Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Sat Oct 12, 2019 3:31
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 10, 2019 7:59 Dengar2 biaya SNI itu mengerikan

uji test kimia yg skg aja per item bisa kena 30 jt

2 tahun lagi diberlakukan Engine Performance test per item bisa kena 100 jt

SNI juga wajib audit setiap tahun

jadi saat Eng Perf test diberlakukan mungkin akan banyak yg gak lanjut juga.....kalo omzet kecil & barangnya impor dr negara yg jauh

Kalo yg udah blend di lokal ya biaya jauh lebih ringan spt nya, terutama saat audit tahunan

Ini mmg Pem spt memaksa oli2 utk dibuat di dalam negeri dgn aturan yg gak bentrok dgn WTO

CMIIW
Tinggal menunggu tindakan balasan boikot produk2 export dari Indonesia.
Usaha melindungi industri dalam negeri sampai segitunya
memang aneh

padahal banyak industri lain di Indo yg udah babak belur / udah byk yg tutup gara3 kena hajar barang impor murah, tapi tindakan minim......barang2 impor tsb tetap bisa masuk dgn leluasa tanpa syarat aneh2

spt nya SNI oli ini ada Inisiator nya dan para inisiator nya mempunyai kemampuan lobby yg amat sgt kuat sekali

CMIIW
Dugaan gw: P & I
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Oct 12, 2019 3:31
dimasapri wrote: Tinggal menunggu tindakan balasan boikot produk2 export dari Indonesia.
Usaha melindungi industri dalam negeri sampai segitunya
memang aneh

padahal banyak industri lain di Indo yg udah babak belur / udah byk yg tutup gara3 kena hajar barang impor murah, tapi tindakan minim......barang2 impor tsb tetap bisa masuk dgn leluasa tanpa syarat aneh2

spt nya SNI oli ini ada Inisiator nya dan para inisiator nya mempunyai kemampuan lobby yg amat sgt kuat sekali

CMIIW
Dugaan gw: P & I
wkwkwkwkkw

bagaimana dgn member2 kuat di Asp*l*nd* ?

"Sebenarnya kami agak menyesalkan tanggapan seperti itu. Biar bagaimanapun juga Perdippi itu sebenarnya partner kami, sama-sama pengusaha pelumas di Indonesia. Kami berharap sebetulnya bisa kompak, bersama-sama bisa membela yang paling penting itu kepentingan konsumen tapi ternyata mereka punya pikiran yang berbeda dengan kami," kata Ketua Bidang Asosisasi dan Pengembangan Aspelindo, Andria Nusa di Jakarta, Rabu (27/3).

Lihat juga:

'Wajib SNI Pelumas Bukan Anti-Impor'

Menurut Andria, bila permohonan uji materi itu diterima dan lantas Perdippi menang, pihaknya bakal 'melakukan tindakan hukum yang lebih lanjut' buat mengatasi hal itu.

Andria bilang wajib SNI sudah diupayakan pihaknya sejak 15 tahun yang lalu. Dia mengatakan kebutuhan pelumas di dalam negeri sebenarnya bisa dipenuhi oleh produsen lokal yang sebagian besar merupakan anggota Aspelindo."

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... ukan-ke-ma
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by diveblues »

Turboman wrote: Sat Oct 12, 2019 3:31
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Thu Oct 10, 2019 7:59 Dengar2 biaya SNI itu mengerikan

uji test kimia yg skg aja per item bisa kena 30 jt

2 tahun lagi diberlakukan Engine Performance test per item bisa kena 100 jt

SNI juga wajib audit setiap tahun

jadi saat Eng Perf test diberlakukan mungkin akan banyak yg gak lanjut juga.....kalo omzet kecil & barangnya impor dr negara yg jauh

Kalo yg udah blend di lokal ya biaya jauh lebih ringan spt nya, terutama saat audit tahunan

Ini mmg Pem spt memaksa oli2 utk dibuat di dalam negeri dgn aturan yg gak bentrok dgn WTO

CMIIW
Tinggal menunggu tindakan balasan boikot produk2 export dari Indonesia.
Usaha melindungi industri dalam negeri sampai segitunya
memang aneh

padahal banyak industri lain di Indo yg udah babak belur / udah byk yg tutup gara3 kena hajar barang impor murah, tapi tindakan minim......barang2 impor tsb tetap bisa masuk dgn leluasa tanpa syarat aneh2

spt nya SNI oli ini ada Inisiator nya dan para inisiator nya mempunyai kemampuan lobby yg amat sgt kuat sekali

CMIIW
bahasa lobby kehalusan om, tapi lebih cocok kartel
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by indeskey »

Wow... USD 1 Juta per sample... Sempel tenan...

Buat apa aja itu duit.
Turboman wrote:
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Oct 12, 2019 3:31 memang aneh

padahal banyak industri lain di Indo yg udah babak belur / udah byk yg tutup gara3 kena hajar barang impor murah, tapi tindakan minim......barang2 impor tsb tetap bisa masuk dgn leluasa tanpa syarat aneh2

spt nya SNI oli ini ada Inisiator nya dan para inisiator nya mempunyai kemampuan lobby yg amat sgt kuat sekali

CMIIW
Dugaan gw: P & I
wkwkwkwkkw

bagaimana dgn member2 kuat di Asp*l*nd* ?

"Sebenarnya kami agak menyesalkan tanggapan seperti itu. Biar bagaimanapun juga Perdippi itu sebenarnya partner kami, sama-sama pengusaha pelumas di Indonesia. Kami berharap sebetulnya bisa kompak, bersama-sama bisa membela yang paling penting itu kepentingan konsumen tapi ternyata mereka punya pikiran yang berbeda dengan kami," kata Ketua Bidang Asosisasi dan Pengembangan Aspelindo, Andria Nusa di Jakarta, Rabu (27/3).

Lihat juga:

'Wajib SNI Pelumas Bukan Anti-Impor'

Menurut Andria, bila permohonan uji materi itu diterima dan lantas Perdippi menang, pihaknya bakal 'melakukan tindakan hukum yang lebih lanjut' buat mengatasi hal itu.

Andria bilang wajib SNI sudah diupayakan pihaknya sejak 15 tahun yang lalu. Dia mengatakan kebutuhan pelumas di dalam negeri sebenarnya bisa dipenuhi oleh produsen lokal yang sebagian besar merupakan anggota Aspelindo."

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... ukan-ke-ma
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

indeskey wrote:Wow... USD 1 Juta per sample... Sempel tenan...

Buat apa aja itu duit.
Turboman wrote:
dimasapri wrote: Dugaan gw: P & I
wkwkwkwkkw

bagaimana dgn member2 kuat di Asp*l*nd* ?

"Sebenarnya kami agak menyesalkan tanggapan seperti itu. Biar bagaimanapun juga Perdippi itu sebenarnya partner kami, sama-sama pengusaha pelumas di Indonesia. Kami berharap sebetulnya bisa kompak, bersama-sama bisa membela yang paling penting itu kepentingan konsumen tapi ternyata mereka punya pikiran yang berbeda dengan kami," kata Ketua Bidang Asosisasi dan Pengembangan Aspelindo, Andria Nusa di Jakarta, Rabu (27/3).

Lihat juga:

'Wajib SNI Pelumas Bukan Anti-Impor'

Menurut Andria, bila permohonan uji materi itu diterima dan lantas Perdippi menang, pihaknya bakal 'melakukan tindakan hukum yang lebih lanjut' buat mengatasi hal itu.

Andria bilang wajib SNI sudah diupayakan pihaknya sejak 15 tahun yang lalu. Dia mengatakan kebutuhan pelumas di dalam negeri sebenarnya bisa dipenuhi oleh produsen lokal yang sebagian besar merupakan anggota Aspelindo."

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... ukan-ke-ma
Uji Kimia sekitar 30 - 50 jt / type (kalo pabrik di luar)

Eng Perf test bisa 100 jt / type

utk uji Kimia jika pabriknya lokal jauhhh lebih murah denger2
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

API Certified Oil

Post by Suryaputra »

Btw, di luar urusan SNI dan tetek bengeknya; Dari sekian banyak brand Oli yang ngaku2 exceeds API SN, dst; ternyata gak semua sudah certified (API Donut) :mky_01:

either lg proses sertifikasi atau emang belum lulus ?

Brand PTT yg lagi naik daun, baru sebagian yang sudah certified API SN (ditandai dgn simbol API donut), yaitu:
- PTT 5w30
- PTT 0w30
untuk brand PTT bisa dicek di sini: https://engineoil.api.org/Directory/Eol ... untId%3D-1

PTT 0w20 not listed yet :e-think:

Yg lucu lagi, TOP 1 oli legendaris, mostly sudah certified API SN, alamatnya ada di
100 N EL CAMINO REAL
SAN MATEO, CA, 94401-2705, United States


bisa dicek di sini: https://engineoil.api.org/Directory/Eol ... untId%3D-1

List Lengkap API Certified (SL, SM, SN, dst), bisa dicek di: https://engineoil.api.org/Directory/Eol ... countId=-1
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by exflowly »

Dulu Top 1 HQ itu di Pico Rivera... baru tau dia pindah ke San Mateo.

Palingan cuman virtual office/ruko sepertinya, kayak yg di Pico Rivera.

Certification API dapet pun belon tentu jaminan kalo blending plantnya gak comply ke standard US juga.

Paling bener mmg uji lab terpercaya VOA dan UOA di boil sendiri.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

exflowly wrote: Sat Oct 12, 2019 14:20 Dulu Top 1 HQ itu di Pico Rivera... baru tau dia pindah ke San Mateo.

Palingan cuman virtual office/ruko sepertinya, kayak yg di Pico Rivera.

Certification API dapet pun belon tentu jaminan kalo blending plantnya gak comply ke standard US juga.

Paling bener mmg uji lab terpercaya VOA dan UOA di boil sendiri.
iyes, sertifikasi, manufacturing, blending, dsb adalah hal yg berbeda.

dan klo blending gak comply ke standard API, apakah mereka punya kemampuan untuk kasih SP, dsb ?

selama 2 thn ke belakang, pake PTT 5w30, Total Quartz 9000 - 0w20 & 5w30 memuaskan,
dari awal tuang sampai drain, tetap enak.
oli bawaan beres mah lewat :off_good_job:

padahal rute harian menyiksa di traffic kota bandung (kota dgn speed of traffic-jam #1 se-indonesia)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Konon buat dapetin std API biaya nya lebih gede lagi drpd SNI

Tapiii std ini diakuin konsumen di seluruh dunia

Kalo std SNI apakah diakui di negara lain ?

wkwkwwkw
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Sat Oct 12, 2019 14:52 Konon buat dapetin std API biaya nya lebih gede lagi drpd SNI

Tapiii std ini diakuin konsumen di seluruh dunia

Kalo std SNI apakah diakui di negara lain ?

wkwkwwkw
FMCG itu adalah lahan basah :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by coklatMetalik »

Oli pertamina yg certified API ternyata cuma Prima XP series, Meditran series, sama Fastron 0W20...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Gak kebayang susahnya ngedapetin surat lulus Api sn, gf5 & sn+ yg kudu dijalanin tiap tahun, trus ngadepin sertifikasi baru lg.. SNI :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by diveblues »

sertifikasi SNI berguna untuk mengurangi peredaran oli palsu,

pengedar oli palsu : "mari kita cari stiker asli SNI"
:mky_03:
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Tue Aug 13, 2019 3:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Slowslowglow »

diveblues wrote: Sun Oct 13, 2019 5:06 sertifikasi SNI berguna untuk mengurangi peredaran oli palsu,

pengedar oli palsu : "mari kita cari stiker asli SNI"
:mky_03:
Jamin tuh stiker ngak bisa di palsuin? Bisa menghilangkan produsen oli palsu.
Btw masih lumayan tinggi harganya oli yg ga lanjut SNI..blm sale banget
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Tahun depan mulai keluar oli API SP yah

dgn ILSAC GF-6

ada yg SAE 0W16
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
Location: Jakarta Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by sudahlah »

Nubi mohon arahan para suhu kalau oli 5W30 SN ILSAC GF-5 yang value for money apa ya? Tertarik sama PTT 5W30 cuma denger2 belum ILSAC GF-5 apa betul itu om?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

sudahlah wrote: Sun Oct 13, 2019 11:35 Nubi mohon arahan para suhu kalau oli 5W30 SN ILSAC GF-5 yang value for money apa ya? Tertarik sama PTT 5W30 cuma denger2 belum ILSAC GF-5 apa betul itu om?
Share ajah Alternatif ptt 5w30; Total quartz 9000 5w30.
Cmn 320rb per 4 liter, di duniaoli toko ijo.

So far so good.
Auth reseller total ituh.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
Location: Jakarta Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by sudahlah »

:big_dunno:
Suryaputra wrote: Sun Oct 13, 2019 12:03
sudahlah wrote: Sun Oct 13, 2019 11:35 Nubi mohon arahan para suhu kalau oli 5W30 SN ILSAC GF-5 yang value for money apa ya? Tertarik sama PTT 5W30 cuma denger2 belum ILSAC GF-5 apa betul itu om?
Alternatif ptt 5w30; Total quartz 9000 5w30.
Cmn 320rb per 4 liter, di duniaoli toko ijo.

So far so good.
Auth reseller total ituh.
Terima kasih pencerahannya :big_exellent: , itu ptt dan total quartz dua2nya udah ILSAC GF-5 belum ya, penasaran soalnya ga terlalu ngerti.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

sudahlah wrote::big_dunno:
Suryaputra wrote: Sun Oct 13, 2019 12:03
sudahlah wrote: Sun Oct 13, 2019 11:35 Nubi mohon arahan para suhu kalau oli 5W30 SN ILSAC GF-5 yang value for money apa ya? Tertarik sama PTT 5W30 cuma denger2 belum ILSAC GF-5 apa betul itu om?
Alternatif ptt 5w30; Total quartz 9000 5w30.
Cmn 320rb per 4 liter, di duniaoli toko ijo.

So far so good.
Auth reseller total ituh.
Terima kasih pencerahannya :big_exellent: , itu ptt dan total quartz dua2nya udah ILSAC GF-5 belum ya, penasaran soalnya ga terlalu ngerti.
emang kenapa dgn ILSAC GF -5 ?

ada sesuatu yg hebat dgn GF-5 kah ?
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
Location: Jakarta Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by sudahlah »

Turboman wrote: Sun Oct 13, 2019 12:28
sudahlah wrote::big_dunno:
Suryaputra wrote: Sun Oct 13, 2019 12:03

Alternatif ptt 5w30; Total quartz 9000 5w30.
Cmn 320rb per 4 liter, di duniaoli toko ijo.

So far so good.
Auth reseller total ituh.
Terima kasih pencerahannya :big_exellent: , itu ptt dan total quartz dua2nya udah ILSAC GF-5 belum ya, penasaran soalnya ga terlalu ngerti.
emang kenapa dgn ILSAC GF -5 ?

ada sesuatu yg hebat dgn GF-5 kah ?
Ga ada om cuma di manual book minta salah satu oli yang direkomendasikan
10W-30 API grade SL
10W-40 API grade SN.
5W-30 API grade SN, ILSAC GF-5.
0W-20 API grade SN, ILSAC GF-5
Kebetulan lagi tertarik sama yang PTT 5W30 tapi takut ga sesuai sama direkomendasikan manual book.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

yg paling penting itu SNI :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
Location: Jakarta Timur

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by sudahlah »

Suryaputra wrote: Sun Oct 13, 2019 12:57 yg paling penting itu SNI :ngacir:
:mky_03:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by liemivan86 »

Suryaputra wrote:
sudahlah wrote: Sun Oct 13, 2019 11:35 Nubi mohon arahan para suhu kalau oli 5W30 SN ILSAC GF-5 yang value for money apa ya? Tertarik sama PTT 5W30 cuma denger2 belum ILSAC GF-5 apa betul itu om?
Share ajah Alternatif ptt 5w30; Total quartz 9000 5w30.
Cmn 320rb per 4 liter, di duniaoli toko ijo.

So far so good.
Auth reseller total ituh.
Beneran asli ya? Murah banget sih kalo segitu.

Saya kemarin mau ganti oli di bengkel mobeng, total quartz 9000 5W-30 195rb per liter.. Ngeri eui..

Dan penasaran, bedanya quartz 9000 dan quartz 7000 apa ya? API nya sama-sama SN..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

liemivan86 wrote: Sun Oct 13, 2019 14:08
Suryaputra wrote:
sudahlah wrote: Sun Oct 13, 2019 11:35 Nubi mohon arahan para suhu kalau oli 5W30 SN ILSAC GF-5 yang value for money apa ya? Tertarik sama PTT 5W30 cuma denger2 belum ILSAC GF-5 apa betul itu om?
Share ajah Alternatif ptt 5w30; Total quartz 9000 5w30.
Cmn 320rb per 4 liter, di duniaoli toko ijo.

So far so good.
Auth reseller total ituh.
Beneran asli ya? Murah banget sih kalo segitu.

Saya kemarin mau ganti oli di bengkel mobeng, total quartz 9000 5W-30 195rb per liter.. Ngeri eui..

Dan penasaran, bedanya quartz 9000 dan quartz 7000 apa ya? API nya sama-sama SN..
Quartz 7000 semi-syn.

Sy bbrp kali beli sm doi. Itu jg based on rekomendasi suhu2 SM di sini.
Quartz 9000-nya dah API SN GF5 dan SNI :upss:

Q8 0w20 jg plg murah di tempat dia.
125rb per liter.

Info yg sy dpt, dia supply oli jg ke bengkel2 sekitarnya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ecco »

Udah ada yg pake Schaeffer 5w30? Gmn butt feel? Sekalian sama Moly EP :D
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi