Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

suryosap wrote: Sat Jan 02, 2021 16:37
Xpander yang r15 atau r16? Coba T005a, pengalaman ban Innova diganti dengan T005a jadi lebih nyaman meredam getaran dan guncangan dijalanan tidak rata, hening, bahkan punya grip lebih baik jika dibandingkan dengan ban bawaan
Akhirnya saya ganti diluar list saya Om , ganti jadi Michelin Primacy 4 , walau diatas budget :mky_04: Tadinya mau Pilot Sport 4 , tapi kayaknya berlebihan buat seekor Xpander :mky_03: Dibanding Ecopia sih..jauh banget enakan Primacy 4 , lewat jalan konblok di komplek rumah bener bener lebih keredam. Tapi tetep bagi saya Xpander suspensinya keras sih.
IMG_0544.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

JukeJoken wrote: Sun Jan 10, 2021 4:28
suryosap wrote: Sat Jan 02, 2021 16:37
Xpander yang r15 atau r16? Coba T005a, pengalaman ban Innova diganti dengan T005a jadi lebih nyaman meredam getaran dan guncangan dijalanan tidak rata, hening, bahkan punya grip lebih baik jika dibandingkan dengan ban bawaan
Akhirnya saya ganti diluar list saya Om , ganti jadi Michelin Primacy 4 , walau diatas budget :mky_04: Tadinya mau Pilot Sport 4 , tapi kayaknya berlebihan buat seekor Xpander :mky_03: Dibanding Ecopia sih..jauh banget enakan Primacy 4 , lewat jalan konblok di komplek rumah bener bener lebih keredam. Tapi tetep bagi saya Xpander suspensinya keras sih.
IMG_0544.JPG
mantep nih .... kl msh keras mungkin terlalu berlebihan tekanan anginnya. cek lg aja.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by benzz89 »

Jarang yang report merek conti yah dimari, kebetulan Des 20 lalu ane ganti 4 ban di XV40 ane dari Bridgestone ER33 ke Continental Max Contact (MC) 6 ukuran 215/55/17.

Awalnya mau ganti Micheline antara pilot sport atau primacy. Ngobrol2 ama orang spooring di lautan ban serpong. Kalau pilot sport sih sudah mantaplah grip nya & karakter mobil jadi sporty, kembang juga awet serta rata habisnya (gak makan sebelah), cuman... bantingan pasti dikorbankan alias pasti lebih keras & tidak sesenyap primacy, waduh ane sih lebih prefer karakter nyaman deh di mobil ini.

Lalu disarankan kalau prefer nyaman & lebih senyap yah yang primacy, grip tidak semantap pilot sport, tapi sepengalaman dia (orang spooring) kembangnya terutama bagian pinggirnya lebih cepat habis, lalu ane dikasih liat ban2 bekas yang primacy tread (tengah) masih lumayan bagus tapi bagian pinggirnya sudah pada kemakan sehingga sulit di spooring... ini sih kata orang spooring yah.

Jadi bingung deh ane dari sudah siap ganti jadi pulang dulu bertapa cari wangsit, searching2 & baca2 forum juga dimari. Oh yah ane ngobrol2 ama orang spooring karena ane memang lagi spooring disana karena setir mobil ane suka lari2 ke kiri & kanan, dia bilang karena ban ane ER33 sudah gak rata habisnya (pinggiran kemakan) jadi pasti akan lari2 setrinya & spooringnya juga sulit dapat hasil maksimal.

Singkat kata ane tertarik ama Conti Max Contac 6 banding Mich Primacy 4 & kebetulan di permaisuri lagi ada promo ini ban. Awalnya sempat ragu2 juga takut lebih ke arah sport karakternya banding comfort & kurang senyap melihat tread kembangnya yang mirip2 ke Pilot Sport yaitu got nya lebar2.

Hasil searching, Conti MC6 ini launching taon lalu (kalau tidak salah) di Malaysia jadi asumsi ane ini ban pasti made in sana, tapi ternyata ane dapatnya yang produksi Thailand, orang permaisuri pikir juga produksi malaysia, dia juga bingung hahahah... ane dapet 3 ban taon produksi 2320 & 1 ban 2120, masih lumayan fresh lah yah. Speed Rating 94 W, Treadwear 340 (harusnya sih lumayan awet), Traction AA, Temperature A. Max Inflation Pressure 350 Kpa (51 Psi), Max Load 670 Kg (1477 Lb).

Setelah jalan +/-500 km dengan angin 35 psi rata 4 ban sih menurut butt O meter ane masih cukup empuk yah, grip di jalan kering jauh lebih improve banding ER33, waktu start awal lebih terasa narik & di rem sedikit juga lebih gigit. Jalan basah ane belum ketemu hujan deras sih, hanya jalan habis hujan di jalan basah masih enak gripnya.

Kesenyapan rasanya tidak bisa dibilang senyap sekali sih tapi jalan 100-120 kpj masih tolerable lah di kuping pangsit ane yang agak sensitive ini. Jalan ke bogor full loaded 3 dewasa + 2 anak kecil + bagasi full, lari max 120 kpj gak ada yang komplain berisik sih. Banding ama ER33 mirip2 lah, malah lebih hening Conti dikit (mungkin aja masih baru kali yah). Cuman ane nonton di YT pattern kembang baru di MC6 ini sih di claim bisa lebih ngebuang angin saat high speed sehingga bisa lebih senyap (tidak nge-jebak angin sehingga berisik)... ya mungkin bahasa marketing kali yah hehehe.

Jalan sampai 80 kpj sih masih senyap, diatas 80-120 kpj suara ban lebih masuk kabin, yah karakter mobil monokok suara ban lebih gampang masuk banding ladder frame. Oh yah kalau jalan banyak kerikil halus itu agak berisik di spakboard mungkin banyak kerikil2 halus yang nyangkut di got2 tread kembangnya yang lumayan lebar itu lalu mental2 keluar lagi terutama di speed lumayan tinggi.

Overall sih ane cukup puas ama ini ban, cukup balancelah antara performa grip, kenyamanan & kesenyapan, ntah ama durability apakah kembangnya akan rata habisnya atau akan makan sebelah, tapi kalau melihat harganya sih cukup value for money buat ane dari 1,6 jutaan/ban disc 29% di permaisuri, gratis tambah angin selamanya, gratis balancing selamanya, gratis rotasi ban selamanya (beli 4 ban sekaligus). Note: bukan sales ban manapun.

Terakhir penampakan ban setelah masuk di velg, ane merasa sidewallnya "lebih berotot", tidak sekurus ER33 tapi juga tidak donat... dengan emboss racing balap bling2nya keliatan agak "rame" hahahah. Oh yah dia ada velg protectornya (velg lebih menjorok masuk kedalam) yang mana ER33 tidak ada, pakai ER33 ada 1 velg ane serempetan ama trotoar, mungkin terlalu kurus & tidak ada protectornya.

Cuman 1 yang mengganjal sih buat ane di Conti Max Contact 6 ini yaitu pattern kembangnya yang menurut ane agak aneh, kerikil2 kecil/halus kayanya bakalan gampang nyangkut di pattern seperti itu & jujur kurang menarik sih setidaknya di mata ane yah. Kalau pattern got2nya sih mirip2 ama Mich Pilot Sport 4.

Waktu ane spooring di lautan ban, operator spooring ban nya bilang ini sih karakternya mirip ama Pilot Sport 4 melihat dari pattern got2nya itu & settingan spooringnya harus dirubah dari karakter ER33 yang cenderung comfort, ane pikir mah tinggal langsung setting aja dari komputernya mesin spooring, tapi dia bilang gak bisa, ada beberapa hal yang harus diadjust lagi karena menurut dia ini gripnya sudah beda. Sekian sharing dari ane & berikut beberapa penampakannya, semoga berkenan [emoji120].
20210110_160647.jpg
20201214_122758.jpg
20201214_124604.jpg
20201214_124643.jpg
20201214_124734.jpg
20201214_115858.jpg
20210110_162008.jpg
20210110_162038.jpg
20210110_162058.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 9:50 Jarang yang report merek conti yah dimari, kebetulan Des 20 lalu ane ganti 4 ban di XV40 ane dari Bridgestone ER33 ke Continental Max Contact (MC) 6 ukuran 215/55/17.

Awalnya mau ganti Micheline antara pilot sport atau primacy. Ngobrol2 ama orang spooring di lautan ban serpong. Kalau pilot sport sih sudah mantaplah grip nya & karakter mobil jadi sporty, kembang juga awet serta rata habisnya (gak makan sebelah), cuman... bantingan pasti dikorbankan alias pasti lebih keras & tidak sesenyap primacy, waduh ane sih lebih prefer karakter nyaman deh di mobil ini.

Lalu disarankan kalau prefer nyaman & lebih senyap yah yang primacy, grip tidak semantap pilot sport, tapi sepengalaman dia (orang spooring) kembangnya terutama bagian pinggirnya lebih cepat habis, lalu ane dikasih liat ban2 bekas yang primacy tread (tengah) masih lumayan bagus tapi bagian pinggirnya sudah pada kemakan sehingga sulit di spooring... ini sih kata orang spooring yah.

Jadi bingung deh ane dari sudah siap ganti jadi pulang dulu bertapa cari wangsit, searching2 & baca2 forum juga dimari. Oh yah ane ngobrol2 ama orang spooring karena ane memang lagi spooring disana karena setir mobil ane suka lari2 ke kiri & kanan, dia bilang karena ban ane ER33 sudah gak rata habisnya (pinggiran kemakan) jadi pasti akan lari2 setrinya & spooringnya juga sulit dapat hasil maksimal.

Singkat kata ane tertarik ama Conti Max Contac 6 banding Mich Primacy 4 & kebetulan di permaisuri lagi ada promo ini ban. Awalnya sempat ragu2 juga takut lebih ke arah sport karakternya banding comfort & kurang senyap melihat tread kembangnya yang mirip2 ke Pilot Sport yaitu got nya lebar2.

Hasil searching, Conti MC6 ini launching taon lalu (kalau tidak salah) di Malaysia jadi asumsi ane ini ban pasti made in sana, tapi ternyata ane dapatnya yang produksi Thailand, orang permaisuri pikir juga produksi malaysia, dia juga bingung hahahah... ane dapet 3 ban taon produksi 2320 & 1 ban 2120, masih lumayan fresh lah yah. Speed Rating 94 W, Treadwear 340 (harusnya sih lumayan awet), Traction AA, Temperature A. Max Inflation Pressure 350 Kpa (51 Psi), Max Load 670 Kg (1477 Lb).

Setelah jalan +/-500 km dengan angin 35 psi rata 4 ban sih menurut butt O meter ane masih cukup empuk yah, grip di jalan kering jauh lebih improve banding ER33, waktu start awal lebih terasa narik & di rem sedikit juga lebih gigit. Jalan basah ane belum ketemu hujan deras sih, hanya jalan habis hujan di jalan basah masih enak gripnya.

Kesenyapan rasanya tidak bisa dibilang senyap sekali sih tapi jalan 100-120 kpj masih tolerable lah di kuping pangsit ane yang agak sensitive ini. Jalan ke bogor full loaded 3 dewasa + 2 anak kecil + bagasi full, lari max 120 kpj gak ada yang komplain berisik sih. Banding ama ER33 mirip2 lah, malah lebih hening Conti dikit (mungkin aja masih baru kali yah). Cuman ane nonton di YT pattern kembang baru di MC6 ini sih di claim bisa lebih ngebuang angin saat high speed sehingga bisa lebih senyap (tidak nge-jebak angin sehingga berisik)... ya mungkin bahasa marketing kali yah hehehe.

Jalan sampai 80 kpj sih masih senyap, diatas 80-120 kpj suara ban lebih masuk kabin, yah karakter mobil monokok suara ban lebih gampang masuk banding ladder frame. Oh yah kalau jalan banyak kerikil halus itu agak berisik di spakboard mungkin banyak kerikil2 halus yang nyangkut di got2 tread kembangnya yang lumayan lebar itu lalu mental2 keluar lagi terutama di speed lumayan tinggi.

Overall sih ane cukup puas ama ini ban, cukup balancelah antara performa grip, kenyamanan & kesenyapan, ntah ama durability apakah kembangnya akan rata habisnya atau akan makan sebelah, tapi kalau melihat harganya sih cukup value for money buat ane dari 1,6 jutaan/ban disc 29% di permaisuri, gratis tambah angin selamanya, gratis balancing selamanya, gratis rotasi ban selamanya (beli 4 ban sekaligus). Note: bukan sales ban manapun.

Terakhir penampakan ban setelah masuk di velg, ane merasa sidewallnya "lebih berotot", tidak sekurus ER33 tapi juga tidak donat... dengan emboss racing balap bling2nya keliatan agak "rame" hahahah. Oh yah dia ada velg protectornya (velg lebih menjorok masuk kedalam) yang mana ER33 tidak ada, pakai ER33 ada 1 velg ane serempetan ama trotoar, mungkin terlalu kurus & tidak ada protectornya.

Cuman 1 yang mengganjal sih buat ane di Conti Max Contact 6 ini yaitu pattern kembangnya yang menurut ane agak aneh, kerikil2 kecil/halus kayanya bakalan gampang nyangkut di pattern seperti itu & jujur kurang menarik sih setidaknya di mata ane yah. Kalau pattern got2nya sih mirip2 ama Mich Pilot Sport 4.

Waktu ane spooring di lautan ban, operator spooring ban nya bilang ini sih karakternya mirip ama Pilot Sport 4 melihat dari pattern got2nya itu & settingan spooringnya harus dirubah dari karakter ER33 yang cenderung comfort, ane pikir mah tinggal langsung setting aja dari komputernya mesin spooring, tapi dia bilang gak bisa, ada beberapa hal yang harus diadjust lagi karena menurut dia ini gripnya sudah beda. Sekian sharing dari ane & berikut beberapa penampakannya, semoga berkenan [emoji120].20210110_160647.jpg20201214_122758.jpg20201214_124604.jpg20201214_124643.jpg20201214_124734.jpg20201214_115858.jpg20210110_162008.jpg20210110_162038.jpg20210110_162058.jpg
Wah kayaknya oke juga ini MC6 , dulu ane pernah coba CC6 di Freed , itu permukaan jalan kayak ditelen sama bannya , empuk banget.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

Ada yg pernah pake Hankook Dynapro HT ga ya?
ramaaf
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Jun 17, 2017 15:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Jazz

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ramaaf »

Izin bertanya om om semua, jazz ge8 apakah bisa dipasang ban 195/60r16 ya? Velg masih asli honda, skrg pake ban 195/55r16. Terima kasih sebelumnya
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

ramaaf wrote: Sun Jan 10, 2021 14:42 Izin bertanya om om semua, jazz ge8 apakah bisa dipasang ban 195/60r16 ya? Velg masih asli honda, skrg pake ban 195/55r16. Terima kasih sebelumnya
Kayaknya sih masih bisa Om.. Sienta saya dari 195 50 r16 aja ane naikin jadi 195 60 r 16. Kalau mobil om harusnya naik 5% doang sih gak masalah.
akusuma
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Oct 15, 2017 1:32

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by akusuma »

sintoni wrote: Sun Jan 10, 2021 11:40 Ada yg pernah pake Hankook Dynapro HT ga ya?
Pernah pakai dan recommended kalau faktor awet jadi pertimbangan.
Terakhir pakai sampai 80k masih di atas wear indicator tapi sudah bosan jadinya diganti haha.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

akusuma wrote: Mon Jan 11, 2021 8:08
sintoni wrote: Sun Jan 10, 2021 11:40 Ada yg pernah pake Hankook Dynapro HT ga ya?
Pernah pakai dan recommended kalau faktor awet jadi pertimbangan.
Terakhir pakai sampai 80k masih di atas wear indicator tapi sudah bosan jadinya diganti haha.
Haha. Dibanding dueler gimana om?

Kalau awet ga terlalu perlu sih, setahun paling jalan 7-8rb.

Ini Dueler bawaan 6.5 tahun sih, jalan 47rb dah retak2 terus dah mepet TWI.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 849
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by well »

benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 9:50 Jarang yang report merek conti yah dimari, kebetulan Des 20 lalu ane ganti 4 ban di XV40 ane dari Bridgestone ER33 ke Continental Max Contact (MC) 6 ukuran 215/55/17.

Awalnya mau ganti Micheline antara pilot sport atau primacy. Ngobrol2 ama orang spooring di lautan ban serpong. Kalau pilot sport sih sudah mantaplah grip nya & karakter mobil jadi sporty, kembang juga awet serta rata habisnya (gak makan sebelah), cuman... bantingan pasti dikorbankan alias pasti lebih keras & tidak sesenyap primacy, waduh ane sih lebih prefer karakter nyaman deh di mobil ini.

Lalu disarankan kalau prefer nyaman & lebih senyap yah yang primacy, grip tidak semantap pilot sport, tapi sepengalaman dia (orang spooring) kembangnya terutama bagian pinggirnya lebih cepat habis, lalu ane dikasih liat ban2 bekas yang primacy tread (tengah) masih lumayan bagus tapi bagian pinggirnya sudah pada kemakan sehingga sulit di spooring... ini sih kata orang spooring yah.

Jadi bingung deh ane dari sudah siap ganti jadi pulang dulu bertapa cari wangsit, searching2 & baca2 forum juga dimari. Oh yah ane ngobrol2 ama orang spooring karena ane memang lagi spooring disana karena setir mobil ane suka lari2 ke kiri & kanan, dia bilang karena ban ane ER33 sudah gak rata habisnya (pinggiran kemakan) jadi pasti akan lari2 setrinya & spooringnya juga sulit dapat hasil maksimal.

Singkat kata ane tertarik ama Conti Max Contac 6 banding Mich Primacy 4 & kebetulan di permaisuri lagi ada promo ini ban. Awalnya sempat ragu2 juga takut lebih ke arah sport karakternya banding comfort & kurang senyap melihat tread kembangnya yang mirip2 ke Pilot Sport yaitu got nya lebar2.

Hasil searching, Conti MC6 ini launching taon lalu (kalau tidak salah) di Malaysia jadi asumsi ane ini ban pasti made in sana, tapi ternyata ane dapatnya yang produksi Thailand, orang permaisuri pikir juga produksi malaysia, dia juga bingung hahahah... ane dapet 3 ban taon produksi 2320 & 1 ban 2120, masih lumayan fresh lah yah. Speed Rating 94 W, Treadwear 340 (harusnya sih lumayan awet), Traction AA, Temperature A. Max Inflation Pressure 350 Kpa (51 Psi), Max Load 670 Kg (1477 Lb).

Setelah jalan +/-500 km dengan angin 35 psi rata 4 ban sih menurut butt O meter ane masih cukup empuk yah, grip di jalan kering jauh lebih improve banding ER33, waktu start awal lebih terasa narik & di rem sedikit juga lebih gigit. Jalan basah ane belum ketemu hujan deras sih, hanya jalan habis hujan di jalan basah masih enak gripnya.

Kesenyapan rasanya tidak bisa dibilang senyap sekali sih tapi jalan 100-120 kpj masih tolerable lah di kuping pangsit ane yang agak sensitive ini. Jalan ke bogor full loaded 3 dewasa + 2 anak kecil + bagasi full, lari max 120 kpj gak ada yang komplain berisik sih. Banding ama ER33 mirip2 lah, malah lebih hening Conti dikit (mungkin aja masih baru kali yah). Cuman ane nonton di YT pattern kembang baru di MC6 ini sih di claim bisa lebih ngebuang angin saat high speed sehingga bisa lebih senyap (tidak nge-jebak angin sehingga berisik)... ya mungkin bahasa marketing kali yah hehehe.

Jalan sampai 80 kpj sih masih senyap, diatas 80-120 kpj suara ban lebih masuk kabin, yah karakter mobil monokok suara ban lebih gampang masuk banding ladder frame. Oh yah kalau jalan banyak kerikil halus itu agak berisik di spakboard mungkin banyak kerikil2 halus yang nyangkut di got2 tread kembangnya yang lumayan lebar itu lalu mental2 keluar lagi terutama di speed lumayan tinggi.

Overall sih ane cukup puas ama ini ban, cukup balancelah antara performa grip, kenyamanan & kesenyapan, ntah ama durability apakah kembangnya akan rata habisnya atau akan makan sebelah, tapi kalau melihat harganya sih cukup value for money buat ane dari 1,6 jutaan/ban disc 29% di permaisuri, gratis tambah angin selamanya, gratis balancing selamanya, gratis rotasi ban selamanya (beli 4 ban sekaligus). Note: bukan sales ban manapun.

Terakhir penampakan ban setelah masuk di velg, ane merasa sidewallnya "lebih berotot", tidak sekurus ER33 tapi juga tidak donat... dengan emboss racing balap bling2nya keliatan agak "rame" hahahah. Oh yah dia ada velg protectornya (velg lebih menjorok masuk kedalam) yang mana ER33 tidak ada, pakai ER33 ada 1 velg ane serempetan ama trotoar, mungkin terlalu kurus & tidak ada protectornya.

Cuman 1 yang mengganjal sih buat ane di Conti Max Contact 6 ini yaitu pattern kembangnya yang menurut ane agak aneh, kerikil2 kecil/halus kayanya bakalan gampang nyangkut di pattern seperti itu & jujur kurang menarik sih setidaknya di mata ane yah. Kalau pattern got2nya sih mirip2 ama Mich Pilot Sport 4.

Waktu ane spooring di lautan ban, operator spooring ban nya bilang ini sih karakternya mirip ama Pilot Sport 4 melihat dari pattern got2nya itu & settingan spooringnya harus dirubah dari karakter ER33 yang cenderung comfort, ane pikir mah tinggal langsung setting aja dari komputernya mesin spooring, tapi dia bilang gak bisa, ada beberapa hal yang harus diadjust lagi karena menurut dia ini gripnya sudah beda. Sekian sharing dari ane & berikut beberapa penampakannya, semoga berkenan [emoji120].20210110_160647.jpg20201214_122758.jpg20201214_124604.jpg20201214_124643.jpg20201214_124734.jpg20201214_115858.jpg20210110_162008.jpg20210110_162038.jpg20210110_162058.jpg
ER 33 apa kurang angin sehingga pinggirnya lbh makan dibanding tengah?
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 849
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by well »

mohon info, apa ada yg pernah punya pengalaman pakai michelin XM2? dibanding LM705 atau turanza T005 bgmn?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by tesna »

benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 9:50 Jarang yang report merek conti yah dimari, kebetulan Des 20 lalu ane ganti 4 ban di XV40 ane dari Bridgestone ER33 ke Continental Max Contact (MC) 6 ukuran 215/55/17.

Awalnya mau ganti Micheline antara pilot sport atau primacy. Ngobrol2 ama orang spooring di lautan ban serpong. Kalau pilot sport sih sudah mantaplah grip nya & karakter mobil jadi sporty, kembang juga awet serta rata habisnya (gak makan sebelah), cuman... bantingan pasti dikorbankan alias pasti lebih keras & tidak sesenyap primacy, waduh ane sih lebih prefer karakter nyaman deh di mobil ini.

Lalu disarankan kalau prefer nyaman & lebih senyap yah yang primacy, grip tidak semantap pilot sport, tapi sepengalaman dia (orang spooring) kembangnya terutama bagian pinggirnya lebih cepat habis, lalu ane dikasih liat ban2 bekas yang primacy tread (tengah) masih lumayan bagus tapi bagian pinggirnya sudah pada kemakan sehingga sulit di spooring... ini sih kata orang spooring yah.

Jadi bingung deh ane dari sudah siap ganti jadi pulang dulu bertapa cari wangsit, searching2 & baca2 forum juga dimari. Oh yah ane ngobrol2 ama orang spooring karena ane memang lagi spooring disana karena setir mobil ane suka lari2 ke kiri & kanan, dia bilang karena ban ane ER33 sudah gak rata habisnya (pinggiran kemakan) jadi pasti akan lari2 setrinya & spooringnya juga sulit dapat hasil maksimal.

Singkat kata ane tertarik ama Conti Max Contac 6 banding Mich Primacy 4 & kebetulan di permaisuri lagi ada promo ini ban. Awalnya sempat ragu2 juga takut lebih ke arah sport karakternya banding comfort & kurang senyap melihat tread kembangnya yang mirip2 ke Pilot Sport yaitu got nya lebar2.

Hasil searching, Conti MC6 ini launching taon lalu (kalau tidak salah) di Malaysia jadi asumsi ane ini ban pasti made in sana, tapi ternyata ane dapatnya yang produksi Thailand, orang permaisuri pikir juga produksi malaysia, dia juga bingung hahahah... ane dapet 3 ban taon produksi 2320 & 1 ban 2120, masih lumayan fresh lah yah. Speed Rating 94 W, Treadwear 340 (harusnya sih lumayan awet), Traction AA, Temperature A. Max Inflation Pressure 350 Kpa (51 Psi), Max Load 670 Kg (1477 Lb).

Setelah jalan +/-500 km dengan angin 35 psi rata 4 ban sih menurut butt O meter ane masih cukup empuk yah, grip di jalan kering jauh lebih improve banding ER33, waktu start awal lebih terasa narik & di rem sedikit juga lebih gigit. Jalan basah ane belum ketemu hujan deras sih, hanya jalan habis hujan di jalan basah masih enak gripnya.

Kesenyapan rasanya tidak bisa dibilang senyap sekali sih tapi jalan 100-120 kpj masih tolerable lah di kuping pangsit ane yang agak sensitive ini. Jalan ke bogor full loaded 3 dewasa + 2 anak kecil + bagasi full, lari max 120 kpj gak ada yang komplain berisik sih. Banding ama ER33 mirip2 lah, malah lebih hening Conti dikit (mungkin aja masih baru kali yah). Cuman ane nonton di YT pattern kembang baru di MC6 ini sih di claim bisa lebih ngebuang angin saat high speed sehingga bisa lebih senyap (tidak nge-jebak angin sehingga berisik)... ya mungkin bahasa marketing kali yah hehehe.

Jalan sampai 80 kpj sih masih senyap, diatas 80-120 kpj suara ban lebih masuk kabin, yah karakter mobil monokok suara ban lebih gampang masuk banding ladder frame. Oh yah kalau jalan banyak kerikil halus itu agak berisik di spakboard mungkin banyak kerikil2 halus yang nyangkut di got2 tread kembangnya yang lumayan lebar itu lalu mental2 keluar lagi terutama di speed lumayan tinggi.

Overall sih ane cukup puas ama ini ban, cukup balancelah antara performa grip, kenyamanan & kesenyapan, ntah ama durability apakah kembangnya akan rata habisnya atau akan makan sebelah, tapi kalau melihat harganya sih cukup value for money buat ane dari 1,6 jutaan/ban disc 29% di permaisuri, gratis tambah angin selamanya, gratis balancing selamanya, gratis rotasi ban selamanya (beli 4 ban sekaligus). Note: bukan sales ban manapun.

Terakhir penampakan ban setelah masuk di velg, ane merasa sidewallnya "lebih berotot", tidak sekurus ER33 tapi juga tidak donat... dengan emboss racing balap bling2nya keliatan agak "rame" hahahah. Oh yah dia ada velg protectornya (velg lebih menjorok masuk kedalam) yang mana ER33 tidak ada, pakai ER33 ada 1 velg ane serempetan ama trotoar, mungkin terlalu kurus & tidak ada protectornya.

Cuman 1 yang mengganjal sih buat ane di Conti Max Contact 6 ini yaitu pattern kembangnya yang menurut ane agak aneh, kerikil2 kecil/halus kayanya bakalan gampang nyangkut di pattern seperti itu & jujur kurang menarik sih setidaknya di mata ane yah. Kalau pattern got2nya sih mirip2 ama Mich Pilot Sport 4.

Waktu ane spooring di lautan ban, operator spooring ban nya bilang ini sih karakternya mirip ama Pilot Sport 4 melihat dari pattern got2nya itu & settingan spooringnya harus dirubah dari karakter ER33 yang cenderung comfort, ane pikir mah tinggal langsung setting aja dari komputernya mesin spooring, tapi dia bilang gak bisa, ada beberapa hal yang harus diadjust lagi karena menurut dia ini gripnya sudah beda. Sekian sharing dari ane & berikut beberapa penampakannya, semoga berkenan [emoji120].20210110_160647.jpg20201214_122758.jpg20201214_124604.jpg20201214_124643.jpg20201214_124734.jpg20201214_115858.jpg20210110_162008.jpg20210110_162038.jpg20210110_162058.jpg
kalau ngga rata habis nya (bergelombang) biasanya shock breakernay harus ikut diganti juga tuh. nanti ban baru nya takutnya bernasib sama
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by benzz89 »

well wrote:
benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 9:50 Jarang yang report merek conti yah dimari, kebetulan Des 20 lalu ane ganti 4 ban di XV40 ane dari Bridgestone ER33 ke Continental Max Contact (MC) 6 ukuran 215/55/17.

Awalnya mau ganti Micheline antara pilot sport atau primacy. Ngobrol2 ama orang spooring di lautan ban serpong. Kalau pilot sport sih sudah mantaplah grip nya & karakter mobil jadi sporty, kembang juga awet serta rata habisnya (gak makan sebelah), cuman... bantingan pasti dikorbankan alias pasti lebih keras & tidak sesenyap primacy, waduh ane sih lebih prefer karakter nyaman deh di mobil ini.

Lalu disarankan kalau prefer nyaman & lebih senyap yah yang primacy, grip tidak semantap pilot sport, tapi sepengalaman dia (orang spooring) kembangnya terutama bagian pinggirnya lebih cepat habis, lalu ane dikasih liat ban2 bekas yang primacy tread (tengah) masih lumayan bagus tapi bagian pinggirnya sudah pada kemakan sehingga sulit di spooring... ini sih kata orang spooring yah.

Jadi bingung deh ane dari sudah siap ganti jadi pulang dulu bertapa cari wangsit, searching2 & baca2 forum juga dimari. Oh yah ane ngobrol2 ama orang spooring karena ane memang lagi spooring disana karena setir mobil ane suka lari2 ke kiri & kanan, dia bilang karena ban ane ER33 sudah gak rata habisnya (pinggiran kemakan) jadi pasti akan lari2 setrinya & spooringnya juga sulit dapat hasil maksimal.

Singkat kata ane tertarik ama Conti Max Contac 6 banding Mich Primacy 4 & kebetulan di permaisuri lagi ada promo ini ban. Awalnya sempat ragu2 juga takut lebih ke arah sport karakternya banding comfort & kurang senyap melihat tread kembangnya yang mirip2 ke Pilot Sport yaitu got nya lebar2.

Hasil searching, Conti MC6 ini launching taon lalu (kalau tidak salah) di Malaysia jadi asumsi ane ini ban pasti made in sana, tapi ternyata ane dapatnya yang produksi Thailand, orang permaisuri pikir juga produksi malaysia, dia juga bingung hahahah... ane dapet 3 ban taon produksi 2320 & 1 ban 2120, masih lumayan fresh lah yah. Speed Rating 94 W, Treadwear 340 (harusnya sih lumayan awet), Traction AA, Temperature A. Max Inflation Pressure 350 Kpa (51 Psi), Max Load 670 Kg (1477 Lb).

Setelah jalan +/-500 km dengan angin 35 psi rata 4 ban sih menurut butt O meter ane masih cukup empuk yah, grip di jalan kering jauh lebih improve banding ER33, waktu start awal lebih terasa narik & di rem sedikit juga lebih gigit. Jalan basah ane belum ketemu hujan deras sih, hanya jalan habis hujan di jalan basah masih enak gripnya.

Kesenyapan rasanya tidak bisa dibilang senyap sekali sih tapi jalan 100-120 kpj masih tolerable lah di kuping pangsit ane yang agak sensitive ini. Jalan ke bogor full loaded 3 dewasa + 2 anak kecil + bagasi full, lari max 120 kpj gak ada yang komplain berisik sih. Banding ama ER33 mirip2 lah, malah lebih hening Conti dikit (mungkin aja masih baru kali yah). Cuman ane nonton di YT pattern kembang baru di MC6 ini sih di claim bisa lebih ngebuang angin saat high speed sehingga bisa lebih senyap (tidak nge-jebak angin sehingga berisik)... ya mungkin bahasa marketing kali yah hehehe.

Jalan sampai 80 kpj sih masih senyap, diatas 80-120 kpj suara ban lebih masuk kabin, yah karakter mobil monokok suara ban lebih gampang masuk banding ladder frame. Oh yah kalau jalan banyak kerikil halus itu agak berisik di spakboard mungkin banyak kerikil2 halus yang nyangkut di got2 tread kembangnya yang lumayan lebar itu lalu mental2 keluar lagi terutama di speed lumayan tinggi.

Overall sih ane cukup puas ama ini ban, cukup balancelah antara performa grip, kenyamanan & kesenyapan, ntah ama durability apakah kembangnya akan rata habisnya atau akan makan sebelah, tapi kalau melihat harganya sih cukup value for money buat ane dari 1,6 jutaan/ban disc 29% di permaisuri, gratis tambah angin selamanya, gratis balancing selamanya, gratis rotasi ban selamanya (beli 4 ban sekaligus). Note: bukan sales ban manapun.

Terakhir penampakan ban setelah masuk di velg, ane merasa sidewallnya "lebih berotot", tidak sekurus ER33 tapi juga tidak donat... dengan emboss racing balap bling2nya keliatan agak "rame" hahahah. Oh yah dia ada velg protectornya (velg lebih menjorok masuk kedalam) yang mana ER33 tidak ada, pakai ER33 ada 1 velg ane serempetan ama trotoar, mungkin terlalu kurus & tidak ada protectornya.

Cuman 1 yang mengganjal sih buat ane di Conti Max Contact 6 ini yaitu pattern kembangnya yang menurut ane agak aneh, kerikil2 kecil/halus kayanya bakalan gampang nyangkut di pattern seperti itu & jujur kurang menarik sih setidaknya di mata ane yah. Kalau pattern got2nya sih mirip2 ama Mich Pilot Sport 4.

Waktu ane spooring di lautan ban, operator spooring ban nya bilang ini sih karakternya mirip ama Pilot Sport 4 melihat dari pattern got2nya itu & settingan spooringnya harus dirubah dari karakter ER33 yang cenderung comfort, ane pikir mah tinggal langsung setting aja dari komputernya mesin spooring, tapi dia bilang gak bisa, ada beberapa hal yang harus diadjust lagi karena menurut dia ini gripnya sudah beda. Sekian sharing dari ane & berikut beberapa penampakannya, semoga berkenan [emoji120].20210110_160647.jpg20201214_122758.jpg20201214_124604.jpg20201214_124643.jpg20201214_124734.jpg20201214_115858.jpg20210110_162008.jpg20210110_162038.jpg20210110_162058.jpg
ER 33 apa kurang angin sehingga pinggirnya lbh makan dibanding tengah?
Gak sih om, angin sering cek & selalu 35 rata, itu juga makan sampingnya gak parah kok (ane sertakan juga kan foto ban yang lamanya).

Typically mobil2 FWD pengalaman ane ban depan lebih kerja keras & lebih kemakan banding ban belakang. Yang pinggiran gak rata 2 ban aja & kondisinya gak terlalu parah, masih batas wajar makan sampingnya.

ER33 ini typical keras sih bantingannya menurut butt O meter ane yah, makanya mau coba yang lebih nyaman.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by benzz89 »

tesna wrote:
benzz89 wrote: Sun Jan 10, 2021 9:50 Jarang yang report merek conti yah dimari, kebetulan Des 20 lalu ane ganti 4 ban di XV40 ane dari Bridgestone ER33 ke Continental Max Contact (MC) 6 ukuran 215/55/17.

Awalnya mau ganti Micheline antara pilot sport atau primacy. Ngobrol2 ama orang spooring di lautan ban serpong. Kalau pilot sport sih sudah mantaplah grip nya & karakter mobil jadi sporty, kembang juga awet serta rata habisnya (gak makan sebelah), cuman... bantingan pasti dikorbankan alias pasti lebih keras & tidak sesenyap primacy, waduh ane sih lebih prefer karakter nyaman deh di mobil ini.

Lalu disarankan kalau prefer nyaman & lebih senyap yah yang primacy, grip tidak semantap pilot sport, tapi sepengalaman dia (orang spooring) kembangnya terutama bagian pinggirnya lebih cepat habis, lalu ane dikasih liat ban2 bekas yang primacy tread (tengah) masih lumayan bagus tapi bagian pinggirnya sudah pada kemakan sehingga sulit di spooring... ini sih kata orang spooring yah.

Jadi bingung deh ane dari sudah siap ganti jadi pulang dulu bertapa cari wangsit, searching2 & baca2 forum juga dimari. Oh yah ane ngobrol2 ama orang spooring karena ane memang lagi spooring disana karena setir mobil ane suka lari2 ke kiri & kanan, dia bilang karena ban ane ER33 sudah gak rata habisnya (pinggiran kemakan) jadi pasti akan lari2 setrinya & spooringnya juga sulit dapat hasil maksimal.

Singkat kata ane tertarik ama Conti Max Contac 6 banding Mich Primacy 4 & kebetulan di permaisuri lagi ada promo ini ban. Awalnya sempat ragu2 juga takut lebih ke arah sport karakternya banding comfort & kurang senyap melihat tread kembangnya yang mirip2 ke Pilot Sport yaitu got nya lebar2.

Hasil searching, Conti MC6 ini launching taon lalu (kalau tidak salah) di Malaysia jadi asumsi ane ini ban pasti made in sana, tapi ternyata ane dapatnya yang produksi Thailand, orang permaisuri pikir juga produksi malaysia, dia juga bingung hahahah... ane dapet 3 ban taon produksi 2320 & 1 ban 2120, masih lumayan fresh lah yah. Speed Rating 94 W, Treadwear 340 (harusnya sih lumayan awet), Traction AA, Temperature A. Max Inflation Pressure 350 Kpa (51 Psi), Max Load 670 Kg (1477 Lb).

Setelah jalan +/-500 km dengan angin 35 psi rata 4 ban sih menurut butt O meter ane masih cukup empuk yah, grip di jalan kering jauh lebih improve banding ER33, waktu start awal lebih terasa narik & di rem sedikit juga lebih gigit. Jalan basah ane belum ketemu hujan deras sih, hanya jalan habis hujan di jalan basah masih enak gripnya.

Kesenyapan rasanya tidak bisa dibilang senyap sekali sih tapi jalan 100-120 kpj masih tolerable lah di kuping pangsit ane yang agak sensitive ini. Jalan ke bogor full loaded 3 dewasa + 2 anak kecil + bagasi full, lari max 120 kpj gak ada yang komplain berisik sih. Banding ama ER33 mirip2 lah, malah lebih hening Conti dikit (mungkin aja masih baru kali yah). Cuman ane nonton di YT pattern kembang baru di MC6 ini sih di claim bisa lebih ngebuang angin saat high speed sehingga bisa lebih senyap (tidak nge-jebak angin sehingga berisik)... ya mungkin bahasa marketing kali yah hehehe.

Jalan sampai 80 kpj sih masih senyap, diatas 80-120 kpj suara ban lebih masuk kabin, yah karakter mobil monokok suara ban lebih gampang masuk banding ladder frame. Oh yah kalau jalan banyak kerikil halus itu agak berisik di spakboard mungkin banyak kerikil2 halus yang nyangkut di got2 tread kembangnya yang lumayan lebar itu lalu mental2 keluar lagi terutama di speed lumayan tinggi.

Overall sih ane cukup puas ama ini ban, cukup balancelah antara performa grip, kenyamanan & kesenyapan, ntah ama durability apakah kembangnya akan rata habisnya atau akan makan sebelah, tapi kalau melihat harganya sih cukup value for money buat ane dari 1,6 jutaan/ban disc 29% di permaisuri, gratis tambah angin selamanya, gratis balancing selamanya, gratis rotasi ban selamanya (beli 4 ban sekaligus). Note: bukan sales ban manapun.

Terakhir penampakan ban setelah masuk di velg, ane merasa sidewallnya "lebih berotot", tidak sekurus ER33 tapi juga tidak donat... dengan emboss racing balap bling2nya keliatan agak "rame" hahahah. Oh yah dia ada velg protectornya (velg lebih menjorok masuk kedalam) yang mana ER33 tidak ada, pakai ER33 ada 1 velg ane serempetan ama trotoar, mungkin terlalu kurus & tidak ada protectornya.

Cuman 1 yang mengganjal sih buat ane di Conti Max Contact 6 ini yaitu pattern kembangnya yang menurut ane agak aneh, kerikil2 kecil/halus kayanya bakalan gampang nyangkut di pattern seperti itu & jujur kurang menarik sih setidaknya di mata ane yah. Kalau pattern got2nya sih mirip2 ama Mich Pilot Sport 4.

Waktu ane spooring di lautan ban, operator spooring ban nya bilang ini sih karakternya mirip ama Pilot Sport 4 melihat dari pattern got2nya itu & settingan spooringnya harus dirubah dari karakter ER33 yang cenderung comfort, ane pikir mah tinggal langsung setting aja dari komputernya mesin spooring, tapi dia bilang gak bisa, ada beberapa hal yang harus diadjust lagi karena menurut dia ini gripnya sudah beda. Sekian sharing dari ane & berikut beberapa penampakannya, semoga berkenan [emoji120].20210110_160647.jpg20201214_122758.jpg20201214_124604.jpg20201214_124643.jpg20201214_124734.jpg20201214_115858.jpg20210110_162008.jpg20210110_162038.jpg20210110_162058.jpg
kalau ngga rata habis nya (bergelombang) biasanya shock breakernay harus ikut diganti juga tuh. nanti ban baru nya takutnya bernasib sama
Habisnya tidak bergelombang Om, tapi rata aja menipis pinggirannya, mungkin pas nikung agak high speed aja itu kemakan di ban depan, maklum bawa sedan itu biasa kalau tikungan agak lupa diri buat kurangin kecepatan karena stabil sih, sekarang ane rem tipis2 aja kalau nikung... sayang ban baru hahahah.

Shock depan terakhir cek masih aman sih gak ada rembes atau bocor, shock belakang baru aja ganti baru barengan ama ban baru.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Mon Jan 11, 2021 11:45 ------------

Shock depan terakhir cek masih aman sih gak ada rembes atau bocor, shock belakang baru aja ganti baru barengan ama ban baru.
hmm .... banyak juga gantinya. kl ga dipancing ga kesebut nih shock.

mbah klep, ga dicatet? :e-boohoo:





btw ganti pake shock apa om?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Mon Jan 11, 2021 11:45 ------------

Shock depan terakhir cek masih aman sih gak ada rembes atau bocor, shock belakang baru aja ganti baru barengan ama ban baru.
hmm .... banyak juga gantinya. kl ga dipancing ga kesebut nih shock.

mbah klep, ga dicatet? :e-boohoo:





btw ganti pake shock apa om?
Ampunnn mbah suhu plof... terpaksa nyebut shock, awalnya gak mau sebut tapi ada saksi kunci mbah suhu Marmut yang vonis shock belakang ane ada rembes sikit saat lagi bebersih rem pas baru aja ganti ban, memang mata suhu ini tajam kali, gak bisa liat oli yang rembes sikit2 [emoji1]

Hasil tanya sana sini & juga ke Ko. David DUM/Dunia Usaha Motor BSD (specialis bengkel atoyot) disarankan pakai merek Tokico made in Thai karena memang itu bawaannya, kelembutan suspensi dijamin sama persis dengan bawaan pabriknya & ternyata tepat sekali, bantingan depan - belakang tidak ada beda, sudah takut aja karakternya akan beda.

Sebelumnya sudah tanya ke beres juga sih itu harganya bisa beli 3 pasang tokico + masih ada kembaliannya lagi, padahal rasanya sama aja menurut butt O meter ane, ntah durability masih harus ane buktikan lagi sih ini shock.

Om klep gak doyan ama trit ini mbah... biar aja dia lagi sibuk ama trit tools & lendir hihihihi...
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

well wrote: Mon Jan 11, 2021 10:24 mohon info, apa ada yg pernah punya pengalaman pakai michelin XM2? dibanding LM705 atau turanza T005 bgmn?
XM2 sih awet banget om , jalan 20.000 km tapaknya masih gabeda jauh sama pas masih baru. Cuma dibanding Turanza T005a sih rasanya T005a kelasnya diatas XM2 , karena Turanza T005a kan setaranya sama Michelin Primacy 4 kalau gasalah. LM705 ane udah pake 2 bulan di Sienta , bener empuk , senyap sih biasa aja , tapi keliatannya sih gampang abisnya soalnya alur tipis di tapaknya udah mulai ada yang samar samar.
akusuma
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Oct 15, 2017 1:32

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by akusuma »

sintoni wrote: Mon Jan 11, 2021 9:51
akusuma wrote: Mon Jan 11, 2021 8:08
sintoni wrote: Sun Jan 10, 2021 11:40 Ada yg pernah pake Hankook Dynapro HT ga ya?
Pernah pakai dan recommended kalau faktor awet jadi pertimbangan.
Terakhir pakai sampai 80k masih di atas wear indicator tapi sudah bosan jadinya diganti haha.
Haha. Dibanding dueler gimana om?

Kalau awet ga terlalu perlu sih, setahun paling jalan 7-8rb.

Ini Dueler bawaan 6.5 tahun sih, jalan 47rb dah retak2 terus dah mepet TWI.
belum pernah coba sih om kalau dueler. pendapat saya sih kalau hankook ini cocok kalau mobilnya sering dipakai yah.
Kalau mobil jarang pakai kaya kasus om mungkin nilai plus di hankook ini jadi kurang bernilai.
Saya pakai di dua mobil, dua2nya lebih dari 80k dan di atas TWI. Yg satu diganti karena bosen, satunya mobilnya dijual :)
Tapi udah mulai ada sih retak2, pemakaian sekitar 4-5 tahun dua2nya.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 849
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by well »

JukeJoken wrote: Mon Jan 11, 2021 14:57
well wrote: Mon Jan 11, 2021 10:24 mohon info, apa ada yg pernah punya pengalaman pakai michelin XM2? dibanding LM705 atau turanza T005 bgmn?
XM2 sih awet banget om , jalan 20.000 km tapaknya masih gabeda jauh sama pas masih baru. Cuma dibanding Turanza T005a sih rasanya T005a kelasnya diatas XM2 , karena Turanza T005a kan setaranya sama Michelin Primacy 4 kalau gasalah. LM705 ane udah pake 2 bulan di Sienta , bener empuk , senyap sih biasa aja , tapi keliatannya sih gampang abisnya soalnya alur tipis di tapaknya udah mulai ada yang samar samar.
better T005 aja ya dibanding XM2?
LM 705 tradewarenya brp om? mgkn nilainya kecil ya jd gampang habis?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

akusuma wrote: Tue Jan 12, 2021 0:13
belum pernah coba sih om kalau dueler. pendapat saya sih kalau hankook ini cocok kalau mobilnya sering dipakai yah.
Kalau mobil jarang pakai kaya kasus om mungkin nilai plus di hankook ini jadi kurang bernilai.
Saya pakai di dua mobil, dua2nya lebih dari 80k dan di atas TWI. Yg satu diganti karena bosen, satunya mobilnya dijual :)
Tapi udah mulai ada sih retak2, pemakaian sekitar 4-5 tahun dua2nya.
Oh, ane kepikiran soalnya harganya murmer sih om, apalg Hankook jg lumayan direkomendasikan disini.

Harganya mepet2 sama Achiless Desert Hawk soalnya, beda dikit doang.

Makasih infonya om.
soerya0711
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by soerya0711 »

misi om, numpang nimbrung disini.
rencana ganti ban untuk civic 215/45/17 yg saat ini pakai hankook ventus v2concept2, krn rasanya klo hajar speedbump / jalanan keriting berasa keras, mau nya sih cari yg masih berasa cukup empuk untuk profil 45 dan grip masih ok untuk speed tinggi.
Tertarik sama model LM705 dan Turanza T005, tapi masih menimbang-nimbang juga.
untuk Turanza banyak yg bilang jadi nge donat, yg kurang sreg, harganya yg mencapai 1,2 jt per ban
Sedangkan untuk LM705, krn msh baru, jadi info nya masih kurang, yg bikin menarik, ini saya dapat di harga dibawah 750rb, yg selisihnya lumayan jauh dibanding T005.
Kira2 gimana ya? atau ada pilihan lain dengan range dibawah 1 juta?

Yg sempet jadi pertimbangan :
Potenza RE003, Champiro SX2 (tp karena ini ban high performance, pastinya dari segi kenyamanan kurang).
Freezeguys
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Fri Oct 30, 2020 11:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Freezeguys »

Om2 sekalian, need advice dong untuk ban 215/60 R16 dengan budget <1,2jt apa ya? Saya lbh cari yg comfort. Ngeliat di permaisuri cc lg diskon sih, jadi 1,081juta. Selain itu alternatif apalgi ya?

Btw saya lihat di tokoijo, harga ban kok lbh murah di bandung yah ketimbang jkt?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

Freezeguys wrote: Tue Jan 12, 2021 5:28 Om2 sekalian, need advice dong untuk ban 215/60 R16 dengan budget <1,2jt apa ya? Saya lbh cari yg comfort. Ngeliat di permaisuri cc lg diskon sih, jadi 1,081juta. Selain itu alternatif apalgi ya?

Btw saya lihat di tokoijo, harga ban kok lbh murah di bandung yah ketimbang jkt?
yg mempengaruhi diskon itu (dan akhirnya harga net) adalah tahun produksi ban itu sendiri.
fiqhi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Wed Jul 08, 2015 7:46

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by fiqhi »

benzz89 wrote:Jarang yang report merek conti yah dimari, kebetulan Des 20 lalu ane ganti 4 ban di XV40 ane dari Bridgestone ER33 ke Continental Max Contact (MC) 6 ukuran 215/55/17.

Awalnya mau ganti Micheline antara pilot sport atau primacy. Ngobrol2 ama orang spooring di lautan ban serpong. Kalau pilot sport sih sudah mantaplah grip nya & karakter mobil jadi sporty, kembang juga awet serta rata habisnya (gak makan sebelah), cuman... bantingan pasti dikorbankan alias pasti lebih keras & tidak sesenyap primacy, waduh ane sih lebih prefer karakter nyaman deh di mobil ini.

Lalu disarankan kalau prefer nyaman & lebih senyap yah yang primacy, grip tidak semantap pilot sport, tapi sepengalaman dia (orang spooring) kembangnya terutama bagian pinggirnya lebih cepat habis, lalu ane dikasih liat ban2 bekas yang primacy tread (tengah) masih lumayan bagus tapi bagian pinggirnya sudah pada kemakan sehingga sulit di spooring... ini sih kata orang spooring yah.

Jadi bingung deh ane dari sudah siap ganti jadi pulang dulu bertapa cari wangsit, searching2 & baca2 forum juga dimari. Oh yah ane ngobrol2 ama orang spooring karena ane memang lagi spooring disana karena setir mobil ane suka lari2 ke kiri & kanan, dia bilang karena ban ane ER33 sudah gak rata habisnya (pinggiran kemakan) jadi pasti akan lari2 setrinya & spooringnya juga sulit dapat hasil maksimal.

Singkat kata ane tertarik ama Conti Max Contac 6 banding Mich Primacy 4 & kebetulan di permaisuri lagi ada promo ini ban. Awalnya sempat ragu2 juga takut lebih ke arah sport karakternya banding comfort & kurang senyap melihat tread kembangnya yang mirip2 ke Pilot Sport yaitu got nya lebar2.

Hasil searching, Conti MC6 ini launching taon lalu (kalau tidak salah) di Malaysia jadi asumsi ane ini ban pasti made in sana, tapi ternyata ane dapatnya yang produksi Thailand, orang permaisuri pikir juga produksi malaysia, dia juga bingung hahahah... ane dapet 3 ban taon produksi 2320 & 1 ban 2120, masih lumayan fresh lah yah. Speed Rating 94 W, Treadwear 340 (harusnya sih lumayan awet), Traction AA, Temperature A. Max Inflation Pressure 350 Kpa (51 Psi), Max Load 670 Kg (1477 Lb).

Setelah jalan +/-500 km dengan angin 35 psi rata 4 ban sih menurut butt O meter ane masih cukup empuk yah, grip di jalan kering jauh lebih improve banding ER33, waktu start awal lebih terasa narik & di rem sedikit juga lebih gigit. Jalan basah ane belum ketemu hujan deras sih, hanya jalan habis hujan di jalan basah masih enak gripnya.

Kesenyapan rasanya tidak bisa dibilang senyap sekali sih tapi jalan 100-120 kpj masih tolerable lah di kuping pangsit ane yang agak sensitive ini. Jalan ke bogor full loaded 3 dewasa + 2 anak kecil + bagasi full, lari max 120 kpj gak ada yang komplain berisik sih. Banding ama ER33 mirip2 lah, malah lebih hening Conti dikit (mungkin aja masih baru kali yah). Cuman ane nonton di YT pattern kembang baru di MC6 ini sih di claim bisa lebih ngebuang angin saat high speed sehingga bisa lebih senyap (tidak nge-jebak angin sehingga berisik)... ya mungkin bahasa marketing kali yah hehehe.

Jalan sampai 80 kpj sih masih senyap, diatas 80-120 kpj suara ban lebih masuk kabin, yah karakter mobil monokok suara ban lebih gampang masuk banding ladder frame. Oh yah kalau jalan banyak kerikil halus itu agak berisik di spakboard mungkin banyak kerikil2 halus yang nyangkut di got2 tread kembangnya yang lumayan lebar itu lalu mental2 keluar lagi terutama di speed lumayan tinggi.

Overall sih ane cukup puas ama ini ban, cukup balancelah antara performa grip, kenyamanan & kesenyapan, ntah ama durability apakah kembangnya akan rata habisnya atau akan makan sebelah, tapi kalau melihat harganya sih cukup value for money buat ane dari 1,6 jutaan/ban disc 29% di permaisuri, gratis tambah angin selamanya, gratis balancing selamanya, gratis rotasi ban selamanya (beli 4 ban sekaligus). Note: bukan sales ban manapun.

Terakhir penampakan ban setelah masuk di velg, ane merasa sidewallnya "lebih berotot", tidak sekurus ER33 tapi juga tidak donat... dengan emboss racing balap bling2nya keliatan agak "rame" hahahah. Oh yah dia ada velg protectornya (velg lebih menjorok masuk kedalam) yang mana ER33 tidak ada, pakai ER33 ada 1 velg ane serempetan ama trotoar, mungkin terlalu kurus & tidak ada protectornya.

Cuman 1 yang mengganjal sih buat ane di Conti Max Contact 6 ini yaitu pattern kembangnya yang menurut ane agak aneh, kerikil2 kecil/halus kayanya bakalan gampang nyangkut di pattern seperti itu & jujur kurang menarik sih setidaknya di mata ane yah. Kalau pattern got2nya sih mirip2 ama Mich Pilot Sport 4.

Waktu ane spooring di lautan ban, operator spooring ban nya bilang ini sih karakternya mirip ama Pilot Sport 4 melihat dari pattern got2nya itu & settingan spooringnya harus dirubah dari karakter ER33 yang cenderung comfort, ane pikir mah tinggal langsung setting aja dari komputernya mesin spooring, tapi dia bilang gak bisa, ada beberapa hal yang harus diadjust lagi karena menurut dia ini gripnya sudah beda. Sekian sharing dari ane & berikut beberapa penampakannya, semoga berkenan [emoji120].
20210110_160647.jpg
20201214_122758.jpg
20201214_124604.jpg
20201214_124643.jpg
20201214_124734.jpg
20201214_115858.jpg
20210110_162008.jpg
20210110_162038.jpg
20210110_162058.jpg
Salam kenal om sesama pengguna XV40.

Saya kemarin juga pertimbangkan MC6 tapi karena selama ini jadi pengguna setia Hankook akhirnya memutuskan angkut Hankook Ventus Prime 3.

Hankook Ventus Prime 3 ini seperti ban hankook lainnya unggul di value for money yg sangat baik. Saya juga menggunakan Hankook Ventus di mobil lainnya.

Sempat galau antara pengen coba LM705 yang harganya mirip tp setelah lihat kembangan dan side wallnya saya condong ke Prime 3.

Awalnya saya isi tekanan angin di 34 psi dan berasa keras sekali, saya turunkan jadi 30 psi (rekomendasi pabrikan di pintu kanan 29 psi) baru berasa mantap, empuk dan grip membaik.

Ban ini cukup silent, suara ban baru terdengar di atas 100 kpj.
Kenyamanan juga baik dibanding ban sebelumnya, BS ER33.
IMG_20210109_123711.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

well wrote: Tue Jan 12, 2021 1:45
JukeJoken wrote: Mon Jan 11, 2021 14:57
well wrote: Mon Jan 11, 2021 10:24 mohon info, apa ada yg pernah punya pengalaman pakai michelin XM2? dibanding LM705 atau turanza T005 bgmn?
XM2 sih awet banget om , jalan 20.000 km tapaknya masih gabeda jauh sama pas masih baru. Cuma dibanding Turanza T005a sih rasanya T005a kelasnya diatas XM2 , karena Turanza T005a kan setaranya sama Michelin Primacy 4 kalau gasalah. LM705 ane udah pake 2 bulan di Sienta , bener empuk , senyap sih biasa aja , tapi keliatannya sih gampang abisnya soalnya alur tipis di tapaknya udah mulai ada yang samar samar.
better T005 aja ya dibanding XM2?
LM 705 tradewarenya brp om? mgkn nilainya kecil ya jd gampang habis?
Kawan saya ada yang pake Xpander pake Michelin XM2 , dibanding Primacy 4 di Xpander saya sih setelah saya bandingkan lewat rute yang sama lebih empuk Primacy 4 , nah harusnya T005a kan lawannya Primacy 4 , jadi menurut saya sih lebih nyaman T005 daripada XM2. Kalau LM705 Treadwearnya 400 , XM2 kalau gak salah 420 , Primacy 4 malah 340. Sienta saya ganti LM705 november , jalan 2000an KM , hari ini saya liat alur di tapaknya yang bentuk segitiga segitiga itu udah hampir ilang. Cuma untuk harganya sih LM705 oke banget , berasa banget getaran jalan lebih keredam.