Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

Hai suhu2 sekalian…sebagai newbie ingin memohon sarannya untuk memilih mobil roti tawar. Budget 150-170 juta diluar biaya restorasi

Kriteria:
1. Irit
2. Tidak mau Innova karena sudah ada Innova reborn diesel di rumah
3. Perawatan mudah
4. Daily kebanyakan dipakai hanya dalam kota saja
5. Nyaman diisi full karena keluarga besar
6. Kebanyakan yang akan memakai adalah sopir namun sesekali disetir sendiri

Yang sudah dipantau:
1. Nissan Serena C26 (sementara ini menjadi kandidat yang paling diingini
2. Toyota Nav1
3. Mazda Biante

Mohon bantuannya suhu2 yang budiman untuk saya agar saya tidak salah memilih mobil yang diinginkan

Terima kasih untuk kebaikan hatinya semuanya
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by zonepublic »

hi ace dimodif interiornya kek alphard
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by pendoli »

zonepublic wrote: Sun Feb 05, 2023 19:49 hi ace dimodif interiornya kek alphard
Keras ridenya 🥲

@om fen
C26 atau Nav1 ok lah tinggal cari unit yg paling seger ajah
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by Clonz »

C26 saya pake. Kagak irit. Iritnya kalau di luar kota jalan datar aja.

Kalau udah ketemu tanjakan....horor boros n power boyo.
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

zonepublic wrote: Sun Feb 05, 2023 19:49 hi ace dimodif interiornya kek alphard
Oiya kelupaan untuk transmisi wajib matic soalnya sesekali akan disetir sendiri
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

pendoli wrote: Sun Feb 05, 2023 23:13
zonepublic wrote: Sun Feb 05, 2023 19:49 hi ace dimodif interiornya kek alphard
Keras ridenya 🥲

@om fen
C26 atau Nav1 ok lah tinggal cari unit yg paling seger ajah
Thank you om untuk sarannya sangat membantu saya untuk masukannya
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

fen21 wrote: Sun Feb 05, 2023 17:58 Hai suhu2 sekalian…sebagai newbie ingin memohon sarannya untuk memilih mobil roti tawar. Budget 150-170 juta diluar biaya restorasi

Kriteria:
1. Irit
2. Tidak mau Innova karena sudah ada Innova reborn diesel di rumah
3. Perawatan mudah
4. Daily kebanyakan dipakai hanya dalam kota saja
5. Nyaman diisi full karena keluarga besar
6. Kebanyakan yang akan memakai adalah sopir namun sesekali disetir sendiri
7. Wajib matic karena sesekali digunakan sendiri
8. Saya tinggal di Surabaya dan lebih banyak melewati jalan mulus
9. Mesin dan body badak

Yang sudah dipantau:
1. Nissan Serena C26 (sementara ini menjadi kandidat yang paling diingini
2. Toyota Nav1
3. Mazda Biante

Mohon bantuannya suhu2 yang budiman untuk saya agar saya tidak salah memilih mobil yang diinginkan

Terima kasih untuk kebaikan hatinya semuanya
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

Clonz wrote: Sun Feb 05, 2023 23:51 C26 saya pake. Kagak irit. Iritnya kalau di luar kota jalan datar aja.

Kalau udah ketemu tanjakan....horor boros n power boyo.
Terima kasih masukannya gan. Terus menurut agan lebih baik milih yg mana? Atau mungkin agan ada masukan lain monggo
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by Clonz »

fen21 wrote:
Clonz wrote: Sun Feb 05, 2023 23:51 C26 saya pake. Kagak irit. Iritnya kalau di luar kota jalan datar aja.

Kalau udah ketemu tanjakan....horor boros n power boyo.
Terima kasih masukannya gan. Terus menurut agan lebih baik milih yg mana? Atau mungkin agan ada masukan lain monggo
Ya kalau disuruh milih sih tetep c26 wakkaka.
Cuman saya mau nyampein minusnya yg paling kerasa ya 2 faktor itu.

Ama kalau ambil c26, mgkn perlu ganti ban pake ukuran 1 tingkat lebih tinggi dr bawaannya. Bawaannya 195 60 r16. Coba ganti ke 205 60 r16. Soalnya ban bawaannya tipis gampang gasruk.

Nav1 kalah lega
Biante belom tau, tp kayaknya kalau jajan lebih horor drpd c26.

Sempet make c26 di jalanan sby, pake ban 205 65 16 enasave (ban bawaan reborn), kok glodakan ya. Apalagi kalau lewat di hr muhammad atau jalan ke arah dharmahusada. (Belom suspect kaki2 rusak, soalnya km masih 47rb mobil saya, entah lagi kalau emang udah rusak)

Mgkn suhu2 yg pake c26 bisa sharing jg pengalamannya?
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

Clonz wrote: Mon Feb 06, 2023 1:07
fen21 wrote:
Clonz wrote: Sun Feb 05, 2023 23:51 C26 saya pake. Kagak irit. Iritnya kalau di luar kota jalan datar aja.

Kalau udah ketemu tanjakan....horor boros n power boyo.
Terima kasih masukannya gan. Terus menurut agan lebih baik milih yg mana? Atau mungkin agan ada masukan lain monggo
Ya kalau disuruh milih sih tetep c26 wakkaka.
Cuman saya mau nyampein minusnya yg paling kerasa ya 2 faktor itu.

Ama kalau ambil c26, mgkn perlu ganti ban pake ukuran 1 tingkat lebih tinggi dr bawaannya. Bawaannya 195 60 r16. Coba ganti ke 205 60 r16. Soalnya ban bawaannya tipis gampang gasruk.

Nav1 kalah lega
Biante belom tau, tp kayaknya kalau jajan lebih horor drpd c26.

Sempet make c26 di jalanan sby, pake ban 205 65 16 enasave (ban bawaan reborn), kok glodakan ya. Apalagi kalau lewat di hr muhammad atau jalan ke arah dharmahusada. (Belom suspect kaki2 rusak, soalnya km masih 47rb mobil saya, entah lagi kalau emang udah rusak)

Mgkn suhu2 yg pake c26 bisa sharing jg pengalamannya?
Hmm ini bisa dijadikan pertimbangan lagi ya gan. Suhu2 disini kalau ada C26 second atau roti tawar lain di rentang harga segitu di area Surabaya bisa monggo ditawarkan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by ChZ »

fen21 wrote: Sun Feb 05, 2023 17:58 Hai suhu2 sekalian…sebagai newbie ingin memohon sarannya untuk memilih mobil roti tawar. Budget 150-170 juta diluar biaya restorasi

Kriteria:
1. Irit
2. Tidak mau Innova karena sudah ada Innova reborn diesel di rumah
3. Perawatan mudah
4. Daily kebanyakan dipakai hanya dalam kota saja
5. Nyaman diisi full karena keluarga besar
6. Kebanyakan yang akan memakai adalah sopir namun sesekali disetir sendiri

Yang sudah dipantau:
1. Nissan Serena C26 (sementara ini menjadi kandidat yang paling diingini
2. Toyota Nav1
3. Mazda Biante

Mohon bantuannya suhu2 yang budiman untuk saya agar saya tidak salah memilih mobil yang diinginkan

Terima kasih untuk kebaikan hatinya semuanya
kalau saya coba lihat di kota mana yang paling mudah dan paling banyak di jalanan. akan memudahkan buat maintenance. sayangnya ketiga tiganya gak ada yang mudah. nav1 toyota pun tetep karena gak pasaran jadi jangan harep semudah toyota toyota yang lain.

IMO daripada C26 kok saya lebih rekomen C24 ya........ lebih tua sih cari aja yang pre model change sekitar thn 2012an. sy pernah bawa yang 2009 cukup terkesan sama ride nya enak banget khas nissan nissan tua.

C26 ga sebadak dan seenak C24. suspensi belakangnya C24 masih independent rear. maintenance kok feeling saya enakan C24 karena masa edar lebih lama dan lebih banyak yang pake. spesialis juga lebih banyak. matic 4 speed bandel drpd cvt xtronic.

minusnya ya boros aja 1:6 kayaknya dalem kota matic 4 speed purba dan mesin 2.0liter jadulnya nissan wkwkwkwkkwkw soalnya dulu waktu dipinjemin berasa cepet bgt turun jarum bensin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

ChZ wrote: Mon Feb 06, 2023 2:26
fen21 wrote: Sun Feb 05, 2023 17:58 Hai suhu2 sekalian…sebagai newbie ingin memohon sarannya untuk memilih mobil roti tawar. Budget 150-170 juta diluar biaya restorasi

Kriteria:
1. Irit
2. Tidak mau Innova karena sudah ada Innova reborn diesel di rumah
3. Perawatan mudah
4. Daily kebanyakan dipakai hanya dalam kota saja
5. Nyaman diisi full karena keluarga besar
6. Kebanyakan yang akan memakai adalah sopir namun sesekali disetir sendiri

Yang sudah dipantau:
1. Nissan Serena C26 (sementara ini menjadi kandidat yang paling diingini
2. Toyota Nav1
3. Mazda Biante

Mohon bantuannya suhu2 yang budiman untuk saya agar saya tidak salah memilih mobil yang diinginkan

Terima kasih untuk kebaikan hatinya semuanya
kalau saya coba lihat di kota mana yang paling mudah dan paling banyak di jalanan. akan memudahkan buat maintenance. sayangnya ketiga tiganya gak ada yang mudah. nav1 toyota pun tetep karena gak pasaran jadi jangan harep semudah toyota toyota yang lain.

IMO daripada C26 kok saya lebih rekomen C24 ya........ lebih tua sih cari aja yang pre model change sekitar thn 2012an. sy pernah bawa yang 2009 cukup terkesan sama ride nya enak banget khas nissan nissan tua.

C26 ga sebadak dan seenak C24. suspensi belakangnya C24 masih independent rear. maintenance kok feeling saya enakan C24 karena masa edar lebih lama dan lebih banyak yang pake. spesialis juga lebih banyak. matic 4 speed bandel drpd cvt xtronic.

minusnya ya boros aja 1:6 kayaknya dalem kota matic 4 speed purba dan mesin 2.0liter jadulnya nissan wkwkwkwkkwkw soalnya dulu waktu dipinjemin berasa cepet bgt turun jarum bensin.
Masalahnya modelnya sudah terlalu jadul om dan seperti info omnya boros. Dulu pengalaman saya memiliki Innova gen 1 2004 bensin manual sangat boros
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by touchme »

untuk dipake sopir dan jadi family car ya? as user nav1 dan biante, imho paling penting aftersales service dan reliability. jangan sampe lagi enak-enak dipake plesiran ada breakdown... mana bengkelnya ga ada. sorry to say kalo soal ini toyota uda ada lawan. pasti ada alesan kuat nav1/noah zrr70 dijepun laris banget dan masih banyak dipake buat service car instansi" sampe sekarang. bangkenya? dibuang ke 3rd country yang user nya tukang abuse mobil belom lagi maintenance yang ala kadarnya. fc mobil ini juga ga kalah sama lmpv" kekinian. untuk mesin, banyak common parts sama altis. ini yang jadi alesan kuat masih keep nav1.

tapi coba consider keluarga besarnya berapa orang dan berapa 'besar'?

menurut ane mobil" ini aga maksa kalo diisi sesuai claim nya 7 orang. paling pas ber 6.
ketiganya berusaha ngunggulin akomodasi interior masing", tapi.... karena seating arrangement yang "kreatif", duduk di seat tengah row 2 ini malah ga ada yang enak... serena pake magic seat yang bisa dimaju mundurin antara row 1 dan 2, tapi kalo disatuin sama bangku tengah cusionnya ga enak didudukin. biante punya bench seat yang bisa dipisah menjauh kearah luar jadi ala ala capt seat... tapi kurang lebar terutama shoulder room.. selain itu ga ada armrest tengah. kelebihannya bangku ini bisa dimundurin paling jauh kebelakang sampe kaki selonjoran. row 3 juga paling nyaman.
Nav1 pake proper capt seat.. enak, tapi penumpang jadi -1... mana row 3 nya kurang lebar, legroom penumpang kiri depan juga kurang lega.. wheelbase paling imut.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by ChZ »

fen21 wrote: Mon Feb 06, 2023 3:21

Masalahnya modelnya sudah terlalu jadul om dan seperti info omnya boros. Dulu pengalaman saya memiliki Innova gen 1 2004 bensin manual sangat boros
klo jadul kayaknya on par sama nav-1 :mky_01: yang autech cakep sih itu cuma gak kuat borosnya ya.... biarpun saya mending boros tapi mudah perawatan drpd irit tapi pusing soalnya itu c26 aja udah ngga muda lagi wkwkwkwk. i'd avoid any nissan ber-CVT kalo udah ketuaan. krn SOP beres nissan ganti CVTF ya beserta gelondongan transmisinya.... :mky_03:

kayaknya ini juga mesin MR20DD perawatan agak sulit direct injection trus design nya jelek jd bisa carbon buildup di kepala valve kalo diisi bensin jelek. bersihinnya sulit ini. makanya byk direct injection mazda toyota honda semprotnya 2 kali biar kepala valve kena semprot ga carbon buildup.

mungkin kalau dari 3 itu yang bisa saya rekomen cm mazda biante sky om... dari semua roti tawar yang rata-rata liat seger di jalanan kok malah biante. 6at nya unit yang mirip dgn mazda sky lain jd parts dll aman.

waktu udah pindah ke eurokars kayaknya masih jual biante malah sempet jual premacy/mazda5 jd maintenance bisa ke dealer. walau umur segini saya ga rekomen k dealer sih digetoknya gila. bagus kl ada koneksi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

ChZ wrote: Mon Feb 06, 2023 3:38
fen21 wrote: Mon Feb 06, 2023 3:21

Masalahnya modelnya sudah terlalu jadul om dan seperti info omnya boros. Dulu pengalaman saya memiliki Innova gen 1 2004 bensin manual sangat boros
klo jadul kayaknya on par sama nav-1 :mky_01: yang autech cakep sih itu cuma gak kuat borosnya ya.... biarpun saya mending boros tapi mudah perawatan drpd irit tapi pusing soalnya itu c26 aja udah ngga muda lagi wkwkwkwk. i'd avoid any nissan ber-CVT kalo udah ketuaan. krn SOP beres nissan ganti CVTF ya beserta gelondongan transmisinya.... :mky_03:

kayaknya ini juga mesin MR20DD perawatan agak sulit direct injection trus design nya jelek jd bisa carbon buildup di kepala valve kalo diisi bensin jelek. bersihinnya sulit ini. makanya byk direct injection mazda toyota honda semprotnya 2 kali biar kepala valve kena semprot ga carbon buildup.

mungkin kalau dari 3 itu yang bisa saya rekomen cm mazda biante sky om... dari semua roti tawar yang rata-rata liat seger di jalanan kok malah biante. 6at nya unit yang mirip dgn mazda sky lain jd parts dll aman.

waktu udah pindah ke eurokars kayaknya masih jual biante malah sempet jual premacy/mazda5 jd maintenance bisa ke dealer. walau umur segini saya ga rekomen k dealer sih digetoknya gila. bagus kl ada koneksi.

Mazda Biante memang sempet menjadi pilihan yg diunggulkan tapi dikuatirkan tentang aftersale servicenya mahal
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

touchme wrote: Mon Feb 06, 2023 3:34 untuk dipake sopir dan jadi family car ya? as user nav1 dan biante, imho paling penting aftersales service dan reliability. jangan sampe lagi enak-enak dipake plesiran ada breakdown... mana bengkelnya ga ada. sorry to say kalo soal ini toyota uda ada lawan. pasti ada alesan kuat nav1/noah zrr70 dijepun laris banget dan masih banyak dipake buat service car instansi" sampe sekarang. bangkenya? dibuang ke 3rd country yang user nya tukang abuse mobil belom lagi maintenance yang ala kadarnya. fc mobil ini juga ga kalah sama lmpv" kekinian. untuk mesin, banyak common parts sama altis. ini yang jadi alesan kuat masih keep nav1.

tapi coba consider keluarga besarnya berapa orang dan berapa 'besar'?

menurut ane mobil" ini aga maksa kalo diisi sesuai claim nya 7 orang. paling pas ber 6.
ketiganya berusaha ngunggulin akomodasi interior masing", tapi.... karena seating arrangement yang "kreatif", duduk di seat tengah row 2 ini malah ga ada yang enak... serena pake magic seat yang bisa dimaju mundurin antara row 1 dan 2, tapi kalo disatuin sama bangku tengah cusionnya ga enak didudukin. biante punya bench seat yang bisa dipisah menjauh kearah luar jadi ala ala capt seat... tapi kurang lebar terutama shoulder room.. selain itu ga ada armrest tengah. kelebihannya bangku ini bisa dimundurin paling jauh kebelakang sampe kaki selonjoran. row 3 juga paling nyaman.
Nav1 pake proper capt seat.. enak, tapi penumpang jadi -1... mana row 3 nya kurang lebar, legroom penumpang kiri depan juga kurang lega.. wheelbase paling imut.
Sebenarnya lebih prefer jok non capt seat dengan pertimbangan pasti lebih nyama duduk di row kedua dibanding row ketiga. Sebenarnya tidak daily dipakai full namun ada adik beserta keluarganya yang di luar kota sehingga perlu mobil besar kalau mereka pulkam. Nav1 menjadi pilihan dikarenakan brand besar Toyota saja sih

Kalau Serena dipilih dikarenakan smart second row plus sudah pernah memiliki Xtrail gen 1 gen 3 dan Elgrand dan kami cukup puas

Kalau Mazda Biante belum pernah menaikinya
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by farizfsa »

Nav1 aja cari yg tipe v facelift

Irit, mesin kenceng jg, perhatiin oli cvt kalo bs lgs ganti aja abis ambil, gausah kuras

Di keluarga masih pelihara, 2014 akhir km udah 170rb masih enak
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

farizfsa wrote: Mon Feb 06, 2023 5:09 Nav1 aja cari yg tipe v facelift

Irit, mesin kenceng jg, perhatiin oli cvt kalo bs lgs ganti aja abis ambil, gausah kuras

Di keluarga masih pelihara, 2014 akhir km udah 170rb masih enak
Terima kasih untuk sarannya kak.

Untuk semuanya yg sudah memberi saran saya ucapkan terima kasih untuk perhatiannya. Nanti saya update akhirnya akan membeli mobil yang mana
Teldug
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu May 06, 2010 10:37

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by Teldug »

Gimana kalau yundai H1 om..akomodasi kayaknya juara itu. Cocok buat keluarga besar.
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

Teldug wrote: Mon Feb 06, 2023 5:53 Gimana kalau yundai H1 om..akomodasi kayaknya juara itu. Cocok buat keluarga besar.
Ga cocok disetir sendiri gan. Mobil ini nantinya akan disetir cewe juga. Terus tidak mau non Jepang
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by arsaerescool »

Kalau prefer bench seat row ke 2 ya ke sienta om
row ke 2 mazda biante digabung pun kurang lebar, pernah duduk soalnya
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by adty »

fen21 wrote: Mon Feb 06, 2023 5:09
touchme wrote: Mon Feb 06, 2023 3:34 untuk dipake sopir dan jadi family car ya? as user nav1 dan biante, imho paling penting aftersales service dan reliability. jangan sampe lagi enak-enak dipake plesiran ada breakdown... mana bengkelnya ga ada. sorry to say kalo soal ini toyota uda ada lawan. pasti ada alesan kuat nav1/noah zrr70 dijepun laris banget dan masih banyak dipake buat service car instansi" sampe sekarang. bangkenya? dibuang ke 3rd country yang user nya tukang abuse mobil belom lagi maintenance yang ala kadarnya. fc mobil ini juga ga kalah sama lmpv" kekinian. untuk mesin, banyak common parts sama altis. ini yang jadi alesan kuat masih keep nav1.

tapi coba consider keluarga besarnya berapa orang dan berapa 'besar'?

menurut ane mobil" ini aga maksa kalo diisi sesuai claim nya 7 orang. paling pas ber 6.
ketiganya berusaha ngunggulin akomodasi interior masing", tapi.... karena seating arrangement yang "kreatif", duduk di seat tengah row 2 ini malah ga ada yang enak... serena pake magic seat yang bisa dimaju mundurin antara row 1 dan 2, tapi kalo disatuin sama bangku tengah cusionnya ga enak didudukin. biante punya bench seat yang bisa dipisah menjauh kearah luar jadi ala ala capt seat... tapi kurang lebar terutama shoulder room.. selain itu ga ada armrest tengah. kelebihannya bangku ini bisa dimundurin paling jauh kebelakang sampe kaki selonjoran. row 3 juga paling nyaman.
Nav1 pake proper capt seat.. enak, tapi penumpang jadi -1... mana row 3 nya kurang lebar, legroom penumpang kiri depan juga kurang lega.. wheelbase paling imut.
Sebenarnya lebih prefer jok non capt seat dengan pertimbangan pasti lebih nyama duduk di row kedua dibanding row ketiga. Sebenarnya tidak daily dipakai full namun ada adik beserta keluarganya yang di luar kota sehingga perlu mobil besar kalau mereka pulkam. Nav1 menjadi pilihan dikarenakan brand besar Toyota saja sih

Kalau Serena dipilih dikarenakan smart second row plus sudah pernah memiliki Xtrail gen 1 gen 3 dan Elgrand dan kami cukup puas

Kalau Mazda Biante belum pernah menaikinya
Kalau sudah pernah pelihara Xtrail dan Elgrand, kayaknya ambil C26 ngga masalah ya om. Ada rekanan bengkel non resmi kah? Thn 2006 - 2013 saya pakai C24, 2013 - sekarang pakai C26 PFL. Yes memang C24 tenaganya lebih enak, ditanjakan lebih mantab, ditambah matik yg konvensional, dan feels interiornya yang terasa lebih hommy. Tapi, selama melihara C24 sampai dijual di 90rb km, menurut saya ini mobil agak rewel dan cukup banyak parts yang diganti. Untuk C26, saat ini km sudah mencapai 120rb km dan sejauh ini masih baik baik saja, paling hanya problem kaki kaki dan racksteer. Catatan utama memang penggantian oli CVT yang tidak boleh telat dan kalau bisa per 20rb km. C26 kudunya ganti ban sih, atau naikin velg 1-2 inch bikin mobil auto ganteng dan ngurangin gasruk. Untuk suspensi juga lebih nyaman C24 yang masih independen, tapi sepertinya lebih kuat C26 yang torsion beam.

Oiya masalah di C26 juga CVT yang suka masuk ke safe mode kalau tanjakan panjang, solusinya pasang CVT cooler tambahan sih biar lebih aman. Other than that, puas juga pakai C26 dan tidak ada masalah berarti selama ini.
Penikmat roti tawar beroda
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by Clonz »

adty wrote:
fen21 wrote: Mon Feb 06, 2023 5:09
touchme wrote: Mon Feb 06, 2023 3:34 untuk dipake sopir dan jadi family car ya? as user nav1 dan biante, imho paling penting aftersales service dan reliability. jangan sampe lagi enak-enak dipake plesiran ada breakdown... mana bengkelnya ga ada. sorry to say kalo soal ini toyota uda ada lawan. pasti ada alesan kuat nav1/noah zrr70 dijepun laris banget dan masih banyak dipake buat service car instansi" sampe sekarang. bangkenya? dibuang ke 3rd country yang user nya tukang abuse mobil belom lagi maintenance yang ala kadarnya. fc mobil ini juga ga kalah sama lmpv" kekinian. untuk mesin, banyak common parts sama altis. ini yang jadi alesan kuat masih keep nav1.

tapi coba consider keluarga besarnya berapa orang dan berapa 'besar'?

menurut ane mobil" ini aga maksa kalo diisi sesuai claim nya 7 orang. paling pas ber 6.
ketiganya berusaha ngunggulin akomodasi interior masing", tapi.... karena seating arrangement yang "kreatif", duduk di seat tengah row 2 ini malah ga ada yang enak... serena pake magic seat yang bisa dimaju mundurin antara row 1 dan 2, tapi kalo disatuin sama bangku tengah cusionnya ga enak didudukin. biante punya bench seat yang bisa dipisah menjauh kearah luar jadi ala ala capt seat... tapi kurang lebar terutama shoulder room.. selain itu ga ada armrest tengah. kelebihannya bangku ini bisa dimundurin paling jauh kebelakang sampe kaki selonjoran. row 3 juga paling nyaman.
Nav1 pake proper capt seat.. enak, tapi penumpang jadi -1... mana row 3 nya kurang lebar, legroom penumpang kiri depan juga kurang lega.. wheelbase paling imut.
Sebenarnya lebih prefer jok non capt seat dengan pertimbangan pasti lebih nyama duduk di row kedua dibanding row ketiga. Sebenarnya tidak daily dipakai full namun ada adik beserta keluarganya yang di luar kota sehingga perlu mobil besar kalau mereka pulkam. Nav1 menjadi pilihan dikarenakan brand besar Toyota saja sih

Kalau Serena dipilih dikarenakan smart second row plus sudah pernah memiliki Xtrail gen 1 gen 3 dan Elgrand dan kami cukup puas

Kalau Mazda Biante belum pernah menaikinya
Kalau sudah pernah pelihara Xtrail dan Elgrand, kayaknya ambil C26 ngga masalah ya om. Ada rekanan bengkel non resmi kah? Thn 2006 - 2013 saya pakai C24, 2013 - sekarang pakai C26 PFL. Yes memang C24 tenaganya lebih enak, ditanjakan lebih mantab, ditambah matik yg konvensional, dan feels interiornya yang terasa lebih hommy. Tapi, selama melihara C24 sampai dijual di 90rb km, menurut saya ini mobil agak rewel dan cukup banyak parts yang diganti. Untuk C26, saat ini km sudah mencapai 120rb km dan sejauh ini masih baik baik saja, paling hanya problem kaki kaki dan racksteer. Catatan utama memang penggantian oli CVT yang tidak boleh telat dan kalau bisa per 20rb km. C26 kudunya ganti ban sih, atau naikin velg 1-2 inch bikin mobil auto ganteng dan ngurangin gasruk. Untuk suspensi juga lebih nyaman C24 yang masih independen, tapi sepertinya lebih kuat C26 yang torsion beam.

Oiya masalah di C26 juga CVT yang suka masuk ke safe mode kalau tanjakan panjang, solusinya pasang CVT cooler tambahan sih biar lebih aman. Other than that, puas juga pakai C26 dan tidak ada masalah berarti selama ini.
Om. Ikut nimbrung. Saya pake c26 jg.
Oli CVT belom pernah ganti sejak beli 2nd di km 39rb. Skrg kam 46rb. Udah tanya ke bengkel resmi dan bengkel oli waktu km 45rb, kok semua ga menyarankan ganti dulu ya. Sampe bgng. Bengkel resmi malah ngmg kalau oli nya masih bisa sampe 100rb km.

Oya kalau kaki2 mulai glodakan, biasanya perlu ganti apa aja ya om? Dan ada referensi part2 kaki2 yg ramah budget kah hihi.
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by adty »

Clonz wrote: Tue Feb 07, 2023 9:29
adty wrote:
fen21 wrote: Mon Feb 06, 2023 5:09

Sebenarnya lebih prefer jok non capt seat dengan pertimbangan pasti lebih nyama duduk di row kedua dibanding row ketiga. Sebenarnya tidak daily dipakai full namun ada adik beserta keluarganya yang di luar kota sehingga perlu mobil besar kalau mereka pulkam. Nav1 menjadi pilihan dikarenakan brand besar Toyota saja sih

Kalau Serena dipilih dikarenakan smart second row plus sudah pernah memiliki Xtrail gen 1 gen 3 dan Elgrand dan kami cukup puas

Kalau Mazda Biante belum pernah menaikinya
Kalau sudah pernah pelihara Xtrail dan Elgrand, kayaknya ambil C26 ngga masalah ya om. Ada rekanan bengkel non resmi kah? Thn 2006 - 2013 saya pakai C24, 2013 - sekarang pakai C26 PFL. Yes memang C24 tenaganya lebih enak, ditanjakan lebih mantab, ditambah matik yg konvensional, dan feels interiornya yang terasa lebih hommy. Tapi, selama melihara C24 sampai dijual di 90rb km, menurut saya ini mobil agak rewel dan cukup banyak parts yang diganti. Untuk C26, saat ini km sudah mencapai 120rb km dan sejauh ini masih baik baik saja, paling hanya problem kaki kaki dan racksteer. Catatan utama memang penggantian oli CVT yang tidak boleh telat dan kalau bisa per 20rb km. C26 kudunya ganti ban sih, atau naikin velg 1-2 inch bikin mobil auto ganteng dan ngurangin gasruk. Untuk suspensi juga lebih nyaman C24 yang masih independen, tapi sepertinya lebih kuat C26 yang torsion beam.

Oiya masalah di C26 juga CVT yang suka masuk ke safe mode kalau tanjakan panjang, solusinya pasang CVT cooler tambahan sih biar lebih aman. Other than that, puas juga pakai C26 dan tidak ada masalah berarti selama ini.
Om. Ikut nimbrung. Saya pake c26 jg.
Oli CVT belom pernah ganti sejak beli 2nd di km 39rb. Skrg kam 46rb. Udah tanya ke bengkel resmi dan bengkel oli waktu km 45rb, kok semua ga menyarankan ganti dulu ya. Sampe bgng. Bengkel resmi malah ngmg kalau oli nya masih bisa sampe 100rb km.

Oya kalau kaki2 mulai glodakan, biasanya perlu ganti apa aja ya om? Dan ada referensi part2 kaki2 yg ramah budget kah hihi.
Kalau bengkel resmi pasti disarankan nanti2 ada gantinya om, dan ga cuma batumakan, merk mustibisha pun juga bilang seperti itu. Tapi saya insist minta ganti saja dan mereka meng-iya-kan kok. Pengalaman punya T31 dulu telat ganti oli CVT dan berakhir CVTnya geter2 sampai akhirnya dijual, sejak saat itu jadi aware perkara ganti oli CVT supaya awet untuk jangka panjang. Di komunitas juga disarankan utk seperti itu.

Utk kaki2 saya biasa bawa ke bengkel langganan saya di Arena Nissan di BSD Otoparts sih om
Penikmat roti tawar beroda
fen21
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Tue Mar 14, 2017 6:24
Location: Surabaya

Re: Tanya mobil roti tawar second 150-180 juta

Post by fen21 »

arsaerescool wrote: Tue Feb 07, 2023 4:12 Kalau prefer bench seat row ke 2 ya ke sienta om
row ke 2 mazda biante digabung pun kurang lebar, pernah duduk soalnya
Untuk Sienta, Kursi row ketiga kurang manusiawi diduduki sih om secara seluruh anggota keluarga memiliki tinggi badan yang cukup tinggi