Data Penjualan Mobil - Part 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 29 Sep 2017, 18:02
Location: Bandung

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by piraku »

kunaskun wrote:
piraku wrote: 30 Jun 2019, 13:39 Awalnya saya jg ga sreg dan skeptis gitu sama jok yg pendek walaupun buat saya yg 168cm keliatan normal aja, tp ternyata pas dibandingin sama c24 ortu tinggi sandarannya mirip mirip apalagi sama captain seatnya kayanya lebih kecil lagi c24. Emg di terios kerasa lebih sempit krna ngebucket gitu (pinggirannya gede).

Komplain saya paling desain interior aja yg terlalu spartan, dan bantingan relatif keras pas bawa sendiri, satu lagi walaupun mobilnya lebar tp di kabin kerasa narrow, walaupun lebih lebar dari apansah tp lebar kabin rasanya mirip.
waktu dulu saya TD pas naik, kok ini senderan kursi pendek amat, mirip sama avanza lama, ternyata bener :mky_02:

kabin masih lebih legaan avanza... setidaknya headroom lebih lega.

rush terios generasi ini mirip ANF yg jadi lebih sempit dari Fortuner generasi sebelumnya, sedikit mirip dengan ANKI dengan Innova sebelumnya hanya bedanya ANKI itu headroom berkurang tapi sedikit lebih lebar.
Emang sempit terutama headroom, saya aja minum air mineral botol yg 600 ml kalau ngedongak mentok plafon [emoji28]
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by bensinsolar »

Wistuwis wrote: 14 Jul 2019, 10:54 Sssst... Saya punya ANT lho :big_peace:
Pertimbangan terbesar saya adalah dari segi durabilitas untuk menggantikan old terios yg sudah 7 tahun 160rb km dan terbukti (istilahnya) cuma ganti oli saja.
Oya Om, dari segi pengendaraan (handling, steering feedback/feel & rem) gmn dibanding yang lama? Soalnya ANF & VNT bedanya jauh banget, naik VNT remnya ngelosor, steering gaq akurat & feelnya ga enak. Maaf jd OOT
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 26 Aug 2013, 12:50

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by patrickstar »

Maaf receh, sering kepikiran tapi baru kali ini inget trs nulis di SM tercinta: mobil lebih gede jauh lebih panjang, kok row 3 nya lebih sempit dibanding mobil lain ya.
Ex: Fortuner/Pajero vs Ertiga lama.
Maaf kalo salah.
Santai dijalan, nikmati hidup.
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Wistuwis »

bensinsolar wrote: 16 Jul 2019, 17:24
Wistuwis wrote: 14 Jul 2019, 10:54 Sssst... Saya punya ANT lho :big_peace:
Pertimbangan terbesar saya adalah dari segi durabilitas untuk menggantikan old terios yg sudah 7 tahun 160rb km dan terbukti (istilahnya) cuma ganti oli saja.
Oya Om, dari segi pengendaraan (handling, steering feedback/feel & rem) gmn dibanding yang lama? Soalnya ANF & VNT bedanya jauh banget, naik VNT remnya ngelosor, steering gaq akurat & feelnya ga enak. Maaf jd OOT
ANT om bukan ANF + VNT.
Jadi malu sayanya :mky_01:
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: 29 Sep 2016, 18:10
Location: Sleman

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by dizco »

patrickstar wrote: 16 Jul 2019, 18:09 Maaf receh, sering kepikiran tapi baru kali ini inget trs nulis di SM tercinta: mobil lebih gede jauh lebih panjang, kok row 3 nya lebih sempit dibanding mobil lain ya.
Ex: Fortuner/Pajero vs Ertiga lama.
Maaf kalo salah.
ladder frame, gardan, wheel well lebih besar etc etc
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Wistuwis »

Astargea wrote: 15 Jul 2019, 19:58 Di India juga batasan pajaknya itu 1.2 buat bensin dan 1.5 untuk diesel. Kemudian di jepang juga ada peraturan dimensi, apabila panjang diatas 4.7 meter, lebar diatas 1.7 meter dan tinggi diatas 2.0 meter kena pajak ekstra... Itulah kenapa mobil-mobil JDM yang compact lebarnya 1.695 mm, bahkan mobil 'gede' sekalipun kayak Voxy dan Serena maksain lebarnya 1.695 mm artinya lebarnya sama kayak Jazz
Tks pencerahannya om. Dari awal muncul sy naksir voxy karena dimensinya kompak, sepertinya tidak kesulitan manuver di gang senggol perumahan saya. Kok bisa dia dibikin ramping.
Dan pertanyaan saya terjawab oleh statement om di atas :frm_tumbright:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by kunaskun »

piraku wrote: 16 Jul 2019, 17:16 Emang sempit terutama headroom, saya aja minum air mineral botol yg 600 ml kalau ngedongak mentok plafon [emoji28]
bused [emo-yesno] tapi mungkin ya (ini mungkin ya) terbayarkan dengan tampilannya yg memang bagus. terbaik di kelasnya. relatif proposional, main aman, kekinian, krom2an (Terutama terios), pelek gede, fende. dikasi strobo2an langsung berubah jadi LC200.
patrickstar wrote: 16 Jul 2019, 18:09 Maaf receh, sering kepikiran tapi baru kali ini inget trs nulis di SM tercinta: mobil lebih gede jauh lebih panjang, kok row 3 nya lebih sempit dibanding mobil lain ya.
Ex: Fortuner/Pajero vs Ertiga lama.
Maaf kalo salah.
boros rangka, boros moncong (butuh ruang mesin besar + disengaja untuk desain), wheel arc besar.
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by bensinsolar »

Wistuwis wrote: 16 Jul 2019, 19:13
bensinsolar wrote: 16 Jul 2019, 17:24
Wistuwis wrote: 14 Jul 2019, 10:54 Sssst... Saya punya ANT lho :big_peace:
Pertimbangan terbesar saya adalah dari segi durabilitas untuk menggantikan old terios yg sudah 7 tahun 160rb km dan terbukti (istilahnya) cuma ganti oli saja.
Oya Om, dari segi pengendaraan (handling, steering feedback/feel & rem) gmn dibanding yang lama? Soalnya ANF & VNT bedanya jauh banget, naik VNT remnya ngelosor, steering gaq akurat & feelnya ga enak. Maaf jd OOT
ANT om bukan ANF + VNT.
Jadi malu sayanya :mky_01:
Oya, maksud saya dibanding Terios lama dengan yg baru (ANT) handling, steering feedback & rem apa jauh membaik dari yg lama? karena di ANF saya rasakan beda jauh sama VNT TRD & VNT TRD sedikit membaik dibanding sama Forti 2007, secara bobot naik 200kg pasti ada improvement cukup signifikan yg tidak terlihat (pdhl kapasitas engine turun ke 2.4)
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Wistuwis »

bensinsolar wrote: 17 Jul 2019, 09:48
Oya, maksud saya dibanding Terios lama dengan yg baru (ANT) handling, steering feedback & rem apa jauh membaik dari yg lama? karena di ANF saya rasakan beda jauh sama VNT TRD & VNT TRD sedikit membaik dibanding sama Forti 2007, secara bobot naik 200kg pasti ada improvement cukup signifikan yg tidak terlihat (pdhl kapasitas engine turun ke 2.4)
Oh maaf salah nangkep saya om :mrgreen:
Rencananya sih mau bikin post review setahun pake ANT tapi belum sempat nulisnya.

Mhn maaf mimin klo agak OOT di topik ini.
Kebetulan yg old itu manual sedangkan yg ANT matic. Jadi kalo akselerasi masih lebih bagus manual.
Hal yg menjadi isu dan menjadi sangat beda adalah :
1. Limbung. Sudah jauh menghilang. Jika dulu 110kmph sudah hampir terbang, sekarang bisa sampai 140kmph utk merasakan sensasi terbang di old yg 110kmph-an itu. Note : speedometer lebih valid yg old. Yg new ada selisih mulai 6 kmph saat kecepatan masuk 60an.
Menikung di kecepatan 60kmph kalau pake old sudah seperti naik perahu layar kena ombak, kalau di ANT gejala itu sama sekali sudah hilang.
2. Bantingan. Relatif sama.
3. Lemot. Lebih lemot ANT krn matic dan maticnya sepertinya disetel ke irit bukan performansi.
4. Impresi. Old terios bisa diajak sruntulan seperti bawa mobil kecil, kalau ANT lebih kalem bawaannya.
5. Kabin sempit. Di posisi driver lebih sempit ANT. Awalnya dulu pas masuk kabin sering gejedug kepala saya karena posisi lantai tinggi dan atap rendah.
Posisi penumpang tidak pernah mencoba.
6. Posisi mengemudi. Posisi ternyaman relatif sama ergonominya. Fitur tilt di setir dan di jok depan seolah tidak dibuat utk mencari posisi lebih nyaman dibandingkan di old, tapi hanya untuk memberitahukan ini lho ada posisi yg lebih tidak nyaman dibandingkan posisi ternyaman di old dulu.

Mungkin garis besarnya itu. Lengkapnya nanti saya post di review (kalo jadi nulis. Hehe...) :big_okay:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Winz »

Fortuner dan Jazz di luar 20 besar?

Bulan Juni Fortie cuma jualan 577 unit

Jazz malah cuma 382 unit saja penjualan’e

Image
Image
Sumber : IG ber.kendara
hendrahot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: 29 Sep 2013, 11:17

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by hendrahot »

Saya perhatikan Ertiga ini relatif stabil ya jualannya. Dari sejak generasi yg lama ya segt-segt jg.

Ga tinggi banget ndak jelek-jelek amat
Winz wrote:Fortuner dan Jazz di luar 20 besar?

Bulan Juni Fortie cuma jualan 577 unit

Jazz malah cuma 382 unit saja penjualan’e

Image
Image
Sumber : IG ber.kendara
Raynard22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: 22 Feb 2016, 14:57

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Raynard22 »

Hal Menarik:
1. Avanza turun ke no 4 disalip calya sama Innova, sepertinya untuk segmen orang pribadi sudah pada geser ke LMPV lain
2. Mobilio Dan Jazz hilang, dua mantan volume maker Honda. mestinya tukang sunat Jonpis sadar kalo produk mereka sudah ketinggalan jauh sama brand lain. Sayang sekali potensi mesin, transmisi, Dan pengendalian ala Honda tidak dibarengi dengan kenyamanan, desain, built quality. Fitur juga kalah, yang lain sudah passive keyless entry, Mobilio masih pake puter2 kunci.
3. Livina belum banyak bicara, apa karena produksinya masih dibatasi Mitsubishi ya? Padahal Xpander volumenya juga turun. Tapi sudah hampir menuju 1000 unit. Kalo diskon nambah mungkin bisa lebih besar :big_peace:
4. Almaz mulai mengintai, apalagi sekarang sudah Ada 7 seaternya yang lebih murah plus WIND, mungkinkah menembus 1000 unit bulan Juli ini?
5. Ertiga ini diam-diam cukup stabil jualannya. Mobilnya memang termasuk Paling nyaman di kelasnya, jadinya punya pasar sendiri.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Winz »

Raynard22 wrote: 27 Jul 2019, 08:18 Hal Menarik:
1. Avanza turun ke no 4 disalip calya sama Innova, sepertinya untuk segmen orang pribadi sudah pada geser ke LMPV lain
2. Mobilio Dan Jazz hilang, dua mantan volume maker Honda. mestinya tukang sunat Jonpis sadar kalo produk mereka sudah ketinggalan jauh sama brand lain. Sayang sekali potensi mesin, transmisi, Dan pengendalian ala Honda tidak dibarengi dengan kenyamanan, desain, built quality. Fitur juga kalah, yang lain sudah passive keyless entry, Mobilio masih pake puter2 kunci.
3. Livina belum banyak bicara, apa karena produksinya masih dibatasi Mitsubishi ya? Padahal Xpander volumenya juga turun. Tapi sudah hampir menuju 1000 unit. Kalo diskon nambah mungkin bisa lebih besar :big_peace:
4. Almaz mulai mengintai, apalagi sekarang sudah Ada 7 seaternya yang lebih murah plus WIND, mungkinkah menembus 1000 unit bulan Juli ini?
5. Ertiga ini diam-diam cukup stabil jualannya. Mobilnya memang termasuk Paling nyaman di kelasnya, jadinya punya pasar sendiri.
Satu lagi Xenia jg hilang, hanya 559 unit

Beda nasib sama kembaran rebadge’nya
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Winz »

hendrahot wrote: 27 Jul 2019, 08:05 Saya perhatikan Ertiga ini relatif stabil ya jualannya. Dari sejak generasi yg lama ya segt-segt jg.

Ga tinggi banget ndak jelek-jelek amat
Winz wrote:Fortuner dan Jazz di luar 20 besar?

Bulan Juni Fortie cuma jualan 577 unit

Jazz malah cuma 382 unit saja penjualan’e

Image
Image
Sumber : IG ber.kendara
Klo Duo LivanDer uda Diskon sama

Baru bakal terpengaruh pasar’nya R3
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 06 Mar 2017, 17:39
Daily Vehicle: terios

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Wistuwis »

Bulan juni ada anomali.
Produksi, distribusi, penjualan, dan calon konsumen masih belum beraktivitas normal.
Hari kerja resminya mulai tgl 10 kalau gak salah.
Jadi data penjualan bulan juni ini menurut saya berpotensi bias jika dijadikan referensi untuk analisis lanjutan.
Ingkak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 08 Mar 2017, 20:46
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Ingkak »

Fortunet terpental jauh dari persaingan sengitnya, apakah konsumen menunggu versi preimprovment?? Hahaha...nampaknya mitsu boleh angkat dagu utk bulan juni
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by ongisnade »

Ingkak wrote: 27 Jul 2019, 19:19 Fortunet terpental jauh dari persaingan sengitnya, apakah konsumen menunggu versi preimprovment?? Hahaha...nampaknya mitsu boleh angkat dagu utk bulan juni
Saya lagi nunggu Fortuner FL, ternyata di GIIAS dandan popok doang. Lihat video ANPS FL jadi ngiler tambah gagah/garang dan lebih macho, fortuner jadi terlihat culun. Terpaksa berpaling tunggu ANPS FL masuk indo. Interior dibawah tuas transmisi ada kompartemen, dan yg biasa kena kaki kiri disekitar tuas transmisi saat nyetir diperkecil sudutnya sehingga kaki lebih leluasa, good job.
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 08 Dec 2012, 17:14

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Harchi »

Xenia kok ga ada ya di 20 besar ya?
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Givrun »

Winz wrote: 27 Jul 2019, 06:06 Fortuner dan Jazz di luar 20 besar?

Bulan Juni Fortie cuma jualan 577 unit

Jazz malah cuma 382 unit saja penjualan’e

Image
Image
Sumber : IG ber.kendara
Dmn kah triton ? Ini tdk termasuk fleet ya ?
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: 31 Mar 2018, 21:14

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Astargea »

Image

Image

Image

Image
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Winz »

Givrun wrote: 27 Jul 2019, 20:54
Winz wrote: 27 Jul 2019, 06:06 Fortuner dan Jazz di luar 20 besar?

Bulan Juni Fortie cuma jualan 577 unit

Jazz malah cuma 382 unit saja penjualan’e

Image
Image
Sumber : IG ber.kendara
Dmn kah triton ? Ini tdk termasuk fleet ya ?
Triton Facelift kan rilis juli 2019

Mungkin pasokan’nya dtahan dulu
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by FU27 »

Jazz terseok2. Pada berpikirnya daaripada ambil Jazz, mending sekalian ke HRV
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Winz »

Harchi wrote: 27 Jul 2019, 20:04 Xenia kok ga ada ya di 20 besar ya?
Memang ga masuk, cuma 559 unit :big_biglaugh:
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: 08 Dec 2012, 17:14

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by Harchi »

Winz wrote: 28 Jul 2019, 05:58
Harchi wrote: 27 Jul 2019, 20:04 Xenia kok ga ada ya di 20 besar ya?
Memang ga masuk, cuma 559 unit :big_biglaugh:
Syukurlah :big_biglaugh: :big_peace:
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 17 Jan 2011, 13:32
Location: Paragon City

Re: Data Penjualan Mobil - Part 03

Post by fabreguz »

Winz wrote: 27 Jul 2019, 06:06 Fortuner dan Jazz di luar 20 besar?

Bulan Juni Fortie cuma jualan 577 unit

Jazz malah cuma 382 unit saja penjualan’e

Image
Image
Sumber : IG ber.kendara
anbelivabel bung menangZ

dgn harga yg naik udah 6 kali dan udah dinobatkan sbgai louempive termahal yg pelit diskon
xvender bisa di puncak lage di bulan juni :big_chicken: :big_chicken:
menarik dan bikin penasaran bijimane performa sales nya di awal semester 2 bulan juli ini . bner2 war byasah seru banget pertarungan di segmen lou empivi sjak ada xvender :mky_02: :mky_08:
yg jg mengagetkan pajero semprot jg sukses menyingkirkan 42er kluar dari 20 besar bahkan bisa di atas haerpi yg louesyuvi terlaku di endo n harga jauh lbih murah
tapi mo gimana lage karna ini smua kemauan dari konsumen boil endo :big_childish: :big_sorry: :big_peace:
miksubiji on fire egein :big_deal: :big_okay:
saat nya miksubiji endo nambah len ap di segmen lou esyuvi cenggo cc pesaing haerpi, louesyuvi 7 siter pesaing rusuh teroris dan medium empivi ledel flem pesaing inopa ol niu :big_exellent: :big_exellent: :big_grin:
Don't Imageate
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post