Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ecco »

Jambangan wrote: Sat Oct 05, 2019 8:18
erwinign wrote: Sat Oct 05, 2019 8:02
Suryaputra wrote: Sat Oct 05, 2019 7:31

maunya gtu om.

cuma akhir2 ini lbh sering ngadepin stop and go di kota termacet di indonesia (bandung).

sebelumnya sy prnh pake fastron gold, 4rb km aja udh kurang enak :ngacir:
Saya aja yg setahun jalan maks 1000km di bandung warna olinya dicek udah mirip jalan 7rb km om (coklat2 item, setaun sekali saya jadwalin ganti oli)
Om dulu kyknya pernah baca postingan si om tentang SGO yg bikin suara mesin kasar
Kemaren soalnya sempat ngobrol2 ama pemilik bengkel dekat rumah ada ertiga pake SGO dari baru suara mesin kasar
Parah jg kualitas oli SGO
Dulu jaman masih pake swift sempat jg cicip oli ini emang kurang bagus kyknya
Tarikan berat n mesin agak kasar
Pengalaman saya dengan SGO juga kurang menyenangkan, makanya swift saya dah gak pernah pake SGO. Di rumah msh ada sgo gratis 0w20, mau saya pake buat dorong oli lama aja...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by zzzprince »

Izin gelar iklan...
PTT Synthetic 5W30
Harga miring dijamin. kontak2 via pm ajaa..
Terlanjur stok banyak buat kendaraan perang tapi ternyata kurang cocok sama karakternya..
Dijamin original 100 persen bebas acdc
Cod malang kota
Siap tokopedia

*kalau ga boleh iklan owe apus postingannya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9631
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

zzzprince wrote: Sat Oct 05, 2019 19:14 Izin gelar iklan...
PTT Synthetic 5W30
Harga miring dijamin. kontak2 via pm ajaa..
Terlanjur stok banyak buat kendaraan perang tapi ternyata kurang cocok sama karakternya..
Dijamin original 100 persen bebas acdc
Cod malang kota
Siap tokopedia

*kalau ga boleh iklan owe apus postingannya
kurang cocok gmn om ?
kemasan galon atau literan ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Boeds »

erwinign wrote:
Jambangan wrote: Sat Oct 05, 2019 8:18
erwinign wrote: Sat Oct 05, 2019 8:02 Saya aja yg setahun jalan maks 1000km di bandung warna olinya dicek udah mirip jalan 7rb km om (coklat2 item, setaun sekali saya jadwalin ganti oli)
Om dulu kyknya pernah baca postingan si om tentang SGO yg bikin suara mesin kasar
Kemaren soalnya sempat ngobrol2 ama pemilik bengkel dekat rumah ada ertiga pake SGO dari baru suara mesin kasar
Parah jg kualitas oli SGO
Dulu jaman masih pake swift sempat jg cicip oli ini emang kurang bagus kyknya
Tarikan berat n mesin agak kasar
Betul om, lama kelamaan pake sgo mesin jd kasar. Yg ngga nguatin ya tarikan nya itu om, mungkin ini sebabnya orang ngeluh ertiga lama ngga bs lari. Sekarang saya pakein ptt 5w30+atf q8 unitrans jk jauh mendingan. Cuma sekarang yaa kadang keluar bunyi kasar dr mesin, mungkin gara2 pake sgo sebelumnya.
Masa sih, apa mereka suka pake kelamaan sgo nya?
Padahal sy bbrp kali pake sampe 7rb-8rb. Pakai sgo sampe km 100rb lewat dikit.
Ertiga lama saya masih halus sekali suaranya dan ngacir galak, kondisi standar.
Makin ngacir dan halus mesinnya sejak pake amsoil ss 0w30 cepekceng :D plus tambahin amsoil pi.

Bahkan sekarang pake oil yg sama di new ertiga 2018 yg dr bengkel bawaannya pake 0w20, rasanya masih ok gak terasa nambah berat, tp suara mesin berkurang lumayan.
New ertiga aslinya lebih berisik dr ertiga awal.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by severmaya »

Maaf kalau agak melenceng, kalau minyak rem rekomen dot3 diisi dot4 apakah bisa?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

severmaya wrote:Maaf kalau agak melenceng, kalau minyak rem rekomen dot3 diisi dot4 apakah bisa?
DOT 3
DOT 4
DOT 5.1 (bukan DOT 5 ya)

bisa pakai pada mobil yang std nya DOT 3

karena sama2 Glycol based
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by zzzprince »

Suryaputra wrote: Sun Oct 06, 2019 0:34
zzzprince wrote: Sat Oct 05, 2019 19:14 Izin gelar iklan...
PTT Synthetic 5W30
Harga miring dijamin. kontak2 via pm ajaa..
Terlanjur stok banyak buat kendaraan perang tapi ternyata kurang cocok sama karakternya..
Dijamin original 100 persen bebas acdc
Cod malang kota
Siap tokopedia

*kalau ga boleh iklan owe apus postingannya
kurang cocok gmn om ?
kemasan galon atau literan ?
Buat dalkot ngaruh ke tarikan om, jadi agak berat. Ban juga udah upsize jadi makin kerasa boros..

Kemasan literan om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

zzzprince wrote:
Suryaputra wrote: Sun Oct 06, 2019 0:34
zzzprince wrote: Sat Oct 05, 2019 19:14 Izin gelar iklan...
PTT Synthetic 5W30
Harga miring dijamin. kontak2 via pm ajaa..
Terlanjur stok banyak buat kendaraan perang tapi ternyata kurang cocok sama karakternya..
Dijamin original 100 persen bebas acdc
Cod malang kota
Siap tokopedia

*kalau ga boleh iklan owe apus postingannya
kurang cocok gmn om ?
kemasan galon atau literan ?
Buat dalkot ngaruh ke tarikan om, jadi agak berat. Ban juga udah upsize jadi makin kerasa boros..

Kemasan literan om
kalo udah biasa 0W20 ya mmg udah gak mau lagi pake 5W30

wkwkwkw
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by rendr »

Boeds wrote: Sun Oct 06, 2019 0:55
erwinign wrote:
Jambangan wrote: Sat Oct 05, 2019 8:18

Om dulu kyknya pernah baca postingan si om tentang SGO yg bikin suara mesin kasar
Kemaren soalnya sempat ngobrol2 ama pemilik bengkel dekat rumah ada ertiga pake SGO dari baru suara mesin kasar
Parah jg kualitas oli SGO
Dulu jaman masih pake swift sempat jg cicip oli ini emang kurang bagus kyknya
Tarikan berat n mesin agak kasar
Betul om, lama kelamaan pake sgo mesin jd kasar. Yg ngga nguatin ya tarikan nya itu om, mungkin ini sebabnya orang ngeluh ertiga lama ngga bs lari. Sekarang saya pakein ptt 5w30+atf q8 unitrans jk jauh mendingan. Cuma sekarang yaa kadang keluar bunyi kasar dr mesin, mungkin gara2 pake sgo sebelumnya.
Masa sih, apa mereka suka pake kelamaan sgo nya?
Padahal sy bbrp kali pake sampe 7rb-8rb. Pakai sgo sampe km 100rb lewat dikit.
Ertiga lama saya masih halus sekali suaranya dan ngacir galak, kondisi standar.
Makin ngacir dan halus mesinnya sejak pake amsoil ss 0w30 cepekceng :D plus tambahin amsoil pi.

Bahkan sekarang pake oil yg sama di new ertiga 2018 yg dr bengkel bawaannya pake 0w20, rasanya masih ok gak terasa nambah berat, tp suara mesin berkurang lumayan.
New ertiga aslinya lebih berisik dr ertiga awal.
Hasil UOA SGO 5w30 botol biru saya di mesin M15A jalan 4800km 4 bulan sih TBN akhir udh masuk kepala 3
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Tue Aug 13, 2019 3:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Slowslowglow »

rendr wrote: Sun Oct 06, 2019 6:20
Boeds wrote: Sun Oct 06, 2019 0:55
erwinign wrote:
Betul om, lama kelamaan pake sgo mesin jd kasar. Yg ngga nguatin ya tarikan nya itu om, mungkin ini sebabnya orang ngeluh ertiga lama ngga bs lari. Sekarang saya pakein ptt 5w30+atf q8 unitrans jk jauh mendingan. Cuma sekarang yaa kadang keluar bunyi kasar dr mesin, mungkin gara2 pake sgo sebelumnya.
Masa sih, apa mereka suka pake kelamaan sgo nya?
Padahal sy bbrp kali pake sampe 7rb-8rb. Pakai sgo sampe km 100rb lewat dikit.
Ertiga lama saya masih halus sekali suaranya dan ngacir galak, kondisi standar.
Makin ngacir dan halus mesinnya sejak pake amsoil ss 0w30 cepekceng :D plus tambahin amsoil pi.

Bahkan sekarang pake oil yg sama di new ertiga 2018 yg dr bengkel bawaannya pake 0w20, rasanya masih ok gak terasa nambah berat, tp suara mesin berkurang lumayan.
New ertiga aslinya lebih berisik dr ertiga awal.
Hasil UOA SGO 5w30 botol biru saya di mesin M15A jalan 4800km 4 bulan sih TBN akhir udh masuk kepala 3
Pengen bawa oli sendiri diinfo oleh SA garansi mesin hilang.. ada solusi?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

Slowslowglow wrote:
rendr wrote: Sun Oct 06, 2019 6:20
Boeds wrote: Sun Oct 06, 2019 0:55 Masa sih, apa mereka suka pake kelamaan sgo nya?
Padahal sy bbrp kali pake sampe 7rb-8rb. Pakai sgo sampe km 100rb lewat dikit.
Ertiga lama saya masih halus sekali suaranya dan ngacir galak, kondisi standar.
Makin ngacir dan halus mesinnya sejak pake amsoil ss 0w30 cepekceng :D plus tambahin amsoil pi.

Bahkan sekarang pake oil yg sama di new ertiga 2018 yg dr bengkel bawaannya pake 0w20, rasanya masih ok gak terasa nambah berat, tp suara mesin berkurang lumayan.
New ertiga aslinya lebih berisik dr ertiga awal.
Hasil UOA SGO 5w30 botol biru saya di mesin M15A jalan 4800km 4 bulan sih TBN akhir udh masuk kepala 3
Pengen bawa oli sendiri diinfo oleh SA garansi mesin hilang.. ada solusi?
Ngobrol2 ama KaBeng

akrab2 ama KaBeng
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9631
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Slowslowglow wrote: Sun Oct 06, 2019 7:25
rendr wrote: Sun Oct 06, 2019 6:20
Boeds wrote: Sun Oct 06, 2019 0:55 Masa sih, apa mereka suka pake kelamaan sgo nya?
Padahal sy bbrp kali pake sampe 7rb-8rb. Pakai sgo sampe km 100rb lewat dikit.
Ertiga lama saya masih halus sekali suaranya dan ngacir galak, kondisi standar.
Makin ngacir dan halus mesinnya sejak pake amsoil ss 0w30 cepekceng :D plus tambahin amsoil pi.

Bahkan sekarang pake oil yg sama di new ertiga 2018 yg dr bengkel bawaannya pake 0w20, rasanya masih ok gak terasa nambah berat, tp suara mesin berkurang lumayan.
New ertiga aslinya lebih berisik dr ertiga awal.
Hasil UOA SGO 5w30 botol biru saya di mesin M15A jalan 4800km 4 bulan sih TBN akhir udh masuk kepala 3
Pengen bawa oli sendiri diinfo oleh SA garansi mesin hilang.. ada solusi?
Cb cek ke bengkel resmi lain yg masih bisa dijangkau areanya :frm_bang_head:

Sy jg gtu, waktu itu masih free service dan masuk masa warranty, tp akhirnya nemu beres yg boleh bawa oli mesin sendiri, cairan2 lain dan filter oli sendiri yg penting compatible :mrgreen:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Tue Aug 13, 2019 3:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Slowslowglow »

Suryaputra wrote: Sun Oct 06, 2019 7:29
Slowslowglow wrote: Sun Oct 06, 2019 7:25
rendr wrote: Sun Oct 06, 2019 6:20

Hasil UOA SGO 5w30 botol biru saya di mesin M15A jalan 4800km 4 bulan sih TBN akhir udh masuk kepala 3
Pengen bawa oli sendiri diinfo oleh SA garansi mesin hilang.. ada solusi?
Cb cek ke bengkel resmi lain yg masih bisa dijangkau areanya :frm_bang_head:

Sy jg gtu, waktu itu masih free service dan masuk masa warranty, tp akhirnya nemu beres yg boleh bawa oli mesin sendiri, cairan2 lain dan filter oli sendiri yg penting compatible :mrgreen:
Kalau terpaksa pakai SGO. Rekomen ganti tiap brp lama?
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by zzzprince »

Turboman wrote: Sun Oct 06, 2019 5:35
zzzprince wrote:
Suryaputra wrote: Sun Oct 06, 2019 0:34

kurang cocok gmn om ?
kemasan galon atau literan ?
Buat dalkot ngaruh ke tarikan om, jadi agak berat. Ban juga udah upsize jadi makin kerasa boros..

Kemasan literan om
kalo udah biasa 0W20 ya mmg udah gak mau lagi pake 5W30

wkwkwkw
Setuju om, selama ga ada penguapan stay 0w20 deh. Ternyata Kerasa perbedaannya antara 5w30 dan 0w20
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Jambangan »

Dulu jaman pake swift sejak odo 10rb KM selalu ganti oli di shop n drive atau di bengkel langganan dekat rumah ga pernah ke beres lagi wkwkwk..
Lagian ga jelas di beres suka aneh2
Yg pertama ganti oli di beres dicekokin engine flush tapi filter oli ga diganti di odo 5000an KM taunya pas kelar servis liat di fakturnya
Yg kedua di beres lain pas servis odo 10rb KM di faktur ditulis 5 L padahal kapasitas oli swift itu cuma 3,9 L kalo ganti filter. Pas nyampe rumah volume oli cuma di batas tengah antara FULL dan LOW berarti diisikan kurang dari 3,9 L
Buset tipu2 wkwkwk...
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by ecco »

Slowslowglow wrote: Sun Oct 06, 2019 7:25
rendr wrote: Sun Oct 06, 2019 6:20
Boeds wrote: Sun Oct 06, 2019 0:55 Masa sih, apa mereka suka pake kelamaan sgo nya?
Padahal sy bbrp kali pake sampe 7rb-8rb. Pakai sgo sampe km 100rb lewat dikit.
Ertiga lama saya masih halus sekali suaranya dan ngacir galak, kondisi standar.
Makin ngacir dan halus mesinnya sejak pake amsoil ss 0w30 cepekceng :D plus tambahin amsoil pi.

Bahkan sekarang pake oil yg sama di new ertiga 2018 yg dr bengkel bawaannya pake 0w20, rasanya masih ok gak terasa nambah berat, tp suara mesin berkurang lumayan.
New ertiga aslinya lebih berisik dr ertiga awal.
Hasil UOA SGO 5w30 botol biru saya di mesin M15A jalan 4800km 4 bulan sih TBN akhir udh masuk kepala 3
Pengen bawa oli sendiri diinfo oleh SA garansi mesin hilang.. ada solusi?
Bengkel Suzuki? Saya sss 4 taon selalu bawa oli sendiri, gak ada itu kata2 garansi mesin ilang dari SA.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by benzz89 »

Jambangan wrote:Dulu jaman pake swift sejak odo 10rb KM selalu ganti oli di shop n drive atau di bengkel langganan dekat rumah ga pernah ke beres lagi wkwkwk..
Lagian ga jelas di beres suka aneh2
Yg pertama ganti oli di beres dicekokin engine flush tapi filter oli ga diganti di odo 5000an KM taunya pas kelar servis liat di fakturnya
Yg kedua di beres lain pas servis odo 10rb KM di faktur ditulis 5 L padahal kapasitas oli swift itu cuma 3,9 L kalo ganti filter. Pas nyampe rumah volume oli cuma di batas tengah antara FULL dan LOW berarti diisikan kurang dari 3,9 L
Buset tipu2 wkwkwk...
Kalau ane pengalaman ganti oli di beres auto 2000 di hajar sampai lewat dari full deep stick lumayan banyak (pagi2 ane cek), balik lagi komplain dibilang gak apa2 masih toleransi. Ane rasa kapasitas 6,5 liter di hajar 7 liter atau lebih... ya mesin jadi tambah berat aja kerjanya.

Heran ama kerjaan beres, masa prosedur ganti oli aja kaya begitu? Apa gak bisa ngecek deep stick? Atau gak ngerti fungsi deep stick itu buat apaan? Mungkin montirnya orang2 magang yang gak ngerti kebutuhan oli dari masing2 mesin
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9631
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Suryaputra »

Slowslowglow wrote: Sun Oct 06, 2019 7:57
Suryaputra wrote: Sun Oct 06, 2019 7:29
Slowslowglow wrote: Sun Oct 06, 2019 7:25
Pengen bawa oli sendiri diinfo oleh SA garansi mesin hilang.. ada solusi?
Cb cek ke bengkel resmi lain yg masih bisa dijangkau areanya :frm_bang_head:

Sy jg gtu, waktu itu masih free service dan masuk masa warranty, tp akhirnya nemu beres yg boleh bawa oli mesin sendiri, cairan2 lain dan filter oli sendiri yg penting compatible :mrgreen:
Kalau terpaksa pakai SGO. Rekomen ganti tiap brp lama?
Oli genuine be-res buat saya pribadi khusus kondisi mendesak, jika hny ada oli tsb, dan maximal banget 5-6 bln / 5rb km (mana yg duluan).

Klo sy pribadi no excuse dgn alasan be-res ganti oli harus pakai genuine atpm.
Biarin ajah klo perlu sampai debat sm SA, saya mah ayuk ajah :upss:



benzz89 wrote: Sun Oct 06, 2019 12:14
Jambangan wrote:Dulu jaman pake swift sejak odo 10rb KM selalu ganti oli di shop n drive atau di bengkel langganan dekat rumah ga pernah ke beres lagi wkwkwk..
Lagian ga jelas di beres suka aneh2
Yg pertama ganti oli di beres dicekokin engine flush tapi filter oli ga diganti di odo 5000an KM taunya pas kelar servis liat di fakturnya
Yg kedua di beres lain pas servis odo 10rb KM di faktur ditulis 5 L padahal kapasitas oli swift itu cuma 3,9 L kalo ganti filter. Pas nyampe rumah volume oli cuma di batas tengah antara FULL dan LOW berarti diisikan kurang dari 3,9 L
Buset tipu2 wkwkwk...
Kalau ane pengalaman ganti oli di beres auto 2000 di hajar sampai lewat dari full deep stick lumayan banyak (pagi2 ane cek), balik lagi komplain dibilang gak apa2 masih toleransi. Ane rasa kapasitas 6,5 liter di hajar 7 liter atau lebih... ya mesin jadi tambah berat aja kerjanya.

Heran ama kerjaan beres, masa prosedur ganti oli aja kaya begitu? Apa gak bisa ngecek deep stick? Atau gak ngerti fungsi deep stick itu buat apaan? Mungkin montirnya orang2 magang yang gak ngerti kebutuhan oli dari masing2 mesin
Klo as in manual book honda,
Gaktau klo di toyodai spt apa yah,

Cara cek oli cukup atau lebih,
1. Panasin mesin bbrp saat
2. Matikan mesin & diamkan selama 3 menit
3. Langsung cek dipstick dan usahakan oli harus di bawah tanda Full dikit ajah.

Karena klo oli ada di batas F lebih dikit, sebetulnya ada toleransi ketika mesin nyala, oil pump akan nyedot sekian ratus ml untuk melumasi tiap bagian internal mesin.
Jd di oil pan jatuhnya berkurang dikit.

Klo terlalu berlebihan, resiko bs kena crankshaft, dan itu yg buat oli cpt rusak, dikocok2 sm crankshaft :frm_bang_head:



Ignore aja brandnya, ada bbrp kasus sludge :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Tue Aug 13, 2019 3:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Slowslowglow »

ecco wrote: Sun Oct 06, 2019 11:38
Slowslowglow wrote: Sun Oct 06, 2019 7:25
rendr wrote: Sun Oct 06, 2019 6:20

Hasil UOA SGO 5w30 botol biru saya di mesin M15A jalan 4800km 4 bulan sih TBN akhir udh masuk kepala 3
Pengen bawa oli sendiri diinfo oleh SA garansi mesin hilang.. ada solusi?
Bengkel Suzuki? Saya sss 4 taon selalu bawa oli sendiri, gak ada itu kata2 garansi mesin ilang dari SA.
Beda2 ya..coba di bengkel lain yg ngak ribet
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by coklatMetalik »

benzz89 wrote: Sun Oct 06, 2019 12:14 Kalau ane pengalaman ganti oli di beres auto 2000 di hajar sampai lewat dari full deep stick lumayan banyak (pagi2 ane cek), balik lagi komplain dibilang gak apa2 masih toleransi. Ane rasa kapasitas 6,5 liter di hajar 7 liter atau lebih... ya mesin jadi tambah berat aja kerjanya.

Heran ama kerjaan beres, masa prosedur ganti oli aja kaya begitu? Apa gak bisa ngecek deep stick? Atau gak ngerti fungsi deep stick itu buat apaan? Mungkin montirnya orang2 magang yang gak ngerti kebutuhan oli dari masing2 mesin
Sama om. Punya sy harusnya 3,7 liter termasuk filter, dimasukin 4 liter

Biasanya masing2 SA punya lembaran daftar kapasitas oli macem2 mesin toyota & ngisi olinya berdasarkan kapasitas di lembaran itu. Anehnya disana volume olinya pada dibuletin, jadi 4 liter, 5 liter, gk ada koma2nya :mky_03:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9631
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Q8 Formula ultra

Post by Suryaputra »

ijin quote UOA Q8 F Ultra 0w20 dari om turbo,
8rb km & 13 bulan :big_chicken:
V100 msh ok bingits & wear metal juga keren.

viewtopic.php?t=24402&start=650#p923023

Image

keren emang tuh oli made in kuwait :frm_tumbright:
sikat lah mumpung masih ada di tokoijo (duniaoli) :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Jambangan »

coklatMetalik wrote: Sun Oct 06, 2019 14:19
benzz89 wrote: Sun Oct 06, 2019 12:14 Kalau ane pengalaman ganti oli di beres auto 2000 di hajar sampai lewat dari full deep stick lumayan banyak (pagi2 ane cek), balik lagi komplain dibilang gak apa2 masih toleransi. Ane rasa kapasitas 6,5 liter di hajar 7 liter atau lebih... ya mesin jadi tambah berat aja kerjanya.

Heran ama kerjaan beres, masa prosedur ganti oli aja kaya begitu? Apa gak bisa ngecek deep stick? Atau gak ngerti fungsi deep stick itu buat apaan? Mungkin montirnya orang2 magang yang gak ngerti kebutuhan oli dari masing2 mesin
Sama om. Punya sy harusnya 3,7 liter termasuk filter, dimasukin 4 liter

Biasanya masing2 SA punya lembaran daftar kapasitas oli macem2 mesin toyota & ngisi olinya berdasarkan kapasitas di lembaran itu. Anehnya disana volume olinya pada dibuletin, jadi 4 liter, 5 liter, gk ada koma2nya :mky_03:
Kalo cuma kelebihan segitu sih ga masalah
Yg jadi masalah kalo kelebihan >1 L :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by DOHC »

oli sbisa mungkin jgn kelebihan, slaen bkin berbusa kena kocok bandul kruk as, ntuh bkin rembes oli jg dari seal kruk as, seal2 kruk as didisain bukan buat direndem oli 24/7. Mengenai tekanan oli jg mustinya ga masalah asalkan pake filter oli yg asli dan seal oil pump ga ad yg getas atau rembes, toh suction pump oli corong nya biasa di deket dasar oil pan

ntuh beres biasa isi kelebihan soalnya mreka males nungguin oli ampe pd netes turun smua, jd yah blom turun abis ud di tutup trus diisi lagi, dah umum koq, seumur2 nyobain beres T, H tegak, batu makam ga perna ad satu yg isi oli bener2 pas.. paling kacau malah H tegak, dr oli mesin, coolant ampe ATF aj ngisi jauhhh d atas level tertinggi, montir2 nya suka foya2 cairan sepertinya

btw kl ane sehh malah aliran ngisi oli sbisa mungkin 75-80 persen dari kapasitas yg ditulis manual book, sjauh ini gapapa sehh, mau parkir di tanjakan turunan jg tiap kl cold start lampu oli ga ad yg nyala ampe lebi dr 2 detik
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Tue Aug 13, 2019 3:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Slowslowglow »

ijin nanya om, pernah dapet oli TGMO 5W30 SN tutup botol hijau, karena ragu ACDC ane coba pakai di Motor matic, tarikan motor enteng tapi cek di 500 Km penguapan tinggi lalu tambah lg, suara mesin rada terdengar knocking bunyi tok tok tok tiap +/-1 menit . akhirnya di 700 Km buang deh.
sekarang kembali pakai enduro matic 10W30. bunyi knocking masih terdengar..untuk tarikan lari ngak masalah,, ada solusi ga om ? atau ganti oli yg seperti apa
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 10

Post by Turboman »

DOHC wrote:oli sbisa mungkin jgn kelebihan, slaen bkin berbusa kena kocok bandul kruk as, ntuh bkin rembes oli jg dari seal kruk as, seal2 kruk as didisain bukan buat direndem oli 24/7. Mengenai tekanan oli jg mustinya ga masalah asalkan pake filter oli yg asli dan seal oil pump ga ad yg getas atau rembes, toh suction pump oli corong nya biasa di deket dasar oil pan

ntuh beres biasa isi kelebihan soalnya mreka males nungguin oli ampe pd netes turun smua, jd yah blom turun abis ud di tutup trus diisi lagi, dah umum koq, seumur2 nyobain beres T, H tegak, batu makam ga perna ad satu yg isi oli bener2 pas.. paling kacau malah H tegak, dr oli mesin, coolant ampe ATF aj ngisi jauhhh d atas level tertinggi, montir2 nya suka foya2 cairan sepertinya

btw kl ane sehh malah aliran ngisi oli sbisa mungkin 75-80 persen dari kapasitas yg ditulis manual book, sjauh ini gapapa sehh, mau parkir di tanjakan turunan jg tiap kl cold start lampu oli ga ad yg nyala ampe lebi dr 2 detik
nah sama neh . .. isi 80% F aza

wkwkwkw