Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

om kemuning, kemarin saya vacuum (freon dan oli) menggunakan mesin vacuum selama sekitar 5 menit (gauge level sudah di bawah 0). kemudian saya isi oli (nd-8) sktr 40 ml dari sisi low port kemudian port tersebut ditutup, sementara di sisi high port masih terbuka dan mesin vacuum masih nyala selama sekitar 15 menit. kemudian high port di tutup dan vacuum saya matikan. kemudian saya isi freon sesuai tekanan di gauge ac. stasioner di angka 30 psi low port

problem nya, suara kompresor sangat kasar sampai takut jebol kompresor nya. gak pake lama, saya matikan mesin kemudian saya ulangi langkah persis di atas dan suara kompresor halus kembali. yang ingin saya tanyakan, apakah cara di atas sudah benar..?? kemudian isi/top up oli dengan cara diatas baiknya brp ml..?? karena klo di total (2 kali aplikasi) sktr 80 ml saya nambah oli nya

mobil x-over, kompresor masih bawaan
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:om kemuning, kemarin saya vacuum (freon dan oli) menggunakan mesin vacuum selama sekitar 5 menit (gauge level sudah di bawah 0). kemudian saya isi oli (nd-8) sktr 40 ml dari sisi low port kemudian port tersebut ditutup, sementara di sisi high port masih terbuka dan mesin vacuum masih nyala selama sekitar 15 menit. kemudian high port di tutup dan vacuum saya matikan. kemudian saya isi freon sesuai tekanan di gauge ac. stasioner di angka 30 psi low port

problem nya, suara kompresor sangat kasar sampai takut jebol kompresor nya. gak pake lama, saya matikan mesin kemudian saya ulangi langkah persis di atas dan suara kompresor halus kembali. yang ingin saya tanyakan, apakah cara di atas sudah benar..?? kemudian isi/top up oli dengan cara diatas baiknya brp ml..?? karena klo di total (2 kali aplikasi) sktr 80 ml saya nambah oli nya

mobil x-over, kompresor masih bawaan
Siap. Abis diservice AC nya atau ada penggantian parts? Atau cuma iseng aja vacuum dan isi freon?
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

MSU wrote:
kemuningauto wrote: Thu Nov 14, 2019 9:54
piraku wrote:Baunya pas pertama dinyalain aja sih, kalau udh lama ilang sendiri. Selain bawa ke bengkel, ada cara paling mudah ga ya? Kaya ac cleaner gitu yg semprot? Aman kah?
Ngga aman pake cleaner. Hmm solusinya dibongkar sih blower atasnya, kalo bisa sendiri mungkin bisa juga DIY.
Kalo pake ac cleaner ga amannya knp om..
Selama ini, sering nemuin Evaporator berjamur putih2 karena pake cleaner dan akhirnya jadi bocor. Karena logikanya, cairan kimia yg dipake pasti keras buat bersihin Evaporator yg kotor, otomatis kemakan lama2 aluminiumnya. Kan cuma sistem dispray aja itu cleaner. Kalopun ngga kemakan, berarti cuma pewangi doang ibaratnya bukan cleaner.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:Rencana mau ke bengkel ac buat cari penyebab siulan di kisi2 ac pas nyala pertama kali, sama ac kadang dingin, kadang kurang.. sama kemarin pas di pantai bali sempet ane full in temperatur ac nya, kompresor gak auto cut off sama ada bunyi tek tek tek pas kompresor nyala,

kira2 biar gak dikibulin, harus punya bekal pengetahuan apa aja om? Kapasitas oli dan refrigerant? Sama tekanan ac ya? Mobil nya calya 2017 manual.. thanks
- Siulan itu dari Expansion Valve (ada 2 kemungkinan, freon kurang atau Expansionnya udah harus ganti)
- Compressor bunyi tek tek tek (udah kena pistonnya, bisa ada kebocoran awalnya, makanya AC kurang dingin, bunyi siulan, dan Compressor jadi bunyi karena Oli Compressor berkurang banyak di spot kebocoran)
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

Ini siulannya cuma pertama kali pas angkatan awal aja om, abis itu udah gak siul. Kalo suara tek tek tek pas kompresor nyala jg kadang ada kadang tidak, kejadian nya random bisa pagi ato malem. Apa jg bener kompresor udah kena? Gejala lainnya apa ya om? Oh ya tekanan lp dan hp berikut kapasitas oli kompresor dan freon calya di angka berapa ya? Thanks
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Rencana mau ke bengkel ac buat cari penyebab siulan di kisi2 ac pas nyala pertama kali, sama ac kadang dingin, kadang kurang.. sama kemarin pas di pantai bali sempet ane full in temperatur ac nya, kompresor gak auto cut off sama ada bunyi tek tek tek pas kompresor nyala,

kira2 biar gak dikibulin, harus punya bekal pengetahuan apa aja om? Kapasitas oli dan refrigerant? Sama tekanan ac ya? Mobil nya calya 2017 manual.. thanks
- Siulan itu dari Expansion Valve (ada 2 kemungkinan, freon kurang atau Expansionnya udah harus ganti)
- Compressor bunyi tek tek tek (udah kena pistonnya, bisa ada kebocoran awalnya, makanya AC kurang dingin, bunyi siulan, dan Compressor jadi bunyi karena Oli Compressor berkurang banyak di spot kebocoran)
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:Ini siulannya cuma pertama kali pas angkatan awal aja om, abis itu udah gak siul. Kalo suara tek tek tek pas kompresor nyala jg kadang ada kadang tidak, kejadian nya random bisa pagi ato malem. Apa jg bener kompresor udah kena? Gejala lainnya apa ya om? Oh ya tekanan lp dan hp berikut kapasitas oli kompresor dan freon calya di angka berapa ya? Thanks
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Rencana mau ke bengkel ac buat cari penyebab siulan di kisi2 ac pas nyala pertama kali, sama ac kadang dingin, kadang kurang.. sama kemarin pas di pantai bali sempet ane full in temperatur ac nya, kompresor gak auto cut off sama ada bunyi tek tek tek pas kompresor nyala,

kira2 biar gak dikibulin, harus punya bekal pengetahuan apa aja om? Kapasitas oli dan refrigerant? Sama tekanan ac ya? Mobil nya calya 2017 manual.. thanks
- Siulan itu dari Expansion Valve (ada 2 kemungkinan, freon kurang atau Expansionnya udah harus ganti)
- Compressor bunyi tek tek tek (udah kena pistonnya, bisa ada kebocoran awalnya, makanya AC kurang dingin, bunyi siulan, dan Compressor jadi bunyi karena Oli Compressor berkurang banyak di spot kebocoran)
Kalo Compressor nyala baru bunyi, sedangkan ngga nyala suara ngga ada bunyi2, fix Compressornya. Musti dicek tekanan buat tau problemnya sih sebenernya. LP 30-35 HP 175-200.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

Thank you penjelasannya om, baiknya segera saya bawa ke bengkel ac aja ya? Daripada kenapa2 kedepannya. So far ac masih dingin sih, padahal thermostat disetel 1 step dari posisi mati, cuma risih suara tek tek dari kompresor yg kadang bunyi kadang enggak..

Ada rekom bengkel ac malang yg bonafit om?
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Ini siulannya cuma pertama kali pas angkatan awal aja om, abis itu udah gak siul. Kalo suara tek tek tek pas kompresor nyala jg kadang ada kadang tidak, kejadian nya random bisa pagi ato malem. Apa jg bener kompresor udah kena? Gejala lainnya apa ya om? Oh ya tekanan lp dan hp berikut kapasitas oli kompresor dan freon calya di angka berapa ya? Thanks
kemuningauto wrote:- Siulan itu dari Expansion Valve (ada 2 kemungkinan, freon kurang atau Expansionnya udah harus ganti)
- Compressor bunyi tek tek tek (udah kena pistonnya, bisa ada kebocoran awalnya, makanya AC kurang dingin, bunyi siulan, dan Compressor jadi bunyi karena Oli Compressor berkurang banyak di spot kebocoran)
Kalo Compressor nyala baru bunyi, sedangkan ngga nyala suara ngga ada bunyi2, fix Compressornya. Musti dicek tekanan buat tau problemnya sih sebenernya. LP 30-35 HP 175-200.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:Thank you penjelasannya om, baiknya segera saya bawa ke bengkel ac aja ya? Daripada kenapa2 kedepannya. So far ac masih dingin sih, padahal thermostat disetel 1 step dari posisi mati, cuma risih suara tek tek dari kompresor yg kadang bunyi kadang enggak..

Ada rekom bengkel ac malang yg bonafit om?
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Ini siulannya cuma pertama kali pas angkatan awal aja om, abis itu udah gak siul. Kalo suara tek tek tek pas kompresor nyala jg kadang ada kadang tidak, kejadian nya random bisa pagi ato malem. Apa jg bener kompresor udah kena? Gejala lainnya apa ya om? Oh ya tekanan lp dan hp berikut kapasitas oli kompresor dan freon calya di angka berapa ya? Thanks
Kalo Compressor nyala baru bunyi, sedangkan ngga nyala suara ngga ada bunyi2, fix Compressornya. Musti dicek tekanan buat tau problemnya sih sebenernya. LP 30-35 HP 175-200.
Maksudnya Blower AC nya disetel di 1 ya?
Kalo thermostat itu pengatur temperatur dingin atau panas (manual). Kalo bawaan mobil namanya thermistor. Untuk temperatur jangan terlalu rendah nanti terlalu cepet cutoffnya, yang ada cepet kena Magnet Clutch nya.

Di Malang ya. Coba Sakura AC Mobil atau Diva AC Mobil.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

Iya om, thermistornya saya setel 1 posisi diatas posisi off, blower jg posisi 1.. yang saya heran kenapa unit yg ini acnya jadi agak trouble bunyi2 walau masih dingin, padahal 1 taun lalu udh flusing oli kompresor pake mesin texa di bengkel yg salah satu om sebutkan tadi.. sementara ada unit lain yg sama umur 3 tahun 80rb km ac blm diapa2in malah normal2 saja

Apa mmg QC mobil sekarang warna warni yah
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Thank you penjelasannya om, baiknya segera saya bawa ke bengkel ac aja ya? Daripada kenapa2 kedepannya. So far ac masih dingin sih, padahal thermostat disetel 1 step dari posisi mati, cuma risih suara tek tek dari kompresor yg kadang bunyi kadang enggak..

Ada rekom bengkel ac malang yg bonafit om?
kemuningauto wrote:Kalo Compressor nyala baru bunyi, sedangkan ngga nyala suara ngga ada bunyi2, fix Compressornya. Musti dicek tekanan buat tau problemnya sih sebenernya. LP 30-35 HP 175-200.
Maksudnya Blower AC nya disetel di 1 ya?
Kalo thermostat itu pengatur temperatur dingin atau panas (manual). Kalo bawaan mobil namanya thermistor. Untuk temperatur jangan terlalu rendah nanti terlalu cepet cutoffnya, yang ada cepet kena Magnet Clutch nya.

Di Malang ya. Coba Sakura AC Mobil atau Diva AC Mobil.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:Iya om, thermistornya saya setel 1 posisi diatas posisi off, blower jg posisi 1.. yang saya heran kenapa unit yg ini acnya jadi agak trouble bunyi2 walau masih dingin, padahal 1 taun lalu udh flusing oli kompresor pake mesin texa di bengkel yg salah satu om sebutkan tadi.. sementara ada unit lain yg sama umur 3 tahun 80rb km ac blm diapa2in malah normal2 saja

Apa mmg QC mobil sekarang warna warni yah
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Thank you penjelasannya om, baiknya segera saya bawa ke bengkel ac aja ya? Daripada kenapa2 kedepannya. So far ac masih dingin sih, padahal thermostat disetel 1 step dari posisi mati, cuma risih suara tek tek dari kompresor yg kadang bunyi kadang enggak..

Ada rekom bengkel ac malang yg bonafit om?
Maksudnya Blower AC nya disetel di 1 ya?
Kalo thermostat itu pengatur temperatur dingin atau panas (manual). Kalo bawaan mobil namanya thermistor. Untuk temperatur jangan terlalu rendah nanti terlalu cepet cutoffnya, yang ada cepet kena Magnet Clutch nya.

Di Malang ya. Coba Sakura AC Mobil atau Diva AC Mobil.
Waduh pantes. Thermistor jangan diset di 1. Itu terlalu rendah, sehingga cutoff Compressor sangat cepat, tidak akan dingin juga tentunya. Sebaiknya set di 3/4 atau full ke paling dingin tidak akan masalah, selama kondisi sistem AC normal. Bunyinya coba diperhatikan, di area Compressor atau di mananya? Soalnya Compressor dia tipe piston jadi kalo bunyi pasti ngorok atau kasar. Kalo bunyi tek tek tek, coba dicek Motor Fannya goyang tidak kipasnya, atau Centerpiece Magnet Clutch apakan goyang karena keseringan cutoff jg bisa.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by maastricht889 »

kemuningauto wrote: Mon Sep 02, 2019 10:31
erwinign wrote:Halo om, mobil saya ertiga 2014 km 61rb. Waktu bulan juni kmrn saya service AC di bengkel langganan saya (baru servis ac pertama kali stl 5th) tujuan nya cuma perawatan berkala gara2 usia. Waktu itu kuras freon+oli kompressor kuras, sama bersih2 yg basic. Abis itu sempet beberapa hari bau tengik pas awal dinyalain, tapi sekarang udah nggak lagi. Satu hal buat saya yang nggganjel dari sebelum servis, tiap AC depan nyala, mesti dr bawah laci ada bunyi "serrrrnnnggggggg" terus2an (dugaan saya blower AC depan yg dibawah cabin filter). Itu kenapa ya om (kl memang dugaan saya bener)? Saya orang nya OCD, kalo ada aneh2/bunyi2 dikit di mobil saya nggak mau hahahaaha, krn nggak semestinya ada gejala begituan. Oh ya, filter AC tiap 2th ganti, dan kmrn terakhir ganti bulan maret 2019, mobil jarang pake dan ngga pake parfum2an. Saya pake serap air yang perfumed
Coba dicek Motor Blowernya.
Kl yg saya tau dr temen2, itu di porosnya motor blower bs dilumasin pake WD40/silicon bener ngga om? Apa wajib ganti motor blowernya ya?

Terus wkt habis ganti oli kompresor, itu dr grill ac tengah jg disemprot disinfektan. Kayanya itu yg nyebabin baunya tengik bentar. Kl begitu evap jg dibersihin ngga ya om? Kondisi 5th blm pernah dibuka evap nya, dan rajin ganti filter AC. Selain itu, smpt diberi semprotan ac2 cleaner sama beres jg
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

Wah saya stel di posisi itu aja kalo malem kedinginan om, untuk bunyi saya bs pastiin bukan dari fannya, dan emang kalo saya bandingkan sama unit satu lagi, suara kompresor cenderung lebih kasar yg ini
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Iya om, thermistornya saya setel 1 posisi diatas posisi off, blower jg posisi 1.. yang saya heran kenapa unit yg ini acnya jadi agak trouble bunyi2 walau masih dingin, padahal 1 taun lalu udh flusing oli kompresor pake mesin texa di bengkel yg salah satu om sebutkan tadi.. sementara ada unit lain yg sama umur 3 tahun 80rb km ac blm diapa2in malah normal2 saja

Apa mmg QC mobil sekarang warna warni yah
kemuningauto wrote:Maksudnya Blower AC nya disetel di 1 ya?
Kalo thermostat itu pengatur temperatur dingin atau panas (manual). Kalo bawaan mobil namanya thermistor. Untuk temperatur jangan terlalu rendah nanti terlalu cepet cutoffnya, yang ada cepet kena Magnet Clutch nya.

Di Malang ya. Coba Sakura AC Mobil atau Diva AC Mobil.
Waduh pantes. Thermistor jangan diset di 1. Itu terlalu rendah, sehingga cutoff Compressor sangat cepat, tidak akan dingin juga tentunya. Sebaiknya set di 3/4 atau full ke paling dingin tidak akan masalah, selama kondisi sistem AC normal. Bunyinya coba diperhatikan, di area Compressor atau di mananya? Soalnya Compressor dia tipe piston jadi kalo bunyi pasti ngorok atau kasar. Kalo bunyi tek tek tek, coba dicek Motor Fannya goyang tidak kipasnya, atau Centerpiece Magnet Clutch apakan goyang karena keseringan cutoff jg bisa.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

erwinign wrote:
kemuningauto wrote: Mon Sep 02, 2019 10:31
erwinign wrote:Halo om, mobil saya ertiga 2014 km 61rb. Waktu bulan juni kmrn saya service AC di bengkel langganan saya (baru servis ac pertama kali stl 5th) tujuan nya cuma perawatan berkala gara2 usia. Waktu itu kuras freon+oli kompressor kuras, sama bersih2 yg basic. Abis itu sempet beberapa hari bau tengik pas awal dinyalain, tapi sekarang udah nggak lagi. Satu hal buat saya yang nggganjel dari sebelum servis, tiap AC depan nyala, mesti dr bawah laci ada bunyi "serrrrnnnggggggg" terus2an (dugaan saya blower AC depan yg dibawah cabin filter). Itu kenapa ya om (kl memang dugaan saya bener)? Saya orang nya OCD, kalo ada aneh2/bunyi2 dikit di mobil saya nggak mau hahahaaha, krn nggak semestinya ada gejala begituan. Oh ya, filter AC tiap 2th ganti, dan kmrn terakhir ganti bulan maret 2019, mobil jarang pake dan ngga pake parfum2an. Saya pake serap air yang perfumed
Coba dicek Motor Blowernya.
Kl yg saya tau dr temen2, itu di porosnya motor blower bs dilumasin pake WD40/silicon bener ngga om? Apa wajib ganti motor blowernya ya?

Terus wkt habis ganti oli kompresor, itu dr grill ac tengah jg disemprot disinfektan. Kayanya itu yg nyebabin baunya tengik bentar. Kl begitu evap jg dibersihin ngga ya om? Kondisi 5th blm pernah dibuka evap nya, dan rajin ganti filter AC. Selain itu, smpt diberi semprotan ac2 cleaner sama beres jg
Tergantung problem motor blowernya, kalo as motornya aus, dikasih WD40 bisa, tapi kalo problemnya muter aja berat, mending ganti. Jarang sih masalah motor blower di mobil, intensitas rusaknya paling 1:100 dan biasanya umur mobil 100rb KM ke atas baru kena.

Mustinya sih sekalian dibersihin Evaporatornya, tanggung kan udah dibuang freon. Jadi ngga buang2 freon 2x kalo pas mau dibersihin.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:Wah saya stel di posisi itu aja kalo malem kedinginan om, untuk bunyi saya bs pastiin bukan dari fannya, dan emang kalo saya bandingkan sama unit satu lagi, suara kompresor cenderung lebih kasar yg ini
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Iya om, thermistornya saya setel 1 posisi diatas posisi off, blower jg posisi 1.. yang saya heran kenapa unit yg ini acnya jadi agak trouble bunyi2 walau masih dingin, padahal 1 taun lalu udh flusing oli kompresor pake mesin texa di bengkel yg salah satu om sebutkan tadi.. sementara ada unit lain yg sama umur 3 tahun 80rb km ac blm diapa2in malah normal2 saja

Apa mmg QC mobil sekarang warna warni yah
Waduh pantes. Thermistor jangan diset di 1. Itu terlalu rendah, sehingga cutoff Compressor sangat cepat, tidak akan dingin juga tentunya. Sebaiknya set di 3/4 atau full ke paling dingin tidak akan masalah, selama kondisi sistem AC normal. Bunyinya coba diperhatikan, di area Compressor atau di mananya? Soalnya Compressor dia tipe piston jadi kalo bunyi pasti ngorok atau kasar. Kalo bunyi tek tek tek, coba dicek Motor Fannya goyang tidak kipasnya, atau Centerpiece Magnet Clutch apakan goyang karena keseringan cutoff jg bisa.
Coba pas nyala AC, dibuka kap mesin. Dicek Magnet Clutchnya keliatan kok dia. Ada yg baling atau ngga bagian Centerpiece Magnet Clutchnya. Kemungkinan lain Compressornya. Mungkin sebelumnya jarang perawatan, atau pernah ada kebocoran di sistem AC nya lalu olinya ngga dikontrol sehingga jadi agak kasar bunyinya, dll.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by maastricht889 »

kemuningauto wrote: Sat Dec 07, 2019 16:15
erwinign wrote:
kemuningauto wrote: Mon Sep 02, 2019 10:31 Coba dicek Motor Blowernya.
Kl yg saya tau dr temen2, itu di porosnya motor blower bs dilumasin pake WD40/silicon bener ngga om? Apa wajib ganti motor blowernya ya?

Terus wkt habis ganti oli kompresor, itu dr grill ac tengah jg disemprot disinfektan. Kayanya itu yg nyebabin baunya tengik bentar. Kl begitu evap jg dibersihin ngga ya om? Kondisi 5th blm pernah dibuka evap nya, dan rajin ganti filter AC. Selain itu, smpt diberi semprotan ac2 cleaner sama beres jg
Tergantung problem motor blowernya, kalo as motornya aus, dikasih WD40 bisa, tapi kalo problemnya muter aja berat, mending ganti. Jarang sih masalah motor blower di mobil, intensitas rusaknya paling 1:100 dan biasanya umur mobil 100rb KM ke atas baru kena.

Mustinya sih sekalian dibersihin Evaporatornya, tanggung kan udah dibuang freon. Jadi ngga buang2 freon 2x kalo pas mau dibersihin.
Kl kondisi saya kaya gitu (oli freon udah diganti, pake dupont suva total udah jln 6 bln per hari ini), krn rnc akhir th ini mau bersihin evap itu oli kompresor/freon nya perlu kuras lg ngga om? Biar sy ngga dikadalin ama bengkel ac nya, apalg terlanjur bayar mayan mahal kan
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

erwinign wrote:
kemuningauto wrote: Sat Dec 07, 2019 16:15
erwinign wrote: Kl yg saya tau dr temen2, itu di porosnya motor blower bs dilumasin pake WD40/silicon bener ngga om? Apa wajib ganti motor blowernya ya?

Terus wkt habis ganti oli kompresor, itu dr grill ac tengah jg disemprot disinfektan. Kayanya itu yg nyebabin baunya tengik bentar. Kl begitu evap jg dibersihin ngga ya om? Kondisi 5th blm pernah dibuka evap nya, dan rajin ganti filter AC. Selain itu, smpt diberi semprotan ac2 cleaner sama beres jg
Tergantung problem motor blowernya, kalo as motornya aus, dikasih WD40 bisa, tapi kalo problemnya muter aja berat, mending ganti. Jarang sih masalah motor blower di mobil, intensitas rusaknya paling 1:100 dan biasanya umur mobil 100rb KM ke atas baru kena.

Mustinya sih sekalian dibersihin Evaporatornya, tanggung kan udah dibuang freon. Jadi ngga buang2 freon 2x kalo pas mau dibersihin.
Kl kondisi saya kaya gitu (oli freon udah diganti, pake dupont suva total udah jln 6 bln per hari ini), krn rnc akhir th ini mau bersihin evap itu oli kompresor/freon nya perlu kuras lg ngga om? Biar sy ngga dikadalin ama bengkel ac nya, apalg terlanjur bayar mayan mahal kan
Ngga usah dikuras lg kalo Oli nya. Kalo freon pasti dibuang, karena kan Evaporatornya diturunin. Pasti sebelum diturunin, dibuang dulu freonnya. Nanti pas pengisian freon, paling ditambah 10-15ml dengan perhitungan terbuang saat pembuangan freon. Dan kalo di Evaporator banyak olinya, nanti jadi pertimbangan buat penambahan oli Compressornya juga. Karena pas dibersihin Evaporatornya kan pasti diflush pake Nitrogen jg supaya Oli yang ada di Evaporator keluar.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by maastricht889 »

kemuningauto wrote: Sat Dec 07, 2019 16:45
erwinign wrote:
kemuningauto wrote: Sat Dec 07, 2019 16:15 Tergantung problem motor blowernya, kalo as motornya aus, dikasih WD40 bisa, tapi kalo problemnya muter aja berat, mending ganti. Jarang sih masalah motor blower di mobil, intensitas rusaknya paling 1:100 dan biasanya umur mobil 100rb KM ke atas baru kena.

Mustinya sih sekalian dibersihin Evaporatornya, tanggung kan udah dibuang freon. Jadi ngga buang2 freon 2x kalo pas mau dibersihin.
Kl kondisi saya kaya gitu (oli freon udah diganti, pake dupont suva total udah jln 6 bln per hari ini), krn rnc akhir th ini mau bersihin evap itu oli kompresor/freon nya perlu kuras lg ngga om? Biar sy ngga dikadalin ama bengkel ac nya, apalg terlanjur bayar mayan mahal kan
Ngga usah dikuras lg kalo Oli nya. Kalo freon pasti dibuang, karena kan Evaporatornya diturunin. Pasti sebelum diturunin, dibuang dulu freonnya. Nanti pas pengisian freon, paling ditambah 10-15ml dengan perhitungan terbuang saat pembuangan freon. Dan kalo di Evaporator banyak olinya, nanti jadi pertimbangan buat penambahan oli Compressornya juga. Karena pas dibersihin Evaporatornya kan pasti diflush pake Nitrogen jg supaya Oli yang ada di Evaporator keluar.
Oh, berarti yg dupont suva itu cuma oli kompresor tok ya om? Maaf byk nanya om, sy lg mendalami soal oli per-AC an. Sy nangkepnya oli kompresor=oli freon yg kmrn digantinya barengan
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

erwinign wrote:
kemuningauto wrote: Sat Dec 07, 2019 16:45
erwinign wrote: Kl kondisi saya kaya gitu (oli freon udah diganti, pake dupont suva total udah jln 6 bln per hari ini), krn rnc akhir th ini mau bersihin evap itu oli kompresor/freon nya perlu kuras lg ngga om? Biar sy ngga dikadalin ama bengkel ac nya, apalg terlanjur bayar mayan mahal kan
Ngga usah dikuras lg kalo Oli nya. Kalo freon pasti dibuang, karena kan Evaporatornya diturunin. Pasti sebelum diturunin, dibuang dulu freonnya. Nanti pas pengisian freon, paling ditambah 10-15ml dengan perhitungan terbuang saat pembuangan freon. Dan kalo di Evaporator banyak olinya, nanti jadi pertimbangan buat penambahan oli Compressornya juga. Karena pas dibersihin Evaporatornya kan pasti diflush pake Nitrogen jg supaya Oli yang ada di Evaporator keluar.
Oh, berarti yg dupont suva itu cuma oli kompresor tok ya om? Maaf byk nanya om, sy lg mendalami soal oli per-AC an. Sy nangkepnya oli kompresor=oli freon yg kmrn digantinya barengan
Dupont Suva itu nama merk refrigerant nya.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

kemuningauto wrote: Sat Dec 07, 2019 6:00
iwing wrote:om kemuning, kemarin saya vacuum (freon dan oli) menggunakan mesin vacuum selama sekitar 5 menit (gauge level sudah di bawah 0). kemudian saya isi oli (nd-8) sktr 40 ml dari sisi low port kemudian port tersebut ditutup, sementara di sisi high port masih terbuka dan mesin vacuum masih nyala selama sekitar 15 menit. kemudian high port di tutup dan vacuum saya matikan. kemudian saya isi freon sesuai tekanan di gauge ac. stasioner di angka 30 psi low port

problem nya, suara kompresor sangat kasar sampai takut jebol kompresor nya. gak pake lama, saya matikan mesin kemudian saya ulangi langkah persis di atas dan suara kompresor halus kembali. yang ingin saya tanyakan, apakah cara di atas sudah benar..?? kemudian isi/top up oli dengan cara diatas baiknya brp ml..?? karena klo di total (2 kali aplikasi) sktr 80 ml saya nambah oli nya

mobil x-over, kompresor masih bawaan
Siap. Abis diservice AC nya atau ada penggantian parts? Atau cuma iseng aja vacuum dan isi freon?
gak ada pergantian parts. cuma niat nya ingin ganti oli saja (perawatan) dan belajar melakukan sendiri dan rencana akan rutin saya lakukan setahun sekali. yang masih bingung itu jumlah oli yang ditambahkan jika dilakukan dengan cara diatas karena ada yang bilang perlu 80-100 ml. ada yang bilang 20-40 ml (ukuran single blower). menurut pengalaman om kemuning, kira2 perlu brp mili ya..??
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

zzzprince wrote: Sat Dec 07, 2019 9:07 Thank you penjelasannya om, baiknya segera saya bawa ke bengkel ac aja ya? Daripada kenapa2 kedepannya. So far ac masih dingin sih, padahal thermostat disetel 1 step dari posisi mati, cuma risih suara tek tek dari kompresor yg kadang bunyi kadang enggak..

Ada rekom bengkel ac malang yg bonafit om?
kemuningauto wrote:
zzzprince wrote:Ini siulannya cuma pertama kali pas angkatan awal aja om, abis itu udah gak siul. Kalo suara tek tek tek pas kompresor nyala jg kadang ada kadang tidak, kejadian nya random bisa pagi ato malem. Apa jg bener kompresor udah kena? Gejala lainnya apa ya om? Oh ya tekanan lp dan hp berikut kapasitas oli kompresor dan freon calya di angka berapa ya? Thanks
Kalo Compressor nyala baru bunyi, sedangkan ngga nyala suara ngga ada bunyi2, fix Compressornya. Musti dicek tekanan buat tau problemnya sih sebenernya. LP 30-35 HP 175-200.
ikut nambahin seperti kata om kemuning, sakura ac di jalan suhat atau klo harga gak masalah, sitondi denso ac (resmi denso), sederetan dengan dealer dfsk atau mitsubishi atau hartono elektronik
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:
kemuningauto wrote: Sat Dec 07, 2019 6:00
iwing wrote:om kemuning, kemarin saya vacuum (freon dan oli) menggunakan mesin vacuum selama sekitar 5 menit (gauge level sudah di bawah 0). kemudian saya isi oli (nd-8) sktr 40 ml dari sisi low port kemudian port tersebut ditutup, sementara di sisi high port masih terbuka dan mesin vacuum masih nyala selama sekitar 15 menit. kemudian high port di tutup dan vacuum saya matikan. kemudian saya isi freon sesuai tekanan di gauge ac. stasioner di angka 30 psi low port

problem nya, suara kompresor sangat kasar sampai takut jebol kompresor nya. gak pake lama, saya matikan mesin kemudian saya ulangi langkah persis di atas dan suara kompresor halus kembali. yang ingin saya tanyakan, apakah cara di atas sudah benar..?? kemudian isi/top up oli dengan cara diatas baiknya brp ml..?? karena klo di total (2 kali aplikasi) sktr 80 ml saya nambah oli nya

mobil x-over, kompresor masih bawaan
Siap. Abis diservice AC nya atau ada penggantian parts? Atau cuma iseng aja vacuum dan isi freon?
gak ada pergantian parts. cuma niat nya ingin ganti oli saja (perawatan) dan belajar melakukan sendiri dan rencana akan rutin saya lakukan setahun sekali. yang masih bingung itu jumlah oli yang ditambahkan jika dilakukan dengan cara diatas karena ada yang bilang perlu 80-100 ml. ada yang bilang 20-40 ml (ukuran single blower). menurut pengalaman om kemuning, kira2 perlu brp mili ya..??
Buat mobil si bos kapasitas olinya itu 125ml. Kalo ditambahin 80 saya rasa kelebihan. Kecuali bener2 diflushing total jadi keliatan bener2 dari kosong tambah 125ml gapapa.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

kemuningauto wrote: Mon Dec 09, 2019 3:09
iwing wrote:
kemuningauto wrote: Sat Dec 07, 2019 6:00 Siap. Abis diservice AC nya atau ada penggantian parts? Atau cuma iseng aja vacuum dan isi freon?
gak ada pergantian parts. cuma niat nya ingin ganti oli saja (perawatan) dan belajar melakukan sendiri dan rencana akan rutin saya lakukan setahun sekali. yang masih bingung itu jumlah oli yang ditambahkan jika dilakukan dengan cara diatas karena ada yang bilang perlu 80-100 ml. ada yang bilang 20-40 ml (ukuran single blower). menurut pengalaman om kemuning, kira2 perlu brp mili ya..??
Buat mobil si bos kapasitas olinya itu 125ml. Kalo ditambahin 80 saya rasa kelebihan. Kecuali bener2 diflushing total jadi keliatan bener2 dari kosong tambah 125ml gapapa.
ooo jadi kebanyakan. oke noted om. thx
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:
kemuningauto wrote: Mon Dec 09, 2019 3:09
iwing wrote: gak ada pergantian parts. cuma niat nya ingin ganti oli saja (perawatan) dan belajar melakukan sendiri dan rencana akan rutin saya lakukan setahun sekali. yang masih bingung itu jumlah oli yang ditambahkan jika dilakukan dengan cara diatas karena ada yang bilang perlu 80-100 ml. ada yang bilang 20-40 ml (ukuran single blower). menurut pengalaman om kemuning, kira2 perlu brp mili ya..??
Buat mobil si bos kapasitas olinya itu 125ml. Kalo ditambahin 80 saya rasa kelebihan. Kecuali bener2 diflushing total jadi keliatan bener2 dari kosong tambah 125ml gapapa.
ooo jadi kebanyakan. oke noted om. thx
Siaaaaap samaaa2.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by zzzprince »

Freon calya diisi 400 gram, oli kompresor 80ml sudah sesuai takaran atau belum om?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

zzzprince wrote:Freon calya diisi 400 gram, oli kompresor 80ml sudah sesuai takaran atau belum om?
400-450 gapapa tergantung tekanannya berapa yg Low dan High. Kalo olinya 80ml sebelumnya abis ada bocor atau gmn?
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id