Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by XMTdeluxe »

Adik saya mau melepas kijang kapsul kesayangan keluarga kami, yg dulu 15 tahun dipegang oleh saya dan dilanjutkan oleh adik saya selama 8 tahun. Alasannya adalah peremajaan karena adik saya tinggal di tangerang dan kerja di karawaci, sering muter2 juga ke downtown jakarta, sebulan sekali main ke puncak atau bandung, 1 tahun dia pasti akan longtrip seperti ke Bali atau Jatim. Pengeluaran BBM saat ini rata-rata 150 ribu per har, lumayan eungap. Padahal sdh ganti injector yaris 1NZ dan visco fan sdh diganti dengan electric fan. Syarat penggantinya harus mobil yang cukup lega, mirip2 kijang kapsul sekarang. Sudah bicara ngalor ngidul, targetnya:

1. Ambil Seken budget 160 juta atau lebih sedikit gpp :
- GNKI (Harus AT, kalau bisa diesel, bensin masuk pertimbangan. V G bebas, tahun yang se-realistisnya saja)
- Cortez 1.8 L Lux+ AMT. IDari user2 Cortez, terutama yg 1.8, saat ini apa saja yang harus diperhatikan ya? AMT nya apakah sdh harus ganti part, part apa saja? Saya masih concern dgn harga actuator di Ignis AGS yg sampai 15 jutaan. Harusnya di Cortez AMT juga ada actuatornya ya? Apakah sdh ada yg bermasalah?
2. Ambil Baru budget 240 juta maksimum (means: hingga 239.999.900). Pilihan saat ini hanya di AN Ertiga 4AT, prefer yg gak pake hibrid2an.

Dengan pilihan seperti itu, kira2 menurut pandangan Om2 apa saja plus minusnya ya? Atau ada pandangan lain Om? Adik saya anaknya 1, dan sptnya tdk ada rencana menambah lagi. Tapi kalau ada rejeki dari Tuhan, siapa tahu. Saya sendiri user AN Ertiga 2018 yg saat ini sdh mencapai 100.000 km odo. Saat ini masih lebih condong ambil seken karena faktor leganya.

Konsiderasi lain: Keep Kisul nya, ambil lagi mobil citicar baru dengan budget less than 200 mio.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by kendibocor »

Kisulnya ada history value? Kalo ga ada ya mending beli baru. Bensin 150rb sehari berat loh. Berarti katakanlah sebulan keluar 20 hari minimal, uda 3 jt. Pake at least 10 thn lg ga pusing. Si om uda biasa miara ertiga kan, beli ertiga lg aja. Atau kalo mo 2nd, drpd GNKI bensin (boros jg) mending avanza aja tinggal nyari taon brp dgn budget segitu, yg penting bukan bekas taxol. Kecuali dpt yg diesel diisi biosol mungkin bisa hemat signifikan.

Kalo pilihannya kaya gitu saya sih mending ertiga baru aja, peace of mind selama brp tahun kedepan tinggal isi bbm sama servis2 rutin.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by gadjahalphien »

Sumbang saran, walo agak nyeleneh dan sudah masuk optionnya TS

Mempertimbangkan Kijangnya : penuh history —> kesayangan keluarga, Sebaiknya di pertahankan aja pensiunkan untuk daily operasiona, Manfaatkan Kisulnya khusus untuk sabtu-minggu

Gantinya, cari aja LCGC, atau citycar kecil khusus untuk operasional keliling jakarta
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2572
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by farizfsa »

ambil citycar murah meriah macem picanto aja, budget bisa dipotong setengahnya itu.
ambil citycar jepangan mahal2, lebih enak juga ga
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by XMTdeluxe »

kendibocor wrote: Mon Mar 06, 2023 6:35 Kisulnya ada history value? Kalo ga ada ya mending beli baru. Bensin 150rb sehari berat loh. Berarti katakanlah sebulan keluar 20 hari minimal, uda 3 jt. Pake at least 10 thn lg ga pusing. Si om uda biasa miara ertiga kan, beli ertiga lg aja. Atau kalo mo 2nd, drpd GNKI bensin (boros jg) mending avanza aja tinggal nyari taon brp dgn budget segitu, yg penting bukan bekas taxol. Kecuali dpt yg diesel diisi biosol mungkin bisa hemat signifikan.

Kalo pilihannya kaya gitu saya sih mending ertiga baru aja, peace of mind selama brp tahun kedepan tinggal isi bbm sama servis2 rutin.
gadjahalphien wrote: Mon Mar 06, 2023 6:40 Sumbang saran, walo agak nyeleneh dan sudah masuk optionnya TS

Mempertimbangkan Kijangnya : penuh history —> kesayangan keluarga, Sebaiknya di pertahankan aja pensiunkan untuk daily operasiona, Manfaatkan Kisulnya khusus untuk sabtu-minggu

Gantinya, cari aja LCGC, atau citycar kecil khusus untuk operasional keliling jakarta
Kalau histori jelas ada om, karena beli dari baru. Dan saya yg pakai 15 tahun pertamanya. Awalnya terlalu banyak sentimentil, tapi kita juga sudah ikhlas jika seandainya yang terbaik adalah dilepas. Kalau pun dipertahankan, juga itu karena melalu pertimbangan yg matang.

Siap Om. Tks advicenya.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by AbdulHakim »

XMTdeluxe wrote: Mon Mar 06, 2023 6:44
kendibocor wrote: Mon Mar 06, 2023 6:35 Kisulnya ada history value? Kalo ga ada ya mending beli baru. Bensin 150rb sehari berat loh. Berarti katakanlah sebulan keluar 20 hari minimal, uda 3 jt. Pake at least 10 thn lg ga pusing. Si om uda biasa miara ertiga kan, beli ertiga lg aja. Atau kalo mo 2nd, drpd GNKI bensin (boros jg) mending avanza aja tinggal nyari taon brp dgn budget segitu, yg penting bukan bekas taxol. Kecuali dpt yg diesel diisi biosol mungkin bisa hemat signifikan.

Kalo pilihannya kaya gitu saya sih mending ertiga baru aja, peace of mind selama brp tahun kedepan tinggal isi bbm sama servis2 rutin.
gadjahalphien wrote: Mon Mar 06, 2023 6:40 Sumbang saran, walo agak nyeleneh dan sudah masuk optionnya TS

Mempertimbangkan Kijangnya : penuh history —> kesayangan keluarga, Sebaiknya di pertahankan aja pensiunkan untuk daily operasiona, Manfaatkan Kisulnya khusus untuk sabtu-minggu

Gantinya, cari aja LCGC, atau citycar kecil khusus untuk operasional keliling jakarta
Kalau histori jelas ada om, karena beli dari baru. Dan saya yg pakai 15 tahun pertamanya. Awalnya terlalu banyak sentimentil, tapi kita juga sudah ikhlas jika seandainya yang terbaik adalah dilepas. Kalau pun dipertahankan, juga itu karena melalu pertimbangan yg matang.

Siap Om. Tks advicenya.
Kalau saya boleh usul, dilego saja kisulnya, move on ga sesulit itu, dan lumayan duitnya buat nambah-nambah budget buat akuisisi mobil berikutnya.
lagipula space ruang carport/garasi bisa lega, bisa dipake buat mobil pengganti kisul tsb.
kisul meski berumur juga butuh maintenance, itu berarti duit keluar.
jangan sampe jadi another abandoned car yang ban-nya sampe kempes hingga ke velg, cat ngelupas ampe karatan, sarang tikus dan laba-laba.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by vulvy8858 »

XMTdeluxe wrote: Mon Mar 06, 2023 6:31 Adik saya mau melepas kijang kapsul kesayangan keluarga kami, yg dulu 15 tahun dipegang oleh saya dan dilanjutkan oleh adik saya selama 8 tahun. Alasannya adalah peremajaan karena adik saya tinggal di tangerang dan kerja di karawaci, sering muter2 juga ke downtown jakarta, sebulan sekali main ke puncak atau bandung, 1 tahun dia pasti akan longtrip seperti ke Bali atau Jatim. Pengeluaran BBM saat ini rata-rata 150 ribu per har, lumayan eungap. Padahal sdh ganti injector yaris 1NZ dan visco fan sdh diganti dengan electric fan. Syarat penggantinya harus mobil yang cukup lega, mirip2 kijang kapsul sekarang. Sudah bicara ngalor ngidul, targetnya:

1. Ambil Seken budget 160 juta atau lebih sedikit gpp :
- GNKI (Harus AT, kalau bisa diesel, bensin masuk pertimbangan. V G bebas, tahun yang se-realistisnya saja)
- Cortez 1.8 L Lux+ AMT. IDari user2 Cortez, terutama yg 1.8, saat ini apa saja yang harus diperhatikan ya? AMT nya apakah sdh harus ganti part, part apa saja? Saya masih concern dgn harga actuator di Ignis AGS yg sampai 15 jutaan. Harusnya di Cortez AMT juga ada actuatornya ya? Apakah sdh ada yg bermasalah?
2. Ambil Baru budget 240 juta maksimum (means: hingga 239.999.900). Pilihan saat ini hanya di AN Ertiga 4AT, prefer yg gak pake hibrid2an.

Dengan pilihan seperti itu, kira2 menurut pandangan Om2 apa saja plus minusnya ya? Atau ada pandangan lain Om? Adik saya anaknya 1, dan sptnya tdk ada rencana menambah lagi. Tapi kalau ada rejeki dari Tuhan, siapa tahu. Saya sendiri user AN Ertiga 2018 yg saat ini sdh mencapai 100.000 km odo. Saat ini masih lebih condong ambil seken karena faktor leganya.

Konsiderasi lain: Keep Kisul nya, ambil lagi mobil citicar baru dengan budget less than 200 mio.
berarti dana maksimal 250 baru atau 175 bekas ya..
daily bensin 150rb berarti kurang lebih 100 km daily?

1, GNKI paling mentok aman nya di G Matic atau E matic.
V harga segitu rata2 uda anu kecuali dapet ex BU atau ex orang kebelet rebon atau ex orang kebelet Zenix
E atau G ga masalah sih asal kondisi OK dan ga banyak PR, Pajak ON, sukur2 dapet lengkap sampe faktur dll dst dsb.
kl diesel dana segitu agak suram, paling dapet old FL 2009-2011.
Cuma GNKI G apalagi E bener2 kayak Kijang Kapsul tapi baruan aja dan bensin nya ga bisa diharapkan juga. ga jauh2 dari 1:7 dalkot 1:11 lurkot.
kebetulan masi ada lady in garage old innova bensin matic 2011 punya paman saya, jadi ngerasain juga bensin nya horor wkakwka

2. Cortez, sebelom eke ambil Zenix sempet ngelirik Cortez 1.5T karena pakenya enak, sama rebon juga kl buat nyaman dan ga goyang2, enakan cortez, tenaga enakan cortez dari rebon bensin matic, cuma radius puternya ampun. kalo buat pemakaian lama, saya kurang tahu. yang jelas AMT ga bisa sehalus A/T beneran. ada delay nya meski ga parah. dan saya sama sekali ga bermasalah sama yang seri CVT, itu mobil enak. cuma minusnya boros aja 1:7 dalkot 1:12 lurkot mirip2 innova bensin matic.

kalo Ertiga baru, menurut saya ini pilihan aman, realistis, masuk akal, low cost, durable, sama gampang dijual lagi wkwkwkwk.

pilihan saya, kalo ada parking lot extra dan dana extra buat pemeliharaan si kapsul,
beli Ayla / Agya baru buat harian, si kapsul dipake buat jalan2 rame2 jarak jauh dan weekend aja.
Agya / Ayla buat 5 taun ke depan assume 100 km sehari buat ngider, setahun +/- 30rb km, kl dipake wajar paling kalah di kaki2 sama ac.
sisanya kagak pusing.

kalo ga ada spare parking lot dan maintenance cost, Ertiga Anyar adalah pilihan yang sangat masuk akal..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by Pboyz97 »

XMTdeluxe wrote: Mon Mar 06, 2023 6:31 Adik saya mau melepas kijang kapsul kesayangan keluarga kami, yg dulu 15 tahun dipegang oleh saya dan dilanjutkan oleh adik saya selama 8 tahun. Alasannya adalah peremajaan karena adik saya tinggal di tangerang dan kerja di karawaci, sering muter2 juga ke downtown jakarta, sebulan sekali main ke puncak atau bandung, 1 tahun dia pasti akan longtrip seperti ke Bali atau Jatim. Pengeluaran BBM saat ini rata-rata 150 ribu per har, lumayan eungap. Padahal sdh ganti injector yaris 1NZ dan visco fan sdh diganti dengan electric fan. Syarat penggantinya harus mobil yang cukup lega, mirip2 kijang kapsul sekarang. Sudah bicara ngalor ngidul, targetnya:

1. Ambil Seken budget 160 juta atau lebih sedikit gpp :
- GNKI (Harus AT, kalau bisa diesel, bensin masuk pertimbangan. V G bebas, tahun yang se-realistisnya saja)
- Cortez 1.8 L Lux+ AMT. IDari user2 Cortez, terutama yg 1.8, saat ini apa saja yang harus diperhatikan ya? AMT nya apakah sdh harus ganti part, part apa saja? Saya masih concern dgn harga actuator di Ignis AGS yg sampai 15 jutaan. Harusnya di Cortez AMT juga ada actuatornya ya? Apakah sdh ada yg bermasalah?
2. Ambil Baru budget 240 juta maksimum (means: hingga 239.999.900). Pilihan saat ini hanya di AN Ertiga 4AT, prefer yg gak pake hibrid2an.

Dengan pilihan seperti itu, kira2 menurut pandangan Om2 apa saja plus minusnya ya? Atau ada pandangan lain Om? Adik saya anaknya 1, dan sptnya tdk ada rencana menambah lagi. Tapi kalau ada rejeki dari Tuhan, siapa tahu. Saya sendiri user AN Ertiga 2018 yg saat ini sdh mencapai 100.000 km odo. Saat ini masih lebih condong ambil seken karena faktor leganya.

Konsiderasi lain: Keep Kisul nya, ambil lagi mobil citicar baru dengan budget less than 200 mio.
160 jt nyari GNKI diesel at kayanya gadapet om, even yg tipe G sekalipun, kalo mau jg siapkan dana minimal 200jtan, itupun dapetnya yg tipe g tahun 2011 akhir which is tahun tertua dari gnki. kecuali mau yg bensin, mungkin masih dapat yg v, keluaran awal tahun 2011 akhir. kalo cortez no komen saya. tapi kalo opsi ketiga. sepertinya paling masuk akal. bakal upgrade secara fitur & kenyamanan apalagi buat dalkot + konsumsi bbm lebih irit dan worry free jg karena baru

kalo mau opsi terakhir, saya vote brio satya e cvt baru / an sirion. sepertinya masuk budget hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by alexand »

Jual kiang beli ertiga
Operasional lebih masuk akal dan mobil minim perawatan

Kijang di jual aja supaya gak menuh2in tempat parkir juga
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by MSU »

cerita hampir sama om...sy masih keep kijang kapsul 1.8 A/T...kons bensin 1:7 dalkot, pernah 1:10 tapi lukot+kaki sekolah...tp ya udh lah masih keep krn cukup bandel & blm ada budget ganti..
misal ganti pun jg masih ragu...ambil LMPV spt avxen, ertiga...bensin irit tp sempit...krn sy sering bawa penumpang 5 orang...baris ke3-nya mepet
ganti grand innova... budget masih kurang & wajib euro krn infonya lbh irit
cukup tergoda ama cortez...cuma pertimbangan itu sling kaca suka error+kaki2 infonya gampang glodakan+kons bensin jg ga irit2 amat koq sy jd mikir2 lg

usul saya : apalagi kalo ada nilai historis, rebuild kijangnya + beli citycar kalo ukuran mobil bukan masalah
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Upgrade Kijang Kapsul lawas: mending Seken atau Baru?

Post by newcity_vtec »

Pagi para suhu. Ada tempat rekomendasi utk restorasi kijang kapsul agar fresh kembali?