Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Cicak
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 22, 2017 15:42
Location: Tembok/dinding
Daily Vehicle: L300

Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by Cicak »

Halo om om semua, sesuai judul diatas. Saya sedang mempertimbangkan untuk ambil di antara ke 3 mobil tersebut, dengan pertimbangan
- budget max 130, maksa dikit 135
- Enak di pakai jalan jauh/ luar kota
- paling durable, karena mobil akan lumayan cape
- biaya perawatan paling wajar ( tidak sampe separah Ford) :big_biglaugh:
- bensin paling efesien.
- nyaman untuk nyetir sendiri atau pun sama keluarga

Sempat mempertimbangkan captiva, tapi budget segitu baru dapat yg diesel, dan harus dex jadi di coret.

Sebagai background ,sebelumnya saya pake ecosport, akhir nya nyerah untuk jual karena di diagnosa kena modul abs yg harus ganti seharga nmax.

Atau ada saran lain? Yg pasti harus suv.

Hatur nuhun
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1394
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by AbdulHakim »

Cicak wrote: Sat Feb 25, 2023 16:58 Halo om om semua, sesuai judul diatas. Saya sedang mempertimbangkan untuk ambil di antara ke 3 mobil tersebut, dengan pertimbangan
- budget max 130, maksa dikit 135
- Enak di pakai jalan jauh/ luar kota
- paling durable, karena mobil akan lumayan cape
- biaya perawatan paling wajar ( tidak sampe separah Ford) :big_biglaugh:
- bensin paling efesien.
- nyaman untuk nyetir sendiri atau pun sama keluarga

Sempat mempertimbangkan captiva, tapi budget segitu baru dapat yg diesel, dan harus dex jadi di coret.

Sebagai background ,sebelumnya saya pake ecosport, akhir nya nyerah untuk jual karena di diagnosa kena modul abs yg harus ganti seharga nmax.

Atau ada saran lain? Yg pasti harus suv.

Hatur nuhun
Captiva diesel ga mesti dex, baca di komunitasnya ga sedikit yang pake bio, asal berkala ganti oli dan filter oli saja kalo yang saya baca.
Biosol untuk mobil perang (yg rutin dipake alias mobil cape) emang paling cocok.

GV kurang paham, tapi kalo RE vs T31, saya pikir lebih nyaman T31.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by McLaren »

GV paling enak dan robust, tp sekalinya rusak..
Sparepartnya susah dicari, dan mahal, karena rata2 masih made in japan
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by ariswp »

Halo om
Coba urun kasi masukan ya
Kebetulan saya pernah pelihara GV 2.0MT JLX 2008 (beli seken odo 49rb) sama CRV 2.0AT 2008 (beli seken odo 64rb)

Untuk GV pernah pelihara setahun lebih, untuk CRV masi jadi daily car sampe skrg

Menurut owning experience saya sih keduanya klo concern soal reliability mirip2 kok,
Sama2 monokok tapi yg satu RWD yg satunya lagi FWD

GV saya pernah ada masalah di :
- Kaki2 : link stabil, ball joint kaki2 depan, gluduk2 sama shockbreaker kiri depan sudah meler
Saat itu yg diganti ya hanya printilan link stabil, ball joint td, imho agak susah barangnya even beres suzuki tidak ready
Lalu shock breaker juga harganya mahal juga ternyata makanya urung saya ganti karena kondisi ekonomi saya saat itu
- Persneling : yang ini sepertinya emang udah bawaan GV generasi awal pre fl J20A yang kadang rada susah masuk dari gigi 1 ke 2
Dan ini penyakit cukup banyak keluhan di grup/community GV di fb saat itu, solusinya? Ya saya biarin saja, tinggal kita cari selah nya, geser persneling pake perasaan agar lebih "short shifting"
- knalpot tengah kropos : ini keluhannya suara knalpot masuk dan "ngebass" ketika di rpm 2000-3000, rada mengganggu yang ini, suaranya dari area bawah konsol/transmisi, sudah di confirm juga sama beres saaat itu, tapi saya biarkan saja ya karena ekonomi saya saat itu

Owning experience :
- GV ini mobil yang enak, rasanya malah untuk perkotaan lebih lincah ketimbang CRV RE,
Handling stabil, bantingan sedikit lebih empuk dari CRV, kekedapan kabin semua overall lebih baik dari CRV yg berisiknya sekitar masuk sampe kedalam
Kecuali ya masalah knalpot td
- performa mesin? Ya biasa aja, J20A sedikit lebih baik klo dibandingkan innova 1TR, karakternya enak diputaran bawah, tapi klo dibandingkan R20A dengan 5ATnya kita kenal udah berasa underpowered, ini GV rasanya malah lebih lambat, naiknya di 80 - 140 di tol agak lama, mirip2 TR toyota
- efisiensi? Biasa aja, even mirip2 R20A yang matic, padahal J20A saya ini MT

Tapi dibalik itu, GV punya banyak keunggulan juga dari gerobak kopongan honda tadi :
-fitur udah jauh banget dah
GV ini sudah ada keyless entry meskipun belom start stop button, nyalakan mesin dengan putar tuas di belakang kemudi
-audionya, oem bawaan, di jamannya belom touchscreen, tapi kualitas output suara/audionya jauhhh lebih bagus daru CRV, uda audio steering switch juga di jamannya
-headlight yang lampu low beam nya udah HID projector, jauh outputnya sama low beam CRV yg halogen H1 projector, ini CRV gelap banget
-karet2 : rasanya karet2 di GV lebih awet ya, misal kayak pelipit kaca, CRV udah pada hilang, ini GV masi utuh semua (mungkin ini juga ngaruh ke suara kaki2 GV yg lebih senyap ketimbang CRv yg gedobrakan)
-Ac : ini GV ac ny jauuuuh lebih dingin dari CRV




Berikutnya CRV :

Ini mobil menggantikan GV,
Minusnya dulu aja :
- khas honda, dan generasi2 awal honda mulai pindah ke EPS : kaki2, odo 90ribuan ini sudah minta jajan support shock, link stabil, sama racksteer,
Rack steer ya diservis aja 1.3juta uda senyap, link stabil, support shock ya diganti
- karet2 : ini saya beli karet2 pelipit udah pda hilang semua karena getas, jd ya jajan pelipit kw
- NVH : berisik banget, suara angin, ban, knalpot motor sebelah pada masuk, dan getaran mesin R20A saat idle masuk kabin, idle rpm kadang drop klo telat bersih2 throttle body/tune up
- fitur : jelata bgt, bawaannya hanya head unit single din, suara jelek, setir polos gak ada tombol2, at least masi dapet teleskopic

Driving experiencenya?
Nah ini, nyetir CRV rasanya gak bosen2, CRV ini nyetir berlama lama tidak capek, terutama buat luar kota
Driving position rasanya pas banget di badan, beda sama GV yg sedikit commanding tapi rasanya lengan ke setir dan kaki ada aja yg kurang

Untuk mesin, ya yg 2.0 apalagi matic 5AT berasa underpowered, tapi meskipun underpowered rasanya masi lebih narik di tol sih ketimbang GV meskipun GV MT
Buat narik2 sama LMPV atau sama reborn bensin masi entenglah
Tapi memang stop and go, pemakaian gas nanggung di perkotaan berasa lemot karena 5ATnya ini gak bener rasionya, panjang2 dan rasio ini sama persis dengan yg dipake di 2.4
Tapi klo berani bejek gas pol di tol, meskipun naik agak lama, ngisi2 aja, mau dibilang sohc tapi tetep karakter honda, ngisi di rpm atas
Sama duo gajah nempel2 aja, sanggup di 190an, cuma ya jebol tuh bensin ngocor 2GD rpm berapa, ini R20A teriak rpm jauh diatas 2GD xixiixii
Buat efisiensi, yah mirip2 sama GV MT td, dalkot 9-10km/l

Oh iya feeling rem, rem saya juga demen crv, gv agak nggoloyor

Rattle? Nah ini, rattle di crv malah jauh lebih minim dibanding GV
Di GV rattle cukup parah terutama di jok dan pilar2 B dan C, sama jok dan ambien rasanya lebih lapang dan menyenangkan di CRV
CRV yg saya kira bakal berisik ratlling malah ini sampe skrg tergolong minim rattling lo, cuma ada di doorteim pengemudi itupun karena habis dibuka buat ganti pelipit, saya kencangkan lagi udah hilang rattlingnya

Cuma ada satu poin penting buat saya :
Banyak yg bilang model crv re ini cakep, timeless
Tapi buat saya kok malah cakep GV ya, apalagi TS ngincer yang 2012 yg harusnya new face, sumpah itu gagah bener
Unitnya juga jauh lebih jarang dan gak pasaran, klo saya misal dapet kondisi yg sama, ambil GV 2012 td, apalagi ts uda pernah pelihara ecosport harusnya klo ada waktu luang untuk eksplore GV, bisa pelan2 belajar merawat GVnya
Sama kayak saya skrg, dulu gak paham penyakit crv re, krn skrg udah paham jadi tau apa2 kelemahan dan beli part subtitusinya dan upgrade nya mau diapain xixixii

Klo xtrail t31 temen ada punya 2 orang
Buat saya sih skip aja, kedua temen saya keluhannya sama, maticnya mulai abnormal, gampang masuk limp mode padahal bukan pas nyetir agresif
Yg satu dijual, tapi temen lagi yg satu masi dipelihara
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Miracle9000
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Tue May 17, 2016 4:16

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by Miracle9000 »

Kalo cari durable, saya sih bakal skip T31. Kebetulan pernah punya T31 thn 2008 dari baru. Kaki2 lembek, parts nggak murah juga (dan susah carinya) kalo diomong enak, benernya enak tapi ya gitu deh. Terakhir saya punya, mesin ngorok tuh. Padahal ya di maintain.

Crv kebetulan pernah punya jg, secara fun to drive, lebih fun to drive crv. Tarikan menurut saya lebih spontan drpd T31 secara AT vs CVT ya. Lebih reliable juga, parts jg bertebaran.

Kalo nyaman, ya nyaman T31, tp beda dikit kok menurut saya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by Pboyz97 »

Cicak wrote: Sat Feb 25, 2023 16:58 Halo om om semua, sesuai judul diatas. Saya sedang mempertimbangkan untuk ambil di antara ke 3 mobil tersebut, dengan pertimbangan
- budget max 130, maksa dikit 135
- Enak di pakai jalan jauh/ luar kota
- paling durable, karena mobil akan lumayan cape
- biaya perawatan paling wajar ( tidak sampe separah Ford) :big_biglaugh:
- bensin paling efesien.
- nyaman untuk nyetir sendiri atau pun sama keluarga

Sempat mempertimbangkan captiva, tapi budget segitu baru dapat yg diesel, dan harus dex jadi di coret.

Sebagai background ,sebelumnya saya pake ecosport, akhir nya nyerah untuk jual karena di diagnosa kena modul abs yg harus ganti seharga nmax.

Atau ada saran lain? Yg pasti harus suv.

Hatur nuhun
kalo diantara semua. kalo xtrail / gv saya kurang tau. cuma kalo crv , kebetulan pernah miara yg 2.4 nya selama 8 tahun. kalo dari semua kandidat ya paling masuk crv. kalo biasa make ecosport, biaya perawatannya gajauh beda kok. penyakitnya paling kaki2, rack steering sm mounting aja. sisanya aman. dibanding kandidat lain jg 11 12, cuma setau saya, part crv yg paling aman, karena spesialisnya banyak yg bisa handle even diluar jabodetabek sekalipun. kalo nyari bensin paling efisien jg semua kandidat sama aja , 11 12 , sm kalo nyaman buat nyetir sendiri or sama keluarga ya agak bertolak belakang ya. kalo nyaman buat nyetir sendiri crv, tapi kalo nyaman buat row 2 bareng keluarga xtrail hehehe

plusnya mobil ini itu ada di
- desain timeless
- fun to drive
- tarikan enak
- handling enak
- akomodasi baik
- part gampang mau ori mau kw (dibanding kandidat lain)

minusnya
- fitur minim
- tarikan bawah agak kurang
- bq interior & peredaman agak kurang dibanding kandidat lainnya

kalo nyari crv tahun segitu paling yg kudu perhatiin
- rack steering
- kaki2
- matic
- elektrikal
- mounting
- interior (usahakan masih utuh dan full ori. sm kelemahan crv tahun segitu, jok kulit sm doortrimnya yg pake bahan kulit jg udh pada ngelupas rata2)
sm pas ngecek jangan lupa test drive, gcu or bawa inspektor or scanner sm usahan service recordnya jelas, sukur2 dapet yg full ori luar dalam dan masih tangan pertama dari baru + nyari yg 2.4 aja, tarikannya lebih enak tapi konsumsi bbm nya gajauh beda sm 2.0 menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by farizfsa »

Xtrail t31 yg 2500 aja om
Mobil enak empuk
Model nya beda ga ketinggalan bgt dibanding yg lain
Parts gampang jg
Perhatiin oli cvt aja 20-30 rb ganti aja gausah kuras

Amaan
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by Venturtle »

Ane pernah pakai ketiga tiganya, om :mky_03:

GV cuma pakai setahun.. kacanya getar kalo jalan dan build quality keseluruhan dibawah CRV RE dan Xtrail T31.. jadi ane ga gitu rekomen kecuali kesengsem sama eksterior yang gagah..

CRV 2.4 RE masalah kaki kaki bunyi meski sudah pernah ganti kaki kaki baru yang lumayan menguras kantong dan oli power steering yang bocor melulu meski berulang kali diperbaiki.. bantingan suspensi keras.. ane pakai 10 tahun lebih karena fun to drive, interior mewah, dan kabin super lega..ane ga rekomen kalo alergi bunyi kaki kaki kecuali senang nyetir sendiri, ini paling fun to drive, tapi bantingan keras untuk penumpang baris kedua..

Xtrail 2.5 XT T31 juga pakai 10 tahun lebih.. ini mobil paling awet dibanding kedua mobil diatas.. ini mobil Nissan paling underrated.. gak pernah ada bunyi bunyi dalam kabin (pernah ada, rupanya cuma pengait reclining baris kedua yang setelah disetel sudah gak bunyi lagi), paling kedap, bantingan suspensi paling nyaman.. kualitas jok kulit asli sangat nyaman.. electric seat depan kiri kanan.. paling balance antara fun to drive dan kenyamanan..bagasi super super lega..dijual cuma karena sudah ganti ke Venturer facelift..

Semua mobil diatas tipe tertinggi ya..

Kalo beli bekas ya harus teliti dan ikuti feeling.. jangan tergiur eksterior kinclong mobil yang dijual di showroom..itu gampang dipoles.. ibarat penyakitan tapi pakai make up untuk menutupi kejelekannya.. yang penting service record jelas, mesin, transmisi, kaki kaki sehat serta AC dingin.. sedikit diatas harga pasar ga apa apa asal tenang pakainya..

kalo ane sih rekomen Xtrail 2.5 XT Automatic tipe tertinggi .. kilometer jangan tinggi tinggi amat.. kalo bisa dibawah 60 ribu itu bagus :big_okay:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by Venturtle »

farizfsa wrote: Sun Feb 26, 2023 5:58 Xtrail t31 yg 2500 aja om
Mobil enak empuk
Model nya beda ga ketinggalan bgt dibanding yg lain
Parts gampang jg
Perhatiin oli cvt aja 20-30 rb ganti aja gausah kuras

Amaan
Setuju, om :big_exellent:
Ane pakai 10 tahun lebih.. ini paling nyaman suspensinya.. Zenix,Ladder Frame, GV, CRV, CX-5, T32 kalah semua kenyamanan suspensinya :big_biglaugh:
Mobil underrated nih.. :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by ChZ »

CRV aja. Tp ambil 2.4L. biasa power steering sama kaki kaki udah minta servis. O2 sensor sama engine mounting karetnya agak lemah. Tp parts paling mudah. Minus suspensi enggak enak. Wkwkwkw.

Kecuali punya kenalan bisa benerin nissan ya ambil T31. Merk ini skrg gelap aftersales nya. Agak gambling ambil seken kecuali dpt low km. Saran agak extreem dapet unit lsg ganti unit cvt :big_biglaugh: xtronic gen 1 soalnya ga cm di indo doang masalah.

GV maintenance ngga murah. Ud mulai jajan slow moving bakal brasa mahalnya. Cuma kaki kaki paling robust. Tapi wajib banget ambil 2.4L karena matic purba rear wheel drive. Powerlossnya gede.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2ffthud
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Feb 26, 2023 5:06
Location: PlusEnamDua

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by 2ffthud »

Ane mo kasih saran yg agak nyeleneh. Servis aja dulu modul ABS nya klo misalnya ada yg bisa kerja di kota om. Dulu ane jg kek gitu tp di city vtec, bukan ecosport sih. Servisnya ampe 2 kali tp setelah itu aman. Daripad ngikutin omongan beres ahond, minta 15jt bo’ [emo-yesno]
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by forzanetti »

CRV 2010 ambil yang 2.4. kalo yang 2.0 power steeringnya pake EPS, lebih rawan. Kalo kena malah bikin bunyi2 pas di jalan jelek.

Saya dulu piara CRV 2010 2.4 sampe 2021. Jajan seringnya ya di kaki2 krn banyak bunyi2, sama ganti engine mounting. Sisanya ga ada masalah berat.

Kalo interior paling perlu retrim aja bagian tertentu, biasa kulitnya udah pada ngelupas (terutama arm rest).
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by ChZ »

Venturtle wrote: Sun Feb 26, 2023 9:27
Xtrail 2.5 XT T31 juga pakai 10 tahun lebih.. ini mobil paling awet dibanding kedua mobil diatas.. ini mobil Nissan paling underrated..
T31 ini sweet spotnya xtrail sih. Lbh efficient dan kenceng dari T30, tapi suspensi overall paling pas. T32 agak keras.

Dah gt t32 turun kualitasnya parah bet. Pintunya rasa kaleng bgt dibanding T31. Gw mah agak cuek soal quality krn honda kan biasa paling parah soal quality... Tp ini beneran rasanya kaleng. Masa xtrail nutup pintunya mirip innova. T31 pdhl nutup blep gt enak.

GV sama Xtrail jaman ini tu underrated dibanding CRV RE yang menurut ane overrated sekali.... :big_biglaugh: keras, boros, rewel kaki kaki, interior jelek kulitnya. Bagusan CRV RM soal keawetan.

RW aja kulitnya masih kenceng semua sampe thn ke 4. RE dulu thn ke 4 dah jijik nyeplak bekas keringet. Thn kelima sobek wkwkwkwkwkwk.

Cuma menang design aja ini mobil sama driving feel tp kan suv. Ya pilihan kalo mau beli civic tapi takut gasruk aja. Tahan banjir jg kaga wading depthnya jelek intake hose di bawah lampu utama.

Kecuali dpt versi CBU japan baru oke punya. Aslinya gak rekomen, tp emang dari 3 pilihan paling mudah dan murah repairnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by Venturtle »

ChZ wrote: Sun Feb 26, 2023 15:57
Venturtle wrote: Sun Feb 26, 2023 9:27
Xtrail 2.5 XT T31 juga pakai 10 tahun lebih.. ini mobil paling awet dibanding kedua mobil diatas.. ini mobil Nissan paling underrated..
T31 ini sweet spotnya xtrail sih. Lbh efficient dan kenceng dari T30, tapi suspensi overall paling pas. T32 agak keras.

Dah gt t32 turun kualitasnya parah bet. Pintunya rasa kaleng bgt dibanding T31. Gw mah agak cuek soal quality krn honda kan biasa paling parah soal quality... Tp ini beneran rasanya kaleng. Masa xtrail nutup pintunya mirip innova. T31 pdhl nutup blep gt enak.

GV sama Xtrail jaman ini tu underrated dibanding CRV RE yang menurut ane overrated sekali.... :big_biglaugh: keras, boros, rewel kaki kaki, interior jelek kulitnya. Bagusan CRV RM soal keawetan.

RW aja kulitnya masih kenceng semua sampe thn ke 4. RE dulu thn ke 4 dah jijik nyeplak bekas keringet. Thn kelima sobek wkwkwkwkwkwk.

Cuma menang design aja ini mobil sama driving feel tp kan suv. Ya pilihan kalo mau beli civic tapi takut gasruk aja. Tahan banjir jg kaga wading depthnya jelek intake hose di bawah lampu utama.

Kecuali dpt versi CBU japan baru oke punya. Aslinya gak rekomen, tp emang dari 3 pilihan paling mudah dan murah repairnya.
T32 ane ga pernah pakai.. tapi teman yang pakai ngeluh AC sering bermasalah dan kaki kaki ringkih.. build quality juga menurun dari T31..
Di T31, AC dingin tidak pernah ada masalah.. kaki kaki juga aman tidak pernah bermasalah..
CRV RM itu versi “penyempurnaan dari CRV RE” meski kualitas plastik interior downgrade.. kalo CRV RM facelift itu ibarat versi puncak dari CRV RE..
trend ini mungkin akan berulang di CRV RW dan CRV gen 6 dimana CRV gen 6 tampak “mirip” dengan CRV RW :big_okay:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by KielConstantine »

Gw vote xtrail T31 aja deh.

Diantara smua jajaran Xtrail. T31 ini paling pass. Bentuk masih kotak gagah, lebih ke modern jg lampu blalang LED titik titik cakep sehh. Tarikan jg lumayan kenceng walaupun CVT.

Paling perhatiin kondisi transmisi aj.

Atau pas kelar angkat unit, langsung ganti unit matic cvt segelondong :big_comfort:

Skalian rekondisi kaki-kaki full ujung ke ujung sama engine mounting


Ntar dipake sampe 10 tahun kedepan dijamin aman
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by Harchi »

Pernah punya semua, crv re punya bokap, gv 2.4 n t31 xt punya ane. Secara kesimpulan crv rigid tapi keras, gv limbung n kurang nyaman, t31 nyaman tapi kurang durable dibanding 2 lainnya. Imbang sih. Ngomongin kaki2 emang ga ada habisnya 3 mobil ini. T31 paling lemah diantara 2 lainnya, tapi paling murah benerinnya klo di bengkel spesialis. Crv paling mahal n bongkar kaki2nya effort bgt. Gv mahal di paets nya.
Mesin n transmisi ga ada isu, rumornya cvt t31, tapi selama pake aman2 aja sih kadang masuk safe mode klo panas, tenaga jadi kurang. Klo masalah rembes oli semua ngalamin, tapi yg t31 solved sih, punya gv 2.4 ama crv dibenerin bentar ya rembes2 lagi. Tapi tutup mata aja lah ini, ga ganggu performa jg, yg penting rajin2 cek oli aja.
Sempet ngalamin pompa power steering rusak n beberapa kali oli power steering rembes di crv, penyakit wajib sih kayaknya, klo rembes2 nya sih murah cuman, tapi ganti pompa ps nya lumayan mahal. Ga sampe ngalamin gejala setir jadi berat sih, cuman suara mesin ikutan kasar aja waktu itu n dengung tiap belok.
Boros nya kurleb aja 3 3 nya, biaya perawatan jg mirip2, jadi rasanya tinggal dipilih mana yg sesuai selera n dpr yg kondisinya paling bagus aja
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Mon Feb 27, 2023 5:01 Gw vote xtrail T31 aja deh.

Diantara smua jajaran Xtrail. T31 ini paling pass. Bentuk masih kotak gagah, lebih ke modern jg lampu blalang LED titik titik cakep sehh. Tarikan jg lumayan kenceng walaupun CVT.

Paling perhatiin kondisi transmisi aj.

Atau pas kelar angkat unit, langsung ganti unit matic cvt segelondong :big_comfort:

Skalian rekondisi kaki-kaki full ujung ke ujung sama engine mounting


Ntar dipake sampe 10 tahun kedepan dijamin aman
kalo plug n play sama 4AT nya T30 sih enak :mky_03: harusnya plug n play mesin sama jg. jd T31 girbok T30 :upss: badak tuh T30 punya, ga pernah rusak. T30 yang rusakan kaki kakinya wkwkwkwkw sama aja nissan ringkih kaki kaki.

tapi nawar mobilnya yah 30% di bawah pasaran lah. :upss: klo T31 dapet 70jt kondisi girbok rusak menarik. towing aja ke bengkel paling barang 500-700rebu. atau cek di test drive geber geber sampe limp mode jd alesan buat nawar girboknya rusak :big_biglaugh:
Last edited by ChZ on Mon Feb 27, 2023 5:50, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2573
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by farizfsa »

Venturtle wrote: Sun Feb 26, 2023 9:36
farizfsa wrote: Sun Feb 26, 2023 5:58 Xtrail t31 yg 2500 aja om
Mobil enak empuk
Model nya beda ga ketinggalan bgt dibanding yg lain
Parts gampang jg
Perhatiin oli cvt aja 20-30 rb ganti aja gausah kuras

Amaan
Setuju, om :big_exellent:
Ane pakai 10 tahun lebih.. ini paling nyaman suspensinya.. Zenix,Ladder Frame, GV, CRV, CX-5, T32 kalah semua kenyamanan suspensinya :big_biglaugh:
Mobil underrated nih.. :big_smoking:
bener, skrg ada T32 juga rasanya enakan T31 kayanya jok jg empukan T31. salah satu mobil yg no brainer dipake wara wiri harian

crv dr dulu cuma numpang doang, semua gen udh pernah numpang, not bad tp ga cocok aja di ane wkwk, agak kerasan dan lebih berisik pastinya

GV, cuma numpang doang padalah dr dulu bokap pengikut gen vitara dan escudo tp berhenti di GV, ya lebih kerasa berat dibanding T31 2500 dan lebih sederhana aja. ga ada yang wah meski model sih sebenernya paling cocok, proporsional bentuk2 nya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 619
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by vincewonk »

GV banyak yg bilang rattle, tp punya kita sih ga bunyi ya interiornya. apa karena cbu ya?
justru yg banyak issue itu kaki2 bagian depannya.

lower armnya agak2 pendek umurnya. shocknya jg gampang boncrot.

dan harga part orinya sih ga ada murah2nya, banyak yg terjebak beli suzuki karena merasa murah. percaya deh part orinya mahal karena spt om chz bilang, ini mobil partnya jepang melulu.

tp ini mobil bener2 berasa spt suv betulan, mungkin kelemahannya buat sebagian besar org ga nyaman. tp disitu pesonanya menurut saya.
aprihi
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Feb 13, 2014 6:44

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by aprihi »

Saya juga ex user Ecosport, tapi dulu indikator Airbag yg tiba2 nyala tahun lalu. Sempet didiagnosa modul Airbag (yg di tengah dekat tuas matic) bermasalah, kalo ganti sekitar 5jt. Dicoba sama bengkelnya pake modul abs ecosport lain, tetap ga ilang masalahnya.
Akhirnya ketemu sumber masalahnya dari sensor kecil di dalam kap mesin. DC ga sampe 1jt beresss
Ga lama Ecosport dijual

Kalo dikasi opsi 3 mobil di atas, coba test drive Xtrail T31 dulu. Saya ada T31 jauh sebelum punya Ecosport, kalo T31 ga dijual2 sampe skrg. Jarang dipake 70rb km mobil tahun 2009. Tp anehnya km masih rendah gt kaki2 uda mulai ga enak sktr 60rb km, apa karena karet2 getas kena usia...
Bongkar kaki2, ganti bushing2, service rack steer, shock breaker depan hasilnya sudah kembali enak kaki2nya.
Kalo kaki2 kondisi sehat, ini mobil lebih nyaman drpd Ecosport.
Transmisi CVT jg lebih nyaman drpd karakter khas DCT Ecosport yg suka jedag jedug (dulu malah pernah claim ganti DCT Free). Tapi biar gimanapun karakter transmisi Ecosport kurang enak bagi saya...

Oh ya sama satu lagi, mungkin ini penyakit yg jarang. Indikator bensin digital ngaco, baru muncul kl bensin uda sedikit, bisa tiba2 muncul indikator bensin habis. Tapi perlahan naik sedikit2 bar-nya. Dicoba bersihkan fuel pump sebelah kanan sama bengkel, besoknya masi aja nongol tuh indikator bensin habis. Katanya sih kena yg bagian Kumparan Pelampung kudu ganti 1 set. Google2 ternyata ada jual di marketplace kumparan pelampungnya doang, tanpa perlu beli 1 set fuel pump. Cuman masalah yg ini belum sempet saya bawa ke bengkel lagi
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by Ibet »

ChZ wrote: Sun Feb 26, 2023 10:41 CRV aja. Tp ambil 2.4L. biasa power steering sama kaki kaki udah minta servis. O2 sensor sama engine mounting karetnya agak lemah. Tp parts paling mudah. Minus suspensi enggak enak. Wkwkwkw.

Kecuali punya kenalan bisa benerin nissan ya ambil T31. Merk ini skrg gelap aftersales nya. Agak gambling ambil seken kecuali dpt low km. Saran agak extreem dapet unit lsg ganti unit cvt :big_biglaugh: xtronic gen 1 soalnya ga cm di indo doang masalah.

GV maintenance ngga murah. Ud mulai jajan slow moving bakal brasa mahalnya. Cuma kaki kaki paling robust. Tapi wajib banget ambil 2.4L karena matic purba rear wheel drive. Powerlossnya gede.
yg saya bingung, versi 2.0L pake EPS, yg 2.4L masih pake Hydraulic type ..
jujur ini saya lagi liatin cr-v manual 2.0 di OLX sih, harganya sekitar 140-150 nih yg 2012 ..

sialnya yg EPS racksteernya lebih mahal daripada yg hydraulic type ..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by ChZ »

Ibet wrote: Fri Mar 10, 2023 2:51
yg saya bingung, versi 2.0L pake EPS, yg 2.4L masih pake Hydraulic type ..
jujur ini saya lagi liatin cr-v manual 2.0 di OLX sih, harganya sekitar 140-150 nih yg 2012 ..

sialnya yg EPS racksteernya lebih mahal daripada yg hydraulic type ..
dan lebih sering rusak dulu :big_biglaugh: terus dulu belum banyak yang bisa repair, jadi biasanya module rusak ya ganti baru harganya lumayan itu dulu belasan.

sekarang saking banyaknya pake EPS kayaknya udah bisa di repair.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by ariswp »

Ibet wrote: Fri Mar 10, 2023 2:51
ChZ wrote: Sun Feb 26, 2023 10:41 CRV aja. Tp ambil 2.4L. biasa power steering sama kaki kaki udah minta servis. O2 sensor sama engine mounting karetnya agak lemah. Tp parts paling mudah. Minus suspensi enggak enak. Wkwkwkw.

Kecuali punya kenalan bisa benerin nissan ya ambil T31. Merk ini skrg gelap aftersales nya. Agak gambling ambil seken kecuali dpt low km. Saran agak extreem dapet unit lsg ganti unit cvt :big_biglaugh: xtronic gen 1 soalnya ga cm di indo doang masalah.

GV maintenance ngga murah. Ud mulai jajan slow moving bakal brasa mahalnya. Cuma kaki kaki paling robust. Tapi wajib banget ambil 2.4L karena matic purba rear wheel drive. Powerlossnya gede.
yg saya bingung, versi 2.0L pake EPS, yg 2.4L masih pake Hydraulic type ..
jujur ini saya lagi liatin cr-v manual 2.0 di OLX sih, harganya sekitar 140-150 nih yg 2012 ..

sialnya yg EPS racksteernya lebih mahal daripada yg hydraulic type ..
Yang EPS/2.0 hrga bertahan karena faktor konsumsi bbm aja sih om, di kondisi dan masa skrg harga bbm naik user lebih banyak yg nyari ketimbang 2.4,
Apalagi buat harian, SUV bensin 2.4 kebayang dah minumnya kayak apa

Mengenai EPS, memang sih jaman tahun 2011 kebawah, itu bengkel spesialis kaki2 pada belom paham menangani servis EPS, jd kudu ganti set assy dan itu uda pasti diatas 15juta di beres wkwkwk
Skrg mobil2 baru uda pada pake EPS, gen4 keatas pun sudah pake EPS semua, jadi bengkel kaki2 udah pada paham servis EPS, dan memang relatif cepat dan murah sih (saya terakhir servis EPS bulan desember kena 1.5juta, udah senyap dan feedback masi normal enteng)
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
xsulimx13
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Apr 19, 2021 10:57

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by xsulimx13 »

Abs ecosport bisa servis. 5jt dapet itu di FB ud banyak spesialisnya.

Saya jg lagi pake ecosport. Blm ada gantinya irit bensinnya masi bisa pake pertalite
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Ned Advice : CRV 2010 vs Grand Vitara 2012 vs Xtrail 2011. Buat pengganti ecosport

Post by vulvy8858 »

Cicak wrote: Sat Feb 25, 2023 16:58 Halo om om semua, sesuai judul diatas. Saya sedang mempertimbangkan untuk ambil di antara ke 3 mobil tersebut, dengan pertimbangan
- budget max 130, maksa dikit 135
- Enak di pakai jalan jauh/ luar kota
- paling durable, karena mobil akan lumayan cape
- biaya perawatan paling wajar ( tidak sampe separah Ford) :big_biglaugh:
- bensin paling efesien.
- nyaman untuk nyetir sendiri atau pun sama keluarga

Sempat mempertimbangkan captiva, tapi budget segitu baru dapat yg diesel, dan harus dex jadi di coret.

Sebagai background ,sebelumnya saya pake ecosport, akhir nya nyerah untuk jual karena di diagnosa kena modul abs yg harus ganti seharga nmax.

Atau ada saran lain? Yg pasti harus suv.

Hatur nuhun
merem T31 wkakwkakwak
alesan uda diungkapkan manusia2 diatas saya..
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007