Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

Rakean wrote: Thu Jun 27, 2019 10:29
=> yoi sama2 4JA1-L, bisa sumbat selang vacumm nya pake gotri/bola besi, atau bisa juga cabut selang vacuum EGR nya, atau juga cabut modul EGR nya, pasang plat juga ok
=> pake bawaan kucing ajah

yang ane cetak tebal yak :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Om rakerdan tau letak modul egr om ? Dalam dashboard kan ? mnta pencerahan om, Skalian pasang ac ya mau cabut aja.
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Rakean »

Givrun wrote: Mon Jul 22, 2019 5:26
Rakean wrote: Thu Jun 27, 2019 10:29
=> yoi sama2 4JA1-L, bisa sumbat selang vacumm nya pake gotri/bola besi, atau bisa juga cabut selang vacuum EGR nya, atau juga cabut modul EGR nya, pasang plat juga ok
=> pake bawaan kucing ajah

yang ane cetak tebal yak :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Om rakerdan tau letak modul egr om ? Dalam dashboard kan ? mnta pencerahan om, Skalian pasang ac ya mau cabut aja.
Kalau di kucing sih dibalik dashboard bagian tegah bawah om.. Gak tau kalo di traga
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

Rakean wrote: Tue Jul 23, 2019 0:55

Kalau di kucing sih dibalik dashboard bagian tegah bawah om.. Gak tau kalo di traga
Thanks om, nanti ane coba cek
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by marama »

Saya lihat di jakarta traga lumayan laku ya, beberapa delivery sdh pakai traga box, di GIIAS ad new concept traga minibus dgn karoseri pintu sliding door. Calon2 next backbone isuzu nih setelah elf
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by kemuningauto »

Coba kasih saran ya untuk AC Isuzu Traga

- Compressor 15A
- Magnet Clutch Panther Touring
- Evaporator Avanza VVTI aja PNP, gausah ganti2 tipe lain (udah ada box dan blower kok dari Traganya)
- Condenser 12x21x26 MF / MFS atau bebas menyesuaikan
- Fan AC tipe Dual 10" atau bebas menyesuaikan
- Selang2 menyesuaikan.

Dijamin memuaskan dan awet. Mesin enteng.

IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

kemuningauto wrote: Wed Jul 24, 2019 13:25 Coba kasih saran ya untuk AC Isuzu Traga

- Compressor 15A
- Magnet Clutch Panther Touring
- Evaporator Avanza VVTI aja PNP, gausah ganti2 tipe lain (udah ada box dan blower kok dari Traganya)
- Condenser 12x21x26 MF / MFS atau bebas menyesuaikan
- Fan AC tipe Dual 10" atau bebas menyesuaikan
- Selang2 menyesuaikan.

Dijamin memuaskan dan awet. Mesin enteng.

Wah ,, :big_deal:
thanks berat om..
Ini yg d cari.. haha
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

marama wrote: Wed Jul 24, 2019 3:46 Saya lihat di jakarta traga lumayan laku ya, beberapa delivery sdh pakai traga box, di GIIAS ad new concept traga minibus dgn karoseri pintu sliding door. Calon2 next backbone isuzu nih setelah elf
Disini lagi hype om .. harus indent. Ini datang bareng sy 25 unit pesenan smua.. tp yg box. Klau pick up sih ready
.. secara box almu nya blom ada yg second an haha.
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by kemuningauto »

Givrun wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 24, 2019 13:25 Coba kasih saran ya untuk AC Isuzu Traga

- Compressor 15A
- Magnet Clutch Panther Touring
- Evaporator Avanza VVTI aja PNP, gausah ganti2 tipe lain (udah ada box dan blower kok dari Traganya)
- Condenser 12x21x26 MF / MFS atau bebas menyesuaikan
- Fan AC tipe Dual 10" atau bebas menyesuaikan
- Selang2 menyesuaikan.

Dijamin memuaskan dan awet. Mesin enteng.

Wah ,, :big_deal:
thanks berat om..
Ini yg d cari.. haha
Sama2. Kira2 dengan barang kualitas top semua, kisaran 6,5 lah.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

kemuningauto wrote: Thu Jul 25, 2019 1:44
Givrun wrote:
kemuningauto wrote: Wed Jul 24, 2019 13:25 Coba kasih saran ya untuk AC Isuzu Traga

- Compressor 15A
- Magnet Clutch Panther Touring
- Evaporator Avanza VVTI aja PNP, gausah ganti2 tipe lain (udah ada box dan blower kok dari Traganya)
- Condenser 12x21x26 MF / MFS atau bebas menyesuaikan
- Fan AC tipe Dual 10" atau bebas menyesuaikan
- Selang2 menyesuaikan.

Dijamin memuaskan dan awet. Mesin enteng.

Wah ,, :big_deal:
thanks berat om..
Ini yg d cari.. haha
Sama2. Kira2 dengan barang kualitas top semua, kisaran 6,5 lah.
Yg magnetic clutch nya dua got kan om, p/n denso 447300 - 7910
ini kosong dan susah dsni om.. kirim pesawat takut ktahan xray.. ada persamaan nya pnp kompressor 15a om?

ane dpt kok mahal ya.. 8 jta, pakai daihatsu ayla extra fan. Kondenser pakai yg 18 katanya biar gag nyangkut. Rakit d denso
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by kemuningauto »

Givrun wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jul 25, 2019 1:44
Givrun wrote:
Wah ,, :big_deal:
thanks berat om..
Ini yg d cari.. haha
Sama2. Kira2 dengan barang kualitas top semua, kisaran 6,5 lah.
Yg magnetic clutch nya dua got kan om, p/n denso 447300 - 7910
ini kosong dan susah dsni om.. kirim pesawat takut ktahan xray.. ada persamaan nya pnp kompressor 15a om?

ane dpt kok mahal ya.. 8 jta, pakai daihatsu ayla extra fan. Kondenser pakai yg 18 katanya biar gag nyangkut. Rakit d denso
Magnet Clutch kalo Denso kosong, pake brand lain kaya NIS, GG boleh. Pasti ada. Harga tergantung lokasi juga, kan distribusi barang kalo luar Jawa pasti lebih mahal.
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

Rakean wrote: Tue Jul 23, 2019 0:55
Kalau di kucing sih dibalik dashboard bagian tegah bawah om.. Gak tau kalo di traga
IMG_20190731_130956.jpg
ini ya om ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Rakean »

Givrun wrote: Wed Jul 31, 2019 5:14
Rakean wrote: Tue Jul 23, 2019 0:55
Kalau di kucing sih dibalik dashboard bagian tegah bawah om.. Gak tau kalo di traga
IMG_20190731_130956.jpg

ini ya om ?
nah betul, cabut ajah soket nya wkwkwkwkwk
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

Rakean wrote: Wed Jul 31, 2019 7:53
Givrun wrote: Wed Jul 31, 2019 5:14
Rakean wrote: Tue Jul 23, 2019 0:55
Kalau di kucing sih dibalik dashboard bagian tegah bawah om.. Gak tau kalo di traga
IMG_20190731_130956.jpg

ini ya om ?
nah betul, cabut ajah soket nya wkwkwkwkwk
iya om posisi nya d bawah setir trnyata.. dan langsung keliatan kalau nunduk. sngaja d taro sana biar enak matikan fungsi egr kayaknya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman »

Btw utk transmisi manual Isuzu yg pake std oli mesin feeling saya bisa juga pakai

CAT TDTO SAE 30

TDTO = Trans & Drive train

ini di Trakindo ada

oli SAE 30 khusus utk Transmisi nya CAT

Konon ini meet API GL-3 & GL-4 (nggak sampe GL-5)

TDTO juga ada yg SAE 50, tapi spt nya lebih cocok yg SAE 30 utk trans kendaraan

CMIIW

diesel mania
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 341
Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by diesel mania »

Mau siksa mesin panther turbo gampang. Oprek aja turbonya, klo wastegate turbonya mirip panther bisa diganjal pake ring baut. 1 ring bisa naekin boost turbo 0,1-0,2 bar. Klo bisa selalu dicek pake boost meter ato beli aja boost meter untuk di dashboard. Cek dulu ukuran std pabrik paling cuma disetel 0,3-0,4 bar. Naekin sampe 0,7bar udah garang tuh. Klo sampe 1 bar hati2 mesinnya jebol. Jgn lupa boschpomnya diborosin dikit klo boost turbonya udah dinaekin.
Diesel in my head
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

Turboman wrote: Sun Aug 11, 2019 4:12 Btw utk transmisi manual Isuzu yg pake std oli mesin feeling saya bisa juga pakai

CAT TDTO SAE 30

TDTO = Trans & Drive train

ini di Trakindo ada

oli SAE 30 khusus utk Transmisi nya CAT

Konon ini meet API GL-3 & GL-4 (nggak sampe GL-5)

TDTO juga ada yg SAE 50, tapi spt nya lebih cocok yg SAE 30 utk trans kendaraan

CMIIW
sangat menarik nih om turbo buat fleet, apalagi buat d daerah kayak ane. jadi nya mesin pakai CAT DEO (diesel engine oil), gardan pakai CAT GO (gear oil) wich is GL-5, dan transmisi pakai CAT TDTO.

Syg nya TDTO sae monograde 30. yg brarti mineral ?

Baca2 sih highly recomend buat wet clutch d unit CAT.
meet Alisson C4, CAT TO-4. Yg alisson c4 itu kbnyakan d oli merk lain speknya dexron III . Brarti viscosity nya mirif ATF ? Wich is good klo bener sih. JMHO
98-Desgaste_de_TO-4.png
ini ketemu perbandingan pinion wear pada transmisi CAT. oli TO4 SAE 30 vs engine oil 15w40 vs single grade 30 engine oil.

Smentara akan trus pakai honda MTF utk traga karna sudah setok lumayan .. kalau sdh habis akan coba ini kalau ada d trakindo terdekat .. :big_grin:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Givrun on Sun Aug 11, 2019 11:59, edited 2 times in total.
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

diesel mania wrote: Sun Aug 11, 2019 4:55 Mau siksa mesin panther turbo gampang. Oprek aja turbonya, klo wastegate turbonya mirip panther bisa diganjal pake ring baut. 1 ring bisa naekin boost turbo 0,1-0,2 bar. Klo bisa selalu dicek pake boost meter ato beli aja boost meter untuk di dashboard. Cek dulu ukuran std pabrik paling cuma disetel 0,3-0,4 bar. Naekin sampe 0,7bar udah garang tuh. Klo sampe 1 bar hati2 mesinnya jebol. Jgn lupa boschpomnya diborosin dikit klo boost turbonya udah dinaekin.
Smntara gak maenin wastegate sma bospom dlu om selama masa garansi.. 100rbu km biasa nya habis tempo 1,5 tahun. Jd ya stelah itu baru mulai maenin kalau tenaga dirasa kurang.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman »

Givrun wrote:
diesel mania wrote: Sun Aug 11, 2019 4:55 Mau siksa mesin panther turbo gampang. Oprek aja turbonya, klo wastegate turbonya mirip panther bisa diganjal pake ring baut. 1 ring bisa naekin boost turbo 0,1-0,2 bar. Klo bisa selalu dicek pake boost meter ato beli aja boost meter untuk di dashboard. Cek dulu ukuran std pabrik paling cuma disetel 0,3-0,4 bar. Naekin sampe 0,7bar udah garang tuh. Klo sampe 1 bar hati2 mesinnya jebol. Jgn lupa boschpomnya diborosin dikit klo boost turbonya udah dinaekin.
Smntara gak maenin wastegate sma bospom dlu om selama masa garansi.. 100rbu km biasa nya habis tempo 1,5 tahun. Jd ya stelah itu baru mulai maenin kalau tenaga dirasa kurang.
pompa injeksi gak usah diutak atik om, resiko EGT jadi tinggi ntar

purging aja setahun sekali agar performa mesin tetap optimal
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

Turboman wrote: Sun Aug 11, 2019 13:26
Givrun wrote:
diesel mania wrote: Sun Aug 11, 2019 4:55 Mau siksa mesin panther turbo gampang. Oprek aja turbonya, klo wastegate turbonya mirip panther bisa diganjal pake ring baut. 1 ring bisa naekin boost turbo 0,1-0,2 bar. Klo bisa selalu dicek pake boost meter ato beli aja boost meter untuk di dashboard. Cek dulu ukuran std pabrik paling cuma disetel 0,3-0,4 bar. Naekin sampe 0,7bar udah garang tuh. Klo sampe 1 bar hati2 mesinnya jebol. Jgn lupa boschpomnya diborosin dikit klo boost turbonya udah dinaekin.
Smntara gak maenin wastegate sma bospom dlu om selama masa garansi.. 100rbu km biasa nya habis tempo 1,5 tahun. Jd ya stelah itu baru mulai maenin kalau tenaga dirasa kurang.
pompa injeksi gak usah diutak atik om, resiko EGT jadi tinggi ntar

purging aja setahun sekali agar performa mesin tetap optimal
Siap om turbo, akan rutin purging buat jaga performa mesin ..
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

Report penggantian oli traga inreyen 1500km
Penggantian dilakukan oleh bengkel langganan.

Oli mesin 15w40 CAT DEO 4,5 liter . Sempet bingung perihal kapasitas oli karna d manual book traga tertulis 3,7 liter tanpa filter oli. Sedangkan oli yang keluar kisaran 4 liter lebih hampir 4,5.. d cobakan d isi 3,7 liter dan cek dipstik jauh d bawah. Buka kmbali catatan oli panther 4,5 liter. Kmungkinan ada salah cetak buku manual ??? :ungg:
Akhirnya D tambahkan lagi 0,8 liter baru pas.
Oli mesin hitam ciri khas diesel oil. D pegang dan dilihat visual masih bagus. Alasan di ganti khawatir bnyk gram2 besi karna inreyen.

Oli transmisi : 3 liter honda MTF. Oli lama masih berwarna cerah , tapi agak jenuh. D ganti dgn alasan yg sama . Khawatir gram besi.

Oli gardan : 1,6 liter sae 140 pertamina rored HDA GL5
D baut drain oli gardan banyak trdapat gram2 besi. Yg tidak ditemukan di baut drain oli mesin dan transmisi. Visual oli gardan hitam pekat.

Juga d perbaiki pemasangan tambahan water separator hino lohan, ada rembesan sedikit karna waktu dulu pasang sendiri gak nemu ring solar yang pas. D akali pakai selang potongan yang dlubangi.. skrg dcarikan ring solar yg sesuai.

Setelah diganti, transmisi terasa lebih smooth tadi nya agak keras masuk gigi 3. Yg lain rasanya sama aja, mungkin karna masih relatif baru.

Next d 5000 km akan service d isuzu. Skalian ganti filter solar isuzu borneo yg lebih besar.
Demikian report.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman »

aje gile truk masa kini karter kecil amat

Kapsul 2L - 2400 cc aja karter 4,5 L
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

Turboman wrote: Sat Aug 24, 2019 14:44 aje gile truk masa kini karter kecil amat

Kapsul 2L - 2400 cc aja karter 4,5 L
Nah itu dia om turbo di buku manual tertulis 3,7 liter tanpa ganti filter dan 4,7 liter dgn ganti filter .. bingung akhirnya saya sama mekanik.. kok bisa dgn filter oli nambah 1 liter ??

karna mesin panther , dan panther 4,5 L tanpa ganti filter. Trus setelah di isi 4,5 L dipstick sesuai.. akhir nya kita beranggapan buku manual salah cetak :wkkk:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman »

Givrun wrote:
Turboman wrote: Sat Aug 24, 2019 14:44 aje gile truk masa kini karter kecil amat

Kapsul 2L - 2400 cc aja karter 4,5 L
Nah itu dia om turbo di buku manual tertulis 3,7 liter tanpa ganti filter dan 4,7 liter dgn ganti filter .. bingung akhirnya saya sama mekanik.. kok bisa dgn filter oli nambah 1 liter ??

karna mesin panther , dan panther 4,5 L tanpa ganti filter. Trus setelah di isi 4,5 L dipstick sesuai.. akhir nya kita beranggapan buku manual salah cetak :wkkk:
Traga ini 4JB1-T ?
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Givrun »

4jA1-L sma dngn panther om turbo
Turboman wrote: Sat Aug 24, 2019 15:53 Traga ini 4JB1-T ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Saran optimalkan isuzu traga buat disiksa

Post by Turboman »

Givrun wrote:4jA1-L sma dngn panther om turbo
Turboman wrote: Sat Aug 24, 2019 15:53 Traga ini 4JB1-T ?
nah itu ada EGR nya gak ?

kalo ada ditutup aja