Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

landborneo
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Thu May 17, 2018 14:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by landborneo »

Turboman wrote: Sun May 12, 2019 13:48
landborneo wrote:
Turboman wrote: Sun May 12, 2019 6:23 Budget ekonomis

Idemitsu SS 5W30 - seller : td motor (ToPed)

https://tokopedia.link/f9O0PhUFCW

naik di atasnya :

PTT 5W30 - BliBli - PTT lubricants - kalo mau beli hari Jumat aja
Compare sama Amsoil OE 5w30 vs PTT 5w30, bagus mana om? Interval penggantian nya bisa brp lama y om?
Ams OE byk UOA nya di BITOG.....liat2 aja

PTT promo tiap Jumat......mayan selisihnya
Om Turbo, PTT di blibli stock kosong, ada referensi toko lainnya. Ada pilihan lain selain Amsoil om?biar ane tambah bingung.. Baca UOA Amsoil rata-rata recommended om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

landborneo wrote:
Turboman wrote: Sun May 12, 2019 13:48
landborneo wrote: Compare sama Amsoil OE 5w30 vs PTT 5w30, bagus mana om? Interval penggantian nya bisa brp lama y om?
Ams OE byk UOA nya di BITOG.....liat2 aja

PTT promo tiap Jumat......mayan selisihnya
Om Turbo, PTT di blibli stock kosong, ada referensi toko lainnya. Ada pilihan lain selain Amsoil om?biar ane tambah bingung.. Baca UOA Amsoil rata-rata recommended om
Amsoil emang bagus yang ASL Signature series 5W30

sesuai lah ama harganya

PTT 5W30 coba aja tunggu akhir bulan
aryonur88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Apr 07, 2019 5:04
Location: Tegal
Daily Vehicle: Honda jazz RS 2009

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by aryonur88 »

aryonur88 wrote: Sun May 12, 2019 15:56
Turboman wrote: Sun May 12, 2019 0:06
aryonur88 wrote:Om turboman
Sama2 SAE 5w 30 nya
Bagusan mana antara amsoil SS, ravenol, Aisin sama PTT?
Dilihat dari kualitas, performa, VI, longdrain sm perlindungan buat mesinnya
*Abaikan harga dulu karena penasaran antara ke 4 merk itu
Lah beda kelas om

Ravenol kelas Ams ASL

Aisin VS PTT A5/B5

Ravenol gak pernah pelajari, coba survey2 aja UOA / VOA nya en dicoba aja.....pake 10 rb km trus test lab
Thx om turbo
Mengerucut ke Amsoil dan PTT
Untuk Honda jazz RS 2009 KM 111.000 bagus dan manteb mana om? List ane dbwah ini:
Amsoil SS 5W30
Amsoil SS 0W20
Amsoil SS 0W30
Amsoil SS 5W50
Amsoil OE 5W30
Amsoil OE 5W20
PTT performa 5W30

Gaya setir ane kadang langsam (biar dapat iritnya) tapi kalau pas lagi di tol trans Jawa kadang pengen juga yang galak akselerasinya biar enteng mbejek gas poll

Oli. Mesin eksisting ane skrg pakai PTT performa 5w30 udah jalan 800km an
So far irit si di tol udah ane coba kalau pas langsam (80-110km/jam) bisa 1:17
Kalau dibuat geber (pernah sampai 155km/jam) 1:14 an


Oli matic ane pakai Aisin AFW+ so far bagai langit dan bumi dengan Atf Z1 ( perpindahan gigi nya smooth banget Mak klenyeeer bgtu om bahasa Jawa nya)
Hehehe
Diantara yang ane sebutin diatas dan disesuaikan sama gaya nyetir ane,, bagus dan worthed yang mana ya om jadinya?

Amsoil SS 5W30
Amsoil SS 0W20
Amsoil SS 0W30
Amsoil SS 5W50
Amsoil OE 5W30
Amsoil OE 5W20
PTT performa 5W30

Gaya setir ane kadang langsam (biar dapat iritnya) tapi kalau pas lagi di tol trans Jawa kadang pengen juga yang galak akselerasinya biar enteng mbejek gas poll
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by maastricht889 »

landborneo wrote: Mon May 13, 2019 13:07
Turboman wrote: Sun May 12, 2019 13:48
landborneo wrote: Compare sama Amsoil OE 5w30 vs PTT 5w30, bagus mana om? Interval penggantian nya bisa brp lama y om?
Ams OE byk UOA nya di BITOG.....liat2 aja

PTT promo tiap Jumat......mayan selisihnya
Om Turbo, PTT di blibli stock kosong, ada referensi toko lainnya. Ada pilihan lain selain Amsoil om?biar ane tambah bingung.. Baca UOA Amsoil rata-rata recommended om
Saya bbrp minggu lalu habis beli dr blibli.com buat nyetok om (kemasan 1 gallon), siapa tau kalo butuh cepet mau saya kasih harga bagus (nggak ambil untung). Saya bukan pdg oli, jadi memang bener2 mau nyetok aja
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

aryonur88 wrote:
aryonur88 wrote: Sun May 12, 2019 15:56
Turboman wrote: Sun May 12, 2019 0:06 Lah beda kelas om

Ravenol kelas Ams ASL

Aisin VS PTT A5/B5

Ravenol gak pernah pelajari, coba survey2 aja UOA / VOA nya en dicoba aja.....pake 10 rb km trus test lab
Thx om turbo
Mengerucut ke Amsoil dan PTT
Untuk Honda jazz RS 2009 KM 111.000 bagus dan manteb mana om? List ane dbwah ini:
Amsoil SS 5W30
Amsoil SS 0W20
Amsoil SS 0W30
Amsoil SS 5W50
Amsoil OE 5W30
Amsoil OE 5W20
PTT performa 5W30

Gaya setir ane kadang langsam (biar dapat iritnya) tapi kalau pas lagi di tol trans Jawa kadang pengen juga yang galak akselerasinya biar enteng mbejek gas poll

Oli. Mesin eksisting ane skrg pakai PTT performa 5w30 udah jalan 800km an
So far irit si di tol udah ane coba kalau pas langsam (80-110km/jam) bisa 1:17
Kalau dibuat geber (pernah sampai 155km/jam) 1:14 an


Oli matic ane pakai Aisin AFW+ so far bagai langit dan bumi dengan Atf Z1 ( perpindahan gigi nya smooth banget Mak klenyeeer bgtu om bahasa Jawa nya)
Hehehe
Diantara yang ane sebutin diatas dan disesuaikan sama gaya nyetir ane,, bagus dan worthed yang mana ya om jadinya?

Amsoil SS 5W30
Amsoil SS 0W20
Amsoil SS 0W30
Amsoil SS 5W50
Amsoil OE 5W30
Amsoil OE 5W20
PTT performa 5W30

Gaya setir ane kadang langsam (biar dapat iritnya) tapi kalau pas lagi di tol trans Jawa kadang pengen juga yang galak akselerasinya biar enteng mbejek gas poll
0W20 itu lebih ke arah utk Eco Driving / setir jarak2 pendek

kalo sering High RPM paling sip pakai yg 0W30...,.....juga ini kalo sering setir jarak jauh
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by pernahmiskin »

Selamat Pagi..
Maaf kalau oot..

Pas ada promo Oli PTT dynamic commonrail 10/30 di bli2 sy kebetulan stok banyak..

Nah karena sy jg pelihara motor cc gede, ada niat pakai tuh ptt, kebetulan secara jenis kekentalan sama2 pakai buntut 30.

Apakah aman pakai oli ptt di motor sy, penggunaan normal tanpa kebut2an ?

Kalau kakak, pakai delvac mx selama beberapa tahun buat motor cc gedenya sih aman...

Dan ga ada kendala...


Menurut om2 semua bagaimana ?

Sebab sy pakai oli oem dr dealer, terlihat ada sludge yg mayan...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

pernahmiskin wrote:Selamat Pagi..
Maaf kalau oot..

Pas ada promo Oli PTT dynamic commonrail 10/30 di bli2 sy kebetulan stok banyak..

Nah karena sy jg pelihara motor cc gede, ada niat pakai tuh ptt, kebetulan secara jenis kekentalan sama2 pakai buntut 30.

Apakah aman pakai oli ptt di motor sy, penggunaan normal tanpa kebut2an ?

Kalau kakak, pakai delvac mx selama beberapa tahun buat motor cc gedenya sih aman...

Dan ga ada kendala...


Menurut om2 semua bagaimana ?

Sebab sy pakai oli oem dr dealer, terlihat ada sludge yg mayan...
dicoba aja
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by pernahmiskin »

Turboman wrote: Tue May 14, 2019 2:59
pernahmiskin wrote:Selamat Pagi..
Maaf kalau oot..

Pas ada promo Oli PTT dynamic commonrail 10/30 di bli2 sy kebetulan stok banyak..

Nah karena sy jg pelihara motor cc gede, ada niat pakai tuh ptt, kebetulan secara jenis kekentalan sama2 pakai buntut 30.

Apakah aman pakai oli ptt di motor sy, penggunaan normal tanpa kebut2an ?

Kalau kakak, pakai delvac mx selama beberapa tahun buat motor cc gedenya sih aman...

Dan ga ada kendala...


Menurut om2 semua bagaimana ?

Sebab sy pakai oli oem dr dealer, terlihat ada sludge yg mayan...
dicoba aja
Siap om turbo...
Thanks inputnya..

Akan sy coba, angan2 sy ganti per 9 bln ~ 1 tahun..

Coz jg jrg d pakai.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
lightarmy10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Nov 09, 2017 11:27
Location: tangerang
Daily Vehicle: xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by lightarmy10 »

Turboman wrote:
pernahmiskin wrote:Selamat Pagi..
Maaf kalau oot..

Pas ada promo Oli PTT dynamic commonrail 10/30 di bli2 sy kebetulan stok banyak..

Nah karena sy jg pelihara motor cc gede, ada niat pakai tuh ptt, kebetulan secara jenis kekentalan sama2 pakai buntut 30.

Apakah aman pakai oli ptt di motor sy, penggunaan normal tanpa kebut2an ?

Kalau kakak, pakai delvac mx selama beberapa tahun buat motor cc gedenya sih aman...

Dan ga ada kendala...


Menurut om2 semua bagaimana ?

Sebab sy pakai oli oem dr dealer, terlihat ada sludge yg mayan...
dicoba aja
https://www.blibli.com/p/amsoil-signatu ... 0623-00001

Om turbo , itu ada amsoil SS 0w20 lagi promo di blibli harganya jauh juga ya.. apa aman dan terjamin toko nya?
20190515_171418.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by limsandy »

Buset.... itu harga per quart lho.... gak sampe seliter.

Mending beli di Tokped aja bro..... :big_grin:

https://www.tokopedia.com/sentrapelumas ... ture-0w-20
flycomb
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu May 16, 2019 4:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by flycomb »

siang, selama ini silent reader saja...

mobil innova 2005, sdh 200rb km.. selama 2 tahun terakhir pakai fastron 10w-40..

tertarik ingin pakai oli diesel krn baca-baca di part sebelumnya ada efek untuk membersikan jeroan mesin...

untuk oli lg tertarik ama ptt 10w30 dan Q8 T800 10w40... mohon masukan dari master master kira-kira oli mana yg pas... atau dua-duanya bisa di gunakan.. trims.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

flycomb wrote:siang, selama ini silent reader saja...

mobil innova 2005, sdh 200rb km.. selama 2 tahun terakhir pakai fastron 10w-40..

tertarik ingin pakai oli diesel krn baca-baca di part sebelumnya ada efek untuk membersikan jeroan mesin...

untuk oli lg tertarik ama ptt 10w30 dan Q8 T800 10w40... mohon masukan dari master master kira-kira oli mana yg pas... atau dua-duanya bisa di gunakan.. trims.
Bensin ?

pake oli Diesel 10W30 aja utk cleaning

Btw kalo penguapan oli selama ini sgt kecil, better pake 5W30 / 10W30 aja om
flycomb
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu May 16, 2019 4:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by flycomb »

Turboman wrote: Thu May 16, 2019 5:19
flycomb wrote:siang, selama ini silent reader saja...

mobil innova 2005, sdh 200rb km.. selama 2 tahun terakhir pakai fastron 10w-40..

tertarik ingin pakai oli diesel krn baca-baca di part sebelumnya ada efek untuk membersikan jeroan mesin...

untuk oli lg tertarik ama ptt 10w30 dan Q8 T800 10w40... mohon masukan dari master master kira-kira oli mana yg pas... atau dua-duanya bisa di gunakan.. trims.
Bensin ?

pake oli Diesel 10W30 aja utk cleaning

Btw kalo penguapan oli selama ini sgt kecil, better pake 5W30 / 10W30 aja om
iya om Turbo... innova bensin... oh ya... kepikiran... klo bagus digunakan di innova bensin... engk masalahkan tetap mengunakan oli diesel...
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by arfs »

Review pemakaian PTT Dynamic Commonrail 10W-30 di old Grand Livina CVT selama pemakaian 5 bulan 5.000 km untuk *cuci sludge/kreak dari oli mesin pemakaian sebelumnya.

Selama pemakaian kehalusan mesin tetap sama halus dari pertama kali tuan dan drain, tarikan mesin juga masih enak sampai 5.000 km.
Saat di drain total oli lama yang keluar kurang lebih 2.3 literan (dari total oil capacity 3L) :off_no:

Image

Image

Terlihat ada kerak yang keangkat di filter oli nya, dan warna oli yang masih terang belum terlalu hitam.

Sekarang di isi lagi oli yang sama, karena dulu beli PTT Dynamic Commonrail 10W-30 yang gallon an 6 liter :ngacir:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
cimz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Aug 08, 2017 8:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by cimz »

Turboman wrote: Thu May 16, 2019 5:19 Bensin ?

pake oli Diesel 10W30 aja utk cleaning

Btw kalo penguapan oli selama ini sgt kecil, better pake 5W30 / 10W30 aja om
om turbo kalau buat cleaning dipakai brp bulan ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

arfs wrote: Review pemakaian PTT Dynamic Commonrail 10W-30 di old Grand Livina CVT selama pemakaian 5 bulan 5.000 km untuk *cuci sludge/kreak dari oli mesin pemakaian sebelumnya.

Selama pemakaian kehalusan mesin tetap sama halus dari pertama kali tuan dan drain, tarikan mesin juga masih enak sampai 5.000 km.
Saat di drain total oli lama yang keluar kurang lebih 2.3 literan (dari total oil capacity 3L) :off_no:

Image

Image

Terlihat ada kerak yang keangkat di filter oli nya, dan warna oli yang masih terang belum terlalu hitam.

Sekarang di isi lagi oli yang sama, karena dulu beli PTT Dynamic Commonrail 10W-30 yang gallon an 6 liter :ngacir:
trus apa komentar mbah bengkel PTT ?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by maastricht889 »

arfs wrote: Thu May 16, 2019 6:39 Review pemakaian PTT Dynamic Commonrail 10W-30 di old Grand Livina CVT selama pemakaian 5 bulan 5.000 km untuk *cuci sludge/kreak dari oli mesin pemakaian sebelumnya.

Selama pemakaian kehalusan mesin tetap sama halus dari pertama kali tuan dan drain, tarikan mesin juga masih enak sampai 5.000 km.
Saat di drain total oli lama yang keluar kurang lebih 2.3 literan (dari total oil capacity 3L) :off_no:

Image

Image

Terlihat ada kerak yang keangkat di filter oli nya, dan warna oli yang masih terang belum terlalu hitam.

Sekarang di isi lagi oli yang sama, karena dulu beli PTT Dynamic Commonrail 10W-30 yang gallon an 6 liter :ngacir:
Saya juga planning cuci jeroan spt om arfs, cuma kl mobil saya jarang pake gitu enaknya flush di bulan ke berapa/km berapa ya om? Setahun 1000km, seminggu jalan sktr 100km an
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by arfs »

Turboman wrote: Thu May 16, 2019 9:38 trus apa komentar mbah bengkel PTT ?
Tadi gk ke mbah bebong PTT FRD, suruh montir sendiri di gudang gantiin oli nya... :ngacir:
erwinign wrote: Thu May 16, 2019 9:40 Saya juga planning cuci jeroan spt om arfs, cuma kl mobil saya jarang pake gitu enaknya flush di bulan ke berapa/km berapa ya om? Setahun 1000km, seminggu jalan sktr 100km an
Pakai aja sesuai saran om turboman sekitar 2000-3000 km...
Kecuali mau experiment kyk saya cobain sampe 5000 km dalam jangka cepat (5 bulan ud 5000 km)...
Kebetulan oli PTT dynamic commonrail 10W30 ini buntut nya 30 jadi kgk berasa berat tarikan dari oli mesin bensin yg biasa dipakai...
Jd ttp enak dipakai lama sampe 5000 km.

*CMIIW - Geser mic ke om turboman
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

arfs wrote:
Turboman wrote: Thu May 16, 2019 9:38 trus apa komentar mbah bengkel PTT ?
Tadi gk ke mbah bebong PTT FRD, suruh montir sendiri di gudang gantiin oli nya... :ngacir:
erwinign wrote: Thu May 16, 2019 9:40 Saya juga planning cuci jeroan spt om arfs, cuma kl mobil saya jarang pake gitu enaknya flush di bulan ke berapa/km berapa ya om? Setahun 1000km, seminggu jalan sktr 100km an
Pakai aja sesuai saran om turboman sekitar 2000-3000 km...
Kecuali mau experiment kyk saya cobain sampe 5000 km dalam jangka cepat (5 bulan ud 5000 km)...
Kebetulan oli PTT dynamic commonrail 10W30 ini buntut nya 30 jadi kgk berasa berat tarikan dari oli mesin bensin yg biasa dipakai...
Jd ttp enak dipakai lama sampe 5000 km.

*CMIIW - Geser mic ke om turboman
tambah samcan FRD supaya efek pembersihannya makin epektip
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rudyzanetti »

Report kendall dxa 10w30 di xenia k3ve taun 2009 dgn kilometer 145rban.
Oli uda jalan kurang lebih 5 bulan, sejauh 4000an km.
Skrg ini menurut perasaan, tarikan mulai rada berat. Walaupun konsumsi bensin nya ya sama aja.
Rencana mungkin bsk atau lusa coba mau diganti dengan merk oli yg sama( masih punya stok 9 liter haha)
blueflag1905
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue Apr 25, 2017 16:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by blueflag1905 »

arfs wrote: Thu May 16, 2019 6:39 Review pemakaian PTT Dynamic Commonrail 10W-30 di old Grand Livina CVT selama pemakaian 5 bulan 5.000 km untuk *cuci sludge/kreak dari oli mesin pemakaian sebelumnya.

Selama pemakaian kehalusan mesin tetap sama halus dari pertama kali tuan dan drain, tarikan mesin juga masih enak sampai 5.000 km.
Saat di drain total oli lama yang keluar kurang lebih 2.3 literan (dari total oil capacity 3L) :off_no:

Image

Image

Terlihat ada kerak yang keangkat di filter oli nya, dan warna oli yang masih terang belum terlalu hitam.

Sekarang di isi lagi oli yang sama, karena dulu beli PTT Dynamic Commonrail 10W-30 yang gallon an 6 liter :ngacir:
Om tertarik nih caranya. Ane intip di blibl* ada ptt dynamic commonrail 10w-30 yg tutup merah sama tutup abu abu, bedanya apa ya om?

Kemaren pas servis kebetulan gasket yg atas udah getas jd sekalian buka. Hasilnya begini
IMG-20190514-WA0007.jpg
Splash 2014 65rb KM, ada riwayat telat ganti oli dr pemilik sebelumnya (sepupu ane), oli sgo 5w-30 dipaksa hampir 20rb KM, trs ane pernah kena oli aspal sekali, pake 2000an KM (merk kerang hx8). Kemaren bagian atas situ sekalian dibersihin, tp yg di bawah kan blm. Hehe.

Pake oli diesel bisa lah ya om bantu bersihin.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Bayuright
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Oct 28, 2015 4:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Bayuright »

blueflag1905 wrote:
arfs wrote: Thu May 16, 2019 6:39 Review pemakaian PTT Dynamic Commonrail 10W-30 di old Grand Livina CVT selama pemakaian 5 bulan 5.000 km untuk *cuci sludge/kreak dari oli mesin pemakaian sebelumnya.

Selama pemakaian kehalusan mesin tetap sama halus dari pertama kali tuan dan drain, tarikan mesin juga masih enak sampai 5.000 km.
Saat di drain total oli lama yang keluar kurang lebih 2.3 literan (dari total oil capacity 3L) :off_no:

Image

Image

Terlihat ada kerak yang keangkat di filter oli nya, dan warna oli yang masih terang belum terlalu hitam.

Sekarang di isi lagi oli yang sama, karena dulu beli PTT Dynamic Commonrail 10W-30 yang gallon an 6 liter :ngacir:
Om tertarik nih caranya. Ane intip di blibl* ada ptt dynamic commonrail 10w-30 yg tutup merah sama tutup abu abu, bedanya apa ya om?

Kemaren pas servis kebetulan gasket yg atas udah getas jd sekalian buka. Hasilnya begini
IMG-20190514-WA0007.jpg
Splash 2014 65rb KM, ada riwayat telat ganti oli dr pemilik sebelumnya (sepupu ane), oli sgo 5w-30 dipaksa hampir 20rb KM, trs ane pernah kena oli aspal sekali, pake 2000an KM (merk kerang hx8). Kemaren bagian atas situ sekalian dibersihin, tp yg di bawah kan blm. Hehe.

Pake oli diesel bisa lah ya om bantu bersihin.
Kalo udah kaya gt prefer pake engine flush deh
Kalo oli diesel butuh beberpa kali baru bersih
Sludge udah tebel
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by maastricht889 »

blueflag1905 wrote: Fri May 17, 2019 9:22
arfs wrote: Thu May 16, 2019 6:39 Review pemakaian PTT Dynamic Commonrail 10W-30 di old Grand Livina CVT selama pemakaian 5 bulan 5.000 km untuk *cuci sludge/kreak dari oli mesin pemakaian sebelumnya.

Selama pemakaian kehalusan mesin tetap sama halus dari pertama kali tuan dan drain, tarikan mesin juga masih enak sampai 5.000 km.
Saat di drain total oli lama yang keluar kurang lebih 2.3 literan (dari total oil capacity 3L) :off_no:

Image

Image

Terlihat ada kerak yang keangkat di filter oli nya, dan warna oli yang masih terang belum terlalu hitam.

Sekarang di isi lagi oli yang sama, karena dulu beli PTT Dynamic Commonrail 10W-30 yang gallon an 6 liter :ngacir:
Om tertarik nih caranya. Ane intip di blibl* ada ptt dynamic commonrail 10w-30 yg tutup merah sama tutup abu abu, bedanya apa ya om?

Kemaren pas servis kebetulan gasket yg atas udah getas jd sekalian buka. Hasilnya begini

IMG-20190514-WA0007.jpg

Splash 2014 65rb KM, ada riwayat telat ganti oli dr pemilik sebelumnya (sepupu ane), oli sgo 5w-30 dipaksa hampir 20rb KM, trs ane pernah kena oli aspal sekali, pake 2000an KM (merk kerang hx8). Kemaren bagian atas situ sekalian dibersihin, tp yg di bawah kan blm. Hehe.

Pake oli diesel bisa lah ya om bantu bersihin.
Kalo dipstick oli mesin juga sampe berkerak itu tandanya apa ya om?
blueflag1905
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue Apr 25, 2017 16:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by blueflag1905 »

Bayuright wrote: Fri May 17, 2019 9:58
blueflag1905 wrote:
arfs wrote: Thu May 16, 2019 6:39 Review pemakaian PTT Dynamic Commonrail 10W-30 di old Grand Livina CVT selama pemakaian 5 bulan 5.000 km untuk *cuci sludge/kreak dari oli mesin pemakaian sebelumnya.

Selama pemakaian kehalusan mesin tetap sama halus dari pertama kali tuan dan drain, tarikan mesin juga masih enak sampai 5.000 km.
Saat di drain total oli lama yang keluar kurang lebih 2.3 literan (dari total oil capacity 3L) :off_no:

Image

Image

Terlihat ada kerak yang keangkat di filter oli nya, dan warna oli yang masih terang belum terlalu hitam.

Sekarang di isi lagi oli yang sama, karena dulu beli PTT Dynamic Commonrail 10W-30 yang gallon an 6 liter :ngacir:
Om tertarik nih caranya. Ane intip di blibl* ada ptt dynamic commonrail 10w-30 yg tutup merah sama tutup abu abu, bedanya apa ya om?

Kemaren pas servis kebetulan gasket yg atas udah getas jd sekalian buka. Hasilnya begini

IMG-20190514-WA0007.jpg

Splash 2014 65rb KM, ada riwayat telat ganti oli dr pemilik sebelumnya (sepupu ane), oli sgo 5w-30 dipaksa hampir 20rb KM, trs ane pernah kena oli aspal sekali, pake 2000an KM (merk kerang hx8). Kemaren bagian atas situ sekalian dibersihin, tp yg di bawah kan blm. Hehe.

Pake oli diesel bisa lah ya om bantu bersihin.
Kalo udah kaya gt prefer pake engine flush deh
Kalo oli diesel butuh beberpa kali baru bersih
Sludge udah tebel
Engine flush kalo info info disini bikin karet karet pada getas om? Pake oli diesel lebih dr sekali sampe 2rb 3rb km ane gpp sih. Mobil jarang pake, paling 2rb 3rb itu dicapai dlm waktu 6 bulan om.
blueflag1905
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue Apr 25, 2017 16:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by blueflag1905 »

erwinign wrote: Fri May 17, 2019 11:26
blueflag1905 wrote: Fri May 17, 2019 9:22
arfs wrote: Thu May 16, 2019 6:39 Review pemakaian PTT Dynamic Commonrail 10W-30 di old Grand Livina CVT selama pemakaian 5 bulan 5.000 km untuk *cuci sludge/kreak dari oli mesin pemakaian sebelumnya.

Selama pemakaian kehalusan mesin tetap sama halus dari pertama kali tuan dan drain, tarikan mesin juga masih enak sampai 5.000 km.
Saat di drain total oli lama yang keluar kurang lebih 2.3 literan (dari total oil capacity 3L) :off_no:

Image

Image

Terlihat ada kerak yang keangkat di filter oli nya, dan warna oli yang masih terang belum terlalu hitam.

Sekarang di isi lagi oli yang sama, karena dulu beli PTT Dynamic Commonrail 10W-30 yang gallon an 6 liter :ngacir:
Om tertarik nih caranya. Ane intip di blibl* ada ptt dynamic commonrail 10w-30 yg tutup merah sama tutup abu abu, bedanya apa ya om?

Kemaren pas servis kebetulan gasket yg atas udah getas jd sekalian buka. Hasilnya begini

IMG-20190514-WA0007.jpg

Splash 2014 65rb KM, ada riwayat telat ganti oli dr pemilik sebelumnya (sepupu ane), oli sgo 5w-30 dipaksa hampir 20rb KM, trs ane pernah kena oli aspal sekali, pake 2000an KM (merk kerang hx8). Kemaren bagian atas situ sekalian dibersihin, tp yg di bawah kan blm. Hehe.

Pake oli diesel bisa lah ya om bantu bersihin.
Kalo dipstick oli mesin juga sampe berkerak itu tandanya apa ya om?
Saya jg awalnya liat dipstick saya ada bekas bekas sludge gt, curiga dr situ ternyata bener udah bersludge. Kayaknya mobil om jg kondisinya gt deh