Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Halo rekan2 semua. Kebetulan terbesit pertanyaan yang sebenernya agak2 absurd haha, jadi mohon izin bertanya disini
Apakah ketika kita sering gonta ganti merk bensin (merk yah, bukan angka RON), apakah bisa mempengaruhi performa dari mesin? Baik meningkat ataupun menurun?
Misal di case saya. Mobil saya yaris bakpao, sebelum bensin naek, isinya selalu pertamax. Sekarang karena harganya ga beda jauh dengan kompetitor, akhirnya kemaren isi Shell Super. Cuma karena baru tau kalo BP lebih murah dari Shell, besok mau coba BP 92. Jadi alurnya Pertamax -> Shell Super -> BP 92
Mungkin rekan2 yang punya jawaban / mau berdiskusi case seperti ini boleh memberikan pencerahannya hehe
Kalo di mbl bensin Terios konde sy, lebih pengaruh kondisi temperatur sekitar, saban bawa mbl malam pasti rasa gas nya padat dan enteng narik torsinya, tp kalo siang beh...tiap nginjek gas nyaris disertai suara banting klep kerrrkerrkerrr
sudah sering dibahas. intinya: ga kenapa2. tapi kalau bingung, ya jangan.
yang pasti kalau sudah biasa pakai pertamina punya kalau pindah ke merek lain terutama Shell, biasanya akan boyo karena aditif detergent yang tinggi.
Saya udah ganti dari:
Pertalite - Pertamax - Shell Super - BP masing2 sisa seperempat tangki, so far aman malah BP92 ini rasanya paling oke di mobil saya. Jangan rame2 sih tp ngomonginnya ntar disuru naekin wkwkwkwk
adrianomyman wrote: Sun Sep 25, 2022 10:14
Kalo di mbl bensin Terios konde sy, lebih pengaruh kondisi temperatur sekitar, saban bawa mbl malam pasti rasa gas nya padat dan enteng narik torsinya, tp kalo siang beh...tiap nginjek gas nyaris disertai suara banting klep kerrrkerrkerrr
coba kuras radiatornya ke coolant 30/70 ( merek bebas asal ori coolantnya )..itu performa pas siang turun karena suhu mesin tinggi dan system pendingin keteteran
adrianomyman wrote: Sun Sep 25, 2022 10:14
Kalo di mbl bensin Terios konde sy, lebih pengaruh kondisi temperatur sekitar, saban bawa mbl malam pasti rasa gas nya padat dan enteng narik torsinya, tp kalo siang beh...tiap nginjek gas nyaris disertai suara banting klep kerrrkerrkerrr
Ah ini dulu saya pernah belajar dikit kenapa kalo mesin mobil/motor berasa lebih bertenaga kalo pas malam/subuh. Karena saat malam/subuh kondisi suhu udara dingin, densitas udara lebih tinggi yang artinya kandungan oksigen nya juga lebih banyak daripada saat siang hari yang suhu udara tinggi yg densitas udaranya juga rendah
t105erd wrote: Mon Oct 31, 2022 9:51
Ga masalah sih, yang jadi masalah besar tuh kalo biasa isi pertalite karena sekarang pertalite 10rb pindah ke bio solar yg 6000an
Ane kadang skeptis ni soal enak enakan bensin. Apalagi sejak pertalite 10k dan drama vivo jual 89 disuruh ga boleh lbh murah sentimen ke pertamina jd makin makin
Bukan apa apa krn mobil mesin ICE tuh beda kondisi udara aja beda performa. Apalagi mesin sekarang abis macet abis ngebut aja timingnya bisa maju mundur semau mau ecu nya. Oli mesinnya ganti merek jg bisa ngaruh ke performa, ban kurang angin sikit, driveshaft kurang oli atau kotor, dll.
Kalo kenapa napanya sih engga. Tp kalo mau terukur hrs di lab dengan kelembaban dan suhu sama.
Yg di jawa sana enak ya bisa gonta ganti bbm buat cobain mana yg enak
Lah kita di daerah sini mentok cuman plat merah, jadi yg dirasain yaa gitu gitu aja
Blum lagi bicara kualitas yg tidak konsisten
RS7 wrote: Sun Sep 25, 2022 6:40
Halo rekan2 semua. Kebetulan terbesit pertanyaan yang sebenernya agak2 absurd haha, jadi mohon izin bertanya disini
Apakah ketika kita sering gonta ganti merk bensin (merk yah, bukan angka RON), apakah bisa mempengaruhi performa dari mesin? Baik meningkat ataupun menurun?
Misal di case saya. Mobil saya yaris bakpao, sebelum bensin naek, isinya selalu pertamax. Sekarang karena harganya ga beda jauh dengan kompetitor, akhirnya kemaren isi Shell Super. Cuma karena baru tau kalo BP lebih murah dari Shell, besok mau coba BP 92. Jadi alurnya Pertamax -> Shell Super -> BP 92
Mungkin rekan2 yang punya jawaban / mau berdiskusi case seperti ini boleh memberikan pencerahannya hehe
Makasih sebelumnya
Nggak sih Om, lebih pengaruh oli daripada bensin kalau pengalaman di saya. Contoh, saya user reborn pakai oli 10w40 BBM Pertamax, dengan sekarang 0w20 BBM Pertalite full --> jauuuh lebih irit dan lebih joss tarikannya yang kedua. Mubazir bensin bagus2 oli standar2 aja. Mending oli sultan BBM secukupnya.
Untuk gonta ganti merk, setelah sering mantengin forum SM ini saya jg sepakat dengan suhu2 dan senior2 di sini, mending jangan dicampur2. Kalau mau isi pertalite full pertalite sekalian, atau pertamax full pertamax sekalian. Jadi ngisi ganti merk/RON nunggu sampek tangki hampir kosong, atau nyala lampu kuning sekalian. Karena benefit additif dari tiap BBM tadi jadi gak kerasa kalau kecampur2, malah mubazir. Ini sdh saya rasakan jg, dan iya ngefek sih. Bukan berarti gak bisa ya...
Yang gak bisa itu : Pertamax campur Pertadex
XMTdeluxe wrote: Tue Nov 01, 2022 3:58
Nggak sih Om, lebih pengaruh oli daripada bensin kalau pengalaman di saya. Contoh, saya user reborn pakai oli 10w40 BBM Pertamax, dengan sekarang 0w20 BBM Pertalite full --> jauuuh lebih irit dan lebih joss tarikannya yang kedua. Mubazir bensin bagus2 oli standar2 aja. Mending oli sultan BBM secukupnya.
Nahh ini faktor yang ga bs diabaikan jg nehh. Beda oli jg beda hasil.
Kalau ron nya sama hrsnya teoritikal performa sama sama aja. Ron kan hanya resistance to knock. Klo engine didesain untuk jalan dgn Ron sekian dikasi yang sesuai ya hasilnya sama.
Kecuali kita orang ngisi bensinnya ganti ron dr 92 ke 98, beda mobil bisa beda hasil. Bisa lbh enak, bisa lbh gak enak.
Kalau iseng2 coba, 1 kali interval ganti oli pakai bbm a, 1 kali interval ganti bbm b pake oli sama. engine di bersiin dulu semua se fuelpump nya.