Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

evanbngdor wrote: Mon Jul 27, 2020 2:07
FU27 wrote: Sun Jul 26, 2020 13:09
evanbngdor wrote: Sun Jul 26, 2020 3:12

Wah kok murah banget Om. Berapa liter oli transmisinya? 2 literan ya?
:mky_01:
Kata mekaniknya 2 literan. Gak tau pasnya, soalnya olinya udah di tabung tekannya. Tinggal isi sampe batas full. Itu 175 juga udah sama ongkos. Diskon oli dan jasa 15%.
Murah juga sih ya, berarti estimasi harga MTF nya per liter itu dibawah 80rb an ya Om.
Jasanya jadi 27ribu. Olinya 148ribu. Sebelum diskon kayanya 80ribuan/liter.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by piraku »

Sorry sebelumnya kalau salah kamar. Bingung apa perlu bikin thread baru.

Mau minta saran. Mobil service terakhir februari ganti oli + service berkala. Nah kalau sesuai jadwal agustus udh masuk lagi, kelipatan 10000km/6bln. Masalahnya, karena pandemi dan kemarin psbb mobil baru jalan 1000an km sama dipanasin 3-4 hari sekali. Sayang masih gratis service aja sih.
Baiknya gimana ya? Apa perlu ganti oli jg? Atau ambil service aja tanpa ganti apa apa?
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by thestoneroses »

Kalau ragu sama kualitas olinya, ganti aja 6 bulan mas.
Kecuali oli-oli wahid semua model amsoxxl bisa 8-10 bulan, menurut saya.
Ron Asheton Forever
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by benzz89 »

Kent wrote:kalo menurut saya sih ya, menurut saya ini permainan dari si driver sendiri..
karena setau saya ambil mobil beberapa merk (nissan, honda, toyota) standard nya kirim isi 5 atau 10ltr pertamax.
mungkin bon nya 10 ltr pertamax pakai struk lain, di reimburse.

tp saya sih simply klo new car, selalu ambil sendiri (kecuali yg di kirim towing)
krn gk tega mobil kinyis2 di injek gas betot2.
saya klo bawa mobil baru tuh 10rb km pertama selalu jadi tukang bikin macet (gas gk lebih dr 2k rpm, dan tdk akselerasi mendadak or rem mendadak).. (maaf yg kesel sama mobil baru lelet2)

abis 10rb and ganti oli sih bejek abis, hahahaa.
Kalau Om Kompre, pas keluar dealer langsung pedal to kampret, gak ada lagi di sayang2 itu mesin & mobilnya hahahah...

IMHO mobil2 jaman now sih sudah gak perlu lagi yang namanya inreyen yang "ketat" seperti jaman old.

Paling 1.000 km pertama saja jalan normal, maksudnya yah bawa santuy aja lah, gak harus rpm gak boleh lewat dari 2 ribu gitu juga, rasanya sangat tersiksa sekali itu bawa mobilnya, apalagi sampai 10.000 km, bisa keram kaki om [emoji16]

Kaya Om Omni dong... 1.000 km pertama langsung ganti semua perlendiran bawaan pabrik (yang biasanya lendir2 raktjat jelata) dengan lendir keraton. Oli mesin ganti amsoil, oli transmisi ganti amsoil, oli gardan ganti amsoil, semuanya signature series alias kelas paling mahalnya. Total2 itu lendir habis 5 jutaan, itu juga free biaya jasa karena beliau suhunya DIY.

Habis ganti lendir keraton mau di bejek2 halus yah gak masalah om daripada harus jaga rpm di bawah 2 ribu terus tapi oli2nya gak di ganti sampe 10.000 km, ini sih break in mobil baru versi ane yah (subjective).

Kalau kata bokap ane dulu... mobil baru malah harus di geber, kalau enggak nanti kedepannya gak ada larinya alias jadi banci [emoji1787]
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ricz »

Kalo di dusun tempat gw tinggal sih, mobil baru kinyis2 dari pelabuhan ke diler biasa dibawa ama supir diler, digas 120-140 kpj di tol (akses dari pelabuhan ke diler di tengah kota lewat tol) gw liat aman2 aja sih....

Jadi gw rasa sih mobil baru digeber rpm tinggi jg ga ada masalah ya sebelum 1000 km, skrg jaman udah canggih jadi resiko mesin kenapa2 gara2 digeber gw rasa udah kecil deh...

Cmiiw
2021 Fortuner VRZ
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

piraku wrote: Wed Jul 29, 2020 9:11 Sorry sebelumnya kalau salah kamar. Bingung apa perlu bikin thread baru.

Mau minta saran. Mobil service terakhir februari ganti oli + service berkala. Nah kalau sesuai jadwal agustus udh masuk lagi, kelipatan 10000km/6bln. Masalahnya, karena pandemi dan kemarin psbb mobil baru jalan 1000an km sama dipanasin 3-4 hari sekali. Sayang masih gratis service aja sih.
Baiknya gimana ya? Apa perlu ganti oli jg? Atau ambil service aja tanpa ganti apa apa?
Mobilnya apa dan pake oli apa om kl boleh tau?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Wed Jul 29, 2020 12:42
Kent wrote:kalo menurut saya sih ya, menurut saya ini permainan dari si driver sendiri..
karena setau saya ambil mobil beberapa merk (nissan, honda, toyota) standard nya kirim isi 5 atau 10ltr pertamax.
mungkin bon nya 10 ltr pertamax pakai struk lain, di reimburse.

tp saya sih simply klo new car, selalu ambil sendiri (kecuali yg di kirim towing)
krn gk tega mobil kinyis2 di injek gas betot2.
saya klo bawa mobil baru tuh 10rb km pertama selalu jadi tukang bikin macet (gas gk lebih dr 2k rpm, dan tdk akselerasi mendadak or rem mendadak).. (maaf yg kesel sama mobil baru lelet2)

abis 10rb and ganti oli sih bejek abis, hahahaa.
Kalau Om Kompre, pas keluar dealer langsung pedal to kampret, gak ada lagi di sayang2 itu mesin & mobilnya hahahah...

IMHO mobil2 jaman now sih sudah gak perlu lagi yang namanya inreyen yang "ketat" seperti jaman old.

Paling 1.000 km pertama saja jalan normal, maksudnya yah bawa santuy aja lah, gak harus rpm gak boleh lewat dari 2 ribu gitu juga, rasanya sangat tersiksa sekali itu bawa mobilnya, apalagi sampai 10.000 km, bisa keram kaki om [emoji16]

Kaya Om Omni dong... 1.000 km pertama langsung ganti semua perlendiran bawaan pabrik (yang biasanya lendir2 raktjat jelata) dengan lendir keraton. Oli mesin ganti amsoil, oli transmisi ganti amsoil, oli gardan ganti amsoil, semuanya signature series alias kelas paling mahalnya. Total2 itu lendir habis 5 jutaan, itu juga free biaya jasa karena beliau suhunya DIY.

Habis ganti lendir keraton mau di bejek2 halus yah gak masalah om daripada harus jaga rpm di bawah 2 ribu terus tapi oli2nya gak di ganti sampe 10.000 km, ini sih break in mobil baru versi ane yah (subjective).

Kalau kata bokap ane dulu... mobil baru malah harus di geber, kalau enggak nanti kedepannya gak ada larinya alias jadi banci [emoji1787]
mobil baru musti inrejen mnungkin krn rem nya masi baru

pengalaman kl abis ambil mobil baru, itu rem selonong boy banget, ngeri2 sedap jg kl lgs bejeg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by piraku »


erwinign wrote:
piraku wrote: Wed Jul 29, 2020 9:11 Sorry sebelumnya kalau salah kamar. Bingung apa perlu bikin thread baru.

Mau minta saran. Mobil service terakhir februari ganti oli + service berkala. Nah kalau sesuai jadwal agustus udh masuk lagi, kelipatan 10000km/6bln. Masalahnya, karena pandemi dan kemarin psbb mobil baru jalan 1000an km sama dipanasin 3-4 hari sekali. Sayang masih gratis service aja sih.
Baiknya gimana ya? Apa perlu ganti oli jg? Atau ambil service aja tanpa ganti apa apa?
Mobilnya apa dan pake oli apa om kl boleh tau?
Terios 2018 om. Oli pake DGO pertamina 0w-20 bawaanya aja.
Selama ini selalu bingung karena KM rendah bgt akrifitas banyaknya pake motor, tp karena masih gratis service selama ini ikutin buku aja kalau suruh ganti ya ganti. Tp kondisi skrang efek psbb jadi makin jarang lagi jalan jauh. Apa baiknya ikutin interval 6bln ganti atau ikutin odo aja.
Last edited by piraku on Wed Jul 29, 2020 15:52, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

piraku wrote: Wed Jul 29, 2020 15:52
erwinign wrote:
piraku wrote: Wed Jul 29, 2020 9:11 Sorry sebelumnya kalau salah kamar. Bingung apa perlu bikin thread baru.

Mau minta saran. Mobil service terakhir februari ganti oli + service berkala. Nah kalau sesuai jadwal agustus udh masuk lagi, kelipatan 10000km/6bln. Masalahnya, karena pandemi dan kemarin psbb mobil baru jalan 1000an km sama dipanasin 3-4 hari sekali. Sayang masih gratis service aja sih.
Baiknya gimana ya? Apa perlu ganti oli jg? Atau ambil service aja tanpa ganti apa apa?
Mobilnya apa dan pake oli apa om kl boleh tau?
Terios 2018 om. Oli pake DGO pertamina 0w-20 bawaanya aja.
Kl oli level DGO sih sktr 6 bulan mending ganti om. Kl ga nunggu sebulan lagi, kl dirasa tarikan mulai beda ganti aja. Keliatan dr level olinya kaya gimana wkwkwk. Gausa ambil paket servis berkala, sekedar ganti oli ama filternya. Kl udah kenal baik sama mekaniknya minta sekalian filter2 disemprot angin kompresor biar bersih
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Wed Jul 29, 2020 12:42
Kent wrote:kalo menurut saya sih ya, menurut saya ini permainan dari si driver sendiri..
karena setau saya ambil mobil beberapa merk (nissan, honda, toyota) standard nya kirim isi 5 atau 10ltr pertamax.
mungkin bon nya 10 ltr pertamax pakai struk lain, di reimburse.

tp saya sih simply klo new car, selalu ambil sendiri (kecuali yg di kirim towing)
krn gk tega mobil kinyis2 di injek gas betot2.
saya klo bawa mobil baru tuh 10rb km pertama selalu jadi tukang bikin macet (gas gk lebih dr 2k rpm, dan tdk akselerasi mendadak or rem mendadak).. (maaf yg kesel sama mobil baru lelet2)

abis 10rb and ganti oli sih bejek abis, hahahaa.
Kalau Om Kompre, pas keluar dealer langsung pedal to kampret, gak ada lagi di sayang2 itu mesin & mobilnya hahahah...

IMHO mobil2 jaman now sih sudah gak perlu lagi yang namanya inreyen yang "ketat" seperti jaman old.

Paling 1.000 km pertama saja jalan normal, maksudnya yah bawa santuy aja lah, gak harus rpm gak boleh lewat dari 2 ribu gitu juga, rasanya sangat tersiksa sekali itu bawa mobilnya, apalagi sampai 10.000 km, bisa keram kaki om [emoji16]

Kaya Om Omni dong... 1.000 km pertama langsung ganti semua perlendiran bawaan pabrik (yang biasanya lendir2 raktjat jelata) dengan lendir keraton. Oli mesin ganti amsoil, oli transmisi ganti amsoil, oli gardan ganti amsoil, semuanya signature series alias kelas paling mahalnya. Total2 itu lendir habis 5 jutaan, itu juga free biaya jasa karena beliau suhunya DIY.

Habis ganti lendir keraton mau di bejek2 halus yah gak masalah om daripada harus jaga rpm di bawah 2 ribu terus tapi oli2nya gak di ganti sampe 10.000 km, ini sih break in mobil baru versi ane yah (subjective).

Kalau kata bokap ane dulu... mobil baru malah harus di geber, kalau enggak nanti kedepannya gak ada larinya alias jadi banci [emoji1787]
hahaha bisa aja ente Om Benz, ane bukan suhu DIY cuma bisa dikit2 aja. :mky_03:

btw topik inreyen menarik nih dibahas atau udah pernah dibahas, tp bahas lg kan seru juga. ane setuju ama om. ini sambil sharing aja ya, utk Om Kent juga kl berkenan.

jd konon dr yg ane pernah baca kalau proses bedding-in yg terpenting itu sebetulnya antara ring piston dan dinding silinder. tentu bukan bilang bagian yg lain tdk penting. dan itu terjadi di 500 miles/800 km pertama. ini yg paling pengaruh utk kedepannya mesin kompresi bagus, tenaga besar, dan ga makan oli. tentunya bedding-in komponen lain spt main bearings, conrod bearings, camshaft lobes juga tetap perlu proses cuma ini ring piston yg konon paling penting. bbrp literatur bahkan menyebutkan jangan ganti ke synthetic sebelum lewat masa inreyen 800 km tsb sebab akan membuat proses bedding-in tidak maksimal krn membuat metal to metal contact tidak ada pengikisan yg diperlukan.

dan cara yang betul selama periode inreyen adalah light-to-moderate load; bukan disetir secara kecepatan konstan atau rpm konstan atau rpm dibawah 2000. tapi juga bukan digeber sampai diatas 4000 rpm. apalagi geber2 ketika gigi netral, ini paling ga boleh krn beban mesin pas digeber gigi netral vs masuk gigi sambil bawa beban body itu dua hal yg berbeda. bahkan bbrp merk mobil (mercy dan honda) ada rev limiternya spy ga sengaja over revved dgn posisi gigi N.
jadi yg proper adalah harus diakselerasi dgn cepat supaya mesin dikasih beban momen puntir yg cukup, sy biasa injek gas 50%-75% tapi jangan pedal to kampret DAN tidak melebihi 4000 rpm. begitu lewat 700 km baru sy geber sampai 5000 rpm. variasikan juga kecepatan supaya semua gigi bisa terpakai secara bergantian dgn merata jd semua gigi bisa "terkikis" dgn rata termasuk gigi tertinggi (gigi 5 atau 6, 7, 8, 9) jika memungkinkan. ini yg suka kelupaan krn kadang ada yg ga pernah ke tol jd gigi overdrive jarang dipakai apalagi kl matic. hindari rem mendadak apalagi sampai full stop sekaligus dr kecepatan tinggi.

setelah masa inreyen 1000 km sangat disarankan ganti oli meskipun banyak beres yg bilang ga usah. padahal harga oli ga seberapa dibanding tahun2 pemakaian berikutnya yg bebas masalah kl itu dilakukan. kl oli gearbox dan gardan ga mau ganti, paling tidak oli mesin. habis ganti oli, olinya baru dan bersih baru geber sampai dekat redline.

Dan ini hasilnya di mobil jazz sy

Compression Test

Jazz GK5 Odo 8K kms

2.2.2020

Cyl 1: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 2: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 3: 180 psi lebih sedikit (13 bar)

Cyl 4: 200 psi kurang sedikit (14 bar)

note: by spec diatas 152 psi dianggap OK. deviasi antar silinder msh dlm batas wajar (+/- 10%) dan dugaan sy cyl 4 itu by design lebih tinggi krn faktor tekukan intake manifold yg membuat posisinya kurang volumetric efficient yg dikompensasi dgn kompresi yg sedikit lbh tinggi. ini cuma maybe.

ane merasa cukup puas dgn cara inreyen ane selama ini. monggo kl ada pendapat/pakem yg berbeda ttg inreyen.
Last edited by Omnibus on Wed Jul 29, 2020 16:08, edited 1 time in total.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by piraku »

erwinign wrote: Kl oli level DGO sih sktr 6 bulan mending ganti om. Kl ga nunggu sebulan lagi, kl dirasa tarikan mulai beda ganti aja. Keliatan dr level olinya kaya gimana wkwkwk. Gausa ambil paket servis berkala, sekedar ganti oli ama filternya. Kl udah kenal baik sama mekaniknya minta sekalian filter2 disemprot angin kompresor biar bersih
Justru saya mau ambil gratisan service berkalanya aja. Cuma kalau oli kan terpisah. Berarti oli jg mending ganti aja ya? Sayang baru 1000km sih sedangkan biasanya sekitar 5000-6000an lah.
Kalau tarikan, anehnya kemarin baru keluar, lagi enak enaknya, awal awal malah lebih berat.
Tp kalau baiknya ganti sih mending sekalian, mumpung masih gratis service dan garansi jg. Kalau udh lewat itu sih mau cari bengkel luaran.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by maastricht889 »

piraku wrote: Wed Jul 29, 2020 16:04
erwinign wrote: Kl oli level DGO sih sktr 6 bulan mending ganti om. Kl ga nunggu sebulan lagi, kl dirasa tarikan mulai beda ganti aja. Keliatan dr level olinya kaya gimana wkwkwk. Gausa ambil paket servis berkala, sekedar ganti oli ama filternya. Kl udah kenal baik sama mekaniknya minta sekalian filter2 disemprot angin kompresor biar bersih
Justru saya mau ambil gratisan service berkalanya aja. Cuma kalau oli kan terpisah. Berarti oli jg mending ganti aja ya? Sayang baru 1000km sih sedangkan biasanya sekitar 5000-6000an lah.
Kalau tarikan, anehnya kemarin baru keluar, lagi enak enaknya, awal awal malah lebih berat.
Tp kalau baiknya ganti sih mending sekalian, mumpung masih gratis service dan garansi jg. Kalau udh lewat itu sih mau cari bengkel luaran.
Cuma kl ada gratisan servis berkala sih mending dikonfirmasi lg soal interval jangka waktunya kapan buat serpis om. Kadang bengkel resmi suka ngeles soal patokan servis berkala ini, kelewat dikit nanti takutnya ga dpt gratisan servis lg sayang juga sih di kitanya apalg lg sikon sekarang yg jarang pake mobil. Krn kl kaya saya liat di lexus, ketentuan mereka itu tiap 6 bulan hrs servis berkala+ganti oli. Schedulenya yg 6 bulan itu jg kecantum di MID speedometer
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: Wed Jul 29, 2020 16:18
piraku wrote: Wed Jul 29, 2020 16:04
erwinign wrote: Kl oli level DGO sih sktr 6 bulan mending ganti om. Kl ga nunggu sebulan lagi, kl dirasa tarikan mulai beda ganti aja. Keliatan dr level olinya kaya gimana wkwkwk. Gausa ambil paket servis berkala, sekedar ganti oli ama filternya. Kl udah kenal baik sama mekaniknya minta sekalian filter2 disemprot angin kompresor biar bersih
Justru saya mau ambil gratisan service berkalanya aja. Cuma kalau oli kan terpisah. Berarti oli jg mending ganti aja ya? Sayang baru 1000km sih sedangkan biasanya sekitar 5000-6000an lah.
Kalau tarikan, anehnya kemarin baru keluar, lagi enak enaknya, awal awal malah lebih berat.
Tp kalau baiknya ganti sih mending sekalian, mumpung masih gratis service dan garansi jg. Kalau udh lewat itu sih mau cari bengkel luaran.
Cuma kl ada gratisan servis berkala sih mending dikonfirmasi lg soal interval jangka waktunya kapan buat serpis om. Kadang bengkel resmi suka ngeles soal patokan servis berkala ini, kelewat dikit nanti takutnya ga dpt gratisan servis lg sayang juga sih di kitanya apalg lg sikon sekarang yg jarang pake mobil. Krn kl kaya saya liat di lexus, ketentuan mereka itu tiap 6 bulan hrs servis berkala+ganti oli. Schedulenya yg 6 bulan itu jg kecantum di MID speedometer
sama kyk xpander,
di MID tercantum jg tiap 6 Bulan / 10rb KM.

cuman klo oli genuine beres, baiknya sampai 5rb KM aja lah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by FU27 »

Klo saya menganut pemakaian normal ketika inrryen. 1000KM ganti oli. Sebelum ganti oli, ajak jogging di tol.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by iwansiagian »

piraku wrote:
erwinign wrote:
piraku wrote: Wed Jul 29, 2020 9:11 Sorry sebelumnya kalau salah kamar. Bingung apa perlu bikin thread baru.

Mau minta saran. Mobil service terakhir februari ganti oli + service berkala. Nah kalau sesuai jadwal agustus udh masuk lagi, kelipatan 10000km/6bln. Masalahnya, karena pandemi dan kemarin psbb mobil baru jalan 1000an km sama dipanasin 3-4 hari sekali. Sayang masih gratis service aja sih.
Baiknya gimana ya? Apa perlu ganti oli jg? Atau ambil service aja tanpa ganti apa apa?
Mobilnya apa dan pake oli apa om kl boleh tau?
Terios 2018 om. Oli pake DGO pertamina 0w-20 bawaanya aja.
Selama ini selalu bingung karena KM rendah bgt akrifitas banyaknya pake motor, tp karena masih gratis service selama ini ikutin buku aja kalau suruh ganti ya ganti. Tp kondisi skrang efek psbb jadi makin jarang lagi jalan jauh. Apa baiknya ikutin interval 6bln ganti atau ikutin odo aja.
Sayang sih om kalo pake voucher gratis Jasa Service berkala nya kalo cuma ganti oli. Ganti oli di luar aja sendiri. Soalnya voucher Service berkala kan bisa di pake buat ganti kampas rem, buat ganti shockbreaker,dll. Daihatsu sampe 50 ribu km ya?3 tahun?free jasa nya?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Wed Jul 29, 2020 12:42
Kent wrote:kalo menurut saya sih ya, menurut saya ini permainan dari si driver sendiri..
karena setau saya ambil mobil beberapa merk (nissan, honda, toyota) standard nya kirim isi 5 atau 10ltr pertamax.
mungkin bon nya 10 ltr pertamax pakai struk lain, di reimburse.

tp saya sih simply klo new car, selalu ambil sendiri (kecuali yg di kirim towing)
krn gk tega mobil kinyis2 di injek gas betot2.
saya klo bawa mobil baru tuh 10rb km pertama selalu jadi tukang bikin macet (gas gk lebih dr 2k rpm, dan tdk akselerasi mendadak or rem mendadak).. (maaf yg kesel sama mobil baru lelet2)

abis 10rb and ganti oli sih bejek abis, hahahaa.
Kalau Om Kompre, pas keluar dealer langsung pedal to kampret, gak ada lagi di sayang2 itu mesin & mobilnya hahahah...

IMHO mobil2 jaman now sih sudah gak perlu lagi yang namanya inreyen yang "ketat" seperti jaman old.

Paling 1.000 km pertama saja jalan normal, maksudnya yah bawa santuy aja lah, gak harus rpm gak boleh lewat dari 2 ribu gitu juga, rasanya sangat tersiksa sekali itu bawa mobilnya, apalagi sampai 10.000 km, bisa keram kaki om [emoji16]

Kaya Om Omni dong... 1.000 km pertama langsung ganti semua perlendiran bawaan pabrik (yang biasanya lendir2 raktjat jelata) dengan lendir keraton. Oli mesin ganti amsoil, oli transmisi ganti amsoil, oli gardan ganti amsoil, semuanya signature series alias kelas paling mahalnya. Total2 itu lendir habis 5 jutaan, itu juga free biaya jasa karena beliau suhunya DIY.

Habis ganti lendir keraton mau di bejek2 halus yah gak masalah om daripada harus jaga rpm di bawah 2 ribu terus tapi oli2nya gak di ganti sampe 10.000 km, ini sih break in mobil baru versi ane yah (subjective).

Kalau kata bokap ane dulu... mobil baru malah harus di geber, kalau enggak nanti kedepannya gak ada larinya alias jadi banci [emoji1787]
hahaha bisa aja ente Om Benz, ane bukan suhu DIY cuma bisa dikit2 aja. :mky_03:

btw topik inreyen menarik nih dibahas atau udah pernah dibahas, tp bahas lg kan seru juga. ane setuju ama om. ini sambil sharing aja ya, utk Om Kent juga kl berkenan.

jd konon dr yg ane pernah baca kalau proses bedding-in yg terpenting itu sebetulnya antara ring piston dan dinding silinder. tentu bukan bilang bagian yg lain tdk penting. dan itu terjadi di 500 miles/800 km pertama. ini yg paling pengaruh utk kedepannya mesin kompresi bagus, tenaga besar, dan ga makan oli. tentunya bedding-in komponen lain spt main bearings, conrod bearings, camshaft lobes juga tetap perlu proses cuma ini ring piston yg konon paling penting. bbrp literatur bahkan menyebutkan jangan ganti ke synthetic sebelum lewat masa inreyen 800 km tsb sebab akan membuat proses bedding-in tidak maksimal krn membuat metal to metal contact tidak ada pengikisan yg diperlukan.

dan cara yang betul selama periode inreyen adalah light-to-moderate load; bukan disetir secara kecepatan konstan atau rpm konstan atau rpm dibawah 2000. tapi juga bukan digeber sampai diatas 4000 rpm. apalagi geber2 ketika gigi netral, ini paling ga boleh krn beban mesin pas digeber gigi netral vs masuk gigi sambil bawa beban body itu dua hal yg berbeda. bahkan bbrp merk mobil (mercy dan honda) ada rev limiternya spy ga sengaja over revved dgn posisi gigi N.
jadi yg proper adalah harus diakselerasi dgn cepat supaya mesin dikasih beban momen puntir yg cukup, sy biasa injek gas 50%-75% tapi jangan pedal to kampret DAN tidak melebihi 4000 rpm. begitu lewat 700 km baru sy geber sampai 5000 rpm. variasikan juga kecepatan supaya semua gigi bisa terpakai secara bergantian dgn merata jd semua gigi bisa "terkikis" dgn rata termasuk gigi tertinggi (gigi 5 atau 6, 7, 8, 9) jika memungkinkan. ini yg suka kelupaan krn kadang ada yg ga pernah ke tol jd gigi overdrive jarang dipakai apalagi kl matic. hindari rem mendadak apalagi sampai full stop sekaligus dr kecepatan tinggi.

setelah masa inreyen 1000 km sangat disarankan ganti oli meskipun banyak beres yg bilang ga usah. padahal harga oli ga seberapa dibanding tahun2 pemakaian berikutnya yg bebas masalah kl itu dilakukan. kl oli gearbox dan gardan ga mau ganti, paling tidak oli mesin. habis ganti oli, olinya baru dan bersih baru geber sampai dekat redline.

Dan ini hasilnya di mobil jazz sy

Compression Test

Jazz GK5 Odo 8K kms

2.2.2020

Cyl 1: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 2: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 3: 180 psi lebih sedikit (13 bar)

Cyl 4: 200 psi kurang sedikit (14 bar)

note: by spec diatas 152 psi dianggap OK. deviasi antar silinder msh dlm batas wajar (+/- 10%) dan dugaan sy cyl 4 itu by design lebih tinggi krn faktor tekukan intake manifold yg membuat posisinya kurang volumetric efficient yg dikompensasi dgn kompresi yg sedikit lbh tinggi. ini cuma maybe.

ane merasa cukup puas dgn cara inreyen ane selama ini. monggo kl ada pendapat/pakem yg berbeda ttg inreyen.
Menurut ane cara Om Omi ini yang paling tepat & masuk akal untuk inreyen mobil2 baru. Masih banyak yang salah kaprah sih dalam periode critical moment ini.

Cuman untuk mobil2 beban (pick up) ane rada bingung itu inreyen nya gimana, karena pas dateng dari dealer itu mobil langsung di isi barang full load, malah di indo prakteknya bisa lebih dari load max pabrikan, tambah leaf spring di roda belakang itu sudah rahasia umum lah, di kantor ane juga gitu, terlebih untuk angkut barang2 yang berat tapi tidak bulky, kalau gak full load rasanya rugi kitanya [emoji16]

Dulu sering ketemu mobil2 pick up di jalan lagi delivery pakai plat nomor sementara, sopir yang bawa gak ada sopan2nya nge gas, rata2 pada high speed & high rpm. Ntah apakah ini inreyen versi ATPM [emoji4]

Kedua inreyen untuk mobil2 sport yang suara knalpotnya merdu2, biasalah mobil2 sport macam lambo dkk nya kalau gak mainin gasnya itu kaya lagi main ama cabe tapi gak ada suaranya, rasanya hambar gitu Hahaha [emoji28]

Mobil2 sport kayanya mesinnya sudah di inreyen dari pabrikan yah (pernah nonton di TV tapi rada2 lupa juga), kalau inreyen transmisi & rem nya gak tau deh gimana. Mobil2 begini kalau gak masuk trek balap kaya sentul susah juga mencapai ke gigi tertingginya, gimana itu nasib gigi trasmisi yang tertinggi kalau gak pernah terpakai?

Dulu inreyen golf mk7 sih langsung gas pol pedal to kampret habis 1.000 km pertama service di beres. Mana betah kita bawa mobil itu pelan2... rugi gak bisa nikmati mesin turbo & DSG transmisinya. Rem tetap ajib gak ada perubahan apa2, tetap pakem dari sejak keluar dealer. Kalau ada jalan kosong di depan langsung rubah transmisi ke S & pedal to kampret, langsung take off kaya pesawat... mau nunggu sampe 10.000 km sih sudah keburu tua baik mobil & kitanya [emoji23]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Thu Jul 30, 2020 0:49 Menurut ane cara Om Omi ini yang paling tepat & masuk akal untuk inreyen mobil2 baru. Masih banyak yang salah kaprah sih dalam periode critical moment ini.

Cuman untuk mobil2 beban (pick up) ane rada bingung itu inreyen nya gimana, karena pas dateng dari dealer itu mobil langsung di isi barang full load, malah di indo prakteknya bisa lebih dari load max pabrikan, tambah leaf spring di roda belakang itu sudah rahasia umum lah, di kantor ane juga gitu, terlebih untuk angkut barang2 yang berat tapi tidak bulky, kalau gak full load rasanya rugi kitanya [emoji16]

Dulu sering ketemu mobil2 pick up di jalan lagi delivery pakai plat nomor sementara, sopir yang bawa gak ada sopan2nya nge gas, rata2 pada high speed & high rpm. Ntah apakah ini inreyen versi ATPM [emoji4]

Kedua inreyen untuk mobil2 sport yang suara knalpotnya merdu2, biasalah mobil2 sport macam lambo dkk nya kalau gak mainin gasnya itu kaya lagi main ama cabe tapi gak ada suaranya, rasanya hambar gitu Hahaha [emoji28]

Mobil2 sport kayanya mesinnya sudah di inreyen dari pabrikan yah (pernah nonton di TV tapi rada2 lupa juga), kalau inreyen transmisi & rem nya gak tau deh gimana. Mobil2 begini kalau gak masuk trek balap kaya sentul susah juga mencapai ke gigi tertingginya, gimana itu nasib gigi trasmisi yang tertinggi kalau gak pernah terpakai?

Dulu inreyen golf mk7 sih langsung gas pol pedal to kampret habis 1.000 km pertama service di beres. Mana betah kita bawa mobil itu pelan2... rugi gak bisa nikmati mesin turbo & DSG transmisinya. Rem tetap ajib gak ada perubahan apa2, tetap pakem dari sejak keluar dealer. Kalau ada jalan kosong di depan langsung rubah transmisi ke S & pedal to kampret, langsung take off kaya pesawat... mau nunggu sampe 10.000 km sih sudah keburu tua baik mobil & kitanya [emoji23]
mobil2 angkut/commercial kayanya mungkin jarang yg melakukan riset kuantitatif untung rugi jangka panjang antara proper break-in vs no break-in ya om. ngga tau sih kl perusahaan2 besar yg mainannya truk gandeng gitu. padahal kl lihat tugasnya berat dan odometer akhir bisa ratusan ribu km menurut sy apalah arti rugi 1000 km pertama tapi proper gitu. kl sy jadi owner commercial fleet sy bikin tim khusus bagian inreyen wkwkwkwk.

nah kl mobil sport yg sy tau mmg konon di inreyen dr pabrik. sebetulnya mobil biasa juga sih pasti di test run dan dia ukur parameter2nya sbg quality check. masalahnya waktunya terbatas. jd ga sampai full minimal 800 km. sedangkan kalau pemilik pertama punya mindset yg emang mau pake sebentar abis itu dijual lagi mana mau mikirin inreyen. kl rusak ya urusan pemilik selanjutnya. mirip cabe sekali pedes, udah bayar langsung hajar, rugi waktu lah kl pake belai2 dulu hahahaha

makanya skrg ane hampir ga pernah beli mobil second meski dgn budget yg sama dibanding beli baru bisa dpt kelas mobil yg lbh tinggi. krn ane msh kuatir pemilik sebelumnya bener ngga inreyennya, selain maintenance dan lendir2 yg dipakenya.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by MSU »

rasa-nya di mobil2 modern jaman skrg apa msh perlu inreyen? bukannya udah jauh lebih presisi & teknologi pelumas udh lebih canggih ya..
di mobil ops kantor (xenia terbaru)...sejak baru gress gimana cara inreyennya...lha tiap hari Jakarta - cikampek rute-nya
jalan pelan & konstan supir ngantuk ...nguber waktu jg...
terakhir setahu sy sblm covid udh 130rb-an km & masih ok kondisi-nya..
malah di mobil satu-nya yg dpt driver kalem dgn rute yg sama...utk dikebut berasa kurang enak...aneh jg
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Jul 29, 2020 16:04
benzz89 wrote: Wed Jul 29, 2020 12:42
Kent wrote:kalo menurut saya sih ya, menurut saya ini permainan dari si driver sendiri..
karena setau saya ambil mobil beberapa merk (nissan, honda, toyota) standard nya kirim isi 5 atau 10ltr pertamax.
mungkin bon nya 10 ltr pertamax pakai struk lain, di reimburse.

tp saya sih simply klo new car, selalu ambil sendiri (kecuali yg di kirim towing)
krn gk tega mobil kinyis2 di injek gas betot2.
saya klo bawa mobil baru tuh 10rb km pertama selalu jadi tukang bikin macet (gas gk lebih dr 2k rpm, dan tdk akselerasi mendadak or rem mendadak).. (maaf yg kesel sama mobil baru lelet2)

abis 10rb and ganti oli sih bejek abis, hahahaa.
Kalau Om Kompre, pas keluar dealer langsung pedal to kampret, gak ada lagi di sayang2 itu mesin & mobilnya hahahah...

IMHO mobil2 jaman now sih sudah gak perlu lagi yang namanya inreyen yang "ketat" seperti jaman old.

Paling 1.000 km pertama saja jalan normal, maksudnya yah bawa santuy aja lah, gak harus rpm gak boleh lewat dari 2 ribu gitu juga, rasanya sangat tersiksa sekali itu bawa mobilnya, apalagi sampai 10.000 km, bisa keram kaki om [emoji16]

Kaya Om Omni dong... 1.000 km pertama langsung ganti semua perlendiran bawaan pabrik (yang biasanya lendir2 raktjat jelata) dengan lendir keraton. Oli mesin ganti amsoil, oli transmisi ganti amsoil, oli gardan ganti amsoil, semuanya signature series alias kelas paling mahalnya. Total2 itu lendir habis 5 jutaan, itu juga free biaya jasa karena beliau suhunya DIY.

Habis ganti lendir keraton mau di bejek2 halus yah gak masalah om daripada harus jaga rpm di bawah 2 ribu terus tapi oli2nya gak di ganti sampe 10.000 km, ini sih break in mobil baru versi ane yah (subjective).

Kalau kata bokap ane dulu... mobil baru malah harus di geber, kalau enggak nanti kedepannya gak ada larinya alias jadi banci [emoji1787]
hahaha bisa aja ente Om Benz, ane bukan suhu DIY cuma bisa dikit2 aja. :mky_03:

btw topik inreyen menarik nih dibahas atau udah pernah dibahas, tp bahas lg kan seru juga. ane setuju ama om. ini sambil sharing aja ya, utk Om Kent juga kl berkenan.

jd konon dr yg ane pernah baca kalau proses bedding-in yg terpenting itu sebetulnya antara ring piston dan dinding silinder. tentu bukan bilang bagian yg lain tdk penting. dan itu terjadi di 500 miles/800 km pertama. ini yg paling pengaruh utk kedepannya mesin kompresi bagus, tenaga besar, dan ga makan oli. tentunya bedding-in komponen lain spt main bearings, conrod bearings, camshaft lobes juga tetap perlu proses cuma ini ring piston yg konon paling penting. bbrp literatur bahkan menyebutkan jangan ganti ke synthetic sebelum lewat masa inreyen 800 km tsb sebab akan membuat proses bedding-in tidak maksimal krn membuat metal to metal contact tidak ada pengikisan yg diperlukan.

dan cara yang betul selama periode inreyen adalah light-to-moderate load; bukan disetir secara kecepatan konstan atau rpm konstan atau rpm dibawah 2000. tapi juga bukan digeber sampai diatas 4000 rpm. apalagi geber2 ketika gigi netral, ini paling ga boleh krn beban mesin pas digeber gigi netral vs masuk gigi sambil bawa beban body itu dua hal yg berbeda. bahkan bbrp merk mobil (mercy dan honda) ada rev limiternya spy ga sengaja over revved dgn posisi gigi N.
jadi yg proper adalah harus diakselerasi dgn cepat supaya mesin dikasih beban momen puntir yg cukup, sy biasa injek gas 50%-75% tapi jangan pedal to kampret DAN tidak melebihi 4000 rpm. begitu lewat 700 km baru sy geber sampai 5000 rpm. variasikan juga kecepatan supaya semua gigi bisa terpakai secara bergantian dgn merata jd semua gigi bisa "terkikis" dgn rata termasuk gigi tertinggi (gigi 5 atau 6, 7, 8, 9) jika memungkinkan. ini yg suka kelupaan krn kadang ada yg ga pernah ke tol jd gigi overdrive jarang dipakai apalagi kl matic. hindari rem mendadak apalagi sampai full stop sekaligus dr kecepatan tinggi.

setelah masa inreyen 1000 km sangat disarankan ganti oli meskipun banyak beres yg bilang ga usah. padahal harga oli ga seberapa dibanding tahun2 pemakaian berikutnya yg bebas masalah kl itu dilakukan. kl oli gearbox dan gardan ga mau ganti, paling tidak oli mesin. habis ganti oli, olinya baru dan bersih baru geber sampai dekat redline.

Dan ini hasilnya di mobil jazz sy

Compression Test

Jazz GK5 Odo 8K kms

2.2.2020

Cyl 1: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 2: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 3: 180 psi lebih sedikit (13 bar)

Cyl 4: 200 psi kurang sedikit (14 bar)

note: by spec diatas 152 psi dianggap OK. deviasi antar silinder msh dlm batas wajar (+/- 10%) dan dugaan sy cyl 4 itu by design lebih tinggi krn faktor tekukan intake manifold yg membuat posisinya kurang volumetric efficient yg dikompensasi dgn kompresi yg sedikit lbh tinggi. ini cuma maybe.

ane merasa cukup puas dgn cara inreyen ane selama ini. monggo kl ada pendapat/pakem yg berbeda ttg inreyen.
berarti saya itungan nya hoki yah om

mobil2 saya di rumah rata2 odo nya terbang tinggi, atau ccepet banget terbang tinggi nya, dan ga perna nurut ama 1000 km nyetir inrejen

sejauh ini sehh saya inrejen cuman ampe feeling nge rem nya dapet aj, begitu rem nya ngegigit lgs nyetir seperti biasa, walaupun ga kaya om kompre, tp at least maen2 rpm tinggi sering lah

sejauh ini sehh so far so good..

atau mungkin jg krn saya pake mobil ga ampe tinggi2 banget odo nya kl, biasa dbawah 150 rebu ud saya lepas, kcuali si ipah tuwir vvti sbiji open loop saya, itu ud 220 rebu kl ga sala, itu pun beli seken di odo 60an rebu, dan pas 200 rebu pas baru jebol seal klep
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by Omnibus »

MSU wrote: Thu Jul 30, 2020 2:10 rasa-nya di mobil2 modern jaman skrg apa msh perlu inreyen? bukannya udah jauh lebih presisi & teknologi pelumas udh lebih canggih ya..
di mobil ops kantor (xenia terbaru)...sejak baru gress gimana cara inreyennya...lha tiap hari Jakarta - cikampek rute-nya
jalan pelan & konstan supir ngantuk ...nguber waktu jg...
terakhir setahu sy sblm covid udh 130rb-an km & masih ok kondisi-nya..
malah di mobil satu-nya yg dpt driver kalem dgn rute yg sama...utk dikebut berasa kurang enak...aneh jg
jauh lebih presisi betul pada setiap komponen. tapi ketika komponen2 itu dirakit menjadi kesatuan unit tetap perlu namanya inreyen om. kan di buku manual tetap ada instruksi utk inreyen 1000 km sampai mobil2 produksi terbaru saat ini. kl tidak diperlukan pasti tidak akan ditulis.

contohnya di gambar ini ttg bedding-in piston dan dinding silinder (cited from https://www.amsoil.com/p/break-in-oil-sae-30--brk/ ):

Fig 1 kondisi baru setelah mesin dirakit, pertama kali piston ketemu pasangan dinding silindernya. ditutup silinder kop dan mungkin selamanya tdk akan melihat matahari lagi, ceileee :mky_03: . Fig 2 kondisi setelah proper inreyen, kompresi rapat tidak makan oli tenaga pasti besar.

Image


Fig 3 itu yg awal2 sebelum inreyen, lbh banyak oli lewat ring lalu klep buang ke knalpot. Fig 4 setelah inreyen sdh mulai berkurang.

Image


tp jujur sy sendiri juga belum pernah tau mobil yg gagal inreyen krn ga pernah ngalamin. apakah makan oli terus atau tenaganya kurang atau apa keluhannya. rasanya ownernya pun mungkin ga tau kl itu krn gagal inreyen penyebabnya, taunya mobil ada keluhan ini itu gitu mungkin ya.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by satriakarisma »

Dulu waktu kerja di ATPM, tu jazz,freed, crv keluar dari line QC sudah melalui berbagai hantaman QC.
Pintu dibanting banting, spion disenggol-senggol, ditest di proving ground circuit sampe red line, hard brake dan segalanya.

jadi kayanya inreyen gak gitu perlu ya, secara di pabrik pun mereka geber terus kok sampai di parkiran truk ;))
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Thu Jul 30, 2020 2:22
Omnibus wrote: Wed Jul 29, 2020 16:04
hahaha bisa aja ente Om Benz, ane bukan suhu DIY cuma bisa dikit2 aja. :mky_03:

btw topik inreyen menarik nih dibahas atau udah pernah dibahas, tp bahas lg kan seru juga. ane setuju ama om. ini sambil sharing aja ya, utk Om Kent juga kl berkenan.

jd konon dr yg ane pernah baca kalau proses bedding-in yg terpenting itu sebetulnya antara ring piston dan dinding silinder. tentu bukan bilang bagian yg lain tdk penting. dan itu terjadi di 500 miles/800 km pertama. ini yg paling pengaruh utk kedepannya mesin kompresi bagus, tenaga besar, dan ga makan oli. tentunya bedding-in komponen lain spt main bearings, conrod bearings, camshaft lobes juga tetap perlu proses cuma ini ring piston yg konon paling penting. bbrp literatur bahkan menyebutkan jangan ganti ke synthetic sebelum lewat masa inreyen 800 km tsb sebab akan membuat proses bedding-in tidak maksimal krn membuat metal to metal contact tidak ada pengikisan yg diperlukan.

dan cara yang betul selama periode inreyen adalah light-to-moderate load; bukan disetir secara kecepatan konstan atau rpm konstan atau rpm dibawah 2000. tapi juga bukan digeber sampai diatas 4000 rpm. apalagi geber2 ketika gigi netral, ini paling ga boleh krn beban mesin pas digeber gigi netral vs masuk gigi sambil bawa beban body itu dua hal yg berbeda. bahkan bbrp merk mobil (mercy dan honda) ada rev limiternya spy ga sengaja over revved dgn posisi gigi N.
jadi yg proper adalah harus diakselerasi dgn cepat supaya mesin dikasih beban momen puntir yg cukup, sy biasa injek gas 50%-75% tapi jangan pedal to kampret DAN tidak melebihi 4000 rpm. begitu lewat 700 km baru sy geber sampai 5000 rpm. variasikan juga kecepatan supaya semua gigi bisa terpakai secara bergantian dgn merata jd semua gigi bisa "terkikis" dgn rata termasuk gigi tertinggi (gigi 5 atau 6, 7, 8, 9) jika memungkinkan. ini yg suka kelupaan krn kadang ada yg ga pernah ke tol jd gigi overdrive jarang dipakai apalagi kl matic. hindari rem mendadak apalagi sampai full stop sekaligus dr kecepatan tinggi.

setelah masa inreyen 1000 km sangat disarankan ganti oli meskipun banyak beres yg bilang ga usah. padahal harga oli ga seberapa dibanding tahun2 pemakaian berikutnya yg bebas masalah kl itu dilakukan. kl oli gearbox dan gardan ga mau ganti, paling tidak oli mesin. habis ganti oli, olinya baru dan bersih baru geber sampai dekat redline.

Dan ini hasilnya di mobil jazz sy

Compression Test

Jazz GK5 Odo 8K kms

2.2.2020

Cyl 1: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 2: 180 psi kurang sedikit (12.5 bar)

Cyl 3: 180 psi lebih sedikit (13 bar)

Cyl 4: 200 psi kurang sedikit (14 bar)

note: by spec diatas 152 psi dianggap OK. deviasi antar silinder msh dlm batas wajar (+/- 10%) dan dugaan sy cyl 4 itu by design lebih tinggi krn faktor tekukan intake manifold yg membuat posisinya kurang volumetric efficient yg dikompensasi dgn kompresi yg sedikit lbh tinggi. ini cuma maybe.

ane merasa cukup puas dgn cara inreyen ane selama ini. monggo kl ada pendapat/pakem yg berbeda ttg inreyen.
berarti saya itungan nya hoki yah om

mobil2 saya di rumah rata2 odo nya terbang tinggi, atau ccepet banget terbang tinggi nya, dan ga perna nurut ama 1000 km nyetir inrejen

sejauh ini sehh saya inrejen cuman ampe feeling nge rem nya dapet aj, begitu rem nya ngegigit lgs nyetir seperti biasa, walaupun ga kaya om kompre, tp at least maen2 rpm tinggi sering lah

sejauh ini sehh so far so good..

atau mungkin jg krn saya pake mobil ga ampe tinggi2 banget odo nya kl, biasa dbawah 150 rebu ud saya lepas, kcuali si ipah tuwir vvti sbiji open loop saya, itu ud 220 rebu kl ga sala, itu pun beli seken di odo 60an rebu, dan pas 200 rebu pas baru jebol seal klep
nahh masalah di +62... mobilnya dr keluar gudang atau pelabuhan ama drivernya rata-rata ud pedal to the carpet... :ungg: beberapa disetir sendiri dengan cara nyetir ugal maksimal ala ala alay bawa ninja ban cacing cuma gede aj ukurannya.

udah disiksa sejak sebelum nyampe diler... :ngacir:

ane kadang jg khilaf om kalap nginjek gas lupa kl mobil masih baru blm ada 1000 km... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by benzz89 »

MSU wrote:rasa-nya di mobil2 modern jaman skrg apa msh perlu inreyen? bukannya udah jauh lebih presisi & teknologi pelumas udh lebih canggih ya..
di mobil ops kantor (xenia terbaru)...sejak baru gress gimana cara inreyennya...lha tiap hari Jakarta - cikampek rute-nya
jalan pelan & konstan supir ngantuk ...nguber waktu jg...
terakhir setahu sy sblm covid udh 130rb-an km & masih ok kondisi-nya..
malah di mobil satu-nya yg dpt driver kalem dgn rute yg sama...utk dikebut berasa kurang enak...aneh jg
Ya memang aneh tapi nyata, ada juga temen beli mobil yang barengan persis sama plek. Yang 1 dari awal bawanya beringas kakinya kaya om kompre, yang 1 lagi kakinya alon2 kelakon wong jowo.

Nah suatu ketika pas jalan bareng itu 2 mobil di geber, yang alon2 kelakon wong jowo gak bisa lagi seberingas yang kaya kaki om kompre. Rpm naiknya lambat & selalu kalah dalam akselerasi & kalah dalam final speeding, makanya jadi mobil "banci" istilahnya.

Kalo kata orang2 dulu dibawanya "berat" lemah syahwat dengan catatan sama2 kondisi stock yah. Mungkin juga banyak kerak itu di jeroan mesin karena jarang di geber2.

Kalau bokap ane dulu bawa mobilnya (rata2 mobil dulu M/T) oper gigi selalu, ane tekankan selalu di hampir red line. Pusing ane dengar raungan mesin sampe masuk kabin, tapi bokap ane kakinya tipe Om Kompre, susah dibetulinnya hahahah...

Tapi tiap mobil yang dipake ama bokap ane, orang2 pada bilang enak larinya, mungkin saking sudah pada aus kali yah itu jeroan2nya red line terus, ane aja sampe kasihan, gak tega kalau lagi di tarik sebelum oper gigi [emoji23]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Thu Jul 30, 2020 3:34
MSU wrote:rasa-nya di mobil2 modern jaman skrg apa msh perlu inreyen? bukannya udah jauh lebih presisi & teknologi pelumas udh lebih canggih ya..
di mobil ops kantor (xenia terbaru)...sejak baru gress gimana cara inreyennya...lha tiap hari Jakarta - cikampek rute-nya
jalan pelan & konstan supir ngantuk ...nguber waktu jg...
terakhir setahu sy sblm covid udh 130rb-an km & masih ok kondisi-nya..
malah di mobil satu-nya yg dpt driver kalem dgn rute yg sama...utk dikebut berasa kurang enak...aneh jg
Ya memang aneh tapi nyata, ada juga temen beli mobil yang barengan persis sama plek. Yang 1 dari awal bawanya beringas kakinya kaya om kompre, yang 1 lagi kakinya alon2 kelakon wong jowo.

Nah suatu ketika pas jalan bareng itu 2 mobil di geber, yang alon2 kelakon wong jowo gak bisa lagi seberingas yang kaya kaki om kompre. Rpm naiknya lambat & selalu kalah dalam akselerasi & kalah dalam final speeding, makanya jadi mobil "banci" istilahnya.

Kalo kata orang2 dulu dibawanya "berat" lemah syahwat dengan catatan sama2 kondisi stock yah. Mungkin juga banyak kerak itu di jeroan mesin karena jarang di geber2.

Kalau bokap ane dulu bawa mobilnya (rata2 mobil dulu M/T) oper gigi selalu, ane tekankan selalu di hampir red line. Pusing ane dengar raungan mesin sampe masuk kabin, tapi bokap ane kakinya tipe Om Kompre, susah dibetulinnya hahahah...

Tapi tiap mobil yang dipake ama bokap ane, orang2 pada bilang enak larinya, mungkin saking sudah pada aus kali yah itu jeroan2nya red line terus, ane aja sampe kasihan, gak tega kalau lagi di tarik sebelum oper gigi [emoji23]
Idemm

Ini kaki kanan saya jg turunan dr bokap

Malah bokap lebi sinting lg, suka males pindahin gigi, cruising speed aj rpm d panteng d 3000an kl bawa manual, ganti gigi jg bisa d 3500an lebih.. paling g enak kl doi bawa matik, gas rem gas rem mulu jadi nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?

Post by MSU »

benzz89 wrote: Thu Jul 30, 2020 3:34
MSU wrote:rasa-nya di mobil2 modern jaman skrg apa msh perlu inreyen? bukannya udah jauh lebih presisi & teknologi pelumas udh lebih canggih ya..
di mobil ops kantor (xenia terbaru)...sejak baru gress gimana cara inreyennya...lha tiap hari Jakarta - cikampek rute-nya
jalan pelan & konstan supir ngantuk ...nguber waktu jg...
terakhir setahu sy sblm covid udh 130rb-an km & masih ok kondisi-nya..
malah di mobil satu-nya yg dpt driver kalem dgn rute yg sama...utk dikebut berasa kurang enak...aneh jg
Ya memang aneh tapi nyata, ada juga temen beli mobil yang barengan persis sama plek. Yang 1 dari awal bawanya beringas kakinya kaya om kompre, yang 1 lagi kakinya alon2 kelakon wong jowo.

Nah suatu ketika pas jalan bareng itu 2 mobil di geber, yang alon2 kelakon wong jowo gak bisa lagi seberingas yang kaya kaki om kompre. Rpm naiknya lambat & selalu kalah dalam akselerasi & kalah dalam final speeding, makanya jadi mobil "banci" istilahnya.

Kalo kata orang2 dulu dibawanya "berat" lemah syahwat dengan catatan sama2 kondisi stock yah. Mungkin juga banyak kerak itu di jeroan mesin karena jarang di geber2.

Kalau bokap ane dulu bawa mobilnya (rata2 mobil dulu M/T) oper gigi selalu, ane tekankan selalu di hampir red line. Pusing ane dengar raungan mesin sampe masuk kabin, tapi bokap ane kakinya tipe Om Kompre, susah dibetulinnya hahahah...

Tapi tiap mobil yang dipake ama bokap ane, orang2 pada bilang enak larinya, mungkin saking sudah pada aus kali yah itu jeroan2nya red line terus, ane aja sampe kasihan, gak tega kalau lagi di tarik sebelum oper gigi [emoji23]
haha...nah bener kan
itu xenia kantor pedal to kampret dari baru...driver oper gigi selalu di redline kl lari di tol
kadang sy kalo jadi penumpang mikir ga jebol2 ni mesin