road trip / mudik dengan motuba
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Mon Nov 12, 2018 5:39
- Location: tasikmalaya
- Daily Vehicle: fortuner
road trip / mudik dengan motuba
hai sob salam dingin bikin mager
jadi gini ai sering denger testi2 tentang mudik / roadtrip pake mobil2 tua / setengah tua ya mobil 80s,90s n early millenium gitu intinya yang udah berumur gitu
ada yg sampe bali lah lombok lah daerah2 sumatra gitu
nah kali aja ada member sini punya pengalaman road trip jauh / mudik pake mobil2 berumur minta sharingan pengalaman , tips apa2 gitu
sebenanrnya sih banyak yg sharing pengalaman2 gini di grup2 fb cuma ya kayak banyak fansboy yg rawan halu kalau disini ai lihat member nya rata2 objektif dan attitudenya dewasa makanya ai curious kali aja ada ada yang bisa ngasih2 sharing
makasih ya sebelumnya trit ini diapprove ai nunggu dulu ya sambil gelar tikar dulu di pojokan
jadi gini ai sering denger testi2 tentang mudik / roadtrip pake mobil2 tua / setengah tua ya mobil 80s,90s n early millenium gitu intinya yang udah berumur gitu
ada yg sampe bali lah lombok lah daerah2 sumatra gitu
nah kali aja ada member sini punya pengalaman road trip jauh / mudik pake mobil2 berumur minta sharingan pengalaman , tips apa2 gitu
sebenanrnya sih banyak yg sharing pengalaman2 gini di grup2 fb cuma ya kayak banyak fansboy yg rawan halu kalau disini ai lihat member nya rata2 objektif dan attitudenya dewasa makanya ai curious kali aja ada ada yang bisa ngasih2 sharing
makasih ya sebelumnya trit ini diapprove ai nunggu dulu ya sambil gelar tikar dulu di pojokan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: road trip / mudik dengan motuba
Saya share bukan pengalaman tp masukan teman2 motuba:juraganresto wrote:hai sob salam dingin bikin mager
jadi gini ai sering denger testi2 tentang mudik / roadtrip pake mobil2 tua / setengah tua ya mobil 80s,90s n early millenium gitu intinya yang udah berumur gitu
ada yg sampe bali lah lombok lah daerah2 sumatra gitu
nah kali aja ada member sini punya pengalaman road trip jauh / mudik pake mobil2 berumur minta sharingan pengalaman , tips apa2 gitu
sebenanrnya sih banyak yg sharing pengalaman2 gini di grup2 fb cuma ya kayak banyak fansboy yg rawan halu kalau disini ai lihat member nya rata2 objektif dan attitudenya dewasa makanya ai curious kali aja ada ada yang bisa ngasih2 sharing
makasih ya sebelumnya trit ini diapprove ai nunggu dulu ya sambil gelar tikar dulu di pojokan
1. pastikan mobilnya sehat, dlm arti rutin service...
rajin maintenance : preventive maintenance, predictive maintenance.
kalau ada part usang, jangan tunggu p3cah baru diganti..
2. sebelum jalan jauh maka test jalan dulu itu mobil dengam kondisi yg mirip oom.. contoh. oom mau roadtrip dr Jakarta ke Medan...test dulu jalan dari Jakarta ke Jogja, long trip..
tujuannya supaya mobil itu capek dan kalau ada part yg nyaris rusak, silahkan rusak sekalian..artinya daripada di lintas sumatera dia muncul.kerusakan, mending saat periode testing gitu.
3. sedia selalu toolkit dan spare part yg typical sering rusak. contoh. sekring, bohlamp, tali kipas, dll..
kawan yg punya Everest tua malah bawa2 glow plug serep
4. perbanyak kenalan di rute yg dilalui. jadi di titik manapun kita mogok maka kita bs hub kawan terdekat
5. berdoa sebelum berangkat.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28
Re: road trip / mudik dengan motuba
beberapa kali roadtrip lumayan jauh pake motuba, tahun 2013 pake w124 300e tahun 93 manual. dari bandung-cirebon-semarang-solo-malang-banyuwangi-surabaya-tuban-semarang-cirebon. pake suspensi standar pabrik dan velg r15 ban michelin. kondisi mesin sehat dan kabel abis reset, cukup nyaman dan aman untuk trip sendirian menghibur diri dari patah hati..hehe. ditempuh dalam waktu 10 hari, tidur kadang di hotel, kadang di pom bensin, kadang di parkiran polsek, dimana ngantuk tak tertahankan saya langsung tidur. namanya juga lagi galau..haha. total biaya seinget saya habis sekitar 4juta buat bensin dan segala keperluan di jalan.
saya pikir roadtrip pake motuba apapun yang penting pastikan mesin sehat, ban dalam kondisi minimal 90%, kabel dan electrical dalam kondisi prima. serta drivernya sehat lahir batin.
sekarang nunggu anak agak gede mau diajak roadtrip sampai NTT pake kia sportage 4wd tahun 2001. sekarang sedang rebuild mobilnya dikembalikan ke kondisi standar pabrik. beberapa kali pake trip jarak dekat dengan medan jalan yang bervariasi cukup nyaman dan tenaganya cukupan lah. mesinnya juga cukup bandel buat disiksa.
enaknya roadtrip pake motuba, kita nggak terlalu sayang abuse itu mobil karena harganya pun masuk akal buat disiksa.
saya pikir roadtrip pake motuba apapun yang penting pastikan mesin sehat, ban dalam kondisi minimal 90%, kabel dan electrical dalam kondisi prima. serta drivernya sehat lahir batin.
sekarang nunggu anak agak gede mau diajak roadtrip sampai NTT pake kia sportage 4wd tahun 2001. sekarang sedang rebuild mobilnya dikembalikan ke kondisi standar pabrik. beberapa kali pake trip jarak dekat dengan medan jalan yang bervariasi cukup nyaman dan tenaganya cukupan lah. mesinnya juga cukup bandel buat disiksa.
enaknya roadtrip pake motuba, kita nggak terlalu sayang abuse itu mobil karena harganya pun masuk akal buat disiksa.
siluman knalpot
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Tue Aug 04, 2015 17:14
Re: road trip / mudik dengan motuba
Jadi inget dulu2 pengalaman road trip 3x ke Solo pake ipah G A/T Bensin 2009 kira2 tahun 2016, kyknya udh termasuk motuba sih. Utk ipah/forti bensin utk perjalanan jarak jauh kira2 yg perlu diperhatiin sbb:
-Pastiin oli2 gak ada rembes dr seal busi, seal cover valve, seal cover timing
-WAJIB cek kepala radiator atas-bawah krn bahan nya dr plastik takut ada retakan, sebaiknya jg bawa tutup radiator cadangan.
-WAJIB cek pipa bypass radiator yg bahan plastik, kalo belum pernah ganti, segera ganti pake yg bahan besi berikut penutup karet nya.
-WAJIB cek water pump, ada rembes ga disekitar water pump. Kalau pipa bypass ganti, sebaiknya sekalian ganti water pump nya supaya sekalian kerja.
-Kuras tangki bahan bakar sblm perjalanan jauh utk sekalian pastikan kondisi fuel pump nya masih bagus.
-Cek kondisi tali kipas (drive belt) pastikan bebas retak, kalau retak segera ganti.
-Cek semua cairan2 (oli mesin, power steering, minyak rem, oli matic, minyak kopling kalo manual)
-Bersihkan atau ganti fuel filter
-Busi sebaiknya diganti
-Oli mesin sebaiknya diganti
-Pastikan level coolant radiator di posisi F
-Cek kondisi ban serep
-Ganti filter ac supaya ac fresh dan flow nya kencang
-Bawa coolant cadangan, oli mesin cadangan, oli power steering
-Pastiin oli2 gak ada rembes dr seal busi, seal cover valve, seal cover timing
-WAJIB cek kepala radiator atas-bawah krn bahan nya dr plastik takut ada retakan, sebaiknya jg bawa tutup radiator cadangan.
-WAJIB cek pipa bypass radiator yg bahan plastik, kalo belum pernah ganti, segera ganti pake yg bahan besi berikut penutup karet nya.
-WAJIB cek water pump, ada rembes ga disekitar water pump. Kalau pipa bypass ganti, sebaiknya sekalian ganti water pump nya supaya sekalian kerja.
-Kuras tangki bahan bakar sblm perjalanan jauh utk sekalian pastikan kondisi fuel pump nya masih bagus.
-Cek kondisi tali kipas (drive belt) pastikan bebas retak, kalau retak segera ganti.
-Cek semua cairan2 (oli mesin, power steering, minyak rem, oli matic, minyak kopling kalo manual)
-Bersihkan atau ganti fuel filter
-Busi sebaiknya diganti
-Oli mesin sebaiknya diganti
-Pastikan level coolant radiator di posisi F
-Cek kondisi ban serep
-Ganti filter ac supaya ac fresh dan flow nya kencang
-Bawa coolant cadangan, oli mesin cadangan, oli power steering
Last edited by ariesto on Sat Nov 02, 2019 8:44, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11024
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: road trip / mudik dengan motuba
tipsnya cuma 1, layak.
layak dari sisi pengemudi.
kondisi fisik harus fit, itu mutlak.
mengatasi masalah saat darurat di perjalanan pun musti bisa. nggak perlu jadi insinyur mesin, tapi setidaknya apabila ban kempes bisa ditangani sendiri.
ada bohlam atau sikring putus, tau harus berbuat apa.
pemeriksaan oli mesin, air wiper, dan lainnya yang ringan musti bisa diatasi sendiri.
setidaknya jangan sampai anda jadi santapan lezat mekanik lapar.
layak kendaraannya.
ini yang cukup berat, karena mobil sudah berumur pasti ada saja yang musti diperbaiki. tapi bukan berarti mobil berumur itu penyakitan. mobil baru pun bisa saja mengalami masalah dijalan. intinya, perawatan jangan disepelekan.
husus bagi pengguna sedan, ada baiknya ground clearance dibiarkan seperti saat keluar dari pabrik daripada nanti susah sendiri.
layak persiapan.
sebelum perjalanan, wajip general check up kendaraan. ganti part(s) yang sekiranya sudah hampir atau memang sudah rusak. jangan sepelekan kabel terkelupas, lebih baik anda perbaiki saat itu juga.
tidak ada salahnya bawa cadangan parts seperti bohlam, sikring, belt, (kalau perlu) busi dan oli, plus kain lap dan air setidaknya 2 liter.
kunci / perkakas / tools juga dilengkapi. bukan ngarepin ngebengkel ditengah perjalanan, tapi jangan sampai terlihat bodoh ketika butuh tang atau obeng saja tidak ada.
buat saya, alat-alat / tools dan perlengkapannya itu minimal ada :
- kunci ringpas 10, 12, 14, 17, 19 (dalam satuan milimeter)
- kunci ring 8-9, 10-11, 12-13, 14-15, 16-17, 18-19 (dalam satuan milimeter)
- kunci inggris (uk. 8" atau 10")
- tang
- tang jepit
- obeng (plus dan min)
- kabel jumper
- towing rope / sling baja
- dongkrak beserta kelengkapannya
- kunci roda
- isolasi
- bohlam minimal 1 pc (masing-masing untuk headlamp, sen, rem, lampu kecil)
- fan / drive belt
- minyak rem
- sikring
- 2 meter kabel
- 5 liter air
- air aki tutup biru
- sikat gigi bekas
- pinset
- sedikit grease (sekitar 50 gram)
- kain lap
husus kunci roda, saya pakai kunci momen model jarum, pasang mata sok 6pt (ukuran disesuaikan dengan mur / baut roda) dengan sambungan sok 5" supaya meringankan pekerjaan.
repot? iya.
nggak mau / malas persiapan seperti itu? ko pigi saja naek pesawat.
lebih baik membawa peralatan lebih tetapi tidak terpakai, daripada butuh tetapi tidak ada.
semoga perjalanan anda menyenangkan.
layak dari sisi pengemudi.
kondisi fisik harus fit, itu mutlak.
mengatasi masalah saat darurat di perjalanan pun musti bisa. nggak perlu jadi insinyur mesin, tapi setidaknya apabila ban kempes bisa ditangani sendiri.
ada bohlam atau sikring putus, tau harus berbuat apa.
pemeriksaan oli mesin, air wiper, dan lainnya yang ringan musti bisa diatasi sendiri.
setidaknya jangan sampai anda jadi santapan lezat mekanik lapar.
layak kendaraannya.
ini yang cukup berat, karena mobil sudah berumur pasti ada saja yang musti diperbaiki. tapi bukan berarti mobil berumur itu penyakitan. mobil baru pun bisa saja mengalami masalah dijalan. intinya, perawatan jangan disepelekan.
husus bagi pengguna sedan, ada baiknya ground clearance dibiarkan seperti saat keluar dari pabrik daripada nanti susah sendiri.
layak persiapan.
sebelum perjalanan, wajip general check up kendaraan. ganti part(s) yang sekiranya sudah hampir atau memang sudah rusak. jangan sepelekan kabel terkelupas, lebih baik anda perbaiki saat itu juga.
tidak ada salahnya bawa cadangan parts seperti bohlam, sikring, belt, (kalau perlu) busi dan oli, plus kain lap dan air setidaknya 2 liter.
kunci / perkakas / tools juga dilengkapi. bukan ngarepin ngebengkel ditengah perjalanan, tapi jangan sampai terlihat bodoh ketika butuh tang atau obeng saja tidak ada.
buat saya, alat-alat / tools dan perlengkapannya itu minimal ada :
- kunci ringpas 10, 12, 14, 17, 19 (dalam satuan milimeter)
- kunci ring 8-9, 10-11, 12-13, 14-15, 16-17, 18-19 (dalam satuan milimeter)
- kunci inggris (uk. 8" atau 10")
- tang
- tang jepit
- obeng (plus dan min)
- kabel jumper
- towing rope / sling baja
- dongkrak beserta kelengkapannya
- kunci roda
- isolasi
- bohlam minimal 1 pc (masing-masing untuk headlamp, sen, rem, lampu kecil)
- fan / drive belt
- minyak rem
- sikring
- 2 meter kabel
- 5 liter air
- air aki tutup biru
- sikat gigi bekas
- pinset
- sedikit grease (sekitar 50 gram)
- kain lap
husus kunci roda, saya pakai kunci momen model jarum, pasang mata sok 6pt (ukuran disesuaikan dengan mur / baut roda) dengan sambungan sok 5" supaya meringankan pekerjaan.
repot? iya.
nggak mau / malas persiapan seperti itu? ko pigi saja naek pesawat.
lebih baik membawa peralatan lebih tetapi tidak terpakai, daripada butuh tetapi tidak ada.
semoga perjalanan anda menyenangkan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1055
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: road trip / mudik dengan motuba
Saya blm pernah sih roadtrip yang jauh banget
Tapi dulu pernah road trip solo-tuban pp beberapa tahun yg lalu (Waktu itu blm ada tol)
Berangkat jam 6 pagi dari solo, sampai solo lagi kalo gak salah sekitar jam 10 an malam.
Oh iya mobilnya mitsubishi galant hiu manual '98
Mobil ganti velg r17, tapi suspensi standar, jadi ground clearance nya standar, bahkan mkn lebih tinggi sedikit dari standar.
Kalau mau road trip pake motuba saran saya tetep cek semua kondisi mobil, harus sehat, dan alat²+bawa cadangan spare part seperti yg d sebutin om om di atas.
Cuma kalau pake motuba hati hati om, ada beberapa part yg kadang rusaknya gak pake kode kode, contohnya as, atau cv, pernah ada kejadian cv joint udah di ganti, kalau belok mentok juga gak ada bunyi aneh², tapi tiba tiba waktu belok mentok dalemnya ada yg pecah.
Tapi dulu pernah road trip solo-tuban pp beberapa tahun yg lalu (Waktu itu blm ada tol)
Berangkat jam 6 pagi dari solo, sampai solo lagi kalo gak salah sekitar jam 10 an malam.
Oh iya mobilnya mitsubishi galant hiu manual '98
Mobil ganti velg r17, tapi suspensi standar, jadi ground clearance nya standar, bahkan mkn lebih tinggi sedikit dari standar.
Kalau mau road trip pake motuba saran saya tetep cek semua kondisi mobil, harus sehat, dan alat²+bawa cadangan spare part seperti yg d sebutin om om di atas.
Cuma kalau pake motuba hati hati om, ada beberapa part yg kadang rusaknya gak pake kode kode, contohnya as, atau cv, pernah ada kejadian cv joint udah di ganti, kalau belok mentok juga gak ada bunyi aneh², tapi tiba tiba waktu belok mentok dalemnya ada yg pecah.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Mon Nov 12, 2018 5:39
- Location: tasikmalaya
- Daily Vehicle: fortuner
Re: road trip / mudik dengan motuba
wah ini makasih banget ya saran2 nya
ya sih ai nunggu respon ttg item2 kayak gini
intinya sih masalah kondisi saja usahakan terawat ya kendaraannya plus fisik sopir lagi oke
insya Allah rencana tripnya dari ujung timur jawa barat ke way kanan di lampung
gak jauh2 amat sih kalau dibanding suhu2 roadtrip sini cuma ai pake bukan mobil gress lumayan berumur mobilnya
ya sih ai nunggu respon ttg item2 kayak gini
intinya sih masalah kondisi saja usahakan terawat ya kendaraannya plus fisik sopir lagi oke
insya Allah rencana tripnya dari ujung timur jawa barat ke way kanan di lampung
gak jauh2 amat sih kalau dibanding suhu2 roadtrip sini cuma ai pake bukan mobil gress lumayan berumur mobilnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: road trip / mudik dengan motuba
Mobilnya sih biasa. Tapi perjalanannya luar biasa.juraganresto wrote: ↑Fri Nov 08, 2019 9:09 wah ini makasih banget ya saran2 nya
ya sih ai nunggu respon ttg item2 kayak gini
intinya sih masalah kondisi saja usahakan terawat ya kendaraannya plus fisik sopir lagi oke
insya Allah rencana tripnya dari ujung timur jawa barat ke way kanan di lampung
gak jauh2 amat sih kalau dibanding suhu2 roadtrip sini cuma ai pake bukan mobil gress lumayan berumur mobilnya
Itulah motto oom oom disini..
Tidak perlu ngebut yang penting cepat sampai
Roadtrip bebaskan Djiwa
Tidak penting modip, yang penting roadtrip..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: road trip / mudik dengan motuba
Ijin share baru roadtrip deket sih cuma sampai semarang naik w202 th 97, intinya sblm brgkt kl ad g enak2 di cek dl, sama saya selalu bawa fuelpump cadangan. Asal mbl sehari2 dipakai tau kurang2nya apa dan yakin sama kondisinya gass aja om.
Oiya saya juga bukan tipe mentokin gas krn tau umur motuba nya juga jd ya jln cruising aja di transjawa 100-120 pk cruise control, tiap kali hbs berenti saya selalu cek kolong apakah ada bocor2 dr coolant dan oli, sama level coolant + oli selalu saya cek sebelum jalan.
Oiya saya juga bukan tipe mentokin gas krn tau umur motuba nya juga jd ya jln cruising aja di transjawa 100-120 pk cruise control, tiap kali hbs berenti saya selalu cek kolong apakah ada bocor2 dr coolant dan oli, sama level coolant + oli selalu saya cek sebelum jalan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: road trip / mudik dengan motuba
Ikutan sharing ya om.
Dulu saya ada beberapa kali pengalaman road trip dengan mobil yang udah boleh dibilang tua.
Road trip dengan mobil tua buat saya sih bukan masalah ya, selama mobilnya sehat dan kita kenal karakter dan masalah yang ada di mobil itu. Jangan dapat mobil tua baru sehari dua hari lalu gas keluar kota...hehe agak nekat kalo kaya gitu.
Saya sempat merasakan bepergian pakai Suzuki Vitara 1993, Daihatsu Taft 1995, Daihatsu Taft 2002 dan Volvo S90 1998. Kalau pas bawa Vitara saya selalu bawa oli cadangan (mobil ini jarak 500 km makan oli 1 liter...hahaha), lalu pas Volvo saya bawa kipas radiator cadangan, relay kipas dan fuel pump. Kalau di Taft saya ga terlalu was was, ini mobil paling nggak rewel yang pernah saya rawat.
Tapi tetap seperti petuah om om di atas, selalu biasakan bawa cadangan bohlam, oli, air dan perlengkapan/peralatan darurat lain. Kadang namanya mobil tua ya ada aja. Sekali kejadian di Jogja, selang bypass di waterpump Taft saya lepas...biang keroknya ternyata sepele, tutup radiator macet. Bersyukur saya bawa selang bypass cadangan dan ada sealer pula di toolbox. Tinggal pasang, isi coolant dan pas pula ada toko onderdil yang jual tutup radiator.
Selebihnya silahkan menikmati perjalanan...mobil tua muda sampainya ya sama aja. Hehehe.
Dulu saya ada beberapa kali pengalaman road trip dengan mobil yang udah boleh dibilang tua.
Road trip dengan mobil tua buat saya sih bukan masalah ya, selama mobilnya sehat dan kita kenal karakter dan masalah yang ada di mobil itu. Jangan dapat mobil tua baru sehari dua hari lalu gas keluar kota...hehe agak nekat kalo kaya gitu.
Saya sempat merasakan bepergian pakai Suzuki Vitara 1993, Daihatsu Taft 1995, Daihatsu Taft 2002 dan Volvo S90 1998. Kalau pas bawa Vitara saya selalu bawa oli cadangan (mobil ini jarak 500 km makan oli 1 liter...hahaha), lalu pas Volvo saya bawa kipas radiator cadangan, relay kipas dan fuel pump. Kalau di Taft saya ga terlalu was was, ini mobil paling nggak rewel yang pernah saya rawat.
Tapi tetap seperti petuah om om di atas, selalu biasakan bawa cadangan bohlam, oli, air dan perlengkapan/peralatan darurat lain. Kadang namanya mobil tua ya ada aja. Sekali kejadian di Jogja, selang bypass di waterpump Taft saya lepas...biang keroknya ternyata sepele, tutup radiator macet. Bersyukur saya bawa selang bypass cadangan dan ada sealer pula di toolbox. Tinggal pasang, isi coolant dan pas pula ada toko onderdil yang jual tutup radiator.
Selebihnya silahkan menikmati perjalanan...mobil tua muda sampainya ya sama aja. Hehehe.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: road trip / mudik dengan motuba
Saya share pengalaman aja, bukan roadtrip seh cuma antar jemput Alm.OM saya. dari Bandara Soeta hari Sabtu jam 04.00 Pagi, dari Bandara keliling di Jakarta seharian, sampai jam 4 sore beli aneka kebutuhan Om Saya termasuk part2 buat Fortunernya Om saya, karena barang bawaan banyak dan cukup berat akhirnya Om minta diantar sekalian ke Pati.
Mobilnya Peugeot 406 D9 manual tahun 2001, kami berlima plus penuh part mobil di bagasi, waktu mobil itu dipakai, kondisi mobilnya malah lagi ga sehat ditambah belum ada tol Cipali, kondisi motor Starter mati dan koil ada salah satu yang kurang bagus jadi kalau low RPM mobil harus di gas pelan2 biar tidak ndut-ndutan meski kalau sudah jalan kencang normal2 aja. Motor starter mati saat perjalanan sampai semarang menuju Pati, tapi karena manual jadi untuk menyalakan mesin bisa didorong. Dari Jakarta jam 4 sore Alhamdulillah selamat sampai Pati jam 5 pagi, lumayan cepat karena di Tol Palimanan bisa geber sampai 160-170kpj.
Setelah sampai, Istirahat tidur sebentar, cuci bodi mobil dan mandi. Jam 9 pagi jalan lagi balik Jakarta, karena sudah tahu motor starter mati, maka berhenti di beberapa tempat atau isi bensin, mesin tidak dimatikan. Alhamdulillah akhirnya jam 12 malam saya sudah tiba lagi dijakarta. Mobil juga tidak ada masalah selain motor starter dan koil tadi.
Pernah juga mudik, karena macet dijalan sampai 30jam dari normalnya 10jam dengan si 406 ini. Mobilnya gak apa-apa, malah saya nya yang teler karena ga ada yang gantiin.
Yang penting itu tahu karakteristik mobilnya dan jaga kesehatan pengemudinya. Jadi kalau pun mobil bermasalah, kita tahu penanganan awalnya.
Mobilnya Peugeot 406 D9 manual tahun 2001, kami berlima plus penuh part mobil di bagasi, waktu mobil itu dipakai, kondisi mobilnya malah lagi ga sehat ditambah belum ada tol Cipali, kondisi motor Starter mati dan koil ada salah satu yang kurang bagus jadi kalau low RPM mobil harus di gas pelan2 biar tidak ndut-ndutan meski kalau sudah jalan kencang normal2 aja. Motor starter mati saat perjalanan sampai semarang menuju Pati, tapi karena manual jadi untuk menyalakan mesin bisa didorong. Dari Jakarta jam 4 sore Alhamdulillah selamat sampai Pati jam 5 pagi, lumayan cepat karena di Tol Palimanan bisa geber sampai 160-170kpj.
Setelah sampai, Istirahat tidur sebentar, cuci bodi mobil dan mandi. Jam 9 pagi jalan lagi balik Jakarta, karena sudah tahu motor starter mati, maka berhenti di beberapa tempat atau isi bensin, mesin tidak dimatikan. Alhamdulillah akhirnya jam 12 malam saya sudah tiba lagi dijakarta. Mobil juga tidak ada masalah selain motor starter dan koil tadi.
Pernah juga mudik, karena macet dijalan sampai 30jam dari normalnya 10jam dengan si 406 ini. Mobilnya gak apa-apa, malah saya nya yang teler karena ga ada yang gantiin.
Yang penting itu tahu karakteristik mobilnya dan jaga kesehatan pengemudinya. Jadi kalau pun mobil bermasalah, kita tahu penanganan awalnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: road trip / mudik dengan motuba
Ini pengalaman saya, beli mobil hari ini besoknya langsung bawa mudik. Waktu berangkat fine2 aja, mau pulang businya mati 1. Nyari busi yang mirip dikota saya ga ada. Ya akhirnya pulang balik jakarta jalan dengan 3 silinder, meski matic tapi kalau macet-macetan harus di netralin atau mesinnya mati karena pincang tadi.classicrock wrote: ↑Fri Nov 08, 2019 10:49 Ikutan sharing ya om.
Dulu saya ada beberapa kali pengalaman road trip dengan mobil yang udah boleh dibilang tua.
Road trip dengan mobil tua buat saya sih bukan masalah ya, selama mobilnya sehat dan kita kenal karakter dan masalah yang ada di mobil itu. Jangan dapat mobil tua baru sehari dua hari lalu gas keluar kota...hehe agak nekat kalo kaya gitu.
Saya sempat merasakan bepergian pakai Suzuki Vitara 1993, Daihatsu Taft 1995, Daihatsu Taft 2002 dan Volvo S90 1998. Kalau pas bawa Vitara saya selalu bawa oli cadangan (mobil ini jarak 500 km makan oli 1 liter...hahaha), lalu pas Volvo saya bawa kipas radiator cadangan, relay kipas dan fuel pump. Kalau di Taft saya ga terlalu was was, ini mobil paling nggak rewel yang pernah saya rawat.
Tapi tetap seperti petuah om om di atas, selalu biasakan bawa cadangan bohlam, oli, air dan perlengkapan/peralatan darurat lain. Kadang namanya mobil tua ya ada aja. Sekali kejadian di Jogja, selang bypass di waterpump Taft saya lepas...biang keroknya ternyata sepele, tutup radiator macet. Bersyukur saya bawa selang bypass cadangan dan ada sealer pula di toolbox. Tinggal pasang, isi coolant dan pas pula ada toko onderdil yang jual tutup radiator.
Selebihnya silahkan menikmati perjalanan...mobil tua muda sampainya ya sama aja. Hehehe.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: road trip / mudik dengan motuba
Tambahin selain yg udah udah diatas berdasarkan pemgalaman saya sama everest 04
Bearing roda kalo bisa langsung ganti
saya pernah bearing roda depan kiri pecah di sebelum exit tol pasteur, karena baru kerasa geter pas baru masuk cikampek. Akhirnya di derek ke bengkel terdekat, mana pas hari libur tahun baru cina
Bearing roda kalo bisa langsung ganti
saya pernah bearing roda depan kiri pecah di sebelum exit tol pasteur, karena baru kerasa geter pas baru masuk cikampek. Akhirnya di derek ke bengkel terdekat, mana pas hari libur tahun baru cina
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: road trip / mudik dengan motuba
hahaha dapat kejutan ya om...mobil tua ya kadang begitu...hehehehe.Pugman wrote: ↑Fri Nov 08, 2019 11:09
Ini pengalaman saya, beli mobil hari ini besoknya langsung bawa mudik. Waktu berangkat fine2 aja, mau pulang businya mati 1. Nyari busi yang mirip dikota saya ga ada. Ya akhirnya pulang balik jakarta jalan dengan 3 silinder, meski matic tapi kalau macet-macetan harus di netralin atau mesinnya mati karena pincang tadi.
nah pernah nih ada kejadian begini di tahun 2006 saat Jogja diguncang gempa. saat itu saya bergabung untuk penyaluran bantuan dan diplot ke daerah Gunung Kidul.nimoo wrote: ↑Fri Nov 08, 2019 11:42 Tambahin selain yg udah udah diatas berdasarkan pemgalaman saya sama everest 04
Bearing roda kalo bisa langsung ganti
saya pernah bearing roda depan kiri pecah di sebelum exit tol pasteur, karena baru kerasa geter pas baru masuk cikampek. Akhirnya di derek ke bengkel terdekat, mana pas hari libur tahun baru cina
dari Jakarta kami berangkat enam mobil, persiapan seadanya dan secepatnya, mana dari enam mobil, yang muda cuma satu yaitu L200 Strada, sisanya Taft tua semua. Sampai Temanggung bearing roda depan kanan Taft teman saya pecah, mana jam 11 malam pula. Akhirnya kendaraan ditinggal di lokasi beserta pengemudi dan navigatornya, bersyukur malam itu ada toko yang bisa diketuk pintunya dan dapat bearing roda sekitar jam 1 dini hari.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11024
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: road trip / mudik dengan motuba
intinya, punya mobil berumur itu hanya masalah mental dan kesabaran, duit nomor belakang.
punya duit banyak kalau mental cemen ya selesai sudah...
punya duit banyak kalau mental cemen ya selesai sudah...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: road trip / mudik dengan motuba
Motuba yang saya pernah pakai untuk road trip jarak jauh, baik sebagai penumpang atau nyetir sendiri lumayan banyak om, mulai dari yoyota mark 2 ntah taun berapa ( zaman saya sd), galant 98 kalau ga salah, w124 97, kijang kapsul lgx (mobil kantor ortu), altis 2010, sampai innova 2012 ( motuba ga nih). Semuanya nyaris ga pernah ada masalah, pernah kampas kopling habis sampai harus derek, untung ga jauh. Sama overheat pernah juga. Selain itu lancar aja.
Nanti akhir tahun rencana mau pakai t30, ini motuba juga..
Oia roadtripnya kebanyakan rute jakarta smg solo jogja pp, diluar itu pakai mark 2 itu dari denpasar jakarta. Yang lain sih roadtrip jarak dekat, jakarta cirebon, jakarta bandung, jakarta tasik..
Yang penting kondisi fisik kita dan kendaraan aman aja om..
Nanti akhir tahun rencana mau pakai t30, ini motuba juga..
Oia roadtripnya kebanyakan rute jakarta smg solo jogja pp, diluar itu pakai mark 2 itu dari denpasar jakarta. Yang lain sih roadtrip jarak dekat, jakarta cirebon, jakarta bandung, jakarta tasik..
Yang penting kondisi fisik kita dan kendaraan aman aja om..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Wed Dec 12, 2018 3:19
- Location: Garut
- Daily Vehicle: LC VX 80
Re: road trip / mudik dengan motuba
Kalo ane pake LC VX 80.. Waktu perjalanan dekat malah kena masalahnya.. Perjalanan mau liburan di Bandung dari Garut mesin tiba2 pincang & mati sendiri sekitar maghrib di daerah unpad.. Akhirnya ditinggal di bengkel dago lanjut pake taxol..
Kalo ane perjalanan jauh biasa ngecek=
1. Oli
2. Air radiator
3. Tekanan & kondisi ban
4. Toolkit
Jangan lupa nyari kenalan derek atau bengkel yg buka 24 jam.. Biasanya di kota besar ada sih.. Atau gabung di komunitas macam klub mobil atau apapun lah biar terbantu kalo ada problem..
Kalo ane perjalanan jauh biasa ngecek=
1. Oli
2. Air radiator
3. Tekanan & kondisi ban
4. Toolkit
Jangan lupa nyari kenalan derek atau bengkel yg buka 24 jam.. Biasanya di kota besar ada sih.. Atau gabung di komunitas macam klub mobil atau apapun lah biar terbantu kalo ada problem..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: road trip / mudik dengan motuba
Yes bener banget Om, apalagi kalau Motuba non mainstream. Kadang uangnya ada, malah barangnya yang ga ada. Jadi kita memang harus sedikit bersusah payah untuk kenal mobil kita, seperti cari part yang bisa subtitusi dengan brand lain, karena kadang bengkel pun suka ga paham, yang sering saya lihat contoh sederhana aja kalau ke bengkel Ban, sering mereka bingung waktu mau pasang balik tutup roda atau salah naruh posisi dongkrak juga itu list besi underbody suka mleyot.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: vroom
Re: road trip / mudik dengan motuba
Bearing bukannya bunyi ya kalau sudah rusak om?nimoo wrote: ↑Fri Nov 08, 2019 11:42 Tambahin selain yg udah udah diatas berdasarkan pemgalaman saya sama everest 04
Bearing roda kalo bisa langsung ganti
saya pernah bearing roda depan kiri pecah di sebelum exit tol pasteur, karena baru kerasa geter pas baru masuk cikampek. Akhirnya di derek ke bengkel terdekat, mana pas hari libur tahun baru cina
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Feb 26, 2018 9:11
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xenia2014
Re: road trip / mudik dengan motuba
Dari pengalaman suhu2 roadtrip di atas, saya bisa mengambil pelajaran bahwasanya Motuba layak dipakai roadtrip dengan persiapan matang disertai pengetahuan mengatasi masalah yg terjadi di mobil tsb serta tak lupa mental baja ketika masalah menerpa.
Terimakasih suhu master sifu teacher guru ustadz semuanya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11024
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: road trip / mudik dengan motuba
severmaya wrote: ↑Fri Nov 08, 2019 23:33Bearing bukannya bunyi ya kalau sudah rusak om?nimoo wrote: ↑Fri Nov 08, 2019 11:42 Tambahin selain yg udah udah diatas berdasarkan pemgalaman saya sama everest 04
Bearing roda kalo bisa langsung ganti
saya pernah bearing roda depan kiri pecah di sebelum exit tol pasteur, karena baru kerasa geter pas baru masuk cikampek. Akhirnya di derek ke bengkel terdekat, mana pas hari libur tahun baru cina
secara teori dan praktek, 99,9% betul ada bunyi dengung di kecepatan tertentu.
tapi saya pernah ngalamin sendiri. tidak ada bunyi dengung sebelumnya, tidak ada gejala apapun yang aneh. hanya saat pulang sudah dekat rumah, tiba-tiba ada suara gemuruh yang cukup kuat dan getaran terasa di setir. setelah diperiksa, bearing roda kanan depan sudah seperti emping dalam plastik yang kedudukan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: road trip / mudik dengan motuba
Juara. Pernyataan terakhirnya.
Road trip, pengalaman berjarak (entah jauh atau ngga) atau jatohnya mudik sih kalau saya.
406: Jkt - solo, muter ke jogja juga. Waktu belum jalan mobil masuk ke pug saharjo, diberesin sama wayan sama cling cling, greng jalan. Saya inget masalah malah pas pulang, makan di marangi, terus ke taman safari. Nah pas di taman safari ini mati dia mendadak, pas di bagian seksi macan. Diem 5 menitan diidupin mau, tapi transmimis nyala snow sportnya. Pas pulang hilang sendiri habis parkir lama.
206: Jkt - solo, sakit pinggang, ini mobil ngga enak jauh. Pernah juga jkt-lampung, iseng pengen foto babaranjang, sama lah 11-12 sakit pinggang. Temen pakai 504 slonong boy kesana sini enak banget. Oh iya, di lampung dapet pertamax busuk jadi boyo.
S90: Jkt - solo, ngga ada yg aneh2. Malah ditawar sama saudara jauh.
W140: Jkt - solo (4x), ngantuk, apalagi di cipali. Pernah pagi-pagi distater berat steernya, rupanya oli power steering kurang. Sisanya juga nga ada yang gimana-gimana. Mobil ini di cipali bahaya, harus ada yg ngajak ngobrol. Rada susah kalau bawa istri anak stel Death Vomit pasti dimarahin.
Anehnya, mobil tahun 90an yg saya punya ngga ngerongrong lah. Saya ditempa banyak sama pug 406, 206. 405 sti cuma sampai puncak, macet nanjak 110 mentok, ngga sampai cut off. V70, 505, 604, 463 cuma jadi mobil kota gegayaan aja hehee.
Oh ya, ban menurut saya paling enak michelin primacy. Bensin apa aja, yg ngga ngantri.
Ron Asheton Forever
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: road trip / mudik dengan motuba
Klo pengalaman saya klo jalan jauh pakai motuba itu yg suka luput dr perhatian itu ttg kaki2, entah CV joint, bearing roda, kampas rem, tierod, dll Tau2 tengah jalan begitu kena lubang lgs bermasalah. Yg kedua biasanya radiator, busi dan AC. Klo mesin selama ga ada rembesan oli seharusnya masih aman
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11024
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: road trip / mudik dengan motuba
thestoneroses wrote: ↑Sat Nov 09, 2019 1:59
-
Saya ditempa banyak sama pug 406, 206. 405 sti cuma sampai puncak, macet nanjak 110 mentok, ngga sampai cut off. V70, 505, 604, 463 cuma jadi mobil kota gegayaan aja hehee.
-
hahaha.....
kalau saya, anggap sebagai kenikmatan perjalanan bersama.
paling seru dan menyenangkan itu waktu perjalanan menjelang subuh naik 505GR sendirian, melintas di kawasan pacet cipanas, muncul bunyi berdecit sangat keras yang ternyata waterpump macet total tidak bergerak. dari situ sampai rumah di BSD saya jalan tanpa waterpump dan Alhamdulillah tidak terjadi sesuatu hal yang fatal.
2 hari kemudian, cylinder head saya bongkar dirumah dan ternyata tidak bengkok walaupun sepanjang perjalanan temp. gauge mentok di H.
tentunya dengan melakukan beberapa trik macgyver dahulu sepanjang perjalanan plus doa.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: road trip / mudik dengan motuba
Umumnya bunyi, atau minimal terasa getarannya di kaki driver jika bearing depan yang rusak (buat yang sensitif).severmaya wrote:Bearing bukannya bunyi ya kalau sudah rusak om?nimoo wrote: ↑Fri Nov 08, 2019 11:42 Tambahin selain yg udah udah diatas berdasarkan pemgalaman saya sama everest 04
Bearing roda kalo bisa langsung ganti
saya pernah bearing roda depan kiri pecah di sebelum exit tol pasteur, karena baru kerasa geter pas baru masuk cikampek. Akhirnya di derek ke bengkel terdekat, mana pas hari libur tahun baru cina
Tapi saya pernah ngalami kasus di Nissan March, lagi enak enak jalan di tol, tau tau aja gruk gruk gruk....bearing belakang ambyar.
Kalo di kasus Taft temen saya yang sempet saya ceritakan di atas jelas ga akan terasa. Kenapa? Mesinnya diesel, lalu ban pakai Xtra Grip...haha semua suara lain hilang ditelan suara ban.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L