SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hakage
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sun Sep 03, 2017 16:37

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by hakage »

sukitog wrote: Mon Jun 29, 2015 20:38 salam kenal om om sepuh yang ada di SM, perkenalkan saya member yg sangat baru disini dan sangat membutuhkan wejangan om om sekalian.
Saya punya vios08 manual, problem yg saya hadapi skrg itu.ketika menambah akselerasi dari kecepatan konstan 80-100 kpj terdengar suara ngelitik halus sampai kabin. yang sudah saya lakukan saat ini hanya carbon clean dengan cairan spirit, ganti busi dengan gap stock denso, kalibrasi injector, cleaning fuelpump dan memasukan additive fuel system cleaner melalui tanki bensin. tapi keluhan ngelitik tetap muncul.Bensin selama ini pakai shell super ron 92. ada yang punya problem sama atau ada saran?
saya juga pake vios tp yg 2004 udah pernah coba pake premium,pertalite pertamax , untuk masalah ngelitik itu yang saya rasain karna kombinasi antara gas sama kopling yang kurang pas
udah 5 bulan ini sy coba pake premium asal rpm di gas sedikit lebih tinggi aman tidak ada ngelitik,kalau saat polisi tidur kecil pakai gigi 2 rpm sekitar 1300-1500 aman mobil gak kedengeran ngelitik

note: mesin standar, busi ngk bkr5e
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by severmaya »

Sebenarnya aditif bensin ini kan lebih banyak fungsinya bersihkan bensin, lalu cara kerjanya bersihkan kotoran gimana ya om? Kotorannya akan dibuang lewat mana?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ginting »

Panji1948 wrote:Solusinya EcoRacing sj om. Bahan aditif yg terbuat dari bahan2 organik [emoji817]% buah karya anak bangsa. EcoRacing hasil penelitian alumni ITB selama 10 THN dan telah lulus uji Lemigas, PETROLAB, dan uji Emisi di DISHUB. EcoRacing bs naikin RON 5-10 / 2-5 CN. gk perlu bli Ron 92 ke atas lg..pke premium ato bio solar pun aman. Akselerasi n tenaga langsung Joss. ER bs bersihin kerak di busi, tangki, n ruang bakar pun bersih. Oli mesin jd lebih awet hingga 3x lipat. Efek sampingnya BBM jd hemat hingga 50%. Dan hebatnya lg gas buang emisi co2 100% hilang.. dah banyak yg pake n buktiin manfaat EcoRacing om.. selamat mencoba..
waduuhhh..ngeri kali kutengok produk ini,bah..

....hebatnya lagi emisiCO2 bisa hilang 100%...

alamaaakkk..patent kali !!!

Tapi kok kalo dipikir pikir kemana CO2 itu dibuat kalo bener 100% hilang...
apakah diubah semua jd CO ?

jangan jangan Lae ini sales Eco Racing ya ?

Tolong kasih hasil pengujian labnya, Lae..

Saya kaget baca OJK circular itu..
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Auanz »

kalo mobil turbo charged gitu saat turbonya nyala kompresi bensin naik jadi berapa sih ??? contohnya sebelum on 1:9 begitu on jadi 1:10 ? apa gmn ? tiap manufacture pasti beda2 tp umumnya naik berapa digit? dr yg belom on turbonya
rednblue
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Jan 21, 2020 7:50
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by rednblue »

Kl brio dikasi pertamax turbo aman ga ya om?
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by thirdstar7 »

jelas amannya om,
harusnya ruang bakar jg lebih bersih krn pertubo kan bgs kualitas ny
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by lemonadelovers »

rednblue wrote: Tue Mar 17, 2020 14:20 Kl brio dikasi pertamax turbo aman ga ya om?
Biar optimal cabut kabel negatif aki dulu om.. setengah jam pasang lg biar ecu mereset dan menyesuaikan kenaikan oktan
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by b8099ok »

Panji1948 wrote: Mon May 27, 2019 23:13 Solusinya EcoRacing sj om. Bahan aditif yg terbuat dari bahan2 organik 💯% buah karya anak bangsa. EcoRacing hasil penelitian alumni ITB selama 10 THN dan telah lulus uji Lemigas, PETROLAB, dan uji Emisi di DISHUB. EcoRacing bs naikin RON 5-10 / 2-5 CN. gk perlu bli Ron 92 ke atas lg..pke premium ato bio solar pun aman. Akselerasi n tenaga langsung Joss. ER bs bersihin kerak di busi, tangki, n ruang bakar pun bersih. Oli mesin jd lebih awet hingga 3x lipat. Efek sampingnya BBM jd hemat hingga 50%. Dan hebatnya lg gas buang emisi co2 100% hilang.. dah banyak yg pake n buktiin manfaat EcoRacing om.. selamat mencoba..
Sy lebih baik pakai minya FRD drpd pake pil koplo macam itu. Biarpun karya anak bangsa, tp klo pekok ya sama aja goblog. :wkkk:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by blloewy »

Om Penyu...thanks banget sharenya...
Mau tanya mengenai BBM pertamina yg ron 92.
Krn nilai MON tidak ada jd ada kemungkinan RON nya tidak.mutlak segitu ya? Apalagi banyak kasus spbu nakal yg oplos.
Kl pake pertamax dikasi additive bagusnya gmn Om perbandingannya? Dan additive yg bagus itu yg bagaimana ya? Sebut merk aja gpp dech...
Krn saya dpt engine HR15 pemakaian 8 thn full.petromax tetapi ngga pernah kalibrasi injectornya.
Lalu gurah mesin itu aman kah Om?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Suryaputra »

Di case mobil saya (mobilio 2017 cvt), sy test jangka panjang bbrp skenario:

- BBM pertamax dan oli buntut w30 : muncul gejala ngelitik halus ketika hard accel di rpm tengah
- BBM pertamax dan oli buntut w20 : minim gejala ngelitik
- BBM shell v-power atau pturbo dan oli buntut w20 atau w30 : no ngelitik2 club & maknyuss

intinya pemakaian BBM oktan tinggi (95 ke atas) efeknya cukup terasa, ditambah pakai oli encer jd makin mantep.
Klo FC mirip2 aja, krn saya kurang suka eco driving.

Saya selalu pakai aditif Redline SI-1 CFSC, beli di graha sakti lg murah cmn 149rb.
biar mbl gak dipakai / gak dipanasin berminggu-minggu ketika kondisi psbb covid, gakda masalah brebet / injector mampet ketika cold start.

mobil yg jarang dipakai, beresiko bikin mampet injector, karena bbm gak jalan.
sulfur BBM dan kotoran yg lolos dari filter, bisa beresiko menyumbat injector.

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 2:37 Di case mobil saya (mobilio 2017 cvt), sy test jangka panjang bbrp skenario:

- BBM pertamax dan oli buntut w30 : muncul gejala ngelitik halus ketika hard accel di rpm tengah
- BBM pertamax dan oli buntut w20 : minim gejala ngelitik
- BBM shell v-power atau pturbo dan oli buntut w20 atau w30 : no ngelitik2 club & maknyuss

intinya pemakaian BBM oktan tinggi (95 ke atas) efeknya cukup terasa, ditambah pakai oli encer jd makin mantep.
Klo FC mirip2 aja, krn saya kurang suka eco driving.

:ngacir:
eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

Berhubung saya pernah pake lio juga, setuju dengan skenario om sur di atas. ron92 + 0w-20 dah kombinasi tepat deh buat mesin L15. Somehow di mesin L15 ini abis kasi racun fuel additip macem redline gitu juga "berasa" ada bedanya.

Kalau di mesin MR20, kasi racun pa kagak, kagak ada bedanya :big_biglaugh: . w20 atau w30 oil juga ga ada beda. Pembeda hanya pertalite vs pertamax aja di ntuh mesin. Aneh juga :big_biglaugh:
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Suryaputra »

josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43
Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 2:37 Di case mobil saya (mobilio 2017 cvt), sy test jangka panjang bbrp skenario:

- BBM pertamax dan oli buntut w30 : muncul gejala ngelitik halus ketika hard accel di rpm tengah
- BBM pertamax dan oli buntut w20 : minim gejala ngelitik
- BBM shell v-power atau pturbo dan oli buntut w20 atau w30 : no ngelitik2 club & maknyuss

intinya pemakaian BBM oktan tinggi (95 ke atas) efeknya cukup terasa, ditambah pakai oli encer jd makin mantep.
Klo FC mirip2 aja, krn saya kurang suka eco driving.

:ngacir:
eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

Berhubung saya pernah pake lio juga, setuju dengan skenario om sur di atas. ron92 + 0w-20 dah kombinasi tepat deh buat mesin L15. Somehow di mesin L15 ini abis kasi racun fuel additip macem redline gitu juga "berasa" ada bedanya.

Kalau di mesin MR20, kasi racun pa kagak, kagak ada bedanya :big_biglaugh: . w20 atau w30 oil juga ga ada beda. Pembeda hanya pertalite vs pertamax aja di ntuh mesin. Aneh juga :big_biglaugh:
eco driving & low speed, proven scientifically oleh om nibus, membuat carbon fouling lbh cepat :upss:

klo mau eco driving, ya speed konstan di tol ajah.
dalkot gak usah eco2an, gas aja lgs :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 2:58
josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43
Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 2:37 Di case mobil saya (mobilio 2017 cvt), sy test jangka panjang bbrp skenario:

- BBM pertamax dan oli buntut w30 : muncul gejala ngelitik halus ketika hard accel di rpm tengah
- BBM pertamax dan oli buntut w20 : minim gejala ngelitik
- BBM shell v-power atau pturbo dan oli buntut w20 atau w30 : no ngelitik2 club & maknyuss

intinya pemakaian BBM oktan tinggi (95 ke atas) efeknya cukup terasa, ditambah pakai oli encer jd makin mantep.
Klo FC mirip2 aja, krn saya kurang suka eco driving.

:ngacir:
eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

Berhubung saya pernah pake lio juga, setuju dengan skenario om sur di atas. ron92 + 0w-20 dah kombinasi tepat deh buat mesin L15. Somehow di mesin L15 ini abis kasi racun fuel additip macem redline gitu juga "berasa" ada bedanya.

Kalau di mesin MR20, kasi racun pa kagak, kagak ada bedanya :big_biglaugh: . w20 atau w30 oil juga ga ada beda. Pembeda hanya pertalite vs pertamax aja di ntuh mesin. Aneh juga :big_biglaugh:
eco driving & low speed, proven scientifically oleh om nibus, membuat carbon fouling lbh cepat :upss:

klo mau eco driving, ya speed konstan di tol ajah.
dalkot gak usah eco2an, gas aja lgs :big_biglaugh:
terbukti loh di jalan dalem kota eco ama gak sama-sama aja dapetnya :ngacir: gw di CRV eco driving cm dapet 1:9, gak eco malah 1:10... :ngacir:

yah gmn mobil gw kalo eco driving cm dapet turbo lag... mana enak...

nyetir di powerband terbukti lebih efisien... dan kencang... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by marmut »

blloewy wrote: Fri Jul 17, 2020 2:00 Om Penyu...thanks banget sharenya...
Mau tanya mengenai BBM pertamina yg ron 92.
Krn nilai MON tidak ada jd ada kemungkinan RON nya tidak.mutlak segitu ya? Apalagi banyak kasus spbu nakal yg oplos.
Kl pake pertamax dikasi additive bagusnya gmn Om perbandingannya? Dan additive yg bagus itu yg bagaimana ya? Sebut merk aja gpp dech...
Krn saya dpt engine HR15 pemakaian 8 thn full.petromax tetapi ngga pernah kalibrasi injectornya.
Lalu gurah mesin itu aman kah Om?

sekedar info, pak Penyu sudah berangkat menghadap Yang Maha Kuasa beberapa waktu lalu om...

mungkin ada shifu lain yang bisa menjawab pertanyaan sdr. @blloewy...
shifu @Turboman mungkin? waktu dan tempat kami persilahkan.
btw shifu @htannis lama ngga nongol kemana yak?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Jul 17, 2020 3:11
Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 2:58
josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43

eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

Berhubung saya pernah pake lio juga, setuju dengan skenario om sur di atas. ron92 + 0w-20 dah kombinasi tepat deh buat mesin L15. Somehow di mesin L15 ini abis kasi racun fuel additip macem redline gitu juga "berasa" ada bedanya.

Kalau di mesin MR20, kasi racun pa kagak, kagak ada bedanya :big_biglaugh: . w20 atau w30 oil juga ga ada beda. Pembeda hanya pertalite vs pertamax aja di ntuh mesin. Aneh juga :big_biglaugh:
eco driving & low speed, proven scientifically oleh om nibus, membuat carbon fouling lbh cepat :upss:

klo mau eco driving, ya speed konstan di tol ajah.
dalkot gak usah eco2an, gas aja lgs :big_biglaugh:
terbukti loh di jalan dalem kota eco ama gak sama-sama aja dapetnya :ngacir: gw di CRV eco driving cm dapet 1:9, gak eco malah 1:10... :ngacir:

yah gmn mobil gw kalo eco driving cm dapet turbo lag... mana enak...

nyetir di powerband terbukti lebih efisien... dan kencang... :ngacir:
make sense, turbo lag = lbh boros bbm :weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Fri Jul 17, 2020 3:19
blloewy wrote: Fri Jul 17, 2020 2:00 Om Penyu...thanks banget sharenya...
Mau tanya mengenai BBM pertamina yg ron 92.
Krn nilai MON tidak ada jd ada kemungkinan RON nya tidak.mutlak segitu ya? Apalagi banyak kasus spbu nakal yg oplos.
Kl pake pertamax dikasi additive bagusnya gmn Om perbandingannya? Dan additive yg bagus itu yg bagaimana ya? Sebut merk aja gpp dech...
Krn saya dpt engine HR15 pemakaian 8 thn full.petromax tetapi ngga pernah kalibrasi injectornya.
Lalu gurah mesin itu aman kah Om?

sekedar info, pak Penyu sudah berangkat menghadap Yang Maha Kuasa beberapa waktu lalu om...

mungkin ada shifu lain yang bisa menjawab pertanyaan sdr. @blloewy...
shifu @Turboman mungkin? waktu dan tempat kami persilahkan.
btw shifu @htannis lama ngga nongol kemana yak?
Rest in Peace untuk Om Penyu ...
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 3:46
make sense, turbo lag = lbh boros bbm :weekk:
makanya tips eco driving hrs diperbaiki lagi... jgn disuruh nyetir di bawah 3.000 RPM mana speed limit 40 kph doank... pantes aja jalan pada kek siput.

tp nyetirlah pada powerband...

speed limit dalem kota 60-80, luar kota no limit... biar puas. beli mobil tenaga gede cm nikmatin jalan 100-120 mana nikmat :ngacir:

niscaya tidak ada macet krn semua mobil jalannya kenceng-kenceng... wuzz wuzz... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Fri Jul 17, 2020 3:11
terbukti loh di jalan dalem kota eco ama gak sama-sama aja dapetnya :ngacir: gw di CRV eco driving cm dapet 1:9, gak eco malah 1:10... :ngacir:

yah gmn mobil gw kalo eco driving cm dapet turbo lag... mana enak...

nyetir di powerband terbukti lebih efisien... dan kencang... :ngacir:
dapet turbo lag doang :big_biglaugh:

setuju, eco kl di jalan bebas hambatan ngaruhnya. diluar itu enaknya 2000-4000 rpm.

mungkin produsen kasih cvt yg bikin low rpm itu utk menekan polusi suara. spy alay2 yg doyan gonta ganti knalpot ga bikin bising :big_slap:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Fri Jul 17, 2020 6:15
ChZ wrote: Fri Jul 17, 2020 3:11
terbukti loh di jalan dalem kota eco ama gak sama-sama aja dapetnya :ngacir: gw di CRV eco driving cm dapet 1:9, gak eco malah 1:10... :ngacir:

yah gmn mobil gw kalo eco driving cm dapet turbo lag... mana enak...

nyetir di powerband terbukti lebih efisien... dan kencang... :ngacir:
dapet turbo lag doang :big_biglaugh:

setuju, eco kl di jalan bebas hambatan ngaruhnya. diluar itu enaknya 2000-4000 rpm.

mungkin produsen kasih cvt yg bikin low rpm itu utk menekan polusi suara. spy alay2 yg doyan gonta ganti knalpot ga bikin bising :big_slap:
wkwkwkwkw lah 2.000 RPM turbo spooling, 3.000 RPM ngoper kapan dpt powernya...

untung CVT, gak pake ngoper-ngoper :big_grin: butuh power terusin injek, ga butuh panteng aja gasnya.

gw disetirin orang nyetirnya gak ampe 2.000 RPM aja rasanya kok lemes bener si nih mobil baru aja dapet tenaga langsung ilang lg... untung mobilnya ayla seceng cc low end torquenya kuat.

ya bener sih AVG dia di MID 19 km/l ga pake reset2 pdhl. giliran gw dititipin mobilnya tuh avg drop jd 18.7... :big_biglaugh: ribuan kilometer ga direset gw bawa langsung drop.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by blloewy »

marmut wrote: Fri Jul 17, 2020 3:19
blloewy wrote: Fri Jul 17, 2020 2:00 Om Penyu...thanks banget sharenya...
Mau tanya mengenai BBM pertamina yg ron 92.
Krn nilai MON tidak ada jd ada kemungkinan RON nya tidak.mutlak segitu ya? Apalagi banyak kasus spbu nakal yg oplos.
Kl pake pertamax dikasi additive bagusnya gmn Om perbandingannya? Dan additive yg bagus itu yg bagaimana ya? Sebut merk aja gpp dech...
Krn saya dpt engine HR15 pemakaian 8 thn full.petromax tetapi ngga pernah kalibrasi injectornya.
Lalu gurah mesin itu aman kah Om?

sekedar info, pak Penyu sudah berangkat menghadap Yang Maha Kuasa beberapa waktu lalu om...

mungkin ada shifu lain yang bisa menjawab pertanyaan sdr. @blloewy...
shifu @Turboman mungkin? waktu dan tempat kami persilahkan.
btw shifu @htannis lama ngga nongol kemana yak?
Inna lillahi ....mohon maaf mbah @marmut
Ada case begini sich mbah...
Menurut primbon dr Kroya sana, dgn ditest oleh alatnya...
Kadar oktan si biru itu di bwh seharusnya...entahlah apakah benar atau tidak klaim itu...
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by marmut »

blloewy wrote: Fri Jul 17, 2020 9:22
...
Menurut primbon dr Kroya sana, dgn ditest oleh alatnya...
Kadar oktan si biru itu di bwh seharusnya...entahlah apakah benar atau tidak klaim itu...

bener apa enggak, jangan terlalu dipusingin. nanti malah masuk grogol.
masalah additive, boleh mampir kesini :

viewtopic.php?f=4&t=16888&hilit=pea
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by supriyadi »

marmut wrote: Fri Jul 17, 2020 3:19
blloewy wrote: Fri Jul 17, 2020 2:00 Om Penyu...thanks banget sharenya...
Mau tanya mengenai BBM pertamina yg ron 92.
Krn nilai MON tidak ada jd ada kemungkinan RON nya tidak.mutlak segitu ya? Apalagi banyak kasus spbu nakal yg oplos.
Kl pake pertamax dikasi additive bagusnya gmn Om perbandingannya? Dan additive yg bagus itu yg bagaimana ya? Sebut merk aja gpp dech...
Krn saya dpt engine HR15 pemakaian 8 thn full.petromax tetapi ngga pernah kalibrasi injectornya.
Lalu gurah mesin itu aman kah Om?

sekedar info, pak Penyu sudah berangkat menghadap Yang Maha Kuasa beberapa waktu lalu om...

mungkin ada shifu lain yang bisa menjawab pertanyaan sdr. @blloewy...
shifu @Turboman mungkin? waktu dan tempat kami persilahkan.
btw shifu @htannis lama ngga nongol kemana yak?
"Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun."

Kapan Om Penyuturbo meninggal Om
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by supriyadi »

blloewy wrote: Fri Jul 17, 2020 2:00 Om Penyu...thanks banget sharenya...
Mau tanya mengenai BBM pertamina yg ron 92.
Krn nilai MON tidak ada jd ada kemungkinan RON nya tidak.mutlak segitu ya? Apalagi banyak kasus spbu nakal yg oplos.
Kl pake pertamax dikasi additive bagusnya gmn Om perbandingannya? Dan additive yg bagus itu yg bagaimana ya? Sebut merk aja gpp dech...
Krn saya dpt engine HR15 pemakaian 8 thn full.petromax tetapi ngga pernah kalibrasi injectornya.
Lalu gurah mesin itu aman kah Om?
HR15 ngelitik udah bawaan orok Om, nikmati aja lah
Di carbon clean paling tahan 2-3 bulan udah ngelitik lagi
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by marmut »

supriyadi wrote: Fri Jul 17, 2020 11:29

"Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun."

Kapan Om Penyuturbo meninggal Om

seingat saya belum lama, tapi baca lagi disini ;

viewtopic.php?f=34&t=25166&hilit=penyuturbo&start=50

ternyata sudah hampir 1 tahun lalu.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by DOHC »

josomba wrote: Fri Jul 17, 2020 2:43
Suryaputra wrote: Fri Jul 17, 2020 2:37 .....
eco-driving = bikin stress sbenernya .... bagi saya :ungg:

Harus pelan2 injeknya, dirasa2, dikira2 ... alamak tinggal injek doang padahal.

..
irit cuman beberapa liter bensin doank, skali ke setarbak atau martabak pecenongan jg abis, malah kadang jajan nya lebi mahal dr bensin di irit

nyiksa idup amat injek pedal gas takut2..

kl saya mah, nyetir ikutin mood aj, lg ngantuk teler, nyetir pelan2 eco2an... tp kl lg seger, hajar pedal full ke lantai , betot2 terus.. idup ud banyak masalah, masa nyetir aj nyiksa diri

kl mau real eco2 an, pake supra fit, dl pp rumah kampus aj 2 minggu ga abis2.. isi bensin ama semangkok bakmi GM sama aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: