Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

andrejunior wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 29, 2019 16:35
andrejunior wrote:Mohon tanya mending mana dari 3 piliihan ini:

-Shell Helix Astra 5W-30 (TBN no data)
-Motul H-TECH 100 5W-30 (TBN 7.8 )
-Fastron Gold 0W-20 (TBN 9.54)

utk All New Terios AT 2018 (Selama ini pake oli Daihatsu yg 0W-20)

dari 3 pilihan di atas, Motul API servicenya hanya SM, sedangkan yg lainnya SN.
lalu utk oli Shell, kok susah banget ya nyari data TBN-nya...

terima kasih sebelumnya
kalo mau 0W20 pake aja si Prancis promo di BliBli

Kalo sering High RPM / Road Trip en mau pake 5W30 pake yg ini dooonkk......oli Keraton harga warteg........aman en gak ada acdc nya

reviewnya byk di BITOG en Yutub

Schaeffer Supreme 9000 SAE 5W-30 API SN Full Synthetic Engine Oil

https://tokopedia.link/jt2RAonSB0

di toko PT PAPASARI Rp120.000
terima kasih infonya om Turbo, di link tsb udah pasti asli ya olinya?

eh oli Prancis apa ya om? Elf kah? atau Total?
itu Distro utamanya om

buka aja web nya Seffer, nama Papasari ada tertera

Btw kalo ongkos ganti oli di bkl2 paling 50 rb......50 rb buat makan di resto aja zaman skg paling dapet apa si.....hahahaha

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

oli buatan Prancis yah banyak merek lah

kalo grup BUMN : TOTALFINAELF

swasta ada si UO / IG / YAC / MOT dll

gugel2 aja lah
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9665
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Oli2 bumn merk prancis sm thailand emang enak buat mesin, dan harga relatif terjangkau
the power of bumn :big_grin:

dan dah SNI pula :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ipOi78
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ipOi78 »

Turboman wrote: Tue Oct 29, 2019 16:32
ipOi78 wrote:Om turbo mo nanya lagi nih kebetulan dalam waktu dekat mo ganti oli utk santafe dm diesel km pas tembus 100rb..
1. Dr km 60rb rutin pake amsoil maxduty 5w30, ganti oli plus filter setiap 10 -12rb km, so far cukup puas pake si max duty, akselarasi enteng dan penguapan sangat minim sekali..minusnya mesin agak kasar aja pas cold start and mahal :) .. Nah di km 100rb nanti ane rencana mo coba ganti merk nih om ke ptt 5w40 / schaefer 5w40 kira2 mana yg lbh cocok om utk interval 10rb km ? Oh ya spek manual book b4.. Apa cukup dgn ptt 10w30 agar lbh hemat ?

2. Sempat servis ac di doktermobil deket rumah dan ditawarkan cara ganti oli dengan mesin "cuci darah" dengan benefit biaa mengeluarkan sisa oli seluruhnya dr mesin mobil sampai ke oil pump.. Oli boleh bawa sendiri nanti kena charge biaya mesin aja.. Menurut om turboman cara seperti ini apakah *aman" dan berguna ga utk ganti oli mobil krn saya liat mereka menggunakan engine flush jg

Mohob pecerahannya, thx
loh udah cocok pake MaxDuty 5W30 knp mau pindah ke merek lain ?
Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

Ini hasil lengkap pengujian oli 5W-30 yang dilakukan oleh youtuber Project Farm:

Overall Score:
Project Farm - Oil Scorecard.png

Antiwear:
Project Farm - AntiWear.png

Detergent & Dispersant:
Project Farm - Detergent-Dispersants.png

TBN:
Project Farm - TBN.png

Schaeffer's Supreme 5W-30 cuma ada diurutan 6.
Saking kuatnya kualitas 6 oli peringkat atas, 10 oli lainnya mencapai point di bawah nilai rata-rata.
Artinya hanya 37,5% yang di atas rata-rata & selebihnya 62,5% di bawah rata-rata dari 16 oli yang diuji.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9665
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

top 10-nya kelas bintang 5.
that's why klo ada yg flush-sale untuk oli Top 10 tsb / kasih harga di kisaran <150rb seliter, sikat langsung :mrgreen:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Suryaputra wrote:top 10-nya kelas bintang 5.
that's why klo ada yg flush-sale untuk oli Top 10 tsb / kasih harga di kisaran <150rb seliter, sikat langsung :mrgreen:
Yoi

kalo baca2 BITOG juga konsumen di US banyak yg "discount hunter" juga

sama2 oli kelas Premium leh mana aja yg lagi diskon gede ya sikat

HRA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Oct 18, 2019 1:22
Location: Semarang
Daily Vehicle: ANGL CVT 2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by HRA »

Om Turbo mau tanya lagi.

1. Innova bensin 2005 MT, kilometer sudah 130 ribu. Selama ini pakai TMO di BeRes. Awal bulan ini habis ganti paking head. Oli apa yang cocok?
2. Kijang kapsul diesel 2002 MT, kilometer sudah 440 ribu. Tiap service selalu ganti semua filter. Oli apa yang cocok?
3. PTT Performa 5W30 dengan Adnoc Voyager Gold 5W30, bagus mana om?

Matur nuwun om.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

HRA wrote:Om Turbo mau tanya lagi.

1. Innova bensin 2005 MT, kilometer sudah 130 ribu. Selama ini pakai TMO di BeRes. Awal bulan ini habis ganti paking head. Oli apa yang cocok?
2. Kijang kapsul diesel 2002 MT, kilometer sudah 440 ribu. Tiap service selalu ganti semua filter. Oli apa yang cocok?
3. PTT Performa 5W30 dengan Adnoc Voyager Gold 5W30, bagus mana om?

Matur nuwun om.
1. Use 5W30 / 10W30 API SN

2 10W40 / 15W40 API CH-4 / CI-4
Saya lagi test PTT 15W40 CH4 di 2L mayan sih, tarikan mayan oke lah utk kelas 15W40, suara mesin alus & harga murah banget

3. Wah nda paham, dicoba aja
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

ipOi78 wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 29, 2019 16:32
ipOi78 wrote:Om turbo mo nanya lagi nih kebetulan dalam waktu dekat mo ganti oli utk santafe dm diesel km pas tembus 100rb..
1. Dr km 60rb rutin pake amsoil maxduty 5w30, ganti oli plus filter setiap 10 -12rb km, so far cukup puas pake si max duty, akselarasi enteng dan penguapan sangat minim sekali..minusnya mesin agak kasar aja pas cold start and mahal :) .. Nah di km 100rb nanti ane rencana mo coba ganti merk nih om ke ptt 5w40 / schaefer 5w40 kira2 mana yg lbh cocok om utk interval 10rb km ? Oh ya spek manual book b4.. Apa cukup dgn ptt 10w30 agar lbh hemat ?

2. Sempat servis ac di doktermobil deket rumah dan ditawarkan cara ganti oli dengan mesin "cuci darah" dengan benefit biaa mengeluarkan sisa oli seluruhnya dr mesin mobil sampai ke oil pump.. Oli boleh bawa sendiri nanti kena charge biaya mesin aja.. Menurut om turboman cara seperti ini apakah *aman" dan berguna ga utk ganti oli mobil krn saya liat mereka menggunakan engine flush jg

Mohob pecerahannya, thx
loh udah cocok pake MaxDuty 5W30 knp mau pindah ke merek lain ?
Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?

asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km

Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja

udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9665
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 3:46
ipOi78 wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 29, 2019 16:32 loh udah cocok pake MaxDuty 5W30 knp mau pindah ke merek lain ?
Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?

asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km

Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja

udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar
kayak gini" ini nih, yg bikin sy pribadi masih galau mau coba ams tipe bintang 5, biar dikata diskon besar2an juga.

krn klo dah naik kelas, susah turun biasanya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 3:46
ipOi78 wrote: Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?

asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km

Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja

udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar
kayak gini" ini nih, yg bikin sy pribadi masih galau mau coba ams tipe bintang 5, biar dikata diskon besar2an juga.

krn klo dah naik kelas, susah turun biasanya :big_biglaugh:
hahah

salah 1 cara kalo mau turun kasta =
Oli Keraton hajar sampe 15.000 km / lebih or sampe kerasa gak enak

asal Fil oli ganti di 10.000 km / durasi gak lebih dr 12 bulan

udah itu ganti oli walau turun kasta, oli baru terasa enak
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9665
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 4:02
Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 3:46 gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?

asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km

Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja

udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar
kayak gini" ini nih, yg bikin sy pribadi masih galau mau coba ams tipe bintang 5, biar dikata diskon besar2an juga.

krn klo dah naik kelas, susah turun biasanya :big_biglaugh:
hahah

salah 1 cara kalo mau turun kasta =
Oli Keraton hajar sampe 15.000 km / lebih or sampe kerasa gak enak

asal Fil oli ganti di 10.000 km / durasi gak lebih dr 12 bulan

udah itu ganti oli walau turun kasta, oli baru terasa enak
hmm leh uga :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
HRA
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Fri Oct 18, 2019 1:22
Location: Semarang
Daily Vehicle: ANGL CVT 2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by HRA »

Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 3:36
HRA wrote:Om Turbo mau tanya lagi.

1. Innova bensin 2005 MT, kilometer sudah 130 ribu. Selama ini pakai TMO di BeRes. Awal bulan ini habis ganti paking head. Oli apa yang cocok?
2. Kijang kapsul diesel 2002 MT, kilometer sudah 440 ribu. Tiap service selalu ganti semua filter. Oli apa yang cocok?
3. PTT Performa 5W30 dengan Adnoc Voyager Gold 5W30, bagus mana om?

Matur nuwun om.
1. Use 5W30 / 10W30 API SN

2 10W40 / 15W40 API CH-4 / CI-4
Saya lagi test PTT 15W40 CH4 di 2L mayan sih, tarikan mayan oke lah utk kelas 15W40, suara mesin alus & harga murah banget

3. Wah nda paham, dicoba aja
Nomor 2 baru mau cobain M1 Delvac MX om.
Nomor 3 sudah saya lihat datasheet dari kedua produk, Adnoc lebih lengkap sertifikasi/standarnya walaupun sama2 sudah ACEA A5/B5. Pengaruhnya apa om?
ipOi78
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Apr 01, 2014 15:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ipOi78 »

Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 3:46
ipOi78 wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 29, 2019 16:32 loh udah cocok pake MaxDuty 5W30 knp mau pindah ke merek lain ?
Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?

asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km

Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja

udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar
Hahaha... Siaaap om turbo jd ane tetep setia ama dah ama si max duty 5w30 aman yah pake 15rb km? Normally 10rb km sekitar 6 bln lebih dapet.. 15rb dalam setahun pasti dapet... Emang sy perhatikan pas km 8-9rb mobil masih enak tambah enteng dan irit malah saya berasanya :big_peace: santi sy std aja blm remap dll, cuman ganti dp aja biar agak plong an tarikan bawahnya..

And satu lagi nih om turbo.. Ganti oli "cuci darah" ala dokt*rmobil recomend ga om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

ipOi78 wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 3:46
ipOi78 wrote: Sebenernya pengen aja nyobain si ptt atau sxhaeffer yg lagi hype diforum ini hehe.. Sekaligus bisa berhemat sedikit kan lumayan beda harganya
gak mau coba si Max Duty pake sampe 15.000 km ?

asal gak lebih dr 12 bulan dan filter oli ganti di 10.000 km

Jamin AMAN, dgn catatan mesin Std / Light Tune aja dan antara 10 - 15 rb km gaya nyetir normal2 aja

udah pake Max Duty 5W30 trus pindah ke merek lain bisa resiko kecewa loh ntar
Hahaha... Siaaap om turbo jd ane tetep setia ama dah ama si max duty 5w30 aman yah pake 15rb km? Normally 10rb km sekitar 6 bln lebih dapet.. 15rb dalam setahun pasti dapet... Emang sy perhatikan pas km 8-9rb mobil masih enak tambah enteng dan irit malah saya berasanya :big_peace: santi sy std aja blm remap dll, cuman ganti dp aja biar agak plong an tarikan bawahnya..

And satu lagi nih om turbo.. Ganti oli "cuci darah" ala dokt*rmobil recomend ga om?
Ganti oli cukup flush dgn tuang oli 10W30 murah saat oli lama tinggal netes2

pake aja Fastron 10W30 misal

cukup, gak perlu yg model aneh2
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by evanbngdor »

Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 7:04 Ganti oli cukup flush dgn tuang oli 10W30 murah saat oli lama tinggal netes2

pake aja Fastron 10W30 misal

cukup, gak perlu yg model aneh2
Kalo pake sisa oli waktu ganti oli sebelumnya bisa ngga Om? Ditutup rapet sih, cuma ya mungkin udah 6 bulanan
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

evanbngdor wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 7:04 Ganti oli cukup flush dgn tuang oli 10W30 murah saat oli lama tinggal netes2

pake aja Fastron 10W30 misal

cukup, gak perlu yg model aneh2
Kalo pake sisa oli waktu ganti oli sebelumnya bisa ngga Om? Ditutup rapet sih, cuma ya mungkin udah 6 bulanan
boleh banget
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by evanbngdor »

Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 8:06
evanbngdor wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 31, 2019 7:04 Ganti oli cukup flush dgn tuang oli 10W30 murah saat oli lama tinggal netes2

pake aja Fastron 10W30 misal

cukup, gak perlu yg model aneh2
Kalo pake sisa oli waktu ganti oli sebelumnya bisa ngga Om? Ditutup rapet sih, cuma ya mungkin udah 6 bulanan
boleh banget
Siap Om. sayang soalnya, ya 0,5 liter lumayan lah buat flush.

Thank you Om turbo
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Saat nanti mobil2 EV merajalela, mungkin kita gak akan dengar lagi oli API SN / SP etc

Nanti kita akan terbiasa dgn Standard Gear oil spt mesin2 industri

Khusus utk EV cars yg performa gila2, idealnya pakai Gear Oil berbahan PAO - P Alpha Olef / Poly Alkene Glycol ....ini gak bisa ditawar lagi harusnya, karena Gear Box 1 speed nya akan sgt panas & idealnya juga ada Gear oil Cooler

Mungkin nantinya yg akan turut bermain di pasar =
- KLUBER
- ANDEROL
- LE
dll

selain dr persh3 minyak raksasa yg kita kenal (Mobil dgn SHC Gear oil dll)


Konon TESLA menggunakqn oli ATF DEXRON 6 utk Gearbox nya, yg mana sebetulnya bisa kita subsitusi dgn Gear Oil ISO 32 - Full Syn

Nantinya kita akan terbiasa mendengar std
- FZG rating
- Micro Cincinnati
- SIEMENS FLENDER
- ISO

keterangan "Anti Micropitting " dll

dll

Salam masa depan




917EicyZkjL._SY445_.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9665
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Tenang..
EV sekelas tesla udah mikirin cooling systemnya untuk mendinginkan:
- Batre
- ECU
- Computer unit
- Charger - DC converter
- Differential & reduction gear oil (ada oil filternya)
- dsb

Rumit dan keren,
jd coolant ini berperan penting sekali untuk mendinginkan system EV ketika dipush sampai ke max :upss:

yg penting gear oilnya sesuai std pabrik, bebas sludge, anti feeeze, dan pada dasarnya hrs bisa untuk heat exchanger + fatigue & wear protection dgn baik ketika digeber sampai max speed.
& panasnya gak akan sepanas oli mesin kan.

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by iwing »

lha sama saja. oli untuk melumasi mesin (ice) dan grease untuk gear2 (ev). btw oli bisa menempuh jarak hingga 10 ribu km. kalo grease2 ini bisa gak ya jarak segitu..??
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

iwing wrote:lha sama saja. oli untuk melumasi mesin (ice) dan grease untuk gear2 (ev). btw oli bisa menempuh jarak hingga 10 ribu km. kalo grease2 ini bisa gak ya jarak segitu..??
Bukan oli mesin, tapi Gear oil utl single speed reduction Gear nya

udah kayak mesin2 industri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Suryaputra wrote:Tenang..
EV sekelas tesla udah mikirin cooling systemnya untuk mendinginkan:
- Batre
- ECU
- Computer unit
- Charger - DC converter
- Differential & reduction gear oil (ada oil filternya)
- dsb

Rumit dan keren,
jd coolant ini berperan penting sekali untuk mendinginkan system EV ketika dipush sampai ke max :upss:

yg penting gear oilnya sesuai std pabrik, bebas sludge, anti feeeze, dan pada dasarnya hrs bisa untuk heat exchanger + fatigue & wear protection dgn baik ketika digeber sampai max speed.
& panasnya gak akan sepanas oli mesin kan.

Kalo saya pribadi punya Tesla ya saya masukkin Gear Oil Full Synth dgn kekentalan yg sesuai

saya belajar dr mesin2 industri yg gak sediiit minta Gear Oil Full Synth dan sifatnya mandatory

agnisp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Fri Jun 07, 2019 4:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by agnisp »

Turboman wrote: Fri Sep 27, 2019 11:25
agnisp wrote:Ada yang pernah pakai oli Speedline Xtreme Sport?
Ada yang 5W-30 dan 0W-20.

Untuk 0W-20 harga 4 liter Rp 385000.
Spec nya meet macam2.
GM Dexos 1, Ilsac GF 5, dll..

https://speedline.co.id/product/speedli ... 20-sn-gf5/
Minta dong PDS nya ke pembuatnya
Berikut PDS nya ya...
Specification - Xtreme Sport 0W-20.pdf
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.