Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon Jan 11, 2021 16:22
wah..... :big_biglaugh:
selamat bagi pemilik innova dan 1TR lainnya yang pake oli mesin buntut 40.

:big_deal:

ntap.

:big_okay:
ya udah listnya nambah,

- O/H (overhaul) cylinder head: new HLA, new cam, etc etc.




.................. :ngacir:
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by bryanguppiez »

Omnibus wrote: Mon Jan 11, 2021 14:45
masaudie wrote: Mon Jan 11, 2021 13:44 Mungkin udah ditanya berjuta-juta kali, tapi ngurutin threadnya dari part 1 bakal bikin mabok.. Jadi saya beranikan diri nanya deh.

Untuk Innova 1TR taun 2014 km 120 ribuan, bbm pertamax, paling seminggu dipake buat ke pasar dan weekend jalan-jalan jarak deket (total per minggu jalan 200-300 km), better pake oli apakah?

Sekarang lagi pake shell 10w40. Direkomendasikan kah pake TMO 5w30? Cold start nya emang berisik bgt skrg, mesin cukup ngelitik (ketauan gara-gara karet boot steer pecah jd nyaring bgt suara ngelitiknya) siapa tau pake yang enceran bisa lebih sopan cold start dan ngelitik bisa berkurang.

Thank you.
kl ane sbg nubie, berikut tune-up total yg akan ane lakuin:

- carbon clean ruang bakar
- ganti busi, ganti air filter, ganti fuel filter
- buka valve cover: check kondisi sludge n varnish, check celah katup (stel jika out of spec)
- kl sludge kotor dikit n aman utk pakai flushing oil, akan ane lakukan.
- ganti oli mesin n filter oli (pake amsoil OE 5w30 atau beli dr om rendr amsoil XL 10w30)
- bersihkan throttle body
- bersihkan sensor2 (maf, iat, map kl ada). check jg knock sensor apakah msh masup spec, ganti bila perlu.

optional:
- ganti coolant + thermostat
- kuras tanki bbm spy bersih
- benerin boot steer spy lbh senyap

good to go for the next 120k km :big_smile]
Nubi nanya dong. Kl buat 1nz bakpao tuneup total nya kurang lebih sama atau ada tambahan om?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

bryanguppiez wrote: Tue Jan 12, 2021 0:51
Nubi nanya dong. Kl buat 1nz bakpao tuneup total nya kurang lebih sama atau ada tambahan om?
sama aja. kl ada yg ga applicable tinggal di skip aja.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jan 11, 2021 16:22
Omnibus wrote: Mon Jan 11, 2021 16:15
ini dia part HLA nya

Image

wah..... :big_biglaugh:
selamat bagi pemilik innova dan 1TR lainnya yang pake oli mesin buntut 40.

:big_deal:

ntap.

:big_okay:
Kita safari beres a2000 yuk mbah, sambil sambit2in delco colongan ke montir2 yg nuang tmo 40 ke inofa.. neh stok delko masi banyak ad 2 bagasi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Dat510 »

DOHC wrote: Mon Jan 11, 2021 10:41
Dat510 wrote: Mon Jan 11, 2021 6:09
marmut wrote: Mon Jan 11, 2021 5:34


ayolah om..... daripada gabut dirumah, ganti oli mesin sendiri. tapi musti hati-hati kalo ke kolong mobil, nanti ketagihan..... bisa jadi malah pules.

:mky_03:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ini saya banget, mobil masih nangkring di jackstand, lagi bongkar2 rehat sejenak eh kok merem dikolong mobil enak juga ya.
Pd enak kolong mobil nya bersih2 ya

Kl saya, gantol aj ud sebel bener, bau pesing meong2 liar yg suka indehoy d kolong mobil saya ketara bener.. padahal ud disirem karbol tiap ari, tetep aj kl malem demen diem d kolong mesin
Kucing ngga takut karbol mbah :big_cat:
Carport saya juga suka ada kucing, bisa sampe 6 malah ngga tau pada ngapain itu dikolong mobil, cuma karena mobil sedan jadi pada ngga bisa kencing dstu :big_biglaugh:
Mungkin mobil mbah klep kurang ceper.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Dat510 wrote: Tue Jan 12, 2021 2:16
DOHC wrote: Mon Jan 11, 2021 10:41
Dat510 wrote: Mon Jan 11, 2021 6:09

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ini saya banget, mobil masih nangkring di jackstand, lagi bongkar2 rehat sejenak eh kok merem dikolong mobil enak juga ya.
Pd enak kolong mobil nya bersih2 ya

Kl saya, gantol aj ud sebel bener, bau pesing meong2 liar yg suka indehoy d kolong mobil saya ketara bener.. padahal ud disirem karbol tiap ari, tetep aj kl malem demen diem d kolong mesin
Kucing ngga takut karbol mbah :big_cat:
Carport saya juga suka ada kucing, bisa sampe 6 malah ngga tau pada ngapain itu dikolong mobil, cuma karena mobil sedan jadi pada ngga bisa kencing dstu :big_biglaugh:
Mungkin mobil mbah klep kurang ceper.
Saya ad 1KR-JZ twin turbo minus 3 silinder mbah, tanya deh ama mbah marmut seberapa cepernya tu mobil sport

Tp tetep aj ruang mesin kadang suka ad bau2 si meong2

Malah yg plg aman si inofa, ga tralu bau
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

DOHC wrote: Tue Jan 12, 2021 2:12
Kita safari beres a2000 yuk mbah, sambil sambit2in delco colongan ke montir2 yg nuang tmo 40 ke inofa.. neh stok delko masi banyak ad 2 bagasi

hormatilah keyakinan dan kepercayaan orang lain mbah.
kalo pada yakin dan percaya ya silakan saja.

saya mending duduk santai sambil ngunyah roti sumbu dan nunggu kabar itu lemari merah seharga ayla baru kapan datengnya.....


*terpaksa pake icon :big_smoking: karena gaada icon roti sumbu.
grey569
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Jan 08, 2021 7:00
Location: JKT
Daily Vehicle: 2NR-VE - HR15DE

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by grey569 »

Suryaputra wrote: Mon Jan 11, 2021 9:24 klo kondisi spt itu, coba OCI diperpendek jd 5rb Km aja.

air coolant, komposisi 70 / 30 untuk kondisi tropis.
karena 50/50 lbh pas untuk kondisi yg ada winter nya (anti freeze).
http://www.challengers101.com/CoolantMix.html

selalu cek tiap minggu air coolant nya jg.
ganti tiap 1 tahun sekali klo umurnya dah di atas 5 tahun.
noted hu, thank you utk ilmunya :big_smile]
ViPerRed wrote: Mon Jan 11, 2021 9:27 5rb km nambah ampir 1 liter om biasanya
KM udh 150rb an. pgn coba pake PTT 5w30 yg API SP sih abis ini.. nanti ane tulis review nya klo udh ganti

soal bau sangit kurang tau, ane bkn suhu.
tp kemungkinan krn bau dari CC yg masuk ke kabin.
CMIIW
ditunggu Omm utk review pemakaian PTT 5w30 API SPnya :big_deal:
sintoni wrote: Mon Jan 11, 2021 9:58 1NZ 2015 ane dari awal full 0W20 ngincer irit, soalnya dalam kota aja.

Cari yang lg promo. Hahaha.
iya hu, ane juga kl cari oli yang promo aja. masih sayang sama dompet :mky_01:
rendr wrote: Mon Jan 11, 2021 10:07 saya msh ada Amsoil XL 10w30.... V100 lebih enteng dari 5w30 OE/XL/PTT 0w30 SP... antiwear package nya jg ga kalah jossssss

harga under 100k/btl ajah.. monggo DM hahahaha
wahh much appreciated om utk penawarannya hehe, maybe next time di interval change berikutnya omm hehe :thanks:
bryanguppiez wrote: Mon Jan 11, 2021 12:02 Amsoil oe 5w30 jatuhnya mirip2 ptt 0w30 ya...
1nz kyknya 5w30. Mesin badak :big_grin:
1NZ mah legend mbah, battle proven in indonesia sejak 2003 :big_grin:
CMIIW

anyway, terima kasih banyak suhu suhu sekalian yg sudah memberi insight kepada nubi terhadap pemilihan oli 1NZ nubi. akhirnya nubi kemarin angkut amsoil OE dr temen nubi yang gajadi ganti oli krn mobilnya udah keburu dijokul hehe.

mungkin nanti nubie coba post first impression dari penggunaan amsoil OE di 1NZ tuwir nubi disini.

Thank you :big_smile]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

marmut wrote: Tue Jan 12, 2021 2:21
DOHC wrote: Tue Jan 12, 2021 2:12

nunggu kabar itu lemari merah seharga ayla baru kapan datengnya.....


*terpaksa pake icon :big_smoking: karena gaada icon roti sumbu.
WAHHHHHH

Si mbah pesen trolley cabinet snap on ??????

Beuhhh bakal ad yg panas dingin nehh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jan 12, 2021 2:19
Tp tetep aj ruang mesin kadang suka ad bau2 si meong2

Malah yg plg aman si inofa, ga tralu bau
ga apa2, itu uap kencing meong sama kandungannya dgn avtur. kesedot intake nambah 10% HP .... :mrgreen:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Jan 12, 2021 2:36
DOHC wrote: Tue Jan 12, 2021 2:19
Tp tetep aj ruang mesin kadang suka ad bau2 si meong2

Malah yg plg aman si inofa, ga tralu bau
ga apa2, itu uap kencing meong sama kandungannya dgn avtur. kesedot intake nambah 10% HP .... :mrgreen:
+Sticker TRD & side skirt, nambah 50% powah, reduce drag 50% :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

DOHC wrote: Tue Jan 12, 2021 2:28
WAHHHHHH

Si mbah pesen trolley cabinet snap on ??????

Beuhhh bakal ad yg panas dingin nehh

bukaaaaan.....
saya mah bagian penggembira saja. kalo sudah dateng saya ikutan senang.

saya sudah cukup senang dengan toolbag monotaro gobanan. sama-sama ada merahnya dan bisa dibawa kemana-mana.
:mky_08:
kalo trolley dibawa kemana-mana malah disangka maling.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

ssstt udah ga usah dibahas2 lagi

BTT ini tret oli nih.

#bukannyapercepatantrethentulmalahbanyak2inpostingandimarilagi :drinking:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Dat510 »

DOHC wrote: Tue Jan 12, 2021 2:19
Dat510 wrote: Tue Jan 12, 2021 2:16
DOHC wrote: Mon Jan 11, 2021 10:41

Pd enak kolong mobil nya bersih2 ya

Kl saya, gantol aj ud sebel bener, bau pesing meong2 liar yg suka indehoy d kolong mobil saya ketara bener.. padahal ud disirem karbol tiap ari, tetep aj kl malem demen diem d kolong mesin
Kucing ngga takut karbol mbah :big_cat:
Carport saya juga suka ada kucing, bisa sampe 6 malah ngga tau pada ngapain itu dikolong mobil, cuma karena mobil sedan jadi pada ngga bisa kencing dstu :big_biglaugh:
Mungkin mobil mbah klep kurang ceper.
Saya ad 1KR-JZ twin turbo minus 3 silinder mbah, tanya deh ama mbah marmut seberapa cepernya tu mobil sport

Tp tetep aj ruang mesin kadang suka ad bau2 si meong2

Malah yg plg aman si inofa, ga tralu bau
Ambil hikmahnya mbah, mungkin dengan bau meong tikus jadi takut.
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by masaudie »

Suryaputra wrote: Mon Jan 11, 2021 14:01
masaudie wrote: Mon Jan 11, 2021 13:44 Mungkin udah ditanya berjuta-juta kali, tapi ngurutin threadnya dari part 1 bakal bikin mabok.. Jadi saya beranikan diri nanya deh.

Untuk Innova 1TR taun 2014 km 120 ribuan, bbm pertamax, paling seminggu dipake buat ke pasar dan weekend jalan-jalan jarak deket (total per minggu jalan 200-300 km), better pake oli apakah?

Sekarang lagi pake shell 10w40. Direkomendasikan kah pake TMO 5w30? Cold start nya emang berisik bgt skrg, mesin cukup ngelitik (ketauan gara-gara karet boot steer pecah jd nyaring bgt suara ngelitiknya) siapa tau pake yang enceran bisa lebih sopan cold start dan ngelitik bisa berkurang.

Thank you.
- PTT Eco API SP 0w20
- Aisin GreenTech+ 0w20
ganti per 5rb Km / 6 bln (mana yg sampai lbh dulu)

Klo kadang2 suka nge-toll dan jalan jauh
- Amsoil OE 0w20

Suka ngebut
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
- Amsoil Signature 0w20

met coba 0w20 mas :big_peace:
Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by masaudie »

Omnibus wrote: Mon Jan 11, 2021 14:45
masaudie wrote: Mon Jan 11, 2021 13:44 Mungkin udah ditanya berjuta-juta kali, tapi ngurutin threadnya dari part 1 bakal bikin mabok.. Jadi saya beranikan diri nanya deh.

Untuk Innova 1TR taun 2014 km 120 ribuan, bbm pertamax, paling seminggu dipake buat ke pasar dan weekend jalan-jalan jarak deket (total per minggu jalan 200-300 km), better pake oli apakah?

Sekarang lagi pake shell 10w40. Direkomendasikan kah pake TMO 5w30? Cold start nya emang berisik bgt skrg, mesin cukup ngelitik (ketauan gara-gara karet boot steer pecah jd nyaring bgt suara ngelitiknya) siapa tau pake yang enceran bisa lebih sopan cold start dan ngelitik bisa berkurang.

Thank you.
kl ane sbg nubie, berikut tune-up total yg akan ane lakuin:

- carbon clean ruang bakar
- ganti busi, ganti air filter, ganti fuel filter
- buka valve cover: check kondisi sludge n varnish, check celah katup (stel jika out of spec)
- kl sludge kotor dikit n aman utk pakai flushing oil, akan ane lakukan.
- ganti oli mesin n filter oli (pake amsoil OE 5w30 atau beli dr om rendr amsoil XL 10w30)
- bersihkan throttle body
- bersihkan sensor2 (maf, iat, map kl ada). check jg knock sensor apakah msh masup spec, ganti bil
optional:
- ganti coolant + thermostat
- kuras tanki bbm spy bersih
- benerin boot steer spy lbh senyap

good to go for the next 120k km :big_smile]
Wah banyak yang bisa dilakuin yah.

- Kmaren abis ngangkat mobil ini lgsg general check up ke BeRes, carbon clean
- Busi disuruh ganti tp ktnya masih normal jd nanti dulu hehe, next nanti pas ganti oli sekalain mau ganti busi, air filter dan fuel filter
- Berhubung nubie, blom berani buka valve cover hahaha
- Akan coba bersihin throttle body
- MAF udah dicopot trus disemprot pake MAF cleaner kalengan, blom tau apakah ada IAT dan MAP sensor. Cek knock sensor sptnya harus ke beres yah?
- Ganti coolant jg dalam rencana nanti pas ganti oli
- Kuras tangki seberapa pengaruhkah om?
- Boot steer udah dibenerin, jdnya jauh lebih senyapppp (tp berhubung tau kalo mesin ngelitik jd sering terbayang2 suara ngelitiknya hahaha)

Thank you input nya om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11311
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

masaudie wrote: Tue Jan 12, 2021 3:28
Wah banyak yang bisa dilakuin yah.

- Kmaren abis ngangkat mobil ini lgsg general check up ke BeRes, carbon clean
- Busi disuruh ganti tp ktnya masih normal jd nanti dulu hehe, next nanti pas ganti oli sekalain mau ganti busi, air filter dan fuel filter
- Berhubung nubie, blom berani buka valve cover hahaha
- Akan coba bersihin throttle body
- MAF udah dicopot trus disemprot pake MAF cleaner kalengan, blom tau apakah ada IAT dan MAP sensor. Cek knock sensor sptnya harus ke beres yah?
- Ganti coolant jg dalam rencana nanti pas ganti oli
- Kuras tangki seberapa pengaruhkah om?
- Boot steer udah dibenerin, jdnya jauh lebih senyapppp (tp berhubung tau kalo mesin ngelitik jd sering terbayang2 suara ngelitiknya hahaha)

Thank you input nya om.
kl ga berani buka valve cover, intip aja lewat lubang pengisian oli pake senter mudah2an keliatan. soalnya kl ada sludge jg hrs dibersihkan, biasanya utk yg sering telat ganti oli atau olinya krg bagus.

busi kotor penyebab coil mati (korslet). busi renggang bikin coil kerja xtra keras. mending ganti apalagi ngelitik.

bersihin TB pakai chemical yg sesuai spy TPS ga rusak. trus expect rpm idle relearn spy idle ga goyang dombret. tanya ke mbah DOHC aja tuh suka dombret ga kl abis lepas TB.

knock sensor check resistance (tahanan). nilai komparasi (referensi) gugel aja sy ga tau.

kuras tanki ya just in case aja sdh 120k siapa tau ada endapan atau water content. ga harus sih bisa pakai additive Redline atau Amsoil PI.

itu semua diatas kan exhaustive list, kl ga dirasa penting2 amat ya di skip aja :mrgreen:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

masaudie wrote: Tue Jan 12, 2021 3:13
Suryaputra wrote: Mon Jan 11, 2021 14:01
masaudie wrote: Mon Jan 11, 2021 13:44 Mungkin udah ditanya berjuta-juta kali, tapi ngurutin threadnya dari part 1 bakal bikin mabok.. Jadi saya beranikan diri nanya deh.

Untuk Innova 1TR taun 2014 km 120 ribuan, bbm pertamax, paling seminggu dipake buat ke pasar dan weekend jalan-jalan jarak deket (total per minggu jalan 200-300 km), better pake oli apakah?

Sekarang lagi pake shell 10w40. Direkomendasikan kah pake TMO 5w30? Cold start nya emang berisik bgt skrg, mesin cukup ngelitik (ketauan gara-gara karet boot steer pecah jd nyaring bgt suara ngelitiknya) siapa tau pake yang enceran bisa lebih sopan cold start dan ngelitik bisa berkurang.

Thank you.
- PTT Eco API SP 0w20
- Aisin GreenTech+ 0w20
ganti per 5rb Km / 6 bln (mana yg sampai lbh dulu)

Klo kadang2 suka nge-toll dan jalan jauh
- Amsoil OE 0w20

Suka ngebut
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
- Amsoil Signature 0w20

met coba 0w20 mas :big_peace:
Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..
gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas) :big_biglaugh:

masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.

*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,

positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat

negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)

tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.

Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.

dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by chaprizone »

DOHC wrote: Mon Jan 11, 2021 16:01 btw, ud dicoba proyek gantol sendiri nya om ?? percayalah, gantol itu gampang koq, dan kl kolong mobil nya tinggi, enak buat ngaso, apalagi adem2 musim ujan gini
belum Om, belum beli kunci buat buka filter :big_slap:
:big_okay:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Jambangan »

Tadi pagi ganti oli sediri nyoba PTT 0W30 yg masih versi lama belum API SP di rush 2011 odo 116.400 KM
Beli waktu ada promo di Blibli sekitar 4 bulan yg lalu baru sempat ganti sekarang :mky_01:
Sekilas suara mesin lebih halus dibanding pake oli sebelumnya Fastron gold 5W30
Fastron gold enak jg pake sampe 5500 KM ga ada penurunan performa malah tarikan makin enak rasanya :big_biglaugh:
Ga ada penguapan sama sekali juga
Kita liat PTT ini masih enak ga sampe 5000 KM lebih
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Jambangan »

Btw ane udah kapok pake oli 10W40
Bikin mesin ngelitik
Dah 3 mobil jadi korban gara2 dari baru pake 10W40
Ngelitiknya ga bisa hilang takut mesin jebol akhirnya jual aja wkwkwk..
Udah ganti Pertamax plus (waktu itu belum ada Pertamax turbo) masih ngelitk jg gile
Pernah baca di forum luar katanya oli 10W40 emang bikin mesin detonasi lupa penjelasannya gmn
Bikin mesin jadi panas kyknya. aneh soalnya ngelitiknya ga hilang walaupun pake bbm bagus
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Jambangan wrote: Tue Jan 12, 2021 4:22 Btw ane udah kapok pake oli 10W40
Bikin mesin ngelitik
Dah 3 mobil jadi korban gara2 dari baru pake 10W40
Ngelitiknya ga bisa hilang takut mesin jebol akhirnya jual aja wkwkwk..
Udah ganti Pertamax plus (waktu itu belum ada Pertamax turbo) masih ngelitk jg gile
Pernah baca di forum luar katanya oli 10W40 emang bikin mesin detonasi lupa penjelasannya gmn
Bikin mesin jadi panas kyknya. aneh soalnya ngelitiknya ga hilang walaupun pake bbm bagus
10w40 aman untuk Skutik Yamaha.
skutik honda mintanya buntut 30, apalagi mobilnya 0w20 joss :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Jambangan »

Suryaputra wrote: Tue Jan 12, 2021 4:53
10w40 aman untuk Skutik Yamaha.
skutik honda mintanya buntut 30, apalagi mobilnya 0w20 joss :ngacir:
iya pih ane di skutik honda pake 10w30 sesuai rekomendasi bukman :mky_01:
yamaha minta oli kental ya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Jambangan wrote: Tue Jan 12, 2021 5:50
Suryaputra wrote: Tue Jan 12, 2021 4:53
10w40 aman untuk Skutik Yamaha.
skutik honda mintanya buntut 30, apalagi mobilnya 0w20 joss :ngacir:
iya pih ane di skutik honda pake 10w30 sesuai rekomendasi bukman :mky_01:
yamaha minta oli kental ya
iya suka2 yg bikin mesin broh :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by a2agarage »

Suryaputra wrote:
masaudie wrote: Tue Jan 12, 2021 3:13
Suryaputra wrote: Mon Jan 11, 2021 14:01 - PTT Eco API SP 0w20
- Aisin GreenTech+ 0w20
ganti per 5rb Km / 6 bln (mana yg sampai lbh dulu)

Klo kadang2 suka nge-toll dan jalan jauh
- Amsoil OE 0w20

Suka ngebut
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
- Amsoil Signature 0w20

met coba 0w20 mas :big_peace:
Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..
gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas) :big_biglaugh:

masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.

*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,

positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat

negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)

tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.

Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.

dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.
ngomong2 soal aditif... yg cocok buat dimasukin ke tank bbm mitsu OS 2015 apaan ya om? wkwk... sama mazda 2 GT...