Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Pagi Guys,
Baca berita online hangat lagi nih, isu rencana pembatasan kendaraan. sekilas usul umur maks 15 tahun.
Gimana menurut member disini. Untuk mobil tertentu umur 15 tahun masih bagus dan orang indo cenderung merawat. contoh kakak saya pake innova 2005 masih disayang2 dan terawat sekali.
Di berita, Gaikindo tidak mempermasalahkan, justru akan membuat pasar mobil baru naik. untuk otoritas terkait bilang tidak mungkin dibatasi, karena beberapa faktor.
Nah gimana untuk pasar mobkas dan sparepart serta bengkel2 rumahan yang rejekinya banyak tergantung dari mobil lama ya. Artinya setelah 15 tahun harga Mobilnya jadi nol rupiah.. hahaha..
nanti tidak ada lagi perdebatan resale value, atau pabrikan kuat atau lemah.. bagus juga sih ya hehehe..
kalau di jabotabek saya perhatikan tanpa pembatasan pun rata2 mobilnya sudah muda2..
maaf kalau sudah ada topik sejenis..
Baca berita online hangat lagi nih, isu rencana pembatasan kendaraan. sekilas usul umur maks 15 tahun.
Gimana menurut member disini. Untuk mobil tertentu umur 15 tahun masih bagus dan orang indo cenderung merawat. contoh kakak saya pake innova 2005 masih disayang2 dan terawat sekali.
Di berita, Gaikindo tidak mempermasalahkan, justru akan membuat pasar mobil baru naik. untuk otoritas terkait bilang tidak mungkin dibatasi, karena beberapa faktor.
Nah gimana untuk pasar mobkas dan sparepart serta bengkel2 rumahan yang rejekinya banyak tergantung dari mobil lama ya. Artinya setelah 15 tahun harga Mobilnya jadi nol rupiah.. hahaha..
nanti tidak ada lagi perdebatan resale value, atau pabrikan kuat atau lemah.. bagus juga sih ya hehehe..
kalau di jabotabek saya perhatikan tanpa pembatasan pun rata2 mobilnya sudah muda2..
maaf kalau sudah ada topik sejenis..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2572
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Baca beritanya lg, itu buat kendaraan umum..
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
saya sih setuju2 saja.... terutama di pusat pusat kota mungkin biar gak macet
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Ini wacana dari jaman dulu.. Lagipun menurut saya,
Jika kendaraan pribadi yg dibatasi, apa yg dikejar?
Kalo alasan kemacetan saya rasa perlu dikaji ulang, assessment ulang, mayoritas penyebab kemacetan kendaraan yg seperti apa paling banyak beredar dijalan dan seberapa banyak mobil tua yg beredar dijalan raya sih? Mobil2 tua pun udh bisa jalan aja syukur..
Alasan emisi? Mobil baru dgn bensin bersulfur tinggi dan ga dirawat pun bisa lebih tinggi emisi dari mobil tua yg dirawat dgn penggunaan bensin sulfur rendah.. menurut saya akan lebih fair penerapan pajak berdasarkan kelas2 emisi.. seperti yg ada di negara eropa.. semakin tinggi emisi gas buang dari kendaraan tsb maka pertambahan nilai pajaknya semakin tinggi pula.. ini akan menjadi domino effect dgn sendirinya.. entah itu untuk EV yg emisi gas buangnya 0 hingga mesin cc gede..
Jika kendaraan pribadi yg dibatasi, apa yg dikejar?
Kalo alasan kemacetan saya rasa perlu dikaji ulang, assessment ulang, mayoritas penyebab kemacetan kendaraan yg seperti apa paling banyak beredar dijalan dan seberapa banyak mobil tua yg beredar dijalan raya sih? Mobil2 tua pun udh bisa jalan aja syukur..
Alasan emisi? Mobil baru dgn bensin bersulfur tinggi dan ga dirawat pun bisa lebih tinggi emisi dari mobil tua yg dirawat dgn penggunaan bensin sulfur rendah.. menurut saya akan lebih fair penerapan pajak berdasarkan kelas2 emisi.. seperti yg ada di negara eropa.. semakin tinggi emisi gas buang dari kendaraan tsb maka pertambahan nilai pajaknya semakin tinggi pula.. ini akan menjadi domino effect dgn sendirinya.. entah itu untuk EV yg emisi gas buangnya 0 hingga mesin cc gede..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
aturan ini apabila di terapkan untuk kendaraan umum mungkin baik,
jadi kendaraan umum itu selalu dalam kondisi yang baik . mungkin yach....
tapi kalo diterapkan untuk kendaraan pribadi saya tidak setuju
karena dirumah mobilnya udah tua semua haha...
produksi tahun 2004 dan tahun 2008
dompet belum berani beli mobil baru
jadi kendaraan umum itu selalu dalam kondisi yang baik . mungkin yach....
tapi kalo diterapkan untuk kendaraan pribadi saya tidak setuju
karena dirumah mobilnya udah tua semua haha...
produksi tahun 2004 dan tahun 2008
dompet belum berani beli mobil baru
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.
Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.
Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
- Location: Unkown
- Daily Vehicle: Panther pasti bener
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
waduh kalau sampe untuk mobil pribadi dibatasi umurnya untuk penggemar mobil yang udah lama bisa amsiong.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1487
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
kalo angkutan umum udah bagus...mungkin tanpa disuruh pun banyak orang beralih ke kendaraan umum
problemnya cuma keamanan & kualitas angkutannya aja
kalo untuk kendaraan pribadi..paling adil pajak berdasarkan emisi gas buang aja..jadi ga usah dibatasi umur.
sebetulnya dengan banyaknya taxol sekarang mungkin udah banyak yang beralih koq...ortu ane udah males bawa mobil, banyak promo juga naik taxol
problemnya cuma keamanan & kualitas angkutannya aja
kalo untuk kendaraan pribadi..paling adil pajak berdasarkan emisi gas buang aja..jadi ga usah dibatasi umur.
sebetulnya dengan banyaknya taxol sekarang mungkin udah banyak yang beralih koq...ortu ane udah males bawa mobil, banyak promo juga naik taxol
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
kalo lagi naik motor sering banget ketemu sama mobil diesel “canggih” (not a Panther) yang ngeluarin asep item banget sama berbau asem. apa tipikal mobil diesel canggih kaya gini atau mobilnya bermasalah ya?Dat510 wrote: ↑Tue Jul 09, 2019 6:58 Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.
Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Pembatasan umur/usia kendaraan seharusnya dimulai misal di kota tertentu, misal hanya di ibukota Jakarta dan sekitarnya. Dan itu untuk semua kendaraan, baik pribadi maupun umum.
Mungkin untuk kendaraan pribadi yang antik bisa tetap dipergunakan, namun dengan biaya pajak tahunan yang naik misal 3-4x lipat.
Namun .... Kendaraan/transportasi umum (MRT, LRT, Bis) harus memadai, dan trotoar harus mendukung (dilarang ada jualan disana, motor ga boleh naik). Mengapa trotoar juga penting? Karena naik transportasi umum, itu tetap harus jalan kaki beberapa ratus meter hingga tujuan.
PR besar selama ini adalah trotoar yang selalu carut marut. Selama itu tidak dibenahi, bagaimana mungkin minta orang untuk berjalan kaki
Mungkin untuk kendaraan pribadi yang antik bisa tetap dipergunakan, namun dengan biaya pajak tahunan yang naik misal 3-4x lipat.
Namun .... Kendaraan/transportasi umum (MRT, LRT, Bis) harus memadai, dan trotoar harus mendukung (dilarang ada jualan disana, motor ga boleh naik). Mengapa trotoar juga penting? Karena naik transportasi umum, itu tetap harus jalan kaki beberapa ratus meter hingga tujuan.
PR besar selama ini adalah trotoar yang selalu carut marut. Selama itu tidak dibenahi, bagaimana mungkin minta orang untuk berjalan kaki
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Yg mobil pribadi tinggal balik nama plat luar jadi kebal aturan wkwkkwKoddy wrote: ↑Tue Jul 09, 2019 8:54 Pembatasan umur/usia kendaraan seharusnya dimulai misal di kota tertentu, misal hanya di ibukota Jakarta dan sekitarnya. Dan itu untuk semua kendaraan, baik pribadi maupun umum.
Mungkin untuk kendaraan pribadi yang antik bisa tetap dipergunakan, namun dengan biaya pajak tahunan yang naik misal 3-4x lipat.
Namun .... Kendaraan/transportasi umum (MRT, LRT, Bis) harus memadai, dan trotoar harus mendukung (dilarang ada jualan disana, motor ga boleh naik). Mengapa trotoar juga penting? Karena naik transportasi umum, itu tetap harus jalan kaki beberapa ratus meter hingga tujuan.
PR besar selama ini adalah trotoar yang selalu carut marut. Selama itu tidak dibenahi, bagaimana mungkin minta orang untuk berjalan kaki
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Mobil nya apa om? Harus nya itu karena mobil bermasalah, normally current diesel engines ngga ada visible smoke. Liat aja mobil sejenis yg lain, saya beberapa kali liat ANPS berasap hitam pekat, tapi lebih sering ANPS yg ngga ada visible smoke.carl wrote: ↑Tue Jul 09, 2019 8:07kalo lagi naik motor sering banget ketemu sama mobil diesel “canggih” (not a Panther) yang ngeluarin asep item banget sama berbau asem. apa tipikal mobil diesel canggih kaya gini atau mobilnya bermasalah ya?Dat510 wrote: ↑Tue Jul 09, 2019 6:58 Setuju untuk kendaraan umum, terutama bis2 kelas metromini dan kopaja.
Kalo perlu satu lagi, kendaraan apapun yang turun ke jalan raya ngga boleh ada visible smoke sama sekali. Itu polusi sangat.. klo naik motor ada di depan kendaraan yg berasap pasti langsung engap nafas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1066
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Pajak mobil diatas 5 taon dinaekin 2x lipat aja tiap taun
Lama2 jg punah sendiri,dijual ke luar kota
Kalo yg hobi yah pasti akan rela bayar pajak mahal
Kan nama nya juga cinta itu butuh pengorbanan
Lama2 jg punah sendiri,dijual ke luar kota
Kalo yg hobi yah pasti akan rela bayar pajak mahal
Kan nama nya juga cinta itu butuh pengorbanan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Sempet kepikiran jg, pada akhirnya akan menghasilkan kendaraan2 classic yg punya value tinggi..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Tidak ada pembatasan pun terlihat yang mengasoal di jalanan kota-kota besar Indo mayoritas mobil usia muda kok terutama LMPV dan LSUV. Dengan catatan mobil personal bukan mobil fleet semacam AvXen. Apalagi di Jakarta yang ibu kota Indo secara penampilan adalah segalanya. Mental konsumtif tetap mendarah daging walaupun kantong aslinya kempes hahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Mobil di Atas 10 Tahun Bakal Dilarang Demi Tekan Emisi DKI
Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jakarta - DKI Jakarta saat ini memang sedang diterpa masalah polusi udara. Beberapa hari DKI Jakarta masuk dalam peringkat tertinggi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun mencari cara untuk menekan polusi udara ini.
Melalui Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Anies memberikan beberapa instruksi. Salah satunya adalah pembatasan usia kendaraan.
Baca juga: Anies Wajibkan Uji Emisi di Bengkel Resmi, Toyota Siap?
Dalam instruksi tersebut, Anies meminta memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 ini. Selain itu, kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di DKI Jakarta pada 2025.
"... memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi pada tahun 2025," tulis Instruksi Gubernur tersebut.
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta diminta menyiapkan rancangan Peraturan Daerah tentang Pembatasan Usia Kendaraan di atas 10 tahun pada tahun 2020.
Baca juga: Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan
Tak cuma kendaraan pribadi, Anies juga meminta untuk memastikan tidak ada angkutan umum berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi di jalan serta menyelesaikan peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko pada 2020.
Anies juga mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara dengan perluasan kebijakan ganjil-genap selama musim kemarau. Tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal pada 2019 akan ditingkatkan. Serta akan diterapkan kebijakan congestion pricing.
Untuk mendukung kebijakan ini, Anies mendorong peralihan ke moda transportasi umum dan meningkatkan kenyamanan berjalan kaki melalui percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki di 25 ruas jalan protokol arteri dan penghubung ke angkutan umum massal pada 2020. Instruksi lain termasuk mengoptimalisasikan penghijauan serta merintis peralihan ke energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.
Simak Video "Polusi Jakarta Tinggi, Anies Curigai Aktivitas Kendaraan Berat di Tol"
(rgr/ddn)
anies baswedan mobil tua polusi udara
Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jakarta - DKI Jakarta saat ini memang sedang diterpa masalah polusi udara. Beberapa hari DKI Jakarta masuk dalam peringkat tertinggi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun mencari cara untuk menekan polusi udara ini.
Melalui Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Anies memberikan beberapa instruksi. Salah satunya adalah pembatasan usia kendaraan.
Baca juga: Anies Wajibkan Uji Emisi di Bengkel Resmi, Toyota Siap?
Dalam instruksi tersebut, Anies meminta memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 ini. Selain itu, kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di DKI Jakarta pada 2025.
"... memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi pada tahun 2025," tulis Instruksi Gubernur tersebut.
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta diminta menyiapkan rancangan Peraturan Daerah tentang Pembatasan Usia Kendaraan di atas 10 tahun pada tahun 2020.
Baca juga: Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan
Tak cuma kendaraan pribadi, Anies juga meminta untuk memastikan tidak ada angkutan umum berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi di jalan serta menyelesaikan peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko pada 2020.
Anies juga mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara dengan perluasan kebijakan ganjil-genap selama musim kemarau. Tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal pada 2019 akan ditingkatkan. Serta akan diterapkan kebijakan congestion pricing.
Untuk mendukung kebijakan ini, Anies mendorong peralihan ke moda transportasi umum dan meningkatkan kenyamanan berjalan kaki melalui percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki di 25 ruas jalan protokol arteri dan penghubung ke angkutan umum massal pada 2020. Instruksi lain termasuk mengoptimalisasikan penghijauan serta merintis peralihan ke energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.
Simak Video "Polusi Jakarta Tinggi, Anies Curigai Aktivitas Kendaraan Berat di Tol"
(rgr/ddn)
anies baswedan mobil tua polusi udara
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Kalau ada pembatasan 10 tahun mending beli Wuling atau DFSK aja kali ya.. murah banget.. toh 10 tahun udah gak ada harganya wkwkwkw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Sementara tanam pohon banyak-banyak aja dulu sambil benahi transportasi. Lihat aja jalan sudah mulai gersang tanpa pohon
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Wed Feb 07, 2018 14:03
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
tapi sepenglihatan saya, mayoritas mobil di jkt itu rata2 ga lebih dari 10 tahun kayanyaKnalpot wrote: ↑Fri Aug 02, 2019 3:01 Mobil di Atas 10 Tahun Bakal Dilarang Demi Tekan Emisi DKI
Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jakarta - DKI Jakarta saat ini memang sedang diterpa masalah polusi udara. Beberapa hari DKI Jakarta masuk dalam peringkat tertinggi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun mencari cara untuk menekan polusi udara ini.
Melalui Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Anies memberikan beberapa instruksi. Salah satunya adalah pembatasan usia kendaraan.
Baca juga: Anies Wajibkan Uji Emisi di Bengkel Resmi, Toyota Siap?
Dalam instruksi tersebut, Anies meminta memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 ini. Selain itu, kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di DKI Jakarta pada 2025.
"... memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi pada tahun 2025," tulis Instruksi Gubernur tersebut.
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta diminta menyiapkan rancangan Peraturan Daerah tentang Pembatasan Usia Kendaraan di atas 10 tahun pada tahun 2020.
Baca juga: Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan
Tak cuma kendaraan pribadi, Anies juga meminta untuk memastikan tidak ada angkutan umum berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi di jalan serta menyelesaikan peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko pada 2020.
Anies juga mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara dengan perluasan kebijakan ganjil-genap selama musim kemarau. Tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal pada 2019 akan ditingkatkan. Serta akan diterapkan kebijakan congestion pricing.
Untuk mendukung kebijakan ini, Anies mendorong peralihan ke moda transportasi umum dan meningkatkan kenyamanan berjalan kaki melalui percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki di 25 ruas jalan protokol arteri dan penghubung ke angkutan umum massal pada 2020. Instruksi lain termasuk mengoptimalisasikan penghijauan serta merintis peralihan ke energi terbarukan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.
Simak Video "Polusi Jakarta Tinggi, Anies Curigai Aktivitas Kendaraan Berat di Tol"
(rgr/ddn)
anies baswedan mobil tua polusi udara
mungkin emang udah terlalu banyak aja kendaraan di jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
IMHO
Mungkin coba dulu pembatasan dari pemilikannya terutama parkirnya, coz banyak pula saya liat mobil pribadi bagus2 lebih mahal dari mobil saya, tapi parkirnya pinggir gang/pinggir jalan ditutup cover/terpal. Tak jarang bikin macet, coz yg punya ga punya garasi/carport.
Mungkin coba dulu pembatasan dari pemilikannya terutama parkirnya, coz banyak pula saya liat mobil pribadi bagus2 lebih mahal dari mobil saya, tapi parkirnya pinggir gang/pinggir jalan ditutup cover/terpal. Tak jarang bikin macet, coz yg punya ga punya garasi/carport.
Setuju.. Kadang sayang jg liat rumah yg tamannya digusur ganti plesteran semen atau ubin. Mo nanam pohon agak repot (kudu di pot) dan ga ada area untuk resapan air jg.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 568
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Tergantung dari pov mana sih nilainya kalau punya mobil tua ya pasti nolak lah. dulu jg ada wacana mbl mesti di dalem rumah ga bole parkir di jalan. kalo yang ga punya carport ya pasti nolak intinya semua manusia ga mau kepentingannya diganggu. kan ada wacana sekarang suru pindah dan rame2 naek angkutan umum. Sbg pengguna mobil pribadi si males banget ya, angkot ga terawat banyak dikompas juga trus suru naek busway bah tangganya setinggi tinggi gedung uda kaya naek gedung 3 lantai. kalo minta pengguna mobil suru migrasi ya jelas ga mungkin liat aja motor di jalan tambah banyak. kebijakan juga kontradiktif ngeresmiin lcgc saat orang dsuru pindah pake angkutan umum pemerintah melegalkan mobil murah. klo mo disurvey juga berapa banyak pengguna mobil yang beralih ke angkutan umum paling ga sampe 3% itu juga bukan gara2 kesadaran pribadi tapi gara2 ga tahan macet. mungkin dengan adanya mrt bisa menyelesaikan masalah tapi ternyata ga pengaruh banyak jg
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Penyebab utama karena macet. Skrg makin macet akibat si abud lebarin trotoar dimana2. Bahkan di jalan satrio yg trotoarnya sudah lebar juga skrg sedang dilebarin lagi. Pohon ditebangin. Dan skrg abud malah nyalahin mobil.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1295
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Saya sangat tidak setuju kalau pembatasan umur kendaraan pribadi 10 tahun
Sebenarnya mobil yang dirawat secara rutin maka emisi yang dihasilkan tidak tinggi, kecuali catalyst conventer sudah rusak (ada umur pemakaiannya)
Andaikata pembatasan umur kendaraan 10 tahun, sia-sia aja pihak pabrik yang meriset mesin-mesin yang robust & relible
Akan dikemanakan mobil2 Honda seri K,L atau Toyota 1NZ-FE, 2ZR, 2GD/KD, dll ke depannya ? Mesin2 tersebut kalau dirawat secara benar bisa bertahan lebih dari 10 tahun dan kadar emisi bisa rendah juga
Bila benar diterapkan maka tidak ada perbedaan mobil2 mainstream pemegang pasar yang telah teruji reliability-nya dengan mobil katakanlah "kualitas 2" yang belum teruji, toh setelah 10 tahun sudah sama-sama jadi besi tua ? DSFK Glory 560 akan lebih memiliki competitive advantage bila dibandingkan CRV Turbo karena disparitas harga yang jauh
Masalah kualitas udara Jakarta bukan karena mobil tua, tapi jumlah kendaraan bermotor yang terlalu banyak !
Solusi uji emisi kayaknya lebih fair ...
Sebenarnya mobil yang dirawat secara rutin maka emisi yang dihasilkan tidak tinggi, kecuali catalyst conventer sudah rusak (ada umur pemakaiannya)
Andaikata pembatasan umur kendaraan 10 tahun, sia-sia aja pihak pabrik yang meriset mesin-mesin yang robust & relible
Akan dikemanakan mobil2 Honda seri K,L atau Toyota 1NZ-FE, 2ZR, 2GD/KD, dll ke depannya ? Mesin2 tersebut kalau dirawat secara benar bisa bertahan lebih dari 10 tahun dan kadar emisi bisa rendah juga
Bila benar diterapkan maka tidak ada perbedaan mobil2 mainstream pemegang pasar yang telah teruji reliability-nya dengan mobil katakanlah "kualitas 2" yang belum teruji, toh setelah 10 tahun sudah sama-sama jadi besi tua ? DSFK Glory 560 akan lebih memiliki competitive advantage bila dibandingkan CRV Turbo karena disparitas harga yang jauh
Masalah kualitas udara Jakarta bukan karena mobil tua, tapi jumlah kendaraan bermotor yang terlalu banyak !
Solusi uji emisi kayaknya lebih fair ...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 409
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
Tarif parkir dinaikin wan abud untuk mengurangi polusi, mantab
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Pembatasan Umur Kendaraan (Lagi)
salah sendiri kenapa masih jualan premium.
di negara sebelah malah cuman ron 95 ama 97.
kalo kendaraan umum malah kl bisa 5 tahun aja biar bs dilelang atau mungkin dihibahkan ke provinsi lain .
di negara sebelah malah cuman ron 95 ama 97.
kalo kendaraan umum malah kl bisa 5 tahun aja biar bs dilelang atau mungkin dihibahkan ke provinsi lain .