Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Omnibus »

kompresorz wrote: Sun May 03, 2020 2:30
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 2:15
Omnibus wrote: Sat May 02, 2020 19:31

lah kijang kapsul n ipah lama kan pernah punya di rumah ..... lupa ane om :upss:

tp ipah kl udah kejemur lama pas nyalain ac belakang luamaa dinginnya, hawa panas yg keluar
Ampe generasi anki jg sama om.. luamaaa dingin nya.. pdahal kl itu evap blakang standby dingin terus kl ac depan nyala.. kipas blower blakang jg lmayan kenceng

Kepanjangan kl jalur selang angin nya..
kijang kok ngeluh soal ac....


coba rasain naik bmw n merci dan sebangsanya....


gw kalo kejemur lama buka kaca semua trs ambil napas ke arah jendela.....

mknya gw sebel naik bmw n merci klo soal ac.....

wae aya


:ngacir:
tauukkk tuuhhhh :big_biglaugh:



tapi beneran om .... dinginan bmw merci kl lawan double blower ipah abis kejemur
lah om duduknya di depan mulu sekali2 dong di belakang, row 3 kl perlu .................. :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Sun May 03, 2020 2:30
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 2:15
Omnibus wrote: Sat May 02, 2020 19:31
kijang kok ngeluh soal ac....


coba rasain naik bmw n merci dan sebangsanya....


gw kalo kejemur lama buka kaca semua trs ambil napas ke arah jendela.....

mknya gw sebel naik bmw n merci klo soal ac.....

wae aya


:ngacir:
Kijang kl dr blower blakang emg rada lama dingin nya.. tp kl dr blower depan.. ga pake lama, lgs cesssss dingin.. makanya blower blakang lama dingin ya gapapa, ktolong ama depan

Honda jg payah dingin nya.. kl cuaca panas, blower musti stel rada kenceng, hawa dingin nya jg kurang menusuk dbanding kijang panther

Mesin imut2, ac jg imut2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sat May 02, 2020 14:12
mobil2 jaman dl jg ad yg cuman kipas visco doank ckup om.. panther, kijang kapsul... kecuali kjang kotak, itu kipas visco tp tetep musti ditandem electric fan kl ud dipasang ac..
lah kijang kapsul n ipah lama kan pernah punya di rumah ..... lupa ane om :upss:

tp ipah kl udah kejemur lama pas nyalain ac belakang luamaa dinginnya, hawa panas yg keluar
Ini sih menurut ane wajar yah Om, kan atapnya pelat besi gitu kejemur matahari yah pasti panas itu di bawah plafon, pertama kali blower berhembus yah buang dulu "cadangan" angin yang ada di plafon, lalu hembusan angin dingin AC harus "fight" dulu ama suhu plafon yang panas, makanya agak lama baru bisa dingin kaya AC di depan.

Sudah kenyang ane duduk di row 2 fortuner, tiap kali kejemur pertama kali nyalain AC row 2 yah udara panas yang pertama kali keluar, kira2 5 menit baru dingin itu hembusannya.

Tapi toyota dingin kulkas lah AC nya, apalagi camry itu condensornya gede banget, ntah berapa PK itu kompressornya, gigit banget dinginnya, apalagi sudah ada fitur plasmacluster, memang beda ama AC biasa, berasa ada ion2nya waktu kita napas, terus ada self cleaning juga, kalau lagi cleaning berasa kurang dingin dikit tapi cuman sebentar lalu gigit lagi itu AC... mantap jiwalah
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sun May 03, 2020 3:47 ..............
Ini sih menurut ane wajar yah Om, kan atapnya pelat besi gitu kejemur matahari yah pasti panas itu di bawah plafon,
...........
ya itu dia om ...... udah tau atap panas kl kejemur malah taro duct n vents disitu.

kan bisa begini

Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

Lawan tanding ipah itu plg pas si panther..

Kulkas lawan kulkas.. dl punya panther 10 taon jalan 300 rebuan km ga perna ganti evap kompresor kondensor macem... cuman perna dibersihin skali doank.. dingin nya nyoss

Ehh ad satu mobil lg... old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold, ini jg nendang dingin nya, tp ampas umurnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by coklatMetalik »

DOHC wrote: Sun May 03, 2020 4:39 Lawan tanding ipah itu plg pas si panther..

Kulkas lawan kulkas.. dl punya panther 10 taon jalan 300 rebuan km ga perna ganti evap kompresor kondensor macem... cuman perna dibersihin skali doank.. dingin nya nyoss

Ehh ad satu mobil lg... old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold, ini jg nendang dingin nya, tp ampas umurnya
old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold sih setelan anginnya kegedean, yg bs dipake yg nomer 1 doang, 2 dst suara anginnya bs nutupi suara head unit :ungg:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by benzz89 »

coklatMetalik wrote:
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 4:39 Lawan tanding ipah itu plg pas si panther..

Kulkas lawan kulkas.. dl punya panther 10 taon jalan 300 rebuan km ga perna ganti evap kompresor kondensor macem... cuman perna dibersihin skali doank.. dingin nya nyoss

Ehh ad satu mobil lg... old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold, ini jg nendang dingin nya, tp ampas umurnya
old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold sih setelan anginnya kegedean, yg bs dipake yg nomer 1 doang, 2 dst suara anginnya bs nutupi suara head unit :ungg:
Tapi air vent yang di row 2 nya sepoi2 lemesss... kenceng kaga hembusan anginnya, dingin juga malu2 kucinggg... ntah itu insinyur batu makam maksudnya apa bikin air vent model kaya gitu. Mungkin daripada di bully kaga ada AC di row 2 dibikin ala kadarnya aja, pokoknya ada, jadi jangan komplen [emoji1]

Yang aneh itu kompresor AC nya pake acara nembak dulu pas baru start, seumur2 punya mobil kaga pernah nemu model nembak begitu kompressor AC nya [emoji38]

Evapnya gak pake filter yah pantesan gampang kotor & bocor, ane kena tuh ganti evapnya pas garansi sudah habis. Pas ganti (bukan ori nissan sih) dinginnya sudah "normal" lagi alias gak terlalu dingin seperti aslinya... Tapi normal, bingung kan? Hahahah
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

Ac vent d row 2 pd old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold sehh tujuan nya utk mendinginkan paha penumpang itu... makanya kl cewe2 pake rok itu mending duduk depan atau row 3 skalian

Kl kompresor nembak2 itu sebenernya safety feature itu.. driver alarming system utk ngasi tau kl ac lg nyala
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Omnibus »

widih ..... cewe ikan asin ga boleh duduk row 2 middle old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Sun May 03, 2020 3:34
kompresorz wrote: Sun May 03, 2020 2:30
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 2:15

kijang kok ngeluh soal ac....


coba rasain naik bmw n merci dan sebangsanya....


gw kalo kejemur lama buka kaca semua trs ambil napas ke arah jendela.....

mknya gw sebel naik bmw n merci klo soal ac.....

wae aya


:ngacir:
Kijang kl dr blower blakang emg rada lama dingin nya.. tp kl dr blower depan.. ga pake lama, lgs cesssss dingin.. makanya blower blakang lama dingin ya gapapa, ktolong ama depan

Honda jg payah dingin nya.. kl cuaca panas, blower musti stel rada kenceng, hawa dingin nya jg kurang menusuk dbanding kijang panther

Mesin imut2, ac jg imut2
Honda mobilio kalau saya perhatikan coba siang hari macet 2x pegang box tongkat persneleng bagian bawah akan terasa hangat.
Jelas saja AC gak terasa dingin karena panasnya knalpot dan Catalytic converter merambat ke mobil.

Harus ngolong entah pasang insulasi type apa dan dimana pasangnya
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Omnibus wrote:
kemuningauto wrote: Sat May 02, 2020 9:10
Omnibus wrote:Halo om, mau tanya ttg fortuner yg gen terakhir itu ternyata cuma ada 1 visco fan dan ga ada extra fan buat kondensor ya (cmiiw) selama ini pernah ada keluhan ac ga dingin pas jalanan macet ga om? dan apakah bisa ditambahin extra fan spt pajero sport?

thx om sebelumnya
Betul. Dan ga pernah ada keluhan. Bagus kok. Ga perlu pake Extra Fan kaya Pajero. Problemnya kalo Fortuner 2016+ itu di Actuator Blendernya. Sering macet dan akhirnya heater yg keluar (panas).
bagus jg sistem denso ya tanpa extra fan msh bisa dingin pas macet.

thanks infonya om ttg Actuator Blender suka stuck. sy pertama liat awalnya ga sangka apa betul ada heater corenya ya secara ada coolant in out nya ke cabin, jangan2 di bypass di dalam cabin. berarti betul ada heater core ya om sebab sy ga pernah nyobain sih fungsi heaternya. termasuk jarang kan ya mobil assembling lokal apalagi yg local contents nya banyak tp ga sunat fitur heater.
Betul. Kebanyakan mobil dengan harga 150jt ke atas udah ada heater sih sekarang, walaupun ga kepake sebenernya di Indo karena tropisnya iklim. Tapi di semua Innova Reborn, Fortuner yg 2016+ pasti ada problem Actuator Blender. Tinggal cepat atau lambat aja, entah karena kesalahan fabrikasi atau gimana. Soalnya yg 2015 ke bawah itu berbeda motornya, ngga jadi satu semua kaya yg 2016+. Kalo 1 gear ngaco udah bermasalah semua karena jadi satu kesatuan.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

erwinign wrote:
kemuningauto wrote: Sat May 02, 2020 10:35
erwinign wrote:Om kemuning, saya mau nanya soal innova bensin gen 1. Dulu pernah servis AC dan fluida yang kaitannya buat AC diganti semua. Stl servis itu mesti fannya bunyi kenceng banget (higher rpm, higher fan volume) kaya angin ribut. Solusinya gimana ya om biar kaya baru lagi? Kl yg bener kan biasanya pas cold start memang kipas kenceng banget, terus 5 menit hampir ilang bunyinya
Kebanyakan Visco Fan Silicone nya. Dibuka lagi, buang sampe bersih, kasih 3 botol Silicone aja buat Innova.
Sbnrnya kalo visco fan silicone diganti, suara puteran kipasnya knp lebih berisik ya om?

Nanti stl penggantian ngukur perbedaan before afternya gimana ya om sebaiknya? Kaya misalnya keadaan idle panteng rpm berapa gitu ato gmn
Kalo bandingannya sama sebelum diganti jelas lebih kenceng, karena kan viscocity Silicone nya masih bagus baru namanya kan. Tapi kalo dibandingin sama mobil yg Visco Fan nya baru atau sama mobil baru pasti sama kekencangannya, asal takarannya pas ngga kebanyakan.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

DOHC wrote:
Omnibus wrote: Sat May 02, 2020 12:23

bagus jg sistem denso ya tanpa extra fan msh bisa dingin pas macet.

thanks infonya om ttg Actuator Blender suka stuck. sy pertama liat awalnya ga sangka apa betul ada heater corenya ya secara ada coolant in out nya ke cabin, jangan2 di bypass di dalam cabin. berarti betul ada heater core ya om sebab sy ga pernah nyobain sih fungsi heaternya. termasuk jarang kan ya mobil assembling lokal apalagi yg local contents nya banyak tp ga sunat fitur heater.
mobil2 jaman dl jg ad yg cuman kipas visco doank ckup om.. panther, kijang kapsul... kecuali kjang kotak, itu kipas visco tp tetep musti ditandem electric fan kl ud dipasang ac..
Betul sekali om. Soalnya Kijang Kotak lebih kecil Visco Fan nya. Terus dari segi radiator dan coolant, thermostat juga harus diperhatikan banget karena berpengaruh sekali sama AC. Secara radiator dan kondensor pasti berdempetan. Walaupun temperatur mesin normal, tidak menutup kemungkinan adanya karat, dsb di radiator. Sering bgt nemu masalah ini soalnya karena kurang diperhatiin Radiator, Coolant, Thermostat. Efeknya cutoff Compressor lama, dingin jelas beda sama yg normal karena Condenser kena hawa panas Radiator.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

coklatMetalik wrote:
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 4:39 Lawan tanding ipah itu plg pas si panther..

Kulkas lawan kulkas.. dl punya panther 10 taon jalan 300 rebuan km ga perna ganti evap kompresor kondensor macem... cuman perna dibersihin skali doank.. dingin nya nyoss

Ehh ad satu mobil lg... old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold, ini jg nendang dingin nya, tp ampas umurnya
old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold sih setelan anginnya kegedean, yg bs dipake yg nomer 1 doang, 2 dst suara anginnya bs nutupi suara head unit :ungg:
Betul. Udah banyak yg jual Resistor Blower lebih pelan dari aslinya buat Livina. Jadi ngga kekencengan blowernya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Profith83 wrote:
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 3:34
kompresorz wrote: Sun May 03, 2020 2:30 kijang kok ngeluh soal ac....


coba rasain naik bmw n merci dan sebangsanya....


gw kalo kejemur lama buka kaca semua trs ambil napas ke arah jendela.....

mknya gw sebel naik bmw n merci klo soal ac.....

wae aya


:ngacir:
Kijang kl dr blower blakang emg rada lama dingin nya.. tp kl dr blower depan.. ga pake lama, lgs cesssss dingin.. makanya blower blakang lama dingin ya gapapa, ktolong ama depan

Honda jg payah dingin nya.. kl cuaca panas, blower musti stel rada kenceng, hawa dingin nya jg kurang menusuk dbanding kijang panther

Mesin imut2, ac jg imut2
Honda mobilio kalau saya perhatikan coba siang hari macet 2x pegang box tongkat persneleng bagian bawah akan terasa hangat.
Jelas saja AC gak terasa dingin karena panasnya knalpot dan Catalytic converter merambat ke mobil.

Harus ngolong entah pasang insulasi type apa dan dimana pasangnya
Compressor juga kecil, dan sering ada kendala bocor di bagian packing body Compressor buat BR-V dan Mobilio.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

benzz89 wrote:
coklatMetalik wrote:
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 4:39 Lawan tanding ipah itu plg pas si panther..

Kulkas lawan kulkas.. dl punya panther 10 taon jalan 300 rebuan km ga perna ganti evap kompresor kondensor macem... cuman perna dibersihin skali doank.. dingin nya nyoss

Ehh ad satu mobil lg... old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold, ini jg nendang dingin nya, tp ampas umurnya
old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold sih setelan anginnya kegedean, yg bs dipake yg nomer 1 doang, 2 dst suara anginnya bs nutupi suara head unit :ungg:
Tapi air vent yang di row 2 nya sepoi2 lemesss... kenceng kaga hembusan anginnya, dingin juga malu2 kucinggg... ntah itu insinyur batu makam maksudnya apa bikin air vent model kaya gitu. Mungkin daripada di bully kaga ada AC di row 2 dibikin ala kadarnya aja, pokoknya ada, jadi jangan komplen [emoji1]

Yang aneh itu kompresor AC nya pake acara nembak dulu pas baru start, seumur2 punya mobil kaga pernah nemu model nembak begitu kompressor AC nya [emoji38]

Evapnya gak pake filter yah pantesan gampang kotor & bocor, ane kena tuh ganti evapnya pas garansi sudah habis. Pas ganti (bukan ori nissan sih) dinginnya sudah "normal" lagi alias gak terlalu dingin seperti aslinya... Tapi normal, bingung kan? Hahahah
Kalo Livina dan khususnya sih mobil2 Nissan, bagusnya pake yg asli. Merk Valeo, jangan yg imitasi2 beda pasti dinginnya. Kadang ada aja yg gagal produksi imitasi bisa frosting, kalo udah frosting merembetnya nanti2nya ke Compressor jebol, harus ganti Condenser, dll jadi tambah puyeng.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sun May 03, 2020 7:55 widih ..... cewe ikan asin ga boleh duduk row 2 middle old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold
Anu om,

Ati2, ntar dipenjara 18 bulan loh.. ikan asin itu tabu kl mnurut pa hakim :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sun May 03, 2020 8:35
Omnibus wrote: Sun May 03, 2020 7:55 widih ..... cewe ikan asin ga boleh duduk row 2 middle old nissan grand livina hr15de single cvtc single injector with tumble flaps intake manifold
Anu om,

Ati2, ntar dipenjara 18 bulan loh.. ikan asin itu tabu kl mnurut pa hakim :upss:
oh typo.... maksudnya cewe bawa ikan asin :upss:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Sun May 03, 2020 3:34
kompresorz wrote: Sun May 03, 2020 2:30
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 2:15

kijang kok ngeluh soal ac....


coba rasain naik bmw n merci dan sebangsanya....


gw kalo kejemur lama buka kaca semua trs ambil napas ke arah jendela.....

mknya gw sebel naik bmw n merci klo soal ac.....

wae aya


:ngacir:
Kijang kl dr blower blakang emg rada lama dingin nya.. tp kl dr blower depan.. ga pake lama, lgs cesssss dingin.. makanya blower blakang lama dingin ya gapapa, ktolong ama depan

Honda jg payah dingin nya.. kl cuaca panas, blower musti stel rada kenceng, hawa dingin nya jg kurang menusuk dbanding kijang panther

Mesin imut2, ac jg imut2
Setuju, saya kalo pake CRV pasti blower minimal setengah lebih tuh baru pas buat saya. Kalo di innova posisi level 2 aja udah cukup. Dengan catatan suhu selalu dipentokin ke paling dingin ya.

Great corolla saya sejak by-pass selang heater, dinginnya lebih nonjok, bahkan kalo high RPM sampe berasap itu dr ventilasi AC, bukan karena kotor evap/sistem nya, karena emang dingin polllll, pernah diukur sama salah satu bengkel AC itu sampe 1 derajat.
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by benzz89 »

evanbngdor wrote:
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 3:34
kompresorz wrote: Sun May 03, 2020 2:30 kijang kok ngeluh soal ac....


coba rasain naik bmw n merci dan sebangsanya....


gw kalo kejemur lama buka kaca semua trs ambil napas ke arah jendela.....

mknya gw sebel naik bmw n merci klo soal ac.....

wae aya


:ngacir:
Kijang kl dr blower blakang emg rada lama dingin nya.. tp kl dr blower depan.. ga pake lama, lgs cesssss dingin.. makanya blower blakang lama dingin ya gapapa, ktolong ama depan

Honda jg payah dingin nya.. kl cuaca panas, blower musti stel rada kenceng, hawa dingin nya jg kurang menusuk dbanding kijang panther

Mesin imut2, ac jg imut2
Setuju, saya kalo pake CRV pasti blower minimal setengah lebih tuh baru pas buat saya. Kalo di innova posisi level 2 aja udah cukup. Dengan catatan suhu selalu dipentokin ke paling dingin ya.

Great corolla saya sejak by-pass selang heater, dinginnya lebih nonjok, bahkan kalo high RPM sampe berasap itu dr ventilasi AC, bukan karena kotor evap/sistem nya, karena emang dingin polllll, pernah diukur sama salah satu bengkel AC itu sampe 1 derajat.
:mky_01:
Ngomong2 soal "berasap" dulu paling sering liat panther AC nya berasap, memang dinginnya kulkas sih AC nya panther jaman old.

Tapi jaman now jarang liat AC berasap lagi keluar dari kisi2 AC, kecuali pas kaca lagi dibuka ada pertemuan udara antar udara dingin AC dengan udara dari luar, tapi tetap aja dinginnya gigit juga macam di camry ane, setting AC auto gak pernah dibawah 22 derajat, mostly 25-23 aja cukup, 22 kalau lagi urgent aja bawa full 4 orang di siang hari super duper terik, tapi kalau sudah menggigil turunin lagi ke 23-24 [emoji4]

Jadi logika ane kalau hembusan angin dari kisi2 AC sampai berasap berarti ada kebocoran udara dari luar yang masuk ke kabin kah? Alias mobil kabinnya kurang kedap? Atau "asap" itu benar2 super duper extra dingin kulkas (lebih dingin dari yang paling dingin?) Susah ane jelasin kata2nya Hahahaha
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

benzz89 wrote: Sun May 03, 2020 11:36
evanbngdor wrote:
DOHC wrote: Sun May 03, 2020 3:34

Kijang kl dr blower blakang emg rada lama dingin nya.. tp kl dr blower depan.. ga pake lama, lgs cesssss dingin.. makanya blower blakang lama dingin ya gapapa, ktolong ama depan

Honda jg payah dingin nya.. kl cuaca panas, blower musti stel rada kenceng, hawa dingin nya jg kurang menusuk dbanding kijang panther

Mesin imut2, ac jg imut2
Setuju, saya kalo pake CRV pasti blower minimal setengah lebih tuh baru pas buat saya. Kalo di innova posisi level 2 aja udah cukup. Dengan catatan suhu selalu dipentokin ke paling dingin ya.

Great corolla saya sejak by-pass selang heater, dinginnya lebih nonjok, bahkan kalo high RPM sampe berasap itu dr ventilasi AC, bukan karena kotor evap/sistem nya, karena emang dingin polllll, pernah diukur sama salah satu bengkel AC itu sampe 1 derajat.
:mky_01:
Ngomong2 soal "berasap" dulu paling sering liat panther AC nya berasap, memang dinginnya kulkas sih AC nya panther jaman old.

Tapi jaman now jarang liat AC berasap lagi keluar dari kisi2 AC, kecuali pas kaca lagi dibuka ada pertemuan udara antar udara dingin AC dengan udara dari luar, tapi tetap aja dinginnya gigit juga macam di camry ane, setting AC auto gak pernah dibawah 22 derajat, mostly 25-23 aja cukup, 22 kalau lagi urgent aja bawa full 4 orang di siang hari super duper terik, tapi kalau sudah menggigil turunin lagi ke 23-24 [emoji4]

Jadi logika ane kalau hembusan angin dari kisi2 AC sampai berasap berarti ada kebocoran udara dari luar yang masuk ke kabin kah? Alias mobil kabinnya kurang kedap? Atau "asap" itu benar2 super duper extra dingin kulkas (lebih dingin dari yang paling dingin?) Susah ane jelasin kata2nya Hahahaha
Kalo di great corolla saya sih berasap waktu high RPM aja, misalnya lg cruising di tol RPM di atas 3000 terus gitu. Begitu udah jalan pelan ya normal lg. Dan kejadian ini terjadi waktu setelah by-pass selang heater itu. Sebelumnya sih gak pernah kayak gitu. Dan menurut beberapa temen di komunitas emang suka terjadi gitu
:mky_01:

Saya mau naik mobil apapun pasti selalu setel di posisi dingin mentok sih suhunya, blower minimal 2. AC di kamar rumah aja pake 1PK dan suhu selalu 16, padahal kamar cuma 3x3,5 meter. Kalo kata ortu dulu sih kulit badak
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by DOHC »

ahh jd inget panther kotak ane dl.. itu emg ac lejen, siang2 aj kadang jg bsa berasap.. dan dingin nya emg juara, 11 12 saingan ama ipah lah

pdahal dl punya kijang super, kapsul.. ga ampe seheboh mereka

seumur2 pliara mobil, buatan denso/nippondenso emg awet2 dan dingin sehh.. ohh satu lg, seiko seiki jg lmayan awet dan dingin tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Wed May 06, 2020 16:24 ahh jd inget panther kotak ane dl.. itu emg ac lejen, siang2 aj kadang jg bsa berasap.. dan dingin nya emg juara, 11 12 saingan ama ipah lah

pdahal dl punya kijang super, kapsul.. ga ampe seheboh mereka

seumur2 pliara mobil, buatan denso/nippondenso emg awet2 dan dingin sehh.. ohh satu lg, seiko seiki jg lmayan awet dan dingin tuh
bmw gw jg sering keluar asap...

cuma anginnya kurang kencang...itu masalahnya.. :big_weee:

:ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Wed May 06, 2020 16:24 ahh jd inget panther kotak ane dl.. itu emg ac lejen, siang2 aj kadang jg bsa berasap.. dan dingin nya emg juara, 11 12 saingan ama ipah lah

pdahal dl punya kijang super, kapsul.. ga ampe seheboh mereka

seumur2 pliara mobil, buatan denso/nippondenso emg awet2 dan dingin sehh.. ohh satu lg, seiko seiki jg lmayan awet dan dingin tuh
Panther kotak memang AC depannya dingin sih, abis dijemur lama gitu mobilnya, nyalain AC cuma butuh waktu ngga sampe 5 detik buat bikin angin dr ventilasinya itu dingin. cuma double blowernya itu kayak mainan dinginnya.
:mky_01:

Pernah coba punya sodara dulu panther new royale nya dr baru ya emang gitu, ya tetep dingin sih yg keluar dr double blowernya, cuma ngga kayak yg di depan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by coklatMetalik »

IMG_20200307_153940.jpg
Mobil2 dulu kalo ACnya dingin biasanya kisi2 sampe basah berembun. Kijang super, kapsul, panther, kuda rata2 begitu. Mobil sekarang walaupun dingin kok ga berembun ya (kecuali AC di plafon bus/elf travel)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82