ya udah listnya nambah,
- O/H (overhaul) cylinder head: new HLA, new cam, etc etc.
..................
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Nubi nanya dong. Kl buat 1nz bakpao tuneup total nya kurang lebih sama atau ada tambahan om?Omnibus wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 14:45kl ane sbg nubie, berikut tune-up total yg akan ane lakuin:masaudie wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 13:44 Mungkin udah ditanya berjuta-juta kali, tapi ngurutin threadnya dari part 1 bakal bikin mabok.. Jadi saya beranikan diri nanya deh.
Untuk Innova 1TR taun 2014 km 120 ribuan, bbm pertamax, paling seminggu dipake buat ke pasar dan weekend jalan-jalan jarak deket (total per minggu jalan 200-300 km), better pake oli apakah?
Sekarang lagi pake shell 10w40. Direkomendasikan kah pake TMO 5w30? Cold start nya emang berisik bgt skrg, mesin cukup ngelitik (ketauan gara-gara karet boot steer pecah jd nyaring bgt suara ngelitiknya) siapa tau pake yang enceran bisa lebih sopan cold start dan ngelitik bisa berkurang.
Thank you.
- carbon clean ruang bakar
- ganti busi, ganti air filter, ganti fuel filter
- buka valve cover: check kondisi sludge n varnish, check celah katup (stel jika out of spec)
- kl sludge kotor dikit n aman utk pakai flushing oil, akan ane lakukan.
- ganti oli mesin n filter oli (pake amsoil OE 5w30 atau beli dr om rendr amsoil XL 10w30)
- bersihkan throttle body
- bersihkan sensor2 (maf, iat, map kl ada). check jg knock sensor apakah msh masup spec, ganti bila perlu.
optional:
- ganti coolant + thermostat
- kuras tanki bbm spy bersih
- benerin boot steer spy lbh senyap
good to go for the next 120k km
sama aja. kl ada yg ga applicable tinggal di skip aja.bryanguppiez wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 0:51
Nubi nanya dong. Kl buat 1nz bakpao tuneup total nya kurang lebih sama atau ada tambahan om?
Kita safari beres a2000 yuk mbah, sambil sambit2in delco colongan ke montir2 yg nuang tmo 40 ke inofa.. neh stok delko masi banyak ad 2 bagasi
Kucing ngga takut karbol mbahDOHC wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 10:41Pd enak kolong mobil nya bersih2 ya
Kl saya, gantol aj ud sebel bener, bau pesing meong2 liar yg suka indehoy d kolong mobil saya ketara bener.. padahal ud disirem karbol tiap ari, tetep aj kl malem demen diem d kolong mesin
Saya ad 1KR-JZ twin turbo minus 3 silinder mbah, tanya deh ama mbah marmut seberapa cepernya tu mobil sportDat510 wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 2:16Kucing ngga takut karbol mbah
Carport saya juga suka ada kucing, bisa sampe 6 malah ngga tau pada ngapain itu dikolong mobil, cuma karena mobil sedan jadi pada ngga bisa kencing dstu
Mungkin mobil mbah klep kurang ceper.
noted hu, thank you utk ilmunyaSuryaputra wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 9:24 klo kondisi spt itu, coba OCI diperpendek jd 5rb Km aja.
air coolant, komposisi 70 / 30 untuk kondisi tropis.
karena 50/50 lbh pas untuk kondisi yg ada winter nya (anti freeze).
http://www.challengers101.com/CoolantMix.html
selalu cek tiap minggu air coolant nya jg.
ganti tiap 1 tahun sekali klo umurnya dah di atas 5 tahun.
ditunggu Omm utk review pemakaian PTT 5w30 API SPnya
iya hu, ane juga kl cari oli yang promo aja. masih sayang sama dompet
wahh much appreciated om utk penawarannya hehe, maybe next time di interval change berikutnya omm hehe
1NZ mah legend mbah, battle proven in indonesia sejak 2003bryanguppiez wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 12:02 Amsoil oe 5w30 jatuhnya mirip2 ptt 0w30 ya...
1nz kyknya 5w30. Mesin badak
WAHHHHHH
+Sticker TRD & side skirt, nambah 50% powah, reduce drag 50%
Ambil hikmahnya mbah, mungkin dengan bau meong tikus jadi takut.DOHC wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 2:19Saya ad 1KR-JZ twin turbo minus 3 silinder mbah, tanya deh ama mbah marmut seberapa cepernya tu mobil sport
Tp tetep aj ruang mesin kadang suka ad bau2 si meong2
Malah yg plg aman si inofa, ga tralu bau
Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 14:01- PTT Eco API SP 0w20masaudie wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 13:44 Mungkin udah ditanya berjuta-juta kali, tapi ngurutin threadnya dari part 1 bakal bikin mabok.. Jadi saya beranikan diri nanya deh.
Untuk Innova 1TR taun 2014 km 120 ribuan, bbm pertamax, paling seminggu dipake buat ke pasar dan weekend jalan-jalan jarak deket (total per minggu jalan 200-300 km), better pake oli apakah?
Sekarang lagi pake shell 10w40. Direkomendasikan kah pake TMO 5w30? Cold start nya emang berisik bgt skrg, mesin cukup ngelitik (ketauan gara-gara karet boot steer pecah jd nyaring bgt suara ngelitiknya) siapa tau pake yang enceran bisa lebih sopan cold start dan ngelitik bisa berkurang.
Thank you.
- Aisin GreenTech+ 0w20
ganti per 5rb Km / 6 bln (mana yg sampai lbh dulu)
Klo kadang2 suka nge-toll dan jalan jauh
- Amsoil OE 0w20
Suka ngebut
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
- Amsoil Signature 0w20
met coba 0w20 mas
Wah banyak yang bisa dilakuin yah.Omnibus wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 14:45kl ane sbg nubie, berikut tune-up total yg akan ane lakuin:masaudie wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 13:44 Mungkin udah ditanya berjuta-juta kali, tapi ngurutin threadnya dari part 1 bakal bikin mabok.. Jadi saya beranikan diri nanya deh.
Untuk Innova 1TR taun 2014 km 120 ribuan, bbm pertamax, paling seminggu dipake buat ke pasar dan weekend jalan-jalan jarak deket (total per minggu jalan 200-300 km), better pake oli apakah?
Sekarang lagi pake shell 10w40. Direkomendasikan kah pake TMO 5w30? Cold start nya emang berisik bgt skrg, mesin cukup ngelitik (ketauan gara-gara karet boot steer pecah jd nyaring bgt suara ngelitiknya) siapa tau pake yang enceran bisa lebih sopan cold start dan ngelitik bisa berkurang.
Thank you.
- carbon clean ruang bakar
- ganti busi, ganti air filter, ganti fuel filter
- buka valve cover: check kondisi sludge n varnish, check celah katup (stel jika out of spec)
- kl sludge kotor dikit n aman utk pakai flushing oil, akan ane lakukan.
- ganti oli mesin n filter oli (pake amsoil OE 5w30 atau beli dr om rendr amsoil XL 10w30)
- bersihkan throttle body
- bersihkan sensor2 (maf, iat, map kl ada). check jg knock sensor apakah msh masup spec, ganti bil
optional:
- ganti coolant + thermostat
- kuras tanki bbm spy bersih
- benerin boot steer spy lbh senyap
good to go for the next 120k km
kl ga berani buka valve cover, intip aja lewat lubang pengisian oli pake senter mudah2an keliatan. soalnya kl ada sludge jg hrs dibersihkan, biasanya utk yg sering telat ganti oli atau olinya krg bagus.masaudie wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 3:28
Wah banyak yang bisa dilakuin yah.
- Kmaren abis ngangkat mobil ini lgsg general check up ke BeRes, carbon clean
- Busi disuruh ganti tp ktnya masih normal jd nanti dulu hehe, next nanti pas ganti oli sekalain mau ganti busi, air filter dan fuel filter
- Berhubung nubie, blom berani buka valve cover hahaha
- Akan coba bersihin throttle body
- MAF udah dicopot trus disemprot pake MAF cleaner kalengan, blom tau apakah ada IAT dan MAP sensor. Cek knock sensor sptnya harus ke beres yah?
- Ganti coolant jg dalam rencana nanti pas ganti oli
- Kuras tangki seberapa pengaruhkah om?
- Boot steer udah dibenerin, jdnya jauh lebih senyapppp (tp berhubung tau kalo mesin ngelitik jd sering terbayang2 suara ngelitiknya hahaha)
Thank you input nya om.
gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,masaudie wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 3:13Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 14:01- PTT Eco API SP 0w20masaudie wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 13:44 Mungkin udah ditanya berjuta-juta kali, tapi ngurutin threadnya dari part 1 bakal bikin mabok.. Jadi saya beranikan diri nanya deh.
Untuk Innova 1TR taun 2014 km 120 ribuan, bbm pertamax, paling seminggu dipake buat ke pasar dan weekend jalan-jalan jarak deket (total per minggu jalan 200-300 km), better pake oli apakah?
Sekarang lagi pake shell 10w40. Direkomendasikan kah pake TMO 5w30? Cold start nya emang berisik bgt skrg, mesin cukup ngelitik (ketauan gara-gara karet boot steer pecah jd nyaring bgt suara ngelitiknya) siapa tau pake yang enceran bisa lebih sopan cold start dan ngelitik bisa berkurang.
Thank you.
- Aisin GreenTech+ 0w20
ganti per 5rb Km / 6 bln (mana yg sampai lbh dulu)
Klo kadang2 suka nge-toll dan jalan jauh
- Amsoil OE 0w20
Suka ngebut
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
- Amsoil Signature 0w20
met coba 0w20 mas
10w40 aman untuk Skutik Yamaha.Jambangan wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 4:22 Btw ane udah kapok pake oli 10W40
Bikin mesin ngelitik
Dah 3 mobil jadi korban gara2 dari baru pake 10W40
Ngelitiknya ga bisa hilang takut mesin jebol akhirnya jual aja wkwkwk..
Udah ganti Pertamax plus (waktu itu belum ada Pertamax turbo) masih ngelitk jg gile
Pernah baca di forum luar katanya oli 10W40 emang bikin mesin detonasi lupa penjelasannya gmn
Bikin mesin jadi panas kyknya. aneh soalnya ngelitiknya ga hilang walaupun pake bbm bagus
iya pih ane di skutik honda pake 10w30 sesuai rekomendasi bukmanSuryaputra wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 4:53
10w40 aman untuk Skutik Yamaha.
skutik honda mintanya buntut 30, apalagi mobilnya 0w20 joss
iya suka2 yg bikin mesin brohJambangan wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 5:50iya pih ane di skutik honda pake 10w30 sesuai rekomendasi bukmanSuryaputra wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 4:53
10w40 aman untuk Skutik Yamaha.
skutik honda mintanya buntut 30, apalagi mobilnya 0w20 joss
yamaha minta oli kental ya
ngomong2 soal aditif... yg cocok buat dimasukin ke tank bbm mitsu OS 2015 apaan ya om? wkwk... sama mazda 2 GT...Suryaputra wrote:gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,masaudie wrote: ↑Tue Jan 12, 2021 3:13Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 11, 2021 14:01 - PTT Eco API SP 0w20
- Aisin GreenTech+ 0w20
ganti per 5rb Km / 6 bln (mana yg sampai lbh dulu)
Klo kadang2 suka nge-toll dan jalan jauh
- Amsoil OE 0w20
Suka ngebut
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
- Amsoil Signature 0w20
met coba 0w20 mas
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas)
masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.
*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,
positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat
negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)
tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.
Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.
dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.