Mencoba peruntungan Jual Beli Mobil

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mencoba peruntungan Jual Beli Mobil

Post by Pboyz97 »

Clonz wrote: Sat Mar 19, 2022 2:49 Siap omm. Makasih sharingnya. Akan saya catat semua. Eh btw, cuan2an mepet banget ya cuman 1-2jt doang.
tergantung jenis mobilnya apa dan kita bisa dapatkan itu berapa lama, kalo jenis mobilnya LCGC, LMPV, LSUV, dengan range harga dibawah 200jt, dan kita bisa dapatkan itu dalam waktu hitungan jam saja, misalkan kita posting jam 8 pagi, jam 2 siang udh dibayar itu masih masuk akal, dulu saya pernah jual avanza g manual 2018, cuan 2 jt ke pedagang dari luar jawa, jam 8 malem di iklanin, jam 1 siang besoknya udh dibayar dan diangkut mobilnya :big_biglaugh: , maklum saat itu jaringan saya blm sebanyak sekarang , blm sampe ke forum jual beli FB dan masih sebatas di marketplace aja wkwkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
filmkartun2012
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Tue Nov 20, 2012 2:00

Re: Mencoba peruntungan Jual Beli Mobil

Post by filmkartun2012 »

Pboyz97 wrote: Sat Mar 19, 2022 3:45
filmkartun2012 wrote: Fri Mar 18, 2022 18:47 Di SM ada forum.jual bi mobil bekas nggak ya?
ngga ada, coba main ke fb aja, banyak kok disana forumnya hehehe
Iya bbrp kali liat di fb om
User avatar
acil08
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Jan 22, 2019 11:57
Location: Tangerang
Daily Vehicle: CB150R K15

Re: Mencoba peruntungan Jual Beli Mobil

Post by acil08 »

Pboyz97 wrote: Sat Mar 19, 2022 3:44
acil08 wrote: Tue Mar 15, 2022 6:43 Wah seru nih banyak banget saran-saran yang bagus. Izini share pengalaman juga ya buat om TS seputar jual beli mobil.

Saya beberapa kali ganti mobil dan beberapa ada yang bisa menghasilkan keuntungan dan beberapa lainnya bisa dikatakan biasa saja dan cenderung rugi dari segi bisnisnya, saya coba share aja ya pengalaman yang pernah saya alamin kebtulan saya saat ini terpikir kembali untuk jual mobil pakaian saya karena ada peluang cuan :big_grin:

1. Kalo om TS mau bergelut di usaha jual beli mobkas memang sebaiknya ambil mobil yg fast moving alias sejuta umat, karena ini akan mempermudah untuk pemula atau awal berjualan mobkas.

2. Pengalaman saya pernah punya mobil yang ga laku di pasaran dan itu takes time banget untuk melepasnya, endingnya lakunya di bawah harga beli walaupun ga jauh.

3. Seiring berjalannya waktu saran dari temen-temen SM untuk melakukan review mobkas di kanal seperti youtube itu sangat membantu untuk membangun brand image kita dan menaikkan eksposure kita di dunia jual beli mobkas.

4. Sebaiknya hunting langsung ke pengguna karena beberapa pengguna terkadang mereka dalam keadaan BU, jadi ketika dipush biasanya mereka pasti akan goyang (ini akan berbeda ceritanya jika ownernya jual santai, saya pernah nemuin malah ga mau dinego tapi kondisi emang luar biasa bagus mobilnya)

5. Gabung dengan komunitas online baik forum jual belinya atau forum lainnya, ini bisa menambah feel kita ketika berbicara mobkas biasanya om (ini yang masih saya lakukan sampai saat ini)

6. Rajin melihat review mobkas yang ada di youtube jadi kita semakin gampang mengenali kondisi setiap mobil.

7. Jangan tergiur untuk mendapatkan cuan besar, mending cuan 1-2 juta maksimum per unitnya.

8. Buka koneksi ke luar JABODETABEK kalau bisa sumatera dan kalimantan pasar empuk biasanya (saya pernah 2 kali kirim mobil ke kalimantan dengan cuan lumayan dibantu temen di sana)

Mungkin itu saja yang bisa share dan saya bantu untuk om TS, semangat terus om intinya rajin ngulik dunia mobkas dan teliti itu kuncinya om.
betul om, saya kebetulan udh jual beli mobil satuan selama 2 tahun, saya setuju sm yg om sampaikan. mobil kalo emg masih pemula coba cari yg fast moving, gaharus sejuta umat, yg penting masih top 10 mobil terlaris di Indo dan mainstream , yg penting jaringan dealernya se Indonesia ada, bukan cuma di jakarta aja, karena percayalah, 80% perputaran mobekas itu ada di daerah, apalagi merek mainstream

sm yg no 5 itu penting sekali, sama saya tambahin yg no 6, kalo perlu coba kontak yg pake embel2 pencari mobil pesanan, siapatau mereka memang lagi perlu bgt karena nyari buat pesenan di daerah, jadi mereka berani membeli barang dagangan kita dengan harga bagus hehehe, saya sendiri kebetulan udh lakuin 2 cara itu dan efektif, mobil2 saya laku gasampe 2 minggu dan untung lumayan sejak gabung forum jual beli ataupun group jual beli, dan jangan pernah berhenti belajar, poin no 6 juga saya lakukan, bahkan berulang2, sehari saya bisa tonton sampe 10x biar tambah ngerti lg :big_biglaugh:

kalo masalah cuan besar, ya tergantung networking kita, dan bisa dapatkan berapa lama, kalo mobil dibawah 200 jt, cuan 1-2 jt masih oke lah, asal lakunya bisa dalam hitungan jam, tapi, kalo punya target 1-2 minggu mesti laku, gaharus laku dalam 1 hari, cuan ya kalo saya pribadi minimal 3 jt lah, maksimal 8-10 jt, kalo mobil kelas lcgc lmpv lsuv ya hehehe

poin terakhir itu benar sekali, karena 80% mobekas itu lakunya ke luar jakarta, bahkan pengalaman saya dulu jual mobil sejuta umat masih bisa balik modal atau untung lumayan ke pedagang sana, gak kebayang deh kalo pemakai langsung disana :big_biglaugh: , karena ya memang kalo di daerah asal bagus mereka berani bayar lebih mahal dikit, ga masalah mau ex pt, ex lelang atau ex rental, yg penting unit bagus, harga + biaya bbn dan mutasi masuk ya sikat, gak pake mikir ini itu, dan usaha mereka saya bilang luar biasa, kalo emg barangnya bagus + harga masuk, mau sejauh apapun lokasi kita dari tempat tinggal mereka bakal disamperin yg penting dapet :big_biglaugh: , dan dagangan saya juga 95% lakunya ke luar jabodetabek dan untung lumayan rata2, minimal balik modal wkwk
Nah mantap om, setuju memang point penting yang harus kita perhatikan ya memang jual mobil paling banyak peminatnya ya om dan koneksi di luar daerah sangatlah penting.

Kalau jual lagi di jabodetabek banyak saingan dan biasanya pedagang juga yg ambil.
KNWOLEDGE=HORSPOWER :big_comfort:
Please visit https://www.instagram.com/garasi.gaxi/
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mencoba peruntungan Jual Beli Mobil

Post by Pboyz97 »

acil08 wrote: Sun Mar 20, 2022 0:55
Nah mantap om, setuju memang point penting yang harus kita perhatikan ya memang jual mobil paling banyak peminatnya ya om dan koneksi di luar daerah sangatlah penting.

Kalau jual lagi di jabodetabek banyak saingan dan biasanya pedagang juga yg ambil.
betul oom, karena ya menurut saya di daerah itu
- pilihan mobilnya terbatas, masih itu2aja, nomor 1 adalah aftersales, bengkelnya dan partnya gampang, minimal gak perlu keluar kota bahkan provinsi buat servis aja + make mobilnya juga disana untuk jangka panjang, minimal 5 tahun atau lebih
- populasi yg jual disana juga lebih sedikit, misalkan mobil jenis A di daerah yg jual 5, di jakarta bisa 15-20
- pilihan merek disana terbatas, masih lebih ke yg mainstream aja, karena memang bengkelnya ada disana wkwk, makanya mobil terlaris di daerah menurut saya ya masih di merek yg itu2 juga wkwkwk, merek jepang mainstream, beda sm jakarta yg semua ada
- harga baru disana udh selisih lumayan, contoh mobil B harga di daerah 170 jt diskon cuma 10 jt, di jakarta mobil yg sama tahun sama kondisi brand new harga barunya 160 jt tapi diskonnya bisa 15-25 jt
- mereka lebih fleksibel syaratnya, asal bagus juga berani tinggi, prinsip mereka lebih baik bayar lebih mahal sedikit tapi dapet barang bagus daripada gambling lg dikemudian hari, mau ex pt, ex lelang, ex rental gak masalah kalo disana, sepanjang kondisinya memang oke

betul om, kalo di jabodetabek ya memang yg ngambil rata2 pedagang, kalo gak makelar which is ujung2nya sm si pedagang dan makelar itu bakal dilempar ke luar jabodetabek juga :big_biglaugh: , kalo masalah saingan ya emg betul oom, ada dari sesama pedagang jakarta yg memang punya link di daerah + pedagang dari daerahnya langsung, yg memang bela2in ke jakarta buat cek unit which is cukup berat, apalagi mobil yg diincer adalah mobil 7 seater, mobil sejuta umat dan merek mainstream, ibaratnya keadaan itu memaksa kita harus berani sama atau diatas ambilan mereka kalo mau dapat barang which is untung kita juga makin tipis kalo jual di jabodetabek, mau gak mau emg harus dijual di daerah karena pangsa pasarnya lebih besar dibanding jabodetabek, ini murni pengalaman sendiri wkwkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Mencoba peruntungan Jual Beli Mobil

Post by Syauqi »

vipere wrote: Fri Mar 11, 2022 12:51
Kalo saya beda pengalaman. 2 bulan lalu jual livina xr. Umur 13 tahun. Padahal itu mobil apaan coba, ga populer, 2 baris pula. Di mana ada saudaranya grand livina yg 3 baris. Pedagang2 offline nawarnya paling mentok 55.
Terus setelah 4 hari iklan di olx, dihubungin olx auto , minta ijin inspeksi. Saya ok in aja. Akhirnya dibeli olx auto 60. Lumayan lebih tinggi dari pedagang offline.
Wah kaya temen saya nih..
doi mobilnya Grand Vitara JLX 2.0m/t 2009, kondisi eksterior cat masih lumayan ok tapi jamur ada dimana-mana, interior juga kotor. Tuas persenelingnya oblak, kalo orang baru bawa pasti susah tuh masuk gigi 2 wkwk kondisi remnya juga gatau dah, ngerem dari kecepatan 120km/j udah geter parahh. Tapi mesinnya masih enak, kaki2 juga ga terlalu parah bunyinya.

Nah kata dia orang dari olxautos dateng, ngeceknya cuma sebentar, tau" kelar mobilnya ditawar 75jt :big_biglaugh: padahal kalo menurut analisis sotoy saya ini mah kalo ada yg mau bayarin 80jt udah beruntung banget..
Eh sama doi langsung ditawar segitu, lumayan banget mah kalo menurut saya daripada udah cape sendiri nungguin pembeli :big_deal: