-Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

-Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by maastricht889 »

Halo semua, kebetulan 1th lalu mobil saya bag bawah nya kepentok sama batang pohon yg habis ditebang. Stl dilihat ternyata pelindung mesin bag bawah sama bagian bemper depan yg doff kena (bolong). Setelah dapet ganti dr klaim asuransi, tau2 ACnya panas. Ternyata kondensor nya bolong & kayanya kompresor jg ganti. Cuma setelah sy teliti, ukuran kondensor nya beda (lebih kecil) sampe diakalin pake sambungan tambahan (asuransi nya busuk ini kayanya).

Akhirnya solved abis itu, AC dingin lagi. Cuma sebulan terakhir ini pas sy servis, mobil diangkat dibilangin kalo ada oli yg rembes (mesin K24). Akhirnya masuk bengkel, paking yg kena di kruk as belakang (sebelumnya paking vtc sama satu lg yg kecil dah ganti). Setelah dibongkar, ternyata paking degsel juga kena (2th lalu habis ganti krn stel klep, jalan sekitar 25rb sampe akhirnya ganti lagi kemarin) sama boot driveshaft kena.

Nah, apa ini pengaruh dr model kondensor yg beda ya? Krn secara teori kondensor fungsi nya buat ngelepas panas dr mesin yg disalurin dr extra fan, jadi kalo dugaan saya krn kondensornya lebih kecil, jadi pelepasan panas nya nggak maksimal.

Mohon pencerahannya, terima kasih :emo-flowerforyou:
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by silentIm2 »

Kalo paking sih ga ada hubungannya sama condenser om. Itu faktor keberuntungan sama pemasangan. Misalnya dulu masang ga dirapatkan dari tengah ke pinggir, pakingnya bisa rawan robek terjepit blok mesin yang memuai. Ato ngencengin mesinnya ga pake kunci torsi, pake feeling saja, itu juga bisa bikin paking ga awet dan blok melenting karena torsi setiap baut ga rata.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Tue May 14, 2019 8:54 Halo semua, kebetulan 1th lalu mobil saya bag bawah nya kepentok sama batang pohon yg habis ditebang. Stl dilihat ternyata pelindung mesin bag bawah sama bagian bemper depan yg doff kena (bolong). Setelah dapet ganti dr klaim asuransi, tau2 ACnya panas. Ternyata kondensor nya bolong & kayanya kompresor jg ganti. Cuma setelah sy teliti, ukuran kondensor nya beda (lebih kecil) sampe diakalin pake sambungan tambahan (asuransi nya busuk ini kayanya).

Akhirnya solved abis itu, AC dingin lagi. Cuma sebulan terakhir ini pas sy servis, mobil diangkat dibilangin kalo ada oli yg rembes (mesin K24). Akhirnya masuk bengkel, paking yg kena di kruk as belakang (sebelumnya paking vtc sama satu lg yg kecil dah ganti). Setelah dibongkar, ternyata paking degsel juga kena (2th lalu habis ganti krn stel klep, jalan sekitar 25rb sampe akhirnya ganti lagi kemarin) sama boot driveshaft kena.

Nah, apa ini pengaruh dr model kondensor yg beda ya? Krn secara teori kondensor fungsi nya buat ngelepas panas dr mesin yg disalurin dr extra fan, jadi kalo dugaan saya krn kondensornya lebih kecil, jadi pelepasan panas nya nggak maksimal.

Mohon pencerahannya, terima kasih :emo-flowerforyou:
kondensor itu untuk sistem pendingin AC. mungkin maksudnya radiator? tapi kalaupun radiaotr lebih kecil menurut saya mestinya overheat dulu baru rembes oli. karena overheat sebentar pun belum tentu engine langsung ngaco.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Tue May 14, 2019 14:03
erwinign wrote: Tue May 14, 2019 8:54 Halo semua, kebetulan 1th lalu mobil saya bag bawah nya kepentok sama batang pohon yg habis ditebang. Stl dilihat ternyata pelindung mesin bag bawah sama bagian bemper depan yg doff kena (bolong). Setelah dapet ganti dr klaim asuransi, tau2 ACnya panas. Ternyata kondensor nya bolong & kayanya kompresor jg ganti. Cuma setelah sy teliti, ukuran kondensor nya beda (lebih kecil) sampe diakalin pake sambungan tambahan (asuransi nya busuk ini kayanya).

Akhirnya solved abis itu, AC dingin lagi. Cuma sebulan terakhir ini pas sy servis, mobil diangkat dibilangin kalo ada oli yg rembes (mesin K24). Akhirnya masuk bengkel, paking yg kena di kruk as belakang (sebelumnya paking vtc sama satu lg yg kecil dah ganti). Setelah dibongkar, ternyata paking degsel juga kena (2th lalu habis ganti krn stel klep, jalan sekitar 25rb sampe akhirnya ganti lagi kemarin) sama boot driveshaft kena.

Nah, apa ini pengaruh dr model kondensor yg beda ya? Krn secara teori kondensor fungsi nya buat ngelepas panas dr mesin yg disalurin dr extra fan, jadi kalo dugaan saya krn kondensornya lebih kecil, jadi pelepasan panas nya nggak maksimal.

Mohon pencerahannya, terima kasih :emo-flowerforyou:
kondensor itu untuk sistem pendingin AC. mungkin maksudnya radiator? tapi kalaupun radiaotr lebih kecil menurut saya mestinya overheat dulu baru rembes oli. karena overheat sebentar pun belum tentu engine langsung ngaco.
Posisinya paling deket sama grill depan om, kl dari kursi sopir urutan nya engine-radiator-baru barang yg diganti ini (plg depan)
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Tue May 14, 2019 14:14 Posisinya paling deket sama grill depan om, kl dari kursi sopir urutan nya engine-radiator-baru barang yg diganti ini (plg depan)
iya, memang umumnya kondensor itu selalu terdepan karena paling butuh pendinginan duluan, dan melindungi radiator yg lebih vital untuk mesin. tapi kalau korelasi dengan soal mesin rembes oli ya seperti diatas, minim sekali. karena kalaupun kondensor panas banget, muternya extra fan ya gitu2 aja, paling itu air radiator akan nutup terus karena radiator dingin terus karena extra fan terus hidup untuk dinginkan kondensor. kalaupun extra fan lemah tetap aja yang berasa efek duluan itu AC yang ga dingin, radiator dan mesin panas baru belakangan.

nah kondensor lebih kecilpun efeknya paling dingin AC ga bisa maksimal, karena freon ga keburu turun suhunya, sudah harus balik lagi ke evaporator. makanya kalau jaman dulu, ada juga bengkel AC yang hobi pake kondensor gede2 walaupun kena penalti di kompressor yang muter terus karena jalur freon jadi lebih panjang.

jadi ya menurut saya minim sekali korelasinya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by marmut »

erwinign wrote: Tue May 14, 2019 14:14

Posisinya paling deket sama grill depan om, kl dari kursi sopir urutan nya engine-radiator-baru barang yg diganti ini (plg depan)

itu kondensor AC om, tidak ada hubungan dengan engine cooling system. sama halnya apabila bohlam sen mati, tidak ada hubungannya dengan jumlah oli mesin.

dan yang benar itu deksel, bukan degsel. lalu apakah deksel yang om maksud disini adalah valve cover ataukah cylinder head? karena makna sebenarnya deksel itu adalah valve cover alias tutup klep. tetapi entah kenapa diplesetkan menjadi kepala silinder / cylinder head.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by maastricht889 »

marmut wrote: Wed May 15, 2019 3:10
erwinign wrote: Tue May 14, 2019 14:14

Posisinya paling deket sama grill depan om, kl dari kursi sopir urutan nya engine-radiator-baru barang yg diganti ini (plg depan)

itu kondensor AC om, tidak ada hubungan dengan engine cooling system. sama halnya apabila bohlam sen mati, tidak ada hubungannya dengan jumlah oli mesin.

dan yang benar itu deksel, bukan degsel. lalu apakah deksel yang om maksud disini adalah valve cover ataukah cylinder head? karena makna sebenarnya deksel itu adalah valve cover alias tutup klep. tetapi entah kenapa diplesetkan menjadi kepala silinder / cylinder head.
Deksel yg tutup klep berarti ya om, yg begitu cover ada tulisan ivtec dibuka lsg kelihatan klep2 yg biasa di stel buat honda
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by marmut »

erwinign wrote: Wed May 15, 2019 3:16

Deksel yg tutup klep berarti ya om, yg begitu cover ada tulisan ivtec dibuka lsg kelihatan klep2 yg biasa di stel buat honda

itu valve cover.
kalau gasketnya sudah minta diganti, ya diganti saja. jangan dilapisi dengan silikon. jadi nggilani.
gasket valve cover sebetulnya tahan cukup lama asalkan tightening torque-nya sesuai panduan, jangan disamakan dengan baut roda truk gandeng.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by maastricht889 »

marmut wrote: Wed May 15, 2019 3:24
erwinign wrote: Wed May 15, 2019 3:16

Deksel yg tutup klep berarti ya om, yg begitu cover ada tulisan ivtec dibuka lsg kelihatan klep2 yg biasa di stel buat honda

itu valve cover.
kalau gasketnya sudah minta diganti, ya diganti saja. jangan dilapisi dengan silikon. jadi nggilani.
gasket valve cover sebetulnya tahan cukup lama asalkan tightening torque-nya sesuai panduan, jangan disamakan dengan baut roda truk gandeng.
Noted om, berarti kaitan nya sama panas di mesin ndak ngaruh ke keawetan paking2 ya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by marmut »

erwinign wrote: Wed May 15, 2019 4:19

Noted om, berarti kaitan nya sama panas di mesin ndak ngaruh ke keawetan paking2 ya

keawetan paking / gasket ada beberapa faktor,
- asli / tidak.
- pemasangan tepat / tidak.
- tightening torque sesuai panduan atau berlebih.
- panas mesin yang berlebih dalam jangka waktu yang lama.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by geofreyap »

Condenser itu kan fungsinya meng-kondensasi uap panas menjadi liquid yg dingin untuk nantinya di alirkan ke evaporator trus di hembus angin jadi keluarnya angin dingin di kabin.
Jadi harusnya sih itu sistem pendinginan AC aja, tdk terkait sama mesin.
CMIIW
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by newcity_vtec »

Nyambung omongan soal kipas eletrik radiator, utk mengetahui putarannya sdh lemah atau tidak ada ukurannya ndak ya?
Apakah utk tiap jenis mobil berbeda ukuran kecepatannya?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by kunaskun »

newcity_vtec wrote: Mon Sep 16, 2019 9:13 Nyambung omongan soal kipas eletrik radiator, utk mengetahui putarannya sdh lemah atau tidak ada ukurannya ndak ya?
Apakah utk tiap jenis mobil berbeda ukuran kecepatannya?
bawa ke spesialis radiator. kalau ga salah ada yang ngukur dari resistor, ada yang dari ampere/volt, ada juga yang diliatin doang. tapi kata langganan AC saya si, extra fan zaman sekarang udah ga ada lagi yang putaran lemah kaya zaman dulu, ada juga langsung mati.

ukuran, diameter, bentuk, speed, dsb pasti beda2lah. kalaupun fisik dsb sama dengan mobil lain, biasa resistor atau motor fan atau apanya ada beda.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by josomba »

newcity_vtec wrote: Mon Sep 16, 2019 9:13 Nyambung omongan soal kipas eletrik radiator, utk mengetahui putarannya sdh lemah atau tidak ada ukurannya ndak ya?
Apakah utk tiap jenis mobil berbeda ukuran kecepatannya?
Menurut salah satu mbah disini, sama seperti om di atas. Biasa tau2 bisa mati mendadak. Kalau dah >5 tahun dan lg ada dana, mungkin bisa dialokasian buat ganti motor fan. Drpd tewas d tengah jalan
Image
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by newcity_vtec »

Trims Om Kunaskun dan josomba.
Secara mobil saya sdh diatas 10 tahun.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: -Ask- Ganti Kondensor Beda Ukuran, Apakah Pengaruh ke Pendinginan Mesin?

Post by Jambangan »

newcity_vtec wrote: Tue Sep 17, 2019 11:07 Trims Om Kunaskun dan josomba.
Secara mobil saya sdh diatas 10 tahun.
Iya ganti aja om
Juli kemaren baru ambil mobil bekas umur 8 tahun
Langsung ganti fan radiator
Biar tenang macet2an soalnya mobil dipake harian :mky_01: