Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Suryaputra »

euforia212 wrote: Fri Oct 04, 2019 16:17 Boil 2KD (2012) saya kemaren coba oli buntut 30(TMO 5w30) jalan 7rb KM ganti.. pas saya cek penguapan ckp minim..

Sekarang balik lg pake oli buntut 40 (Lupromax 5w40) sdh jalan 5rb KM..
Setelah saya cek malah penguapan nya lebih tinggi drpd buntut 30.. mungkin dah kurang hampir 1ltr

Pertanyaan nya apakah oli sekarang kurang cocok atau ada kendala di boil saya?
Dikasih obat apa agar penguapan olinya jd minim?

Rencananya mau saya tambah 1L dan jalan sampe 7rb bru ganti...
Next mau coba PTT... Bingung antara 10w30 atau 5w40 mohon petunjuknya suhu
sesama nubie saling share aja.
untuk viskositas oli; sesuaikan sama manual book aja om.

misal di manual book bilang rangenya dr 5w30 - 10w30
ya hajar ajah main di buntut 30.

angka xW gak terlalu jadi masalah di iklim tropis.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Givrun »

Suryaputra wrote: Fri Oct 04, 2019 17:09
euforia212 wrote: Fri Oct 04, 2019 16:17 Boil 2KD (2012) saya kemaren coba oli buntut 30(TMO 5w30) jalan 7rb KM ganti.. pas saya cek penguapan ckp minim..

Sekarang balik lg pake oli buntut 40 (Lupromax 5w40) sdh jalan 5rb KM..
Setelah saya cek malah penguapan nya lebih tinggi drpd buntut 30.. mungkin dah kurang hampir 1ltr

Pertanyaan nya apakah oli sekarang kurang cocok atau ada kendala di boil saya?
Dikasih obat apa agar penguapan olinya jd minim?

Rencananya mau saya tambah 1L dan jalan sampe 7rb bru ganti...
Next mau coba PTT... Bingung antara 10w30 atau 5w40 mohon petunjuknya suhu
sesama nubie saling share aja.
untuk viskositas oli; sesuaikan sama manual book aja om.

misal di manual book bilang rangenya dr 5w30 - 10w30
ya hajar ajah main di buntut 30.

angka W gak terlalu jadi masalah di iklim tropis.
2kd mnta buntut 40 om.. 2gd baru 30. Tapi 2kd ane jga sdh pakai buntut 30.. hehe
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Givrun »

benzz89 wrote: Fri Oct 04, 2019 13:16
ane cek online Mahal juga yah om q8 m long life nya.. tapi kayak nya sma aja kyk schaeffer.. btw knp cmn pake 7000 km om?, boleh dong d share pertimbangan nya.

kalau yg schaeffer mesti nya tahan 10.000 ya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Suryaputra »

Givrun wrote: Fri Oct 04, 2019 17:15
Suryaputra wrote: Fri Oct 04, 2019 17:09
euforia212 wrote: Fri Oct 04, 2019 16:17 Boil 2KD (2012) saya kemaren coba oli buntut 30(TMO 5w30) jalan 7rb KM ganti.. pas saya cek penguapan ckp minim..

Sekarang balik lg pake oli buntut 40 (Lupromax 5w40) sdh jalan 5rb KM..
Setelah saya cek malah penguapan nya lebih tinggi drpd buntut 30.. mungkin dah kurang hampir 1ltr

Pertanyaan nya apakah oli sekarang kurang cocok atau ada kendala di boil saya?
Dikasih obat apa agar penguapan olinya jd minim?

Rencananya mau saya tambah 1L dan jalan sampe 7rb bru ganti...
Next mau coba PTT... Bingung antara 10w30 atau 5w40 mohon petunjuknya suhu
sesama nubie saling share aja.
untuk viskositas oli; sesuaikan sama manual book aja om.

misal di manual book bilang rangenya dr 5w30 - 10w30
ya hajar ajah main di buntut 30.

angka W gak terlalu jadi masalah di iklim tropis.
2kd mnta buntut 40 om.. 2gd baru 30. Tapi 2kd ane jga sdh pakai buntut 30.. hehe
Saran saya, viskositas oli stick ke manual book.
PTT reputasinya sih ok banget yah, bisa dicoba.

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00147

Cocok buat 2kd.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »

Givrun wrote:
benzz89 wrote: Fri Oct 04, 2019 13:16
ane cek online Mahal juga yah om q8 m long life nya.. tapi kayak nya sma aja kyk schaeffer.. btw knp cmn pake 7000 km om?, boleh dong d share pertimbangan nya.

kalau yg schaeffer mesti nya tahan 10.000 ya.
Ya itu justru ane pilih ini karena ada pertimbangan "long life" nya jadi asumsi ane jalan 10 ribu masih aman lah, tapi kata om turbo ini oli low SAPS alias buat mesin2 yang pakai DPF jadi kalau mau pakai bio solar 7.000-8.000 km baiknya di ganti. Ane sih pakai bio solar + wajib additive, tapi memang di km 7.000-an suara sudah mulai kurang halus lagi.

Btw Q8 M long life 5w-40 Ini karakternya mirip2 ama schaeffer supreme 9000 5w-40, dia juga bikin suara mesin jadi halus + vibrasi minim, ane suka nih oli2 kaya begini, secara kuping ane sensitive. Fortuner non vnt tuwir ane sudah full peredam 1 body + tripel peredam khusus di kabin depan. Double di firewall (bongkar full) + tambah lagi di belakang dashboard. Jadi pakai oli ini adem banget suara mesin di kabin & suara sound system juga lebih mantap jadinya.

Q8 "M" long life ini merujuk untuk mobil2 Mercedes Benz euro 4 & 5 engines yang ber DPF sepertinya. Harganya sekelas mobil 1 Delvac & amsoil signature series ini oli.

Schaeffer Supreme 9000 5w-40 ane baca2 di TDS nya, Sulfated Ash Content nya 0.98 & TBN 9 (ada embel2 "providing TBN retention & extended drain capabilities) cocok buat mobil2 ber DPF juga (makanya karakternya mirip ama Q8 M long life) tapi kata om turbo pakai sampai 10 ribu km masih oke & bikin suara mesin jadi halusss, makanya ane jadi penasaran & tes ini oli. Nanti ane cek lagi kalau sudah jalan 7 ribuan km, apakah suara masih halus, kalau sudah agak kasar yah ganti aja deh.
20191005_065107.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

euforia212 wrote:Boil 2KD (2012) saya kemaren coba oli buntut 30(TMO 5w30) jalan 7rb KM ganti.. pas saya cek penguapan ckp minim..

Sekarang balik lg pake oli buntut 40 (Lupromax 5w40) sdh jalan 5rb KM..
Setelah saya cek malah penguapan nya lebih tinggi drpd buntut 30.. mungkin dah kurang hampir 1ltr

Pertanyaan nya apakah oli sekarang kurang cocok atau ada kendala di boil saya?
Dikasih obat apa agar penguapan olinya jd minim?

Rencananya mau saya tambah 1L dan jalan sampe 7rb bru ganti...
Next mau coba PTT... Bingung antara 10w30 atau 5w40 mohon petunjuknya suhu
buntut 40 dan penguapan gede ya itu mah kualitas olinya yg begitu......bukan soal angka buntutnya

antara 10W30 vs 5W40 ya tergantung yg dicari tarikan enteng atau kesenyapan maksimal
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9630
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Sat Oct 05, 2019 1:32
euforia212 wrote:Boil 2KD (2012) saya kemaren coba oli buntut 30(TMO 5w30) jalan 7rb KM ganti.. pas saya cek penguapan ckp minim..

Sekarang balik lg pake oli buntut 40 (Lupromax 5w40) sdh jalan 5rb KM..
Setelah saya cek malah penguapan nya lebih tinggi drpd buntut 30.. mungkin dah kurang hampir 1ltr

Pertanyaan nya apakah oli sekarang kurang cocok atau ada kendala di boil saya?
Dikasih obat apa agar penguapan olinya jd minim?

Rencananya mau saya tambah 1L dan jalan sampe 7rb bru ganti...
Next mau coba PTT... Bingung antara 10w30 atau 5w40 mohon petunjuknya suhu
buntut 40 dan penguapan gede ya itu mah kualitas olinya yg begitu......bukan soal angka buntutnya

antara 10W30 vs 5W40 ya tergantung yg dicari tarikan enteng atau kesenyapan maksimal
seumur2 saya pakai brand oli kelas mainstream dr pertamina, total, merk beres, shell, PTT, dkk, di mesin dgn kondisi prima, tidak pernah nguap sampai interval ganti oli lagi.

tapi dulu pernah sy sekali pake brand oli (made in USA) merk T** 1, di mesin dgn kondisi ok, tp kok nguapnya kayak gtu ya.
waktu itu saya percaya aja sm iklan.

berarti tu oli kualitasnya 11-12 sm T** 1 :ngacir:
Last edited by Suryaputra on Sat Oct 05, 2019 2:12, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
euforia212
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Tue Nov 13, 2018 11:31

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by euforia212 »

Turboman wrote: Sat Oct 05, 2019 1:32
euforia212 wrote:Boil 2KD (2012) saya kemaren coba oli buntut 30(TMO 5w30) jalan 7rb KM ganti.. pas saya cek penguapan ckp minim..

Sekarang balik lg pake oli buntut 40 (Lupromax 5w40) sdh jalan 5rb KM..
Setelah saya cek malah penguapan nya lebih tinggi drpd buntut 30.. mungkin dah kurang hampir 1ltr

Pertanyaan nya apakah oli sekarang kurang cocok atau ada kendala di boil saya?
Dikasih obat apa agar penguapan olinya jd minim?

Rencananya mau saya tambah 1L dan jalan sampe 7rb bru ganti...
Next mau coba PTT... Bingung antara 10w30 atau 5w40 mohon petunjuknya suhu
buntut 40 dan penguapan gede ya itu mah kualitas olinya yg begitu......bukan soal angka buntutnya

antara 10W30 vs 5W40 ya tergantung yg dicari tarikan enteng atau kesenyapan maksimal
Nah itu iya om.. saya heran pake oli sesuai spek malah penguapan lbh tinggi..
Noted... Berarti olinya yg gak cocok :big_okay:

Makasih all buat bantu jawab..
euforia212
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Tue Nov 13, 2018 11:31

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by euforia212 »

Btw.. cara pakek nano itu gmn ya..
Masukin semua saat ganti oli atau nunggu jalan 1rb KM atau bagaimana?
Makasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

euforia212 wrote:
Turboman wrote: Sat Oct 05, 2019 1:32
euforia212 wrote:Boil 2KD (2012) saya kemaren coba oli buntut 30(TMO 5w30) jalan 7rb KM ganti.. pas saya cek penguapan ckp minim..

Sekarang balik lg pake oli buntut 40 (Lupromax 5w40) sdh jalan 5rb KM..
Setelah saya cek malah penguapan nya lebih tinggi drpd buntut 30.. mungkin dah kurang hampir 1ltr

Pertanyaan nya apakah oli sekarang kurang cocok atau ada kendala di boil saya?
Dikasih obat apa agar penguapan olinya jd minim?

Rencananya mau saya tambah 1L dan jalan sampe 7rb bru ganti...
Next mau coba PTT... Bingung antara 10w30 atau 5w40 mohon petunjuknya suhu
buntut 40 dan penguapan gede ya itu mah kualitas olinya yg begitu......bukan soal angka buntutnya

antara 10W30 vs 5W40 ya tergantung yg dicari tarikan enteng atau kesenyapan maksimal
Nah itu iya om.. saya heran pake oli sesuai spek malah penguapan lbh tinggi..
Noted... Berarti olinya yg gak cocok :big_okay:

Makasih all buat bantu jawab..
nguap parah = NOACK vola nya gede bgt berarti

Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Givrun »

euforia212 wrote: Sat Oct 05, 2019 2:14 Btw.. cara pakek nano itu gmn ya..
Masukin semua saat ganti oli atau nunggu jalan 1rb KM atau bagaimana?
Makasih
Panaskan dlu mesin nya kalau baru ganti oli om.. kata nya kalau d kemasan Xado kaleng biasa d bakar dlu juga itu xado nya.
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Vicvic »

Givrun wrote: Sat Oct 05, 2019 6:37
euforia212 wrote: Sat Oct 05, 2019 2:14 Btw.. cara pakek nano itu gmn ya..
Masukin semua saat ganti oli atau nunggu jalan 1rb KM atau bagaimana?
Makasih
Panaskan dlu mesin nya kalau baru ganti oli om.. kata nya kalau d kemasan Xado kaleng biasa d bakar dlu juga itu xado nya.
Kalau saya baca lebih bagus pakainya pada saat ganti oli baru. Di panasin dulu mobilnya kocok2 trus tuang ud gitu lgsg pakai buat jalan efeknya terasa setelah 500km katanya
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Givrun »

benzz89 wrote: Sat Oct 05, 2019 0:57
waduh , mahal juga kalau per 7000 keluar duit segitu.. klau d mobil perang buat dinas luar /3 bulan aja itu..

ane tertarik jga sama schaeffer ini om.. tapi mungkin nunggu ptt promo nya abis dlu deh. Jadi gatel gonta ganti oli dan coba ini itu. stelah knal forum ini :ungg:
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Givrun »

Suryaputra wrote: Fri Oct 04, 2019 17:27
Saran saya, viskositas oli stick ke manual book.
PTT reputasinya sih ok banget yah, bisa dicoba.

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00147

Cocok buat 2kd.
Iya om , udh dlm pengiriman buat next ganti oli kalau yg itu hehe..
rncana nya buat d campur dgn 1 liter ams 5w30..
Biar enteng dapet tapi tetap senyap :big_grin:

tapi lama juga kali ini hampir 15 hari dari pesan blom sampai
Screenshot_20191005-192532.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Boeds »

Turboman wrote:
Boeds wrote:
Turboman wrote:Dexos 2 = Low SAPS

TBN sekitar 7,5 - 8 aja

Mau terbaik & Harga gak masalah ?

Amsoil Max Duty 5W30 API CK-4

Tapi saran saya kalo selama ini pake oli Dxs 2 terus, ada baiknya "cuci kerak di ring piston" pake oli API CI-4 murah kayak PTT 10W30 CI-4

pake lah 5000 km misal

abis itu baru pake oli 5W30 yg High End
Kalo langsung tuang ams maxduty kenapa om turbo?

Btw, kalo buat jambakan torsi, harusnya enakan 5w30 kan dari 5w40? Kok saat ini ane ngerasa ga gitu ya?
mau Torsi lebih kerasa ya ReMap lah

sama babat katalik di exhaust
Bukan, maksudnya sy coba dalam kondisi sama² standard, waktu pake amsoil turbotruck 5w40, 0-100kpj bisa dapat 9,0 second. Trus seminggu drain ganti pake amsoil ss maxduty 5w30, best 0-100kpj hanya dapat 10 second. Padahal logikanya tarikan entengan 5w30 kan.
Manual mesin pake 5w30.
Ini mau coba² lagi bbrp kali isi solar, siapa tau faktor bbm.
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Boeds »

benzz89 wrote:Mau rapiu aja dikit hasil ganti2 perlendiran fortuner non vnt tuwir ane:

Mesin: Schaeffer supreme 9000 full synthetic diesel 5w-40 + additive moly EP.

Injector purging: liquimoly diesel purg.

Gardan: Mobil 1 - 75w-90

Matic: PTT automat atf A1

Power steering : PT automat atf A1

Selisih pergantian perlendiran oli mesin, gardan & matic di jeda 1 bulanan untuk merasakan masing2 perbedaannya.

Schaeffer 5w-40 + moly ep (iseng coba2 additive) harapan biar lebih bergizi aja. Sebelumnya pakai Q8 M long life 5w-40 (pakai 7.000 km)
Result: mesin memang halusss suaranya, gak salah om turbo bilang ini oli "senyap", vibrasi juga minim. Beberapa kali ane kecele gak kedengaran mobil sudah sampai di rumah. Akselerasi lumayan tapi setelah ganti gardan & matic jadi lebih galak lagi.

Gardan: Mobil 1 75w-90, sebenarnya untuk yang ada lsd gardannya, tapi iseng coba aja test.
Result: "licin" ini oli, habis akselerasi berhentinya lama, malah rem jadi kedodoran, harus sering rem supaya berkurang kecepatannya. Sebelumnya pakai Q8 80w-90 (pakai 17.000 km) ini yang bikin pindah ke 75W-90 jadi "licin" kali yah.

Terakhir hari ini ganti oli matic PTT automate A1.
Result: lebih responsif banding Aisin Afw+ (pakai 17.000 km). Pertama kali tes bejek shift down ada jeduk halus, tes2 lagi berkali2 sudah gak jeduk lagi, mungkin masih penyesuaian kali. Shifting stick transmisi sedikit lebih ringan.

Power steering: PTT automate A1
Setir lebih ringan dikittt. Sebelumnya lupa ini gantinya pakai apa, mungkin pakai oli dari auto 2000 waktu service rutin di sana.

Jadi dari ganti oli mesin ke gardan ini sangat terasa perbedaannya terutama saat habis akselerasi. Lalu ganti matic lebih terasa lagi di akselerasi yang lebih galak (sangat minim selip). Overall puas pakai lendir2 hasil review dari warga SM. Nanti kalau lagi iseng mau tes pakai Xado 120 Atf additive kaya om turbo. Kita tesnya step by step biar tau perbedaannya.

Sekian review dari ane, sorry ini gado2 review perlendirannya di treat oli mesin diesel. Mohon maaf sebelumnya [emoji120]
Screenshot_20191004-194336_Gallery.jpeg
Screenshot_20191004-194344_Gallery.jpeg
20191004_120420.jpeg
20191004_193217.jpeg
20191004_193342.jpeg
20191004_193158.jpeg
Ini di bengkel mana om?
Mobil sy sudah jalan 32rb km, kira² baiknya ganti atf dan gardan apa gimana? Masih warranty beres all parts+jasa, tapi kuatir interval mrk kelamaan
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by benzz89 »

Boeds wrote:
benzz89 wrote:Mau rapiu aja dikit hasil ganti2 perlendiran fortuner non vnt tuwir ane:

Mesin: Schaeffer supreme 9000 full synthetic diesel 5w-40 + additive moly EP.

Injector purging: liquimoly diesel purg.

Gardan: Mobil 1 - 75w-90

Matic: PTT automat atf A1

Power steering : PT automat atf A1

Selisih pergantian perlendiran oli mesin, gardan & matic di jeda 1 bulanan untuk merasakan masing2 perbedaannya.

Schaeffer 5w-40 + moly ep (iseng coba2 additive) harapan biar lebih bergizi aja. Sebelumnya pakai Q8 M long life 5w-40 (pakai 7.000 km)
Result: mesin memang halusss suaranya, gak salah om turbo bilang ini oli "senyap", vibrasi juga minim. Beberapa kali ane kecele gak kedengaran mobil sudah sampai di rumah. Akselerasi lumayan tapi setelah ganti gardan & matic jadi lebih galak lagi.

Gardan: Mobil 1 75w-90, sebenarnya untuk yang ada lsd gardannya, tapi iseng coba aja test.
Result: "licin" ini oli, habis akselerasi berhentinya lama, malah rem jadi kedodoran, harus sering rem supaya berkurang kecepatannya. Sebelumnya pakai Q8 80w-90 (pakai 17.000 km) ini yang bikin pindah ke 75W-90 jadi "licin" kali yah.

Terakhir hari ini ganti oli matic PTT automate A1.
Result: lebih responsif banding Aisin Afw+ (pakai 17.000 km). Pertama kali tes bejek shift down ada jeduk halus, tes2 lagi berkali2 sudah gak jeduk lagi, mungkin masih penyesuaian kali. Shifting stick transmisi sedikit lebih ringan.

Power steering: PTT automate A1
Setir lebih ringan dikittt. Sebelumnya lupa ini gantinya pakai apa, mungkin pakai oli dari auto 2000 waktu service rutin di sana.

Jadi dari ganti oli mesin ke gardan ini sangat terasa perbedaannya terutama saat habis akselerasi. Lalu ganti matic lebih terasa lagi di akselerasi yang lebih galak (sangat minim selip). Overall puas pakai lendir2 hasil review dari warga SM. Nanti kalau lagi iseng mau tes pakai Xado 120 Atf additive kaya om turbo. Kita tesnya step by step biar tau perbedaannya.

Sekian review dari ane, sorry ini gado2 review perlendirannya di treat oli mesin diesel. Mohon maaf sebelumnya [emoji120]
Screenshot_20191004-194336_Gallery.jpeg
Screenshot_20191004-194344_Gallery.jpeg
20191004_120420.jpeg
20191004_193217.jpeg
20191004_193342.jpeg
20191004_193158.jpeg
Ini di bengkel mana om?
Mobil sy sudah jalan 32rb km, kira² baiknya ganti atf dan gardan apa gimana? Masih warranty beres all parts+jasa, tapi kuatir interval mrk kelamaan
Ane ganti di toda om, banyak jual berbagai macam oli2 disana, dari merek mainstream sampai yang aneh2, kalau mau bawa oli dari luar bayar jasanya aja.

Jasa ganti oli mesin 100 ribu, ganti oli ATF 200 ribu, oli power steering 50 ribu, oli gardan free (gak pakai mesin kalau gardan).

Schaeffer ane beli di toko ijo, link nya ada di treat sebelah om sisanya di toda. Kalau ikut beres sih dikasihnya oli2 yang standard om, enakan ikutin saran suhu2 perlendiran di sini.

Ganti oli kalau ikutin beres mah, bisa2 ganti gardan baru & matic baru seglondongan karena gardan ganti di 80 ribu & ATF di 100 ribu.

Lendir2 di mobil ane sudah baru semuanya, minyak rem juga ganti ke dot 4 lebih pakem, selang ganti yang braided. Kita pakai lendir2 yang gradenya diatas beres enak om, mobil ngacir enteng.

Oli mesin, gardan & matic menurut ane vital. Mesin enteng, matic responsif, gardan licin = irit bbm, bonus mobil sehat & part awet, hati juga jadi tenang.
akur79
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by akur79 »

hasil tes lab 2GD fortuner pemakaian 3 bulan, kurleb 9000 km (periode 10rb sd 19rb km) pakai oli amsoil maxduty 5w30.
TBN udah kritis di 2,8
tp dari performa sd ganti oli ini tidak terasa penurunan,
Solar pakai biosolar plus racun ptt
gaya nyetir campur, di tol diatas 150 kpj
skrg coba ke Q8 t8700, sy coba tes lagi saat ganti oli setelah pemakaian 7000km kedepan

Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

akur79 wrote:hasil tes lab 2GD fortuner pemakaian 3 bulan, kurleb 9000 km (periode 10rb sd 19rb km) pakai oli amsoil maxduty 5w30.
TBN udah kritis di 2,8
tp dari performa sd ganti oli ini tidak terasa penurunan,
Solar pakai biosolar plus racun ptt
gaya nyetir campur, di tol diatas 150 kpj
skrg coba ke Q8 t8700, sy coba tes lagi saat ganti oli setelah pemakaian 7000km kedepan

Image
buset

ambil sample di wadah bersih ?

lgs tadahin dr oli yg ngucur dr karter ??
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Givrun »

Vicvic wrote: Sat Oct 05, 2019 6:58
Givrun wrote: Sat Oct 05, 2019 6:37
euforia212 wrote: Sat Oct 05, 2019 2:14 Btw.. cara pakek nano itu gmn ya..
Masukin semua saat ganti oli atau nunggu jalan 1rb KM atau bagaimana?
Makasih
Panaskan dlu mesin nya kalau baru ganti oli om.. kata nya kalau d kemasan Xado kaleng biasa d bakar dlu juga itu xado nya.
Kalau saya baca lebih bagus pakainya pada saat ganti oli baru. Di panasin dulu mobilnya kocok2 trus tuang ud gitu lgsg pakai buat jalan efeknya terasa setelah 500km katanya
TES FRIKSI nano ceramic engine coating

LIQUIMOLY CERATEC TEST

https://youtu.be/Nz7L1JQrxVs

Piotr tester

https://youtu.be/5H_mZTh5bHY

farm project


NANO ENERGIZER TEST

https://youtu.be/Cp7_EOmRpfU

Piotr tester

XADO TEST

Xado AMC Maximum Diesel Truck
https://youtu.be/sa4tuzNY2d0

Piotr tester
AAWgarage
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Oct 07, 2019 1:55
Location: Magelang

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by AAWgarage »

Selamat pagi, ijin bertanya2 ttg spek oli mesin buat Hyundai Santa Fe CRDI gen 3/DM facelift 2018 (bukan gen 4/TM).

Sekilas cerita berikut kondisi mobil dan kebiasaan nyetir saya:
- KM mobil masih 13 ribuan
- nyetir mayoritas kombinasi luar kota & dalam kota jalanan rame lancar 40-80 km/jam (jarang kena macet krn bukan kota besar)
- kadang2 sebulan 1x / 2x nge tol kecepatan 120-130an saja
- bbm selalu DEX

Sampe saat ini, spek oli mesin masih ngikut standar dealer yaitu:
- shell rimula R5e 10w-40 acea E7 api CI4 (hdeo)
- ganti tiap 5 ribu KM (jadi saat ini pada kelipatan 10 rb saya servis rutin & ganti oli+filter, kelipatan 5 rb cuma ganti oli+filter oli saja tidak service)

Adapun, spek oli menurut buku adalah:
- ACEA B4 (tanpa dpf)*
- ACEA C3 (dengan dpf)*
- buntut 40
* adapun saya tidak paham santa fe DM facelift 2018 crdi ini versi dengan dpf ataukah tanpa dpf

Jadi pertanyaan saya adalah, intinya saya ingin agar mobil saya ini selalu dalam kondisi prima dan juga lifetime mesin nya saya harap bisa sangat panjang dan awet, soal berisik atau halus justru nomor 2 bagi saya, saya lebih mementingkan lifetime engine ke depan nya. Lalu apakah sebaiknya saya:
1. Tetap pake oli hdeo rimula R5e 10w40 acea E7 sesuai standar dealer dan ganti tiap 5 ribu KM? (Walopun ini tidak sesuai spek di buku)
2. Ganti oli pcmo opsi lain dari dealer yaitu helix ultra 5w40 acea A3/B4 api sn/cf, lalu ganti nya tiap brp KM dengan menpertimbangkan driving style saya tersebut?
3. Ganti oli pcmo lain ataupun hdeo lain spek nya yang apa? Ganti tiap brp KM? (Mempertimbangkan driving style saya, dan juga apa kaitannya dengan versi dengan dpf/tanpa dpf), sekedar info, dealer pun membolehkan bawa oli sendiri, tapi saya belum tanya bgmn kaitannya nanti dengan warranty mesin.

Mohon saran2 nya...

Thank you in advance.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

AAWgarage wrote:Selamat pagi, ijin bertanya2 ttg spek oli mesin buat Hyundai Santa Fe CRDI gen 3/DM facelift 2018 (bukan gen 4/TM).

Sekilas cerita berikut kondisi mobil dan kebiasaan nyetir saya:
- KM mobil masih 13 ribuan
- nyetir mayoritas kombinasi luar kota & dalam kota jalanan rame lancar 40-80 km/jam (jarang kena macet krn bukan kota besar)
- kadang2 sebulan 1x / 2x nge tol kecepatan 120-130an saja
- bbm selalu DEX

Sampe saat ini, spek oli mesin masih ngikut standar dealer yaitu:
- shell rimula R5e 10w-40 acea E7 api CI4 (hdeo)
- ganti tiap 5 ribu KM (jadi saat ini pada kelipatan 10 rb saya servis rutin & ganti oli+filter, kelipatan 5 rb cuma ganti oli+filter oli saja tidak service)

Adapun, spek oli menurut buku adalah:
- ACEA B4 (tanpa dpf)*
- ACEA C3 (dengan dpf)*
- buntut 40
* adapun saya tidak paham santa fe DM facelift 2018 crdi ini versi dengan dpf ataukah tanpa dpf

Jadi pertanyaan saya adalah, intinya saya ingin agar mobil saya ini selalu dalam kondisi prima dan juga lifetime mesin nya saya harap bisa sangat panjang dan awet, soal berisik atau halus justru nomor 2 bagi saya, saya lebih mementingkan lifetime engine ke depan nya. Lalu apakah sebaiknya saya:
1. Tetap pake oli hdeo rimula R5e 10w40 acea E7 sesuai standar dealer dan ganti tiap 5 ribu KM? (Walopun ini tidak sesuai spek di buku)
2. Ganti oli pcmo opsi lain dari dealer yaitu helix ultra 5w40 acea A3/B4 api sn/cf, lalu ganti nya tiap brp KM dengan menpertimbangkan driving style saya tersebut?
3. Ganti oli pcmo lain ataupun hdeo lain spek nya yang apa? Ganti tiap brp KM? (Mempertimbangkan driving style saya, dan juga apa kaitannya dengan versi dengan dpf/tanpa dpf), sekedar info, dealer pun membolehkan bawa oli sendiri, tapi saya belum tanya bgmn kaitannya nanti dengan warranty mesin.

Mohon saran2 nya...

Thank you in advance.
Versi Indo jelas tanpa DPF

di manual book gak ada tertulis 5W30 ya ?

ACEA B4 = Diesel PCMO - Mid SAPS & HTHS 3.5

oke mau 5W40 d best ya (10.000 km / 12 bulan) :
- Mobil Delvac1
- Schaeffer 9000 - 5W40 API CJ-4
- Redline 5W40 (8 - 9000 km)
- Amsoil MaxDuty 5W40

Kalo utk pilihan value for money =
- PTT 5W40 CommonRail (ACEA B4 - 16)

Mau 5W40 sintetik jejadian = HX7 - 5W40





AAWgarage
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Oct 07, 2019 1:55
Location: Magelang

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by AAWgarage »

Turboman wrote: Mon Oct 07, 2019 2:44
AAWgarage wrote:Selamat pagi, ijin bertanya2 ttg spek oli mesin buat Hyundai Santa Fe CRDI gen 3/DM facelift 2018 (bukan gen 4/TM).

Sekilas cerita berikut kondisi mobil dan kebiasaan nyetir saya:
- KM mobil masih 13 ribuan
- nyetir mayoritas kombinasi luar kota & dalam kota jalanan rame lancar 40-80 km/jam (jarang kena macet krn bukan kota besar)
- kadang2 sebulan 1x / 2x nge tol kecepatan 120-130an saja
- bbm selalu DEX

Sampe saat ini, spek oli mesin masih ngikut standar dealer yaitu:
- shell rimula R5e 10w-40 acea E7 api CI4 (hdeo)
- ganti tiap 5 ribu KM (jadi saat ini pada kelipatan 10 rb saya servis rutin & ganti oli+filter, kelipatan 5 rb cuma ganti oli+filter oli saja tidak service)

Adapun, spek oli menurut buku adalah:
- ACEA B4 (tanpa dpf)*
- ACEA C3 (dengan dpf)*
- buntut 40
* adapun saya tidak paham santa fe DM facelift 2018 crdi ini versi dengan dpf ataukah tanpa dpf

Jadi pertanyaan saya adalah, intinya saya ingin agar mobil saya ini selalu dalam kondisi prima dan juga lifetime mesin nya saya harap bisa sangat panjang dan awet, soal berisik atau halus justru nomor 2 bagi saya, saya lebih mementingkan lifetime engine ke depan nya. Lalu apakah sebaiknya saya:
1. Tetap pake oli hdeo rimula R5e 10w40 acea E7 sesuai standar dealer dan ganti tiap 5 ribu KM? (Walopun ini tidak sesuai spek di buku)
2. Ganti oli pcmo opsi lain dari dealer yaitu helix ultra 5w40 acea A3/B4 api sn/cf, lalu ganti nya tiap brp KM dengan menpertimbangkan driving style saya tersebut?
3. Ganti oli pcmo lain ataupun hdeo lain spek nya yang apa? Ganti tiap brp KM? (Mempertimbangkan driving style saya, dan juga apa kaitannya dengan versi dengan dpf/tanpa dpf), sekedar info, dealer pun membolehkan bawa oli sendiri, tapi saya belum tanya bgmn kaitannya nanti dengan warranty mesin.

Mohon saran2 nya...

Thank you in advance.
Versi Indo jelas tanpa DPF

di manual book gak ada tertulis 5W30 ya ?

ACEA B4 = Diesel PCMO - Mid SAPS & HTHS 3.5

oke mau 5W40 d best ya (10.000 km / 12 bulan) :
- Mobil Delvac1
- Schaeffer 9000 - 5W40 API CJ-4
- Redline 5W40 (8 - 9000 km)
- Amsoil MaxDuty 5W40

Kalo utk pilihan value for money =
- PTT 5W40 CommonRail (ACEA B4 - 16)

Mau 5W40 sintetik jejadian = HX7 - 5W40

Thank you saran nya om, noted utk versi Indonesia = tanpa DPF

Btw ini ada sedikit ralat dan tambahan info dari buku petunjuk:

- di tabel spek oli hanya mencantumkan rating rekomendasi ACEA B4 (tanpa dpf) , tanpa mencantumkan SAE nya
- di tabel halaman berikutnya, ada contoh2 oli rekomendasi tapi utk area eropa, diantaranya memang membolehkan 5w-30 antara lain: helix ultra AP 5w30, quartz ineo mc3 5w-30
- kemudian di tabel halaman berikutnya lagi, ada tabel range viskositas terhadap suhu, utk saran pemilihan oli2, dan di tabel range viskositas ini memang buntut 30 maupun buntut 40 masuk. Btw suhu yg dimaksud di tabel ini apakah ambient temperature?

Lalu bbrp pertanyaan lagi berdasar jawaban om Turboman:

1. Apakah itu berarti oli rimula R5e standar dealer & ganti tiap 5rb KM termasuk "tidak baik" atau masih termasuk "baik2 saja" atau "biasa2 saja"? Kalopun disebut tidak baik/baik/biasa aja, dari segi apa nya?

2. Noted & thank you, utk semua saran2 oli 5w40 nya, bagaimana cara nya beli online tapi aman terhindar dari oli palsu? Apa cukup memperhatikan rating pelapak nya saja? Ataukah diantara oli2 rekomendasi itu ada yg punya pelapak online official? (Krn saya di kota kecil, harus beli online)

3. Sintetik jejadian hx7 5w40, btw maaf maksudnya jejadian apa ya? Apakah maksudnya semi sintetik? Lalu pergantian nya tiap brp KM jika pake hx7 5W40?

4. Apakah HX7 5w40 ini ada perbedaan yg signifikan dengan HX7 10w40? (Di website shell indonesia kalo saya search nemu nya cuma HX7 10w40, tapi di pasaran ada hx7 5w40, di web shell global ada juga hx7 5w40)

5. Apakah dengan driving style saya yg sudah saya jelaskan tadi, HX7 justru lebih cocok dibanding R5e? (Jika memang lbh baik, maka ganti HX7 pun justru lbh mudah bagi saya krn dealer pun ready stok HX7, tinggal menyesuaikan durasi pergantian oli nya)

6. Dengan mempertimbangkan info dari tabel buku bahwa buntut 30 maupun buntut 40 pun masih bisa masuk opsi (sesuai keterangan saya diatas), buntut mana kah yg lbh baik utk driving style saya & iklim Indonesia?

Thank you in advance.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Turboman »

AAWgarage wrote:
Turboman wrote: Mon Oct 07, 2019 2:44
AAWgarage wrote:Selamat pagi, ijin bertanya2 ttg spek oli mesin buat Hyundai Santa Fe CRDI gen 3/DM facelift 2018 (bukan gen 4/TM).

Sekilas cerita berikut kondisi mobil dan kebiasaan nyetir saya:
- KM mobil masih 13 ribuan
- nyetir mayoritas kombinasi luar kota & dalam kota jalanan rame lancar 40-80 km/jam (jarang kena macet krn bukan kota besar)
- kadang2 sebulan 1x / 2x nge tol kecepatan 120-130an saja
- bbm selalu DEX

Sampe saat ini, spek oli mesin masih ngikut standar dealer yaitu:
- shell rimula R5e 10w-40 acea E7 api CI4 (hdeo)
- ganti tiap 5 ribu KM (jadi saat ini pada kelipatan 10 rb saya servis rutin & ganti oli+filter, kelipatan 5 rb cuma ganti oli+filter oli saja tidak service)

Adapun, spek oli menurut buku adalah:
- ACEA B4 (tanpa dpf)*
- ACEA C3 (dengan dpf)*
- buntut 40
* adapun saya tidak paham santa fe DM facelift 2018 crdi ini versi dengan dpf ataukah tanpa dpf

Jadi pertanyaan saya adalah, intinya saya ingin agar mobil saya ini selalu dalam kondisi prima dan juga lifetime mesin nya saya harap bisa sangat panjang dan awet, soal berisik atau halus justru nomor 2 bagi saya, saya lebih mementingkan lifetime engine ke depan nya. Lalu apakah sebaiknya saya:
1. Tetap pake oli hdeo rimula R5e 10w40 acea E7 sesuai standar dealer dan ganti tiap 5 ribu KM? (Walopun ini tidak sesuai spek di buku)
2. Ganti oli pcmo opsi lain dari dealer yaitu helix ultra 5w40 acea A3/B4 api sn/cf, lalu ganti nya tiap brp KM dengan menpertimbangkan driving style saya tersebut?
3. Ganti oli pcmo lain ataupun hdeo lain spek nya yang apa? Ganti tiap brp KM? (Mempertimbangkan driving style saya, dan juga apa kaitannya dengan versi dengan dpf/tanpa dpf), sekedar info, dealer pun membolehkan bawa oli sendiri, tapi saya belum tanya bgmn kaitannya nanti dengan warranty mesin.

Mohon saran2 nya...

Thank you in advance.
Versi Indo jelas tanpa DPF

di manual book gak ada tertulis 5W30 ya ?

ACEA B4 = Diesel PCMO - Mid SAPS & HTHS 3.5

oke mau 5W40 d best ya (10.000 km / 12 bulan) :
- Mobil Delvac1
- Schaeffer 9000 - 5W40 API CJ-4
- Redline 5W40 (8 - 9000 km)
- Amsoil MaxDuty 5W40

Kalo utk pilihan value for money =
- PTT 5W40 CommonRail (ACEA B4 - 16)

Mau 5W40 sintetik jejadian = HX7 - 5W40

Thank you saran nya om, noted utk versi Indonesia = tanpa DPF

Btw ini ada sedikit ralat dan tambahan info dari buku petunjuk:

- di tabel spek oli hanya mencantumkan rating rekomendasi ACEA B4 (tanpa dpf) , tanpa mencantumkan SAE nya
- di tabel halaman berikutnya, ada contoh2 oli rekomendasi tapi utk area eropa, diantaranya memang membolehkan 5w-30 antara lain: helix ultra AP 5w30, quartz ineo mc3 5w-30
- kemudian di tabel halaman berikutnya lagi, ada tabel range viskositas terhadap suhu, utk saran pemilihan oli2, dan di tabel range viskositas ini memang buntut 30 maupun buntut 40 masuk. Btw suhu yg dimaksud di tabel ini apakah ambient temperature?

Lalu bbrp pertanyaan lagi berdasar jawaban om Turboman:

1. Apakah itu berarti oli rimula R5e standar dealer & ganti tiap 5rb KM termasuk "tidak baik" atau masih termasuk "baik2 saja" atau "biasa2 saja"? Kalopun disebut tidak baik/baik/biasa aja, dari segi apa nya?

2. Noted & thank you, utk semua saran2 oli 5w40 nya, bagaimana cara nya beli online tapi aman terhindar dari oli palsu? Apa cukup memperhatikan rating pelapak nya saja? Ataukah diantara oli2 rekomendasi itu ada yg punya pelapak online official? (Krn saya di kota kecil, harus beli online)

3. Sintetik jejadian hx7 5w40, btw maaf maksudnya jejadian apa ya? Apakah maksudnya semi sintetik? Lalu pergantian nya tiap brp KM jika pake hx7 5W40?

4. Apakah HX7 5w40 ini ada perbedaan yg signifikan dengan HX7 10w40? (Di website shell indonesia kalo saya search nemu nya cuma HX7 10w40, tapi di pasaran ada hx7 5w40, di web shell global ada juga hx7 5w40)

5. Apakah dengan driving style saya yg sudah saya jelaskan tadi, HX7 justru lebih cocok dibanding R5e? (Jika memang lbh baik, maka ganti HX7 pun justru lbh mudah bagi saya krn dealer pun ready stok HX7, tinggal menyesuaikan durasi pergantian oli nya)

6. Dengan mempertimbangkan info dari tabel buku bahwa buntut 30 maupun buntut 40 pun masih bisa masuk opsi (sesuai keterangan saya diatas), buntut mana kah yg lbh baik utk driving style saya & iklim Indonesia?

Thank you in advance.
means 5W30 yg HTHS 3.5

Good

Bisa pakai
- Amsoil MaxDuty 5W30
- Q8 T8700
- Mobil Delvac1 ESP 5W30

pilihan ekonomis =
- PTT 10W30 API CI-4 (ACEA B4 juga)

semua oli di atas bisa pakai 8000 - 10.000 km
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Daftar oli mesin Diesel yg bikin suara mesin jadi halus

Post by Vicvic »

Givrun wrote: Sun Oct 06, 2019 16:47
Vicvic wrote: Sat Oct 05, 2019 6:58
Givrun wrote: Sat Oct 05, 2019 6:37

Panaskan dlu mesin nya kalau baru ganti oli om.. kata nya kalau d kemasan Xado kaleng biasa d bakar dlu juga itu xado nya.
Kalau saya baca lebih bagus pakainya pada saat ganti oli baru. Di panasin dulu mobilnya kocok2 trus tuang ud gitu lgsg pakai buat jalan efeknya terasa setelah 500km katanya
TES FRIKSI nano ceramic engine coating

LIQUIMOLY CERATEC TEST

https://youtu.be/Nz7L1JQrxVs

Piotr tester

https://youtu.be/5H_mZTh5bHY

farm project


NANO ENERGIZER TEST

https://youtu.be/Cp7_EOmRpfU

Piotr tester

XADO TEST

Xado AMC Maximum Diesel Truck
https://youtu.be/sa4tuzNY2d0

Piotr tester
Susah ya mastiin yg paling bagus yg mana soalnya pake olinya beda semua harusnya kalo memang mau tes nya additiv pakr olinya yg sama semua