Zenix atau santa fe

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Zenix atau santa fe

Post by vipere »

ChZ wrote: Thu Feb 09, 2023 7:04
KielConstantine wrote: Wed Feb 08, 2023 2:31 Odyssey seken aja dah. Kluaran 2019 up. Proper tuhh

Atau alpret.. tapi bosen liatny soalnya kebanyakan yg pake :upss:

Jangan jauh2 dari toyota / honda dah. Paling bener dua itu
nahh iya jg odyssey yah :mky_03: tp odyssey rear torsion beam sehh. justru mikirnya santi / palised karena rear independent gimanapun tetep enak di toll dan lebih secure handlingnya.

apa odyssey gepeng aja RB1 200hp :ngacir:
akbrn wrote: Tue Feb 07, 2023 12:36 Tapi H miring sebagian teruji juga untuk city car & small sedan, line up yg udah 20 taun lebih masih banyak user daily use pake atoz, getz, accent model bimantara, accent verna.

Beberapa user atoz malah bilang lebih reliable dibanding karimun kotak hahaha

Tucson & santa fe berumur juga masih banyak yg piara

kecuali carnival lebih sering liat yg jogrog / dikampak / sengaja dibuang

jadi buat H miring selama di indo cendrung fluktuatif kadang jaya kadang melarat
H miring tua yah? rata-rata msh pake tech mitsubishi sehh. itu accent series tua kyknya engine gasoline mitsu tuhh. :mky_03: kroya sebenernya gak lebih parah dari mobil china. dari dulu engine nya banyak yang bandel perawatan seadanya jalan.

cuma build qualitynya dulu blom bener wkwkwkw accent banyak yang busuk apalagi bekas taksi bau kabinnya bikin hoek2 bau plastiknya kalo kena panas, naik taksi accent itu paling males kalo gak terpaksa. nightmare combo kalo supirnya bau badan keringetan seharian :mky_07:

tapi dulu sedan blue collar hero orang ga punya mobil banyak mobil pertamanya accent series ampe avega dibikin pajak minibus biar bisa murah :mky_03: jgn lupa the infamous timor s515 rebadge kia sephia

dulu kroya duo visto-atoz sehh merajai segmen citycar dulu karimun kotak udah kelamaan tanpa pesaing di level citycar.

visto diterusin pikancrut, atoz diterusin i10. picanto gen pertama masih jelek banget build qualitynya terus boros banget buat ukuran 1.1liter wkwkwkwkw.

ampe santafe/sorento gen 3 / tucson/sportage gen 3 itu build quality mendingan tapi tetep rasanya murah dibanding japanese. makanya santafe gen 4 itu lompatan bgt rasanya premium sekali dalemnya.

skrg china malah kebalik, benerin build quality dulu tapi engineering msh kacrut. cuma yah nyata nyatanya emang urusan jual menjual, jualan tampang lebih menjual sehh :ungg:

Gara2.accent lah, gue kapok pake h miring . Ga bakalan beli lagi lah merek itu.
Gila itu accent endless money pit, lebih parah dari sheer repairing pleasure.
Sebut aja dari komponen terberat ( mesin, ac, power steering, radiator) semuanya pernah masalah.
Turun mesin aja 2 x.
Sampe komponen yang support pun ikut masalah (power window, fan belt, dll) pernah masalah.
Nyusahin di jalan juga, kalo ga overheat ya mogok.
Air flow.sensor yg harganya 1.8 juta tiap tahun rusak.
Itu juga mobilnya manual loh.
Kalo.yg matic nya, waktu jaman dulu issue nya suka ngelock di gigi 2.

Jangan.bilang gue yg ga bisa rawat mobil,
Karena begitu ganti livina yang kata orang2 kurang realible, jauh lebih enak.
Power window aja sampe dijual ( pake 13 tahun) , Ga pernah rusak.
Paling cuman masalah kaki2 atau part2 yg emang udah umurnya aja.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Zenix atau santa fe

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Thu Feb 09, 2023 13:31
Suryaputra wrote: Tue Feb 07, 2023 4:08 mbah, barusan ngobrol sama user hrv rs turbo.
gen-z loh

1. saya tanya: knp beli hrv rs turbo?
dia jawab: karena fitur banyak dan it's honda, udah test drive, halus dan kencang, tapi jarang ngebut juga, paling sesekali klo butuh power buat nanjak, ngegas santai dan mobil nurut tenaganya

2. saya tanya lagi: H mring kan lg bagus tuh jualan dan image nya lg oke, dan fitur banyak, sound system bose pula + subwoofer loh, enak dengerin musik.... knp gak beli h miring aja, lbh murah lagi?
dia jawab dan saya lgs diem: saya gakmau beli mobil, yg naik daun karena influencer, emg dr awal inccernya T H S aja, buat dipakai lama bisa 10 tahun, udah jaminan mutu servis dan parts nya :mky_03: :mky_03:

pakai merk S untuk kebutuhan bisnis


emang carry tuh debest di kelasnya sih
hahahaha
curiga ini gen-z aliran kanan pol atau kiri pol :big_biglaugh: alias mesti tampil beda dalam artian anti mainstream.
karena baru aja awal tahun ketemu 4 gen-z ngobrol2 penasaran cara mikirnya gimana. semuanya mirip2, nah ada gen-z kaya diatas ini sepertinya aliran kiri atau kanan banget :big_biglaugh:

atau memang selama ini lingkungannya konservatif jadi milih ga jauh2 dari merek Jepang itu2 saja. :big_biglaugh:
Dia background nya marketing (strategi pemasaran, bukan sales)

Jadi katanya cukup paham mana produk yg mature, based on organic recommendation (ya makanya jepang2 lagi) :big_biglaugh:

Atau... based on endorsed, buat risk taker, early adopter, or/ and willing to try something new.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49

Re: Zenix atau santa fe

Post by Jupiemx99 »

vipere wrote: Thu Feb 09, 2023 14:17
ChZ wrote: Thu Feb 09, 2023 7:04
KielConstantine wrote: Wed Feb 08, 2023 2:31 Odyssey seken aja dah. Kluaran 2019 up. Proper tuhh

Atau alpret.. tapi bosen liatny soalnya kebanyakan yg pake :upss:

Jangan jauh2 dari toyota / honda dah. Paling bener dua itu
nahh iya jg odyssey yah :mky_03: tp odyssey rear torsion beam sehh. justru mikirnya santi / palised karena rear independent gimanapun tetep enak di toll dan lebih secure handlingnya.

apa odyssey gepeng aja RB1 200hp :ngacir:
akbrn wrote: Tue Feb 07, 2023 12:36 Tapi H miring sebagian teruji juga untuk city car & small sedan, line up yg udah 20 taun lebih masih banyak user daily use pake atoz, getz, accent model bimantara, accent verna.

Beberapa user atoz malah bilang lebih reliable dibanding karimun kotak hahaha

Tucson & santa fe berumur juga masih banyak yg piara

kecuali carnival lebih sering liat yg jogrog / dikampak / sengaja dibuang

jadi buat H miring selama di indo cendrung fluktuatif kadang jaya kadang melarat
H miring tua yah? rata-rata msh pake tech mitsubishi sehh. itu accent series tua kyknya engine gasoline mitsu tuhh. :mky_03: kroya sebenernya gak lebih parah dari mobil china. dari dulu engine nya banyak yang bandel perawatan seadanya jalan.

cuma build qualitynya dulu blom bener wkwkwkw accent banyak yang busuk apalagi bekas taksi bau kabinnya bikin hoek2 bau plastiknya kalo kena panas, naik taksi accent itu paling males kalo gak terpaksa. nightmare combo kalo supirnya bau badan keringetan seharian :mky_07:

tapi dulu sedan blue collar hero orang ga punya mobil banyak mobil pertamanya accent series ampe avega dibikin pajak minibus biar bisa murah :mky_03: jgn lupa the infamous timor s515 rebadge kia sephia

dulu kroya duo visto-atoz sehh merajai segmen citycar dulu karimun kotak udah kelamaan tanpa pesaing di level citycar.

visto diterusin pikancrut, atoz diterusin i10. picanto gen pertama masih jelek banget build qualitynya terus boros banget buat ukuran 1.1liter wkwkwkwkw.

ampe santafe/sorento gen 3 / tucson/sportage gen 3 itu build quality mendingan tapi tetep rasanya murah dibanding japanese. makanya santafe gen 4 itu lompatan bgt rasanya premium sekali dalemnya.

skrg china malah kebalik, benerin build quality dulu tapi engineering msh kacrut. cuma yah nyata nyatanya emang urusan jual menjual, jualan tampang lebih menjual sehh :ungg:

Gara2.accent lah, gue kapok pake h miring . Ga bakalan beli lagi lah merek itu.
Gila itu accent endless money pit, lebih parah dari sheer repairing pleasure.
Sebut aja dari komponen terberat ( mesin, ac, power steering, radiator) semuanya pernah masalah.
Turun mesin aja 2 x.
Sampe komponen yang support pun ikut masalah (power window, fan belt, dll) pernah masalah.
Nyusahin di jalan juga, kalo ga overheat ya mogok.
Air flow.sensor yg harganya 1.8 juta tiap tahun rusak.
Itu juga mobilnya manual loh.
Kalo.yg matic nya, waktu jaman dulu issue nya suka ngelock di gigi 2.

Jangan.bilang gue yg ga bisa rawat mobil,
Karena begitu ganti livina yang kata orang2 kurang realible, jauh lebih enak.
Power window aja sampe dijual ( pake 13 tahun) , Ga pernah rusak.
Paling cuman masalah kaki2 atau part2 yg emang udah umurnya aja.
Tapi saudara saya pake hyundai accent matic baik2 aja sampai sekarang. Mungkin tergantung perawatannya juga.
:big_peace:

Saudara saya juga ada yg pakai grand livina matic juga baik2 saja. Saya juga pake nissan serena alhamdulillah sampe sekarang baik2 saja.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Zenix atau santa fe

Post by vipere »

Jupiemx99 wrote: Thu Feb 09, 2023 14:48
Tapi saudara saya pake hyundai accent matic baik2 aja sampai sekarang. Mungkin tergantung perawatannya juga.
:big_peace:

Saudara saya juga ada yg pakai grand livina matic juga baik2 saja. Saya juga pake nissan serena alhamdulillah sampe sekarang baik2 saja.
perawatan sama aja kayak pake livina, buktinya livina baik2. emang dasar mobilnya busuk sih, gak tau karena dapet unit jelek atau apa.
musti pake sendiri sih baru tau, kalo orang lain , atau lihat di jalan sampe skr masih beredar di jalan misalnya, kita gak tau dia ada benerin apa aja,
belum tentu kasihtau kita juga ada benerin apa.
dulu ada ikut mailing list nya, itu isinya kebanyakan nanya problem ini , problem itu.
emang banyak trouble.
begitu lihat forum komunitas avanza , isinya kebanyakan nanya aksesoris ini itu, modif ini itu.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Zenix atau santa fe

Post by Suryaputra »

Klo hyundai jaman tahun Y2k
Itu harganya relatif murah dibanding kompetitor jepang, maka dr itu mungkin pakai Raw material yg juga kualitasnya di bawah kompetitor.

Ada harga ada rupa, walaupun scr fitur dan kenyamanan (pada waktu itu) sy akui rasa2nya di atas kompetitor jepang emang.

Contoh Nyata: Accent vs Baleno/ Aerio
Itu nyamannya cukup berasa yaa.
Accent much better lah in terms of comfort.

Tapi... Hyundai jaman now, harganya dah nempel brand jepang.

Jadi harusnya dan semoga secara durability on par yaa.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sinchan17
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Thu Jan 15, 2015 4:12

Re: Zenix atau santa fe

Post by sinchan17 »

Kalo sy pengalaman dgn H miring biasa2 aja selama pemakaian. Ga istimewa tp jg ga nyusahin. Cuman pas mau jual, astaga ber bulan2 kaga laku dgn harga wajar. Yg minat minim. Beda pas jual kijang, pagi dipasang iklan, siang dah laku
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: Zenix atau santa fe

Post by loid »

Suryaputra wrote: Thu Feb 09, 2023 14:41
kunaskun wrote: Thu Feb 09, 2023 13:31
Suryaputra wrote: Tue Feb 07, 2023 4:08 mbah, barusan ngobrol sama user hrv rs turbo.
gen-z loh

1. saya tanya: knp beli hrv rs turbo?
dia jawab: karena fitur banyak dan it's honda, udah test drive, halus dan kencang, tapi jarang ngebut juga, paling sesekali klo butuh power buat nanjak, ngegas santai dan mobil nurut tenaganya

2. saya tanya lagi: H mring kan lg bagus tuh jualan dan image nya lg oke, dan fitur banyak, sound system bose pula + subwoofer loh, enak dengerin musik.... knp gak beli h miring aja, lbh murah lagi?
dia jawab dan saya lgs diem: saya gakmau beli mobil, yg naik daun karena influencer, emg dr awal inccernya T H S aja, buat dipakai lama bisa 10 tahun, udah jaminan mutu servis dan parts nya :mky_03: :mky_03:

pakai merk S untuk kebutuhan bisnis


emang carry tuh debest di kelasnya sih
hahahaha
curiga ini gen-z aliran kanan pol atau kiri pol :big_biglaugh: alias mesti tampil beda dalam artian anti mainstream.
karena baru aja awal tahun ketemu 4 gen-z ngobrol2 penasaran cara mikirnya gimana. semuanya mirip2, nah ada gen-z kaya diatas ini sepertinya aliran kiri atau kanan banget :big_biglaugh:

atau memang selama ini lingkungannya konservatif jadi milih ga jauh2 dari merek Jepang itu2 saja. :big_biglaugh:
Dia background nya marketing (strategi pemasaran, bukan sales)

Jadi katanya cukup paham mana produk yg mature, based on organic recommendation (ya makanya jepang2 lagi) :big_biglaugh:

Atau... based on endorsed, buat risk taker, early adopter, or/ and willing to try something new.
Menarik utk dibahas sih

Menurut pengalaman di lingkungan gw sih, kebanyakan user h miring creta itu rata2 dari kaum hawa, either subjectively suka ama looksnya, kepincut fitur bluelink yg ngasih perceived peace of mind atau pengaruh dari hallyu wave

Soal hallyu wave ini arguably cukup ampuh buat narik awareness konsumen awam (kpoper utamanya) selain faktor influencer otomotif tadi buat nyaingin produk jepang yang mostly ngandelin organic recommendation/word of mouth marketing, karena dipikir2 jarang banget pabrikan otomotif yg berpromosi gede2an lewat jalur pop culture (cmiiw) apalagi klo nonton drakor pasti ga sekali dua kali doang nemu mobil keluaran hyundai/kia di scenenya wkwk. Mungkin casenya mirip dengan collab MCD x BTS yang bikin gerainya diserbu para army. And guess what? BTS jd BAnya hyundai jga

BTT, mungkin dari kedua opsi tadi kudu dipilah dulu mana poin yg jadi prioritas TS

Dari spek di atas kertas kalo nyari akomodasi dan keiritan BBM lebih baik zenix (khusus varian hybrid), sedangkan klo condong ke comfort dan fun to drive bisa ke santafe dgn mesin diesel 200hp + 8DCT transmission dan independent rear suspension

Untuk extra gimmick macem fitur tolak bala sih harusnya hampir sama baiknya, assuming ngincer zenix q tss hv ama santa fe signature ya

karena selisih harga antara zenix dan santafe cukup jauh, baiknya TS testdrive unitnya langsung di dealer biar bs ngerasain mana yang lebih worth, apalagi ada faktor X seperti butt-o-meter dan posisi mengemudi yg ga bs dinilai dari spek tercantum pada brosur
ipasha96
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Thu Oct 16, 2008 3:34

Re: Zenix atau santa fe

Post by ipasha96 »

sinchan17 wrote: Fri Feb 10, 2023 2:25 Kalo sy pengalaman dgn H miring biasa2 aja selama pemakaian. Ga istimewa tp jg ga nyusahin. Cuman pas mau jual, astaga ber bulan2 kaga laku dgn harga wajar. Yg minat minim. Beda pas jual kijang, pagi dipasang iklan, siang dah laku
Itu hebatnya merk Jepang om. Tahun 2019, saya jualin mobil ortu, Suzuki Baleno 1998. Kondisi mobil pas dijual sudah nggak terlalu bagus sebenarnya karena sudah jarang dipakai juga. AC lagi problem, nggak dingin. Shockbreaker juga udah tanda-tanda minta ganti. Siang pasang iklan di Ol*, langsung ada beberapa yg japri nanya-nanya. Besok paginya langsung janjian ketemu sama calon buyer, akhirnya langsung deal dengan satu buyer, transaksi pembayaran dan mobil langsung dibawa sama buyer. Laku dalam waktu nggak sampai 24 jam sejak iklan dipasang, untuk mobil usia 21 tahun😁
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Zenix atau santa fe

Post by Suryaputra »

ipasha96 wrote: Fri Feb 10, 2023 15:40
sinchan17 wrote: Fri Feb 10, 2023 2:25 Kalo sy pengalaman dgn H miring biasa2 aja selama pemakaian. Ga istimewa tp jg ga nyusahin. Cuman pas mau jual, astaga ber bulan2 kaga laku dgn harga wajar. Yg minat minim. Beda pas jual kijang, pagi dipasang iklan, siang dah laku
Itu hebatnya merk Jepang om. Tahun 2019, saya jualin mobil ortu, Suzuki Baleno 1998. Kondisi mobil pas dijual sudah nggak terlalu bagus sebenarnya karena sudah jarang dipakai juga. AC lagi problem, nggak dingin. Shockbreaker juga udah tanda-tanda minta ganti. Siang pasang iklan di Ol*, langsung ada beberapa yg japri nanya-nanya. Besok paginya langsung janjian ketemu sama calon buyer, akhirnya langsung deal dengan satu buyer, transaksi pembayaran dan mobil langsung dibawa sama buyer. Laku dalam waktu nggak sampai 24 jam sejak iklan dipasang, untuk mobil usia 21 tahun😁
Yes walaupun kondisi apa adanya dan jujur2an info, bahwa ada bbrp slow moving parts yg harus diganti... selama merknya jepang itu itu lagi = buyer punya persepsi gak terlalu khawatir

Paling ya ditawar rada lebay aja :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Zenix atau santa fe

Post by Suryaputra »

loid wrote: Fri Feb 10, 2023 14:14
Suryaputra wrote: Thu Feb 09, 2023 14:41
kunaskun wrote: Thu Feb 09, 2023 13:31

curiga ini gen-z aliran kanan pol atau kiri pol :big_biglaugh: alias mesti tampil beda dalam artian anti mainstream.
karena baru aja awal tahun ketemu 4 gen-z ngobrol2 penasaran cara mikirnya gimana. semuanya mirip2, nah ada gen-z kaya diatas ini sepertinya aliran kiri atau kanan banget :big_biglaugh:

atau memang selama ini lingkungannya konservatif jadi milih ga jauh2 dari merek Jepang itu2 saja. :big_biglaugh:
Dia background nya marketing (strategi pemasaran, bukan sales)

Jadi katanya cukup paham mana produk yg mature, based on organic recommendation (ya makanya jepang2 lagi) :big_biglaugh:

Atau... based on endorsed, buat risk taker, early adopter, or/ and willing to try something new.
Menarik utk dibahas sih

Menurut pengalaman di lingkungan gw sih, kebanyakan user h miring creta itu rata2 dari kaum hawa, either subjectively suka ama looksnya, kepincut fitur bluelink yg ngasih perceived peace of mind atau pengaruh dari hallyu wave

Soal hallyu wave ini arguably cukup ampuh buat narik awareness konsumen awam (kpoper utamanya) selain faktor influencer otomotif tadi buat nyaingin produk jepang yang mostly ngandelin organic recommendation/word of mouth marketing, karena dipikir2 jarang banget pabrikan otomotif yg berpromosi gede2an lewat jalur pop culture (cmiiw) apalagi klo nonton drakor pasti ga sekali dua kali doang nemu mobil keluaran hyundai/kia di scenenya wkwk. Mungkin casenya mirip dengan collab MCD x BTS yang bikin gerainya diserbu para army. And guess what? BTS jd BAnya hyundai jga

BTT, mungkin dari kedua opsi tadi kudu dipilah dulu mana poin yg jadi prioritas TS

Dari spek di atas kertas kalo nyari akomodasi dan keiritan BBM lebih baik zenix (khusus varian hybrid), sedangkan klo condong ke comfort dan fun to drive bisa ke santafe dgn mesin diesel 200hp + 8DCT transmission dan independent rear suspension

Untuk extra gimmick macem fitur tolak bala sih harusnya hampir sama baiknya, assuming ngincer zenix q tss hv ama santa fe signature ya

karena selisih harga antara zenix dan santafe cukup jauh, baiknya TS testdrive unitnya langsung di dealer biar bs ngerasain mana yang lebih worth, apalagi ada faktor X seperti butt-o-meter dan posisi mengemudi yg ga bs dinilai dari spek tercantum pada brosur
Dan gak cuma kpopers mbah.
Marvel universe X Sony movie, jg influencer H miring juga loh.
Selain lexus yaa.

Bbrp film hollywood jg gak jarang jd influencer nya H miring.

Menarik emang.
Dan di bbrp negara maju, penjualan H miring itu temasuk istimewa.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix atau santa fe

Post by ChZ »

vipere wrote: Fri Feb 10, 2023 1:41 perawatan sama aja kayak pake livina, buktinya livina baik2. emang dasar mobilnya busuk sih, gak tau karena dapet unit jelek atau apa.
musti pake sendiri sih baru tau, kalo orang lain , atau lihat di jalan sampe skr masih beredar di jalan misalnya, kita gak tau dia ada benerin apa aja,
belum tentu kasihtau kita juga ada benerin apa.

dulu ada ikut mailing list nya, itu isinya kebanyakan nanya problem ini , problem itu.
emang banyak trouble.
begitu lihat forum komunitas avanza , isinya kebanyakan nanya aksesoris ini itu, modif ini itu.
tapi speaking of beredar di jalan... sbenernya ini indikator jg apakah suatu mobil itu awet apa enggak. atau minimal, nggak terlalu durable tapi mudah dirawat / partsnya tidak sulit. ini jg salah satu yang bikin older merc/BMW itu kesannya awet banget. biar gak sebadak innova tapi part part msh mudah. minimal engine partsnya. repairnya nggak bikin ngejogrok di bengkel berbulan-bulan kecuali ownernya kelilit utang. wkwkwkwkkw.

biasanya yg mobil tua part sulit itu dealernya punya histori pindah2 atpm :mky_03: ya liat aja mazda, hyundai, kia, chevrolet tua atpm barunya mana mau ngurusin partnya mobil tua begini rusak ya bodo amat cari aja mamang2 pinggir jalan buat benerin :mky_03: paling drastis itu HMI ke HMID kok, santafe gen 3 pd ngeluh dicuekin sama atpm baru wkwkwkwkw.

gw waktu awal2 liat pembangunan gedung diler baru under HMID agak geleng2 kepala kok bengkel kosongan gini emang gak terima servis yang lama-lama? :big_bored: kecurigaan gw terbukti ternyata pada ngeluh dicuekin ATPM semua wkwkwkw. buset deh, kalah ma subaru yg lama lama aja dibantu penyesuaian VIN number biar kebaca di datanya mereka.

ford aja msh mending itu dealership support masih jalan loh. fiesta jg msh rame di jalan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Zenix atau santa fe

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Feb 11, 2023 3:02
vipere wrote: Fri Feb 10, 2023 1:41 perawatan sama aja kayak pake livina, buktinya livina baik2. emang dasar mobilnya busuk sih, gak tau karena dapet unit jelek atau apa.
musti pake sendiri sih baru tau, kalo orang lain , atau lihat di jalan sampe skr masih beredar di jalan misalnya, kita gak tau dia ada benerin apa aja,
belum tentu kasihtau kita juga ada benerin apa.

dulu ada ikut mailing list nya, itu isinya kebanyakan nanya problem ini , problem itu.
emang banyak trouble.
begitu lihat forum komunitas avanza , isinya kebanyakan nanya aksesoris ini itu, modif ini itu.
tapi speaking of beredar di jalan... sbenernya ini indikator jg apakah suatu mobil itu awet apa enggak. atau minimal, nggak terlalu durable tapi mudah dirawat / partsnya tidak sulit. ini jg salah satu yang bikin older merc/BMW itu kesannya awet banget. biar gak sebadak innova tapi part part msh mudah. minimal engine partsnya. repairnya nggak bikin ngejogrok di bengkel berbulan-bulan kecuali ownernya kelilit utang. wkwkwkwkkw.

biasanya yg mobil tua part sulit itu dealernya punya histori pindah2 atpm :mky_03: ya liat aja mazda, hyundai, kia, chevrolet tua atpm barunya mana mau ngurusin partnya mobil tua begini rusak ya bodo amat cari aja mamang2 pinggir jalan buat benerin :mky_03: paling drastis itu HMI ke HMID kok, santafe gen 3 pd ngeluh dicuekin sama atpm baru wkwkwkwkw.

gw waktu awal2 liat pembangunan gedung diler baru under HMID agak geleng2 kepala kok bengkel kosongan gini emang gak terima servis yang lama-lama? :big_bored: kecurigaan gw terbukti ternyata pada ngeluh dicuekin ATPM semua wkwkwkw. buset deh, kalah ma subaru yg lama lama aja dibantu penyesuaian VIN number biar kebaca di datanya mereka.

ford aja msh mending itu dealership support masih jalan loh. fiesta jg msh rame di jalan.
Klo ngelihat potensi sustainability nya si HMID, dia udh invest puluhan trilyun = gak semudah itu pamit :big_biglaugh:

Tapi klo masalah after sales service hyundai, dengan produksi pada waktu generasi sblm HMID invest di indonesia; ya itu ke bengkel spesialist aja paling.. krn dah gak garansi juga..

Klopun dijual lagi, ya siap2:
- susah/ lama jual, atau..
- RV terjun ke bawah

Intinya klo pendapat saya pribadi, Hyundai ini cocoknya jd mobil ke 2, belum jadi pilihan utama.
Apalagi klo mikir gmn jual lagi nanti?.. ya jgn beli Hyundai.

Jadi emang, buy it... to hiling hiling :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix atau santa fe

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Sat Feb 11, 2023 3:48 Klo ngelihat potensi sustainability nya si HMID, dia udh invest puluhan trilyun = gak semudah itu pamit :big_biglaugh:

Tapi klo masalah after sales service hyundai, dengan produksi pada waktu generasi sblm HMID invest di indonesia; ya itu ke bengkel spesialist aja paling.. krn dah gak garansi juga..

Klopun dijual lagi, ya siap2:
- susah/ lama jual, atau..
- RV terjun ke bawah

Intinya klo pendapat saya pribadi, Hyundai ini cocoknya jd mobil ke 2, belum jadi pilihan utama.
Apalagi klo mikir gmn jual lagi nanti?.. ya jgn beli Hyundai.

Jadi emang, buy it... to hiling hiling :big_peace:
ya yang atpm dulu juga gak kabur sih :big_bored: yang pegang dinasti cendana wkwkwkkwkw gak laku tinggal lobby2 grup bisnis lain biar pake produknya.

skrg sehh kalo hyundai/kia/chevrolet biasa spesialisnya jadi 1 :mky_03:

dy dipegang HMID sekarang positioningnya premium brand kyk mazda. tp aftersales service nya gak premium blas. wkwkwkwk. sulit tapi brand kor/jap yg serba irit operasional mau premium service macem lexus apa bmw. level konsumennya blm sampe sana yg rela pay more for more.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Zenix atau santa fe

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Feb 11, 2023 4:26
Suryaputra wrote: Sat Feb 11, 2023 3:48 Klo ngelihat potensi sustainability nya si HMID, dia udh invest puluhan trilyun = gak semudah itu pamit :big_biglaugh:

Tapi klo masalah after sales service hyundai, dengan produksi pada waktu generasi sblm HMID invest di indonesia; ya itu ke bengkel spesialist aja paling.. krn dah gak garansi juga..

Klopun dijual lagi, ya siap2:
- susah/ lama jual, atau..
- RV terjun ke bawah

Intinya klo pendapat saya pribadi, Hyundai ini cocoknya jd mobil ke 2, belum jadi pilihan utama.
Apalagi klo mikir gmn jual lagi nanti?.. ya jgn beli Hyundai.

Jadi emang, buy it... to hiling hiling :big_peace:
ya yang atpm dulu juga gak kabur sih :big_bored: yang pegang dinasti cendana wkwkwkkwkw gak laku tinggal lobby2 grup bisnis lain biar pake produknya.

skrg sehh kalo hyundai/kia/chevrolet biasa spesialisnya jadi 1 :mky_03:

dy dipegang HMID sekarang positioningnya premium brand kyk mazda. tp aftersales service nya gak premium blas. wkwkwkwk. sulit tapi brand kor/jap yg serba irit operasional mau premium service macem lexus apa bmw. level konsumennya blm sampe sana yg rela pay more for more.
Di area bandung dulu ada 3 beres mazda.

Skrg tinggal satu2nya, dipegang eurokars pula...
Jd harga jasanya ikut2 condong ke premium dah :big_biglaugh:

Mulai dikit populasinya di bandung sini buat Mazda.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Zenix atau santa fe

Post by anadzir »

ChZ wrote: Sat Feb 11, 2023 3:02
tapi speaking of beredar di jalan... sbenernya ini indikator jg apakah suatu mobil itu awet apa enggak. atau minimal, nggak terlalu durable tapi mudah dirawat / partsnya tidak sulit. ini jg salah satu yang bikin older merc/BMW itu kesannya awet banget. biar gak sebadak innova tapi part part msh mudah. minimal engine partsnya. repairnya nggak bikin ngejogrok di bengkel berbulan-bulan kecuali ownernya kelilit utang. wkwkwkwkkw.

biasanya yg mobil tua part sulit itu dealernya punya histori pindah2 atpm :mky_03: ya liat aja mazda, hyundai, kia, chevrolet tua atpm barunya mana mau ngurusin partnya mobil tua begini rusak ya bodo amat cari aja mamang2 pinggir jalan buat benerin :mky_03: paling drastis itu HMI ke HMID kok, santafe gen 3 pd ngeluh dicuekin sama atpm baru wkwkwkwkw.

gw waktu awal2 liat pembangunan gedung diler baru under HMID agak geleng2 kepala kok bengkel kosongan gini emang gak terima servis yang lama-lama? :big_bored: kecurigaan gw terbukti ternyata pada ngeluh dicuekin ATPM semua wkwkwkw. buset deh, kalah ma subaru yg lama lama aja dibantu penyesuaian VIN number biar kebaca di datanya mereka.

ford aja msh mending itu dealership support masih jalan loh. fiesta jg msh rame di jalan.
Entah sih om di HMID mana ya.. Tapi ane di Cibubur mesen part ori buat Avega dilayani dengan baik, pesan engine mounting dateng dari korsel inden sebulan, body part macem fender depan ready NOS (walaupun harganya tinggi), dan timing belt berikut tensioner mereka ready juga.
WhatsApp Image 2023-02-12 at 1.22.34 AM.jpeg
WhatsApp Image 2023-02-12 at 1.22.46 AM.jpeg
Pengalaman piara motuba, dipastikan bahwa beda dealer beda pelayanan. Pernah di merk T A2K.. Dealer pertama welcome banget tinggal masukin part number, kalo inden diusahakan banget malah direkomendasiin ke toko langganan dia buat barang yang super susah. Dealer ke 2 suruh masukin data mobil atau at least pernah service ditempat dia, mau inden barang mereka keluar beribu alasan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Zenix atau santa fe

Post by ChZ »

anadzir wrote: Sat Feb 11, 2023 18:29 Entah sih om di HMID mana ya.. Tapi ane di Cibubur mesen part ori buat Avega dilayani dengan baik, pesan engine mounting dateng dari korsel inden sebulan, body part macem fender depan ready NOS (walaupun harganya tinggi), dan timing belt berikut tensioner mereka ready juga.

WhatsApp Image 2023-02-12 at 1.22.34 AM.jpeg
WhatsApp Image 2023-02-12 at 1.22.46 AM.jpeg

Pengalaman piara motuba, dipastikan bahwa beda dealer beda pelayanan. Pernah di merk T A2K.. Dealer pertama welcome banget tinggal masukin part number, kalo inden diusahakan banget malah direkomendasiin ke toko langganan dia buat barang yang super susah. Dealer ke 2 suruh masukin data mobil atau at least pernah service ditempat dia, mau inden barang mereka keluar beribu alasan.
Wah ada y yang masih mau ngeladenin... Bagus deh om :mky_02: apa bekas diler lama kali yah om atau yang msh satu kepemilikan sama diler lama.

klo H miring di kota ane emang dari dulu cust supportnya kurang banget bahkan sejak atpm lama. Parts slow moving kaga ada yang kaga inden. Wkwkwkwkw. Hose turbo aja sebulan males bener pdhl hampir semua santafe gen 3 rawan getas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 506
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Zenix atau santa fe

Post by RezPrat »

anadzir wrote: Sat Feb 11, 2023 18:29
Pengalaman piara motuba, dipastikan bahwa beda dealer beda pelayanan. Pernah di merk T A2K.. Dealer pertama welcome banget tinggal masukin part number, kalo inden diusahakan banget malah direkomendasiin ke toko langganan dia buat barang yang super susah. Dealer ke 2 suruh masukin data mobil atau at least pernah service ditempat dia, mau inden barang mereka keluar beribu alasan.
Wahhh mantab om dapat Diler yg ok, ane aja pake Toyota d dealer agung, pelayanan nya ngeselin, part nya inden berbulan2, padahal mobil nya apanja sama kijang Innova doang dan itu part fast moving pula. Ruang tunggu nya Masi gedean rumah rss. Klaim garansi susah bener. serpis 10k, 20k lama bgt pengerjaan nya (mau 1/2 hari,padahal dah book dari sebulan lalu). Dll deh....tapi kalo d Diler auto 2000 bagus dan profesional, bisa bawa oli sendiri dan mereka juga jual oli merek luar (Shell/Castrol).
Satu lagi yg bagus menurut ane itu Indomobil Suzuki/Nissan, SA nya sopan/ramah/knowledgeable tapi tanpa basa basi yg gak penting,langsung to the point problem solving. Trus gak suka jebak buat tambah2 beli item2 serpis yg gak perlu. Yg paling jempolan, kerjaan serpis rutin itu cepat bgt, ane perhatiin anak2 montir nya kerjanya cepat.

Kalo Hando, hadehhhh jualan abisss kalo ngomong suka gak nyambung banyak belok2 klaim garansi pun suka d ajak muter2 dulu sampai capek ngomong hehehe....
Kalo Kroya belum berani ane peace ✌️
yohanesw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Wed May 08, 2013 7:45
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021

Re: Zenix atau santa fe

Post by yohanesw »

Donadoni1717 wrote: Sat Dec 10, 2022 11:14 Om sekalian numpang nanya aja ni..penasaran pilihannya kemana (maap klo salah tempat min)

Zenyx gasoline atau santa fe gasoline

Zenyx hybrid atau santa fe diesel
mending zenix hybrid modelista om, spart part toyota sudah terjamin.

santa fe bensin: masih pake theta engine walaupun sudah gen3, silakan googling sendiri kendalanya.

santa fe diesel: kalo ada budget lebih, sangat disarankan pakai versi diesel ini, pakai diesel masih ok untuk 5-10 tahun lagi, iritnya versi diesel ini bisa 50% diatas versi bensin.
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021