2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1634
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
panas amat ni trit masda 2
jgn" condenser ac sama selang low pres ud kena
jgn" condenser ac sama selang low pres ud kena
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
ditanya pertanyaan sesimple terkait jadinya excessive oil consumption wajar aja muter2 amat ganzzzzOmnibus wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 15:48inilah kenapa gw ga mau nanggepin lu dr awal. krn clearly lu ga baca gan alias gw ladenin org bebal.Sinclaire wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 15:40HAHAHAHAHAHA, ganz, skrg gini ganzzzzzzOmnibus wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 15:23
jangan cuma bacot gan kl ga ngerti. minimal lu gugel lah gan. nih gw kasih link gan
1. berapa oil cons yg bisa dibilang wajar
- https://www.valvoline.com/en-eur/unders ... nsumption/
0.05dL s/d 3dL per 1000km
alias 50 s/d 300mL per 1000km.
- https://www.foxwooddiesel.com/blog/what ... sel-engine
0.1% s/d 0.5% dr fuel consumption per 1000km
alias utk mobil yg fuel cons nya 12.5kpl oil cons yg wajar 80mL s/d 400mL per 1000km.
kl fuel cons nya lbh boros katakan 10 kpl, oil cons wajar adalah 100mL s/d 500mL per 1000km.
- https://www.machinerylubrication.com/Re ... our-engine
nih veteran mekanik 35 tahun bilang the best dia ketemu mesin oil cons nya 1 quart per 4000 miles.
alias 147 mL per 1000km.
- https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/
oil cons wajar: 40mL s/d 400mL per 1000km
- https://www.ms-motorservice.com/en/tech ... -much-oil/
cerita orang kehabisan oli krn oci terlalu panjang.
tp ga pernah terjadi di 2gd gw krn alasan ntar gw jelasin dibawah.
oil cons 2gd gw brp ganz? lu inget kan. trus oil cons 2gd lu brp tau ga? jangan2 lu ga tau ganz.
2. waktu gw ukur oil cons itu mobil pernah road trip ke bali dan gw jalan konstan 140-160 dgn waktu cukup lama. yg kemaren gw bilang sedotan turbo itu bukan boost pressure yg gede kaya lu bandingin sm turbo upgrade ganzzzz. maksud gw krn breather hose gw ga dibuang ke atmosfer alias msh nempel ke turbo oleh karenanya terjadi vacuum kencang dgn gw highway driving yg lama. kl lu spt org2 yg copot itu breather hose dan buang ke kolong mobil udah jelas oil cons lbh bagus.
3. yg lu sebut OCT gw nampung 1.5L itu benar2 statement konyol ganzzz. berarti lu ga ngerti kl efisiensi OCT ga ada yg 100% bisa nampung blowby gas yg mengandung oil vapor. trus oil vapor kemana? ya masuk ke lewat jalur air tract dan terbakar (tp bukan lewat ring piston ya gw udah bilang). wah jelek dong? tunggu dulu malih. inget itu mesin diesel ganzzzz emang minumnya oli. lu pasti tau kan solar suka disamain sm minyak dan bisa nelen bbm apapun minyak. minyak sawit aja bisa tuh biosol B30 yg lu pake. nah kl bio aja yg sifatnya asam lu mau pake sbg bbm knp takut kl oil vapor masuk ke air tract, justru bagus dpt oil film n krn oli gw ga pernah gw peres sampe dpt sari pait akhirnya semua jeroan jd bersih dr turbo, intercooler, TB. ga percaya? lu liat tuh foto silinder om wicaksono pake amsoil. lu liat tuh foto mbah marmut fortie om benz egr nya sebersih apa pake ams. itu semua kena sama oil vapor ams. itu breather hose dr pabriknya ditancepin ke turbo biar oil vapor kesitu lu kira engineer nya kurang kerjaan. n besi itu perlu oil film spy tahan lama ganzzz, kl dodol ga perlu dikasih oil film.
4. lu pasti berfikir gw top up 1.5L oli kl gw pake oci 10k kan? again blunder lu ganzzzz. top up itu cuma di tengah2 oci which is cuma 500-700mL sampe F di dipstick. sebab di ujung oci lu kan ganti oli ngapain lu top up lagi.
even gw pake oci 10k yg lu ledek2in 1.5L itu dan sisa 3L gw mau ketawa ganzzz. berarti lu ga tau kl 2gd full nya 7.5L dan kalaupun nguap 1.5L dlm 10k km msh sisa 6L di pan. DAN itu pun msh jauh diatas titik LOW di dipstick.
5. lu pernah ganti oli sendiri ga ganzzz? kl gw jaman ngebengkel dulu sampe skrg udah ratusan kali gw gantol sendiri (mobil pribadi n mobil customer). dan ga pernah sekalipun gw nemuin oil bekas yg volume nya ga menyusut. berani taruhan?
6. lu pernah tau ada lawsuit ttg excessive oil cons diluar negri? itu nguapnya 1L per 1000km ganz. gugel gih.
mindblowing kan ganzzzz?
drpd ente panjang2 ngalor ngidul, pertanyaannya simple, statement awal ente kan bilang rule of thumb excessive oil consumption itu 600ml/1000km. sekarang ente ditanya wajarnya berapa kenapa kelabakan cari2 link yang ngasih statement excessive oil consumption dengan rate yang jauh lebih rendah dari statement awal ente gan?
kok jadi berubah2 sesuai kemauan ente?
sekarang coba kita ambil oil consumption rate tertinggi dari link yang ente kasih, anggeplah skg consensusnya sesuai, max 400ml dengan asumsi fuel cons 12.5 kpl sewajarnya 2GD : - https://www.foxwooddiesel.com/blog/what ... sel-engine
asumsi pemakainya adalah orang awam, mesinnya nguap 3.2L saat jalan 8000KM, kita isi 7.5L sesuai manual book, yakin gan itu mesin bisa jalan 2000 km sampe next oci 10k km dengan sisa 4.3L di pan? mohon pencerahannya ganzzzzzzz
drpd panjang lebar gw edukasi elu, mending lu sebut oil cons 2gd lu brp ganz? kok ga nyebut udah ditanya ganz. ayo dong sebut ganz. takut ya?
mau tes bandingin oil cons 2gd? yuk boleh, sekarang TMO Gold 5w-30. fill 7.5L odo clocking 6500KM, setiap pagi check dipstick setelah mesin dipanasin sebentar masih di garis F sesuai fill awal, nanti oci 10k bakal didrain, diukur keluarnya brp termasuk yg didalem filter oli, nanti dipost disini ya. antara jeda OCI tidak ada top up sama sekali.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11332
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
silakan bozz ditunggu. yg jujur bozz ya malu ma diri sendiri.Sinclaire wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 15:54ditanya pertanyaan sesimple terkait jadinya excessive oil consumption wajar aja muter2 amat ganzzzzOmnibus wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 15:48inilah kenapa gw ga mau nanggepin lu dr awal. krn clearly lu ga baca gan alias gw ladenin org bebal.Sinclaire wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 15:40
HAHAHAHAHAHA, ganz, skrg gini ganzzzzzz
drpd ente panjang2 ngalor ngidul, pertanyaannya simple, statement awal ente kan bilang rule of thumb excessive oil consumption itu 600ml/1000km. sekarang ente ditanya wajarnya berapa kenapa kelabakan cari2 link yang ngasih statement excessive oil consumption dengan rate yang jauh lebih rendah dari statement awal ente gan?
kok jadi berubah2 sesuai kemauan ente?
sekarang coba kita ambil oil consumption rate tertinggi dari link yang ente kasih, anggeplah skg consensusnya sesuai, max 400ml dengan asumsi fuel cons 12.5 kpl sewajarnya 2GD : - https://www.foxwooddiesel.com/blog/what ... sel-engine
asumsi pemakainya adalah orang awam, mesinnya nguap 3.2L saat jalan 8000KM, kita isi 7.5L sesuai manual book, yakin gan itu mesin bisa jalan 2000 km sampe next oci 10k km dengan sisa 4.3L di pan? mohon pencerahannya ganzzzzzzz
drpd panjang lebar gw edukasi elu, mending lu sebut oil cons 2gd lu brp ganz? kok ga nyebut udah ditanya ganz. ayo dong sebut ganz. takut ya?
mau tes bandingin oil cons 2gd? yuk boleh, sekarang TMO Gold 5w-30. fill 7.5L odo clocking 6500KM, setiap pagi check dipstick setelah mesin dipanasin sebentar masih di garis F sesuai fill awal, nanti oci 10k bakal didrain, diukur keluarnya brp termasuk yg didalem filter oli, nanti dipost disini ya. antara jeda OCI tidak ada top up sama sekali.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11035
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11332
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
betul roda ga gerak. total jarak setir kopong itu yg namanya free play mbah. ngukurnya bukan diputer cepat, tp pelan bgt malah krn kan ngukur. spt fine tuning ga penting. mesin hidup ya.kendibocor wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 13:19Kalo feeling ane sih berasanya ga banyak mbah kopongnya. Pertanyaan selanjutnya, kalo pake gambar yg dikasih, artinya pas digerakin ke kanan/kiri sekitar 3cm tp roda sama sekali ga bergerak artinya masih dalam batas normal ya mbah? Paling ane coba ngukur dlu nih mbah, kalo ga bisa baru minta bantuan yg ahli2Omnibus wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 11:24 hahaha oke lah kl msh ada yg mau dengerin omongan halu dr ai
kopongnya banyak ga? free play (bukan foreplay) itu pasti ada, yg ga boleh itu excessive free play alias terlalu banyak. batas maksimal free play itu 3 cm, hrs diukur pake penggaris atau mudahnya pake meteran tukang jahit tuh mbah.
sebelum kaum jeruk peres bin ngaku pinter ngoceh ttg batas wajar spt di kasus oil cons, nih ai pajang infonya (dan cara ngukurnya)
kl utk nyetelnya itu musti ngolong ga penting lho mbah. dan percuma dijelasin sih krn agak menantang terutama buat yg ga biasa DIY (baik tools maupun skill) utk kerjaan ini krn hrs diulang berkali2 (trial). dan ngolong tuh butuh mental krn kl baru2 pasti ada perasaan takut mobil gabruk.
kl yg puter cepat itu utk cek bunyi glek2.
trus itu 3cm maksimal itu mbah, kl bisa dibawah itu lbh bagus.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11035
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
om ingat pertandingan bola ahir 80 sampai awal 90?
beli 1 tiket bisa nonton 2 pertandingan, bola dan tinju.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
d pasar asem kota kadang masi ad mbah, cuman ud jarang pake banget
kl di klp gading, ud ga perna denger lg kita orang
kl di pluit, masi ada, kadang ngetem di muara karang depan skolahan perma i
dulu waktu kecil padahal sering manggil, buat tajemin piso, golok, ama parang buat bacok begal.. ehh kelapa maksutnya
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
ogaahhh
ngana perna liat kan masda nya mbah josomba enjin nya kaya apa
boro2 delko nya, posisi kompresor ac nya aj stengah idup kl mo dgondol dr kolong, kburu ketangkep massa ama satpol pp itu
numpang lewat aja....
-
- Administrator
- Posts: 2492
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Halo,
Dimohon untuk pembahasan tetap masuk dalam topik.
Terima kasih.
Dimohon untuk pembahasan tetap masuk dalam topik.
Terima kasih.
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3691
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Tim nyimak trit ga tau endingnya jadi gimana
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Daripada nyolong delko lg, ayo mbah poles mobil aja. Biar sehat
Ini ada mainan baru, kemarin kantor libur jadi coba2 dah drpd bengong2.
Dan seperti biasa kalau abis poles2 gini, besoknya (pagi ini) hujan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11035
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9685
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
mari kita ngopi kenangan dulu + AC denso
biar makin adem
biar makin adem
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Tue Nov 08, 2022 10:26
- Location: Tangsel
- Daily Vehicle: Mazdut
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Oalah emang karakternya yak, udah was2 kenapa itu rem soalnya masih pakem2 aja. Persiapan mau dibawa pulkam ini.josomba wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 13:10Itu bunyi grek grokk pas sampe berhenti emang bawaan orok om. Kalau mau ilang, brake pad diamplas, grease di titik2 brakepad dikasih lg. Tp yaaah ntar juga berapa minggu bunyi lagi. Haha.
Ni titik greasingnya
Screenshot_20230102_200930_Drive.jpg
Kalau saya anti-rattle brake grease, pake crc brake quiet.
Thanks om jo pencerahannya.
Iya betul om 40rb an, kalo cek dari record sih belum pernah kayaknya cuman pas service sih di cek masih aman.
Siap om tak siapin juga deh sekalian brakepad buat jaga2. Makasih om masukannya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
obat poles banyak masi pake menzerna 3 in 1 mbah, enak bener ini obat, ga bkin panu, ngebuff gampang
nahh abis itu tinggal timpa step 3 nya mothers
atau (dan lebi sering nya ini krn maless )
semprot pake x5 nya si cf
dan abis itu pasti ujan, asemmmm
numpang lewat aja....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Mon Nov 28, 2022 0:15
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: M2SKY
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
marmut wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 10:31
saya nggak tau masda bisa pakai atf changer (mesin) atau tidak, tapi saya dulu biasa pakai suction pump lalu fill dan running 10-15 km, lalu sedot kemudian isi, running lagi 10-15 km.
seperti itu sampai bening.
sekali sedot dengan metode the Omnibus way bisa keluar 4 liter.
kalau mau pakai metode drain dari bawah lalu fill juga bisa. sama saja buat hampir semua merk mobil, tergantung selera mau pakai cara apa.
Siap Om makasi Infonya.
Btw, Skydrive Transmission itu ga jalur ada Oil Coolernya yg keradiator ya? Makanya belum tentu bisa pake atf changer mesin yah..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Di toda sepertinya bisa deh pake mesin, katanya mereka punya adapternya. Tapi mungkin perlu ditanya lagi just in case. Saya juga kurang clear. Karena dulu ganti di Toda (driver yang bawa) habis 10 liter sampe bening dari item. I assume itu pake mesin.kissutt wrote: ↑Thu Jan 05, 2023 8:47marmut wrote: ↑Mon Jan 02, 2023 10:31
saya nggak tau masda bisa pakai atf changer (mesin) atau tidak, tapi saya dulu biasa pakai suction pump lalu fill dan running 10-15 km, lalu sedot kemudian isi, running lagi 10-15 km.
seperti itu sampai bening.
sekali sedot dengan metode the Omnibus way bisa keluar 4 liter.
kalau mau pakai metode drain dari bawah lalu fill juga bisa. sama saja buat hampir semua merk mobil, tergantung selera mau pakai cara apa.
Siap Om makasi Infonya.
Btw, Skydrive Transmission itu ga jalur ada Oil Coolernya yg keradiator ya? Makanya belum tentu bisa pake atf changer mesin yah..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Mon Nov 28, 2022 0:15
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: M2SKY
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Siap om makasi. Nanti coba ke toda deh
Oiya agan agan nanya lagi dong
Ada yg pernah ngalamain ga?
Mobil ketika jalan baru 30menitan trus berenti idle dilampu merah posisi netral. Mesin tenang banget serasa istop idup.
Ketika udah jalan diatas 1 jam. Kalo berenti netral di lampu merah kerasa getar sampe ke dalem kabin.
Kira kira kenapa ya?
Oiya dan baru cek tadi pagi engine mounting kanan sepertinya bocor, olinya keluar. Ada rekomendasi engine mounting selain ori ga?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Engine mounting yg besar jgn pernah yg non ori, soalnya yg fungsinya paling meredam getaran. Kalau yg kiri atau yg bawah yaa masih mau coba2 non ori sih gapapa.kissutt wrote: ↑Mon Jan 09, 2023 0:18
Siap om makasi. Nanti coba ke toda deh
Oiya agan agan nanya lagi dong
Ada yg pernah ngalamain ga?
Mobil ketika jalan baru 30menitan trus berenti idle dilampu merah posisi netral. Mesin tenang banget serasa istop idup.
Ketika udah jalan diatas 1 jam. Kalo berenti netral di lampu merah kerasa getar sampe ke dalem kabin.
Kira kira kenapa ya?
Oiya dan baru cek tadi pagi engine mounting kanan sepertinya bocor, olinya keluar. Ada rekomendasi engine mounting selain ori ga?
Saya bawah + kanan pake ori lagi, yg kiri di transmisi sepertinya kw (salah checkout d tokoijo).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Engine mounting saya selalu ganti ori sih om. Secara kualitas beda jauh antara mount ori dan KW nya. Dan menurut saya beda harganya cukup reasonable, dan di merek tetangga juga harga orinya ga beda jauh bahkan ad yg sama. Jadi akhirnya putusin beli yg ori.kissutt wrote: ↑Mon Jan 09, 2023 0:18Siap om makasi. Nanti coba ke toda deh
Oiya agan agan nanya lagi dong
Ada yg pernah ngalamain ga?
Mobil ketika jalan baru 30menitan trus berenti idle dilampu merah posisi netral. Mesin tenang banget serasa istop idup.
Ketika udah jalan diatas 1 jam. Kalo berenti netral di lampu merah kerasa getar sampe ke dalem kabin.
Kira kira kenapa ya?
Oiya dan baru cek tadi pagi engine mounting kanan sepertinya bocor, olinya keluar. Ada rekomendasi engine mounting selain ori ga?
Soal ketika mobil idle getar, dulu saya juga pernah rasain. Bawa ke Mazda Puri, sampaikan complainnya, keluar2 katanya di reset dan dah beres .
Tapi itu sekalian ganti mounting sih, tapi memang sekalian tune up dan bersih2 isi kap depan, gap busi, reset dll. Jadi saya gatau yang mana yg menghilangkan getaran.
Kayaknya saya pernah nanya itu juga di thread ini soal getar di lampu merah, hahahaha.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Om, ada yang pernah pasang auto retract? Aman ga? Di dealer tempat saya pernah kejadian retract nya jalan kuncinya gak (alhasil ilang deh barangnya di mobil)
Sama ada yang pernah rasain mazda tipe yang sama tapi beda pabrik? (jp vs thai). Beda jauh ya?
Sama ada yang pernah rasain mazda tipe yang sama tapi beda pabrik? (jp vs thai). Beda jauh ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Setelah banyak baca sana sini n nanya2 mbah @saturday,
Akhirnya coba busi denso ixeh22tt. Ganti busi karena 6 bulan terakhir kalau nyalain mesin setelah 3 hari ga nyala, ndut2an dulu walau akhirnya stabil. No CE nyala n ga ada lognya pas ndut2an.
Busi sebelum yg dipake adalah Bosch vr7nii33x double iridium. Pemakaian baru 70 rb KM tp dah mulai tewas. Tp gapapa lah, drpd busi bawaan masdut gap gampang berubah tiap 20k KM.
Kondisi busi lama Busi baru Closeup twintip Pengencangan busi di 18Nm, FSM minta di 15-20Nm Dan saya juga baru paham, busi kalau bentuknya udah jd lonjong (rounded edges), firingnya ga maksimal lagi. Terlihat si bosch (gambar kiri) udah rounded vs si denso yg masih gress Saat ini belum test jalan, rencana baru besok dipake agak jauhan.
Hati2 denso banyak KW, kalau tertarik pastiin beli dr denso official store.
Akhirnya coba busi denso ixeh22tt. Ganti busi karena 6 bulan terakhir kalau nyalain mesin setelah 3 hari ga nyala, ndut2an dulu walau akhirnya stabil. No CE nyala n ga ada lognya pas ndut2an.
Busi sebelum yg dipake adalah Bosch vr7nii33x double iridium. Pemakaian baru 70 rb KM tp dah mulai tewas. Tp gapapa lah, drpd busi bawaan masdut gap gampang berubah tiap 20k KM.
Kondisi busi lama Busi baru Closeup twintip Pengencangan busi di 18Nm, FSM minta di 15-20Nm Dan saya juga baru paham, busi kalau bentuknya udah jd lonjong (rounded edges), firingnya ga maksimal lagi. Terlihat si bosch (gambar kiri) udah rounded vs si denso yg masih gress Saat ini belum test jalan, rencana baru besok dipake agak jauhan.
Hati2 denso banyak KW, kalau tertarik pastiin beli dr denso official store.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Tue Aug 30, 2022 5:32
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Mazda 2 GT 2014
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
Suhu, butuh pencerahan beberapa hal:
1. Worth ga ya kalo oli si masdut diganti pake Amsoil 5W-30 yang longlife, mayan kan iklannya 12 bulan wkwkw. Atau kalau yang bagus better pake yang mana ya?
2. Posisi sekarang udah 83K di odo, memang kayanya pembakaran belum ada masalah sih, udah boleh ganti busi belum ya ini? Gatel aja gitu sejak awal beli sampe sekarang masih manut sama beres.
Mohon sarannya suhu.
1. Worth ga ya kalo oli si masdut diganti pake Amsoil 5W-30 yang longlife, mayan kan iklannya 12 bulan wkwkw. Atau kalau yang bagus better pake yang mana ya?
2. Posisi sekarang udah 83K di odo, memang kayanya pembakaran belum ada masalah sih, udah boleh ganti busi belum ya ini? Gatel aja gitu sejak awal beli sampe sekarang masih manut sama beres.
Mohon sarannya suhu.
Last edited by Ryan Steele on Wed Jan 11, 2023 9:05, edited 1 time in total.
Reason: edit tanda baca aja, biar lebih nyaman sama suhu2 di sini. trims.
Reason: edit tanda baca aja, biar lebih nyaman sama suhu2 di sini. trims.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11035
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)
josomba wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 6:51 Setelah banyak baca sana sini n nanya2 mbah @saturday,
Akhirnya coba busi denso ixeh22tt. Ganti busi karena 6 bulan terakhir kalau nyalain mesin setelah 3 hari ga nyala, ndut2an dulu walau akhirnya stabil. No CE nyala n ga ada lognya pas ndut2an.
Busi sebelum yg dipake adalah Bosch vr7nii33x double iridium. Pemakaian baru 70 rb KM tp dah mulai tewas. Tp gapapa lah, drpd busi bawaan masdut gap gampang berubah tiap 20k KM.
Kondisi busi lama
20230111_062401.jpg
Busi baru
20230111_060355.jpg
Closeup twintip
20230111_060457.jpg
Pengencangan busi di 18Nm, FSM minta di 15-20Nm
20230111_061845.jpg
Dan saya juga baru paham, busi kalau bentuknya udah jd lonjong (rounded edges), firingnya ga maksimal lagi. Terlihat si bosch (gambar kiri) udah rounded vs si denso yg masih gress
20230111_072923.jpg
Screenshot_20230111_072932_Chrome.jpg
Saat ini belum test jalan, rencana baru besok dipake agak jauhan.
Hati2 denso banyak KW, kalau tertarik pastiin beli dr denso official store.
c.o.p bolt 8 nm jangan lupa.