Chevrolet stop jualan di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pojokban
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by pojokban »

pengendiesel wrote: Thu Oct 31, 2019 14:26 wkwkwkwkwk, gue banget nih.
beli hape, sepatu, mobil, motor, dll selalu beli yang makainya gak bikin kepikiran. beli dan pake seancurnya.
RV mobil? meh
Hp jatuh? meh

yang penting barang2 itu bisa berfungsi sebagaimana mestinya
:big_deal: pakai sewajarnya ya Om, kalau hp dicelupin ke air ya kurang ajar tapi kalau jatuh ke air ya namanya nasib, yang namanya anti gores dan sarung sarungan kalau gak gratis ya gak dipasang :big_biglaugh:
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by c4b13 »

wuihh, welcome back om NR..
butuh berita chevy hengkang baru bisa bikin om NR balik, ditunggu komen2nya dan sharing knowledge nya yah.. hahahaa, maaf OOT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by ChZ »

TUFF Stough wrote: Fri Nov 01, 2019 1:06
bm9792ct wrote: Fri Nov 01, 2019 0:35 Ga juga sih bandelnya.tapi partsnya lebih gampang dicari aja.
Cmn ane rade kecewa soal quality bodi mobil sekarang miris banget.
Tipis seperti kaleng "biskuit khongguan"
Coba aja deh bedain ketok bodi triton dan produk non jepun. Ford misalnya.
Bedain deh bodi l300.kijang kapsul.
tahun lawas dulu dengan generasi barunya.
Intinya sih mnrutku skrg pabrikan ga suka dengan mobil yang sangat durable.
Klo ga bisa rusak ntar yang baru ga laku2.
ANKI dengan GNKI aja downgrade quality-nya udah kerasa banget. ANKI body makin ngaleng. nutup pintu bukan bunyi 'bleb' seperti GNKI, tapi 'dueng' kaya pintu angkot jaman dulu. beruntung pas pembagian mobil dinas di tempat kerja kebagian GNKI. gak ngotot nunggu keluar ANKI. and ANKI is not cheaper than GNKI.

kira2 spt itu lah gambaran masa suram otomotif indonesia setelah satu per satu hengkang. downgrade quality with upping price.
lha ANKI sudah lebih tipis saja malah lebih berat 200kg dari GNKI... piye...

saya gak mau berbusa busa ngomongin korelasi plat tebal/tipis dengan hasil crash test yang tidak ada kaitannya sama sekali... udah capek...

tapi kalau contextnya bicara peredaman dan kenyamanan kuping waktu pintu ditutup... mungkin iya. tapi saya rasa inipun perlu dibuktikan lebih lanjut apakah itu kualitas plat atau karet peredam pintunya. krn plat nya tebel/tipis baru ketauan kalo bongkar pintu pasang peredam, klo ketak ketok, ga valid. bisa aja peredam. avanza kasih peredam 1 layer juga diketok suaranya gak kaleng.

biasanya yang bikin bias adalah kualitas assembling dan material peredam pintu saja. Kalo pengalaman saya dengan X-Trail T31 dan T32, T31 memang lebih "blep" waktu ditutup, T32 gak berasa solid blas. kayak assemblingnya kurang mantep. ini terjadi dengan mobil mobil yang biasanya CKD / rakitan lokal.

CRV gen 5 saya pun sebenernya kalo dibandingin gen 3 / 4 nutup pintunya kayak kurang mantep rasanya. kalo saya bandingin sama sodaranya yang rakitan Thailand, beda. Masih lebih berasa mantep rasa nutup pintunya.

cuma lagi-lagi kalo ngomong makin tipis ya ga juga sih, pintunya CRV baru ini jauh lebih berat dari gen 3 / 4 bahkan gen 1/2 , mak ane pertama bawa nih mobil keluhannya langsung "anjir pintunya berat bener" :mky_07:

ntahlah, barangkali supplier bahan peredamnya udah beda.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by bensinsolar »

TUFF Stough wrote: Fri Nov 01, 2019 1:06
bm9792ct wrote: Fri Nov 01, 2019 0:35
iwing wrote:klo lihat bbrp tulisan di atas, bukan nya justru logis ya jika masyarakat sini beli merk2 jepang yang terkenal bandel karena mereka gak mau dipusingkan jika ada masalah dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. kan justru aneh jika ada org yang beli mobil tapi mau aja direpotin dengan mobil yang dibeli nya. jadi wajar saja jika pabrikan jepang cukup kuat disini

istilah nyaman itu luas, misal mobil gak ngerepotin itu nyaman
Ga juga sih bandelnya.tapi partsnya lebih gampang dicari aja.
Cmn ane rade kecewa soal quality bodi mobil sekarang miris banget.
Tipis seperti kaleng "biskuit khongguan"
Coba aja deh bedain ketok bodi triton dan produk non jepun. Ford misalnya.
Bedain deh bodi l300.kijang kapsul.
tahun lawas dulu dengan generasi barunya.
Intinya sih mnrutku skrg pabrikan ga suka dengan mobil yang sangat durable.
Klo ga bisa rusak ntar yang baru ga laku2.
ANKI dengan GNKI aja downgrade quality-nya udah kerasa banget. ANKI body makin ngaleng. nutup pintu bukan bunyi 'bleb' seperti GNKI, tapi 'dueng' kaya pintu angkot jaman dulu. beruntung pas pembagian mobil dinas di tempat kerja kebagian GNKI. gak ngotot nunggu keluar ANKI. and ANKI is not cheaper than GNKI.

kira2 spt itu lah gambaran masa suram otomotif indonesia setelah satu per satu hengkang. downgrade quality with upping price.
ANKI ke GNKI tdk bisa dibilang downgrade qualitynya. Wong ANKI nambah bobot lmyn 100kg kalo gaq salah& 200kg bwt ANF. Walaupun makin ngaleng, djamin secara safety pasti lebih bagus ANKI. Interior juga bagus ANKI. Terus terang, saya mkgn bias karena gapunya ANKI tp mertua ada GNKI bensin 2010 juga 2012. Saya sering naik & kadang setirin. Mnrt saya nutup pintunya biasa aja. Cuma bisa comment, Fortuner 2015 TRD mertua sama ANF 2016 saya itu mantepan ANF nutup pintunya. Tapi 1 hal mertua saya paling anti ama diesel makanya semua 2 GNKI & 2 Fortuner 2008 juga TRD 2015 bensin (mobil paling dihina di SM), nah begitu pertama kali naik ANF saya yg diesel, dia bilang ini bensin ya, which means dari segi refinement 2GD improved jauh dibanding 2KD. Ambience kabin GNKI kalo dianding ANKI ud terlihat usang spt mobil commercial, no offence & sorry jd OOT
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by bensinsolar »

ChZ wrote: Fri Nov 01, 2019 3:19
TUFF Stough wrote: Fri Nov 01, 2019 1:06
bm9792ct wrote: Fri Nov 01, 2019 0:35 Ga juga sih bandelnya.tapi partsnya lebih gampang dicari aja.
Cmn ane rade kecewa soal quality bodi mobil sekarang miris banget.
Tipis seperti kaleng "biskuit khongguan"
Coba aja deh bedain ketok bodi triton dan produk non jepun. Ford misalnya.
Bedain deh bodi l300.kijang kapsul.
tahun lawas dulu dengan generasi barunya.
Intinya sih mnrutku skrg pabrikan ga suka dengan mobil yang sangat durable.
Klo ga bisa rusak ntar yang baru ga laku2.
ANKI dengan GNKI aja downgrade quality-nya udah kerasa banget. ANKI body makin ngaleng. nutup pintu bukan bunyi 'bleb' seperti GNKI, tapi 'dueng' kaya pintu angkot jaman dulu. beruntung pas pembagian mobil dinas di tempat kerja kebagian GNKI. gak ngotot nunggu keluar ANKI. and ANKI is not cheaper than GNKI.

kira2 spt itu lah gambaran masa suram otomotif indonesia setelah satu per satu hengkang. downgrade quality with upping price.
lha ANKI sudah lebih tipis saja malah lebih berat 200kg dari GNKI... piye...

saya gak mau berbusa busa ngomongin korelasi plat tebal/tipis dengan hasil crash test yang tidak ada kaitannya sama sekali... udah capek...

tapi kalau contextnya bicara peredaman dan kenyamanan kuping waktu pintu ditutup... mungkin iya. tapi saya rasa inipun perlu dibuktikan lebih lanjut apakah itu kualitas plat atau karet peredam pintunya. krn plat nya tebel/tipis baru ketauan kalo bongkar pintu pasang peredam, klo ketak ketok, ga valid. bisa aja peredam. avanza kasih peredam 1 layer juga diketok suaranya gak kaleng.

biasanya yang bikin bias adalah kualitas assembling dan material peredam pintu saja. Kalo pengalaman saya dengan X-Trail T31 dan T32, T31 memang lebih "blep" waktu ditutup, T32 gak berasa solid blas. kayak assemblingnya kurang mantep. ini terjadi dengan mobil mobil yang biasanya CKD / rakitan lokal.

CRV gen 5 saya pun sebenernya kalo dibandingin gen 3 / 4 nutup pintunya kayak kurang mantep rasanya. kalo saya bandingin sama sodaranya yang rakitan Thailand, beda. Masih lebih berasa mantep rasa nutup pintunya.

cuma lagi-lagi kalo ngomong makin tipis ya ga juga sih, pintunya CRV baru ini jauh lebih berat dari gen 3 / 4 bahkan gen 1/2 , mak ane pertama bawa nih mobil keluhannya langsung "anjir pintunya berat bener" :mky_07:

ntahlah, barangkali supplier bahan peredamnya udah beda.
Hahaha ampir samaan ketiknya sama Om. 1 hal tapi yg saya pernah baca utk Kijang Kapsul mulai tahun 2000 di wiki dibilang menggunakan plat lebih tipis, nah kebetulan saya punya Kijang Kapsul 2.0 EFI ya memang agak tipis rasa2nya seinget saya.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by F272 »

classicrock wrote: Thu Oct 31, 2019 22:14 Ikutan sharing soal GM ini. Walaupun mungkin nanti ujungnya ya mainstream vs non mainstream.

Tahun 1995 ortu saya ambil Opel Optima. Dalam perjalanan pemakaian +/- 2 tahun ternyata dapat impresi buruk soal ketersediaan parts. Bayangkan, mobil relatif baru eh selang fleksibel rem bocor, nunggunya lama banget. Tierod mau ganti tidak ready stock. Belum lagi lampu panel speedometer dan panel AC pada bolak balik mati, bahkan tombol hazard kalau mau difungsikan harus diganjal selipan kertas. Akhirnya 1997 Optima dijual. Tukar ke Daihatsu Rocky F78 (kendaraan 4x4 yang udah dipercaya keluarga sejak generasi F50 nya)

Tahun 2000 ortu saya ambil KIA Sportage 4x4 karena Rocky mau dikirim ke Kaltim. Ini juga sama ngga beresnya. Hari pertama mobil diantar dipakai ke Pasaraya Blok M, sampai parkiran, matikan mesin, air radiator mbludak tumpah tumpah ke lantai. Karena kesal saya sampai antar kunci dan karcis parkir ke BeRes nya yang kala itu ada di dekat Pancoran, Jaksel. Dalam perjalanan waktu thermostat AC rusak, pun ngga ada parts nya. Pintu belakang kanan kiri sering sekali ga bisa dibuka dari dalam, dibetulin, alasannya ada link yang lepas. Pakai cuma 1 tahun lalu jual. Kapok? Belum. Masih berani ambil KIA Ceres 4x4 di tahun 2002 kalau ngga salah. Pakai di Kaltim buat bawa parts dan drum solar dan oli untuk ngikutin Dozer yang lagi buka jalan. As roda depan rusak plus free lock hub bubar. Saya di Jakarta nyari partsnya ngga ada. Luar biasa, akhirnya jual dalam kondisi apa adanya. Kapok. Akhirnya balik ambil Daihatsu Hiline Pickup 4x4 untuk keperluan kerja berat.

Pengalaman model begitu yang akhirnya bikin saya jadi user kendaraan mainstream. Saya pribadi setelah 18 tahun berturut turut setia pakai keluarga Taft untuk harian, akhirnya nyerah karena sayanya nambah umur...hahahaha...capek nyetir Taft, akhirnya malah berakhir di Avanza.
Cerita Pengalaman yang berharga sekali ini om...
Mustinya anak2 saya baca ini..nanti akan saya suru baca deh mereka... hehehe..makasih om
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: Fri Nov 01, 2019 3:57
Hahaha ampir samaan ketiknya sama Om. 1 hal tapi yg saya pernah baca utk Kijang Kapsul mulai tahun 2000 di wiki dibilang menggunakan plat lebih tipis, nah kebetulan saya punya Kijang Kapsul 2.0 EFI ya memang agak tipis rasa2nya seinget saya.
wkwkwkwk yah masalahnya orang sini biasanya bilang tebel tipis cuma dari feel, tidak bener bener bongkar doortrim dan ngukur dengan sketmat...

oh ditutup blep berarti tebel, oh diketok "dep" brarti tebel. padahal kalo mobil passenger di dalem pintu isinya kan macem macem : speaker, modul power window, peredam, dst... tidak bisa jadi patokan. avanza gen 1 saya pernah liat sendiri ya kaleng orang gak ada peredamnya dan memang platnya paling cuma gak sampe 0.6mm...

mobil mobil baru sekarang itu pengaruhnya juga karena doortrimnya pada makin gendut, makanya mungkin assemblingnya rawan bonggang. rasa kalengnya mungkin karena makin banyak ruang di dalem pintu, jadi suara lebih kedenger. ini di kasus T31 dan T32 saya rasa seperti itu.

dulu 2011 saya dan temen saya sama-sama pake CRV gen 3 2.4 doi audio pasang peredam saya enggak, pintu CRV saya ya kek kaleng rombeng. diketok klang klang beda ma punya dia udah peredam di depan.

L300 platnya tebel saya rasa tidak juga... saya familier dengan L300 karena pakai 2 unit buat kerja dan beberapa truck Canter/Dyna armada bapak saya... cuma rasa nutupnya L300 kan mirip sama mobil mobil lawas ada sensasi "ceklek" nya itu yang mungkin dibilang mantep... tapi ditutup ya kalo dibilang kaleng rombeng sih kaleng rombeng tetep aja.

ohya saya pernah dulu dalam sehari oper oper mobil pas dinas kantor jemput orang banyak... 3 armada : 2 nya GNKI G, 1nya ANKI G. pintunya si lebih berat ANKI ya... saya bingung kalo dibilang lebih kaleng ANKI. peredaman kabin dan kaki kaki juga lebih enak ANKI. waktu pindah ke GNKI G lewat speedtrap rasanya cukup lumayan jauh.

biasnya lagi gak disebutin trimnya apa, kalo yang dibandingin GNKI V emang beda material peredam. Coba sama GNKI J atau E tuh, beneran kek kaleng rombeng :mky_07: saya pertama naik GNKI V diesel aja kaget kok bisa se senyap ini gak terlalu ketara suara geter geternya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Boeds »

Ngomongin tebal tipis plat, yg pernah buka tutup dan ketuk pintu orlando pasti ngerti bedanya mana yg tipis mana yg tebal
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by bensinsolar »

Boeds wrote: Fri Nov 01, 2019 5:32 Ngomongin tebal tipis plat, yg pernah buka tutup dan ketuk pintu orlando pasti ngerti bedanya mana yg tipis mana yg tebal
Ngerti Om, saya bedainnya bemper ANF saya sama Harrier 2008. Harrier punya kalo ngetok kenceng, bisa jari kita yg sakit ud kaya besi. Pernah di tmpt parkir ada Avanza parkir paralel & rem tangan depan mbl saya. Coba waktu itu pake harrier ud saya dorong pake moncongnya, sayang lagi pake ANF takut bempernya yg copot. :mky_07:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by bensinsolar »

ChZ wrote: Fri Nov 01, 2019 4:41
bensinsolar wrote: Fri Nov 01, 2019 3:57
Hahaha ampir samaan ketiknya sama Om. 1 hal tapi yg saya pernah baca utk Kijang Kapsul mulai tahun 2000 di wiki dibilang menggunakan plat lebih tipis, nah kebetulan saya punya Kijang Kapsul 2.0 EFI ya memang agak tipis rasa2nya seinget saya.
wkwkwkwk yah masalahnya orang sini biasanya bilang tebel tipis cuma dari feel, tidak bener bener bongkar doortrim dan ngukur dengan sketmat...

oh ditutup blep berarti tebel, oh diketok "dep" brarti tebel. padahal kalo mobil passenger di dalem pintu isinya kan macem macem : speaker, modul power window, peredam, dst... tidak bisa jadi patokan. avanza gen 1 saya pernah liat sendiri ya kaleng orang gak ada peredamnya dan memang platnya paling cuma gak sampe 0.6mm...

mobil mobil baru sekarang itu pengaruhnya juga karena doortrimnya pada makin gendut, makanya mungkin assemblingnya rawan bonggang. rasa kalengnya mungkin karena makin banyak ruang di dalem pintu, jadi suara lebih kedenger. ini di kasus T31 dan T32 saya rasa seperti itu.

dulu 2011 saya dan temen saya sama-sama pake CRV gen 3 2.4 doi audio pasang peredam saya enggak, pintu CRV saya ya kek kaleng rombeng. diketok klang klang beda ma punya dia udah peredam di depan.

L300 platnya tebel saya rasa tidak juga... saya familier dengan L300 karena pakai 2 unit buat kerja dan beberapa truck Canter/Dyna armada bapak saya... cuma rasa nutupnya L300 kan mirip sama mobil mobil lawas ada sensasi "ceklek" nya itu yang mungkin dibilang mantep... tapi ditutup ya kalo dibilang kaleng rombeng sih kaleng rombeng tetep aja.

ohya saya pernah dulu dalam sehari oper oper mobil pas dinas kantor jemput orang banyak... 3 armada : 2 nya GNKI G, 1nya ANKI G. pintunya si lebih berat ANKI ya... saya bingung kalo dibilang lebih kaleng ANKI. peredaman kabin dan kaki kaki juga lebih enak ANKI. waktu pindah ke GNKI G lewat speedtrap rasanya cukup lumayan jauh.

biasnya lagi gak disebutin trimnya apa, kalo yang dibandingin GNKI V emang beda material peredam. Coba sama GNKI J atau E tuh, beneran kek kaleng rombeng :mky_07: saya pertama naik GNKI V diesel aja kaget kok bisa se senyap ini gak terlalu ketara suara geter geternya
Itu dia orang kadang hanya melihat secara perceived quality, not real qualitynya. Maaf seperti kalau kita denger kasus beberapa OS (Outlander Sport) kecelakaan, yg cedera dari mobil yg ditabrak yg pengendara OSnya semua selamat, apa bakal kita cap wah OS mantep, pdhl bemper & bagian depan kiri kanan OS itu plastik semua lho...
nizamuddinaulia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Apr 18, 2018 6:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by nizamuddinaulia »

bensinsolar wrote: Fri Nov 01, 2019 6:40
ChZ wrote: Fri Nov 01, 2019 4:41
bensinsolar wrote: Fri Nov 01, 2019 3:57
Hahaha ampir samaan ketiknya sama Om. 1 hal tapi yg saya pernah baca utk Kijang Kapsul mulai tahun 2000 di wiki dibilang menggunakan plat lebih tipis, nah kebetulan saya punya Kijang Kapsul 2.0 EFI ya memang agak tipis rasa2nya seinget saya.
wkwkwkwk yah masalahnya orang sini biasanya bilang tebel tipis cuma dari feel, tidak bener bener bongkar doortrim dan ngukur dengan sketmat...

oh ditutup blep berarti tebel, oh diketok "dep" brarti tebel. padahal kalo mobil passenger di dalem pintu isinya kan macem macem : speaker, modul power window, peredam, dst... tidak bisa jadi patokan. avanza gen 1 saya pernah liat sendiri ya kaleng orang gak ada peredamnya dan memang platnya paling cuma gak sampe 0.6mm...

mobil mobil baru sekarang itu pengaruhnya juga karena doortrimnya pada makin gendut, makanya mungkin assemblingnya rawan bonggang. rasa kalengnya mungkin karena makin banyak ruang di dalem pintu, jadi suara lebih kedenger. ini di kasus T31 dan T32 saya rasa seperti itu.

dulu 2011 saya dan temen saya sama-sama pake CRV gen 3 2.4 doi audio pasang peredam saya enggak, pintu CRV saya ya kek kaleng rombeng. diketok klang klang beda ma punya dia udah peredam di depan.

L300 platnya tebel saya rasa tidak juga... saya familier dengan L300 karena pakai 2 unit buat kerja dan beberapa truck Canter/Dyna armada bapak saya... cuma rasa nutupnya L300 kan mirip sama mobil mobil lawas ada sensasi "ceklek" nya itu yang mungkin dibilang mantep... tapi ditutup ya kalo dibilang kaleng rombeng sih kaleng rombeng tetep aja.

ohya saya pernah dulu dalam sehari oper oper mobil pas dinas kantor jemput orang banyak... 3 armada : 2 nya GNKI G, 1nya ANKI G. pintunya si lebih berat ANKI ya... saya bingung kalo dibilang lebih kaleng ANKI. peredaman kabin dan kaki kaki juga lebih enak ANKI. waktu pindah ke GNKI G lewat speedtrap rasanya cukup lumayan jauh.

biasnya lagi gak disebutin trimnya apa, kalo yang dibandingin GNKI V emang beda material peredam. Coba sama GNKI J atau E tuh, beneran kek kaleng rombeng :mky_07: saya pertama naik GNKI V diesel aja kaget kok bisa se senyap ini gak terlalu ketara suara geter geternya
Itu dia orang kadang hanya melihat secara perceived quality, not real qualitynya. Maaf seperti kalau kita denger kasus beberapa OS (Outlander Sport) kecelakaan, yg cedera dari mobil yg ditabrak yg pengendara OSnya semua selamat, apa bakal kita cap wah OS mantep, pdhl bemper & bagian depan kiri kanan OS itu plastik semua lho...
Betul om, OS bemper kanan kiri plastik, kayaknya ngejar bobot deh soalnya dah berat bobotnya
tapi Pillar A nya solid banget secara konstruksi

sebenernya beli mobil baru faktornya banyak:
Technical Quality (engine/powertrain)
Safety
Build Quality
Ride Impression
Maintainability
Brand impression
Resale Value

Saya lihat orang Indo banyak mikir cuma di tiga nomer terakhir..

Kalo kasus GM saya liat no 1 sering kali mobil yang dimasukin ga cocok sama Indo (faktor bahan bakar dan alam Indo)
sama maintainability, ntah masalahnya dimana..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by ChZ »

bensinsolar wrote: Fri Nov 01, 2019 6:40
Itu dia orang kadang hanya melihat secara perceived quality, not real qualitynya. Maaf seperti kalau kita denger kasus beberapa OS (Outlander Sport) kecelakaan, yg cedera dari mobil yg ditabrak yg pengendara OSnya semua selamat, apa bakal kita cap wah OS mantep, pdhl bemper & bagian depan kiri kanan OS itu plastik semua lho...
wkwkwkwk itu dulu sempet agak bikin beberapa orang gak jadi beli OS lho um... X-Trail T30 pun plastik kan fendernya.

Mobil ngeropah pun banyak contonya, E30/36 sebenernya pun secara bumper lebih tebal daripada G20 terbaru karena dulu bahan bumpernya mobil eropa itu keras bener. Tapi reputasi E30 atau E36 (saya lupa yang mana) itu mobil dikenal death trap krn safety ratingnya rendah.
nizamuddinaulia wrote: Fri Nov 01, 2019 7:19
Kalo kasus GM saya liat no 1 sering kali mobil yang dimasukin ga cocok sama Indo (faktor bahan bakar dan alam Indo)
sama maintainability, ntah masalahnya dimana..
brand non-mainstream terutama amerika-eropa gak mau research kebiasaan orang indonesia ngerawat mubil dan kondisi geografis indonesia serta ketersediaan BBM :mky_01:

ini yang mereka kalah selangkah-dua langkah dari merk yang puluhan taun dagang disini. ya iya jualan di awal sih lumayan moncer ketolong fitur dan harga, tapi begitu long run, kena kebiasaan orang indonesia yang maunya bbm semurah mungkin dan maintenance seadanya, jadi masalah.

tp kan biasa, ignorant customers bilangnya mobilnya yang bermasalah, makin banyak user yang ignorant seperti ini = stigma produk cacat semakin menyebar. ngobrol ma keluarga, nongkrong ma temen, dibilang "jgn beli mobil ini deh, rusakan". padahal tu panduan pemilik dari baru diplastikin doang :mky_07:

dari sisi ATPM juga, minjem istilah eksekutif TAM : "kurang edukasi konsumen". yang jadi simalakama begitu di "edukasi" wajib ngisi bbm mewah, salesnya jadi korban. contoh jelas : Ertiga diesel :mky_05: andai tuh mobil gak ada disclaimer harus isi solar mewah, ya laris manis buat armada rental dan taksol :mky_01: wong memang hemat banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by classicrock »

F 272 wrote:
classicrock wrote: Thu Oct 31, 2019 22:14 Ikutan sharing soal GM ini. Walaupun mungkin nanti ujungnya ya mainstream vs non mainstream.

Tahun 1995 ortu saya ambil Opel Optima. Dalam perjalanan pemakaian +/- 2 tahun ternyata dapat impresi buruk soal ketersediaan parts. Bayangkan, mobil relatif baru eh selang fleksibel rem bocor, nunggunya lama banget. Tierod mau ganti tidak ready stock. Belum lagi lampu panel speedometer dan panel AC pada bolak balik mati, bahkan tombol hazard kalau mau difungsikan harus diganjal selipan kertas. Akhirnya 1997 Optima dijual. Tukar ke Daihatsu Rocky F78 (kendaraan 4x4 yang udah dipercaya keluarga sejak generasi F50 nya)

Tahun 2000 ortu saya ambil KIA Sportage 4x4 karena Rocky mau dikirim ke Kaltim. Ini juga sama ngga beresnya. Hari pertama mobil diantar dipakai ke Pasaraya Blok M, sampai parkiran, matikan mesin, air radiator mbludak tumpah tumpah ke lantai. Karena kesal saya sampai antar kunci dan karcis parkir ke BeRes nya yang kala itu ada di dekat Pancoran, Jaksel. Dalam perjalanan waktu thermostat AC rusak, pun ngga ada parts nya. Pintu belakang kanan kiri sering sekali ga bisa dibuka dari dalam, dibetulin, alasannya ada link yang lepas. Pakai cuma 1 tahun lalu jual. Kapok? Belum. Masih berani ambil KIA Ceres 4x4 di tahun 2002 kalau ngga salah. Pakai di Kaltim buat bawa parts dan drum solar dan oli untuk ngikutin Dozer yang lagi buka jalan. As roda depan rusak plus free lock hub bubar. Saya di Jakarta nyari partsnya ngga ada. Luar biasa, akhirnya jual dalam kondisi apa adanya. Kapok. Akhirnya balik ambil Daihatsu Hiline Pickup 4x4 untuk keperluan kerja berat.

Pengalaman model begitu yang akhirnya bikin saya jadi user kendaraan mainstream. Saya pribadi setelah 18 tahun berturut turut setia pakai keluarga Taft untuk harian, akhirnya nyerah karena sayanya nambah umur...hahahaha...capek nyetir Taft, akhirnya malah berakhir di Avanza.
Cerita Pengalaman yang berharga sekali ini om...
Mustinya anak2 saya baca ini..nanti akan saya suru baca deh mereka... hehehe..makasih om
Hehehehe makasih om...wah kenapa om? Apakah lagi ngincer salah satu dari mobil di cerita saya itu? Btw manteb nih main luluran lumpur terus si om.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by piraku »

pojokban wrote: Thu Oct 31, 2019 13:10
piraku wrote: Thu Oct 31, 2019 10:42 Saya salah satu yg kalau mau beli barang, pasti mikir kalau dijual lagi seberapa besar depresiasinya. Bahkan termasuk hengpon. Mungkin saya termasuk orang yang perhitungan [emoji28] gimana ya saya beli mobil jg bukan krna nafsu, tp butuh, duit seada adanya segitu kalau bisa jangan terlalu hilang banyak kalau suatu saat butuh upgrade, misal butuh mobil yg lebih gede, atau tiba tiba usaha bermasalah butuh jual aset. Ini pandangan pribadi saya sih, ga tau yg lain. Bisa sih rental ga perlu mikir harga jual, tp kalau dihitung hitungan kebutuhan saya, malah lebih mahal jatuhnya running cost rental.
Masing masing pribadi pasti beda Om, kalau ane beli sesuatu jangan sampai barang tersebut malah merepotkan / menjadi beban. Pikiran jadi free of worry. Mau lecet kek, mau penyok kek, kalau emang nasib ya udah.
Haha berapa waktu pertama sih, emang pingin sempurna, saya perfeksionis, lecet, penyok langsung dibenerin walaupun diy, tp udah lama yaudah aja kumpulin aja dlu nanti pas mau jual baru rapihin. Menurut saya sih mikirin RV ga bikin beban pikiran, justru makin enteng, daripada banyak mikir mau beli yg mana, pilih aja mobil paling mainstream, bayar bawa pulang. Biasanya mobil populer yg RV nya rada bagus kan, yaa walaupun tetep jatuh seenggaknya mending daripada mobil yg di awal udh obral diskon krna ga laku. Tp biasanya perbedaan ini tergantung isi dompet seseorang. Org yg duit paspasan pasti mikir RV yg beli mobil udh kaya beli permen mah ngapain mikir RV 😁
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Dekyarov »

Padahal GM udeh lama dagang di sini dari jaman belanda.

Oplet ama bis dulu juga mobilnya chevrolet.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by F272 »

classicrock wrote: Fri Nov 01, 2019 12:26
F 272 wrote:
classicrock wrote: Thu Oct 31, 2019 22:14 Ikutan sharing soal GM ini. Walaupun mungkin nanti ujungnya ya mainstream vs non mainstream.

- CUT -

Pengalaman model begitu yang akhirnya bikin saya jadi user kendaraan mainstream. Saya pribadi setelah 18 tahun berturut turut setia pakai keluarga Taft untuk harian, akhirnya nyerah karena sayanya nambah umur...hahahaha...capek nyetir Taft, akhirnya malah berakhir di Avanza.
Cerita Pengalaman yang berharga sekali ini om...
Mustinya anak2 saya baca ini..nanti akan saya suru baca deh mereka... hehehe..makasih om
Hehehehe makasih om...wah kenapa om? Apakah lagi ngincer salah satu dari mobil di cerita saya itu? Btw manteb nih main luluran lumpur terus si om.
hehehe.... walaupun tidak ada salah satu merk yang persis om alamin di ats...tapi anak2 saya tuh skarang2 ini sering banget ngerengek minta beliin mobil merk ini itu dan kebanyakan merk2 yang menurut saya masuk kategori aneh2...(atau saya yang aneh ? tau nya cuma Toyota - Suzuki - Daihatsu aja :angel: ) ... Saya kadang bilang gini : Makanya kamu tuh baca SM.. :ngacir:

Luluran lumpur ? wkwkwkw belum masuk tahap itu om...
Skarang masih belajar mengenal dulu, mengendalikan dan fahami jenis2 jalur mulai paling ringan dulu ..lalu belajar ambil keputusan tepat saat hadapi obstacle...semua saya mau nya Natural, walau belajar sendiri ...

:e-clap: :angel: :e-dance:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Turboman »

Hmmmm
Screenshot_2019-11-03-09-58-26-778_com.instagram.android.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Tue Aug 13, 2019 3:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Slowslowglow »

TB nya jadi brp yah....
Turboman wrote:Hmmmm
Screenshot_2019-11-03-09-58-26-778_com.instagram.android.jpeg
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by jakanjc »

Turboman wrote: Sun Nov 03, 2019 2:58 HmmmmScreenshot_2019-11-03-09-58-26-778_com.instagram.android.jpeg
Dr info grup fb club trax, harga yang om
turbo post ternyata harga off the road, mungkin otrnya jadi sekitar 270an..
'You can go fast, But I can go anywhere'
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by martinnn »

Tungguin aja ntar juga 230 on the road kayak proton Dan ford
:big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Omnibus »

Kl 230 otr anggap pakai 5 thn residual sisa 60 jt, depresiasi 170 jt per 5 thn. kl jual lg dpt lbh dr 60 ya hoki
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by Astargea »

Omnibus wrote: Sun Nov 03, 2019 7:25 Kl 230 otr anggap pakai 5 thn residual sisa 60 jt, depresiasi 170 jt per 5 thn. kl jual lg dpt lbh dr 60 ya hoki
Gak mungkin bro cuma laku 60, Ecosport yang harga aslinya lebih murah aja masih 100-an
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by akbrn »

Astargea wrote:
Omnibus wrote: Sun Nov 03, 2019 7:25 Kl 230 otr anggap pakai 5 thn residual sisa 60 jt, depresiasi 170 jt per 5 thn. kl jual lg dpt lbh dr 60 ya hoki
Gak mungkin bro cuma laku 60, Ecosport yang harga aslinya lebih murah aja masih 100-an
Ini perhitungan based on rumus depresiasi bro, biasanya diterapin buat mobil armada perusahaan / fleet car.

Harga hasil rumus kemungkinan bakal beda sama harga real pasaran.

Itungan ini sebenernya buat ngitung nilai ekonomis suatu mobil sampe nilainya dianggap 0 pada tahun tertentu....
0600661160
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sat Feb 02, 2019 17:12
Location: jakarta
Daily Vehicle: brompton

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by 0600661160 »

Slowslowglow wrote: Sun Nov 03, 2019 3:28 TB nya jadi brp yah....
Turboman wrote:HmmmmScreenshot_2019-11-03-09-58-26-778_com.instagram.android.jpeg
Saya ditawarin diskon 70 juta oom dari 497 juta.
Mungkin efeknya ini pas banget sih uda pas akhir tahun pas banget jor2an diskon sama buat nguber volume penjualan.
Maret 2020 kan target buat buangin barang yang sisa nih...
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Chevrolet stop jualan di Indonesia

Post by akbrn »

jakanjc wrote:
Turboman wrote: Sun Nov 03, 2019 2:58 HmmmmScreenshot_2019-11-03-09-58-26-778_com.instagram.android.jpeg
Dr info grup fb club trax, harga yang om
turbo post ternyata harga off the road, mungkin otrnya jadi sekitar 270an..
Iseng pantau di fb
20191103_195620.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.