Engine braking tansmisi cvt

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Engine braking tansmisi cvt

Post by Tampanman »

Tanya suhu semua, melakukan engine braking pada transmisi cvt (dengan down shift pada manual mode), apakah akan merusak tansmisi cvt nya?, Biasanya suka saya pakai kalau di jalanan menurun untuk menghemat penggunaan rem...
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by ngalih »

:big_think: Ijin nyimak ya om...
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by newcity_vtec »

Punya mobil transmisi CVT, jarang nyetir :big_cry: dan belum ketemu turunan panjang.
Nunggu ilmu dari suhu2 semua nih. :ungg:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by josomba »

Ndak masalah....salah satu bukman mobil pake transmisi sipiti memang nyuruh masuk lowest (virtual) gear untuk turunan buat engine brake...


Lebih perlu worrry ke sisi interval ganti oli cvt-nya aja. Kalau bukman bilang lifetime oil atau >100k baru ganti, better dipercepat.
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by marmut »

engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.

tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by osbertc0ol »

CVT nya lio / brio kaga bisa engine brake..

Kalo banyak turunan, jgn pake rem KW ya, pake rem Original atau aftermarket yang kualitas bagus. dan minyak rem harus selalu prima (kuras max 2thn sekali) pake dot 4.

Dari awal aja om udah di manual mode gigi terendah.. jgn pas udah meluncur baru diturunin giginya.
Last edited by osbertc0ol on Fri May 17, 2019 3:53, edited 1 time in total.
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by anadzir »

marmut wrote: Fri May 17, 2019 2:49 engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.

tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
+1

baru baca baca engine brake di transmisi matic lebih rentan di transmisi secara keseluruhan dibanding transmisi manual.
engine brake boleh, asal sewajarnya, jangan keseringan downshifting di kecepatan tinggi.

tapi jangan bergantung sama rem saja karena ketika cakram dan kaliper panas rem bakal agak ngeblong atau ngejepit.
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by Tampanman »

anadzir wrote: Fri May 17, 2019 3:39
marmut wrote: Fri May 17, 2019 2:49 engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.

tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
+1

baru baca baca engine brake di transmisi matic lebih rentan di transmisi secara keseluruhan dibanding transmisi manual.
engine brake boleh, asal sewajarnya, jangan keseringan downshifting di kecepatan tinggi.

tapi jangan bergantung sama rem saja karena ketika cakram dan kaliper panas rem bakal agak ngeblong atau ngejepit.
Nah maka dari itu kalau turunan terlampau panjang, misal di puncak yang ditakutkan kalau tidak pakai engine brake rem cepat panas. Btw om-om disini tau ga fitur hill descent control itu mekanismenya pakai engine brake atau rem?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by marmut »

jalan menurun panjang ya lepas gas saja, virtual gear set di 3 sudah cukup. boleh set di 2 apabila jalan cukup ramai atau menurun curam, sambil kaki kanan stand by di pedal rem. stand by saja, jangan diinjak kalau tidak benar-benar diperlukan.
kalaupun musti injak rem dengan durasi agak lama, sesekali dilepas supaya tidak overheating.

HDC setau saya hanya bekerja di kecepatan sangat rendah dan menggunakan kaliper rem yang diaktifkan otomatis.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by pengendiesel »

kalo ane sih selalu hajar engine brake di cvt, apalagi kalo turunan panjang.
Segawat2nya cvt jebol, lebih gawat kalo mobil gak terkendali/rem blong/dst
sukerdan02
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by sukerdan02 »

Tampanman wrote: Fri May 17, 2019 3:57
anadzir wrote: Fri May 17, 2019 3:39
marmut wrote: Fri May 17, 2019 2:49 engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.

tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
+1

baru baca baca engine brake di transmisi matic lebih rentan di transmisi secara keseluruhan dibanding transmisi manual.
engine brake boleh, asal sewajarnya, jangan keseringan downshifting di kecepatan tinggi.

tapi jangan bergantung sama rem saja karena ketika cakram dan kaliper panas rem bakal agak ngeblong atau ngejepit.
Nah maka dari itu kalau turunan terlampau panjang, misal di puncak yang ditakutkan kalau tidak pakai engine brake rem cepat panas. Btw om-om disini tau ga fitur hill descent control itu mekanismenya pakai engine brake atau rem?
HDC kalo ga salah kombinasi semua, transmisi, rem dan traction control.. Tapi HDC setau sy cumadi kecepatan sangat rendah, up to 10 km/h.. Itupun yg sy pernah lihat, hidupkan HDC dulu baru mulai turunan.. Ada yg HDC cuma bisa aktif di posisi 4 Low malah..
dualock
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Apr 19, 2017 8:33
Daily Vehicle: toyota

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by dualock »

Kalo ane cukup taruh transmisi di S dan rem seperlunya.
Ngak usah oper2 gigi.
Kerja rem juga lebih ringan.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by IGedeAmat »

anu...
kalo CVT yang gak ada virtual gear nya, misalnya Livina, cuma ada D ama L gimana ya ?
tahan di L aja ?
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by silentIm2 »

Sebenarnya sih ga perlu engine braking. Rem nyala dari atas sampe ke bawah itu gpp, ga bakal gosong remnya, asal kecepatannya konstan. Misalnya lebih baik kecepatan 50 km/jam konstan turun daripada kecepatan 60 km/jam, trus nikung ngerem jadi 40 km/jam, gas lagi, rem lagi, dst. Kalo konstan sebenarnya CVT juga menyesuaikan rasionya, bukan rasio tertinggi yang dipakai. Buktinya ngeremnya juga ga perlu dalam2 kan, cuma ujung jempol saja. Inget jauh lebih murah kampas rem daripada CVT overheat.

Kalo mau lebih terasa engine brakenya, ya pindah ke S/L. Tapi CVT juga akan naik temperaturnya.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by lonely1999 »

Kalo sy di cvt angl dulu diturunan panjang masuk ke OD. Kalo masih kurang jg baru ke L.
Di mobil sekarang cvt ada virtual gearnya. Yach disesuaikan saja. Yg penting rem tetap yg utama
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by anrico17 »

Dari pengalaman pake 2 mobil CVT honda (brio n hrv)

Dua duanya sama sekali ato hampir gk ada engine braking... gk ada bedanya di netral ato drive...

Hrv disetting ‘manual’ gigi 1 pun tetep gak ada
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by b8099ok »

Ikat FRD pake rantai kapal, lempar dari bagasi.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by IGedeAmat »

b8099ok wrote: Mon May 20, 2019 0:35 Ikat FRD pake rantai kapal, lempar dari bagasi.
kalo bawa FRD di bagasi mah, gak perlu jauh2 mikirin turunan,
pikirin aja dulu nanjaknya gimana.. ???