kayanya keribetan internal sendiri ya? woro2 Carlos Ghosn vs orang Jepang sendiri, terus ketambahan aliansi dengan mitsubishi.
yg agak mendingan ya praktis tinggal Eropa & kandang sendiri, proyek mobil murah Datsun juga ga sukses2 amat, di Rusia & India kepayahan, malah Next big market yaitu India malah melempem, padahal kebagian barang antik: Kicks dan Terrano.Misal di US Nissan Sentra, Frontier dan Rogue Sport sudah uzur, di seluruh dunia kecuali Eropa Nissan Micra/March tak kunjung diganti (sudah TIGA tahun sejak All New Micra dijual di Eropa), kemudian ada Nissan Note yang sudah tua, next ada Juke yang sampe 9 tahun gak ganti, wasted opportunity karena pasar crossover sedang tumbuh. Next, ada Nissan Almera/Versa yang sudah dari jaman batu baru muncul versi barunya (itupun baru di US, market lain belum). Lalu ada All New Teana yang sangat telat masuk Asia, sampai sekarang belum muncul juga. Belum lagi produk lain yang non global seperti Livina, Patrol, Elgrand.
https://www.thehindubusinessline.com/sp ... 332841.ece
saya selama ini mikirnya Terra itu emang aslinya buat China Domestic Market, malah baru tahu memang ditujukan untuk SEA juga ya.Yang paling tragis adalah Terra. Nissan sudah memulai development sejak 2013-2014, kemudian pas ANF/ANPS nongol mereka kaget dan langsung ketar-ketir revisi desain. Ada kendala lain juga seperti harus ganti mesin karena regulasi emisi Thailand, itu bikin mundur agenda launching yang sedianya dilakukan di 2016. Itupun kayaknya ada kendala persetujuan maupun dana, buktinya final productnya kayak gitu.
lupa baca dimana, memang Micra itu sengaja duluan di eropa, karena penjualan terbanyak micra itu memang di eropa, dan disesuaikan market di sana. makanya naik kelas banget. bahkan seperti setara dengan Note.Nissan March/Micra, yang ini saya betul-betul bingung. Produk sudah siap, bahkan sudah dijual selama tiga tahun di Eropa, kenapa belum dibikin global? Itu namanya kebodohan. Kendala mereka awalnya karena cuma ada transmisi manual (bodoh sekali) dan mesin yang kurang mendukung buat global: 900 cc turbo. Masalah pertama sudah kelar (skrg ada matik) tapi yang kedua kayaknya masih nunggu. Kelamaan bos.
nah anehnya ya itu setelah itu malah kaya ga niat jualan di belahan dunia lain. agak mirip Juke juga.
di tahun itu kalau ga salah NMI CEO-nya diganti orang Indonesia, kemudian tahun berikutnya tiba2 ganti CEO lagi.Sementara Livina/Grand Livina, kalo cari2 berita dikit ada berita tahun 2015 menyatakan mereka siap launching All New Livina (All new betulan ya) di Maret/April 2016. Tidak jelas apakah rumor itu benar atau tiba2 development dihentikan/ditunda, yang jelas sekitar sebelum Xpander nongol mereka langsung memastikan next gen Livina basisnya dari situ.
https://www.merdeka.com/otomotif/rajin- ... bishi.html
mungkin karena ini jadi berantakan, dan kebetulan ada beli saham Mitsubishi, jadi daripada repot2 rebadge saja dan saya baru sadar di link diatas itu CEO-nya ex mitsu, ya makin lanjut d rebadging-nya.
dan tahun lalu ganti lagi CEO-nya, mungkin proyek rebadging sukses.
https://www.datsun.co.id/news/nissan-me ... nesia.html
tahun2 kedepannya bau2nya bakalan makin parah ini aliansi. kecuali ada super CEO yang bisa lanjutin kerjaan Ghosn and make it bigger. tapi kayanya ngga kejadian lah ya, secara ada mitsu juga, bakal makin kuat tarik2an semangat nasionalisme.