Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by sapifr22 »

Reborn 2GD mesin dari Thailand, Zenix hybrid mesin dari India.
India sdh kelimpungan order, sedang Thailand masih lowong.

Wajar lah reborn muncul lagi, pasar masih mau terima.

Jaman sekarang supply chain ini bisa bikin amsyong kalau tdk hati2 atau salah forecast.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by Pboyz97 »

kendibocor wrote: Sat Feb 18, 2023 17:50 Ane lg mo jual fortie 2017, emang odo udo udah tinggi sih nembus 100rb km trus ane buka harga tinggi jg 385jt. Max ada yg nawar 365 jt :big_biglaugh:
Sisanya calo ma pedagang nawar 335-350an doang. Udah gitu banyak perantara yg sok2an nanya2 kayak mo beli langsung begitu ditanya baru ngaku perantara trus ngilang :big_slap:
Di oelex ada yg odo hampir 120rb 2017 jg, buka 352jt blm laku2 jg tuh uda diiklanin ampir 1 bln. Uda selesai kayanya fase goreng menggoreng :big_biglaugh:
AbdulHakim wrote: Sun Feb 19, 2023 0:44 fase goreng-menggoreng diesel ladderframe ini berakhir ketika terbukti animo masyarakat sangat baik dalam menerima innova zenix.
ditambah lagi, di rentang harga di bawahnya yaitu mobil bermesin cenggo (1500cc) performanya sudah membaik.
jadi konsumen diesel ladderframe skrg sudah spesifik sekali, tidak seperti dulu, masih ada segmen konsumen "abu-abu" yang masih bisa digiring untuk membeli diesel ladderframe.
just my 2 cents
ya emg udh agak turun om itu suv ladder, apalagi di jabodetabek, udh banyak yg pindah ke hybrid kayanya. kalo odo segitu , apalagi punya om blm DD, ya ketinggian, sorry to say. sebagai gambaran aja . baru beberapa minggu lalu, saya ngecek fortie vrz 2019 yg udh DD, tapi non trd masih yg vrz biasa, km cuma 30rban asli record, kondisi bagus bgt kek baru buka harga 410 semingguan gak laku2, pedagang jabodetabek rata2 pada nawar dibawah 400 semua (saya tau karena itu dari pt yg sama pas waktu saya ambil fortie 2018 saya dulu hehehe) . kebetulan mau saya ambil , karena buat jual lagi di luar jabodetabek masih masuk, sayang gagak saya eksekusi karena dana dari hasil jual reborn blm masuk. which is reborn harus laku dulu baru saya bisa nyari gantinya. nah, setelah reborn laku, saya tanya ke orang PTnya, eh ternyata udh diambil sm pedagang luar jabodetabek :big_biglaugh: . kemudian sales kenalan bapak saya juga blm lama nawarin 2 fortie yg 1 trd 2019 yg 1 lg vrz 2018, dua duanya kebetulan mau ganti ke zenix q hybrid, di jabodetabek juga. nah, yg trd nya udh laku duluan. yg vrz 2018, km 40rb, ternyata laku 390an ke pedagang luar jabodetabek juga. which is udh turun dibanding tahun sblmnya, dulu tahun lalu saya pernah jual VRZ 2018 km 72 rb 420 ke pemakai daerah (pedagang luar jabodetabek waktu itu masih berani angkut 405-410) dan itu gasampe seminggu

innova saya pun sama kaya kasus om. saya buka 325, dengan harapan ada yg mau diatas 300, eh tawaran pedagang jabodetabek dibawah 300 semua :big_slap: , katanya saat ini banyak kok belanjaan reborn diesel g at 2016-2018 dibawah 300 kalo di jabodetabek,padahal dulu dapet yg harga 310 aja kudu rebutan dulu sm pedagang lain terutama luar jabodetabek buat tipe sama dan range tahun yg sama :big_biglaugh: , secara pasarnya jg udh agak kurang, gak sebanyak dulu, mungkin jg udh pada pindah kali ke hybrid, jadi pasarnya emg udh mulai geser ke daerah diesel ini menurut pengamatan sotoy saya, sampe akhirnya laku 305 ke pedagang luar jabodetabek juga blm lama ini hehehe


yg saya bold saya setuju om. bener bgt, saya ngerasain sendiri. di kota saya, jakarta, sudah cukup banyak zenix berkeliaran dijalan, dan entah knp reborn diesel or suv ladder udh mulai agak jarang saya perhatiin disini, gak sebanyak dulu. kebalikannya pas saya dulu ke smg sm solo , di tol transjawa ataupun di kotanya, masih cukup banyak innova diesel dari yg gen awal ampe reborn fl or duo ladder dari model lama ampe baru berkeliaran di jalan :big_biglaugh: . animo masyarakat dalam menerima zenix hybrid sangat baik, terutama di jabodetabek juga kalo dari sudut pandang saya sebagai mantan pengguna reborn diesel dan udh pernah test drive zenix itu selain nama besar toyota dan kijang, zenix juga jauh lebih nyaman buat dalkot + konsumsi bbm nya harusnya jg lebih irit jg kalo buat macet2an di jakartak alo hybrid. blm lg desain interiornya udh improve jauh bgt di zenix, balik lg ke reborn, keliatan langsung ketinggalan 2 generasi itu desain interiornya reborn :big_biglaugh:

ride qualitynya juga udh jauh membaik, lebih stabil dan lebih smooth. limbung parah yg ada di reborn kalo lari diatas 100 which is sering saya rasakan kalo duduk di row 2 nya reborn or kalo dipake macet2an berasa geter bgt dieselnya (maklum, kami belasan tahun biasa make crv yg notabene adalah suv monokok bensin) bener2 hilang di zenix, gak kerasa sama sekali. limbung memang masih ada cuma jauh lebih baik dibanding reborn yg suspensinya berasa ngayun menurut saya hehehe, walaupun secara tarikan buat lukot saya masih lebih prefer reborn diesel hehehe , apalagi buat lewat tanjakkan turunan or jalan jelek

konsumen ladder frame ya emg udh lebih segmented, cuma ya masih banyak tetepan menurut analisa sotoy saya, paling geser aja ke luar jabodetabek, karena disana ya memang masih lebih cocok diesel or ladder, secara gc nya tinggi, torsi gede dan cocok buat kondisi jalanan yg bervariasi disana, irit, lega, perawatan murah, bengkelnya jg banyak yg bisa handle disana baik beres maupun non beres hehehe + lalu lintasnya juga gak se macet jakarta (no offence ya) :big_peace:

kendibocor wrote: Sun Feb 19, 2023 8:11
Bener om, waktu awal2 dibilang innova diesel ganti hybrid langsung digoreng dah tuh diesel eh begitu zenix keluar ternyata hybridnya laku langsung fortie aja overstock sampe diskon gede ya. Kalo di jkt kayaknya pengaruh beberapa tahun ini kayaknya uda ga gampang banjir parah kaya dulu2.

Btw selaen ladderframe, tahun lalu Merc CLA 200 AMG jg harganya ga kira2 tahun 2014an bisa hampir 500. Sekarang uda koreksi banyak bahkan beberapa uda dibawah 400
ya selain itu, yg saya bold, juga kenyamanannya yg jauh improve dibanding gen sblmnya, malah lebih baik dibanding duo ladder sekalipun yg lebih mahal terutama row 2 nya. make reborn diesel buat dalkot entah knp agak tersiksa buat saya, apalagi macet2an, gatau knp lebih enak make brio buat dalkot dibanding itu mobil, geter berasa bgt, setir berat, kegedean, limbung kalo duduk di row 2 , cuma plusnya gc tinggi, bandel, torsi gede kalo di tol . which is kelebihannya baru kerasa kalo saya sering lukot via tol or rute jalan yg banyak lobang, tanjakkan turunan or jalan sepi. sementara saya jarang keluar kota, paling jauh jg bandung, itupun setahun gak sampe 4x, aspal yg saya lalui mayoritas mulus & jalanan yg saya lalui jg tiap hari macet cet which is gak cocok sm reborn ini (saya bukan jelek2in mobilnya, saya pernah punya lho ya selama 2 tahun mobil ini jadi saya tau rasanya kaya gimana dan sudah saya pakai keliling mobil ini hehehe) . nah, kalo di zenix kebalikannya. jauh lebih nyaman, jauh lebih empuk dan lebih irit jg harusnya buat macet2an di jakarta, kalo yg hybrid, makanya zenix hybrid cukup diminati disini . dan pasarnya diesel sepertinya bakal geser ke daerah hehehe


[/quote]
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by nyotsaeba »

Zenix laku? Kt sales langganan yg gasolin buanyak ready stock, yg v 2022 aj masih ada.

Buat mobil yg br launching 2 bln an sih ga hype lah hitungannya. HRV baru lebih susah nyari nya dulu abis launching.

Hibrit inden? Iya krn batre nya impor dan supply dikit. Itu aja dijanjin september dapet. Kalo batre nya bisa ditambah supply nya oleh tam (yg mana biasanya ada aja jalannya sih tu atpm) bisa dapet lebih awal lg.

Dijel turun harga krn yg biasa pake dex uda tobat kudu sekali ngisi 700-800rb. Yg pake bisol pada waswas ntar gaboleh isi lagi harga makin drop jd jual skrg.
Aswajr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
Location: Jakarta

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by Aswajr »

nyotsaeba wrote: Mon Feb 20, 2023 5:44 Zenix laku? Kt sales langganan yg gasolin buanyak ready stock, yg v 2022 aj masih ada.

Buat mobil yg br launching 2 bln an sih ga hype lah hitungannya. HRV baru lebih susah nyari nya dulu abis launching.

Hibrit inden? Iya krn batre nya impor dan supply dikit. Itu aja dijanjin september dapet. Kalo batre nya bisa ditambah supply nya oleh tam (yg mana biasanya ada aja jalannya sih tu atpm) bisa dapet lebih awal lg.

Dijel turun harga krn yg biasa pake dex uda tobat kudu sekali ngisi 700-800rb. Yg pake bisol pada waswas ntar gaboleh isi lagi harga makin drop jd jual skrg.
kayanya sama corolla cross akan sama kejadiannya sie, yang gasoline disuntik mati karena kurang laku, sekarang orang mending ambil hibrit aja kalo type sama dengan harga ga beda jauh, karena dalam kota itungan macet hibrit jauh lebih irit yah dan ga perlu upgrade2 listrik rumah..battery mungkin mahal, tapi kalo battery masih bisa bertahan 4-5 tahun saya rasa masih aman yah mengingat teknologi battery juga akan digencot pasti seiring perubahan dari gasoline ke listrik..
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by kendibocor »

nyotsaeba wrote: Mon Feb 20, 2023 5:44 Zenix laku? Kt sales langganan yg gasolin buanyak ready stock, yg v 2022 aj masih ada.

Buat mobil yg br launching 2 bln an sih ga hype lah hitungannya. HRV baru lebih susah nyari nya dulu abis launching.

Hibrit inden? Iya krn batre nya impor dan supply dikit. Itu aja dijanjin september dapet. Kalo batre nya bisa ditambah supply nya oleh tam (yg mana biasanya ada aja jalannya sih tu atpm) bisa dapet lebih awal lg.

Dijel turun harga krn yg biasa pake dex uda tobat kudu sekali ngisi 700-800rb. Yg pake bisol pada waswas ntar gaboleh isi lagi harga makin drop jd jual skrg.
https://www.pikiran-rakyat.com/otomotif ... VEd5NWlOYQ..

Kalo lihat dari penjualan januari 2023 kayaknya lumayan om si zenix untuk ukuran mobil harga up to 600 jt. Kalo yg bensin emang kayaknya beberapa sowrum ada redi stok sih, secara yg laku emang hybrid. Seperti kebiasaan orng indo pasti beli yg tipe tertinggi. Masalah fear ganti batere mahal kayaknya langsung dipatahkan sama toyoti dengan bilang batere si zenix cuman 30jt an. Tp itu harga saat ini ya, mungkin 5-8 thn lg saat waktunya pd ganti batere harganya uda naek jauh :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by nyotsaeba »

kendibocor wrote:
nyotsaeba wrote: Mon Feb 20, 2023 5:44 Zenix laku? Kt sales langganan yg gasolin buanyak ready stock, yg v 2022 aj masih ada.

Buat mobil yg br launching 2 bln an sih ga hype lah hitungannya. HRV baru lebih susah nyari nya dulu abis launching.

Hibrit inden? Iya krn batre nya impor dan supply dikit. Itu aja dijanjin september dapet. Kalo batre nya bisa ditambah supply nya oleh tam (yg mana biasanya ada aja jalannya sih tu atpm) bisa dapet lebih awal lg.

Dijel turun harga krn yg biasa pake dex uda tobat kudu sekali ngisi 700-800rb. Yg pake bisol pada waswas ntar gaboleh isi lagi harga makin drop jd jual skrg.
https://www.pikiran-rakyat.com/otomotif ... VEd5NWlOYQ..

Kalo lihat dari penjualan januari 2023 kayaknya lumayan om si zenix untuk ukuran mobil harga up to 600 jt. Kalo yg bensin emang kayaknya beberapa sowrum ada redi stok sih, secara yg laku emang hybrid. Seperti kebiasaan orng indo pasti beli yg tipe tertinggi. Masalah fear ganti batere mahal kayaknya langsung dipatahkan sama toyoti dengan bilang batere si zenix cuman 30jt an. Tp itu harga saat ini ya, mungkin 5-8 thn lg saat waktunya pd ganti batere harganya uda naek jauh :upss:
Ya dibanding dulu rebon bisa 5000-6000 unit stabil sih zenix boleh dibilang rada lesu. Lagian termurah uda 400 up. Ribon dl 300an msh dpt trim terbawah.
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by suketcell »

mon maap...
kalo mobil bekas city car, LCGC, kemungkinan turun ga gan setelah lebaran?
biasanya sampe berapa yah + berapa minggu dari lebaran?mungkin ada yg pernah ngamatin..
ada rencana ambil, budget sekitar 70-85 udah termasuk beres2....
area Surabaya
nuhun
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by P47hos »

Kalau liat harga2 mobil baru yang naik gila2an, kayanya harga mokas ga bakal turun. Kecuali banyak PR. Sigra aja udah naik 25jt + dibanding VIN tahun lalu
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by Venturtle »

Harga mobil baru zaman sekarang (mulai tahun 2022) sudah tidak masuk akal lagi..jadi ke depannya harga mobil bekas akan naik terus mengingat selisih harga yang masih sangat jauh sekarang antara mobil bekas dan mobil baru.
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by suketcell »

Habis covid langsung genjot kayaknya, buat nutupin penjualan yg anjlok..
mungkin masih bisa turun kalo ke user langsung yg BU yak..
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by kendibocor »

https://www.bloomberg.com/news/articles ... ify%20wall

Disini mobil naek tros, di china malah di subsidi gila2an. Gimana cerita pedagang mobkas disana yak? :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by Pboyz97 »

Venturtle wrote: Fri Mar 24, 2023 6:55 Harga mobil baru zaman sekarang (mulai tahun 2022) sudah tidak masuk akal lagi..jadi ke depannya harga mobil bekas akan naik terus mengingat selisih harga yang masih sangat jauh sekarang antara mobil bekas dan mobil baru.
blm tentu. tergantung wilayah & culture mayoritas masyarakatnya seperti apa. ada yg lebih prefer mobil seken tapi kelas atasnya dibanding mobil baru harga sama walaupun kalah tahun. ada juga yg lebih prefer baru biarpun kelas lebih rendah diharga sama karena lebih worry free & gak perlu kesana kemari buat hunting unitnya. nah kalo di wilayah yg kriteria pertama, sepertinya harga mobil bekas bakal naik terus. apalagi di wilayah yg aftersalesnya terbatas, cuma merek mainstream aja yg ada bengkelnya, mobil seken bakal naik terus, blm lg mobil baru disana bisa aja inden lama , diskon kecil, harga lebih mahal dibanding wilayah lainnya or mayoritas masyarakat disana blm bisa menerima perubahan pada model barunya itu dibanding daerah lain. tapi kalo di wilayah yg aftersalesnya serba ada, sepertinya harga mobil seken bakal turun ngikutin depresiasi per tahun hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by Venturtle »

Pboyz97 wrote: Wed Mar 29, 2023 2:04
Venturtle wrote: Fri Mar 24, 2023 6:55 Harga mobil baru zaman sekarang (mulai tahun 2022) sudah tidak masuk akal lagi..jadi ke depannya harga mobil bekas akan naik terus mengingat selisih harga yang masih sangat jauh sekarang antara mobil bekas dan mobil baru.
blm tentu. tergantung wilayah & culture mayoritas masyarakatnya seperti apa. ada yg lebih prefer mobil seken tapi kelas atasnya dibanding mobil baru harga sama walaupun kalah tahun. ada juga yg lebih prefer baru biarpun kelas lebih rendah diharga sama karena lebih worry free & gak perlu kesana kemari buat hunting unitnya. nah kalo di wilayah yg kriteria pertama, sepertinya harga mobil bekas bakal naik terus. apalagi di wilayah yg aftersalesnya terbatas, cuma merek mainstream aja yg ada bengkelnya, mobil seken bakal naik terus, blm lg mobil baru disana bisa aja inden lama , diskon kecil, harga lebih mahal dibanding wilayah lainnya or mayoritas masyarakat disana blm bisa menerima perubahan pada model barunya itu dibanding daerah lain. tapi kalo di wilayah yg aftersalesnya serba ada, sepertinya harga mobil seken bakal turun ngikutin depresiasi per tahun hehehe
maksudnya mobil bekas dan mobil baru di tahun 2023 ini selisih harganya sudah terlalu jauh.. karena kenaikan harga mobil baru yang terlalu banyak.. jadi harga mobil bekas akan terkerek naik..naik sedikit atau banyak ya tergantung supply demandnya juga.. karena kenaikan harga mobil baru gak sebanding dengan kenaikan gaji..sampai kapan naiknya ya tergantung bagaimana pasar menyikapinya nanti :big_okay:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by alvin23 »

Yang saya lagi penasaran sebenarnya itu efek skema Kredit balloon payment punya Hyundai.

Ini penasaran efeknya nanti begitu 3 tahun lg mobil2 hyundai mulai jatuh tempo, gmn ya ke harga mobkas2 hyundai ataupun pasar mobkas secara umum.
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by sintoni »

alvin23 wrote: Thu Jul 20, 2023 14:43 Yang saya lagi penasaran sebenarnya itu efek skema Kredit balloon payment punya Hyundai.

Ini penasaran efeknya nanti begitu 3 tahun lg mobil2 hyundai mulai jatuh tempo, gmn ya ke harga mobkas2 hyundai ataupun pasar mobkas secara umum.
Ane sampe skrg belom ngerti istilah Balon itu om.

Bedanya apa sama KKB biasa?
Last edited by sintoni on Thu Jul 20, 2023 15:22, edited 2 times in total.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by alvin23 »

sintoni wrote:
alvin23 wrote: Thu Jul 20, 2023 14:43 Yang saya lagi penasaran sebenarnya itu efek skema Kredit balloon payment punya Hyundai.

Ini penasaran efeknya nanti begitu 3 tahun lg mobil2 hyundai mulai jatuh tempo, gmn ya ke harga mobkas2 hyundai ataupun pasar mobkas secara umum.
Ane sampe skrg belom ngerti istilah Balon itu om.

Bedanya apa sama KKB biasa ya?
Kl ballon, bedanya sama kkb, harga mobil tuh dibagi 3. Kl kkb kan 2 aja ya, DP plus cicilan ampe lunas.

Kl balon 3, jd misal dp 20%, 30% dibagi jd cicilan, trus diakhir cicilan masih ada sisa pelunasan lump sum, biasanya kisaran 40%-50% harga mobil. Kenapa dibuat begini, biar dp ama cicilan di awal ringan, yg penting dpt mobilnya dulu.

Kl secara konsep sih, si balon yg di akhir ini, biasanya bisa jg dilunasin pakai program resale value guarantee, jd dijual lg ke hyundainya atau tuker tambah ama mobil baru selanjutnya

Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by sintoni »

alvin23 wrote: Thu Jul 20, 2023 15:20
sintoni wrote:
alvin23 wrote: Thu Jul 20, 2023 14:43 Yang saya lagi penasaran sebenarnya itu efek skema Kredit balloon payment punya Hyundai.

Ini penasaran efeknya nanti begitu 3 tahun lg mobil2 hyundai mulai jatuh tempo, gmn ya ke harga mobkas2 hyundai ataupun pasar mobkas secara umum.
Ane sampe skrg belom ngerti istilah Balon itu om.

Bedanya apa sama KKB biasa ya?
Kl ballon, bedanya sama kkb, harga mobil tuh dibagi 3. Kl kkb kan 2 aja ya, DP plus cicilan ampe lunas.

Kl balon 3, jd misal dp 20%, 30% dibagi jd cicilan, trus diakhir cicilan masih ada sisa pelunasan lump sum, biasanya kisaran 40%-50% harga mobil. Kenapa dibuat begini, biar dp ama cicilan di awal ringan, yg penting dpt mobilnya dulu.

Kl secara konsep sih, si balon yg di akhir ini, biasanya bisa jg dilunasin pakai program resale value guarantee, jd dijual lg ke hyundainya atau tuker tambah ama mobil baru selanjutnya
Jadi berat di akhir ya om?

Kalau KKB kan lebih berat di depan.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by alvin23 »

sintoni wrote: Fri Jul 21, 2023 1:18
alvin23 wrote: Thu Jul 20, 2023 15:20
sintoni wrote:
Ane sampe skrg belom ngerti istilah Balon itu om.

Bedanya apa sama KKB biasa ya?
Kl ballon, bedanya sama kkb, harga mobil tuh dibagi 3. Kl kkb kan 2 aja ya, DP plus cicilan ampe lunas.

Kl balon 3, jd misal dp 20%, 30% dibagi jd cicilan, trus diakhir cicilan masih ada sisa pelunasan lump sum, biasanya kisaran 40%-50% harga mobil. Kenapa dibuat begini, biar dp ama cicilan di awal ringan, yg penting dpt mobilnya dulu.

Kl secara konsep sih, si balon yg di akhir ini, biasanya bisa jg dilunasin pakai program resale value guarantee, jd dijual lg ke hyundainya atau tuker tambah ama mobil baru selanjutnya
Jadi berat di akhir ya om?

Kalau KKB kan lebih berat di depan.
Betul pak, makanya sy bayangin kl tiba2 orang2 berjamaah butuh duit buat lunasin akhirnya, apa harga jual ga turun ya :ungg:

Atau jadinya terpaksa ganti hyundai terus sih wkwk, tuker baru tuker baru terus tiap abis cicilan
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by ChZ »

alvin23 wrote: Thu Jul 20, 2023 15:20 Kl secara konsep sih, si balon yg di akhir ini, biasanya bisa jg dilunasin pakai program resale value guarantee, jd dijual lg ke hyundainya atau tuker tambah ama mobil baru selanjutnya
keknya emang tujuan jangka panjangnya si H miring ini om... :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Alwayspaid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Aug 25, 2021 12:00
Location: Jakarta

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by Alwayspaid »

alvin23 wrote: Thu Jul 20, 2023 15:20
sintoni wrote:
alvin23 wrote: Thu Jul 20, 2023 14:43 Yang saya lagi penasaran sebenarnya itu efek skema Kredit balloon payment punya Hyundai.

Ini penasaran efeknya nanti begitu 3 tahun lg mobil2 hyundai mulai jatuh tempo, gmn ya ke harga mobkas2 hyundai ataupun pasar mobkas secara umum.
Ane sampe skrg belom ngerti istilah Balon itu om.

Bedanya apa sama KKB biasa ya?
Kl ballon, bedanya sama kkb, harga mobil tuh dibagi 3. Kl kkb kan 2 aja ya, DP plus cicilan ampe lunas.

Kl balon 3, jd misal dp 20%, 30% dibagi jd cicilan, trus diakhir cicilan masih ada sisa pelunasan lump sum, biasanya kisaran 40%-50% harga mobil. Kenapa dibuat begini, biar dp ama cicilan di awal ringan, yg penting dpt mobilnya dulu.

Kl secara konsep sih, si balon yg di akhir ini, biasanya bisa jg dilunasin pakai program resale value guarantee, jd dijual lg ke hyundainya atau tuker tambah ama mobil baru selanjutnya
baru tau skrg ada skema begini, kalo begini sisa hutang pelunasan yg dibelakang dikalikan bunga juga?
Present
- DJ5FS GT
- F30 320i B48
- W213 E200
Past
- E36 320i
- E46 325i
- E82 135i
- F30 320i N20
- E82 135i
- F87 M2
- GTI MK6
- Scirocco 1.4
- GE8 1.5
- Brio 1.2
- Megane RS265
- GT86
- ES300H
ridhodedzky
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Feb 28, 2024 19:00
Location: Batam
Daily Vehicle: Proses

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by ridhodedzky »

Mohon sarannya para suhu dan senior 🙏🏻
Mobil yang bagus dengan budget 150juta, paling tua tahun 2013 boleh. Bagusnya mobil apa suhu?
Note : Selain LCGC
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Diskusi perkiraan harga mobil bekas 2023

Post by Pboyz97 »

ridhodedzky wrote: Wed Feb 28, 2024 19:17 Mohon sarannya para suhu dan senior 🙏🏻
Mobil yang bagus dengan budget 150juta, paling tua tahun 2013 boleh. Bagusnya mobil apa suhu?
Note : Selain LCGC
banyak pilihan, tinggal milih mau 5 seater atau 7 seater. kalo 5 seater ada
- jazz GE8 RS AT 2013 - 2014 Last FL
- Swift GX 2013 - 2014
- Yaris bakpao E / S AT 2013 - 2014 awal
- Ignis 2018-2019
- Sirion 2019-2020
- Mazda 2 R 2014 Sky / RZ 2013 awal non sky

kalo 7 seater
- Avxen RWD 2013- 2018
- Rushter 2013-2015
- Innova bensin 2013-2014
- Ertiga 2013 - 2018
- Mobilo 2014-2017

tinggal pilih sesuai kebutuhan, dijamin semua mobil yang saya sebutkan diatas , naikkan maupun kelasnya diatas LCGC jaman now harga mirip hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV