Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Serba Serbi Busi

Post by Pugman »

josomba wrote: Thu Jun 18, 2020 3:15
adityabp wrote: Tue Jun 16, 2020 6:57
Waktu baru angkat C24, saya langsung bawa ke Nissan Halim.
Ganti busi (LFR5A-11) cuma 25rb per pc.
Trus iseng ke Atrium beli busi yg sama. Masak 100rb per pc??? Apa krn dusnya Nissan yak?
:big_childish:
coba ke BeRes masdut ... minta busi buat cx-3/cx-5/2.... 500 rb per pcs, backdoor orang mazda 450 ribu per pcs.... babi bener ....

ke amazon tempo hari saya beli barang warehouse mereka (asli), 600 ribu dapet 4 dah ongkir + pajak pula.... gelok yg d indo ambil dari planet mars pa gimana ....
Beli di Online Amazon Om? Mazda 8 saya juga mintanya 400rb/pcs, akhirnya beli punya Peugeot, kelihatannya buatan Bosch. 750rb 4pcs. Sama-sama Iridium tapi ujungnya businya (electrode tip) lebih lancip punya Mazda, kalau dirasain saat stasioner lebih halus yang punya asli Mazda.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Serba Serbi Busi

Post by Pugman »

Btw, sudah pernah ada yang coba busi Plasma belum ya? Maksudnya nambah kapasitor kecil high voltage pasang paralel dengan busi dan ground?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

Pugman wrote: Thu Jun 18, 2020 14:37
Beli di Online Amazon Om? Mazda 8 saya juga mintanya 400rb/pcs, akhirnya beli punya Peugeot, kelihatannya buatan Bosch. 750rb 4pcs. Sama-sama Iridium tapi ujungnya businya (electrode tip) lebih lancip punya Mazda, kalau dirasain saat stasioner lebih halus yang punya asli Mazda.
Iya om di amazon online maksudne ... ngk ilkar7l11 ... :ungg:
Image
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Serba Serbi Busi

Post by adityabp »

Omnibus wrote: Thu Jun 18, 2020 13:38
adityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 8:09
Soal main perasaan, IMHO justru kalo ngencengin busi gak perlu pake perasaan krn sampe titik tertentu busi emg dah gak bisa diputer lebih kenceng lagi. Beda dgn ngencengin mur yg tetep bisa diputer walaupun perasaan bilang dah cukup kenceng.
:mky_01:
umm nganu om .... ngencengin busi itu bukan sekencang2nya sampai ga bisa muter.

cylinder head dgn bahan aluminum jg rawan slek kl melewati batas krn bahan aluminum itu soft. torque range nya 18 s/d 25 Nm. Dan itu kl sdh sesuai spec lalu dikencangkan manual sekuat tenaga msh bisa muter jauh....apalagi kl pake ratchet gagang panjang aww i feel good ...... tp ya say goodbye sm cylinder head nya .... :mky_01:

imho justru masang busi termasuk salah satu yg paling perlu torque wrench, kl bicara proper SOP.
Hehehe, gak heboh sekencang2xnya lah Om.
Saya pake kunci busi T yg panjang, yg ada engselnya. "Kelebihan" kunci ini, dia gak bisa dikasih torsi yg besar krn panjang batang T-nya kiri kanan cuma setengah telapak tangan. Kalo torsi kebanyakan pasti bunyi "ngek" dari engselnya, trus batang kuncinya sendiri berasa keplintir. Nah, yg saya rasakan selama ini kalo dah bunyi "ngek", berarti busi sdh cukup ketat krn kalo agak dipaksa muter dikit lagi, batang kuncinya yg mlintir, pertanda busi dah mentok. Mungkin kalo pake ratchet masih bisa.
:mky_01:
Saya selalu bongkar pasang busi ketika mesin bener2x dingin (sdh parkir semaleman) dan selama ini blm pernah nemu tanda kebocoran di lubang busi krn busi kurang ketat.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Serba Serbi Busi

Post by adityabp »

DOHC wrote: Thu Jun 18, 2020 11:29
adityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 8:14
josomba wrote: Thu Jun 18, 2020 3:15

coba ke BeRes masdut ... minta busi buat cx-3/cx-5/2.... 500 rb per pcs, backdoor orang mazda 450 ribu per pcs.... babi bener ....

ke amazon tempo hari saya beli barang warehouse mereka (asli), 600 ribu dapet 4 dah ongkir + pajak pula.... gelok yg d indo ambil dari planet mars pa gimana ....
Sialnya, saya baru tau harga busi beres cuma segitu setelah saya beli busi di Atrium. :big_biglaugh:
Gara2x iseng bongkar buku servis trus gak sengaja nemu bon servisnya.
Makanya dah saya blacklist tuh toko. Sial bener dah. :big_childish:
beli busi batu makam di kibulin harganya ? kayanya saya tau nehh toko nya yg mana, yg sebelah toko nya skrg jualan spare part honda yah om ?

perna jual busi nikel merk champion ke saya sbiji nya 85 rebu, blg nya itu busi iridium jenis baru, pake dus batu makam jg, bahkan dus nya pake part number busi iridium yg denso bawaan
Hehehe, gak terlalu merhatiin toko tetangganya om.
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Serba Serbi Busi

Post by doko86 »

Agan mohon pencerahannya donk.
Saya habis ganti busi denso SC20HR11 iridium pada mobil ayla 1000 cc (1KR-DE), apakah sdh bener blm y gan.... Soalnya itu rekomendasi dari SA bengkel.

Efek habis tune up, ganti oli dan ganti busi, yg sebelumnya bisa 22 km/l sekarang turun jadi 20 km/lt.
Mohon pencerahannya gan.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

doko86 wrote: Tue Jun 23, 2020 19:09 Agan mohon pencerahannya donk.
Saya habis ganti busi denso SC20HR11 iridium pada mobil ayla 1000 cc (1KR-DE), apakah sdh bener blm y gan.... Soalnya itu rekomendasi dari SA bengkel.

Efek habis tune up, ganti oli dan ganti busi, yg sebelumnya bisa 22 km/l sekarang turun jadi 20 km/lt.
Mohon pencerahannya gan.
tekanan ban?

selalu isi di spbu yg sama kan?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

MSU wrote: Thu Jun 18, 2020 14:23
Omnibus wrote: Thu Jun 18, 2020 13:38
adityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 8:09
Soal main perasaan, IMHO justru kalo ngencengin busi gak perlu pake perasaan krn sampe titik tertentu busi emg dah gak bisa diputer lebih kenceng lagi. Beda dgn ngencengin mur yg tetep bisa diputer walaupun perasaan bilang dah cukup kenceng.
:mky_01:
umm nganu om .... ngencengin busi itu bukan sekencang2nya sampai ga bisa muter.

cylinder head dgn bahan aluminum jg rawan slek kl melewati batas krn bahan aluminum itu soft. torque range nya 18 s/d 25 Nm. Dan itu kl sdh sesuai spec lalu dikencangkan manual sekuat tenaga msh bisa muter jauh....apalagi kl pake ratchet gagang panjang aww i feel good ...... tp ya say goodbye sm cylinder head nya .... :mky_01:

imho justru masang busi termasuk salah satu yg paling perlu torque wrench, kl bicara proper SOP.
Setuju sekali om...cm kalo ga punya torque wrench..sy pake patokan yg di dus busi aja..kl ga salah kan kencengin pake tangan dulu kl udh mentok baru kencengin lg pake kunci busi kl ga salah 1/4 - 1/2 putaran dah..
Torque wrench wishlist tp mahal bgt wkwk..
mahal emang TW yg bagus dan akurat.
makanya klo ke bengkel resmi, sy tanya2 dulu klo ngencengin baut dsb prosedurnya pakai TW atau nggak.

kebetulan di beres dkt rumah pakai TW bukan abal2.
jd insya Allah aman & saya tinggal awasin aja pekerjaan mereka.

apalagi klo bengkel resmi, harga jasanya harus sesuai dgn SOP :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

doko86 wrote: Tue Jun 23, 2020 19:09 Agan mohon pencerahannya donk.
Saya habis ganti busi denso SC20HR11 iridium pada mobil ayla 1000 cc (1KR-DE), apakah sdh bener blm y gan.... Soalnya itu rekomendasi dari SA bengkel.

Efek habis tune up, ganti oli dan ganti busi, yg sebelumnya bisa 22 km/l sekarang turun jadi 20 km/lt.
Mohon pencerahannya gan.
mungkin ngga abis ganti busi si Om lebih ngegas2 pengen nyoba busi baru apa bedanya.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

Omnibus wrote: Wed Jun 24, 2020 4:56
doko86 wrote: Tue Jun 23, 2020 19:09 Agan mohon pencerahannya donk.
Saya habis ganti busi denso SC20HR11 iridium pada mobil ayla 1000 cc (1KR-DE), apakah sdh bener blm y gan.... Soalnya itu rekomendasi dari SA bengkel.

Efek habis tune up, ganti oli dan ganti busi, yg sebelumnya bisa 22 km/l sekarang turun jadi 20 km/lt.
Mohon pencerahannya gan.
mungkin ngga abis ganti busi si Om lebih ngegas2 pengen nyoba busi baru apa bedanya.
rada lupa...jaman tahun 90-an tabloid otomotif pernah bahas, bahan pengantar listrik terbaik kl ga salah tetap nickel
iridium & platinum bukan juara-nya...tp memang soal durability lbh baik.
mgkn itu efeknya ya?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

MSU wrote: Wed Jun 24, 2020 5:30
Omnibus wrote: Wed Jun 24, 2020 4:56
mungkin ngga abis ganti busi si Om lebih ngegas2 pengen nyoba busi baru apa bedanya.
rada lupa...jaman tahun 90-an tabloid otomotif pernah bahas, bahan pengantar listrik terbaik kl ga salah tetap nickel
iridium & platinum bukan juara-nya...tp memang soal durability lbh baik.
mgkn itu efeknya ya?
maksudnya copper elektroda tengahnya ya om yg konduktor terbaik? sebab kl nickel kan elektroda negatifnya. setuju bisa jadi juga krn itu.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

Omnibus wrote: Wed Jun 24, 2020 5:43
MSU wrote: Wed Jun 24, 2020 5:30
Omnibus wrote: Wed Jun 24, 2020 4:56
mungkin ngga abis ganti busi si Om lebih ngegas2 pengen nyoba busi baru apa bedanya.
rada lupa...jaman tahun 90-an tabloid otomotif pernah bahas, bahan pengantar listrik terbaik kl ga salah tetap nickel
iridium & platinum bukan juara-nya...tp memang soal durability lbh baik.
mgkn itu efeknya ya?
maksudnya copper elektroda tengahnya ya om yg konduktor terbaik? sebab kl nickel kan elektroda negatifnya. setuju bisa jadi juga krn itu.
Rada lupa detailnya wkwk...cm kl ga salah busi non iridium platinum itu tetap bahannya terbaik antar listrik..cons-nya di durability
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Serba Serbi Busi

Post by doko86 »

Suryaputra wrote: Tue Jun 23, 2020 23:04
doko86 wrote: Tue Jun 23, 2020 19:09 Agan mohon pencerahannya donk.
Saya habis ganti busi denso SC20HR11 iridium pada mobil ayla 1000 cc (1KR-DE), apakah sdh bener blm y gan.... Soalnya itu rekomendasi dari SA bengkel.

Efek habis tune up, ganti oli dan ganti busi, yg sebelumnya bisa 22 km/l sekarang turun jadi 20 km/lt.
Mohon pencerahannya gan.
tekanan ban?

selalu isi di spbu yg sama kan?
Tekanan ban standar om, 33 psi, untuk isi spbu selama ini seringnya 31
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Serba Serbi Busi

Post by doko86 »

Omnibus wrote: Wed Jun 24, 2020 4:56
doko86 wrote: Tue Jun 23, 2020 19:09 Agan mohon pencerahannya donk.
Saya habis ganti busi denso SC20HR11 iridium pada mobil ayla 1000 cc (1KR-DE), apakah sdh bener blm y gan.... Soalnya itu rekomendasi dari SA bengkel.

Efek habis tune up, ganti oli dan ganti busi, yg sebelumnya bisa 22 km/l sekarang turun jadi 20 km/lt.
Mohon pencerahannya gan.
mungkin ngga abis ganti busi si Om lebih ngegas2 pengen nyoba busi baru apa bedanya.
Gak om, malah seringan eco terus klu jalan. Apa ngaruh y busi ayla 1200 cc di pake ke ayla 1000 cc
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

Baiknya pakai busi bawaan standard pabrik ajah.
udh designed oleh tim R&D pabrik spt itu :D
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

doko86 wrote: Wed Jun 24, 2020 11:02
Omnibus wrote: Wed Jun 24, 2020 4:56
doko86 wrote: Tue Jun 23, 2020 19:09 Agan mohon pencerahannya donk.
Saya habis ganti busi denso SC20HR11 iridium pada mobil ayla 1000 cc (1KR-DE), apakah sdh bener blm y gan.... Soalnya itu rekomendasi dari SA bengkel.

Efek habis tune up, ganti oli dan ganti busi, yg sebelumnya bisa 22 km/l sekarang turun jadi 20 km/lt.
Mohon pencerahannya gan.
mungkin ngga abis ganti busi si Om lebih ngegas2 pengen nyoba busi baru apa bedanya.
Gak om, malah seringan eco terus klu jalan. Apa ngaruh y busi ayla 1200 cc di pake ke ayla 1000 cc
Coba liat nilai panas busi nya aj, kl sama yah gapapa

Beberapa pej kebelakang mbah2 di marih perna bersabda ganti busi liat nilai panas, resistor atau kaga.. soal merek, nikel, iridum dsb laen yah gapapa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1478
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Busi

Post by MSU »

DOHC wrote: Thu Jun 25, 2020 2:55
doko86 wrote: Wed Jun 24, 2020 11:02
Omnibus wrote: Wed Jun 24, 2020 4:56

mungkin ngga abis ganti busi si Om lebih ngegas2 pengen nyoba busi baru apa bedanya.
Gak om, malah seringan eco terus klu jalan. Apa ngaruh y busi ayla 1200 cc di pake ke ayla 1000 cc
Coba liat nilai panas busi nya aj, kl sama yah gapapa

Beberapa pej kebelakang mbah2 di marih perna bersabda ganti busi liat nilai panas, resistor atau kaga.. soal merek, nikel, iridum dsb laen yah gapapa
yang perlu di cek lagi item servis-nya...oli sama ga dgn sebelumnya...volume-nya kelebihan ga..tekanan angin ban
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

DOHC wrote: Thu Jun 25, 2020 2:55
doko86 wrote: Wed Jun 24, 2020 11:02
Omnibus wrote: Wed Jun 24, 2020 4:56

mungkin ngga abis ganti busi si Om lebih ngegas2 pengen nyoba busi baru apa bedanya.
Gak om, malah seringan eco terus klu jalan. Apa ngaruh y busi ayla 1200 cc di pake ke ayla 1000 cc
Coba liat nilai panas busi nya aj, kl sama yah gapapa

Beberapa pej kebelakang mbah2 di marih perna bersabda ganti busi liat nilai panas, resistor atau kaga.. soal merek, nikel, iridum dsb laen yah gapapa

mbah,
kalo diganti pake busi pijar boleh ndak?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

marmut wrote: Thu Jun 25, 2020 5:38
DOHC wrote: Thu Jun 25, 2020 2:55
doko86 wrote: Wed Jun 24, 2020 11:02

Gak om, malah seringan eco terus klu jalan. Apa ngaruh y busi ayla 1200 cc di pake ke ayla 1000 cc
Coba liat nilai panas busi nya aj, kl sama yah gapapa

Beberapa pej kebelakang mbah2 di marih perna bersabda ganti busi liat nilai panas, resistor atau kaga.. soal merek, nikel, iridum dsb laen yah gapapa

mbah,
kalo diganti pake busi pijar boleh ndak?
Mnurut diktat kuliah universiti of asem reges bilang ga bole mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Serba Serbi Busi

Post by doko86 »

:big_grin: [emo-have-a-nice-day]
MSU wrote: Thu Jun 25, 2020 5:11
DOHC wrote: Thu Jun 25, 2020 2:55
doko86 wrote: Wed Jun 24, 2020 11:02

Gak om, malah seringan eco terus klu jalan. Apa ngaruh y busi ayla 1200 cc di pake ke ayla 1000 cc
Coba liat nilai panas busi nya aj, kl sama yah gapapa

Beberapa pej kebelakang mbah2 di marih perna bersabda ganti busi liat nilai panas, resistor atau kaga.. soal merek, nikel, iridum dsb laen yah gapapa
yang perlu di cek lagi item servis-nya...oli sama ga dgn sebelumnya...volume-nya kelebihan ga..tekanan angin ban
oli mesin beda om, sebelum tune up 5w30 sn plus nya valvoline, nah sekarang pake 0w20 eco ptt . Sdh solved om, habis jalan 450 km baru balik lg dpt 22.7 km/l dr sebelum ganti oli 22 km/l.

Apa emg seperti ini y.... Karakternya oli 0w20 ecoptt.
:big_childish:
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 383
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Serba Serbi Busi

Post by doko86 »

DOHC wrote: Thu Jun 25, 2020 2:55
doko86 wrote: Wed Jun 24, 2020 11:02
Omnibus wrote: Wed Jun 24, 2020 4:56

mungkin ngga abis ganti busi si Om lebih ngegas2 pengen nyoba busi baru apa bedanya.
Gak om, malah seringan eco terus klu jalan. Apa ngaruh y busi ayla 1200 cc di pake ke ayla 1000 cc
Coba liat nilai panas busi nya aj, kl sama yah gapapa

Beberapa pej kebelakang mbah2 di marih perna bersabda ganti busi liat nilai panas, resistor atau kaga.. soal merek, nikel, iridum dsb laen yah gapapa
siap om :big_deal:

Klu lihat d buku manual menggunakan NGK LKR6C / DENSO XU20HR9, sedangkan yg di gunakan sekarang SC20HR11.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

doko86 wrote: Fri Jun 26, 2020 2:38
siap om :big_deal:

Klu lihat d buku manual menggunakan NGK LKR6C / DENSO XU20HR9, sedangkan yg di gunakan sekarang SC20HR11.
ane ngeraba2 ngeliat yg sesama denso ya. Nilai panas dah sama, nah masalah gap nih

yg di bukman itu minta gap 0.9mm
yg om pake itu gapnya 1.0-1.1mm


Udah jelas beda spek itu kan? D mobil ane skarang aja beda 0.1mm udah beda sih tarikan dll-nya juga.

CMIIW mbah Klep dan mbah tikus barbel
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

doko86 wrote: Fri Jun 26, 2020 2:38
DOHC wrote: Thu Jun 25, 2020 2:55
doko86 wrote: Wed Jun 24, 2020 11:02

Gak om, malah seringan eco terus klu jalan. Apa ngaruh y busi ayla 1200 cc di pake ke ayla 1000 cc
Coba liat nilai panas busi nya aj, kl sama yah gapapa

Beberapa pej kebelakang mbah2 di marih perna bersabda ganti busi liat nilai panas, resistor atau kaga.. soal merek, nikel, iridum dsb laen yah gapapa
siap om :big_deal:

Klu lihat d buku manual menggunakan NGK LKR6C / DENSO XU20HR9, sedangkan yg di gunakan sekarang SC20HR11.
ya udah ikutin aja om, itu kan hasil R&D insinyur toyodai yg ilmunya udh mumpuni :big_peace:
selama stocknya ada, ya pakai jenis yg sama aja terus sesuai manual book.

lagipula ganti spec busi & klo parts lain masih std atau gak ada ubahan di ECU, malah yg ada gak optimal kinerja nya.
busi nya kan murah ini, aman nya ya beli di bengkel resmi aja.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11281
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

gile bener bensin 1:22 km ...... gmn rasanya ya kl pemakaian ane kaya gitu ke spbu cuma sebulan sekali - duakali. :big_smile]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

josomba wrote: Fri Jun 26, 2020 3:17
doko86 wrote: Fri Jun 26, 2020 2:38
siap om :big_deal:

Klu lihat d buku manual menggunakan NGK LKR6C / DENSO XU20HR9, sedangkan yg di gunakan sekarang SC20HR11.
ane ngeraba2 ngeliat yg sesama denso ya. Nilai panas dah sama, nah masalah gap nih

yg di bukman itu minta gap 0.9mm
yg om pake itu gapnya 1.0-1.1mm


Udah jelas beda spek itu kan? D mobil ane skarang aja beda 0.1mm udah beda sih tarikan dll-nya juga.

CMIIW mbah Klep dan mbah tikus barbel
Baru mau komen hal yg sama

Btw iya saya perhatikan ad perbezaan d celah gap busi nya

Coba aj d stel ulang busi nya, ikutin kerapetan bawaan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: