5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by ChZ »

benzz89 wrote: Tue Aug 04, 2020 4:32
Buat ane sih gak ada yang salah/benar antara yang alergi berhutang vs yang hobby berhutang, ini masalah karakter, mental & point of view nya aja. Hanya jangan sampai kita terjebak dalam suatu statement yang menyatakan bahwa sesuatu itu sudah pasti enak & diluar itu adalah sudah pasti tidak enak.

Ibarat gelas itu setengah kosong atau setengah penuh? Kondisi gelasnya sama2 cuman terisi setengah saja, tapi cara orang melihatnya kan belum tentu sama, that's why kita harus (belajar) melihat dari point of view yang berbeda... IMHO yah (subjective).

Kita liat aja 5 merek ini 20 taon kedepan gimana nasibnya? Akan mati atau malah makin berkibar secara global. 5 merek ini kan juga bukan kaleng2, mereflesikan "muka" dari negara2 yang mewakili merek tersebut.

Jadi ingat satu lagu "what doesn't kill you makes you stronger"... jadikan hutang (produktif) & termanage itu sparring partner, betul ada beban, tapi beban itu membuat kita jadi kuat, mental baja, kreatif, pantang menyerah. Orang yang tidak pernah terima beban vs orang yang terbiasa terima beban cara manage & solving problemnya pasti berbeda.

Kepompong mau jadi kupu2 itu penuh dengan perjuangan, gak ada rumusnya leha2 santuy tanpa beban & perjuangan bisa jadi pemenang... tapi semua itu kan pilihan masing2 individu. It's your choice [emoji111][emoji120]
stuju om...

orang berhutang buat ekspansi usaha. byk yang milih utang krn mungkin duit cashnya diputer buat sektor lain. jadi push buat kerja lebih keras, usaha makin gede, nutup hutang + operasional dan msh bisa nikmatin profit dan bonus karyawan...

vs

orang berhutang krn ga bs manage keuangan dengan baik. gaji 20jt++ tapi cicilan kartu kredit menumpuk krn gaya hidup.

jelas ini dua hal yang berbeda.

buat pribadi yg ideal jelas tanpa hutang, tp buat perusahaan utang itu kadang necessary buat ekspansi lbh jauh.

kecuali owner perush hidup mewah mewah di saat keuangan perusahaan lg boncos dan berdarah-darah utang kaga kebayar ampe banyak PHK, nah ini lain soal lg...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by pengendiesel »

Herman7103 wrote: Tue Aug 04, 2020 1:23
pengendiesel wrote:
Herman7103 wrote: Mon Aug 03, 2020 11:56 Mantap om, perusahaannya punya cadangan cash membuat karyawannya feel secure and safe is good. Karena di era pandemi corona ini banyak perusahaan yg memiliki hutang yg mulai menumpuk. Dan yang terbaik adalah kalau kitanya sebagai karyawan ini tidak memiliki hutang di era pandemic ini maka perasaan kita akan sangat baik dan feel so safe deh. Percayalah berhutang itu kagak enak rasanya wkwkwk.
Tergantung sih om. Ada yang bilang kalau ngutang jangan tanggung2, gedein sekalian sampai level yang kasih hutang yang bingung kalau ada apa2 dengan anda :ngacir:
Percayalah yang ngasih hutang sudah pasti juga sudah mengukur berapa sih
nilai real Asset yang dijadikan jaminan hutangnya saat gagal bayar dan dijual
cepat ke pasaran untuk melunasi sisa hutangnya. Kagak ada hutang yang gratis dan ngak perlu dibayar wkwkwk.
Wkwkwk, yakin krediturnya pasti gak 'salah ngitung' om?
Kalau ada kenalan koperasi simpan pinjam/bpr/orang dalam bank, coba iseng tanyain deh, mereka hepi nggak nyita aset debitur. Seberapa cepat mereka bisa jual? Di harga sebagus apa? :big_weee:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Tue Aug 04, 2020 4:32
Se gak enak-gak enaknya ya jelas2 ane mah milih jadi bossnya boyota om... lexus LM boo 3,5M emberrr kapan lagi naik mobil operasional begituan + sopir +++ lainnya. Tapi kalau gak dikasih sopirnya ya ane pilih lexus LX 570 aja om Hahaha...

Hutang yah tergantung dari........
yah si om benz liat lexus LM nya doang hahahaha. bercanda kan ya om... hahaha

ane ada temen yg jd pengusaha konveksi kakap di bdg cerita kl udah pasang ring 2 di jantung. ada juga temen lain yg usaha sama kaya ane dulu di jasa pendidikan utangnya 12M. dia bilang suka susah tidur kadang dilupain aja kl ingat anak2 msh pada kecil kl ada apa2 sm dia mau gimana. ane udah ngalamin sendiri juga dlm skala yg jauh lbh kecil yg sesuai kemampuan kl terjadi default gagal bayar ane msh bisa handle contingency plan nya.

nah itu yg pengusaha skala nasional ex pemilik matahari apa kabarnya. bos texmaco juga. dan banyak contoh2 lain.

diluar tekanan2 ga enaknya jd bos perusahaan besar ya tapi emang bener sih kan ada peribahasa, hidup itu ada suka duka tp lebih enak nangis di dalam mercy (atau lexus) drpd di pinggir jalan. hahahaha

ane quote om bagian itu aja krn sisanya ane setuju pake banget.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by Pugman »

Herman7103 wrote: Tue Aug 04, 2020 1:23
pengendiesel wrote:
Herman7103 wrote: Mon Aug 03, 2020 11:56 Mantap om, perusahaannya punya cadangan cash membuat karyawannya feel secure and safe is good. Karena di era pandemi corona ini banyak perusahaan yg memiliki hutang yg mulai menumpuk. Dan yang terbaik adalah kalau kitanya sebagai karyawan ini tidak memiliki hutang di era pandemic ini maka perasaan kita akan sangat baik dan feel so safe deh. Percayalah berhutang itu kagak enak rasanya wkwkwk.
Tergantung sih om. Ada yang bilang kalau ngutang jangan tanggung2, gedein sekalian sampai level yang kasih hutang yang bingung kalau ada apa2 dengan anda :ngacir:
Percayalah yang ngasih hutang sudah pasti juga sudah mengukur berapa sih
nilai real Asset yang dijadikan jaminan hutangnya saat gagal bayar dan dijual
cepat ke pasaran untuk melunasi sisa hutangnya. Kagak ada hutang yang gratis dan ngak perlu dibayar wkwkwk.
Ya benar, Saya pernah di Trade operasional Bank Swasta yang menangani ekspor impor, ya jangankan hutang yang jangka panjang, hutang jangka pendek seperti L/C Atau NG yang durasi 6bulan - 18 bulan tetap menggunakan underlying aset perusahaan.

Memang ada perasaan aman ketika tempat kita bernaung memiliki cadangan cash, setidaknya tidak gagal bayar THR dan bonus meski Pandemi, kami sudah pasti terpukul karena musibah ini tapi setidaknya bisa bertahan, yang mengundurkan diri selama pandemi pun dapat pesangon sesuai aturan pemerintah, bahkan sampai beberapa kompetitor menawarkan diri untuk dibeli karena cadangannya cukup untuk mencaplok beberapa kompetitor.
Dulu pemerintah sempat punya saham disini tapi dilepas, sekarang malah jadi milik asing (Jerman), sedangkan tetangga kami (kompetitor) dimiliki oleh Swiss, sama-sama ada pengaruh sistem dari eropa, namun terbukti lokal manajemen kami lebih visioner, kami bisa ekspansi tanpa berhutang dan tetangga kami cukup terseok-seok karena hutang membangun 2 line produksi senilai 7-8T, akhirnya dijual ke Pemerintah. Hehehe...
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by Michaelktp »

Tingkat hutang VW AG yang paling tinggi masih bisa dimaklumi secara membawahi selain VW cars sendiri juga banyak brand yang luxury semua (Bugatti, Lambo, Audi, Porsche, Bentley etc) juga Scania commercial dan Ducati (2W).
Besaran hutang VW AG pasti berkurang drastis jika VW AG bersedia melepas beberapa brand itu secara nilai kapitalisasi pasar pasti tinggi juga karena luxury brand semua hahaha.
Sementata kalau triple elips yang menjadi tanda tanya besar secara mungkin inefisiensi sudah terjadi di HQ TMC Japan. Apalagi hanya membawahi brand Daihatsu dan Hino di commercial. Brand Daihatsu hanya bisa eksis di Malay (Perodua) dan Indo DM. JDM pun kalah jauh dengan Suzuki. Di market lain Daicars sudah kolaps semua.
Daimler AG walaupun kondisi finansial juga berdarah-darah tapi ini brand MB punya keunggulan sejarah panjang di segmen luxury car volume terbesar dunia. Demikian juga dengan BMW AG. Jelas jauh dibanding Jepangan luxury semacam Lexus, Acura dan Infiniti
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by herp »

Pugman wrote: Tue Aug 04, 2020 14:12 Dulu pemerintah sempat punya saham disini tapi dilepas, sekarang malah jadi milik asing (Jerman), sedangkan tetangga kami (kompetitor) dimiliki oleh Swiss, sama-sama ada pengaruh sistem dari eropa, namun terbukti lokal manajemen kami lebih visioner, kami bisa ekspansi tanpa berhutang dan tetangga kami cukup terseok-seok karena hutang membangun 2 line produksi senilai 7-8T, akhirnya dijual ke Pemerintah. Hehehe...
Maap OOT, tapi yang ane quote, apa oom kerja di industri semen ya? CMIIW
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by Herman7103 »

Tesla Is Now The World’s Most Valuable Car Company With A $208 Billion Valuation
Ngak nyangka gue, rupanya pabrik mobil listrik yg usianya masih muda menjadi most Valuable Car Company sekarang bukannya pabrik mobil ICE wkwkwk

Source : Forbes

https://www.forbes.com/sites/sergeikleb ... b6f8d53347
:glodak:
HR15DE 2014
senbei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by senbei »

Baca thread ini jadi inget "rich Dad, poor dad"
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by Suryaputra »

senbei wrote: Wed Aug 05, 2020 11:02 Baca thread ini jadi inget "rich Dad, poor dad"
Hahaha refresh dl ah, klo kata Om robert,
hal" yg harus dipahami untuk naikin kecerdasan finansial adalah:
- Akuntansi
- Investasi
- Market
- Hukum

Quotes / prinsip yg saya suka dr beliau adalah "Give and you shall receive, bukan.. Receive and you shall give"

dia juga cerita tentang orang2 kaya spt CEO, spekulan & pemain saham, dan business owner yang punya penghasilan wah, namun berakhir tragis dgn hutang, akhirnya kena narkoba dan ada yg suicide :upss:

in my view.. yah inilah fungsi divisi keuangan dlm prsh yg tugasnya nge-rem agar AP dan AR bisa balance.

ya kali ibarat mobil klo gas poll terus jebol transmisi atau mesinnya.
tinggal kuat2an yg mana :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by Pugman »

herp wrote: Wed Aug 05, 2020 9:14
Pugman wrote: Tue Aug 04, 2020 14:12 Dulu pemerintah sempat punya saham disini tapi dilepas, sekarang malah jadi milik asing (Jerman), sedangkan tetangga kami (kompetitor) dimiliki oleh Swiss, sama-sama ada pengaruh sistem dari eropa, namun terbukti lokal manajemen kami lebih visioner, kami bisa ekspansi tanpa berhutang dan tetangga kami cukup terseok-seok karena hutang membangun 2 line produksi senilai 7-8T, akhirnya dijual ke Pemerintah. Hehehe...
Maap OOT, tapi yang ane quote, apa oom kerja di industri semen ya? CMIIW
:big_grin:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by alvin23 »

Pugman wrote: Thu Aug 06, 2020 13:29
herp wrote: Wed Aug 05, 2020 9:14
Pugman wrote: Tue Aug 04, 2020 14:12 Dulu pemerintah sempat punya saham disini tapi dilepas, sekarang malah jadi milik asing (Jerman), sedangkan tetangga kami (kompetitor) dimiliki oleh Swiss, sama-sama ada pengaruh sistem dari eropa, namun terbukti lokal manajemen kami lebih visioner, kami bisa ekspansi tanpa berhutang dan tetangga kami cukup terseok-seok karena hutang membangun 2 line produksi senilai 7-8T, akhirnya dijual ke Pemerintah. Hehehe...
Maap OOT, tapi yang ane quote, apa oom kerja di industri semen ya? CMIIW
:big_grin:
WKWKWK sama2 H grupnya :big_biglaugh:
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by iwidiyanto »

Pugman wrote:
herp wrote: Wed Aug 05, 2020 9:14
Pugman wrote: Tue Aug 04, 2020 14:12 Dulu pemerintah sempat punya saham disini tapi dilepas, sekarang malah jadi milik asing (Jerman), sedangkan tetangga kami (kompetitor) dimiliki oleh Swiss, sama-sama ada pengaruh sistem dari eropa, namun terbukti lokal manajemen kami lebih visioner, kami bisa ekspansi tanpa berhutang dan tetangga kami cukup terseok-seok karena hutang membangun 2 line produksi senilai 7-8T, akhirnya dijual ke Pemerintah. Hehehe...
Maap OOT, tapi yang ane quote, apa oom kerja di industri semen ya? CMIIW
:big_grin:
kalo H yg ini sy sempat familiar dgn type2 sheetfed printing nya. dan g cuma mobil, tongkrongan mesin printing pun jadi salah satu pertimbangan beli ato gak nya owner saya dulu kerja. dan yg merk H ini emang lebih ganteng tongkrongannya drpd merk R yg sama2 Jerman.

sorry malah OOT
senbei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon Nov 14, 2016 2:50

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by senbei »

Suryaputra wrote: Wed Aug 05, 2020 11:53
senbei wrote: Wed Aug 05, 2020 11:02 Baca thread ini jadi inget "rich Dad, poor dad"
Hahaha refresh dl ah, klo kata Om robert,
hal" yg harus dipahami untuk naikin kecerdasan finansial adalah:
- Akuntansi
- Investasi
- Market
- Hukum

Quotes / prinsip yg saya suka dr beliau adalah "Give and you shall receive, bukan.. Receive and you shall give"

dia juga cerita tentang orang2 kaya spt CEO, spekulan & pemain saham, dan business owner yang punya penghasilan wah, namun berakhir tragis dgn hutang, akhirnya kena narkoba dan ada yg suicide :upss:

in my view.. yah inilah fungsi divisi keuangan dlm prsh yg tugasnya nge-rem agar AP dan AR bisa balance.

ya kali ibarat mobil klo gas poll terus jebol transmisi atau mesinnya.
tinggal kuat2an yg mana :upss:

Bukan masalah kuat2an, tetapi hasil analisa yg mendalam ketika memutuskan untuk berinvest.
Semua Ada perhitungannya, Ada angka nya.
Bukan pake angan2 apalagi gambling.

Invest pake Dana bank, sdh Ada hitungannya brp keuntungan bersih yg didapat setelah dipotong cicilan.
Jadi tiap tahun selalu bertumbuh keuntungannya.

Uang cash yg Ada disimpen sebagai tabungan, disaat kondisi krisis seperti saat ini adalah saat yg tepat untuk beli perusahaan2 yg bagus tp salah kelola sehingga saat Ada krisis jadi colaps sehingga di jual murah.
Nanti perusahan yg dibeli tersebut diperbaiki trus dijadikan supplier perusahaan induk, saat sudah sehat dijual sahamnya 30% ke publik. Value meningkat. Tiap tahun dapat untung dari perusahaan tersebut. Itu baru 1 anak, coba kalo Ada 10 anak, trus anak2nya punya anak lagi. Dan cucu nya ini sahamnya di miliki sang induk 50% yg 30% dijual ke publik Dan begitu selanjutnya.

Kalo di jepang system tersebut nama nya kalo ngga salah kairetsu. (Corporate group)

Dalam bidang manufacturing Toyota adalah kiblat nya para perusahaan jepang.
Teknologi yg baru2 semua diaplikasikan disana.

Kebetulan Saya bekerja diperusahaan jepang sbg engineering yg tugasnya investasi agar keuntungan perusahaan terus tumbuh.

Saat krisis seperti ini investasi nya Makin gencar supaya ngga kehilangan momentum karena untuk menyambut jika pasar kembali normal. Dana nya dari bank.

Uang cash yg Ada buat akuisisi perusahaan energi.

Just2mysen
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by Suryaputra »

senbei wrote: Fri Aug 07, 2020 9:37
Suryaputra wrote: Wed Aug 05, 2020 11:53
senbei wrote: Wed Aug 05, 2020 11:02 Baca thread ini jadi inget "rich Dad, poor dad"
Hahaha refresh dl ah, klo kata Om robert,
hal" yg harus dipahami untuk naikin kecerdasan finansial adalah:
- Akuntansi
- Investasi
- Market
- Hukum

Quotes / prinsip yg saya suka dr beliau adalah "Give and you shall receive, bukan.. Receive and you shall give"

dia juga cerita tentang orang2 kaya spt CEO, spekulan & pemain saham, dan business owner yang punya penghasilan wah, namun berakhir tragis dgn hutang, akhirnya kena narkoba dan ada yg suicide :upss:

in my view.. yah inilah fungsi divisi keuangan dlm prsh yg tugasnya nge-rem agar AP dan AR bisa balance.

ya kali ibarat mobil klo gas poll terus jebol transmisi atau mesinnya.
tinggal kuat2an yg mana :upss:

Bukan masalah kuat2an, tetapi hasil analisa yg mendalam ketika memutuskan untuk berinvest.
Semua Ada perhitungannya, Ada angka nya.
Bukan pake angan2 apalagi gambling.

Invest pake Dana bank, sdh Ada hitungannya brp keuntungan bersih yg didapat setelah dipotong cicilan.
Jadi tiap tahun selalu bertumbuh keuntungannya.

Uang cash yg Ada disimpen sebagai tabungan, disaat kondisi krisis seperti saat ini adalah saat yg tepat untuk beli perusahaan2 yg bagus tp salah kelola sehingga saat Ada krisis jadi colaps sehingga di jual murah.
Nanti perusahan yg dibeli tersebut diperbaiki trus dijadikan supplier perusahaan induk, saat sudah sehat dijual sahamnya 30% ke publik. Value meningkat. Tiap tahun dapat untung dari perusahaan tersebut. Itu baru 1 anak, coba kalo Ada 10 anak, trus anak2nya punya anak lagi. Dan cucu nya ini sahamnya di miliki sang induk 50% yg 30% dijual ke publik Dan begitu selanjutnya.

Kalo di jepang system tersebut nama nya kalo ngga salah kairetsu. (Corporate group)

Dalam bidang manufacturing Toyota adalah kiblat nya para perusahaan jepang.
Teknologi yg baru2 semua diaplikasikan disana.

Kebetulan Saya bekerja diperusahaan jepang sbg engineering yg tugasnya investasi agar keuntungan perusahaan terus tumbuh.

Saat krisis seperti ini investasi nya Makin gencar supaya ngga kehilangan momentum karena untuk menyambut jika pasar kembali normal. Dana nya dari bank.

Uang cash yg Ada buat akuisisi perusahaan energi.

Just2mysen
nice sharing om :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by Pugman »

alvin23 wrote: Thu Aug 06, 2020 16:10
Pugman wrote: Thu Aug 06, 2020 13:29
herp wrote: Wed Aug 05, 2020 9:14
Maap OOT, tapi yang ane quote, apa oom kerja di industri semen ya? CMIIW
:big_grin:
WKWKWK sama2 H grupnya :big_biglaugh:
Jadi sepertinya inisial H cukup bagus untuk Industri
:big_peace:
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by fabreguz »

https://www.mobilku.com/auto-news/3964/ ... erti-nokia

Image

CEO Volkswagen Ingatkan Karyawannya Agar Tidak Bernasib Seperti Nokia
9 November 2020
Mobilku.com - CEO Volkswagen Herbert Diess mengingatkan karyawannya agar jangan sampai bernasib sama seperti perusahaan telekomunikasi Nokia. Ia juga mengatakan bahwa Volkswagen dan Nokia memiliki beberapa kesamaan, dimana dulu Nokia merupakan perusahaan telekomunikasi paling laris di dunia. Namun seiring dengan perubahan zaman dan tren teknologi baru yang terus bermunculan, Nokia justru malah tertinggal.


Hal yang sama mungkin sedang dirasakan oleh Volkswagen saat ini. Perusahaan mobil asal Jerman tersebut merupakan perusahaan otomotif dengan penjualan terbesar di dunia. Hanya saja saat ini tren elektrifikasi justru tengah menjadi populer sehingga menurut Herbert menilai, Volkswagen harus merespons kondisi tersebut jika tidak ingin tertinggal seperti Nokia.


"Nokia, mungkin adalah salah satu contoh yang bagus mengenai respon perubahan. Jika kamu tidak cukup cepat, maka kamu tidak akan selamat. Saya selalu mengatakan hal ini kepada karyawan kami" ucap Herbert Diess.


Herbert Diess juga menambahkan bahwa saat ini dunia otomotif tengah menghadapi dua transisi yakni transisi dalam sektor sumber daya energi terbarukan dan mobil otonom. Untuk menghadapi transisi ke elektrifikasi, Volkswagen telah melakukan banyak persiapan mulai dari pembenahan pabrik hingga ke sumber daya manusia.
bijimane dgn pabrikan mobil yg laen ? :big_think: :big_grin: :big_grin:
Don't Imageate
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by sealplayerz »

Lha nissan malah mau jual balik mitsubishi motors ke mitsubishi group. :big_chicken:
Trus aliansi RNM sama masterplan nissan mitsubishi jadi makin gak jelas juntrungannya dong :big_think:
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by fabreguz »

menarik nih dijadikan tret baru :mky_03: :mky_01: :big_grin:
Don't Imageate
jessboy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Tue May 09, 2017 3:09
Location: jabodetabek
Daily Vehicle: mobil bekas

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by jessboy »

SM emang komplit dah, dari otomotif sampe ke ekonomi dan investasi :D
dalam dunia usaha hutang itu bukan sesuatu yg buruk, tapi yg harus dilihat adalah hutangnya untuk apa.
masalah salah kalkulasi dan salah prediksi bisa menyebabkan penjualan dan laba berkurang bahkan rugi.
tapi yg tak kalah penting adalah managemennya, byk perusahaan kolaps krn salah urus dan salah pilih ceo.
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: 5 Pabrikan Mobil Terjerat Hutang dengan Jumlah Mengerikan

Post by Michaelktp »

https://economy.okezone.com/amp/2022/08 ... 34-triliun

TMC Japan sudah juara menggusur posisi VW AG tapi sayangnya di posisi utang perusahaan yang terbesar dunia. Tak heran efisiensi besar-besaran TMC dengan memangkas platform non global semacam IMV Platform dan Old Daihatsu platform RWD yang hanya eksis di region seperti ASEAN DM sudah tak bisa dibendung lagi tahun ini.
Semua harus full TNGA dan DNGA start 2022.
Dampak pandemi dan trend EV juga semakin mempercepat semua perubahan ini. Tidak kaget jika Plant CKD Indo DM bisa defunct satu per satu menyusul AUDM dengan yang terbaru terjadi pada Wanaherang Plant PT. MBDI start 2023.