rekomendasi nya apa ya buat bersiin TB? CRC aman gak om? mau beli sekalian ni sama maf cleaner nya , bsk weekend mau bersih2Omnibus wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 3:38kl ga berani buka valve cover, intip aja lewat lubang pengisian oli pake senter mudah2an keliatan. soalnya kl ada sludge jg hrs dibersihkan, biasanya utk yg sering telat ganti oli atau olinya krg bagus.masaudie wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 3:28
Wah banyak yang bisa dilakuin yah.
- Kmaren abis ngangkat mobil ini lgsg general check up ke BeRes, carbon clean
- Busi disuruh ganti tp ktnya masih normal jd nanti dulu hehe, next nanti pas ganti oli sekalain mau ganti busi, air filter dan fuel filter
- Berhubung nubie, blom berani buka valve cover hahaha
- Akan coba bersihin throttle body
- MAF udah dicopot trus disemprot pake MAF cleaner kalengan, blom tau apakah ada IAT dan MAP sensor. Cek knock sensor sptnya harus ke beres yah?
- Ganti coolant jg dalam rencana nanti pas ganti oli
- Kuras tangki seberapa pengaruhkah om?
- Boot steer udah dibenerin, jdnya jauh lebih senyapppp (tp berhubung tau kalo mesin ngelitik jd sering terbayang2 suara ngelitiknya hahaha)
Thank you input nya om.
busi kotor penyebab coil mati (korslet). busi renggang bikin coil kerja xtra keras. mending ganti apalagi ngelitik.
bersihin TB pakai chemical yg sesuai spy TPS ga rusak. trus expect rpm idle relearn spy idle ga goyang dombret. tanya ke mbah DOHC aja tuh suka dombret ga kl abis lepas TB.
knock sensor check resistance (tahanan). nilai komparasi (referensi) gugel aja sy ga tau.
kuras tanki ya just in case aja sdh 120k siapa tau ada endapan atau water content. ga harus sih bisa pakai additive Redline atau Amsoil PI.
itu semua diatas kan exhaustive list, kl ga dirasa penting2 amat ya di skip aja
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Vario
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Last edited by bryanguppiez on Tue Jan 12, 2021 6:15, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11326
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
kl maf wajib pake maf cleaner. merk CRC ada.bryanguppiez wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 6:00
rekomendasi nya apa om buat bersiin TB? mau beli sekalian ni sama maf cleaner nya , bsk weekend mau bersih2
kl TB banyak, CRC jg ada. kl sy nyemprotnya ke kain lap dulu baru kainnya dilap ke TB nya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9666
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
- Performance: Amsoil PIa2agarage wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 5:58ngomong2 soal aditif... yg cocok buat dimasukin ke tank bbm mitsu OS 2015 apaan ya om? wkwk... sama mazda 2 GT...Suryaputra wrote:gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas)
masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.
*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,
positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat
negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)
tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.
Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.
dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.
- Cleaner: Redline SI-1 CSFC
coba ajah om, klo sy rutin pakai Redline.
mau performa lbh ok, dimixed tuang pakai Shell V-Power fulltank, RON nya pas untuk mesin jaman now tapi non-turbo (jika butuh ron min 92)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Jan 11, 2017 6:24
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Om sekalian.. minta rekomendasi oli paling hemat untuk mesin innova bensin tahun 2012.. utk mobil km masih 60 ribuan.. jarang jalan.. pengin yg hemat saja utk pemakaian 6blnan.. KM setahun paling jalan cuman 5.000.. terima kasih sebelumnya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
- Location: bogor
- Daily Vehicle: F10A
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Ke SnD aja, ada promo buy2get2. Shell & pfg.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Outlander Sport 2015
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
shiaaaappp sendika dawuh suhu.... disemarang mana ada shell om [emoji854][emoji854]Suryaputra wrote:- Performance: Amsoil PIa2agarage wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 5:58ngomong2 soal aditif... yg cocok buat dimasukin ke tank bbm mitsu OS 2015 apaan ya om? wkwk... sama mazda 2 GT...Suryaputra wrote: gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas)
masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.
*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,
positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat
negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)
tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.
Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.
dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.
- Cleaner: Redline SI-1 CSFC
coba ajah om, klo sy rutin pakai Redline.
mau performa lbh ok, dimixed tuang pakai Shell V-Power fulltank, RON nya pas untuk mesin jaman now tapi non-turbo (jika butuh ron min 92)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9666
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
sy bukan suhu, mbahha2agarage wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 7:51shiaaaappp sendika dawuh suhu.... disemarang mana ada shell om [emoji854][emoji854]Suryaputra wrote:- Performance: Amsoil PI
- Cleaner: Redline SI-1 CSFC
coba ajah om, klo sy rutin pakai Redline.
mau performa lbh ok, dimixed tuang pakai Shell V-Power fulltank, RON nya pas untuk mesin jaman now tapi non-turbo (jika butuh ron min 92)
penonton ikut komen aja di sini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Gw coba di new brio, PTT 0W30 SN sampe 5000 Km lebih masih enak. Kmrn drain di 6000 sekian gara2 bosen & penasaran sama PTT 0W20 SP harga ceban, hahahaJambangan wrote:Tadi pagi ganti oli sediri nyoba PTT 0W30 yg masih versi lama belum API SP di rush 2011 odo 116.400 KM
Beli waktu ada promo di Blibli sekitar 4 bulan yg lalu baru sempat ganti sekarang
Sekilas suara mesin lebih halus dibanding pake oli sebelumnya Fastron gold 5W30
Fastron gold enak jg pake sampe 5500 KM ga ada penurunan performa malah tarikan makin enak rasanya
Ga ada penguapan sama sekali juga
Kita liat PTT ini masih enak ga sampe 5000 KM lebih
Kelebihan ni oli dari awal make sampe di drain sama sekali ngga pernah gw top up.
Lebih enakan 0W20 SP ternyata biar kelas eco2an jg. Awal2 make kl dipanteng RPM 3000 di tol speed 100 - 110 Km suara mesin agak berisik dikit, after penggunaan 500 an Km malah jadi lebih senyap hahaha
Next gantol pgn coba Q8 0W20 yg dexos 1 gen 2
Walaupun 10W40 kelas keraton juga apa bikin ngelitik?Jambangan wrote:Btw ane udah kapok pake oli 10W40
Bikin mesin ngelitik
Dah 3 mobil jadi korban gara2 dari baru pake 10W40
Ngelitiknya ga bisa hilang takut mesin jebol akhirnya jual aja wkwkwk..
Udah ganti Pertamax plus (waktu itu belum ada Pertamax turbo) masih ngelitk jg gile
Pernah baca di forum luar katanya oli 10W40 emang bikin mesin detonasi lupa penjelasannya gmn
Bikin mesin jadi panas kyknya. aneh soalnya ngelitiknya ga hilang walaupun pake bbm bagus
Sirion gw dulu dari 2012 sampe 2014 lendir selalu pake Total Quartz 10W40 SN, bensin selalu premium, tapi gw rutin carbon clean & ultrasonic injector cleaner setiap 20K Km. Hasilnya sama sekali ngga ada knocking.
Padahal blm kenal yg namanya racun semacem redline csfc & amsoil pi...
3 mobil oom yg jd korban apa aja tuh, tiga2nya rutin bersihin ruang bakar & injector?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
iya om ngelitik semua 33nyaakbrn wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 12:31Gw coba di new brio, PTT 0W30 SN sampe 5000 Km lebih masih enak. Kmrn drain di 6000 sekian gara2 bosen & penasaran sama PTT 0W20 SP harga ceban, hahahaJambangan wrote:Tadi pagi ganti oli sediri nyoba PTT 0W30 yg masih versi lama belum API SP di rush 2011 odo 116.400 KM
Beli waktu ada promo di Blibli sekitar 4 bulan yg lalu baru sempat ganti sekarang
Sekilas suara mesin lebih halus dibanding pake oli sebelumnya Fastron gold 5W30
Fastron gold enak jg pake sampe 5500 KM ga ada penurunan performa malah tarikan makin enak rasanya
Ga ada penguapan sama sekali juga
Kita liat PTT ini masih enak ga sampe 5000 KM lebih
Kelebihan ni oli dari awal make sampe di drain sama sekali ngga pernah gw top up.
Lebih enakan 0W20 SP ternyata biar kelas eco2an jg. Awal2 make kl dipanteng RPM 3000 di tol speed 100 - 110 Km suara mesin agak berisik dikit, after penggunaan 500 an Km malah jadi lebih senyap hahaha
Next gantol pgn coba Q8 0W20 yg dexos 1 gen 2
Walaupun 10W40 kelas keraton juga apa bikin ngelitik?Jambangan wrote:Btw ane udah kapok pake oli 10W40
Bikin mesin ngelitik
Dah 3 mobil jadi korban gara2 dari baru pake 10W40
Ngelitiknya ga bisa hilang takut mesin jebol akhirnya jual aja wkwkwk..
Udah ganti Pertamax plus (waktu itu belum ada Pertamax turbo) masih ngelitk jg gile
Pernah baca di forum luar katanya oli 10W40 emang bikin mesin detonasi lupa penjelasannya gmn
Bikin mesin jadi panas kyknya. aneh soalnya ngelitiknya ga hilang walaupun pake bbm bagus
Sirion gw dulu dari 2012 sampe 2014 lendir selalu pake Total Quartz 10W40 SN, bensin selalu premium, tapi gw rutin carbon clean & ultrasonic injector cleaner setiap 20K Km. Hasilnya sama sekali ngga ada knocking.
Padahal blm kenal yg namanya racun semacem redline csfc & amsoil pi...
3 mobil oom yg jd korban apa aja tuh, tiga2nya rutin bersihin ruang bakar & injector?
entah masalah dimana
terios 2007, swift 2012 ama innova 2012
belakangan suara mesin agak kasar terutama yg innova
padahgal odo sebelum dijual baru 57rb Km di 2017
apalagi kalo start pagi2 ada suara "klek klek klek" ngikutin putaran mesin jadi parno
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Nahh ini cara yg bener.. saya jg lakuin kaya gini koq kl otak lg bener.. kl korslet, bersihin nya pake minyak cajuput sliter, guyur lgs ke TBOmnibus wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 6:04kl maf wajib pake maf cleaner. merk CRC ada.bryanguppiez wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 6:00
rekomendasi nya apa om buat bersiin TB? mau beli sekalian ni sama maf cleaner nya , bsk weekend mau bersih2
kl TB banyak, CRC jg ada. kl sy nyemprotnya ke kain lap dulu baru kainnya dilap ke TB nya.
Semprot ke kain majun, baru de lap ke TB
Btw ini saya ad lakuin experimen ttg bersihin TB, kl dilakuin reguler tiap 2000 km, maka pas d bersihin, rpm idle cenderung stabil, naek sikit banget atau nyaris ga bruba.. tp kl per 7 rebu apalagi 10 rebu, ga enak banget jadinya, idle re learning nya rada lama dan kadang malah CE nyala
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Itu kayanya lebi ke arah dapet oli aspal made in asemreges kbonjeruk, atau kelewat lama banget OCI nyaJambangan wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 0:22iya om ngelitik semua 33nyaakbrn wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 12:31Gw coba di new brio, PTT 0W30 SN sampe 5000 Km lebih masih enak. Kmrn drain di 6000 sekian gara2 bosen & penasaran sama PTT 0W20 SP harga ceban, hahahaJambangan wrote:Tadi pagi ganti oli sediri nyoba PTT 0W30 yg masih versi lama belum API SP di rush 2011 odo 116.400 KM
Beli waktu ada promo di Blibli sekitar 4 bulan yg lalu baru sempat ganti sekarang
Sekilas suara mesin lebih halus dibanding pake oli sebelumnya Fastron gold 5W30
Fastron gold enak jg pake sampe 5500 KM ga ada penurunan performa malah tarikan makin enak rasanya
Ga ada penguapan sama sekali juga
Kita liat PTT ini masih enak ga sampe 5000 KM lebih
Kelebihan ni oli dari awal make sampe di drain sama sekali ngga pernah gw top up.
Lebih enakan 0W20 SP ternyata biar kelas eco2an jg. Awal2 make kl dipanteng RPM 3000 di tol speed 100 - 110 Km suara mesin agak berisik dikit, after penggunaan 500 an Km malah jadi lebih senyap hahaha
Next gantol pgn coba Q8 0W20 yg dexos 1 gen 2
Walaupun 10W40 kelas keraton juga apa bikin ngelitik?Jambangan wrote:Btw ane udah kapok pake oli 10W40
Bikin mesin ngelitik
Dah 3 mobil jadi korban gara2 dari baru pake 10W40
Ngelitiknya ga bisa hilang takut mesin jebol akhirnya jual aja wkwkwk..
Udah ganti Pertamax plus (waktu itu belum ada Pertamax turbo) masih ngelitk jg gile
Pernah baca di forum luar katanya oli 10W40 emang bikin mesin detonasi lupa penjelasannya gmn
Bikin mesin jadi panas kyknya. aneh soalnya ngelitiknya ga hilang walaupun pake bbm bagus
Sirion gw dulu dari 2012 sampe 2014 lendir selalu pake Total Quartz 10W40 SN, bensin selalu premium, tapi gw rutin carbon clean & ultrasonic injector cleaner setiap 20K Km. Hasilnya sama sekali ngga ada knocking.
Padahal blm kenal yg namanya racun semacem redline csfc & amsoil pi...
3 mobil oom yg jd korban apa aja tuh, tiga2nya rutin bersihin ruang bakar & injector?
entah masalah dimana
terios 2007, swift 2012 ama innova 2012
belakangan suara mesin agak kasar terutama yg innova
padahgal odo sebelum dijual baru 57rb Km di 2017
apalagi kalo start pagi2 ada suara "klek klek klek" ngikutin putaran mesin jadi parno
Saya dl di inofa lama perna dipegang ama bokap, oli nya ama doi diganti pake 10-40 mulu ikutin saran beres, ga perna ampe klek2 sgala sehh.. padahal odo waktu rawatan dipegang bokap ud d atas 150 rebu
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1494
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
asli-kah oli-nya om...ati2 aja sekarang banyak banget oli aspalJambangan wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 0:22iya om ngelitik semua 33nyaakbrn wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 12:31Gw coba di new brio, PTT 0W30 SN sampe 5000 Km lebih masih enak. Kmrn drain di 6000 sekian gara2 bosen & penasaran sama PTT 0W20 SP harga ceban, hahahaJambangan wrote:Tadi pagi ganti oli sediri nyoba PTT 0W30 yg masih versi lama belum API SP di rush 2011 odo 116.400 KM
Beli waktu ada promo di Blibli sekitar 4 bulan yg lalu baru sempat ganti sekarang
Sekilas suara mesin lebih halus dibanding pake oli sebelumnya Fastron gold 5W30
Fastron gold enak jg pake sampe 5500 KM ga ada penurunan performa malah tarikan makin enak rasanya
Ga ada penguapan sama sekali juga
Kita liat PTT ini masih enak ga sampe 5000 KM lebih
Kelebihan ni oli dari awal make sampe di drain sama sekali ngga pernah gw top up.
Lebih enakan 0W20 SP ternyata biar kelas eco2an jg. Awal2 make kl dipanteng RPM 3000 di tol speed 100 - 110 Km suara mesin agak berisik dikit, after penggunaan 500 an Km malah jadi lebih senyap hahaha
Next gantol pgn coba Q8 0W20 yg dexos 1 gen 2
Walaupun 10W40 kelas keraton juga apa bikin ngelitik?Jambangan wrote:Btw ane udah kapok pake oli 10W40
Bikin mesin ngelitik
Dah 3 mobil jadi korban gara2 dari baru pake 10W40
Ngelitiknya ga bisa hilang takut mesin jebol akhirnya jual aja wkwkwk..
Udah ganti Pertamax plus (waktu itu belum ada Pertamax turbo) masih ngelitk jg gile
Pernah baca di forum luar katanya oli 10W40 emang bikin mesin detonasi lupa penjelasannya gmn
Bikin mesin jadi panas kyknya. aneh soalnya ngelitiknya ga hilang walaupun pake bbm bagus
Sirion gw dulu dari 2012 sampe 2014 lendir selalu pake Total Quartz 10W40 SN, bensin selalu premium, tapi gw rutin carbon clean & ultrasonic injector cleaner setiap 20K Km. Hasilnya sama sekali ngga ada knocking.
Padahal blm kenal yg namanya racun semacem redline csfc & amsoil pi...
3 mobil oom yg jd korban apa aja tuh, tiga2nya rutin bersihin ruang bakar & injector?
entah masalah dimana
terios 2007, swift 2012 ama innova 2012
belakangan suara mesin agak kasar terutama yg innova
padahgal odo sebelum dijual baru 57rb Km di 2017
apalagi kalo start pagi2 ada suara "klek klek klek" ngikutin putaran mesin jadi parno
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26921
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Waktu itu emg mobil papa yg pegang om, saya lg d luarkota.. tp waktu saya yg pegang seh, haram pake buntut 40 om.. itu kl cold start, perhatiin deh, bunyi klep tek2 lmayan noticeable (tp ini beda loh yah ama bunyi deksel yg lg oil starvation) loh tiap kl start utk beberap puluh detik
Beda waktu pake buntut 30 apalagi 20... nyaris alusssss
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Jamin asli omMSU wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 1:33asli-kah oli-nya om...ati2 aja sekarang banyak banget oli aspalJambangan wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 0:22iya om ngelitik semua 33nyaakbrn wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 12:31
Gw coba di new brio, PTT 0W30 SN sampe 5000 Km lebih masih enak. Kmrn drain di 6000 sekian gara2 bosen & penasaran sama PTT 0W20 SP harga ceban, hahaha
Kelebihan ni oli dari awal make sampe di drain sama sekali ngga pernah gw top up.
Lebih enakan 0W20 SP ternyata biar kelas eco2an jg. Awal2 make kl dipanteng RPM 3000 di tol speed 100 - 110 Km suara mesin agak berisik dikit, after penggunaan 500 an Km malah jadi lebih senyap hahaha
Next gantol pgn coba Q8 0W20 yg dexos 1 gen 2
Walaupun 10W40 kelas keraton juga apa bikin ngelitik?
Sirion gw dulu dari 2012 sampe 2014 lendir selalu pake Total Quartz 10W40 SN, bensin selalu premium, tapi gw rutin carbon clean & ultrasonic injector cleaner setiap 20K Km. Hasilnya sama sekali ngga ada knocking.
Padahal blm kenal yg namanya racun semacem redline csfc & amsoil pi...
3 mobil oom yg jd korban apa aja tuh, tiga2nya rutin bersihin ruang bakar & injector?
entah masalah dimana
terios 2007, swift 2012 ama innova 2012
belakangan suara mesin agak kasar terutama yg innova
padahgal odo sebelum dijual baru 57rb Km di 2017
apalagi kalo start pagi2 ada suara "klek klek klek" ngikutin putaran mesin jadi parno
Soalnya ganti di beres dan ga pernah lebih dari 5000 KM
Kadang kalo males ke beres ane ganti di shop n drive
Ane parnoan orgnya ga akan mau beli di tempat2 ga jelas
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Ga pernah lebih dari 5000 KM gantinya modDOHC wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 1:01Nahh ini cara yg bener.. saya jg lakuin kaya gini koq kl otak lg bener.. kl korslet, bersihin nya pake minyak cajuput sliter, guyur lgs ke TBOmnibus wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 6:04kl maf wajib pake maf cleaner. merk CRC ada.bryanguppiez wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 6:00
rekomendasi nya apa om buat bersiin TB? mau beli sekalian ni sama maf cleaner nya , bsk weekend mau bersih2
kl TB banyak, CRC jg ada. kl sy nyemprotnya ke kain lap dulu baru kainnya dilap ke TB nya.
Semprot ke kain majun, baru de lap ke TB
Btw ini saya ad lakuin experimen ttg bersihin TB, kl dilakuin reguler tiap 2000 km, maka pas d bersihin, rpm idle cenderung stabil, naek sikit banget atau nyaris ga bruba.. tp kl per 7 rebu apalagi 10 rebu, ga enak banget jadinya, idle re learning nya rada lama dan kadang malah CE nyala
Selalu ganti di beres atau shop n drive
Tapi kalo mesin udah panas ga notice tuh suara klek2nya
Pernah bawa ke beres SA nya aja ga denger
Takut suara metal eh SAnya ketawa katanya "kalo metal2 bunyi sih dari jauh jg udah kedengeran mas"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9666
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
karena jika panas, oli sangat encer, spt minyak goreng udah panas ajah.Jambangan wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 2:35Ga pernah lebih dari 5000 KM gantinya modDOHC wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 1:01Nahh ini cara yg bener.. saya jg lakuin kaya gini koq kl otak lg bener.. kl korslet, bersihin nya pake minyak cajuput sliter, guyur lgs ke TB
Semprot ke kain majun, baru de lap ke TB
Btw ini saya ad lakuin experimen ttg bersihin TB, kl dilakuin reguler tiap 2000 km, maka pas d bersihin, rpm idle cenderung stabil, naek sikit banget atau nyaris ga bruba.. tp kl per 7 rebu apalagi 10 rebu, ga enak banget jadinya, idle re learning nya rada lama dan kadang malah CE nyala
Selalu ganti di beres atau shop n drive
Tapi kalo mesin udah panas ga notice tuh suara klek2nya
Pernah bawa ke beres SA nya aja ga denger
Takut suara metal eh SAnya ketawa katanya "kalo metal2 bunyi sih dari jauh jg udah kedengeran mas"
jadi udh masuk dan melumasi daleman HLA dan celah2 sempit lain nya.
klo masih @room temp, oli buntut 40 ini karena lbh kentel, sehingga blm optimal masuk ke celah / daleman parts mesin.
makanya sy pribadi anti sm oli kentel, klo kepepet pun, plg kentel pakai buntut 30 (even di manual book bisa buntut 50 sekalipun),
bahkan bbrp report dr suhu2 di sini, pakai buntut 30 di mesin yg beragam, ketika masih cold-start bisa nimbulin suara tek-tek, dan hilang ketika sudah panas (encer)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 09, 2018 5:06
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
om uda pernah cobain ya flushing oil nya PTT? cairan flushing itu bukannya bisa bikin seal2 rontok ya?Suryaputra wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 3:51karena jika panas, oli sangat encer, spt minyak goreng udah panas ajah.Jambangan wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 2:35Ga pernah lebih dari 5000 KM gantinya modDOHC wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 1:01
Nahh ini cara yg bener.. saya jg lakuin kaya gini koq kl otak lg bener.. kl korslet, bersihin nya pake minyak cajuput sliter, guyur lgs ke TB
Semprot ke kain majun, baru de lap ke TB
Btw ini saya ad lakuin experimen ttg bersihin TB, kl dilakuin reguler tiap 2000 km, maka pas d bersihin, rpm idle cenderung stabil, naek sikit banget atau nyaris ga bruba.. tp kl per 7 rebu apalagi 10 rebu, ga enak banget jadinya, idle re learning nya rada lama dan kadang malah CE nyala
Selalu ganti di beres atau shop n drive
Tapi kalo mesin udah panas ga notice tuh suara klek2nya
Pernah bawa ke beres SA nya aja ga denger
Takut suara metal eh SAnya ketawa katanya "kalo metal2 bunyi sih dari jauh jg udah kedengeran mas"
jadi udh masuk dan melumasi daleman HLA dan celah2 sempit lain nya.
klo masih @room temp, oli buntut 40 ini karena lbh kentel, sehingga blm optimal masuk ke celah / daleman parts mesin.
makanya sy pribadi anti sm oli kentel, klo kepepet pun, plg kentel pakai buntut 30 (even di manual book bisa buntut 50 sekalipun),
bahkan bbrp report dr suhu2 di sini, pakai buntut 30 di mesin yg beragam, ketika masih cold-start bisa nimbulin suara tek-tek, dan hilang ketika sudah panas (encer)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Cairan flushing yg ngandung kerosene bisa ngerusak seal, kl PTT flushing oil itu oli beneran tanpa ada kandungan kerosene. Cek msds nya.vshiva wrote:
om uda pernah cobain ya flushing oil nya PTT? cairan flushing itu bukannya bisa bikin seal2 rontok ya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 09, 2018 5:06
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
nice info om berarti boleh deh buat nanti pas ganti oli di flush dulu
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Itu PTT Flushing pake nya gimana? Kurang ngerti. 1 botol 4 liter tuang semua?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9666
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
ada varnish atau sampai sludge ?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.
cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11025
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Suryaputra wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 14:49ada varnish atau sampai sludge ?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.
cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.
suhu, saya mau ganti oli caranya gimana? mohon petunjuk suhu....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
ok. Ngerti. Engine condition is good.Suryaputra wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 14:49ada varnish atau sampai sludge ?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.
cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9666
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
marmut wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 15:09Suryaputra wrote: ↑Wed Jan 13, 2021 14:49ada varnish atau sampai sludge ?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.
cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.
suhu, saya mau ganti oli caranya gimana? mohon petunjuk suhu....
mbah suhu teriak suhu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri