Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by nimoo »

Mudik tahun ini cukup sering lihat crv fortuner sampe alphard dkk dibawa mudik
Apa pengaruh tiket pesawat mahal ?
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by FR6 »

octafiantos wrote: Wed Jun 12, 2019 7:47
grandscenic wrote: Sat Jun 08, 2019 23:07 wah.. om kerjaannya di maskapai atau bersinggungan langsung dg maskapai? atau hasil analisa sendiri saja, btw mksh pencerahannya.
Klo boleh tanya,, jualan seat itu kasih kontribusi brp persen ya buat omsetnya sebuah maskapai? liat penjelasannya bnyk sekali varian incomenya, yg sebagian dr kita ga tau.
Nah skrg klo maskapai jual tiket dg harga murah, apa sebenernya maskapai msh bisa survive?
dan klo boleh tanya satu lagi, itu airasia didepak dr bnyk agen online.. gmna ceritanya ya, ada permainan atau permintaan dr pihak2 tertentu?
Trims.
Saya cuma demen nongki di forum, kadang kopdar hahahihi.
Sebetulnya sumber informasinya bertebaran Om. Dulu ada forum aviasi Indoflyer tapi sayangnya forumnya sekarang lagi tidur. Forum aviasi luar masih hidup, pelaku lokal beberapa aktif di sana. Kalo di fb ada group ilmuterbang bikinan Capt Fadjar Nugroho. Ada juga websitenya tapi lebih teknis, kalo saya ga begitu ngikutin topik di sana. Grup fb lebih variatif topiknya, numpang baca hal hal yang orang luar kaya saya ngga paham.

Kalo persentase agak susah buat orang di luar industri dapet angka karena hanya angka seat yang agak keliatan.
Komponen lain kaya kargo agak susah angkanya, paling hanya tahu clue kalo satu kapal perkiraan sekitar 75% seat-occupancy untuk cover cost. Tapi jelas ada pendapatan ini dan angkanya ton, bukan kuintal. Jual tiket murah kalo disensus paling berapa persen doang Om, yang beruntung dapet promo aja. Coba aja nanya iseng sampling kalo pas flight, yang dapet berapa. Contoh gampang misalnya flight SIN-CGK promo all-in dijual S$60, itu lebih dari separo cuma buat bayar passenger service charge di Changi. Sisa S$30 apa cukup buat cost lain? Marketing pasti punya angka standar kalo 10% seat dijual promo, sisanya pasti nanggung yang dapet promo kemudian dipecah seatnya ada sekian per sub klas, selling price x rupiah. Yang ada di industri ini makanya kan usulnya tarif batas bawah dilepas, atasnya ditinggiin. Kalo rangenya sempit kaya sekarang, airline ga bisa bikin promo karena batas atasnya susah cukup buat nutup promo. Ini mengesampingkan praktek kartel kalo memang dilakukan.

AirAsia beritanya cukup clear. Mereka keluar dari jaringan tiket karena merasa diperlakukan tidak fair.
AirAsia upgrade system dan setelah selesai, tiket mereka tetep ngga nongol. Singkat cerita mereka cabut. Beredar kabar kalo layanan tiketing pernah dipanggil petinggi dua grup airline. Ini gosip tapi sampe ke media, bukan bisik bisik. Semua pihak pasti bantah berita ini, tapi arsipnya ada. Betul enggaknya semua orang pasti punya pendapat sendiri :mky_01:
BENER BANGET OM!! Saya kerja di Perusahaan Importir Spare Part alat berat, satu group sama Duo LMPV maut yg menurut orang2 profitnya kegedean. singkat cerita, saya impor Engine complete dari SG, dikirim oleh forwarder rekanan, saya cek kode penerbangannya, ternyata pakai SQ [cencored] 777-200. Engine tidak sampai 400kg, biayanya sangat wow. lebih mahal dari tiket 6 orang SG -CGK :mky_01:
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by dizco »

nimoo wrote: Wed Jun 12, 2019 8:49 Mudik tahun ini cukup sering lihat crv fortuner sampe alphard dkk dibawa mudik
Apa pengaruh tiket pesawat mahal ?
1. tiket mahal, dengan asumsi jkt-jog PP per kepala 4 juta naik garuda untuk mudik, jadi untuk 4 orang PP sudah kena 16 jutaan
2. tol trans-jawa, dengan asumsi berangkat dari rumah 3 jam sebelum jam departure, terbang 1.5 jam dan sampai tujuan setelah ambil bagasi dll dalam 1.5 jam juga (total 6 jam), dibandingkan dengan perjalanan mudik via tol/jalan darat yang bisa dilakukan dalam 8 - 16 jam, ya ribetnya terbayar. belum lagi di kampung bisa jalan jalan bawa mobil sendiri, nggak perlu ribet sewa mobil, pinjem, atau manggil taksi/taksol

beberapa saudara tahun ini mudik bawa mobil, dan memang mengakui setelah ada trans jawa plus tiket pesawat mahal, yah mending nyetir sih, dan kalaupun tiket pesawat normal juga mungkin tetap bawa mobil karena ada kemudahan extra yang ditawarkan mobil
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Salvanost »

Image

Bukan orang parpol...
Direktur angkasa pura
Tapi kok gini ...

Btw lagi males bayar toll 15000 jakarta
Lewat jalan non toll
Parah macetnya
Toll macet tapi luar toll lebih parah macetnya
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by kunaskun »

nimoo wrote: Wed Jun 12, 2019 8:49 Mudik tahun ini cukup sering lihat crv fortuner sampe alphard dkk dibawa mudik
Apa pengaruh tiket pesawat mahal ?
ngga, walau memang ada pengaruhnya pesawat mahal karena saya baca berita drop 30% dari mudik tahun lalu. tapi tiap tahun saya di daerah amati arus mudik, mau mobil "aneh" macam apapun juga ada. mungkin yang ga dipake mudik tinggal kelas supercar/super luxury car. apalagi tahun ini bisa via toll round trip, setelah euforia trans jawa tahun lalu maka banyak yang siap2 pake mobil plus ketambahan pesawat mahal. dan setiap tahun di daerah saya itu lamer tetiba jadi kaya di jakarta, beragam bener mobilnya, pertama si hepi karena cuci mata, lama2 eneg juga karena jadi penuh dan macet :mky_02: lagipula kelasnya ANF/ANPJS/CRV/Venturer itu kacang goreng di daerah, kayanya bisa kurang dari 1:10 populasinya dari LMPV. nah yang diatasnya jarang.

seingat saya, mobil premium tahun baru berdasarkan plat dan model yang pernah saya liat untuk mudik itu kelasnya Lexus segala model, BMW/Merc segala model, paling mahal yang pernah saya liat: S Class/Seri 7/Panamera. Kenapa saya bilang ini untuk mudik? karena hari biasa ga pernah ketemu ginian. Mungkin kedepannya ada Bentayga?
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by mike22 »

nimoo wrote: Wed Jun 12, 2019 8:49 Mudik tahun ini cukup sering lihat crv fortuner sampe alphard dkk dibawa mudik
Apa pengaruh tiket pesawat mahal ?
+Pamer tentunya
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Salvanost »

Sebenarnya FAKTOR X yg bikin harga tiket pesawat mahal itu apa? Kok 3 menteri jadi kaya diskon semua elemen biaya pengeluaran supaya tiket pesawat semakin murah?

Aneh aja liatnya...
Untuk mendukung penurunan tiket ini biaya-biaya pembentuk harga tiket penerbangan macam biaya parkir, hingga avtur akan dipangkas.

"Penurunan harga tiket penerbangan LCC domestik untuk jadwal penerbangan tertentu akan dilakukan. Untuk menjaga keberlangsungan industri (penerbangan) disepakati seluruh stakeholders akan menurunkan biaya-biayanya seperti Angkasa Pura atau avtur dari Pertamina dan lain-lain," ujar Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono.

Selain itu, pemerintah juga sedang memfasilitasi insentif jasa perawatan atau Maintenance Repair and Overhaul (MRO), leasing dari luar negeri, impor, dan penyerahan pesawat dan suku cadang.

Kemarin, Menkeu Sri Mulyani Indrawati sempat mengungkapkan soal rencana pemberian insentif pajak, berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) untuk sewa pesawat dari luar negeri yang selama ini berlaku. Aturan ini diberlakukan untuk mengurangi beban biaya operasional maskapai penerbangan.
epurba
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Jul 06, 2018 10:11

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by epurba »

Tapi koq nggak ada yg singgung tentang landing fee yg dikenakan oleh Angkasa Pura ya? Apa karena itu juga harga tiket jadi naik?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by kunaskun »

Salvanost wrote: Thu Jun 20, 2019 8:54 Sebenarnya FAKTOR X yg bikin harga tiket pesawat mahal itu apa? Kok 3 menteri jadi kaya diskon semua elemen biaya pengeluaran supaya tiket pesawat semakin murah?

Aneh aja liatnya...
Untuk mendukung penurunan tiket ini biaya-biaya pembentuk harga tiket penerbangan macam biaya parkir, hingga avtur akan dipangkas.

"Penurunan harga tiket penerbangan LCC domestik untuk jadwal penerbangan tertentu akan dilakukan. Untuk menjaga keberlangsungan industri (penerbangan) disepakati seluruh stakeholders akan menurunkan biaya-biayanya seperti Angkasa Pura atau avtur dari Pertamina dan lain-lain," ujar Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono.

Selain itu, pemerintah juga sedang memfasilitasi insentif jasa perawatan atau Maintenance Repair and Overhaul (MRO), leasing dari luar negeri, impor, dan penyerahan pesawat dan suku cadang.

Kemarin, Menkeu Sri Mulyani Indrawati sempat mengungkapkan soal rencana pemberian insentif pajak, berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) untuk sewa pesawat dari luar negeri yang selama ini berlaku. Aturan ini diberlakukan untuk mengurangi beban biaya operasional maskapai penerbangan.
yang saya pernah baca, biaya tiket itu paling besar setor ke beli Avtur, dan berikutnya terbesar itu PPn di avtur/sewa2 ke pengelola bandara/harga jual tiket, berikutnya biaya sewa apron gitu2 ke pengelola bandara. nah saya juga pernah baca kalau pajak itu bisa dihilangkan semua bisa potong 20-30%. kalau saya ga salah ya.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by martinnn »

xenophobic , asengphobia dan arab wannabe emang susah jadinya mau diapa apain ya tetep aja namanya korporasi gak bisa diatur.... kecuali kalau keran airlines dibuka seluas luasnya biar pada saingan harga dan layanan
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Boeds »

Saya gak percaya pemerintah gak bisa ngendalikan harga tiket maskapai bumn.
At least menyuruh supaya kelas promo ada lagi spt sblmnya, bukan hanya kelas Y alias eco flexi.
Karena saya pernah di bumn, makanya saya yakin, effort bos besar pemegang saham mayoritas hanya dial telp dirutnya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Turboman »

Hmmmmm
IMG-20190726-WA0004.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by kompresorz »

:big_think: .....

:big_dunno:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Zaxis »

Entah manajemen nya yg ga bagus atau kebagian warisan utang
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by mike22 »

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by TUFF Stough »

Zaxis wrote: Fri Jul 26, 2019 12:59 Entah manajemen nya yg ga bagus atau kebagian warisan utang
dari kebijakannya yg hingga sekarang lebih banyak buang duit daripada menghasilkan duit dah bisa nilai sendiri permasalahan utamanya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by sintoni »

Sudah agak turun ini emang di beberapa hari walaupun masih lebih mahal dari tahun lalu.

Tapi yang turun kebanyakan si Singa Merah yang notabene ga dapat bagasi.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Salvanost »

https://money.kompas.com/read/2019/12/0 ... m=facebook


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, maskapai Garuda Indonesia akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk semua penerbangan di hari Senin sampai dengan Kamis. Menurut dia, aturan itu akan diterapkan dalam waktu dekat ini. “Kami dapat konfirmasi dari Garuda ada tiket dengan harga lebih murah, 30 persen lebih murah untuk hari Senin sampai Kamis,” ujar Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (5/12/2019).? Budi menjelaskan, kebijakan ini diambil setelah dirinya melakukan koordinasi dengen Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM. Koordinasi ini dalam rangka rebalancing harga avtur di Indonesia.?

"Kami mengoordinasikannya dan Garuda sudah melakukan dan insya Allah Lion (Air) mengikuti,” kata Budi. Berdasarkan keterangan dari Garuda, lanjut Budi, penurunan harga tiket ini akan berlaku hingga Februari 2020. Namun, dia berharap kebijakan ini bisa terus diterapkan. Tujuannya adalah untuk memberikan harga tiket yang terjangkau bagi masyarakat. “Menurut catatan dari Garuda berlaku sampai Februari. Komitmen kita Senin, Selasa, Rabu dan Kamis itu akan memberikan tiket murah,” ucap dia.

mau berkata kasar (kenapa 1 tahun?)
tapi syukuri aja deh turun lagi harga tiket pesawat
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by mpvlover »

Jgn seneng dulu

Harga jumat sd minggu Garuda mark up dulu 30%

Baru senin kamis didisc 30%

Harus ada cuan supaya dirut bs beli harley EV
roadmap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by roadmap »

Salvanost wrote:https://money.kompas.com/read/2019/12/0 ... m=facebook


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, maskapai Garuda Indonesia akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk semua penerbangan di hari Senin sampai dengan Kamis. Menurut dia, aturan itu akan diterapkan dalam waktu dekat ini. “Kami dapat konfirmasi dari Garuda ada tiket dengan harga lebih murah, 30 persen lebih murah untuk hari Senin sampai Kamis,” ujar Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (5/12/2019).? Budi menjelaskan, kebijakan ini diambil setelah dirinya melakukan koordinasi dengen Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM. Koordinasi ini dalam rangka rebalancing harga avtur di Indonesia.?

"Kami mengoordinasikannya dan Garuda sudah melakukan dan insya [cencored] Lion (Air) mengikuti,” kata Budi. Berdasarkan keterangan dari Garuda, lanjut Budi, penurunan harga tiket ini akan berlaku hingga Februari 2020. Namun, dia berharap kebijakan ini bisa terus diterapkan. Tujuannya adalah untuk memberikan harga tiket yang terjangkau bagi masyarakat. “Menurut catatan dari Garuda berlaku sampai Februari. Komitmen kita Senin, Selasa, Rabu dan Kamis itu akan memberikan tiket murah,” ucap dia.

mau berkata kasar (kenapa 1 tahun?)
tapi syukuri aja deh turun lagi harga tiket pesawat
Dah mulai dari 2 bln lalu sih, cuma seat nya terbatas. harga ticket BTJ - CGK sejak naik sekitar 2.4jt an (one way), skrg sekitar 1.7an. Mayan lah. Walau sblm naik 2.5jt dpt return ticket. [emoji24]

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Salvanost »

mpvlover wrote: Thu Dec 05, 2019 13:28 Jgn seneng dulu

Harga jumat sd minggu Garuda mark up dulu 30%

Baru senin kamis didisc 30%

Harus ada cuan supaya dirut bs beli harley EV
Liat nih berita hahaha parah banget...
Gua sih ga percaya bakalan tiket pesawat bisa turun banyak
https://m.detik.com/finance/berita-ekon ... et-pesawat
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Zaxis »

Utang garuda kebanyakan
Ga mungkin jual tiket murah

Terlalu ambisius ambil 10 unit b777 buat ke eropa
Tapi load factor nya rendah
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by Turboman »

Zaxis wrote:Utang garuda kebanyakan
Ga mungkin jual tiket murah

Terlalu ambisius ambil 10 unit b777 buat ke eropa
Tapi load factor nya rendah
airline beli / lease pesawat melebihi kebutuhannya ?

Tahuu dooooonggg.....sebabnya kenapa.....wakkakakakkaka
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by sealplayerz »

Turboman wrote: Fri Dec 06, 2019 15:17
Zaxis wrote:Utang garuda kebanyakan
Ga mungkin jual tiket murah

Terlalu ambisius ambil 10 unit b777 buat ke eropa
Tapi load factor nya rendah
airline beli / lease pesawat melebihi kebutuhannya ?

Tahuu dooooonggg.....sebabnya kenapa.....wakkakakakkaka
Kickback nya muantap, apalagi ditambah mark up nya :v
Toh nnti yg bayarin utang leasing bukan dewan direksi skrg :v
Nanti giliran dewan direksi yg gantiin yg bakalan pusing tujuh keliling bayarin cicilan sama restrukturisasi utang sama leasingnya :v
tarnatem
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Jul 11, 2016 4:45

Re: Fenomena Mahalnya Tiket Pesawat Domestik

Post by tarnatem »

sealplayerz wrote: Fri Dec 06, 2019 15:21
Turboman wrote: Fri Dec 06, 2019 15:17
Zaxis wrote:Utang garuda kebanyakan
Ga mungkin jual tiket murah

Terlalu ambisius ambil 10 unit b777 buat ke eropa
Tapi load factor nya rendah
airline beli / lease pesawat melebihi kebutuhannya ?

Tahuu dooooonggg.....sebabnya kenapa.....wakkakakakkaka
Kickback nya muantap, apalagi ditambah mark up nya :v
Toh nnti yg bayarin utang leasing bukan dewan direksi skrg :v
Nanti giliran dewan direksi yg gantiin yg bakalan pusing tujuh keliling bayarin cicilan sama restrukturisasi utang sama leasingnya :v
Yang penting komisi pas pembeliaan uda dkantong gan. Wk