Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by piraku »

erwinign wrote: Wed Jul 29, 2020 16:18 Cuma kl ada gratisan servis berkala sih mending dikonfirmasi lg soal interval jangka waktunya kapan buat serpis om. Kadang bengkel resmi suka ngeles soal patokan servis berkala ini, kelewat dikit nanti takutnya ga dpt gratisan servis lg sayang juga sih di kitanya apalg lg sikon sekarang yg jarang pake mobil. Krn kl kaya saya liat di lexus, ketentuan mereka itu tiap 6 bulan hrs servis berkala+ganti oli. Schedulenya yg 6 bulan itu jg kecantum di MID speedometer
Iya itu udh ditelponin terus, dari pusat, dari beres langganan, ingetin bulan besok udh masuk 6bln sejak service terakhir februari.
Thank you om sarannya btw, saya cuma bingung antara service aja atau sama ganti ganti parts lainnya kaya oli dsb. Jd oli ganti aja sisanya kondisional.
Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 22:42 sama kyk xpander,
di MID tercantum jg tiap 6 Bulan / 10rb KM.

cuman klo oli genuine beres, baiknya sampai 5rb KM aja lah :upss:
Biasanya jg begitu. Max kan 10rb KM/6 bln, tp selama ini dalam 6bln biasanya di 5rban kadang kurang. Tp krna psbb ini jd bener bener cuma 1000km, 1/5 dari biasanya. Makanya bingung baiknya ganti atau engga.
iwansiagian wrote: Thu Jul 30, 2020 0:31 Sayang sih om kalo pake voucher gratis Jasa Service berkala nya kalo cuma ganti oli. Ganti oli di luar aja sendiri. Soalnya voucher Service berkala kan bisa di pake buat ganti kampas rem, buat ganti shockbreaker,dll. Daihatsu sampe 50 ribu km ya?3 tahun?free jasa nya?
Justru saya sayang kalau lewat waktu om, gratisnya takut hangus. Malah yg dilema perlu diganti atau engga olinya. :mky_01:
Iya betul om 50rb KM/3th.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Suryaputra »

piraku wrote: Thu Jul 30, 2020 8:54
erwinign wrote: Wed Jul 29, 2020 16:18 Cuma kl ada gratisan servis berkala sih mending dikonfirmasi lg soal interval jangka waktunya kapan buat serpis om. Kadang bengkel resmi suka ngeles soal patokan servis berkala ini, kelewat dikit nanti takutnya ga dpt gratisan servis lg sayang juga sih di kitanya apalg lg sikon sekarang yg jarang pake mobil. Krn kl kaya saya liat di lexus, ketentuan mereka itu tiap 6 bulan hrs servis berkala+ganti oli. Schedulenya yg 6 bulan itu jg kecantum di MID speedometer
Iya itu udh ditelponin terus, dari pusat, dari beres langganan, ingetin bulan besok udh masuk 6bln sejak service terakhir februari.
Thank you om sarannya btw, saya cuma bingung antara service aja atau sama ganti ganti parts lainnya kaya oli dsb. Jd oli ganti aja sisanya kondisional.
Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 22:42 sama kyk xpander,
di MID tercantum jg tiap 6 Bulan / 10rb KM.

cuman klo oli genuine beres, baiknya sampai 5rb KM aja lah :upss:
Biasanya jg begitu. Max kan 10rb KM/6 bln, tp selama ini dalam 6bln biasanya di 5rban kadang kurang. Tp krna psbb ini jd bener bener cuma 1000km, 1/5 dari biasanya. Makanya bingung baiknya ganti atau engga.
iwansiagian wrote: Thu Jul 30, 2020 0:31 Sayang sih om kalo pake voucher gratis Jasa Service berkala nya kalo cuma ganti oli. Ganti oli di luar aja sendiri. Soalnya voucher Service berkala kan bisa di pake buat ganti kampas rem, buat ganti shockbreaker,dll. Daihatsu sampe 50 ribu km ya?3 tahun?free jasa nya?
Justru saya sayang kalau lewat waktu om, gratisnya takut hangus. Malah yg dilema perlu diganti atau engga olinya. :mky_01:
Iya betul om 50rb KM/3th.
Klo KM masih pendek, toleransi sampai 8 bln (max) masih ok.
karena klo oli kelas hemat, kelamaan di dalam oil pan jg khawatir ninggalin deposit.
Harga oli gak sebanding dgn resiko yg ada :upss:

klo oli kelas keraton spt Q8 formula, Amsoil Signature, Mobil 1 (gold); pakai max 1 tahun gpp :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by iwansiagian »

piraku wrote:
erwinign wrote: Wed Jul 29, 2020 16:18 Cuma kl ada gratisan servis berkala sih mending dikonfirmasi lg soal interval jangka waktunya kapan buat serpis om. Kadang bengkel resmi suka ngeles soal patokan servis berkala ini, kelewat dikit nanti takutnya ga dpt gratisan servis lg sayang juga sih di kitanya apalg lg sikon sekarang yg jarang pake mobil. Krn kl kaya saya liat di lexus, ketentuan mereka itu tiap 6 bulan hrs servis berkala+ganti oli. Schedulenya yg 6 bulan itu jg kecantum di MID speedometer
Iya itu udh ditelponin terus, dari pusat, dari beres langganan, ingetin bulan besok udh masuk 6bln sejak service terakhir februari.
Thank you om sarannya btw, saya cuma bingung antara service aja atau sama ganti ganti parts lainnya kaya oli dsb. Jd oli ganti aja sisanya kondisional.
Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 22:42 sama kyk xpander,
di MID tercantum jg tiap 6 Bulan / 10rb KM.

cuman klo oli genuine beres, baiknya sampai 5rb KM aja lah :upss:
Biasanya jg begitu. Max kan 10rb KM/6 bln, tp selama ini dalam 6bln biasanya di 5rban kadang kurang. Tp krna psbb ini jd bener bener cuma 1000km, 1/5 dari biasanya. Makanya bingung baiknya ganti atau engga.
iwansiagian wrote: Thu Jul 30, 2020 0:31 Sayang sih om kalo pake voucher gratis Jasa Service berkala nya kalo cuma ganti oli. Ganti oli di luar aja sendiri. Soalnya voucher Service berkala kan bisa di pake buat ganti kampas rem, buat ganti shockbreaker,dll. Daihatsu sampe 50 ribu km ya?3 tahun?free jasa nya?
Justru saya sayang kalau lewat waktu om, gratisnya takut hangus. Malah yg dilema perlu diganti atau engga olinya. :mky_01:
Iya betul om 50rb KM/3th.
Baca aja Om S&K voucher gratis jasa nya. Setahu saya ga ada pembatasan 6 bulan setiap voucher hangus. Yang penting 5x 10 ribu dalam 3 tahun.
Baik nya oli ganti Om apalagi mobil jarang di pake.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5686
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by sintoni »

Kalau mobil ane Yasir, free jasa servis sampe 50rb/4 tahun.

Emang tiap 6 bulan sering di sms kalau jadwal servis, tapi kalau ane ga peduliin, biasa 10rb dapat dalam 10 bulan, tetap aja kok dilayanin biar sudah lebih dari 6 bulan, yang penting 10rb aja.

Kemaren servis terakhir 50rb jg 4 tahun lewat sebulanan masih bs dibantu free jasa.
mbingtampan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Mon Jun 24, 2019 1:23
Location: Depok
Daily Vehicle: Innova Avanza

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by mbingtampan »

Saran yang pernah saya baca dari sesepuh2 SM, usahakan untuk selalu kenal dengan orang2 beres, entah SA, supervisor mekaniknya, kalau bisa KaBengnya juga.

Ane ada 2 merk jepun, ga pernah ribut masalah bulan, bawa oli dr luar, dkk.. ane selalu patokan 10rb km, (pas 10rb always lewat dr 6 bulan), dan selalu bawa oli dr luar, never had any issue dgn gratis jasa maupun oli yg merknya ga dikenal orang beres, hehehe
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11307
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

atpm angkat bicara ... :big_blushing:

Screenshot_20200801_093218.jpg

source : https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... kat-bicara
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kent »

benzz89 wrote: Wed Jul 29, 2020 12:42
Kent wrote:kalo menurut saya sih ya, menurut saya ini permainan dari si driver sendiri..
karena setau saya ambil mobil beberapa merk (nissan, honda, toyota) standard nya kirim isi 5 atau 10ltr pertamax.
mungkin bon nya 10 ltr pertamax pakai struk lain, di reimburse.

tp saya sih simply klo new car, selalu ambil sendiri (kecuali yg di kirim towing)
krn gk tega mobil kinyis2 di injek gas betot2.
saya klo bawa mobil baru tuh 10rb km pertama selalu jadi tukang bikin macet (gas gk lebih dr 2k rpm, dan tdk akselerasi mendadak or rem mendadak).. (maaf yg kesel sama mobil baru lelet2)

abis 10rb and ganti oli sih bejek abis, hahahaa.
Kalau Om Kompre, pas keluar dealer langsung pedal to kampret, gak ada lagi di sayang2 itu mesin & mobilnya hahahah...

IMHO mobil2 jaman now sih sudah gak perlu lagi yang namanya inreyen yang "ketat" seperti jaman old.

Paling 1.000 km pertama saja jalan normal, maksudnya yah bawa santuy aja lah, gak harus rpm gak boleh lewat dari 2 ribu gitu juga, rasanya sangat tersiksa sekali itu bawa mobilnya, apalagi sampai 10.000 km, bisa keram kaki om [emoji16]

Kaya Om Omni dong... 1.000 km pertama langsung ganti semua perlendiran bawaan pabrik (yang biasanya lendir2 raktjat jelata) dengan lendir keraton. Oli mesin ganti amsoil, oli transmisi ganti amsoil, oli gardan ganti amsoil, semuanya signature series alias kelas paling mahalnya. Total2 itu lendir habis 5 jutaan, itu juga free biaya jasa karena beliau suhunya DIY.

Habis ganti lendir keraton mau di bejek2 halus yah gak masalah om daripada harus jaga rpm di bawah 2 ribu terus tapi oli2nya gak di ganti sampe 10.000 km, ini sih break in mobil baru versi ane yah (subjective).

Kalau kata bokap ane dulu... mobil baru malah harus di geber, kalau enggak nanti kedepannya gak ada larinya alias jadi banci [emoji1787]
Hehehe, malah saya ganti oli selalu tepat waktu.
mobil baru itu 1000 km, 5000 km, 10rb km di ganti.
baru per 10rb, dan selalu oli lumayan.
dan oli matic sudah saya kuras di 1000 pertama.
bahkan saya sampe indent mazda ATF gegara waktu itu kena kosong pas pindahan Mazda Indonesia hengkang.

dan saya klo mobil yg jarang pakai 5rb pasti ganti oli, makannya itu honda charge saya 110rb hanya jasa ganti oli (demi beli filter original dan biar gk repot pindah bengkel lg).

tapi selebihnya saya pakai sih injek, cuman 2rb km itu gk pelan loh.
2rb km itu udah bs lari 100 km rata2. cuman memang saya jaga gk bejek n terlalu kencang.
gaya driving saya sih banyak untuk nyalip aja, jarang bgt lari diatas 110 km.

klo mobil di geber dari baru sih y objective lg balik lg, cuman untuk safety jg (krn kampas rem perlu break in, setiap ganti kampas rem).
saya baru tau capability mobil bs lari 180 dengan tenang ini bru kemaren coba di toll kosong dr airport ke pluit.
ngeri gk bs ngerem aja.

klo sekedar sharing, mobil honda iDSi saya zaman batu yg generasi CVT yg di kata2in bapuk bgt CVT nya (bahkan sampe dijual, pedagang nya binggung mobil nya 8thn masih oke bgt matic nya sgt smooth) oli matic selama 20rb (1thn) ganti dan 40rb (2 thn) kuras, pasti awet.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kent »

Suryaputra wrote: Thu Jul 30, 2020 9:57 Klo KM masih pendek, toleransi sampai 8 bln (max) masih ok.
karena klo oli kelas hemat, kelamaan di dalam oil pan jg khawatir ninggalin deposit.
Harga oli gak sebanding dgn resiko yg ada :upss:

klo oli kelas keraton spt Q8 formula, Amsoil Signature, Mobil 1 (gold); pakai max 1 tahun gpp :big_peace:
untuk amsoil signature ini saya pernah coba test dipakai dimobil perang, dipakai 15rb baru ganti oli.
tp di 7500 ganti filter oli nya.
2x test 30rb, hasil akhir oli nya masih oke (hasil test lab)

tapi krn sekarang harga mahal klo official store, jd pakai PTT 0w20 yg SN+ (rasa2 sih msh enakan amsoil signature)
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kent »

Omnibus wrote: Sat Aug 01, 2020 2:34 atpm angkat bicara ... :big_blushing:


Screenshot_20200801_093218.jpg


source : https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... kat-bicara
Iyah, ini sangat berbahaya. hati2 sekali jika service di tawarin sama beginian.
saya jg jadi was-was klo part mahal, saya pasti jalan ke bagian spare part untuk pastikan asli (biarin aja dikira bego, drpd mahal2 ke beres tp palsu).
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kent »

Omnibus wrote: Wed Jul 29, 2020 16:04
benzz89 wrote: Wed Jul 29, 2020 12:42
Kent wrote:kalo menurut saya sih ya, menurut saya ini permainan dari si driver sendiri..
karena setau saya ambil mobil beberapa merk (nissan, honda, toyota) standard nya kirim isi 5 atau 10ltr pertamax.
mungkin bon nya 10 ltr pertamax pakai struk lain, di reimburse.

tp saya sih simply klo new car, selalu ambil sendiri (kecuali yg di kirim towing)
krn gk tega mobil kinyis2 di injek gas betot2.
saya klo bawa mobil baru tuh 10rb km pertama selalu jadi tukang bikin macet (gas gk lebih dr 2k rpm, dan tdk akselerasi mendadak or rem mendadak).. (maaf yg kesel sama mobil baru lelet2)

abis 10rb and ganti oli sih bejek abis, hahahaa.
Kalau Om Kompre, pas keluar dealer langsung pedal to kampret, gak ada lagi di sayang2 itu mesin & mobilnya hahahah...

IMHO mobil2 jaman now sih sudah gak perlu lagi yang namanya inreyen yang "ketat" seperti jaman old.

Paling 1.000 km pertama saja jalan normal, maksudnya yah bawa santuy aja lah, gak harus rpm gak boleh lewat dari 2 ribu gitu juga, rasanya sangat tersiksa sekali itu bawa mobilnya, apalagi sampai 10.000 km, bisa keram kaki om [emoji16]

Kaya Om Omni dong... 1.000 km pertama langsung ganti semua perlendiran bawaan pabrik (yang biasanya lendir2 raktjat jelata) dengan lendir keraton. Oli mesin ganti amsoil, oli transmisi ganti amsoil, oli gardan ganti amsoil, semuanya signature series alias kelas paling mahalnya. Total2 itu lendir habis 5 jutaan, itu juga free biaya jasa karena beliau suhunya DIY.

Habis ganti lendir keraton mau di bejek2 halus yah gak masalah om daripada harus jaga rpm di bawah 2 ribu terus tapi oli2nya gak di ganti sampe 10.000 km, ini sih break in mobil baru versi ane yah (subjective).

Kalau kata bokap ane dulu... mobil baru malah harus di geber, kalau enggak nanti kedepannya gak ada larinya alias jadi banci [emoji1787]
hahaha bisa aja ente Om Benz, ane bukan suhu DIY cuma bisa dikit2 aja. :mky_03:

btw topik inreyen menarik nih dibahas atau udah pernah dibahas, tp bahas lg kan seru juga. ane setuju ama om. ini sambil sharing aja ya, utk Om Kent juga kl berkenan.

jd konon dr yg ane pernah baca kalau proses bedding-in yg terpenting itu sebetulnya antara ring piston dan dinding silinder. tentu bukan bilang bagian yg lain tdk penting. dan itu terjadi di 500 miles/800 km pertama. ini yg paling pengaruh utk kedepannya mesin kompresi bagus, tenaga besar, dan ga makan oli. tentunya bedding-in komponen lain spt main bearings, conrod bearings, camshaft lobes juga tetap perlu proses cuma ini ring piston yg konon paling penting. bbrp literatur bahkan menyebutkan jangan ganti ke synthetic sebelum lewat masa inreyen 800 km tsb sebab akan membuat proses bedding-in tidak maksimal krn membuat metal to metal contact tidak ada pengikisan yg diperlukan.

dan cara yang betul selama periode inreyen adalah light-to-moderate load; bukan disetir secara kecepatan konstan atau rpm konstan atau rpm dibawah 2000. tapi juga bukan digeber sampai diatas 4000 rpm. apalagi geber2 ketika gigi netral, ini paling ga boleh krn beban mesin pas digeber gigi netral vs masuk gigi sambil bawa beban body itu dua hal yg berbeda. bahkan bbrp merk mobil (mercy dan honda) ada rev limiternya spy ga sengaja over revved dgn posisi gigi N.
jadi yg proper adalah harus diakselerasi dgn cepat supaya mesin dikasih beban momen puntir yg cukup, sy biasa injek gas 50%-75% tapi jangan pedal to kampret DAN tidak melebihi 4000 rpm. begitu lewat 700 km baru sy geber sampai 5000 rpm. variasikan juga kecepatan supaya semua gigi bisa terpakai secara bergantian dgn merata jd semua gigi bisa "terkikis" dgn rata termasuk gigi tertinggi (gigi 5 atau 6, 7, 8, 9) jika memungkinkan. ini yg suka kelupaan krn kadang ada yg ga pernah ke tol jd gigi overdrive jarang dipakai apalagi kl matic. hindari rem mendadak apalagi sampai full stop sekaligus dr kecepatan tinggi.

setelah masa inreyen 1000 km sangat disarankan ganti oli meskipun banyak beres yg bilang ga usah. padahal harga oli ga seberapa dibanding tahun2 pemakaian berikutnya yg bebas masalah kl itu dilakukan. kl oli gearbox dan gardan ga mau ganti, paling tidak oli mesin. habis ganti oli, olinya baru dan bersih baru geber sampai dekat redline.

Dan ini hasilnya di mobil jazz sy

Compression Test

Jazz GK5 Odo 8K kms

2.2.2020

Cyl 1: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 2: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 3: 180 psi lebih sedikit (13 bar)

Cyl 4: 200 psi kurang sedikit (14 bar)

note: by spec diatas 152 psi dianggap OK. deviasi antar silinder msh dlm batas wajar (+/- 10%) dan dugaan sy cyl 4 itu by design lebih tinggi krn faktor tekukan intake manifold yg membuat posisinya kurang volumetric efficient yg dikompensasi dgn kompresi yg sedikit lbh tinggi. ini cuma maybe.

ane merasa cukup puas dgn cara inreyen ane selama ini. monggo kl ada pendapat/pakem yg berbeda ttg inreyen.
sangat setuju, saya jg sgt ikutin practice ini.
krn di buku manual seluruh mobil pasti ditulis tidak boleh linear, harus variasi.

btw share dong om check kompresi ini kemana y?
jadi penasaran saya, ada 1 mobil perang ini yg bener2 saya doang yg pakai jadi penasaran hasilnya bgus gk tuh kyk om.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kent »

kebetulan penasran, ada yg mobil truk operational nya di benerin di beres?
just curiosity, anyone?
karena mindset nya jd beda bgt, krn bener2 5 thn akan di ganti klo commercial (asumsi pasti rusak, krn di pake gk bener)
jadi saya mau habiskan nilai mobil ini, dan dengan ganti oli secukupnya 5rb km dan filter solar (tp ttp beli dr beres)

krn ada di bahas sama om Omnibus dan Benzz89 soal mobil commercial.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Suryaputra »

Kent wrote: Sat Aug 01, 2020 17:06
Suryaputra wrote: Thu Jul 30, 2020 9:57 Klo KM masih pendek, toleransi sampai 8 bln (max) masih ok.
karena klo oli kelas hemat, kelamaan di dalam oil pan jg khawatir ninggalin deposit.
Harga oli gak sebanding dgn resiko yg ada :upss:

klo oli kelas keraton spt Q8 formula, Amsoil Signature, Mobil 1 (gold); pakai max 1 tahun gpp :big_peace:
untuk amsoil signature ini saya pernah coba test dipakai dimobil perang, dipakai 15rb baru ganti oli.
tp di 7500 ganti filter oli nya.
2x test 30rb, hasil akhir oli nya masih oke (hasil test lab)

tapi krn sekarang harga mahal klo official store, jd pakai PTT 0w20 yg SN+ (rasa2 sih msh enakan amsoil signature)
di cakra motor tokoijo
185rb per 946ml
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... w20-12-1lt

emang ada harga ada rupa, om.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Kent »

Suryaputra wrote: Sat Aug 01, 2020 17:45
Kent wrote: Sat Aug 01, 2020 17:06 untuk amsoil signature ini saya pernah coba test dipakai dimobil perang, dipakai 15rb baru ganti oli.
tp di 7500 ganti filter oli nya.
2x test 30rb, hasil akhir oli nya masih oke (hasil test lab)

tapi krn sekarang harga mahal klo official store, jd pakai PTT 0w20 yg SN+ (rasa2 sih msh enakan amsoil signature)
di cakra motor tokoijo
185rb per 946ml
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... w20-12-1lt

emang ada harga ada rupa, om.
thanks bgt info nya.
Ini distri asli amsoil y? klo resmi sih gk naik bgt, terakhir beli jg sudah 175rb klo gk salah.
ptt 0w20 sudah 140rb jg di blibli official store nya (tp klo sn+). tp PTT kyknya jd lbh ekonomis pakai ini dgn selisih 32%.
akan jd ekonomis amsoil klo di pakai 15rb km.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9618
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Suryaputra »

Kent wrote: Sat Aug 01, 2020 18:17
thanks bgt info nya.
Ini distri asli amsoil y? klo resmi sih gk naik bgt, terakhir beli jg sudah 175rb klo gk salah.
ptt 0w20 sudah 140rb jg di blibli official store nya (tp klo sn+). tp PTT kyknya jd lbh ekonomis pakai ini dgn selisih 32%.
akan jd ekonomis amsoil klo di pakai 15rb km.
Cakra Motor itu trusted seller di SM koq.

Alternatif ada Amsoil OE 0w20.
130rb per qt.
https://tokopedia.link/lUF6A1NFB8

toko ini rekomen oleh om turbo

review amsoil OE vs Mobil 1,
https://youtu.be/MVs4ClAHSEo

entry level amsoil, tp kualitas bukan entry.
di bitog dah bnyk jg reviewnya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ngalih »

Saat ini servis kedua mobil ke bengkel resmi dan bengkel biasa.

Untuk yg satu saya masih percayakan bengkel resmi demi record. Awal2 di N*SM*C*. Trus pindah ke A2***. Sekarang lebih nyaman di PL*TO lebih ramah dan teliti.

Klo masih ada kendala, tinggal kembalikan dan biasanya tanpa biaya untuk pekerjaan yg sama.

Mobil kedua krn mobil tua di bengkel biasa... Ada aja yg kurang kelar dari bengkel ya mungkin udah uzur tapi yg kurang enak adalah ketika balik dikerjakan eh biaya jasa ikut diulang. Malah jd lebih mahal jatuhnya. Jd pindah2 bengkel nyari yg cocok.

Buat saya yg awam automotif, bengkel resmi memang lebih mahal tp lebih bikin tentram hati. Belum ada ceritanya mogok atau kendala dijalan setelah servis rutin. Smuanya dicek sehingga ngerasa lebih aman

Setuju jika sudah kenal baik ama orang bengkel, biasanya lebih diperhatikan.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11307
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

Kent wrote: Sat Aug 01, 2020 17:11
sangat setuju, saya jg sgt ikutin practice ini.
krn di buku manual seluruh mobil pasti ditulis tidak boleh linear, harus variasi.

btw share dong om check kompresi ini kemana y?
jadi penasaran saya, ada 1 mobil perang ini yg bener2 saya doang yg pakai jadi penasaran hasilnya bgus gk tuh kyk om.
:big_exellent:

sy check kompresi DIY. om cukup beli alat compression testernya, masukkan lewat lubang busi. cukup mudah sebetulnya, cuma perlu cabut relay fuel pump saja spy bensin tdk masuk ke alat testernya.

kl mau beli di tokped banyak yg murah2 tp kualitasnya sy ga tau. sy sendiri pakai merk hella yg sdh punya dr lama. kl mau beli yg agak bagusan cari merk JTC spt dibawah ini.


Image
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1922
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by blloewy »

Nyimak dulu....
Owner mobil saya sebelumnya selalu ke Beres BatuMakam.
Rutin serpis per 6 bln atau maksimal 8 bln nunggu 10k km.
Skrg mau dirubah sich...
Pake oli agak mendingan interval maks 8 bln ganti dan interval jg maks 5000 km.
Nah u Tune Up lagi bandingkan di Beres ama Spesialis.
Tune Up biasamya di HR15 bersihkan TB ama EGR jd kl di Beres sich lbh murah dianggap interval 10K km kisaran 570an blm PPN.
Kl di spesialis harga segitu sdh termasuk Carbon Clean atau Gurah istilahnya.
Terakhir ke Beres HR15 u ganti kopling set krn lagi ada promo aja.
Harga di Beres sama dgn di Spesialis :D
nubie in all things - still need to learn