bisa lah minjem mang di instansi kg ada mobil cadangan wkwkwkwkw.

tp yah yang bisa mikir preventif emang cuma orang yang mindsetnya ngerawat sih :big_bored:

dulu viral W221 jokowi katanya sering mogok itu aja gw heran kok bisa sih sering mogok :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by lexnic »

ChZ wrote: Thu Apr 06, 2023 2:59 kalau instansi pemerintahan pdhl mobilnya juga toyota toyota yang terkenal badak tp tiap ganti kabinet pasti dianggarkan ganti :big_bored: gengsi amat yah pake mobil bekas orang lain wkwkwkkw. kek buset dikasih driver loh tinggal suruh driver ke bengkel buat preventif apa susahnya. kg ada mobil mah bisa lah minjem mang di instansi kg ada mobil cadangan wkwkwkwkw.
gengsinya kegedean mbah. antara "kaget" gegara megang duit banyak ato emg udh norak dri bawaannya. mkanya saya paling males klo ktmu sama hampir semua mobil2 pejabat di jalan, berasa udh kyk raja aja. dikit2 pake strobo, dikit2 pake tet tot tet tot, sradak sruduk seenaknya sndiri. kok enak amat gk ada sopan santunnya sama skali.
ChZ wrote: Thu Apr 06, 2023 2:59 dulu viral W221 jokowi katanya sering mogok itu aja gw heran kok bisa sih sering mogok :mky_07:
ini miris sih. masa mobil kepresidenan smpe mogok, brarti perawatannya dipertanyakan tuh. antara sengaja dibiarin bgtu biar peremajaan unit lbh cepet ato emg beneran gk bisa ngerawat mobilnya..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Thu Apr 06, 2023 1:23
b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 15:57 jeleknya bayar maintenacenya ud kayak ngontrak :mky_03:
om boku, biaya maintenance apartemen per bulannya skrg brp ya?
itu udah include listrik, air, keamanan ama sampah?
di avg 5jt om :mky_01:

soalnya maintenace itu per 3 bulan ditagih 8jtan tiap bulan saya bayar listrik aer galon bisa 1,4-1,8jt tergantung pemakaian listrik sama pesenan galon

saya punya luas 100sqm om :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ChZ »

bimzbim wrote: Thu Apr 06, 2023 2:50
di eropa, public transport sudah digarap baik, penjualan mobil tetep kenceng sih. Anggapan bahwa public trasport yg baik menurunkan angka penjualan mobil kayaknya kurang pas. Lebih tepatnya, public transport yg baik mengurangi tingkat pemakaian mobil/kendaraan
perbedaan mendasarnya ada di

mampu beli

atau

maksa (atau terpaksa) beli. emphasize di kata "berjuang keras"

sayangnya di indo banyak yang nomer 2. dan inget kontroversi awal program insentif LCGC muncul goalnya sama sekali bukan environmentalist tapi "supaya mobil makin terjangkau". muncullah rentetan masalah di atas. nyicil mobil tenor sampai 8 tahun minta DP seminimal mungkin, bensin minta disubsidi, oli mau yang murah, perawatan dll mau yang murah. ngerti sendiri dulu yang ngegol-in program LCGC itu atpm mana. yang sempet ada flop drama sampe dirut nya dicopot akibat mobil udah numpuk di gudang tapi gak bisa jual.

kalau sy masyarakat bawah yang di daerah rumah pinggiran kota tidak terjangkau public transport. pilihannya tentu saja
a. naik ojol/taksol (yang technically juga mobil pribadi yang disewakan)
b. beli / nyicil motor, yang ketika penghasilan saya udah nambah (sedikit) tentu saja sy berharap macet-macetannya nggak harus sambil panas-panasan atau ribet pakai jas hujan dengan risiko sampai kantor masuk angin. pulang kantor nanti nyambi taksol buat tambah2 bayar cicilan
c. beli mobil bekas jadul (mosatuba : mobil sangat tua bangka) dengan konsekuensi bisa mogok sewaktu-waktu.

sayangnya dengan makin gilanya harga properti tentu saja yang background nya seperti ini banyak. ini ladang basah bisnis otomotif terutama sepeda motor dan mobil murah. dan sayangnya penjualan mobil kita emang sedikit, makanya kalau public transport digarap kan pasti makin sedikit.

paling tidak berkurang. karena pekerja eight-to-lembur ga lagi merasa butuh mobil/motor baru, yah paling yang pake itu sales atau ojol/taksol. tapi jumlahnya signifikan karena pasti pasar ojol/taksol pun juga berkurang. kalaupun ga berkurang, belinya bisa nunggu keuangan settle dulu, bisa ngatur finansial dengan nyaman karena uangnya ada.

kalau sdh gini ya jadilah negara eropa atau jepang itu. bisa beli mobil karena beneran "mampu". ga perlu tuh kita debat mobil 500 juta isi biosolar karena kalo sdh orang mampu beli econobox pun isinya pertamax turbo juga nggak masalah.

dan faktor paling krusialnya, kita di indo ini cuma tukang jahit. penjualan turun pasti investor mikir juga mau angkat kaki. udahlah produk musti localized spec isi minyak tanah jalan, harus bikin mobil semurah mungkin dan itungan jual rugi, dicaci maki netizen, dibanding bandingin ama produk china, masukin barang india dicaci maki, tapi cuan ga seberapa, annual sales per year cuma 1jt unit total semua merek. wkwkkwkwkw.

klo ane bilang sih atpm2 udah pasrah sama jualan di sini. makanya selain LCGC/LMPV harganya ugal-ugalan.
Last edited by ChZ on Thu Apr 06, 2023 6:49, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: Thu Apr 06, 2023 6:09
AbdulHakim wrote: Thu Apr 06, 2023 1:23
b0ku wrote: Wed Apr 05, 2023 15:57 jeleknya bayar maintenacenya ud kayak ngontrak :mky_03:
om boku, biaya maintenance apartemen per bulannya skrg brp ya?
itu udah include listrik, air, keamanan ama sampah?
di avg 5jt om :mky_01:

soalnya maintenace itu per 3 bulan ditagih 8jtan tiap bulan saya bayar listrik aer galon bisa 1,4-1,8jt tergantung pemakaian listrik sama pesenan galon

saya punya luas 100sqm om :mky_01:
Gw kmaren suka nontonin vlog orang living alone di jp. Trus mereka sewa apartment di tokyo gitu kan. Hidup sendiri kerja sendiri; urus diri sendiri lahh

Rata2 biaya sewa perbulan 70rb - 100k yen daerah tokyo ( anggep lah Rp10 jt / bulan)

Trus biaya air, listrik, gas, internet totalan sekitar 30k-50k yen (5jt) / bulan . Sama ky cost om boku diatas

Sisanya buat transport sama makan. Makan mereka klo mau hemat ya masak sendiri di apart. Kg beli makanan jadi mulu di resto2 .
Itu kurang lebih abis 50k yen jg (5 jt)

Jd pengeluaran 1 bulan buat hidup sendirian ditotal bs abis sekitar 200k yen (20 jt-an)


Nahhh…. Gaji mereka pegawai kantoran rata2 start dari 250k-500k yen (25-50 jt perbulan) trgantung posisi n jabatan. Yah masih bisa nutup smua tuh pengeluaran. Bisa nabung jg buat keperluan lain misal beli mobil; vacation; bahkan pacaran wkwk

Dengan quality of life yg bagus jg disana. Makanan bergizi smua, public transport memadai. Negaranya bersih, aman. Manusia2nya jg pada beradab kelakuannya. Jadi itu namanya hidup ya begitu

Lah kita di indo gimana menn... Pegawai kantoran aj bisa dpt gaji 10 jutaan / bulan udah bagus bener. Klo pun iya. Kerjanya diperes kek kuda sama atasan. Ini kita ngomong yg average hidup masyarakat kita ya.

Bukan orang2 tertentu yg punya previlege khusus bs masuk jalur dalam; posisi tiba2 tinggi tanpa perjuangan dll :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Aswajr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by Aswajr »

KielConstantine wrote: Thu Apr 06, 2023 6:46
b0ku wrote: Thu Apr 06, 2023 6:09
AbdulHakim wrote: Thu Apr 06, 2023 1:23
om boku, biaya maintenance apartemen per bulannya skrg brp ya?
itu udah include listrik, air, keamanan ama sampah?
di avg 5jt om :mky_01:

soalnya maintenace itu per 3 bulan ditagih 8jtan tiap bulan saya bayar listrik aer galon bisa 1,4-1,8jt tergantung pemakaian listrik sama pesenan galon

saya punya luas 100sqm om :mky_01:
Gw kmaren suka nontonin vlog orang living alone di jp. Trus mereka sewa apartment di tokyo gitu kan. Hidup sendiri kerja sendiri; urus diri sendiri lahh

Rata2 biaya sewa perbulan 70rb - 100k yen daerah tokyo ( anggep lah Rp10 jt / bulan)

Trus biaya air, listrik, gas, internet totalan sekitar 30k-50k yen (5jt) / bulan . Sama ky cost om boku diatas

Sisanya buat transport sama makan. Makan mereka klo mau hemat ya masak sendiri di apart. Kg beli makanan jadi mulu di resto2 .
Itu kurang lebih abis 50k yen jg (5 jt)

Jd pengeluaran 1 bulan buat hidup sendirian ditotal bs abis sekitar 200k yen (20 jt-an)


Nahhh…. Gaji mereka pegawai kantoran rata2 start dari 250k-500k yen (25-50 jt perbulan) trgantung posisi n jabatan. Yah masih bisa nutup smua tuh pengeluaran. Bisa nabung jg buat keperluan lain misal beli mobil; vacation; bahkan pacaran wkwk

Dengan quality of life yg bagus jg disana. Makanan bergizi smua, public transport memadai. Negaranya bersih, aman. Manusia2nya jg pada beradab kelakuannya. Jadi itu namanya hidup ya begitu

Lah kita di indo gimana menn... Pegawai kantoran aj bisa dpt gaji 10 jutaan / bulan udah bagus bener. Klo pun iya. Kerjanya diperes kek kuda sama atasan. Ini kita ngomong yg average hidup masyarakat kita ya.

Bukan orang2 tertentu yg punya previlege khusus bs masuk jalur dalam; posisi tiba2 tinggi tanpa perjuangan dll :mky_07:
ane bersyukur banget loh kalo liat comment2 kaya gini tentang kerjaan, gaji mayan, kerja enak ga terlalu berat..sebenernya sie kalo ane perhatiin orang kebanyakan kerja kaya kuda mungkin lom tau selanya...sebenernya kalo kerjaan beres, ditanya bisa jawab, kerja efektif harusnya ga kaya gitu sie..soalnya yang ane liat kebanyakan orang kalo ditanya jawabnya ga tau molo sampe kesel..takut ditambah kerjaan x yah...

ada tapinya sie asal perusahaannya ga sinting...wkwkwk...

share pengalaman aja, dlu ane pernah ngegantiin orang bisa kerja sampe jam 1 jam 2 malem apalagi kalo closing..waktu diajarin liat cara kerjanya dy stress bener..setelah 2 bulan ane perlahan2 benerin semua reporting2nya, tiap hari pulang jam 5 teng boss ane ga pernah komen apa2 malah disuruh pulang aja besok2 diskusinya aja soalnya dy lebih sibuk sama yang laen...sekarang juga kaya gitu, pulang harusnya jam 5 ane pulang 3.30 udah cabut, boss ane santai aja tuh..makanya bersyukur banget punya boss dan kerjaan yang oke dengan THP memadai, bisa dapet rumah mobil. tinggal pasangan aja lom ada nie :P:P *Curhat cuy...

balik lagi ke masalah mobil, ane perhatikan emank sebagian masyarakat kita itu sama seperti masyarakat Amrik budayanya, ambil dlu aja nanti pikirin masalahnya di kemudian hari, ex: ngutang di warung sampe banyak ga bisa bayar, pake kartu kredit yang dibayar minimumnya..their life not below their means or even equal to, it has to be above why? gengsiii cuyyyy....padahal walaupun ane beli mobil, kalo kerja tetep mostly tetep naek kereta tuh kenapa? hemat oi, 1 hari transport Tangerang Jakarta abis 12ribu + bensin aja...itu juga udah sama parkir seharian..duitnya dari dlu ane simpenin aja..bersyukur banget ga kemakan gengsssiiii...
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3406
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by kendibocor »

KielConstantine wrote: Thu Apr 06, 2023 6:46
b0ku wrote: Thu Apr 06, 2023 6:09
AbdulHakim wrote: Thu Apr 06, 2023 1:23
om boku, biaya maintenance apartemen per bulannya skrg brp ya?
itu udah include listrik, air, keamanan ama sampah?
di avg 5jt om :mky_01:

soalnya maintenace itu per 3 bulan ditagih 8jtan tiap bulan saya bayar listrik aer galon bisa 1,4-1,8jt tergantung pemakaian listrik sama pesenan galon

saya punya luas 100sqm om :mky_01:
Gw kmaren suka nontonin vlog orang living alone di jp. Trus mereka sewa apartment di tokyo gitu kan. Hidup sendiri kerja sendiri; urus diri sendiri lahh

Rata2 biaya sewa perbulan 70rb - 100k yen daerah tokyo ( anggep lah Rp10 jt / bulan)

Trus biaya air, listrik, gas, internet totalan sekitar 30k-50k yen (5jt) / bulan . Sama ky cost om boku diatas

Sisanya buat transport sama makan. Makan mereka klo mau hemat ya masak sendiri di apart. Kg beli makanan jadi mulu di resto2 .
Itu kurang lebih abis 50k yen jg (5 jt)

Jd pengeluaran 1 bulan buat hidup sendirian ditotal bs abis sekitar 200k yen (20 jt-an)


Nahhh…. Gaji mereka pegawai kantoran rata2 start dari 250k-500k yen (25-50 jt perbulan) trgantung posisi n jabatan. Yah masih bisa nutup smua tuh pengeluaran. Bisa nabung jg buat keperluan lain misal beli mobil; vacation; bahkan pacaran wkwk

Dengan quality of life yg bagus jg disana. Makanan bergizi smua, public transport memadai. Negaranya bersih, aman. Manusia2nya jg pada beradab kelakuannya. Jadi itu namanya hidup ya begitu

Lah kita di indo gimana menn... Pegawai kantoran aj bisa dpt gaji 10 jutaan / bulan udah bagus bener. Klo pun iya. Kerjanya diperes kek kuda sama atasan. Ini kita ngomong yg average hidup masyarakat kita ya.

Bukan orang2 tertentu yg punya previlege khusus bs masuk jalur dalam; posisi tiba2 tinggi tanpa perjuangan dll :mky_07:
Tapi kalo nonton/baca di berita salaryman2 disana bukannya hidupnya brutal ya om? Pulang kerja jam 1700 apa 1800 kalo ga lembur, trus biasa ada nemenin bos atau klien minum2, pulang bisa tengah malem. Kadang ada jg salaryman yg ga bisa afford sewa tempat tinggal sampe tinggal di internet cafe gitu yg bisa nginep dan biayanya lebih murah. Makanya kan populasinya usia produktifnya makin menurun kan karena orang malas berkeluarga dan punya anak.

Sebenernya tiap negara pasti punya plus minusnya sih. Kita aja sering ngerasa lucu/miris/malu sama kelakuan wakil2 rakyat yg tau sendiri lah prestasinya. Tp kalo liat CEO tiktok kemaren diserang sama DPRnye amerika ya ternyata kualitasnya sama2 aja toh sama kita punya. Sampe dibully sama netijen karena "kepintaran" mereka.
Kalo liat negaranya jg sekarang US banyak banget homeless di kota2. Bikin tenda, kerjaannya ngobat doang.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Thu Apr 06, 2023 6:46

Gw kmaren suka nontonin vlog orang living alone di jp. Trus mereka sewa apartment di tokyo gitu kan. Hidup sendiri kerja sendiri; urus diri sendiri lahh

Rata2 biaya sewa perbulan 70rb - 100k yen daerah tokyo ( anggep lah Rp10 jt / bulan)

Trus biaya air, listrik, gas, internet totalan sekitar 30k-50k yen (5jt) / bulan . Sama ky cost om boku diatas

Sisanya buat transport sama makan. Makan mereka klo mau hemat ya masak sendiri di apart. Kg beli makanan jadi mulu di resto2 .
Itu kurang lebih abis 50k yen jg (5 jt)

Jd pengeluaran 1 bulan buat hidup sendirian ditotal bs abis sekitar 200k yen (20 jt-an)


Nahhh…. Gaji mereka pegawai kantoran rata2 start dari 250k-500k yen (25-50 jt perbulan) trgantung posisi n jabatan. Yah masih bisa nutup smua tuh pengeluaran. Bisa nabung jg buat keperluan lain misal beli mobil; vacation; bahkan pacaran wkwk

Dengan quality of life yg bagus jg disana. Makanan bergizi smua, public transport memadai. Negaranya bersih, aman. Manusia2nya jg pada beradab kelakuannya. Jadi itu namanya hidup ya begitu

Lah kita di indo gimana menn... Pegawai kantoran aj bisa dpt gaji 10 jutaan / bulan udah bagus bener. Klo pun iya. Kerjanya diperes kek kuda sama atasan. Ini kita ngomong yg average hidup masyarakat kita ya.

Bukan orang2 tertentu yg punya previlege khusus bs masuk jalur dalam; posisi tiba2 tinggi tanpa perjuangan dll :mky_07:


indo mah sebenernya paling sante om cuma di indo itu kalo jadi pegawai kudu sabar kalo gak sabaran ya self employee kek saya, cuma kalo ud mulai mapan ngasilin 15-20jt idup jauh lebih enak dari di luar negri yang gaji bisa 50jt :big_biglaugh:

saya 5jt sebulan ini APT mewah om dulu awal saya pindah kesini jamannya supercar masih EM EMannya 1 digit banyak yang punya tiap tower pasti ada yang punya sekarang si ud gak ada paling pada pake macan sama cayenne kalo yang aneh2x :big_biglaugh:

kalo misalnya tinggal di apartement biasa dulu saya pernah sih paling murah 800.000rb ud semua maintenace listrik aer ukuran 32sqm kalo sekarang mungkin avg tinggal di apt 2jtan buat semua oer bulan :mky_01:
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by Tats »

Pengen cerita dikit ah hehe
Sy dulu beli w204 taun 2008
Berarti mobilnya udah 15 taun
Sampe skr masih pakai daily mobilnya enak bgt
Radius putar kecil mantap, audio harman kardon menggelegar
Memory seat lengkap, kalo dibanding mobil jaman skr ga ada apple carplay aja
Emang saat ini sy ada mobil yg lebih baru cuma entah kenapa ini tetap mobil paling enak buat daily diantara mobil sy yg lain
Rasanya tetap solid, sepertinya merc era w204 dan w212 memang merc generasi terbaik secara value dan bq

Lucunya ini mobil lebih jarang masuk bengkel dibanding mobil2 jepang sy yg relatif masih baru
Merc era ini cocok buat frugal living menurut sy asal ga pikirin gengsi pengen merc gen baru seperti w206 yg entah knp sy ga kepengen karena audionya jauh lebih busuk dibanding w204 sy huahaha
Flox2011
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Jan 26, 2020 1:31

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by Flox2011 »

Kalau gw.pribadi lihat mobil di atas 2008 gk bisa dibilang tua (14 years at this point) karena rata2 keluar model yg lumayan mature macam Ava/Xen dan Livina. Bahkan kelas 2000cc ke atas macam CRV RE dan Xtrail T31 gk kelihatan tua-nya.

Mesin sdh pasti injeksi, power window, AC dingin, head unit meskipun non-LED tp rata2 masih ada Aux dan USB. Untuk day-to-day mobil 2008 ke atas gk kerasa tuanya untuk orang awam.

Itu lah kenapa setiap ada tetangga dan teman nanya beli mobil pertama gw bilang siapain 70jt minimal dapet Livina atau Ava/Xen gen 1, biar gk kerasa gatel upgrade mobil baru.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by b0ku »

Tats wrote: Fri Apr 07, 2023 11:38 Pengen cerita dikit ah hehe
Sy dulu beli w204 taun 2008
Berarti mobilnya udah 15 taun
Sampe skr masih pakai daily mobilnya enak bgt
Radius putar kecil mantap, audio harman kardon menggelegar
Memory seat lengkap, kalo dibanding mobil jaman skr ga ada apple carplay aja
Emang saat ini sy ada mobil yg lebih baru cuma entah kenapa ini tetap mobil paling enak buat daily diantara mobil sy yg lain
Rasanya tetap solid, sepertinya merc era w204 dan w212 memang merc generasi terbaik secara value dan bq

Lucunya ini mobil lebih jarang masuk bengkel dibanding mobil2 jepang sy yg relatif masih baru
Merc era ini cocok buat frugal living menurut sy asal ga pikirin gengsi pengen merc gen baru seperti w206 yg entah knp sy ga kepengen karena audionya jauh lebih busuk dibanding w204 sy huahaha
2008 emang emang peak era om mobil saya 2 2nya dari era yang sama GE8 sama pajero lama bener2x teknologi itu dipasang buat bikin idup lebih mudah bukan nyusahin kek mobil jaman sekarang :big_biglaugh:
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by suvmania »

Tats wrote: Fri Apr 07, 2023 11:38 Pengen cerita dikit ah hehe
Sy dulu beli w204 taun 2008
Berarti mobilnya udah 15 taun
Sampe skr masih pakai daily mobilnya enak bgt
Radius putar kecil mantap, audio harman kardon menggelegar
Memory seat lengkap, kalo dibanding mobil jaman skr ga ada apple carplay aja
Emang saat ini sy ada mobil yg lebih baru cuma entah kenapa ini tetap mobil paling enak buat daily diantara mobil sy yg lain
Rasanya tetap solid, sepertinya merc era w204 dan w212 memang merc generasi terbaik secara value dan bq

Lucunya ini mobil lebih jarang masuk bengkel dibanding mobil2 jepang sy yg relatif masih baru
Merc era ini cocok buat frugal living menurut sy asal ga pikirin gengsi pengen merc gen baru seperti w206 yg entah knp sy ga kepengen karena audionya jauh lebih busuk dibanding w204 sy huahaha
Halo om, pakai w204 nya yg tipe apa ya? Abang saya juga baru ambil w204 tahun lalu, karena dia tinggal di luar kota, jadi mobilnya seringan saya yg pake dan maintenance. Memang mobil ini cukup reliable sih, gak terlalu beda dengan rawat mobil Jepang. Kecuali beberapa bulan lalu harus ganti ECU karena mulai muncul error dan akhirnya diganti copotan :mky_01:
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ginting »

Tats wrote: Fri Apr 07, 2023 11:38 Pengen cerita dikit ah hehe
Sy dulu beli w204 taun 2008
Berarti mobilnya udah 15 taun
Sampe skr masih pakai daily mobilnya enak bgt
Radius putar kecil mantap, audio harman kardon menggelegar
Memory seat lengkap, kalo dibanding mobil jaman skr ga ada apple carplay aja
Emang saat ini sy ada mobil yg lebih baru cuma entah kenapa ini tetap mobil paling enak buat daily diantara mobil sy yg lain
Rasanya tetap solid, sepertinya merc era w204 dan w212 memang merc generasi terbaik secara value dan bq

Lucunya ini mobil lebih jarang masuk bengkel dibanding mobil2 jepang sy yg relatif masih baru
Merc era ini cocok buat frugal living menurut sy asal ga pikirin gengsi pengen merc gen baru seperti w206 yg entah knp sy ga kepengen karena audionya jauh lebih busuk dibanding w204 sy huahaha
halo oom...apabener kalo kena racksteering W204 bisa kena 60 jt ??
saya sendiri juga suka ama W204, desainnya itu gak neko neko, nyambung dari depan sampai belakang ngalir...dan timeless..
Mercy yg style bongkok menurut saya paking jelek

(bongkok : pantat turun)
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by Tats »

ginting wrote: Sun Apr 09, 2023 12:48
halo oom...apabener kalo kena racksteering W204 bisa kena 60 jt ??
saya sendiri juga suka ama W204, desainnya itu gak neko neko, nyambung dari depan sampai belakang ngalir...dan timeless..
Mercy yg style bongkok menurut saya paking jelek

(bongkok : pantat turun)
Waduh rack steer sy belum kena om
Tp harusnya kalau ganti di bengkel non beres ga akan sampai puluhan juta sih om, paling masih belasan
So far slow moving part yg pernah diganti cuma shockbreaker ganti bilstein, karet2, sm speed sensor aja om hehe
Speed sensor dulu ganti di BeRes 7jt belum jasa
suvmania wrote: Sat Apr 08, 2023 12:01 Halo om, pakai w204 nya yg tipe apa ya? Abang saya juga baru ambil w204 tahun lalu, karena dia tinggal di luar kota, jadi mobilnya seringan saya yg pake dan maintenance. Memang mobil ini cukup reliable sih, gak terlalu beda dengan rawat mobil Jepang. Kecuali beberapa bulan lalu harus ganti ECU karena mulai muncul error dan akhirnya diganti copotan :mky_01:
Sama mobil kita om hehe
So far ecu panggang sy masih aman mudah2an aman selamanya deh hehe
Mau tanya om ganti ecu di c230nya brp om?
b0ku wrote: Sat Apr 08, 2023 7:29 2008 emang emang peak era om mobil saya 2 2nya dari era yang sama GE8 sama pajero lama bener2x teknologi itu dipasang buat bikin idup lebih mudah bukan nyusahin kek mobil jaman sekarang :big_biglaugh:
Agree, jazz ge8 akan menjadi honda hatchback (for mass product) terbaik untuk waktu yg lama menurut sy
Jazz gk5 agak amburadul, lalu skr ada city hatchback yang agak kemahalan menurut sy
Tp civic hatchback turbo menarik juga tuh walau sy ga cocok sm karakter cvt honda turbo
Kebetulan sy skr ada crv turbo juga dan agak kecewa sm feeling cvtnya
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by suvmania »

Tats wrote: Sun Apr 09, 2023 14:43 Sama mobil kita om hehe
So far ecu panggang sy masih aman mudah2an aman selamanya deh hehe
Mau tanya om ganti ecu di c230nya brp om?
Km udh jalan berapa om? Kayaknya mobil saya problem ECU karena owner sebelumnya gak sering pakai mobilnya, km baru 57k waktu diangkut. Sekarang di saya sih setahun udh mau 70k hahaha
Ganti ECU nya copotan, om, kena 13 jt. ECU 272 sekarang agak sulit nyari yg mau repair, karena banyak yg kendala lagi setelah ECU di repair. Bengkel pada jual yg copotan jg, padahal dulu sempet booming juga ECU baru buatan cina. Tapi sekarang udh gak rekomen jg pake yg cina.
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
User avatar
BrianK3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
Daily Vehicle: VW Tiguan 2014

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by BrianK3 »

Frugal living yah hmm… menarik juga. Dulu aku ambil VW Tiguan 2014 pas tahun 2020 kmrn juga yah karena itu harga sekennya sangat worthed. Kalo nggak salah inget nebus 220 JT. Skrg masih dipakai rutin, total maintenance cost (servis rutin, perintilan dan overhaul kaki2) mungkin total2 sekitar 15-20% dari harga mobil. 270-280 JT kalo mobil baru dapet apa skrg coba, suram banget. WR-V juga kayanya nggak dapet dan itu jauh banget build quality, kabin dan fun to drivenya vs si VW.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by darrelund »

neh frugal living

https://www.motor1.com/news/671165/pors ... ERYTsfacmI

gaya dapet irit dapet

ibarat lexus LX tpi pake 2KD :big_biglaugh:

minusnya, lokasi mobil di ukraine :big_biglaugh:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ginting »

BrianK3 wrote: Wed Apr 26, 2023 11:21 Frugal living yah hmm… menarik juga. Dulu aku ambil VW Tiguan 2014 pas tahun 2020 kmrn juga yah karena itu harga sekennya sangat worthed. Kalo nggak salah inget nebus 220 JT. Skrg masih dipakai rutin, total maintenance cost (servis rutin, perintilan dan overhaul kaki2) mungkin total2 sekitar 15-20% dari harga mobil. 270-280 JT kalo mobil baru dapet apa skrg coba, suram banget. WR-V juga kayanya nggak dapet dan itu jauh banget build quality, kabin dan fun to drivenya vs si VW.
oom, mau tanya...
dengan asumsi habis 40 juta buat repair sana sini, kira kira itu tahan berapa lama pemakaian, hingga ketemu lagi siklus berikutnya untuk peremajaan parts?
kadang miris juga lihat harga harga mobil baru yg gak ngotak.
kayaknya beli mobkas dan lakukan total refurbishment, udah lebih masuk akal asal kita niat.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by b0ku »

ginting wrote: Mon Jun 12, 2023 3:47
oom, mau tanya...
dengan asumsi habis 40 juta buat repair sana sini, kira kira itu tahan berapa lama pemakaian, hingga ketemu lagi siklus berikutnya untuk peremajaan parts?
kadang miris juga lihat harga harga mobil baru yg gak ngotak.
kayaknya beli mobkas dan lakukan total refurbishment, udah lebih masuk akal asal kita niat.
kadang saya mikirnya gitu om itung jazz saya aja 2016 saya beli 160jt + modif estimasi 80jt = baru 240jt dapet mobil yang kualitasnya drivingnya setara mobil bekas pasaran 500jt mungkin kalo baru bisa 800-900jt kali ini ngomongin drivingnya loh bukan powernya kalo mau power tambahin 50-80jt ud jadi pake mesin turbo atau yang bolt on kayak sprintex aja cuma 30jtan keknya :big_biglaugh:

beli mobil baru boro2x beli mobil yang kelasnya setara macem city HB aja kagak kebeli 240jt :mky_03:

belom itungan pake market price sekarang ud tinggal 135jt buat tipe yang saya beli itupun harga gorengan :mky_07:

rugi donk buang 80jt ??? :upss:

emang beli city HB baru gak depreciate sampe 80jt ?? :big_biglaugh:

80jt itu dalam bentuk komponen loh kalo di cabutin mungkin masih bisa dijual dapet jelek2xnya 50% dari harga beli :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ChZ »

ginting wrote: Mon Jun 12, 2023 3:47
oom, mau tanya...
dengan asumsi habis 40 juta buat repair sana sini, kira kira itu tahan berapa lama pemakaian, hingga ketemu lagi siklus berikutnya untuk peremajaan parts?
kadang miris juga lihat harga harga mobil baru yg gak ngotak.
kayaknya beli mobkas dan lakukan total refurbishment, udah lebih masuk akal asal kita niat.
asumsi beli nya mobil europ kelas mid sedan... E60 atau F10.

ane anggep running cost nya 100 juta per 5 tahun sih. kalo mobil class lebih low lebih murah lg. asumsi juga dapet unit layak pake bukan hampir masuk scrapyard.

tp biaya akuisisi nya bisa cuma seharga LCGC baru masih kembalian. repair kayak misal E60 530i thn 2005 aja udah 100 juta kecil, tambah 100juta utk 5 thn pemakaian jadinya 200 juta. pdhl itu mobil kelasnya 1.5 M sekarang wkwkwkwkw. bahkan dgn segala electrical gremlinsnya dan mechatronic problem yang bisa belasan puluhan lebih worth it.

pengecualian VW golf MK6 TSI sih wkwkwkkwkw. makanya jatoh banget pasarannya soalnya pd mending ambil GTInya lebih bandel.

enaknya mobil seken tua itu part nggak harus baru. slow moving tinggal kampak. apalagi cm lampu lampuan bodypart velg ama elektronik di junkyard pd masih jalan itu. wakakkakaka.

jepangan beli honda accord 2008 aja kayaknya malah 5 tahun jauh di bawah angka 50...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ginting »

ChZ wrote: Mon Jun 12, 2023 4:54
ginting wrote: Mon Jun 12, 2023 3:47
oom, mau tanya...
dengan asumsi habis 40 juta buat repair sana sini, kira kira itu tahan berapa lama pemakaian, hingga ketemu lagi siklus berikutnya untuk peremajaan parts?
kadang miris juga lihat harga harga mobil baru yg gak ngotak.
kayaknya beli mobkas dan lakukan total refurbishment, udah lebih masuk akal asal kita niat.
asumsi beli nya mobil europ kelas mid sedan... E60 atau F10.

ane anggep running cost nya 100 juta per 5 tahun sih. kalo mobil class lebih low lebih murah lg. asumsi juga dapet unit layak pake bukan hampir masuk scrapyard.

tp biaya akuisisi nya bisa cuma seharga LCGC baru masih kembalian. repair kayak misal E60 530i thn 2005 aja udah 100 juta kecil, tambah 100juta utk 5 thn pemakaian jadinya 200 juta. pdhl itu mobil kelasnya 1.5 M sekarang wkwkwkwkw. bahkan dgn segala electrical gremlinsnya dan mechatronic problem yang bisa belasan puluhan lebih worth it.

pengecualian VW golf MK6 TSI sih wkwkwkkwkw. makanya jatoh banget pasarannya soalnya pd mending ambil GTInya lebih bandel.

enaknya mobil seken tua itu part nggak harus baru. slow moving tinggal kampak. apalagi cm lampu lampuan bodypart velg ama elektronik di junkyard pd masih jalan itu. wakakkakaka.

jepangan beli honda accord 2008 aja kayaknya malah 5 tahun jauh di bawah angka 50...
mungkin perlu juga nih coba CP2 Honda Accord, entah yg 2,4 ltr atau 3,5 ltr dipiara
siapkan budget 50 jt buat peremajaan.
kalau ganti oli, filter, ban, belt, dll...gak usah dihitung..mobil muda juga pasti butuh itu fast moving parts..

tapi hal begini biasa ditentang istri,..
nanti mogok di jalan.
dijual kembali nanti jadi susah,,
dll

//balek maning nang Ayla :mky_07: :mky_07: :mky_07:
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by akbarfit »

menurut saya frugal living with cars paling mantep adalah pakai Suzuki Katana.
itu mobil dirawat sederhana mudah banget, dirawat jadikan OEM-OEM CBU jepangan apa negeri mana juga bisa.
cuman kalau udah urusan kenyamanan sama health cost gara2 ajrut2an beda lagi ahahah...
partsnya katana itu super duper murah untuk lokalan dan yang biasa-biasa saja. Lain cerita kalo sudah beli aksesoris/perintilan gaya negeri seberang misalnya.

alternatif kedua, pakai kijang kapsul.
alternatif ketiga, bisa pakai avanza

selebihnya mengikuti zaman aja. ada yang lebih mampu bisa pakai Innova.

umumnya begini, saya beranggapan semua uang yang keluar, baik itu nanti jadi investasi, aset, properti dsbnya... adalah uang yang akan hilang. Resiko hilang bisa dari force majeure (kebakaran, kemalingan, gempa, dsb) atau simply investasi bodong karena properti bermasalah, nilai asset/investment turun tidak terkendali.. atau oleh karena kondisi dan situasi pasar, maupun lingkungan sekitar.
Maka, untuk hal yang sifatnya tersier (mobil dlm hal ini) bagi umumnya wong indonesah.. harus kita minimalkan.
sampai hari ini bagi pengalaman saya, yang disebut frugal living terkait mobil itu ya pakai yang ada dirumah. Bila kita anak orang mampu jaman dulu yang bisa punya mobil, maka mobil yang diberikan ortu misalnya, atau diturunkan ke anak.. ya itu yang dipakai sampai betul-betul rusak.
Pengalaman saya punya X-Trail, lungsuran dari ortu. Saya gunakan sampai nilai ekonomisnya habis, segala parts yang masih bisa direkondisi sudah dilakukan, segala parts yang harus diganti sudah diganti. Giliran nanti ada kerusakan lagi, assy/assembly unit komplit yang harus dibeli. Nah untuk keadaan saya saat ini sangat tidak memungkinkan untuk fokus merawat, menunggu downtime masuk bengkel, dan menjalani kegiatan saya yang menyita waktu 24/7 dengan beban kerja yang tambah berat. DItambah lagi kondisi finansial saat yang akan datang ini betul-betul serasa unemployed. saya jual saja. biar diteruskan orang lain.

kepuasan beli mobil baru hanya bisa dirasakan kalau kita senang dan ada rasa bangga/pride (self pleasure/self reward) terhadap mobil yang kita miliki. Kalau hanya sekedar (maaf ya) innova, avanza, calya, agya, mobilio, karimun, datsgo, march, dsbnya yang umum dipakai sebagai people carrier/econobox.. menurut saya akan sangat sulit mendapatkan itu. jadi agak-agaknya sulit kalau mau menerapkan gaya frugal living yang puas thdp 1 mobil tersebut. karena lewat 5 tahun, akan sangat terasa outdatednya.

tapi ingat, segala sesuatu yang ada pride didalamnya, umumnya bukan pilihan ekonomis, maupun murah. Frugal beda dengan semurah-murahnya. Jadi konsep frugal itu ya.. ada variabel waktu dan biaya nya.. waktu harus bisa panjang, biaya harus bisa minim. kalau hanya salah satu, biasanya mbendol mburi/nombok di belakang. dan konsep frugal ini berkaitan dengan nilai uang pendapatan masing-masing orang. tidak bisa disamakan. hubungannya dengan kebutuhan primer dan sekunder yang harus dipenuhi vs keinginan/tabungan yang harus dimiliki.
makanya saya sering heran dengan Ojol yang pakai ADV/PCX, ataupun yang katanya buruh pakai Ninja dan motor 250cc up lainnya. Tapi itu semua memang pride level mereka, mungkin bagi kita motor biasa saja, mobil harus bagus. bagi mereka mobil tidak mampu beli atau punya tapi biasa saja, maka motor harus terbagus. Tidak bisa kita sama ratakan. Apalagi memahamkan mereka dengan konsep ndakik-ndakik tentang manajemen keuangan yang lebih rumit. YOLO saja sudah cukup bagi umumnya orang..

kepuasan beli mobkas? lebih singkat lagi honeymoon period nya.. tapi kalau itu mobil yang umum, nilai depresiasinya sdh membantu utk save money lebih banyak. andaikata ada kerusakan, tingkat kesulitannya tidak sampai bikin jebol kantong. Terbukti, setelahnya saya beli Innova bensin. Cuma pakai 1 tahun karena seluruh rencana peremajaan unit di keluarga saya batal. Saya jual lagi. Ya selain karena ada kebutuhan lebih mendesak, saya merasa kurang cocok dengan rasa berkendara Innova. Honeymoon periodnya cukup cepat selesai, padahal ya sudah modif, menambahkan, mengganti segala macam parts dan elektronik kenyamanan lainnya.

Beli mobil baru ya mahal, tapi memang 3-5 tahun pertama terasa sangat nyaman karena minim perawatan yang harus dilakukan.
seandainya bisa beli baru, menurut saya ya harus digunakan minimal 10 tahun. Jika siap menggunakan 10-15 tahun, rasanya sudah bisa dikategorikan frugal living with cars.
Kalaupun harus beli bekas, ya harus yang mudah maintenancenya, serta murah partsnya. Availability aftersalesnya terjamin kemana-mana. banyak dijelaskan bahwa OKL umumnya begitu.

berhubungan dengan itu, mobil/kendaraan yang misalnya diberikan/lungsuran dari ortu itu biasanya kelas mahal/mewah pada zamannya misalnya, ya harus siap dengan kemungkinan maintenance berat yang akan dihadapi karena usia, maupun kilometer. makanya kembali lagi, kalau hanya sekedar frugal living, maka susuki katana jawabnya. sayangnya, susuki katana pun harganya mahal ehehehe...

andaikata bisa memutar waktu, dan jalan hidup saya tentang kebutuhan dan rencana hidup saya tidak seperti saat ini prioritasnya, pasti saya akan tetap pertahankan x-trail saya. :big_childish:
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 288
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by akbarfit »

ChZ wrote: Thu Apr 06, 2023 2:59
lexnic wrote: Wed Apr 05, 2023 8:35
ini jga bener mbah. emg sih ngerawat itu lbh susah dibanding beli baru. mkanya enakan beli ato bikin baru, lmyn kan bisa "kecipratan" sama anggaran ahahaha :big_grin:
makanya sebagai orang yang ngerti mobil rasa rasanya masih make sense ambil mobil bekas >5 thn. msh banyak yang relatif bagus :mky_03:

kalau instansi pemerintahan pdhl mobilnya juga toyota toyota yang terkenal badak tp tiap ganti kabinet pasti dianggarkan ganti :big_bored: gengsi amat yah pake mobil bekas orang lain wkwkwkkw. kek buset dikasih driver loh tinggal suruh driver ke bengkel buat preventif apa susahnya. kg ada mobil mah bisa lah minjem mang di instansi kg ada mobil cadangan wkwkwkwkw.

tp yah yang bisa mikir preventif emang cuma orang yang mindsetnya ngerawat sih :big_bored:

dulu viral W221 jokowi katanya sering mogok itu aja gw heran kok bisa sih sering mogok :mky_07:
ini bukan masalah gengsi, tapi ada anggaran yang harus digunakan. Karena kalau gak digunakan, kebutuhan ini akan digeser pada budget year berikutnya.

dan problem klasik di pemerintahan adalah unprofessional maintenance dengan aset bergerak maupun tidak bergerak masing-masing. Seakan semua serba berganti penanggung jawab, tau-tau rusak, tau-tau lewat masa maintenance. Ujungnya tinggal kayak gerobak, sudah gitu anggaran maintenance tidak jadi soal utama, selalu nanti-nanti. entah karena uangnya hilang, atau tidak jadi fokus utama dengan situasi kondisi lapangan.
banyak lho, ambulance-ambulance bagus (dalam hal ini bidang saya..) di RS, faskes, dsbnya yang mangkrak begitu saja setelah rusak dalam usia muda. ataupun barangnya ambrol digunakan sebisanya. Mirip kayak maintenance pesawat terbang, duct tape to the rescue.

perlu diingat miantenance = down time. Sedangkan penggunaan bisnis tidak bisa kenal downtime. ditambah lagi, siapa yang mau dan paham ditugaskan ngurusi itu? ya kalau gak ditilep, kalau kena tilep. tambah keren lagi itu.
Pejabat/pemangku jabatan/kedudukan berikutnya ampas banget lah kalo ditengah tugas kena ambrolnya. Terganggu ditengah tugas itu kaga enak. Biasanya fasilitas baru bakal dikasi ke Kepala/nomer 1 nya suatu organisasi atau badan, yang lama lungsur ke bawahan-bawahannya, atau digunakan ops umum. :big_grin:
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ChZ »

ginting wrote: Mon Jun 12, 2023 10:39 mungkin perlu juga nih coba CP2 Honda Accord, entah yg 2,4 ltr atau 3,5 ltr dipiara
siapkan budget 50 jt buat peremajaan.
kalau ganti oli, filter, ban, belt, dll...gak usah dihitung..mobil muda juga pasti butuh itu fast moving parts..

tapi hal begini biasa ditentang istri,..
nanti mogok di jalan.
dijual kembali nanti jadi susah,,
dll

//balek maning nang Ayla :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Antara ditentang apa istrinya malah ketagihan om... :ngacir:

Kl mobil terbukti ga mogokan dan ga rewelan ketagihan,

Tp kalo apes skali aja mogok dah disalahin mobilnya tua :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Frugal Living, topic : Cars

Post by ChZ »

akbarfit wrote: Mon Jun 12, 2023 16:02
ini bukan masalah gengsi, tapi ada anggaran yang harus digunakan. Karena kalau gak digunakan, kebutuhan ini akan digeser pada budget year berikutnya.

dan problem klasik di pemerintahan adalah unprofessional maintenance dengan aset bergerak maupun tidak bergerak masing-masing. Seakan semua serba berganti penanggung jawab, tau-tau rusak, tau-tau lewat masa maintenance. Ujungnya tinggal kayak gerobak, sudah gitu anggaran maintenance tidak jadi soal utama, selalu nanti-nanti. entah karena uangnya hilang, atau tidak jadi fokus utama dengan situasi kondisi lapangan.
banyak lho, ambulance-ambulance bagus (dalam hal ini bidang saya..) di RS, faskes, dsbnya yang mangkrak begitu saja setelah rusak dalam usia muda. ataupun barangnya ambrol digunakan sebisanya. Mirip kayak maintenance pesawat terbang, duct tape to the rescue.

perlu diingat miantenance = down time. Sedangkan penggunaan bisnis tidak bisa kenal downtime. ditambah lagi, siapa yang mau dan paham ditugaskan ngurusi itu? ya kalau gak ditilep, kalau kena tilep. tambah keren lagi itu.
Pejabat/pemangku jabatan/kedudukan berikutnya ampas banget lah kalo ditengah tugas kena ambrolnya. Terganggu ditengah tugas itu kaga enak. Biasanya fasilitas baru bakal dikasi ke Kepala/nomer 1 nya suatu organisasi atau badan, yang lama lungsur ke bawahan-bawahannya, atau digunakan ops umum. :big_grin:
Yep, makanya emg kulturnya ganti baru bukan merawat yang ada kan...

Nggak beda kok dgn infrastruktur fasum yg 6 bulan baru jadi ud keliatan jorok dan rusak semua. Bodo amat. Penting jadi. Nama si pejabat keangkat yg "berjasa bangun taman X".

Siklus berulang di pejabat yg duduk berikutnya :big_childish:

Downtime nurut ane ga jadi masalah sih. Toh kl kelas pejabat punya mobil cadangan. RI1 waktu Sclass mogok juga diangkut pake mobil cadangan.

Ya kalo kek kita sih radiator overheat musti manggil teksi :mky_07: masa iya paspampres ama staff ga ad yang antisipasi.

Mesin pabrik yg harus jalan 24/7 jg udah dijadwal downtime nya kapan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7